#2057 – Recapping Last Week

ENGLISH

Last week was, indeed, a unique week for me because I had … two separate trips within the week! Lol ๐Ÿ˜† .

I already mentioned that I was in Copenhagen in Denmark on Tuesday for the PhD defense of a good friend of mine. And of course this trip had to last until Wednesday because a reception and a party followed the defense which I definitely would not miss, haha.

Copenhagen, Denmark

And later on in the week, as my Instagram (@azilko) followers have known, I went on a weekend trip! And this time, I went to … Bologna in Italy! This weekend trip was one of the longer one where I departed on Friday, instead of Saturday, and went back to Amsterdam on Sunday. I chose to depart on Friday mainly because I found an interesting routing from Amsterdam to Bologna via Lyon on that day, haha ๐Ÿ˜› .

A tortellini bolognese with ragu in Bologna!

It was a coincidence that these two trips were so close to each other. I already planned my Bologna trip since months ago while I planned my Copenhagen trip just about three weeks ago, haha. I still got myself a return Air France/KLM ticket to Copenhagen (with a routing via Paris on the way back ๐Ÿ˜› ), even though it was not the cheapest flight ticket per se. However, the cheapest return flight (with Norwegian) would require me to stay an extra night in Copenhagen plus an extra half a day off of my holiday allowance. So I figured that all things considered, my trip would cost “less” in total if I bought the seemingly more expensive Air France/KLM ticket. And so as a bonus, I also got quite some miles from this ticket, haha. Anyway, so in the end here is the route map of the flights I did last week.

My routing last week. Created with gcmap.com

Work-wise, indeed it was an interesting week for me last week; because I only worked on Monday and Thursday! You see, I had a weekend, then a day of work (Monday), then two days of vacation, then a day of work (Thursday), then a “long” weekend! It indeed felt a little bit like I was taking two breaks from vacation for work! Lol ๐Ÿ˜†

To sum it up, it was indeed such a fun week. Here are some photos from the two trips as teasers:

BAHASA INDONESIA

Minggu lalu adalah minggu yang unik untukku karena aku … pergi dalam dua perjalanan yang berbeda dalam satu minggu! Hahaha ๐Ÿ˜† .

Sudah kusebutkan di sini bahwa aku berada di Kopenhagen di Denmark di hari Selasa untuk menghadiri sidang dan wisuda PhD (S3)-nya seorang teman baikku. Dan tentu saja perjalanan ini harus berlanjut sampai hari Rabu karena wisudanya diikuti dengan resepsi dan pesta yang mana jelas aku nggak mau lewatkan dong ya.

Kopenhagen, Denmark

Dan kemudian, seperti yang followers Instagramku (@azilko) ketahui, aku pergi dalam sebuah perjalanan akhir pekan! Dan kali ini, aku pergi ke … Bologna di Italia! Perjalanan akhir pekan ini tergolong yang cukup panjang karena aku berangkat di hari Jumat, bukannya Sabtu, dan kembali ke Amsterdam di hari Minggu. Aku memutuskan untuk berangkat di hari Jumat karena aku menemukan penerbangan yang rutenya unik dari Amsterdam ke Bologna, yaitu via Lyon hari itu, haha ๐Ÿ˜› .

Tortellini bolognese dengan ragu di Bologna!

Kebetulan banget dua perjalanan ini berlangsung dalam waktu yang berdekatan begini. Perjalanan ke Bologna sudah kurencanakan semenjak berbulan-bulan lalu sementara perjalananku ke Kopenhagen baru kurencanakan tiga minggu yang lalu, haha. Aku membeli tiket pp dengan Air France/KLM ke Kopenhagen (dengan rute via Paris di perjalanan kembalinya), walaupun tiket ini bukanlah tiket pesawat yang termurah. Namun dengan tiket yang termurah (dengan Norwegian), aku harus menginap semalam ekstra di Kopenhagen plus aku harus mengambil cuti setengah hari lebih panjang. Jadilah ketika semuanya aku hitung, total biaya perjalananku justru akan “lebih rendah” apabila aku membeli tiket pesawat Air France/KLM yang dari luarnya nampak lebih mahal ini, haha. Dan sebagai bonus, miles yang kudapat dari tiket ini juga tergolong banyak! Haha ๐Ÿ˜† . Ngomong-ngomong, pada akhirnya berikut ini deh peta rute penerbangan yang aku naiki minggu lalu.

Ruteku minggu lalu. Dibuat dengan gcmap.com

Dari segi kerjaan, minggu lalu menjadi minggu yang menarik untukku; karena aku hanya masuk kerja di hari Senin dan Kamis! Iya kan, weekend, kemudian aku masuk satu hari (Senin), lalu liburan dua hari, lalu masuk sehari (Kamis), lalu “long” weekend! Jadilah minggu lalu sedikit terasa seperti aku mengambil dua cuti dari liburan untuk bekerja! Huahaha ๐Ÿ˜†

Jadi sebagai kesimpulannya, minggu lalu memang adalah minggu yang amat seru bagiku. Di atas juga aku unggah beberapa foto sebagai teasers dari dua perjalanan ini.

