working life · Zilko's Life

#1968 – On My Holiday Allowances

ENGLISH

One consequence I must face with my decision to switch from academia to industry is the much more limited holiday allowances that I get now. If two years ago I got 50 days for the year, I only get about half of that this year, haha 😆 . Though, as in the standard in the Netherlands, I still do have the right to buy some (or sell as well, for that matter; but I don’t think it is worth to sell some, especially considering the tax that comes with it 😆 ).

Anyway, but my office provides a way where we can get extra allowances (aside from special events, like wedding, child birth, exam (luckily my PhD defense counted as an exam 😀 ), moving (which I took in April), etc). And that is through having no sick days, haha. So if within a 6 month period since 1 January or 1 July we do not call in sick even once, we immediately get one extra holiday allowance. And if we do not call in sick for the entire calendar year, we get another extra allowance. So in total, we can get up to three extra allowances each year. Not a lot, but still helpful, IMO.

And so because I did not call in sick in the first half of this year, I just got an extra allowance! Yeay!! 😀

Speaking of holiday allowances, what I really like about it here is that your office never makes a fuss on when you would want to use them, because those are your right (Well, of course unless it is stated in the contract where usually it is because your presence and work are essential in certain period of time). Last year when I submitted my application for my year end trip to Indonesia while still being new at the company (I had been there less than two months), it got accepted in literally twenty seconds 😀 .

Last year when my PhD contract at TU Delft ended in August, I still had about 20 unused holiday allowances. So technically I could have used them all, meaning taking the entire August off AND still got my full salary (haha 😆 ) and then went straight into my sabbatical month in September; otherwise, I would lose all my right over these 20 days. They would all be just gone like that. However, at the time I could not afford to take August off because I was in the very intense period of my PhD where I had to finish everything up before my contract ended. And it was hell a lot of work, I can tell you; and so I needed August for that. But this meant that indeed I would have to just let my right of those 20 days go. But well, I guess the “return” that I got from that was my PhD degree I got in January. And to me, 20 days of holiday allowances is a very cheap price for a PhD degree, 😛 .

BAHASA INDONESIA

Satu konsekuensi yang harus aku hadapi dengan keputusanku untuk berpindah dari dunia akademia ke dunia kerja (industri) adalah jatah cutiku sekarang yang jauh lebih terbatas. Jika dua tahun yang lalu aku mendapatkan 50 hari jatah cuti dalam setahun, sekarang aku cuma mendapatkan kira-kira setengahnya lah dalam setahun, haha 😆 . Walaupun, sebagaimana biasanya di Belanda, aku juga masih memiliki hak untuk membeli beberapa jatah cuti sih (atau juga menjualnya; tapi dengan jumlah segini mah nggak worth it lah ya untuk dijual, apalagi dengan mempertimbangkan potongan pajak dari hasil penjualannya itu lho, 😆 ).

Anyway, tetapi kantorku juga memberikan cara dimana kita bisa mendapatkan jatah cuti ekstra (di samping acara-acara khusus seperti misalnya pernikahan, kelahiran anak, ujian (untungnya sidang PhDku bisa dihitung sebagai ujian waktu itu 😀 ), pindahan (yang aku gunakan April lalu), dll tentunya). Dan cara itu adalah dengan tidak mengambil absen karena sakit. Jadi jika dalam periode 6 bulan semenjak 1 Januari atau 1 Juli kita tidak absen sakit, otomatis kita mendapatkan satu jatah cuti ekstra. Dan jika dalam satu tahun kalender penuh kita tidak absen sakit, kita dapat satu ekstra lagi. Jadi totalnya, kita bisa mendapatkan tiga jatah cuti ekstra per tahun. Nggak banyak sih, tapi lumayan lah ya.

Dan karena aku tidak absen sakit selama setengah tahun pertama ini, aku baru saja mendapatkan satu jatah cuti ekstra ini! Hore!! 😀

Ngomongin jatah cuti, yang aku suka dengan situasi di Belanda ini adalah kantor nggak akan pernah mempermasalahkan kapan kita mau ambil cuti, karena mengambil cuti kan hak kita (Kecuali disebutkan di dalam kontrak sih yang mana ini biasanya karena kehadiran dan pekerjaan kita penting banget di suatu periode waktu). Tahun lalu ketika aku memasukkan permohonan cuti untuk perjalanan akhir tahunku ke Indonesia ketika pun masih anak baru di perusahaannya (waktu itu aku belum ada dua bulan lah di kantorku ini), permohonanku langsung di-approve dalam waktu dua puluh detik loh 😀 .

Tahun lalu ketika kontrak PhD/S3ku di TU Delft berakhir di bulan Agustus, aku sebenarnya masih memiliki 20 jatah cuti yang belum kupakai. Jadi sebenarnya bisa-bisa aja semuanya aku pakai waktu itu, artinya cuti di sepanjang bulan Agustus DAN masih digaji penuh (haha 😆 ) dan kemudian langsung deh masuk ke bulan sabatikalku Septembernya; karena kalau tidak, aku akan kehilangan hakku akan 20 hari ini. Ya, hangus begitu saja. Namun, waktu itu aku tidak sanggup untuk mengambil cuti di bulan Agustus karena waktu itu adalah periode super intense di masa PhDku dimana ada banyak hal dan urusan yang harus kuselesaikan sebelum kontrakku berakhir. Buanyak banget deh, dan aku memerlukan bulan Agustus untuk itu. Tapi memang ini artinya aku harus merelakan 20 hari itu untuk hangus sih. Ah, tapi toh bisa dibilang “imbalan” yang kudapatkan dari merelakannya adalah gelar PhD/S3 yang kudapatkan Januari lalu. Dan untukku, merelakan 20 hari jatah cuti untuk hangus adalah harga yang murah untuk sebuah gelar S3 deh 😛 .

PhD Life · Zilko's Life

#1909 – The Mental Roller Coaster of My PhD Defense

ENGLISH

This post has been sitting in the Draft section for quite some time, patiently waiting for its turn to get published. Well, before the topic becomes too outdated, I share it now 🙂 .

***

Some time ago, I shared how my PhD defense and graduation went. In that post, I concentrated on what happened during that day, one of the most important days in my life. This post will cover a different aspect of the defense: the emotional roller-coaster I had to “ride” – the one that peaked during the defense, haha.

Defending
During my PhD thesis defense

I think it is not surprising that a PhD defense could be “terrifying” for the PhD candidate. Well, it is basically “the” moment the candidate has been working for. All of his/her life in the last four to five (maybe even more) years is for this moment. So when the moment is approaching, so is the tension.

Luckily for me, though, about ten days before the defense, I attended a really, really big and awesome party. I have to say the party helped channel out a lot of the tension away.

The party involved me dressing up in a Star Trek uniform too 😛

Then exactly a week before the defense, my supervisor organized a “practice” session between me, her, and a professor who was not directly involved in my PhD research. The idea was that I would get bombarded with questions; and involving an “outsider” was certainly a good idea to open up new perspective I might have not thought of. And I did well in this session. We planned this session for an hour but it ended up being two hours, haha. This, certainly, raised my confidence level as well, making me feel that I was, in fact, ready for the defense.

