Aviation, North America Trip, Trip Report, USA, Vacation

#2107 – 2018 Spring Break (Part VII: Air France AF137 ORD-CDG in Business Class)

ENGLISH

Posts in the 2018 Spring Break series:
1. Introduction
2. Part I: Getting to New Orleans
3. Part II: New Orleans
4. Part III: NOLA the Foodie Destination
5. Part IV: New Orleans to Chicago
6. Part V: Chicago the City
7. Part VI: The MCA, Skydeck, and the Food
8. Part VII: Back to Europe in Business Class

Two days before my Air France flights back to Amsterdam via Paris, a part of Air France workers went on strike which meant Air France had to cancel some of their (global) flights. One of these was their daily Paris – Chicago flight that day.

Then on the day of my departure, just before going to the airport, I got a call from Air France’s Chicago office offerring me to switch to KLM’s direct Chicago – Amsterdam flight free of charge. I, of course, declined the offer.

Flight: Air France AF137
Equipment: Airbus A330-200 reg F-GZCH
ATD: 17:37 CDT (Runway 28R of ORD)
ATA: 08:23 CET (Runway 08R of CDG)

After taking the L train to O’Hare Airport and proceeded to Terminal 5, I checked-in at Air France/KLM’s counters. It turned out the agent was the one who contacted me before, haha. He then told me that I had been upgraded to Business Class on the Chicago – Paris flight. Yeay!! 😀

I then cleared security and headed to the Air France/KLM Lounge at Terminal 5. The lounge turned out to be quite small, though I still found it impressive that Air France/KLM operated their own lounge despite Chicago not being a SkyTeam hub (Air France and KLM each only operated one daily flight to Chicago). Anyway, I found the lounge to be sufficient, despite the lack of power ports.

Air France Lounge at Chicago O’Hare Airport

My flight today would be operated with Air France’s Airbus A330-200 reg F-GZCH. Long story short, I walked to the gate, boarded the plane, and turned left to the Business Class cabin 😀 . I took off my coat, which not long after was retrieved by a cabin crew to store it in a cabinet, and settled onto my 2K seat.

The business class cabin on board Air France’s Airbus A330-200 F-GZCH

“Unfortunately”, F-GZCH was still equipped with the old Business Class cabin in 2-2-2 configuration. Plus, the seat was still of the older “angled-lie-flat” one, i.e. we could flatten the seat out, but it would still be angled (not fully horizontal like in KLM’s Boeing 747-400 World Business Class). Despite so, it was still much better than economy so I’d still take it, lol 😆 .

On my business class seat board an Air France’s Airbus A330-200 F-GZCH

The cabin crew went around distributing newspapers, amenity kits, and drinks before departure. The amenity kit pouches were Air France branded and came in a few different colours (I obviously chose the blue one) and for the drink I got myself a champagne, lol 😆 .

Pre-departure drink service: French champagne

After boarding was completed, we began our pushback and, hence, departure to Paris. The safety video was played on the IFE screen. While it was still the same version, I noticed that Air France had changed the music. Somehow I liked the older music better, though. Anyway, here is the new “version” of the video:

Anyway, it was quite a quick taxi to the departure runway, which was runway 28R today. After taking-off, we made a turn towards Paris. Being seat on the right side of the plane, this provided me with a great view of Chicago in the background! 😀

Chicago O’Hare Airport and Downtown Chicago in the background

After the seatbelt sign was switched off, I took off my shoes and stored it in the shoes bag that was provided in the seat. The bag also contained a pair of slippers and socks, which I, then, of course used.

Such a comfortable flight this would be!!

The cabin crew distributed warm towels and the menu book for this flight. And then, they went on another round of drink service and, again, I had a glass of champagne, haha 🙈 .

French champagne service after take-off

The dinner service commenced not long after. There was no choice for the appetizer, which consisted of bresaola, shrimps on ratatoille, and salad with pecans. I accompanied it with a glass of 2016 Loire Blanc. It was, as expected, good!