Advertisements

#2056 – Some Leftover Stories from January

ENGLISH

A Conference

About three weeks agoย an internal conference was held in my office which, for me, brought me up to speed with what my colleagues had been working on in a fun set up. It also provided me with an oppotunity to meet other people; and realized how fast we were growing! So yeah, indeed it was such a nice conference! Btw, I also liked the conference venue because it was in between my apartment and my office, so that day I slashed like half of my commute time! Lol ๐Ÿ˜† .

Of course I did not dress like this for the conference. Btw, this was the “costume” some of you asked some weeks ago ๐Ÿ˜› .

Two Big Trips

Anyway, in January, KLM also had what they called theย “Werelddeal Weken” promotion!

Well, darn!ย ๐Ÿ™ˆ

You know, I mentioned at the end of December last year that I would to “spice” things up with my flights this year. And then in January KLM had this promotion! Lol, what a timing ๐Ÿ˜† . And so consequently, two big trips are already planned for this year!! Hahahaย ๐Ÿ™ˆ. This is not yet the right time to reveal the details, but as usual, I will do when the time comes!! :mrgreen:

BAHASA INDONESIA

Sebuah Konferensi

Sekitar tiga minggu yang lalu, ada sebuah konferensi internal yang diadakan oleh kantorku yang, bagiku, menjadi sebuah platform untuk mengetahui apa yang kolega-kolegaku kerjakan dalam sebuah set up yang asyik. Ini juga memberikanku kesempatan untuk bertemu orang lain; dan menyadari bahwa kami berkembang dengan pesat! Ya, jadi konferensi ini memang lah sebuah konferensi yang seru! Btw, aku juga suka lokasi konferensinya yang berada di antara apartemen dan kantorku, sehingga hari itu waktu nglaju-ku terpotong sebanyak setengahnya, haha ๐Ÿ˜†

Yang mana jelas dong ya aku tidak berpenampilan begini di konferensinya. Btw, ini adalah “kostum” yang ditanyakan oleh beberapa dari kalianย beberapa minggu yang laluย ๐Ÿ˜› .

Dua perjalanan besar

Ngomong-ngomong, di bulan Januari kemarin ini KLM juga menggelar promo “Werelddeal Weken” nih!

Hmm, sialan!ย ๐Ÿ™ˆ

Tahu kan, di akhir Desember tahun kemarin aku bilang aku ingin membuat penerbanganku tahun ini “lebih seru”. Dan kemudian di bulan Januarinya kok KLM menggelar promosi ini! Timing-nya kok bisa pas gitu ya, haha ๐Ÿ˜† .ย Dan jadilah sebagai akibatnya, duaย perjalanan besar sudah terencanakan dong untuk tahun ini!! Hahahaย ๐Ÿ™ˆ. Sekarang masih belum waktunya untuk aku ungkap lebih jauh sih, tetapi seperti biasa nanti pasti aku ceritakan kalau waktunya tiba!! :mrgreen:

#2046 – A Boat Trip and Star Trek: Discovery

ENGLISH

Boat Trip

Last week’s Monday, my team at the office (well, not officially a “team”, but I won’t get too much to details here as that is not point, haha) was able to secure our company’s private boat for an evening tour in the canal of Amsterdam. Last year we had the same event at around the same time but I had to miss it because of a major train disruption; which prevented me from going to Amsterdam as I still lived in Delft at the time. And so obviously I was never going to miss this event this year! Haha ๐Ÿ˜† . And also especially becauseย the Amsterdam Light Festival was still on, making the trip even more exciting!

The tour departed at 4 PM where we boarded the company’s private boat in front of the office. Even boxes of pizzas and drinks (including glรผhwein!ย ๐Ÿ˜) were already prepared on the boat! We were quite lucky that the weather was great that day, despite it being quite cold with temperature at around 1ยฐC, haha. The tour lasted for about 2.5 hours, and so indeed it was really nice!!

Star Trek: Discovery

Speaking of that Monday, the second part of Star Trek: Discovery was also finally released! Yep, after a (short-ish) break from mid-November, finally I got to watch the continuation!!

In short, I enjoyed the episode and thought that as a show, it was written well. Even though as I said before, indeed the whole series now has dropped the interpersonal/intrapersonal/social conflict aspect, which was core in many episodes of the other previous series, at the most part. Having said that, I am still excited to watch the coming episodes which shows that for whatever reason, this writing works on me!

Glad that this was settled right away.

BAHASA INDONESIA

Tur Kapal

Hari Senin minggu lalu, timku di kantor (eh, bukan “tim” resmi sih sebenarnya, tapi ini tidak akan aku bahas sekarang deh karena bukan ini intinya, haha) bisa mem-bookingย kapal milik kantor untuk tur malam di kanalnya Amsterdam. Tahun lalu, kami juga mengadakan acara serupa di tanggal-tanggal seginian juga tetapi acaranya harus aku lewatkan karena gangguan besar di jaringan kereta api di Belanda hari itu; yang mana membuatku tidak bisa pergi ke Amsterdam (karena waktu itu aku masih tinggal di Delft). Jadi jelas dong ya aku nggak ingin melewatkan acara ini tahun ini! Haha ๐Ÿ˜† . Dan apalagi jugaย Amsterdam Light Festivalย kan masih berlangsung, sehingga jelas turnya akan menjadi lebih seru!