The day before the defense, I went to Amsterdam with my parents and my brother. While having lunch at a Japanese restaurant, I started to feel not really good. I wasn’t sick, but it felt like I was going to get sick. It was weird as I was completely fine before, so I thought it might be because the tension of the defense started to crawl in and it affected my brain. Whatever it was (I am sure it wasn’t the food, though 😛 ), what I knew was that I needed some rest. So immediately after lunch, we went back to Delft.

A bowl of ramen for lunch
A bowl of ramen for lunch

On the day of the defense, I misread the bus number which caused us to take the wrong bus to go to the venue of my defense. As a result, we had to walk to the Aula before my defense, haha. On the flip this, this mistake was good to make as it made me realize I was not in the “best” mental state. I needed to take a deep breath and calm down.

Though, it was much easier said than done, haha. I felt really crazily nervous during the defense; though the advices from the British stand-up comedian appeared to work and I looked perfectly fine 😛 . Obviously my brain was still functioning fine in processing the questions and providing the answers. Actually it worked at 100% performance capacity, though it felt like some good portion of that was spent to manage the anxiety, haha. But this was part of the defense “game”, indeed 😉 .

Defending
Defending my thesis and arguments

And so it was also unsurprising that I felt really tired once the defense was finished, haha. But at the same time, I also felt glad it was over 🙂 .

Then, the graduation followed immediately. As I mentioned before, this part was the most “emotional” part of all. This was the moment every PhD candidate was hoping and working towards for. And now, this moment was mine. I was, finally, there.

Following my graduation was a speech by my supervisor. As I also mentioned, we had known each other for almost seven years. She was actually the one who opened the door for me to move to Europe in 2010, when she awarded me the full Master scholarship to TU Delft. And now, here we were, seven years later, and I was standing in front of her (all other people as well) just after becoming a Doctor. For a short moment, I had tears in my eyes. Just a little bit, though 😛 .

A graduation speech
My graduation speech

My mental state gradually went back to normal from thereon. The reception and dinner that followed brought up the festive feeling in me, thus neutralizing the melancholy that had formed.

Then, what I felt was the feeling of “freedom”. Not that I was not “free” before, but more like a “free” feeling once I achieved what I had been working so hard for. This, of course, came with a sense of satisfaction and some level of confidence 🙂 .

***

Yeah, indeed that was an interesting period of my life; not only the actual real stuffs that I needed to take care of, but also the mental aspect that needed to be managed. This period was, indeed, a unique period in the entirety of my PhD years. And I will cherish that.

BAHASA INDONESIA

Posting ini sudah cukup lama duduk manis di Draft menunggu giliran dengan sabar untuk di-publish. Sebelum topiknya menjadi basi, sekarang aku bagikan aja deh ya, hehehe 🙂 .

***

Beberapa waktu yang lalu, aku menceritakan bagaimana sidang dan wisuda PhD/S3-ku berlangsung. Di posting itu, aku konsentrasi pada apa yang terjadi hari itu, salah satu hari terpenting dalam hidupku. Posting ini akan membahas aspek lain dari sidang ini: roller-coaster emosi yang harus aku “naiki” – yang mana puncaknya adalah pada saat sidang itu, haha.

Defending
Pada saat sidang PhDku

Aku rasa tak mengejutkan bahwa sidang PhD itu bisa menjadi “menakutkan” bagi banyak mahasiswa PhD. Iya kan, momen ini adalah momen yang sudah sangat amat dikejar dan diusahakan. Seluruh kehidupannya selama empat sampai lima (bahkan mungkin lebih) tahun adalah untuk momen ini. Jadi ketika momennya beneran datang, kan tekanannya juga terasa semakin tinggi ya.

Untungnya untukku, sekitar sepuluh hari sebelum sidang, ada sebuah party besar dan seru banget. Nah, party-nya benar-benar membantuku untuk menyalurkan banyak tekanan itu keluar.

Di party-nya aku berkostum seragam Star Trek 😛

Lalu, tepat seminggu sebelum sidang, pembimbingku dan aku mengadakan sesi “latihan” antara aku, ia, dan seorang profesor yang tidak terlibat langsung dalam riset PhDku. Tujuannya adalah untuk membombardirku dengan pertanyaan-pertanyaan; dan melibatkan “orang luar” adalah ide yang baik untuk mendapatkan perspektif baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Dan aku menjalani sesi ini dengan cukup baik. Sesi yang kami rencanakan selama satu jam ini akhirnya berlangsung dua jam, haha. Ini, jelas, meningkatkan rasa percaya-diriku juga, dimana aku menjadi lebih yakin bahwa memang aku sudah siap untuk menjalani sidang.

Sehari sebelum sidang, aku pergi ke Amsterdam bersama orangtua dan adikku. Ketika makan siang di sebuah restoran Jepang, tiba-tiba aku mulai merasa nggak enak badan dong. Aku nggak sakit sih, tetapi kok rasanya muncul pertanda ke arah sana gitu. Aneh banget karena sebelumnya aku baik-baik saja lho, jadi aku duga sih ini adalah tekanan bawah sadar akibat sidang yang akan kujalani keesokan harinya mulai merembet masuk ke otakku. Apa pun itu (aku yakin bukan karena makanannya kok 😛 ), aku tahu aku perlu beristirahat. Jadilah setelah makan siang, kami kembali ke Delft.

A bowl of ramen for lunch
Ramen untuk makan siang

Di hari sidang, aku salah membaca nomor bus yang menyebabkan kami naik bus yang salah untuk menuju lokasi sidang. Sebagai akibatnya, kami harus berjalan kaki ke Aula sebelum sidang, haha. Sisi baiknya dari kesalahan ini adalah, aku disadarkan bahwa saat itu kondisi mentalku sedang tidak “prima”. Aku perlu menarik nafas dalam-dalam dan menenangkan-diri.

Tapi semua itu mudah diucapkan tapi prakteknya lebih susah sih, haha. Aku merasa amat gugup ketika sidang; walaupun saran-saran dari stand-up comedian asal Inggris bekerja dengan baik sehingga dari luar aku nampak baik-baik saja 😛 . Jelas otakku masih berfungsi dengan baik dalam memproses pertanyaan-pertanyaan dan memberikan jawaban-jawabanku untuknya. Sebenarnya, aku merasa otakku saat itu bekerja dalam kapasitas 100% kok, walaupun rasanya sebagian darinya digunakan untuk mengatur ketegangan yang kurasakan, haha. Tetapi ya memang ini lah bagian dari “permainan” sidang PhD ini sih 😉 .

Defending
Mempertahankan disertasi dan argumenku

Sehingga tidak mengherankan ketika aku merasa lelah ketika sidangnya berakhir, haha. Tetapi di waktu yang sama, aku juga lega semuanya telah berlalu 🙂 .

Kemudian, sidang dilanjutkan dengan wisuda. Seperti yang kusebutkan yang lalu, bagian ini adalah bagian paling “emosional” dari semuanya. Ini lah momen yang mana setiap kandidat PhD harapkan dan bekerja untuknya. Dan kini, momen ini adalah milikku. Akhirnya, aku tiba juga di sana.