The appetizer

Then the main course followed with four options: pan-seared tournedos, scallops in lobster sauce, chicken supreme in foie gras sauce, or red bell pepper gnocchi. I was torn between the scallops or the chicken, but in the end settled for the scallops which also came with a serving of basmati rice and carrots. A plate of gourmet cheeses was also served accompanying the main dish. It was really good!!

The main course: scallops in lobster sauce and a plate of gourmet cheeses

The dessert then followed, with two options: a sorbet with fruit salad or bites of cake, tart, and sponge. Initially I opted for the sorbet but then changed my mind to the small bites, haha. I accompanied the dessert with a glass of warm green tea 😀 .

Mini bites for dessert

After dinner, naturally I was trying to get some rest. We were already at the northeastern point of Canada at this point, so this was already about 1/3 way through to Paris! But first, I was browsing what was offerred in the IFE. As mentioned above, unfortunately F-GZCH was still equipped with the old seat and hence also the old IFE system. The content was rather disappointing and the screen was rather small.

Trying to get some rest, and notice the small-ish screen

I then flattened my seat, put my eyepad and blanket on (which were of better quality than in economy), and tried to get some rest. While I wasn’t able to get into deep sleep, this helped a lot as I could still get some rest! A few times I made a few trips to the lavatory, which smelled really good in business class because of the special perfumes, haha. They galley was also full of drink and premium snacks available for business class passengers to grab. The cabin crew was also very courteous. When seeing me in the galley, he asked me if I would like a cup of tea or coffee. I said I was fine and probably would ask for the coffee later just before breakfast.

The business class galley

As we were approaching Ireland, the cabin crew slowly brighten the cabin (They must have closed my window shades when I was asleep, without me noticing!). Not long after, they distributed warm towels and I got my cup of (powdered) cappuccino. Breakfast was then served, which consisted of some pastries, bread rools, fresh fruit, yoghurt, and some warm drinks. It was good.

The breakfast service.

Not long after, we began our descent to Paris-Charles De Gaulle Airport. We flew over the city of Paris before landing at runway 08R of the airport. The plane parked at Concourse L. I disembarked the plane, cleared security and immigration before heading to Terminal 2F for my connecting flight to Amsterdam.

***

I’m not going to share my AF1640 flight to Amsterdam in too much details now. Only that it was operated with Air France’s A321-200 reg F-GTAH and was delayed for about 40 minutes. I was also flying economy on this flight, though I didn’t really mind, haha.

And here, my one week 2018 Spring Break to New Orleans and Chicago officially ended.

THE END.

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri 2018 Spring Break:
1. Introduction
2. Part I: Getting to New Orleans
3. Part II: New Orleans
4. Part III: NOLA the Foodie Destination
5. Part IV: New Orleans to Chicago
6. Part V: Chicago the City
7. Part VI: The MCA, Skydeck, and the Food
8. Part VII: Back to Europe in Business Class

Dua hari sebelum penerbangan Air France-ku ke Amsterdam via Paris, sebagian karyawannya Air France memutuskan untuk mogok kerja yang menyebabkan pembatalan sebagian penerbangan (global)-nya Air France. Salah satunya yang kena adalah penerbangan Paris – Chicago hari itu.

Lalu di hari keberangkatanku, tepat sebelum aku berangkat ke bandara, aku mendapatkan telepon dari kantor Chicagonya Air France yang menawarkanku untuk pindah ke penerbangan langsung Chicago – Amsterdam dengan KLM. Aku, tentu saja, menolak penawaran ini.