Tur dimulai jam 4 sore dimana kami menaiki kapal kantor kami di depan kantor. Bahkan beberapa kotak pizza dan minuman (termasuk glรผhwein juga dong!ย ๐Ÿ˜) sudah disiapkan di dalam kapal! Kami juga beruntung hari itu dimana cuacanya sedang kebetulan oke juga, walaupun dingin sih dengan temperatur sekitar 1ยฐC, haha. Turnya mengambil waktu 2,5 jam-an, jadi memang seru banget!!

Star Trek: Discovery

Ngomongin hari Senin itu, bagian kedua dari Star Trek: Discoveryย juga akhirnya dirilis lho! Iya, setelah adaย jeda (sejenak) semenjak pertengahan November, akhirnya aku berkesempatan menonton kelanjutannya!!

Secara singkat, aku menikmati episodenya sih dan sebagai sebuah acara, bagiku naskahnya ditulis dengan baik. Walaupun seperti yang kubilang sebelumnya, memang seri ini secara keseluruhan sudah sangat amat mengurangi aspek konflik interpersonal/intrapersonal/sosial, sebuah aspek yang menjadi inti di banyak episode seri-seri lainnya. Walaupun begitu, toh aku masih excited menunggu episode-episode berikutnya nih jadi pada akhirnya, strategi penulisan naskah seperti ini ternyata berhasil juga ya untuk menarik minatku!

Dan aku juga lega hal ini langsung dijelaskan dari awal.

#2038 – 2017 In Review

ENGLISH

Previous years posts:
1. 2008
2. 2011
3. 2012
4. 2013
5. 2014
6. 2015
7. 2016

The year of 2017 has been a big one in my life, with a couple of life achievements I reached throughout the year. As the year is coming to an end soon, here is a post summarizing my life this year.

January

I started January in Yogyakarta, Indonesia for my year-end vacation. I went back to Europe during the first week by flying to Amsterdam via Bali, Shanghai, and Paris, haha. Upon arriving in Amsterdam, it happened that a good friend of mine was in transit for one night from the UK to Indonesia and so I spent the night there.

Mie goreng, mie godhog, and magelangan in Yogyakarta

An Air France’s Boeing 777-300ER reg F-GSQG in Shanghai

January 2017 was a big month in my life with me defending my PhD dissertation at the end of the month. This was the pinnacle of my life of the past four years and a half, where I was working for this moment! In the end, I succesfully defended my PhD and so I was awarded my “Doctorate” degree. From now on, I am entitled to call myself “Dr. Ir. Zilko”, or “Zilko, S.Si, M.Sc, Ph.D”.ย ๐Ÿ˜Ž

The moment I became a Doctor

February

As my parents and brother were travelling to Europe for my PhD defense, we spent the following week travelling to the northern-west region of Italy. We visited Genova, Cinque Terre, Florence, and Rome. From there, I went back to Amsterdam while they continued their trip to Spain. The weekend later, we met up in Marseille.

Riomaggiore in Cinque Terre, Italy

The famous David by Michaelangelo

February was also a big month for me where, somehowidth=”240″ w, I won the negotiation to buy my own apartment! I would not get the keys to my apartment until April though, as there were still some paperworks that needed to be done. But if it all went well, I would be a home-owner in two months!

March

While I did not travel that much in March, I was still very busy this month because I had to do furnitures shopping for my apartment! Haha ๐Ÿ˜† . With all the purchasing costs needed to be paid during this month, I spent the most amount of money I had ever done in my life this month, haha ๐Ÿ˜† . It was exciting and terrifying at the same time, though; so it was definitely a very interesting experience.

Actually I did an Avgeek Weekend Trip in March

April

Thankfully everything went well so I got the keys of my own apartment this month. The next matter to be taken care of was obviously assembling all the furnitures together and arranging all the necessary needs to make the apartment livable (e.g. internet connection). Of course I also needed to arrange my house moving from Delft to Amsterdam. This means that this month was my last month in Delft after more than 6.5 years living there!

The end of the Delft chapter of my life

However, I still managed to slip in an Easter trip to Zurich in the middle of the month. I was quite unlucky, though, where it was constantly raining in Zurich almost the whole time I was there!

Zurich

May

Mainly I was still taking care of furnishing my apartment in May, where I got more stuffs in like a TV (plus its subscriptions) and also a cleaning robot! ๐Ÿ˜€

Lion selfie in Lyon

May was a month full of long weekends in the Netherlands. I made use one of them to go to Lyon for a long weekend trip.

Juneย 

I started June by going on another long weekend trip to Bremen. A weekend later, I went to Paris for my annual trip to Roland Garros. I watched the women’s singles final match which Jelena Ostapenko unexpectedly won against Simona Halep.