Setelah diwisuda, pembimbingku memberikan kata sambutan dan ucapan selamat. Seperti yang pernah kubilang, kami sudah mengenal satu sama lain sekitar tujuh tahunan. Ia lah yang membukakan pintu untukku pindah ke Eropa di tahun 2010, ketika ia menganugerahiku beasiswa penuh S2 ke TU Delft. Dan sekarang, di sini lah kami, tujuh tahun kemudian, aku berdiri di hadapannya (dan orang-orang lain) tepat setelah mendapatkan gelar Doktor. Selama sedikit detik, tanpa terasa aku merasakan sedikit air keluar dari mataku. Sedikit doang kok, haha 😛 .

A graduation speech
Sambutan wisudaku

Kondisi mentalku perlahan-lahan berangsur normal setelahnya. Wisudaku diikuti dengan resepsi dan makan malam yang membawa perasaan senang di dalam hatiku, sehingga menetralisir perasaan melankolis yang telah terbentuk.

Lalu, aku merasakan “kebabasan”. Bukannya aku tidak “bebas” sebelumnya, tetapi lebih seperti perasaan “bebas” ketika aku telah mendapatkan apa yang aku inginkan dan aku telah bekerja-keras banget untuknya, haha. Ini, tentunya, juga datang lengkap dengan kepuasan dan rasa percaya-diri 🙂 .

***

Yeah, memang ini adalah periode yang menarik dari hidupku; tidak hanya harus menghadapi hal-hal yang memang harus aku urus, tetapi aku juga harus bergular dengan aspek mentalnya. Memang periode ini adalah periode yang unik dari tahun-tahun PhDku. Dan aku akan selalu menghargainya.

Big Days · PhD Life · Zilko's Life

#1881 – My PhD Defense and Graduation

ENGLISH

At the end of January, I successfully defended my PhD dissertation and, therefore, was awarded my PhD degree. And here is the story of how that day, one of the most important days of my entire life, went.

1. The suiting up

There was a strict dress code that I must follow for the defense. And by strict, I could not just dress formally as I would like or do. For the professors, they even determined the specific shade of gray ( 😛 ) for their ties (seriously!).

The suit rental shop in Delft
The suit rental shop in Delft

Anyway, thankfully there is a suit rental shop in Delft who knows all these rules and caters for this kind of event. For today, I made an appointment with them at 10:30 to get my tuxedo. I picked my parents and brother up at their hotel and went to this shop. There, I was suited up and met two associate professors in my committees who would need to rent their designated suits for the event too.

The whole look was very nice, though. My mom especially loved the fabric of the vest, haha. Well, having to pay €99 just for renting the whole outfit (plus €25 for the shoes), I expected that, lol 😆 .

Suited-up!
Suited-up!

2. The trip to the defense room

Then, we had to go to the defense room in TU Delft Aula. I planned to take bus number 69 which stopped just in front of the aula so it was very convenient. But then, bus number 60 arrived and somehow I saw the “0” as “9” causing me to take the wrong bus! Duh! Drama which I certainly did not need for today 😣.

As a result, we got off at a bus stop that was quite far away from the aula. There was no scheduled bus service towards the Aula, so our best option was to walk there 😣. Well, luckily I put some time margins in our plan so we still had the time to go there. But still…

Before the defense started
Before the defense started

Long story short, we arrived at the defense room. I was greeted by the beadle (the MC, sort of) who briefed me with everything and helped me to prepare myself. It was still 40 minutes before the start of the defense. My family tried to calm me down by taking some photos, haha. Then, my guests also started to arrive. (This was an open defense so basically all people were allowed to come and watch).

3. The defense

The starting point of the defense
How the defense started

At exactly 12:30 PM, the beadle and my thesis defense committees (consisting of eight members, of which five were full professors) entered the room. We all had to stand up and the eight committee members sat at their designated places. The audiences were asked to sit down while I was asked to go to the podium.

The rector magnificus (chairman), who acted as the moderator, introduced the eight committee members to the audience. Then, the one-hour long questioning started….

Listening seriously to the question being asked
Listening seriously to the question being asked

To be honest, I was very nervous during the defense, haha. But I expected it, though. One week prior, a British stand-up comedian presented (at a work event) giving some advice on how to do public speaking in an intimidating event. I decided to give this advice a try!

Defending
Defending

Overall, I think I did fine in answering the questions thrown at me. Some of those were like “What the hell?” questions, lol, but I handled them well. My promotor, who got the last turn to ask, just finished his first question when I saw the beadle entering the room, meaning the 3600 seconds of defense time was almost over. I had not got the chance to fully answer the question when the beadle finally said “Hora est!“. And everything must stop as it had been exactly one hour.

Almost "Hora Est!"
Almost “Hora Est!”

I was asked to return to my seat. The eight committee members followed the beadle to a separate room to discuss the result.

4. The agonizing wait

As they left the room, the audience gave me a big applause. As for me, I just felt tired. And relieved. But mostly tired, though, haha.

Some of my guests came to my seat to congratulate me. The advice from the British stand-up comedian turned out to be a really good one, as they told me I looked composed and was very confidence in defending my work and arguments. I told them that in the inside, I was crazy nervous as hell! Haha 😆

I was so tired that I did not feel like standing at this time so I pretty much just sat the whole time. I felt like my defense went well, but still there was a bit of anxiety over what the committees were discussing at this time.

5. The graduation

The committee marching with my diploma to the defense room
The committee marching with my diploma to the defense room

About 15 minutes later after the defense, the beadle, followed by the eight committee members, entered the room. As before, everyone had to stand up while the nine people took their places.

I was, then, asked to go forward to stand before the rector magnificus. He declared that I had successfully defended my thesis and the committees had all agreed that I deserved to be awarded the degree of “Doctor”.

The rector magnificus then gave the floor to my promotor, who officially “awarded” me with my degree and handed over my (big) diploma. And, thus, as of 13:48 Dutch time today, officially I was promoted to Dr. Ir. A. A. Zilko.

The moment I became a Doctor
The moment I became a Doctor.

Then, the rector magnificus swore me my responsibility to the society now that I had become a Doctor, an independent scholar. With this, my argument and opinion could affect the society so I must be wise with it. After my promotion, the eight committee members and the audiences were asked to sit down (they were standing the whole time during my promotion).

A graduation speech
A graduation speech

Then, the rector magnificus gave the floor to my copromotor (my daily supervisor). As I worked very closely with her during my PhD years, she was given the opportunity to be the first person to officially address me as “Dr. Zilko” and gave a speech about my promotion and the years we have worked together. Actually, we had known each other for almost seven years, as she was also the one who awarded me my Master scholarship to the Netherlands in early 2010, a big turning-point event of my life. So, yeah, it was quite emotional indeed 🙂 .