Penerbangan: Air France AF137
Pesawat: Airbus A330-200 reg F-GZCH
ATD: 17:37 CDT (Runway 28R of ORD)
ATA: 08:23 CET (Runway 08R of CDG)

Setelah naik kereta L menuju Bandara O’Hare dan berjalan ke Terminal 5, aku check-in di konternya Air France/KLM. Ternyata agen yang melayaniku adalah yang meneleponku sebelumnya, haha. Ia kemudian memberi-tahuku bahwa aku di-upgrade ke kelas bisnis di penerbangan Chicago – Paris. Hore!! 😀

Setelah pemeriksaan sekuriti, aku pergi ke lounge Air France/KLM di Terminal 5. Lounge-nya berukuran cukup kecil ternyata. Walaupun begitu aku masih cukup kagum sih Air France/KLM memiliki lounge-nya sendiri di Chicago padahal bandara ini bukanlah hub dari SkyTeam (Air France dan KLM masing-masing hanya mengoperasikan satu penerbangan per hari ke Chicago). Anyway, lounge-nya bisa dibilang cukup oke lah walaupun nggak spesial-spesial amat, tetapi colokan listriknya tidak begitu banyak.

Lounge Air France di Bandara Chicago O’Hare

Penerbanganku hari ini akan dioperasikan dengan pesawat Airbus A330-200nya Air France dengan rego F-GZCH. Singkat cerita, aku berjalan ke gerbang keberangkatan, naik ke pesawat, dan kemudian berbelok kiri ke kabin kelas bisnis 😀 . Aku melepaskan mantelku, yang mana tidak lama kemudian diambil oleh seorang pramugara untuk disimpankan di kloset mantel, dan duduk nyaman di kursi 2K.

Kabin kelas bisnis di pesawat Airbus A330-200 F-GZCHnya Air France

“Sayangnya”, F-GZCH masih dilengkapi dengan kabin kelas bisnis model lamanya Air France dengan konfigurasi kursi 2-2-2. Ditambah lagi, kursinya pun masih yang bertipe “angled-lie-flat“, alias bisa diratakan tetapi masih “bersudut” (jadi tidak benar-benar horizontal seperti di World Business Class Boeing 747-400nya KLM). Walaupun begitu, kursi ini masih jauh lebih nyaman daripada kursi di kelas ekonomi sih jadi aku mah nggak komplain lah ya, hahaha 😆 .

Di kursi kelas bisnisku di pesawat Airbus A330-200 F-GZCHnya Air France

Pramugarinya membagikan koran, amenity kits, dan minuman sebelum berangkat. Pouch amenity kit-nya bermerk Air France dan datang dengan beberapa pilihan warna (Tentu aku memilih yang berwarna biru) dan untuk minumnya aku memilih segelas champagne, haha 😆 .

Layanan minuman sebelum berangkat: champagne Prancis

Setelah boarding selesai, pushback dimulai sehingga pesawat mulai diberangkatkan ke Paris. Peragaan video keselamatan dimainkan di layar IFEnya. Walaupun masih merupakan versi yang sama, aku perhatikan Air France telah mengubah musiknya. Aku lebih suka musik yang lama nih. Berikut ini “versi” baru videonya:

Anyway, setelah taxiing yang singkat, kami lepas landas dari landasan pacu 28R. Pesawat kemudian berbelok ke arah Paris. Karena duduk di sisi kanan pesawat, aku mendapatkan pemandangan kota Chicago yang keren banget sebagai latar belakang! 😀

Bandara Chicago O’Hare dan Downtown Chicago di latar belakang.

Setelah tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan, aku melepas sepatuku dan menyimpannya di tas sepatu yang disediakan di setiap kursi. Tasnya juga berisi sandal dan kaus kaki, yang mana jelas kemudian aku pakai.

Penerbangannya bakal nyaman nih!!

Awak kabin kemudian membagikan handuk hangat dan buku menu untuk penerbangan ini. Kemudian layanan minuman kembali diberikan, dan aku memilih segelas champagne lagi, haha 🙈 .

Champagne Prancis setelah lepas landas

Layanan makan malam disajikan tidak lama kemudian. Tidak ada pilihan untuk makanan pembuka, yang terdiri atas ham bresaola, udang di atas ratatouille, dan salad dengan kacang pecan. Aku menemaninya dengan segelas 2016 Loire Blanc. Seperti penampilannya, memang enak!

