General Life, Zilko's Life

#1948 – A Visa and More Expenses

ENGLISH

A Visa

Aside from recovering my body after my three consecutive weekend trips, there was actually another reason why I have been “taking a break” from travelling lately. It was because I did not have my passport with me as I was applying for a visa!! Btw, of course, yes, travelling domestically within the Netherlands did not count 😛 .

Anyway, I have been to the country which visa I was applying for a few times, though, so it was nothing new. And the country was: the United Kingdom 😀 .

In the past year or so, I notice there are quite a lot of flight tickets deals to the UK from the Netherlands. Of course, this was quite possibly related to Brexit, which made UK and its poundsterling suddenly cheaper to visit (mainly for mainland Eurozone Europeans). Btw, I last visited the UK in 2015, way before the Brexit, haha. But of course I could not immediately “take advantage” of this currency situation because I would need to submit a visa application first. So finally, this May I decided to just submit one, had my biometric information appointment in mid-June, and last week, I got my passport back with a visa stamped in it!

London, I am back this year!!

Yeay! Now I can start making plans for some visits there! You see, the UK is one of my most favorite European countries: I find it beautiful, (almost) everyone there speaks English (lol 😆 ), generally I like the food, and London (which people speak with really sexy accent 🙈 ) is my most favorite European city. There are a few places I haven’t visited in the country and there are a few other places I would like to revisit. Even though too bad Singapore Airlines terminated its Munich – Manchester route last year. This fifth freedom route would have been a good opportunity for me to finally try Singapore Airlines. Well, we will see, I guess 😀 .

More Expenses

A mini renovation in the shower room not too long ago.

Anyway, do you remember how not too long ago I sighed about the flow of expenses (related to my apartment) that seemed to be never ending? At the moment, it still feels like so, haha 😆 .

You see, as of recently I had to “splurge” some expenses on mini-renovating my shower room (though this can actually be seen as a future investment as well, preventing me from a much worse situation and there were signs it was going down there at that time) and getting a new locking system (though this was totally my fault and was more of an emergency). The other day I also got the bill to pay this year’s waste and water-waste tax of my apartment to the tax department, haha.

And also, I just decided to enroll myself in a tennis club nearby, haha 😛 . There were, of course, the membership fee, the registration fee, and the training fee. Though, again, this could be seen as a future investment for my health and sanity, lol 😆 .

It has been a while since the last time I played tennis.

Okay, okay, to be honest I did feel like I made good expenses, i.e. they were all necessary and served for the better good. I even made a Spreadsheet program to accurately monitor how I was doing financially, and it turned out healthy and really fine. So I am okay about it. But still, at the same time I would also like to save and to, at least, “recover” my life savings to as how it was before the purchase of my apartment! Haha 😆 .

BAHASA INDONESIA

Sebuah Visa

Di samping untuk memulihkan badan setelah tiga perjalanan akhir pekan berturutan, sebenarnya ada alasan lain mengapa aku “beristirahat” dari jalan-jalan akhir-akhir ini. Ini karena pasporku sedang tidak bersamaku karena aku sedang mengurus permohonan visa!! Btw, jelas dong, jalan-jalan di dalam negeri Belanda mah nggak aku hitung ya 😛 .

Anyway, sebenarnya aku sudah pernah pergi beberapa kali ke negara yang visanya aku urus ini sih, jadi memang bukan negara baru. Dan negara ini adalah: Inggris Raya (United Kingdom/UK) 😀 .

Setahun belakangan ini, aku amati ada banyak promo tiket ke UK dari Belanda. Memang mungkin ini berkaitan dengan Brexit yah, yang membuat UK dengan poundsterling-nya tiba-tiba lebih murah untuk dikunjungi (terutama bagi negara-negara Eurozone di daratan Eropa). Btw, terakhir kali aku ke UK adalah di tahun 2015, sebelum Brexit, haha. Tetapi jelas aku tidak dapat langsung “menikmati” situasi nilai tukar mata uang ini karena aku harus mengurus permohonan visa dulu kan sebelum pergi ke sana. Nah, jadilah bulan Mei ini aku memutuskan untuk memasukkan satu, kemudian mengurus informasi biometriknya di pertengahan Juni, dan minggu lalu, aku mendapatkan pasporku kembali dengan visa tertempel di dalamnya!!

London, aku akan kembali tahun ini!!