6. The reception

My graduation was followed with a reception. But first, the mandatory official group photo at the famous stairs just in front of the defense room:

The famous stairs photo
The famous stairs photo

The reception took place in the common area downstairs. Everything had been set up according to my request (Weeks before, I must determine, among other things, how many pieces of cookies I would want to serve in the reception. Seriously! 😅)

With my diploma
With my diploma

Anyway, I was led to a table by the beadle, who opened the diploma and presented it on the table for me. My parents and brother were asked to stand by my left. Then, the guests formed a line to congratulate me (then my parents and brother) one by one, starting with the committees 🙂 . During the reception, I also received a lot of gifts from my colleagues and friends! Thank you guys!! ☺️

Gifts!!
Gifts!!

The reception lasted for almost an hour. After everyone left, I took care of the payment stuffs with the staff there, and then I left the Aula.

7. The aftermath (rest)

We took the right bus to go back to the Delft centrum this time, haha. I asked my parents and brother to head back to their hotel for some rest, while I returned to the suit rental shop to returned my tuxedo. Along the way, a lot of strangers congratulated me. I guess it was very visible when a guy with a full tuxedo holding a big red cylinder, then he must have just successfully defended his PhD dissertation!

8. The dinner

Beef cutlet as the main course
Beef cutlet as the main course

I also decided to organize a dinner with the committee members in the evening in a nice restaurant in the city center of Delft (its rating in Yelp and Trip Advisor was superb). Unfortunately my promotor could not attend due to his recurring asthma problem. One of the professors was late due to an emergency at work, so we started dinner rather quite late.

My choice of restaurant turned out to be great, as the dinner was really nice! Overall it was a nice evening; even my supervisor advised my parents to practise more conversational English, haha 😆 .

Graduation dinner groupfie
Graduation dinner groupfie

***

Yeah, that is it. The story of one of the biggest days of my entire life. And I feel blessed to be able to have that experience! ☺️

BAHASA INDONESIA

Di akhir bulan Januari, aku sukses menjalani sidang disertasi PhD/S3-ku dan, oleh karenanya, aku mendapatkan gelar S3ku. Nah, posting ini akan berisi cerita bagaimana hari itu, salah satu hari terpenting di keseluruhan hidupku, berlangsung.

1. Suiting up

Ada aturan dress code super ketat yang harus aku patuhi untuk mengikuti sidang. Dan dengan ketat, maksudku aku tidak bisa hanya mengenakan pakaian formal seperti biasanya. Bahkan bagi profesor-profesornya, mereka harus memakai dasi abu-abu yang mana shade of gray-nya ( 😛 ) sudah ditentukan dong, jadi nggak bisa asal sembarang warna abu-abu (beneran!).

The suit rental shop in Delft
Toko persewaan pakaian formal di Delft

Anyway, untungnya ada toko persewaan pakaian formal di Delft yang sudah paham semua aturan ini dan melayani acara-acara semacam ini. Jadilah untuk hari ini aku membuat janji dengan mereka jam 10:30 pagi untuk mendapatkan tuksedoku. Aku menjemput orangtua dan adikku di hotel mereka dan berjalan ke tokonya. Di sana, aku dipakaikan pakaianku dan juga bertemu dua associate professors yang juga merupakan anggota komite sidang disertasiku yang akan mengambil pakaian mereka.

Penampilan tuksedonya memang keren sih. Mamaku terutama suka bahan rompinya. Yah, yang namanya harus membayar €99 (sekitar Rp 1,4 juta) cuma buat menyewa pakaiannya aja (untuk sepatu aku harus menambah €25 (sekitar Rp 350 ribu) loh), jelas aku berekspektasi amat tinggi lah ya, haha 😆 .

Suited-up!
Suited-up!

2. Perjalanan ke ruang sidang

Lalu, kami harus pergi ke ruangan sidangku di Aula-nya TU Delft. Aku berencana menaiki bus nomor 69 yang berhenti tepat di depan Aula sehingga nyaman kan ya. Tetapi kemudian, bus nomor 60 datang dan entah bagaimana aku membaca “0” sebagai “9” dong sehingga kami salah naik bus!! Duh! Drama begini jelas tidak aku butuhkan buat hari seperti ini lah ya 😣.

Sebagai akibatnya, kami harus turun di halte bus yang agak jauh dari Aula. Karena tidak ada layanan bus kesana, pilihan terbaik kami adalah berjalan kaki 😣. Untungnya sih aku memang sudah memasukkan waktu ekstra di perencanaanku sehingga kami masih ada waktu untuk kesana. Tetapi tetap aja lah ya…

Before the defense started
Foto-foto dulu sebelum sidang

Singkat cerita, kami tiba di ruangan sidangnya. Aku disambut oleh bedel-ku (bisa dipandang sebagai semacam MC gitu) yang menjelaskan semuanya kepadaku dan membantuku untuk mempersiapkan diriku. Masih ada 40 menit sebelum sidang dimulai. Keluargaku berusaha menenangkanku dengan foto-foto, haha. Lalu, tamu-tamuku juga mulai berdatangan satu-satu (ini adalah sidang terbuka sehingga semua orang umum diperbolehkan menonton).

3. Sidang

The starting point of the defense
Bagaimana sidang dimulai

Tepat jam 12:30, bedel dan komite sidang disertasiku (terdiri atas delapan anggota, dimana lima di antaranya adalah profesor) memasuki ruangan. Kami semua diharuskan berdiri ketika mereka masuk dan duduk di tempatnya masing-masing. Kemudian, para penonton diminta duduk sementara aku diminta maju ke podium.

Rector magnificus (pemimpin sidang), yang bertugas sebagai moderator, memperkenalkan delapan anggota komite ini ke para penonton. Lalu, sidang yang berisi cecaran pertanyaan bertubi-tubi selama satu jam dimulai…

Listening seriously to the question being asked
Serius mendengarkan pertanyaan yang sedang disampaikan

Jujur, aku sungguh gugup sekali di sidang ini. Tetapi aku sudah menyangkanya sih. Kebetulan satu minggu sebelumnya, seorang stand-up comedian asal Inggris presentasi di kantor memberikan masukan-masukan untuk public speaking di sebuah acara yang mengintimidasi. Nah, aku memutuskan untuk mencoba mempraktekkan masukan-masukannya itu!

Defending
Disidang

Secara keseluruhan, rasanya aku menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan kepadaku dengan baik. Beberapa pertanyaannya adalah “pertanyaan macam apa sih ini?“, huahaha, tetapi aku juga bisa meladeninya dengan lumayan lah. Profesor promotor-ku, yang mendapatkan giliran terakhir bertanya, baru saja menyelesaikan pertanyaan pertamanya ketika aku melihat bedelnya memasuki ruangan, artinya waktu 3600 detik untuk sidang ini sudah nyaris selesai. Aku tidak memiliki cukup waktu untuk menjawab pertanyaannya dengan komplit, ketika bedel berkata “Hora est!“. Dan semuanya harus berhenti karena sidang sudah berlangsung selama tepat satu jam.

Almost "Hora Est!"
Nyaris “Hora Est!”

Aku diminta untuk kembali ke kursiku. Delapan anggota komite mengikuti bedel memasuki ruangan lain untuk mendiskusikan hasil sidang.