Makanan pembuka

Lalu makanan utama disajikan yang datang dengan empat pilihan: pan-seared tournedos, scallops dengan saus lobster, ayam dengan saus foie gras, atau gnocchi paprika merah. Awalnya aku galau antara scallops atau ayamnya, tetapi kemudian memilih scallops yang disajikan bersama dengan nasi basmati dan wortel. Sepiring keju gourmet juga disajikan bersamaan dengan makanan utama ini. Rasanya enak!!

Makanan utama: scallops dengan saus lobster dan sepiring keju gourmet

Pencuci mulut kemudian disajikan, dengan dua pilihan: es krim sorbet dengan buah-buahan atau potongan mini kue, tart, dan sponge. Awalnya aku memilih es krim sorbet tetapi kemudian berganti pilihan ke potongan-potongan mini itu dengan segelas teh hijau hangat 😀 .

Pencuci mulut mini dan teh hijau hangat.

Setelah makan malam, jelas aku mencoba beristirahat. Kami sudah berada di atas ujung timur laut Kanada waktu ini, yang mana artinya sudah sekitar 1/3 perjalanan ke Paris! Tetapi pertama-tama, jelas aku sudah mem-browsing IFEnya. Seperti yang kusebutkan di atas, F-GZCH masih dilengkapi dengan kursi yang lama sehingga sistem IFEnya pun masih sistem lama. Isinya sedikit mengecewakan dan layarnya berukuran relatif kecil.

Mencoba beristirahat, dan perhatikan layarnya yang berukuran agak kecil.

Aku kemudian meratakan kursiku, memasang penutup mata dan selimut (yang mana berkualitas lebih baik daripada yang di ekonomi, haha), dan mencoba beristirahat. Walaupun aku tidak mencapai fase tidur nyenyak, toh aku bisa beristirahat dengan lumayan! Beberapa kali aku pergi ke toilet, yang mana wangi loh karena diberi parfum, haha. Galley-nya juga penuh dengan minuman dan snack premium untuk penumpang kelas bisnis. Awak kabinnya juga perhatian sekali. Ketika melihatku di galley, ia bertanya apakah aku ingin dibuatkan teh atau kopi. Aku bilang tidak perlu untuk saat itu dan nanti saja sebelum sarapan.

Galley kelas bisnis

Ketika pesawat sudah mendekati Irlandia, awak kabin mulai perlahan-lahan menerangkan kabin pesawat (Mereka menutupkan penutup jendelaku ketika aku tertidur, tanpa menggangguku lho!). Tak lama setelahnya, handuk hangat dibagikan dan aku mendapatkan secangkir cappuccino (dari bubuk bungkusan). Sarapan kemudian dibagikan, yang terdiri atas beberapa potong roti, buah-buahan segar, yoghurt, dan minuman hangat. Enak.

Layanan sarapan.

Tidak lama setelahnya, pesawat mulai turun ke Bandara Charles De Gaulle di Paris. Kami terbang di atas kota Paris sebelum mendarat di landasan pacu 08R. Pesawat diparkir di Concourse L. Aku menuruni pesawat, melewati pemeriksaan sekuriti dan imigrasi, sebelum kemudian berjalan ke Terminal 2F untuk penerbangan lanjutanku ke Amsterdam.

***

Aku tidak akan menuliskan terlalu mendetail penerbangan AF1640ku ke Amsterdam. Hanya saja penerbangannya dioperasikan dengan Airbus A321-200nya Air France dengan rego F-GTAH dan terlambat sekitar 40an menit. Aku juga duduk di kelas ekonomi sih di penerbangan ini, tetapi tidak masalah bagiku, haha.

Dan di sini, liburan musim semi 2018 satu mingguku ke New Orleans dan Chicago resmi berakhir.

SELESAI.