Hore! Sekarang aku bisa mulai membuat rencana untuk pergi ke sana nih! Jadi, UK adalah salah satu negara Eropa favoritku: bagiku negaranya indah, (hampir) semua orang di sana bisa berbahasa Inggris (ya iya lah 😆 ), secara umum aku juga suka makanannya, dan London (yang mana orang-orangnya berbicara dengan aksen yang seksi banget 🙈 ) adalah kota yang paling kusukai di Eropa. Ada beberapa tempat di sana juga yang belum pernah aku kunjungi dan ada beberapa lainnya yang ingin aku kunjungi kembali. Walaupun sayang banget nih Singapore Airlines menutup rute Munich – Manchester-nya tahun lalu. Rute kebebasan kelima ini padahal adalah satu kesempatan yang oke untukku akhirnya mencoba terbang dengan Singapore Airlines. Yah, kita lihat saja deh, hehe 😀 .

Pengeluaran Lagi

Sebuah renovasi mini di kamar mandiku belum berapa lama lalu.

Anyway, mungkin pada ingat tidak seberapa lama yang lalu aku mengeluh mengenai arus pengeluaran (yang berkaitan dengan apartemen milikku ini) yang nampaknya tidak berakhir? Yah, sekarang ini rasanya masih sama nih, haha 😆 .

Jadi belum lama ini aku harus “berhura-hura” dengan melakukan renovasi mini kamar mandiku (walaupun ini bisa dipandang sebagai investasi masa depan sih, mencegah situasi yang lebih buruk dari kejadian dan sudah ada tanda-tanda ke sana waktu itu) dan juga mengganti sistem kunci apartemenku (walaupun ini adalah salahku sendiri sih dan lebih ke situasi darurat yah, haha). Selain itu, beberapa waktu yang lalu aku juga mendapat tagihan untuk membayar pajak limbah dan limbah air ke departemen perpajakan, haha.

Oh iya, aku baru saja memutuskan untuk bergabung di sebuah klub tenis di dekat apartemenku, haha 😛 . Dan tentu saja ada yang namanya biaya keanggotaan, biaya registrasi, dan juga biaya latihan. Walaupun, lagi, ini bisa dipandang sebagai investasi masa depan sih untuk kesehatan dan kewarasanku, haha 😆 .

Sudah lumayan lama nih nggak main tenis.

Oke, oke, sejujurnya aku merasa pengeluaran-pengeluaranku itu adalah pengeluaran yang baik sih, yaitu pengeluaran yang perlu dan toh semuanya demi kebaikan dan ada tujuannya. Plus, aku juga sampai-sampai membuat sebuah program di Excel untuk memonitor arus finansialku secara akurat, dan hasilnya toh masih sehat dan baik-baik saja kok. Jadi aku sebenarnya tidak begitu masalah deh dengannya. Hanya saja, di waktu yang sama kan aku juga ingin menabung ya dan “memulihkan” life savings-ku setidaknya seperti sedia kala sebelum membeli apartemen ini! Haha 😆 .

 

Advertisements
General Life, my apartment, Zilko's Life

#1947 – A Mini Renovation and A Program

ENGLISH

Mini Renovation

About three weeks ago, I called a handyman to help me replace the old silicone joint in my shower room (obviously it was already old, dirty, and washed down). After the repair, the handyman told me that he recommended replacing some of the floor tiles because there was a crack on one of them which caused water to slip through making the bed underneath wet and thus causing the tiles to be “wobbly”. At the time the problem was still okay but it could get worse in months if I did not do anything about it.

Fast forward a few weeks earlier while showering, indeed once for a split second I felt like one of the tiles was “wobbly” while I was stepping on it, though at the time I thought it might be just in my head.

Fast forward a few months prior, I hired a contractor to examine the structure and physical condition of the apartment before committing to the purchase. Everything in the apartment was in good condition, except for the shower room where higher humidity was detected underneath the shower, possibly caused by the small tile crack. Indeed, the final report recommended me to replace the tiles once and for all to prevent the potential problem to be an actual one.

I did not tell the handyman any of the two prior knowledge; hence his recommendation was indeed an independent one based on his expertise. And so I finally decided that I wanted to replace some of the tiles. I made another arrangement with the handyman to do the work. The work took two days to complete because we would also need to let everything dry before sealing it.

A mini renovation in the shower room

I am sure this was the type of work I would have never been able to do by myself, haha, so I am glad I hired this handyman. Though, probably I could have made the job “cheaper” by buying the tiles myself before the work. However, the previous weekend was my resting weekend so I could not really go to any hardware store anyway, haha. Oh, well…

A Spreadsheet Program

You see, this obviously adds to the list of my expenses for the apartment! Haha 😆 . Though, I do understand that this is also what comes with owning my own apartment and it actually is better to fix a problem before it gets worse; as it would have cost much more and also the headache that would come with that!