4. Menunggu hasil

Tepat setelah mereka meninggalkan ruangan sidang, para penonton memberikan aplaus kepadaku. Untukku sih, aku merasa lelah. Dan lega juga sih. Tetapi lebih banyak lelahnya sih, haha.

Beberapa tamuku mendatangiku di kursiku untuk menyelamatiku. Ternyata masukan-masukan dari stand-up comedian asal Inggris itu adalah masukan-masukan yang bagus, karena mereka berkata aku nampak sungguh tenang dan percaya-diri sekali dalam mempertahankan pekerjaan dan argumen-argumenku. Padahal di dalam hati gila aku sungguh tegang dan grogi banget! Haha 😆

Aku lelah sekali sampai-sampai aku merasa malas untuk berdiri sehingga aku duduk saja deh sepanjang waktu ini. Aku merasa sidangku berjalan baik sih, tetapi tetap aja lah ya was-was juga kira-kira apa ya yang didiskusikan komiteku saat ini.

5. Wisuda

The committee marching with my diploma to the defense room
Komiteku berbaris memasuki ruangan sidang dengan diplomaku

Sekitar 15 menit setelah sidang, bedel, diikuti oleh delapan anggota komiteku, memasuki ruangan. Seperti sebelumnya, semua orang diminta berdiri ketika mereka masuk dan menempati tempat mereka.

Kemudian aku diminta maju untuk berdiri di hadapan rector magnificus. Ia mengumumkan bahwa aku telah sukses mempertahankan disertasiku dan semua anggota komite telah menyetujui bahwa aku berhak untuk menyandang gelar “Doktor”.

Setelahnya, profesor promotorku secara resmi “menganugerahiku” dengan gelar Doktor dan memberikan ijazah (yang ukurannya besar banget, haha). Dan, jadilah, tepat jam 13:48 waktu Belanda hari ini, secara resmi aku dipromosikan menjadi Dr. Ir. A. A. Zilko.

The moment I became a Doctor
Momen-momen aku menjadi seorang Doktor.

Lalu, oleh rector magnificus aku disumpah dengan tanggung-jawab terhadap masyarakat karena sekarang aku telah menjadi seorang Doktor, seorang ilmuwan independen. Dengan gelar ini, pendapat dan pandanganku bisa mempengaruhi banyak orang sehingga aku harus menggunakannya dengan bijak. Setelah promosiku, kedelapan anggota komite dan penonton dipersilakan duduk (mereka diharuskan berdiri di sepanjang proses wisudaku).

A graduation speech
Sebuah sambutan kelulusan

Kemudian, kopromotorku (pembimbing harianku) dipersilakan untuk memberikan sambutan. Karena dengan ia lah aku banyak bekerja selama tahun-tahun PhDku, ia diberikan kesempatan untuk menjadi orang pertama yang memanggilku dengan sebutan “Dr. Zilko” dan dipersilakan memberikan sambutan dan kesan-pesan mengenai wisuda dan tahun-tahun dimana kami bekerja bersama. Sebenarnya, kami sudah kenal selama sekitar tujuh tahun loh, karena ia pula lah yang memberikan beasiswa Master/S2 kepadaku ke Belanda di awal tahun 2010, sebuah titik-balik dalam hidupku. Iyaa, memang agak emosional begitu deh 🙂 .

6. Resepsi

Wisudaku diikuti dengan resepsi. Tetapi sebelum itu, kami harus membuat foto grup wajib resmi di tangga di depan ruang sidang yang terkenal itu:

The famous stairs photo
Foto tangga yang terkenal itu

Resepsinya sendiri bertempat di area umum di lantai bawah. Semuanya sudah dipersiapkan sesuai permintaanku (Beberapa minggu sebelumnya, aku harus memutuskan, salah satunya, berapa potong biskuit yang ingin aku sajikan di resepsi ini. Iya loh segitunya! 😅)

With my diploma
Harus berpose dengan ijazahku lah ya, haha

Anyway, aku dipandu ke sebuah meja oleh bedel, yang membuka ijazah dan memamerkannya di meja untukku. Orangtua dan adikku diminta untuk berdiri di sisi kiriku. Lalu, para tamu berbaris untuk menyelamatiku (dan kemudian orangtua dan adikku) satu per satu, dimulai oleh anggota komiteku 🙂 . Di sepanjang resepsi ini, aku juga menerima banyak hadiah dari kolega-kolega dan teman-temanku! Terima kasih ya semuanya!! ☺️

Gifts!!
Kado!!

Resepsi berlangsung sekitar satu jam. Setelah semuanya pulang, aku menyelesaikan urusan pembayaran dengan staf di sana dan kemudian aku pulang.

7. Setelah sidang dan wisuda (istirahat sejenak)

Untuk pulangnya kami menaiki bus yang benar, haha. Orangtua dan adikku aku minta pulang ke hotel saja, sementara aku mengembalikan tuksedoku di toko persewaan pakaian formalnya. Di sepanjang jalan, ada banyak orang yang tidak aku kenal menyelamatiku. Aku kira kelihatan banget ya ketika seseorang dengan tuksedo super rapi berjalan-kaki sambil membawa sebuah silinder raksasa berwarna merah, pasti ia baru saja menjalani sidang disertasi PhDnya!

8. Makan malam

Beef cutlet as the main course
Beef cutlet sebagai menu utama

Aku juga memutuskan untuk mengadakan acara makan malam dengan anggota komiteku malam ini di sebuah restoran yang oke di pusat Delft (rating-nya di Yelp dan Trip Advisor tinggi, haha). Sayangnya, promotorku tidak bisa datang karena asmanya yang kumat. Salah satu profesorku juga datang akibat urusan mendadak di kantor, jadilah makan malamnya dimulai agak terlambat.

Pilihan restoranku adalah pilihan yang baik, karena makan malamnya enak! Secara keseluruhan, ini adalah malam yang oke; dimana pembimbingku menyarankan orangtuaku untuk les bahasa Inggris untuk memperlancar conversation-nya! Haha 😆 .

Graduation dinner groupfie
Goupfie makan malam wisuda dan kelulusanku

***

Yak, begitu deh. Cerita dari salah satu hari terpenting dalam sepanjang hidupku. Dan aku merasa beruntung aku bisa menjalani pengalaman ini! ☺️

PhD Life · Zilko's Life

#1877 – When No News Implies Good News

ENGLISH

I wrote this post exactly two months ago, when I was still in the process of arranging my PhD defense and graduation. Obviously, it went well. But I was quite stressed at that time that I decided to channel some of those frustration (and, to some degree, worry) as a post. It helped. And now, I think it is a good time to share this post, to give some insights on the emotional roller coaster I had to “ride” for a few months in my preparation for the defense and graduation 😉 .

*** 

Delft, 13 December 2016

It is mid-December now when I am writing the first draft of this post. So I am aware the particular topic I am bringing up now is, rather, outdated by the time I publish this post in the future. Nonetheless, I still think the content is interesting to share 🙂 .