The Bremen Hauptbahnhof, Bremen

Jelena Ostapenko won Roland Garros

There were a couple of apartment matters needed to be taken care of this month. I forgot to take my keys which resulted in me having to change the locking system and also I needed to do a mini-renovation in my shower room. Both cost some amount of money, of course.

July

I started July in a very lucky manner where I got a ticket for the ladies’ singles final of Wimbledon between Garbine Muguruza and Venus Williams! Even though Venus lost that match, it was still an exciting experience overall for me to able to witness an official Venus Williams singles match, let alone a Wimbledon final!

Venus Williams serving

Strawberry and cream

At the end of July, for the first time ever I went to Berlin. I loved the city and actually thought why did I not go there earlier? Haha ๐Ÿ˜†

At the “Checkpoint Charlie” in Berlin

August – October

With a UK visa in my hand, I arranged another weekend trip to London in August as London was one of my most favorite cities in the world. At the end of the month, I went on an Avgeek Weekend Trip to Lyon to catch Air France’s Lyon – Paris flight on a Boeing 787-9 Dreamliner.

The London Eye and River Thames, London

An Air France’s Boeing 787-9 F-HRBA in Lyon

I travelled to Manchester and Cardiff in September. My trip to Cardiff made me officially have visited all four countries within the United Kingdom, with Wales finally being ticked off!

The Merchants’ Bridge in Manchester

Cardiff selfie, finally 4 out of 4 in the UK!

I went on three Avgeek Weekend Trips in October. The biggest one was the second one, where I went to London to catch Air France’s London – Paris flight on a Boeing 787-9 Dreamliner.

The SkyTeam Lounge at Heathrow

November – December

I went on a weekend trip to Newcastle to start November and visited London for a weekend again in December because I could ๐Ÿ˜› .

Dusk in Newcastle upon Tyne

Lively London in December

The London trip one did not go exactly as planned due to the severe snow storm that hit Western Europe that weekend. As a result, I had to take the long way back from London to Amsterdam via land; which was an interesting experience on its own.

Taking a ferry from Dover to Dunkerque

I went to Indonesia for my brother’s wedding in the middle of November. And it was indeed a very festive occassion! During this trip, I also made stops at Jakarta and Solo, both cities I last visited in 2010.

Ready for the wedding

Grand Indonesia

To end the year, right now I am in California enjoying the Californian winter! :mrgreen:

BAHASA INDONESIA

Posting-posting tahun-tahun sebelumnya:
1. 2008
2. 2011
3. 2012
4. 2013
5. 2014
6. 2015
7. 2016

Tahun 2017 adalah tahun yang besar di dalam hidupku, dengan dua pencapaian hidup yang aku gapai di sepanjang tahun ini. Dan karena tahunnya akan segera berakhir, berikut ini sebuah posting untuk merangkumnya.

Januari

Januari aku mulai di Yogyakarta, Indonesia untuk liburan akhir tahun. Aku kembali ke Eropa di minggu pertama dengan terbang melalui Bali, Shanghai, dan Paris, haha. Begitu tiba di Amsterdam, kebetulan seorang teman baikku sedang transit selama satu malam di Amsterdam dari UK ke Indonesia jadilah aku menginap semalam di sana.

Soto Kadipiro yang legendaris di Yogyakarta.

Airbus A330-300 rego B6095nya China Eastern.

Januari 2017 adalah bulan besar di dalam hidupku karena aku akan menjalani sidang disertasi PhD (S3)-ku di akhir bulan. Ini adalah puncak dari kehidupanku selama empat setengah tahun terakhir sebelumnya, dimana aku bekerja-keras untuk momen ini! Pada akhirnya, aku sukses mempertahankan disertasi PhD-ku sehingga aku diberikan gelar “doktoral”. Jadi sejak waktu ini, aku bisa memanggil diriku dengan sebutan “Dr. Ir. Zilko”, atau “Zilko, S.Si, M.Sc, Ph.D”.ย ๐Ÿ˜Ž

Foto tangga yang terkenal itu.

Februari

Karena orangtua dan adikku pergi ke Eropa untuk sidang PhDku, kami menghabiskan seminggu setelahnya untuk liburan ke area barat lautnya Italia. Kami mengunjungi Genova, Cinque Terre, Florence, dan Roma. Dari Roma, aku kembali ke Amsterdam sementara mereka lanjut jalan-jalan ke Spanyol. Akhir pekan berikutnya, kami bertemu kembali di Marseille.

Manarola

Vatican

Februari jugalah bulan yang besar untukku dimana aku menang dalam negosiasi pembelian apartemenku! Aku baru akan mendapatkan kuncinya di bulan April sih karena akan ada beberapa dokumen yang harus diurus dulu sebelumnya. Namun, jika semuanya berjalan lancar, dalam waktu dua bulan aku akan menjadi seorang pemilik rumah!