Advertisements
Aviation, EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#2042 – AvGeek Weekend Trip #14 (AMS – CDG – FRA – AMS)

ENGLISH

As my Instagram followers (@azilko) have known, yesterday I went on another Avgeek Weekend Trip. Yeah, yeah, I know, I just came back from my 2017 year end trip to California just literally 48 hours before! Quite crazy I know and indeed I was pushing my body to the limit here, haha 😛 . But I feel like it was actually good to help me combat this terrible jetlag! 😀

Anyway, here is the routing this time:

The routing this weekend. Created with gcmap.com

Yeah, quite simple yet efficient. Perfect for my currently jetlagged condition, I guess, haha.

I took a KLM’s flight KL1233 from Amsterdam to Paris with a Boeing 737-800 reg PH-BXL. Then I took an Air France’s flight AF1318 to Frankfurt with an Airbus A320-200 reg F-GKXL. Lastly, I took a KLM Cityhopper flight KL1770 back to Amsterdam with an Embraer ERJ190 reg PH-EXC.

In most part, all were regular and pleasant flights with KLM and Air France. With my Platinum status, I could assign myself seats in economy comfort for free in both KLM flights, haha. I also noticed that yesterday in particular was not a really busy flying day. The KLM Crown Lounge at Schiphol was not that busy, and all the seats next to mine in my Air France and KLM Cityhopper flights were empty!

Anyway, here are the photos from this trip:

BAHASA INDONESIA

Seperti yang followers Instagramku (@azilko) ketahui, kemarin aku pergi dalam sebuah Avgeek Weekend Trip. Iyaa, tahu kok. Aku memang baru saja pulang dari perjalanan akhir tahun 2017ku ke California cuma 48 jam sebelumnya! Agak gila memang ya, dan memang rasanya aku seperti memaksakan tubuhku sendiri ke limit deh, haha 😛 . Eh tetapi aku pikir-pikir ini sebenarnya bagus lho untuk membantuku melawan jetlag yang parah banget ini! 😀

Anyway, berikut ini rutenya kali ini:

Rutenya akhir pekan ini. Dibuat dengan gcmap.com

Yup, memang cukup sederhana dan efisien. Cocok lah untuk kondisiku yang memang sedang terkena jetlag ini, haha.

Aku menaiki penerbangannya KLM KL1233 dari Amsterdam ke Paris dengan Boeing 737-800 rego PH-BXL. Kemudian aku naik Air France AF1318 ke Frankfurt dengan sebuah Airbus A320-200 rego F-GKXL. Dan terakhir, aku menaiki penerbangan KLM Cityhopper KL1770 kembali ke Amsterdam dengan sebuah Embraer ERJ190 rego PH-EXC.

Secara umum ketiganya adalah penerbangan reguler dan nyaman dengan KLM dan Air France. Dengan status Platinumku, aku bisa memilih kursi di kabin economy comfort dengan gratis di kedua penerbangan KLMku, haha. Aku juga perhatikan kemarin bukanlah hari yang sibuk loh di udara. KLM Crown Lounge di Schiphol tidak lah terlalu sibuk, dan semua kursi di sebelahku di penerbangan Air France dan KLM Cityhopper-ku juga kosong!

Anyway, di atas adalah foto-foto dari perjalanan ini.

Aviation

#2020 – My Favorite Landing Runways of AMS and CDG

ENGLISH

Since 2014, Amsterdam’s Schiphol and Paris’ Charles De Gaulle have been the two airports I travel to/from the most. This is hardly surprising given that I am residing in the Netherlands and KLM and Air France are basically married, haha. Anyway, an implication of using both airports a lot is that I have started to form a preference regarding on which runway/direction my flight would land at both.

Of Schiphol (AMS)

Clearly, not the Polderbaan.

I have previously mentioned that Schiphol’s runway 18R/36L, or also known as the Polderbaan, is my least favorite of the airport’s six runways due to its distance from the terminal building. At the time, I mentioned that I liked the other five equally and had no preference amongst them. However, though, things start to have changed a little 😛 .