**

My dominant feeling at this moment is “anxiety”. Today is the deadline for my seven PhD dissertation committee members to submit their assessment of my PhD dissertation to TU Delft. This is a big one. If they all agree that my dissertation is of sufficient quality for me to graduate, the graduating process can continue. And from thereon, it should be a smoother process where mostly I would only need to take care of the technical stuffs (printing my book (I already have an ISBN for it, btw 🙂 ), arranging the dress (the dress code for a PhD graduation ceremony in TU Delft is super strict), etc).

In assessing my dissertation, the committee members have three options: (1) to approve my dissertation, (2) to approve my dissertation BUT with revisions, (3) to reject my dissertation. Options (2) and (3) are bad. Option (3) is bad for the obvious reason. Option (2) is bad because, while they do not reject the dissertation, (major) revisions need to be done AND, more annoyingly, the graduation process would need to stop and start over from the beginning. So naturally I would hope for the committees to choose option (1).

However, IF a committee member chooses either option (2) or (3), (s)he needs to communicate that with me (and my professors) and provide detailed explanation why (s)he thinks so. Up to now, I have received no such news. So, in theory, this no news situation is basically good news which implies all committees have chosen option (1).

But still, without the official announcement, I am really “anxious” now and feel like I am on my toes, haha 😆 . Maybe this is how some people feel when they are asking for some “certainty”, lol 😆 .

Well … I just hope that I hear something (good) back soon.

***

So, at the time one of my committee was late in submitting his evaluation. It also happened that the Christmas and New Year holiday season was coming up next! Moreover, there were still a lot of stuffs to be taken care of even after the green-light that I could have my PhD defense! And so I think it was not surprising that I was worried about it! Haha 😆

BAHASA INDONESIA

Posting ini aku tulis tepat dua bulan yang lalu, ketika aku masih dalam proses mempersiapkan sidang dan wisuda PhD/S3-ku. Jelas, semuanya berlangsung lancar. Tetapi waktu itu aku sedang merasa cukup stres dan aku memutuskan untuk menyalurkan rasa frustrasi (dan juga kekhawatiranku) dalam sebuah posting. Ini membantu banget loh. Dan saat ini aku rasa adalah waktu yang baik untuk membagikan cerita ini, untuk sedikit menggambarkan roller coaster emosi yang harus aku “naiki” selama beberapa bulan proses persiapan sidang dan wisuda itu 😉 .

*** 

Delft, 13 Desember 2016

Sekarang ini pertengahan bulan Desember ketika aku menuliskan draft pertama posting ini. Jadi aku sadar bahwa topik yang ingin kuangkat kali ini tentunya sudah cukup basi ketika posting ini aku publikasikan di masa mendatang. Toh walaupun begitu, aku masih merasa isinya cukup menarik kok untuk dibagikan 🙂 .

***

Perasaan dominanku saat ini adalah “gelisah”. Hari ini adalah tenggat waktu bagi tujuh anggota komite disertasi PhD/S3ku untuk memasukkan hasil evaluasi mereka akan disertasiku ke TU Delft. Ini penting banget nih. Jika mereka semua setuju bahwa kualitas disertasiku cukup baik untukku lulus, proses kelulusanku bisa berlangsung. Dan dari sana, prosesnya akan cenderung lebih mulus dimana kebanyakan aku hanya perlu mengurus tetek bengek teknis kelulusan (misalnya mencetak bukuku (aku sudah memiliki nomor ISBN juga loh, btw 🙂 ), menyiapkan pakaianku untuk sidang nanti (dress code untuk sidang PhD di TU Delft ketat banget nih), dll).

Dalam mengevaluasi disertasiku, anggota komitenya diberikan tiga pilihan: (1) untuk menyetujui disertasiku, (2) untuk menyetujui disertasiku TETAPI dengan revisi, atau (3) untuk menolak disertasiku. Pilihan (2) dan (3) adalah pilihan yang buruk. Jelas lah ya mengapa pilihan (3) itu buruk. Pilihan (2) buruk karena, walaupun memang sih disertasinya tidak ditolak, revisi (besar) diperlukan DAN, yang lebih menyebalkannya, proses kelulusannya harus berhenti dan dimulai lagi dari awal. Jadi tentu saja aku berharap anggota komiteku memilih pilihan (1).

Namun, JIKA seorang komite memilih pilihan (2) atau (3), ia diwajibkan mengomunikasikannya denganku (dan profesor-profesorku) dan memberikan penjelasan mendetail mengapa ia berpendapat demikian. Nah, sampai saat ini, aku tidak menerima pemberitahuan apa-apa tuh dari mereka. Jadi, in theory, ketiadaan berita ini adalah berita baik dong ya karena ini kan artinya semua anggota komiteku telah memilih pilihan (1).

Tetapi tetap aja nih, tanpa pengumuman resmi, kok aku merasa “gelisah” gitu ya, haha 😆 . Mungkin ini ya yang dirasakan sebagian orang ketika mereka meminta “kepastian” *uhuk*, ahahah 😆 .

Yah … aku harap sih aku akan segera mendengar suatu berita (baik) deh.

***

Yup, ceritanya waktu itu salah seorang anggota komiteku terlambat dalam memasukkan laporan evaluasinya. Padahal dalam waktu dekat liburan Natal dan Tahun Baru akan dimulai kan! Padahal (juga), masih ada banyak hal tetek-bengek yang harus aku urus setelah aku mendapatkan lampu hijau untuk sidang! Jadi, rasanya, wajar jika aku merasa gelisah karenanya! Haha 😆

PhD Life

#1870 – Dr. Ir. A. A. Zilko

ENGLISH

Just a really quick update. As of a few hours ago today, officially I can call myself:

Dr. Ir. A. A. Zilko.

Or, using my international titles:

A. A. Zilko, S.Si, M.Sc, Ph.D.

Haha 😆

Yep, this afternoon I had my PhD defense. Obviously it went well and so this post 😛 .

Anyway, I must stop here as this is all I have for now!! 🙂

The moment I became a Doctor
The moment I became a Doctor

BAHASA INDONESIA

Update kilat nih. Per beberapa jam yang lalu hari ini, secara resmi aku berhak memanggil diriku:

Dr. Ir. A. A. Zilko.

Atau, dengan menggunakan gelar yang internasional:

A. A. Zilko, S.Si, M.Sc, Ph.D.

Haha 😆

Yep, siang tadi aku menjalani sidang PhD/S3ku. Jelas sidangnya berjalan dengan baik sehingga posting ini muncul kan 😛 .

Anyway, untuk sementara segini dulu ya!! 🙂

PhD Life · Zilko's Life

#1867 – Publishing A Journal Paper

ENGLISH

At TU Delft, one of the requirements for a PhD candidate is to publish (a few) journal papers.

A journal paper is a scientific paper that is published in a scientific journal (duh! 😛 ). Publishing a journal paper is by no means easy. You cannot just write one, send it to the editor, and they accept it right away. No, it does not really work like that; as far as I know.

In this post, I would like to share how the process of publishing a journal paper is, based on my own experiences.

First of all, what you need is the content. Of course it has to be something new, so you cannot just copy what others have written and submit it somewhere. So even this first step is no easy business on its own (and can take years to complete).