Maret

Walaupun aku tidak jalan-jalan di bulan Maret, bulan ini adalah bulan yang cukup menyibukkan karena aku harus belanja perabotan rumah untuk apartemenku! Haha ๐Ÿ˜† . Dan ditambah dengan semua biaya yang berkenaan dengan pembelian rumahnya yang harus dibayarkan di bulan ini, aku membayarkan nominal terbesar yang pernah aku lakukan seumur hidup di waktu ini deh, haha ๐Ÿ˜† . Rasanya seru tetapi seram juga pada saat yang bersamaan; jadi ya memang ini adalah pengalaman yang unik.

Sebenarnya aku ada satu Avgeek Weekend Trip sih di bulan ini

April

Untungnya semua lancar sehingga aku mendapatkan kunci apartemenku di bulan ini. Hal selanjutnya yang harus diurus adalah pemasangan perabotan rumah itu dan juga mengurus semua hal yang diperlukan untuk membuat apartemennya bisa aku huni (misalnya: koneksi internet). Tentu saja aku juga harus mengurus pindahan dari Delft ke Amsterdam. Ini berarti bulan ini adalah bulan terakhirku di Delft setelah 6,5 tahun lebih tinggal di sana!

Bye, bye, Delft.

Walaupun sibuk, aku masih sempat menyempilkan satu perjalanan Paskah ke Zurich di pertengahan bulan. Aku kurang beruntung, sayangnya, dimana hujan terus-terusan dong di Zurich!

Zurich dari Lindenhof

Mei

Umumnya aku masih mengurus urusan perabotan apartemenku di bulan Mei, dimana aku membeli barang-barang elektronik lain seperti misalnya TV (sekalian urusan kabelnya) dan juga robot bersih-bersih! ๐Ÿ˜€

Mei adalah bulan penuh long weekend di Belanda. Salah satunya kumanfaatkan dengan pergi ke Lyon.

Saint Georges di Lyon

Juniย 

Juni kumulai dengan perjalanan long weekend lagi ke Bremen. Seminggu kemudian, aku pergi ke Paris untuk perjalanan tahunanku ke Roland Garros. Aku menonton final tunggal putri yang tak disangka-sangka, dimenangi oleh Jelena Ostapenko yang mengalahkan Simona Halep.

Kota Bremen, Jerman

J. Ostapenko vs S. Halep

Ada dua urusan apartemen yang harus kuurus di bulan ini. Aku kelupaan kunciku di sekali waktu yang mana sebagai akibatnya sistem perkunciannya harus diganti dan juga aku harus melakukan renovasi mini di ruang shower. Tentu saja aku harus keluar agak banyak untuk keduanya.

Juli

Juli kumulai dengan amat beruntung dimana aku mendapatkan tiket untuk menonton final tunggal putri Wimbledon antara Garbine Muguruza dan Venus Williams! Walaupun Venus kalah, pengalaman ini masih lah pengalaman yang seru karena aku berkesempatan menyaksikan pertandingan resmi tunggalnya Venus Williams, ditambah lagi di final Wimbledon!

Wimbledon Centre Court

Venus Williams

Di akhir Juli, aku pergi ke Berlin untuk pertama kalinya. Aku amat suka kotanya dan sempat terpikir kok baru sekarang aku ke sana ya? Haha ๐Ÿ˜†

Berliner Dom

Agustus – Oktober

Dengan visa UK di tangan, aku pergi dalam sebuah perjaanan akhir pekan ke London di bulan Agustus karena kota ini adalah salah satu kota yang paling aku sukai. Di akhir bulan, aku pergi dalam sebuah perjalanan Avgeek Weekend Trip ke Lyon untuk naik penerbangannya Air France dari Lyon ke Paris yang dioperasikan dengan Boeing 787-9 Dreamliner.

Selfie yang sangat amat turistik banget di London!

Kelas Ekonomi Premium di dalam Boeing 787-9nya AF

Aku pergi ke Manchester dan Cardiff di bulan September. Perjalananku ke Cardiff membuatku resmi telah mengunjungi semua empat negara di Inggris Raya, dengan Wales akhirnya tercentang dari daftarnya juga!

Manchester

Cymru Wales

Aku pergi dalam tiga Avgeek Weekend Trip di bulan Oktober. Yang paling seru adalah yang kedua, dimana aku pergi ke London untuk naik penerbangannya Air France dari London ke Paris dengan Boeing 787-9 Dreamliner.

Boeing 787-9 rego F-HRBCnya Air France.

November – Desember

Aku pergi dalam perjalanan akhir pekan ke Newcastle untuk memulai November dan menunjungi London lagi di sebuah akhir pekan di bulan Desember karena aku bisa, haha ๐Ÿ˜› .

Selfie Newcastle

Piccadilly Circus

Perjalananku ke London tidak berlangsung sesuai dengan rencana akibat badai salju yang menerjang Eropa Barat di akhir pekan itu. Sebagai akibatnya, aku harus kembali ke Belanda melalui jalur darat; yang mana di satu sisi adalah pengalaman yang menarik sih.

Naik bus ke Belanda dari London.