My rather recent boring Avgeek Weekend Trip made me realize that I think I have developed a “preference” for one of the five runways; but only for landing. And that is: runway 09/27, or also known as the Buitenveldertbaan; and specifically runway 27 because, from my empirical observations, landing is performed on the runway 27 side while take-off from the runway 09 side for Buitenveldertbaan. And here is why:

Landing path of flight KL1246 at the Buitenveldertbaan. Map is from flightradar24.

The map above shows the landing path of my flight KL1246 that evening. As you can see, landing at runway 27 would require the plane to fly above the southern part of Amsterdam. Hence, if you are seated on the window seat in the right side of the plane, you would be provided with a really cool bird’s eyes view of the city!

Of Paris – Charles De Gaulle (CDG)

For the same reason as for runway 27 of Schiphol, my favorite landing runway of Paris-CDG is runway 08R. Landing on this runway would mean the plane would have to fly above the beautiful city of Paris. For instance, here is the landing path of flight AF7641 I took a few months ago with an Air France’s Dreamliner from Lyon:

Landing path of flight AF7641 at runway 08R. A screenshot from flightradar24 app.

This means that if you are seated on the window seat in, again, the right side of the plane, you would be provided with a bird’s eye view of the city! There are exceptions, of course, for instance on flight AF 7641 I took above. A landing path like this would also provide passengers sitting on window seats on the left side of the plane with a cool view of Paris.

A bird’s eye view of Paris!! You can spot the Eiffel Tower, Arc de Triomphe, and the famous Champs-Élysées here.

Paris-CDG Airport is equipped with four parallel runways, so why runway 08R in particular and not runway 08L, 09L, or 09R? In the screenshot above, you can clearly see that the airport is located to the north east of Paris. Runway 08R is the southern most runway of the airport and, hence, landing on this runway would mean that you would get the best possible (closest) view of Paris than when landing on any other runways!

BAHASA INDONESIA

Sejak tahun 2014, Bandara Schiphol di Amsterdam dan Bandara Charles De Gaulle di Paris telah menjadi dua bandara dari mana aku terbang ke/dari paling sering. Ini tidak mengherankan sih karena aku tinggal di Belanda dan KLM dan Air France kan pada dasarnya suatu kesatuan ya, haha. Anyway, satu implikasi dari ini adalah aku mulai membentuk preferensi mengenai landasan pacu/arah pendaratan favoritku ketika mendarat di kedua bandara.

Untuk Schiphol (AMS)

Jelas bukan Polderbaan.

Sudah kusebutkan sebelumnya bahwa landasan pacu 18R/36Lnya Schiphol, alias Polderbaan, adalah yang paling tidak kusukai dari enam landasan pacu bandaranya karena jaraknya yang jauh dari gedung terminal. Waktu itu kusebutkan bahwa aku menyukai lima landasan pacu lainnya secara sama rata lah. Namun, ternyata aku sudah sedikit berubah, haha 😛 .

Perjalanan Avgeek Weekend Tripku yang membosankan baru-baru ini membuatku menyadari bahwa aku mulai membentuk “preferensi” untuk satu dari lima landasan pacu lain bandaranya; tetapi untuk mendarat saja. Dan landasan pacu itu adalah landasan pacu 09/27, atau dikenal juga dengan nama Buitenveldertbaan; dan khususnya landasan pacu 27 karena, dari pengamatan empirisku, pendaratan selalu dilakukan di sisi landasan pacu 27 sih sementara lepas landas dari sisi landasan pacu 09 untuk Buitenveldertbaan. Berikut ini alasannya:

Jejak pendaratan penerbangan KL1246 di Buitenveldertbaan. Peta dari flightradar24.

Peta di atas menunjukkan rute pendaratan penerbangan KL1246ku malam itu. Seperti yang bisa dilihat, mendarat di landasan pacu 27 berarti pesawatnya harus terbang di atas Amsterdam bagian selatan. Jadi, jika kita duduk di kursi jendela di sebelah kanan pesawat, kita akan mendapatkan pemandangan yang kece akan kotanya!