Anyway, assuming you already have the content and have spent countless of hours writing those content into a manuscript, you need to submit it to a journal of your choice. Your paper will then be assigned to an editor and the editor will look for a few (usually two or three, at least in my experience (though most of the time I was “lucky” enough to get three though, damn)) people in the field to anonymously review your manuscript. By “people in the field”, more often than not they are experienced professors or researchers; even though sometimes it could be junior researchers too. A few times already I have been invited to review new papers submitted to top journals in my field even though actually I was (and still am) a “nobody” in the field 😛 .

Then you wait a few months for all the reviewers to finish their reviews. Once they do, at this stage, most likely you will get bad news regardless, i.e. a lot of different critiques, questions, suggestions, or (maybe) excoriations thrown at you, i.e: major revisions (Unless your work is extremely brilliant (like the famous gravitational waves paper published earlier last year)). You see, the nature that those reviews are anonymous makes this possible. It is understandable because the anonymity is meant to make objective review possible, at least in theory. If someone’s work you are reviewing is crap and you know that someone personally, without anonymity it would be awkward to say that work is crap while you actually need to say it as it is.

Anyway, then you will be given a time period to react on the reviews back. Of course you have the right to defend your work and you can even go as far as maybe pointing out the questions/critiques are “stupid” (if they are). Once I did it and pointed out that the reviewer was wrong and I was right, 😆 .

Then you submit your reaction (and the revised manuscript) back to the journal from where the editor will forward it to the reviewers. Then you wait a few more months for all the reviewers to finish their second round of reviews. For some papers, the reviewing process end here with the paper being conditionally accepted (more on this a bit later), while for the others, an extra round of review might be required.

Anyway, if it reaches the stage where the paper is conditionally accepted (This is not guaranteed, btw, as it is possible that after three rounds of reviews, meaning many months have passed just for the reviewing process (it could even be more than a year!), the paper gets rejected), it does not mean the work is done. The editing process must, then, follow, i.e. the manuscript (font, margins, styles, etc) should satisfy the journal’s specification, some copy-editing work might still be necessary, some forms to fill and sign, etc. But, at least, at this stage the author can have more peaceful mind as, basically, the paper is accepted and will be published anyway, sooner or later 😛 .

What if the paper gets rejected? Well, as it says, it is rejected for publication. I heard (I have no first-hand experience) sometimes you can file an appeal to the editor, though the chance might be rather slim anyway. More often, the authors submit the paper to another journal. Then the exact same process restarts.

***

You see, this is why last year I mentioned that, up to that point, writing those journal papers was the most difficult writing-related task I had ever done in my life.

Now, I have finished writing up my PhD dissertation. While writing a PhD dissertation is also, by no means, easy, I would still give the edge to those journal papers in term of the difficulty that I faced. Even though this might be due to the fact that I used my journal papers as the building blocks of my dissertation, too, though. So this might not be a fair statement.

My book!
My book (PhD dissertation)!

Well, how much you could expect if your paper is accepted for publication after that brutal process? Lol, ZERO!! Yes, you literally cannot expect to get any compensation from that grueling work.  This might also play some part on my stand when comparing it with writing my PhD dissertation. While I also got no financial incentive from writing my dissertation, I could expect to get my PhD degree when I was done which, in a big way, was also a form of a “return”.

BAHASA INDONESIA

Di TU Delft, salah satu persyaratan bagi kandidat PhD (S3) untuk lulus adalah harus menerbitkan (beberapa) karya tulis di jurnal ilmiah (journal paper).

Sebuah journal paper adalah karya tulis ilmiah yang diterbitkan di sebuah jurnal ilmiah (duh! 😛 ). Menerbitkan sebuah journal paper itu sama sekali tidak mudah loh. Nggak ada deh ceritanya kita tinggal menulis satu, mengirimkannya ke editor, dan kemudian langsung diterima. Tidak, sayangnya prosesnya tidak seperti itu; sejauh sepengetahuanku.

Nah, di posting ini aku ingin sedikit membagikan bagaimana proses menerbitkan sebuah journal paper; tentunya berdasarkan pengalamanku sendiri yah.

Pertama-tama, yang diperlukan adalah isi. Tentu saja isinya adalah sesuatu yang harus baru, jadi nggak bisa tinggal mengopi apa yang telah diterbitkan orang lain dan memasukkannya dimana gitu. Jadi bahkan langkah pertama ini pun sudah sulit sekali (dan bisa memakan waktu bertahun-tahun).

Nah, kita asumsikan isinya sudah kita punyai dan kita sudah menghabiskan banyak jam untuk menuliskannya dalam bentuk sebuah naskah, kita bisa memasukkannya ke jurnal pilihan kita. Di sana, naskahnya akan diberikan ke seorang editor yang akan memilih beberapa (biasanya sih dua atau tiga, setidaknya berdasarkan pengalamanku (walaupun sering aku “beruntung” dimana aku mendapatkan tiga sih, haha)) orang di bidang kita untuk me-review naskah ini secara anonim. Dan dengan “orang di bidang kita”, sering kali adalah profesor-profesor atau peneliti-peneliti yang sudah berpengalaman banyak; walaupun memang terkadang bisa jadi peneliti junior juga sih. Beberapa kali aku mendapatkan permintaan untuk me-review beberapa naskah baru yang baru saja dimasukkan ke beberapa jurnal unggulan di bidangku, padahal aku kan hitungannya masih “bukan siapa-siapa” gitu ya, haha 😛 .

Lalu, kita mesti menunggu beberapa bulan untuk para reviewers-nya selesai me-review naskah kita. Begitu selesai, di waktu ini, seringnya sih kita akan mendapatkan berita buruk, yaitu: banyak kritik-kritik yang berbeda, pertanyaan-pertanyaan, saran-saran, atau (mungkin) juga celaan, dengan kata lain: revisi mayor (Kecuali pekerjaan kita sungguh brilian sekali (misalnya paper gelombang gravitasi yang terkenal itu yang diterbitkan awal tahun lalu)). Nah kan, keanoniman proses review ini yang membuat ini bisa terjadi. Bisa dipahami sih, karena dengan anonimitas, review yang obyektif, setidaknya secara teori, bisa diberikan. Jika pekerjaannya seseorang yang kita review itu buruk dan kebetulan orangnya kita kenal, tanpa anonimitas tentu sulit untuk mengatakan bahwa pekerjaannya buruk; padahal kan kita harus jujur mengungkapkan kualitas pekerjaan itu sebagaimana adanya.

Anyway, lalu kita diberikan sekian waktu untuk membalas review-review tersebut. Tentu saja kita berhak untuk membela/mempertahankan pekerjaan kita dan kita bahkan boleh kok menunjukkan jika ada pertanyaan/kritik yang “bodoh” (kalau memang begitu). Sekali aku pernah melakukan ini dimana aku tunjukkan bahwa reviewer-nya salah dan aku benar, haha 😆 .