Aku pergi ke Indonesia di pertengahan November untuk pesta pernikahannya adikku. Dan memang ini adalah pesta perayaan yang ramai banget! Di perjalanan ini, aku juga berkesempatan mampir di Jakarta dan Solo, dua kota yang terakhir kukunjungi di tahun 2010.

Kue pengantin

Kembali di Solo

Untuk menutup tahun besar ini, saat ini aku berada di California untuk menikmati musim dingin California! :mrgreen:

#2027 – A Very “Colorful” Week

ENGLISH

It has been a full working week since I got back home from my November 2017 Trip to Indonesia. So how has this week been?

Well, as in any other week following a long-haul flight crossing several different time zones, the week started with my body fighting the jetlag, haha. I went to work on Monday and it was quite annoying because the jetlag was still quite strong while at the same time I was tuning back to where I left off at work and tried to catch up on what has been going on while I was away.

Speaking of work, there was a track outing event this Thursday where we went: karaoke-ing after work! Haha ๐Ÿ˜› . Btw it surprised me that karaoke won the votes (We voted for what activity we would like for the track outing). Anyway, it turned out to be really fun! ๐Ÿ˜›

Yeah, so my theme this week was, indeed, mainly about recovery. While generally I was getting better as the week passed by, I wasn’t feeling particularly well in the middle of the week. I think I caught a flu because of the jetlag and also the sudden switch of climate from tropical rainy season to European winter. While the flu wasn’t that bad, it was enough to affect my fitness that day a little bit.

I still managed to go to myย tennis lesson this week but conflicting agenda and the flu prevented me from going to the gym. I actually thought of fighting through the flu and went to the gym in the middle of the week. But I have learned thatย I needed to listen to my body and to think of the bigger picture that is my work and upcoming personal plans. So I cancelled my gym plan and tried to not be too harsh on myself, haha. My health is a priority, right? ๐Ÿ˜›

Speaking of the European winter, this happened yesterday:

Yes, it was snowing!! No matter how many times before I have experienced snow, I still find it very beautiful!!ย ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

So, yeah, this week indeed has been a really “colorful” week for me!!

BAHASA INDONESIA

Sudah satu minggu kerja penuh sekarang semenjak aku kembali dariย perjalanan November 2017ku ke Indonesia. Jadi bagaimanakah mingguku ini?

Yah, seperti minggu-minggu lainnya setelah sebuah penerbangan jarak jauh melintasi beberapa zona waktu yang berbeda, minggu ini dimulai dengan badanku melawan efek jetlag yang masih kuat, haha. Aku pergi ke kantor di hari Senin dan hari itu cukup menyebalkan karena jetlagnya masih kuat sementara aku berusaha untuk mencoba mendapatkan ritme pekerjaanku kembali seperti sebelumnya dan di saat yang sama juga berusaha untuk catch up dengan semua perkembangan yang terjadi ketika aku sedang pergi.

Ngomongin kerjaan, ada acara track outing hari Kamis kemarin ini dimana kami pergi: karaokean sepulang kerja doong! Haha ๐Ÿ˜› . Btw, tidak kusangka-sangka lho bahwa karaoke akan menang dalam voting (Sebelumnya kami voting aktivitas apa yang ingin kami lakukan di track outing). Anyway, ternyata seru banget lho! ๐Ÿ˜›

Ya, jadi ya memang begitu deh temaku minggu ini, pemulihan diri. Walaupun secara umum aku semakin pulih seiring dengan berlalunya minggu ini, aku sempat merasa kurang fit di pertengahan minggu. Kayaknya aku kena flu gitu deh karena kombinasi jetlag dan perubahan cuaca dari musim hujan tropis ke musim dingin Eropa. Walaupun nggak terlalu parah, flunya cukup mempengaruhi fitness-ku hari itu.

Aku masih sempat pergi ke les tenisku minggu ini sih tetapi jadwal agendaku yang tubrukan dan flunya itu membuatku sama sekali tidak bisa pergi ke gym minggu ini. Sebenarnya sempat terbesit pikiran untuk tidak menghiraukan flunya dan tetapi memaksakan diri untuk ke gym di pertengahan minggu itu. Tapi aku sudah belajar bahwa aku perlu untuk mendengarkan tubuhkuย dan memikirkan the bigger picture yaitu pekerjaanku dan rencanaku ke depan ini dalam waktu dekat. Jadilah rencanaku ke gym hari itu kubatalkan dan aku berusaha untuk tidak terlalu kerasa kepada diriku sendiri. Yang namanya kesehatan adalah nomor satu kan? ๐Ÿ˜›

Ngomongin musim dingin di Eropa, kemarin ini terjadi lhoo:

Iyaa, turun salju dooong!! Nggak peduli sudah berapa kali sebelumnya aku bersentuhan dengan yang namanya salju, bagiku salju itu masih indah bangettt!!ย ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Jadi, ya begitu lah. Minggu ini memang telah menjadi minggu yang sungguh “berwarna” bagiku!!