Anyway, so far I feel like I have been good with managing these expenses financially. However, I only do this “calculation” roughly so it does not allow me to do a full-look audit on my financial situation. To make the matter more complicated, I also have other variable spendings such as on travels and future travels, haha 🙈.

And so, to be able to do a proper analysis and control, two weeks ago I decided to create an Excel spreadsheet program which breaks my expenses down to several (nested) categories, haha; which even allows me to know how much I save (or not) per month to the cents. The result looks good and healthy, thankfully, thus confirming my initial hunch 😛 .

BAHASA INDONESIA

Renovasi Mini

Tiga minggu yang lalu, aku memanggil seorang tukang untuk membantuku mengganti plastik silikon di kamar mandiku (yang digunakan di persendian supaya air nggak merembes itu; dan jelas yang lama sudah tua, kotor, dan lapuk). Setelah pekerjaannya selesai, tukangnya merekomendasikanku untuk mengganti beberapa tegel di lantai ruang shower karena ada retakan di salah satunya yang memungkinkan air merembes ke bawahnya sehingga tegelnya menjadi “mengambang/goyah” gitu. Waktu itu masalahnya masih belum terlalu parah sih tetapi bisa memburuk dalam beberapa bulan jika tidak aku apa-apakan.

Nah, mundur ke suatu ketika beberapa minggu sebelumnya sewaktu sedang mandi, memang selama sepersekian detik aku merasa salah satu tegelnya “mengambang” gitu ketika menginjaknya, walaupun aku berpikir waktu itu mungkin hanya perasaanku saja, haha.

Mundur lagi ke beberapa bulan sebelumnya, aku menggunakan jasa sebuah kontraktor untuk mengecek struktur dan kondisi fisik apartemennya sebelum berkomitmen terhadap pembeliannya. Semuanya ternyata dalam kondisi yang baik, kecuali memang di kamar mandi dimana kelembaban yang agak tinggi terdeteksi dari bawah ruang shower, kemungkinan disebabkan oleh retakan kecil di salah satu tegelnya. Memang sih di laporan akhirnya, kontraktornya menganjurkan untuk mengganti tegelnya sekalian untuk mencegah potensi masalah ini menjadi masalah beneran.

Aku tidak memberi-tahu dua informasi ini ke si tukang; sehingga rekomendasinya memang adalah rekomendasi independen berdasarkan keahliannya. Dan jadilah aku memutuskan untuk mengganti beberapa tegelnya. Aku membuat janji lain dengan tukangnya untuk pekerjaan ini. Pekerjaan ini memakan waktu dua hari karena kami juga harus membiarkan pekerjaannya kering dulu sebelum menutupnya.

Renovasi mini di kamar mandi.

Aku yakin deh ini adalah tipe pekerjaan yang nggak mungkin banget aku kerjakan sendiri, haha, jadi aku lega deh aku mempekerjakan tukang ini. Walaupun kalau dipikir-pikir lagi bisa sih pekerjaannya aku buat “lebih murah” dengan membeli sendiri dulu tegelnya sebelum pekerjaan ini dimulai. Masalahnya, akhir pekan sebelumnya adalah akhir pekan istirahatku sehingga nggak sempat juga untukku pergi ke toko perangkat keras, haha. Ya sudah lah…

Sebuah Program Spreadsheet

Nah kan, tentu ini membuat daftar pengeluaran untuk apartemenku semakin panjang! Haha 😆 . Walaupun aku paham sih bahwa ini adalah konsekuensi dari membeli apartemen dan sebenarnya lebih baik menyelesaikan masalah sebelum masalahnya menjadi semakin parah kan ya; karena kalau begitu biayanya juga semakin membengkak dan belum lagi pusingnya!

Anyway, untungnya sejauh ini aku merasa aku bisa mengatur pengeluaranku dengan baik kok secara finansial. Namun, “kalkulasi” ini aku lakukan secara kasar saja sehingga tidak memungkinkanku untuk melakukan audit mendalam terhadap kondisi finansialku. Situasinya juga lebih rumit karena ada beberapa pengeluaran variabel lainnya pula, seperti pengeluaran untuk jalan-jalan dan jalan-jalan yang mendatang, haha 🙈.

Nah, jadilah supaya aku bisa melakukan analisa dan kontrol yang akurat, minggu lalu aku memutuskan untuk membuat sebuah program spreadsheet di Excel yang mengklasifikasikan semua pengeluaranku ke beberapa kategori (bertingkat), haha; yang juga memungkinkanku untuk menghitung berapa banyaknya yang kutabung (atau tekornya) hingga ke satuan sen. Hasilnya, untungnya, memang nampak sehat dan baik kok, sesuai dengan perkiraan awalku 😛 .