Lalu, reaksi/jawaban kita kita masukkan kembali (beserta naskah yang telah diperbaiki) ke jurnal dimana editor akan memberikannya ke para reviewers lagi. Lalu kita mesti menunggu beberapa bulan lagi untuk para reviewer-nya menyelesaikan review ronde dua ini. Bagi sebagian naskah, proses review-nya selesai di sini dimana paper-nya diterima dengan persyaratan tertentu (ini akan kubahas di paragraf selanjutnya), sementara untuk yang lainnya, satu babak lagi mungkin diperlukan.

Anyway, jika tahap dimana paper-nya diterima dengan persyaratan tertentu tercapai (Tidak ada jaminannya lho ini, btw, dimana sangat amat mungkin setelah tiga ronde review, yang mana artinya banyak bulan telah terlewati (bisa jadi lebih dari satu tahun!), pada akhirnya paper-nya ditolak), bukan berarti pekerjaan telah selesai. Proses editing harus dilakukan, dimana naskahnya harus disesuaikan dengan spesifikasi jurnalnya (font, margins, gaya, dsb), pekerjaan copy-editing mungkin perlu, formulir-formulir yang mesti diisi, dll. Tetapi, setidaknya, di tahapan ini penulis bisa bekerja dengan pikiran yang lebih tenang karena, pada dasarnya, paper-nya sudah diterima dan toh akan terbit, dalam waktu dekat ataupun agak lamaan 😛 .

Kalau paper-nya ditolak gimana dong? Yah, ya jelas lah ya, paper-nya ditolak dipublikasikan alias tidak akan terbit. Aku dengar-dengar (aku tidak ada pengalaman sendiri sih) terkadang kita bisa melayangkan protes/banding ke editor-nya, walaupun kemungkinannya kecil juga. Seringnya sih, penulis memasukkan naskahnya ke jurnal lain. Dan kemudian proses yang sama dimulai kembali dari awal.

***

Nah kan, ini lah alasan mengapa tahun lalu aku sebutkan bahwa, sampai waktu itu, menulis artikel-artikel jurnal ilmiahku adalah tugas menulis paling sulit yang pernah kulakukan seumur hidup.

Sekarang, aku sudah selesai menuliskan disertasi PhD/S3-ku. Walaupun menulis disertasi PhD juga sangat tidak mudah, aku masih harus bilang bahwa menulis artikel journal paper itu masih lebih sulit deh. Walaupun mungkin ini juga disebabkan aku menggunakan artikel-artikelku itu sebagai kerangka disertasiku sih. Jadi mungkin pernyataan ini tidak lah sepenuhnya benar juga.

My book!
Bukuku (disertasi PhD/S3ku)!

Nah, berapakah honor yang diterima jika paper-nya akhirnya diterima setelah proses brutal tersebut? Hahaha, NOL!! Yup, penulis sama sekali tidak bisa mengharapkan mendapatkan imbalan darinya. Ini juga mungkin berperan di dalam pendapatku di atas ketika membandingkannya dengan menulis disertasi PhD-ku. Walaupun aku juga tidak mendapatkan insentif secara finansial dari penulisan disertasiku, setidaknya aku bisa berharap untuk mendapatkan gelar PhD/Doktor-ku setelah aku menyelesaikannya yang mana, di satu sisi yang besar, adalah satu bentuk “imbalan” juga kan ya.

General Life · PhD Life · working life · Zilko's Life

#1862 – My Book and Post-Vacation Weight

ENGLISH

My Book!!

Earlier this week, I got four of these boxes delivered to my Delft office:

My book!
My book!!

Yep, those were MY book (read: PhD dissertation!). Yes, my dissertation, which I worked so hard for in the last many months of my PhD contract which forced me to work myself through the summer (holiday) period of 2016, was finally printed into real books!! Btw, I even got an ISBN for it, haha 😛 .

Yeay! :mrgreen:

Obviously the dominant feeling I had when seeing and holding those books was happiness (well, and also a bit of relief as well 😛 ). Those were the fruits of my hardwork in the past four and a half years.

For long, I had been wanting to write a book. Like, a real book. And it felt really surreal seeing those books, which every single content was made by me (Including the cover, which I designed myself. Btw, I got the inspiration for the cover in an art exhibition at Parc Du Thabor in Rennes last year on my weekend trip. See? Travelling was useful!), to become reality!

But then I got reminded immediately that there is still one final challenge I must tackle: my PhD defense. I know I must also prepare myself seriously for that one.

Post-Vacation Weight

Anyway, I was hoping that I would not gain so much weight on my year end trip to Indonesia; despite all the eating I did there 😅. Well, as it turned out, while unsurprisingly my body weight, indeed, went up, I only gained:

0.5 kg!!

Yes, just 0.5 kg!! Yeaay!!

Yep, I guess the carbohydrate diet I strictly applied when I was there worked well!

And now, back to the gym and regular exercise!! 😀

BAHASA INDONESIA

Bukuku!!

Awal minggu ini, aku mendapatkan kiriman ini sebanyak empat kardus di kantor Delft-ku:

My book!
Bukuku!!

Iyaa, itu adalah bukuKU (baca: disertasi PhD/S3-ku!). Iya, disertasiku, yang mana aku kerjakan dengan sangat amat serius di banyak bulan terakhir kontrak PhDku sampai-sampai aku melewatkan berlibur di masa-masa liburan musim panas 2016 yang lalu, akhirnya dicetak menjadi buku-buku beneran juga!! Btw, bahkan aku mendapatkan ISBN juga untuknya loh, haha 😛 .

Horee! :mrgreen:

Jelas perasaan yang dominan ketika melihat dan memegang buku-buku itu adalah kebahagiaan (yah, dan sedikit rasa lega juga sih 😛 ). Buku-buku itu adalah buah dari kerja-kerasku selama empat setengah tahun terakhir.

Sudah lama rasanya aku ingin menulis sebuah buku. Buku yang beneran maksudnya. Dan rasanya surreal banget melihat buku-buku itu, yang mana keseluruhannya aku buat sendiri (Termasuk cover-nya loh, yang mana aku disain sendiri. Btw, aku mendapatkan inspirasi untuk cover-nya dari sebuah pameran seni di Parc Du Thabor di Rennes tahun lalu di perjalanan akhir pekanku ke sana. Nah kan? Jalan-jalan itu banyak gunanya!), kini menjadi kenyataan!

Tetapi langsung deh aku teringatkan bahwa masih ada satu tantangan terakhir yang mesti aku taklukan: sidang PhDku. Aku tahu aku harus mempersiapkan diriku dengan serius untuknya.

Berat badan pasca-liburan

Anyway, ceritanya kan aku berharap berat badanku nggak akan naik banyak-banyak banget di perjalanan akhir tahunku ke Indonesia; walaupun di sana kerjaannya makan melulu kan 😅. Yah, ternyata, walaupun memang sih berat badanku naik, kenaikannya adalah:

0,5 kg!!

Iyaaa, cuma 0,5 kg aja!! Horee!!

Yep, aku rasa diet karbohidrat yang aku terapkan dengan ketat ketika di Indonesia bekerja dengan baik deh!

Dan sekarang, aku kembali ke gym dan berolahraga setiap hari deh!! 😀