#2016 – Some Recent Work Stories

ENGLISH

I notice that after more than a year now, I feel like the variety of my tasks at work has gradually become more diverse. Aside from my main function, there are other tasks which I have been asked or invited to do. Technically those are still parts of my position’s general responsibility anyway so it is not like I am being asked to do things I am not supposed to ๐Ÿ˜› .

And to me … so far I find it fun!

You see, of course having wider variety of tasks makes my job much less likely to ever become boring. Well, not that my main function is prone to ever becoming boring, as to me I find it challenging nonetheless. But I mean, having diversity in the type of tasks is also a type of challenge, no? ๐Ÿ™‚

Two challenges coming from this diversity, to me, is the ability to quickly “switch” my brain from one task to another, which are very different from each other, and good time management. I realize that time management is not solely about being able to fit as many tasks as possible within my work schedule, but also how to arrange my work effectively such that it allows me to “stream smoothly” between consecutive tasks, be it for my mind-sake (easier “brain switch”) and also physically (arranging two consecutive meetings with 5 minutes of break between them is a bad idea if the two meetings are in different buildings, for instance). This of course can be very tricky when the task is meeting with other colleagues, as we would often have to adjust our schedule to theirs too; which means sometimes compromise needs to be made, haha…

Two weeks ago I volunteered my team and myself to onboard a new hire into the company. My manager was quite surprised by this but he was actually happy that I took this initiative. I have never done this before, though, and so I am still kind of “in the dark” on how things would go to be honest, haha. And so this will certainly be a challenge, but I will try to do my best. I had a pleasant (despite rather “astray”, in a small way) onboarding experience last year; so I have the experience and a vision on how a good onboarding should go. I guess this is also my chance to implement that.

Yeah, so how is work? Well, it has been fun! ๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Aku perhatikan bahwa setelah lebih dari setahun sekarang, aku merasa bahwa pekerjaanku di kantor menjadi semakin bervariasi. Di samping fungsi utamaku, ada beberapa tugas lain yang mana aku diminta atau diajak untuk mengerjakannya. Secara teknis sih tugas-tugas itu toh masih merupakan tanggung jawab umum dari posisiku juga sih jadi juga bukannya aku diminta melakukan tugas di luar kapasitasku ๐Ÿ˜› .

Dan … sejauh ini rasanya seru bagiku!

Jelas memiliki tugas yang bervariasi juga membuat peluang pekerjaanku menjadi membosankan semakin kecil. Ya bukannya fungsi utamaku rawan untuk menjadi membosankan sih, justru aku merasa fungsi utamaku itu sangat menantang dan seru. Tapi toh keberadaan tugas jenis lain toh juga lah sejenis tantangan juga kan ya? ๐Ÿ™‚

Dua tantangan besar yang muncul dari keberagaman ini, untukku, adalah kemampuan untuk dengan cepat “mengalihkan” pikiranku dari satu tugas ke tugas lain, yang sangat amat berbeda satu sama lain, dan manajemen waktu yang baik. Aku tahu bahwa manajemen waktu itu bukan sekedar kemampuan untuk dapat memasukkan sebanyak mungkin tugas ke dalam jam kerjaku, tetapi juga bagaimana mengatur pekerjaanku dengan efisien sehingga aku bisa “mengalir dengan mulus” di tugas-tugas yang berturutan, baik mulus untuk otak (“pengalihan” pikiran yang lancar) dan juga secara fisik (mengatur dua meeting dengan jeda 5 menit di antaranya tentu adalah ide yang buruk jika meeting-nya berada di gedung yang berbeda, misalnya). Ini tentu saja semakin kompleks lagi apabila tugasnya melibatkan meeting dengan kolega lain, karena sering kita harus menyesuaikan jadwal agar pas dengan jadwal mereka juga; yang mana berarti terkadang toh kita harus berkompromi juga, haha…

Dua minggu yang lalu aku menyuka-relakan timku dan aku untuk meng-onboard seorang karyawan baru ke kantor. Manajerku kaget dengan ini tetapi toh dia senang juga aku mengambil inisiatif ini. Aku belum pernah melakukan ini sih sebelumnya, jadi ya aku masih nggak tahu juga ini bakal bagaimana, haha. Jadi jelas ini akan menjadi sebuah tantangan yang baru, tetapi toh aku akan berusaha yang terbaik juga. Aku memiliki pengalaman onboarding yang baik tahun lalu (walaupun agak sedikit “terkatung-katung” sih dari satu sisi) jadi aku memiliki pengalaman dan visi bagaimana pengalaman onboarding yang baik itu seharusnya.ย Aku rasa ini adalah kesempatanku untuk mengimplementasikannya kan ya.

Ya, jadi gimana nih kerjaanku? Oh, seru banget! ๐Ÿ™‚

#2011 – Some Dining Events

ENGLISH

Team Dinner

To close the previous quarter cycle, my team at work decided to throw a team wide dinner at a nice fine-dining restaurant in Amsterdam Centrum.

A bit of a back story to this event, in the invitation that was sent around a few weeks prior, we were also asked to mention if we really did not ask fish. To me, well, to be honest I am not the biggest fan of fish but having said that, I also wouldn’t say I really don’t like it, haha. So I ended up rsvp-ing the event without mentioning anything about the presumably fish dish they would serve at the restaurant.

The appetizer was a salmon tartar

On the D-day, we went first to a bar nearby the office before going to the restaurant. To much of my delight, it turned out we were having a three-course meal with two options for the main course where, unsurprisingly, one of those was a seabass dish. But of course I ended up picking the other option, that was a boar tenderloin dish! (Anything but the fish, please! ๐Ÿ˜› ).

I opted for the boar tenderloin for my main course

As I said it was a three-course fine dining dinner, where wine was free flowing (there was no moment during my stay there when my wine glass was emptyย ๐Ÿ™ˆ). It started with a plate of delicious salmon tartar as the appetizer. Then, the main course came, which actually was my first time ever consuming a boar meat and it turned out to be delicious! After that, a chocolaty dessert was served, which was just okay but good nonetheless.

The chocolaty dessert

Utrecht Catch Up

Last week, a good friend of mine and I decided to catch up over dinner. Upon discussion, we decided to meet in Utrecht because it had been awhile since I went there and the last time we caught up was in Amsterdam; so it was due for a change, haha.

We went to a restaurant we had been after for months but, mistakenly, without making any reservation. Consequently there was quite a long waiting list already and we decided to eat somewhere else. And so we chose the top rated restaurant provided in Google maps (well, not the actual “top” one as that one was our original restaurant which was already full, haha); which turned out to be just okay. Nonetheless, it was such a fun night catching up with a friend!

Iron steak in Utrecht

BAHASA INDONESIA

Makan Malam Satu Tim

Untuk menutup siklus kuarter (tiga bulanan) yang lalu, timku di kantor memutuskan untuk mengadakan acara makan malam untuk satu tim di sebuah restoran fine dining di Amsterdam Centrum.

Sedikit cerita di balik acara ini. Di undangan yang dikirimkan beberapa minggu sebelumnya, kami diminta untuk menyebutkan apabila kami sangat tidak suka ikan. Untukku, sejujurnya ikan bukanlah makanan yang paling aku favoritkan (*Eh bisa dimarahin Menteri Susi ini ya? Haha ๐Ÿ˜› *) tapi biar pun begitu, bukan berarti aku sangat tidak suka ikan juga sih, haha. Jadilah aku meng-rsvp acaranya tetapi aku juga tidak menyebutkan apa-apa mengenai menu yang aku asumsikanย akan melibatkan ikan di restorannya.

Makanan pembukanya adalah salmon tartar

Di hari-H, awalnya kami pergi ke bar dulu sebelum berangkat bareng-bareng ke restorannya. Yang aku suka, ternyata malam ini modelnya adalah menu three course gitu dengan dua pilihan untuk menu utama dimana, tidak mengejutkan, salah satunya adalah menu ikan sea bass. Tetapi jelas pada akhirnya aku memilih menu yang satunya, yang mana merupakan daging babi hutan tenderloin! (Ya apa pun lah pokoknya bukan ikan! Haha ๐Ÿ˜› ).

Aku memilih menu babi hutan tenderloin untuk makanan utamanya.

Seperti yang kubilang ini adalah makan malam fine dining, dimana anggur juga mengalir terus gitu nggak berhenti-berhenti (tidak ada satu waktu pun selama aku disana dimana gelas anggurku kosong dongย ๐Ÿ™ˆ). Makan malam dimulai dengan sepiring salmon tartar yang enak banget sebagai makanan pembuka. Kemudian menu utama disajikan, yang mana adalah kali pertama aku makan daging babi hutan dan ternyata enak juga ya rasanya! Setelahnya, pencuci mulut yang terbuat dari cokelat diberikan, yang mana rasanya tidak terlalu spesial namun masih enak-enak saja kok.

Pencuci mulut cokelat

Catch Up di Utrecht

Minggu lalu, aku dan seorang teman baikku memutuskan untuk catch up sambil makan malam. Ketika berdiskusi masalah lokasi, kami memutuskan untuk bertemu di Utrecht saja karena sudah lumayan lama semenjak terakhir kali aku ke sana dan terakhir kali kami catch up adalah di Amsterdam; jadi sekarang kami memilih tempat lain gitu, haha.

Kami pergi ke sebuah restoran yang sudah lumayan lama kami incar tetapi, salahnya kami, tanpa membuat reservasi terlebih dahulu. Akibatnya waktu itu waiting list-nya sudah panjang banget dan kami memutuskan untuk makan di tempat lain. Jadilah kami memilih restoran yang berada di peringkat rekomendasi teratas di Google maps (yah, bukan yang “teratas” sih sebenarnya karena yang teratas adalah restoran yang awalnya kami incar tetapi sudah penuh itu, haha); yang mana ternyata biasa-biasa saja deh. Toh walaupun begitu, tetap seri rasanya catch up bersama seorang teman lama!

Iron steak di Utrecht