Untuk Paris – Charles De Gaulle (CDG)

Untuk alasan yang sama seperti landasan pacu 27 Bandara Schiphol, landasan pacu favoritku untuk mendarati di Paris-CDG adalah landasan pacu 08R. Mendarat di landasan pacu ini berarti pesawatnya harus terbang di atas kota Paris. Misalnya saja, berikut ini jejak rute pendaratan penerbangan AF7641ku dari Lyon yang kunaiki beberapa bulan yang lalu dengan Dreamlinernya Air France:

Rute pendaratan penerbangan AF7641 di landasan pacu 08R. Sebuah screenshot dari app flightradar24.

Ini berarti jika kita duduk di kursi jendela, lagi, di sisi kanan pesawat, kita akan diberikan pemandangan yang kece akan kotanya! Eh, ada pengecualian sih memang, seperti misalnya penerbangan AF7641ku di atas. Rute pendaratan semacam ini juga memberikan pemandangan keren kota Paris bagi penumpang yang duduk di sisi kiri sih.

Pemandangan kota Paris dari atas!! Di foto ini, kita bisa melihat Menara Eiffel, Arc de Triomphe, dan Champs-Élysées yang terkenal itu.

Bandara Paris-CDG dilengkapi dengan empat landasan pacu paralel. Jadi mengapa kok aku hanya suka landasan pacu 08R saja, dan bukannya landasan pacu 08L, 09L, atau 09R? Nah, di screenshot di atas, bisa kita lihat bahwa bandaranya berlokasi di timur lautnya Paris. Landasan pacu 08R adalah landasan pacu paling selatan dari bandara ini sehingga mendarat di landasan pacu ini akan memberikan pandangan yang terbaik (paling dekat) dengan kota Paris daripada di landasan pacu lainnya.

Aviation, EuroTrip, Trip Report, Vacation, Weekend Trip

#2001 – AvGeek Weekend Trip #12 (AMS – CDG – LHR – CDG – AMS)

ENGLISH

I went on an Avgeek Weekend Trip this weekend which was very interesting as it involved an Air France’s brand new (not even a month old) Boeing 787-9 Dreamliner. And here is the story of this fun weekend trip I just had.

The routing this weekend. Created with: gcmap.com

So as you know the routing this time was Amsterdam – Paris-CDG – London-Heathrow and back. And so I have decided to skip the Amsterdam – Paris-CDG vv part because I have flown this route so many times, haha. I would just go as far as saying that I flew an Air France’s Airbus A320-200 reg F-GKXL and a KLM’s Boeing 737-700 reg PH-BGW on these two flights.

An Air France’s Airbus A320-200 F-GKXL
A KLM’s Boeing 737-700 reg PH-BGW.

Paris – CDG, Terminal 2E Hall K

After arriving in Paris, I checked the transfer monitor and learned that my connecting flight to London would depart from Hall K of Terminal 2E. So I followed the signage to this hall, which was at the other side of Paris Charles De Gaulle Airport’s Terminal 2. I cleared immigration as well during this transfer, which was really a breeze because there was noone else, haha 😛 .

At Hall K, I immediately went to the Air France’s lounge there. I just realized that this was actually my first time at a non-Schengen Air France Lounge at Paris-CDG Airport! Haha 😛 . The lounge was really spacious, much more spacious than the two lounges at Terminal 2F, though the offering was pretty much the same.

Salon Air France at Terminal 2E Hall K

About an hour before departure, I left the lounge to look for the gate. Though I was travelling via Paris-CDG a lot, this was actually just my second time using its Hall K (the first time was when I was catching my Japan Airlines flight to Tokyo-Narita 2.5 years ago), so I wasn’t that familiar with this hall. The interior design of Paris – CDG Terminal 2E’s Hall K was really beautiful, btw. However, it was clearly not designed for avgeeks because it was very difficult to take pictures of the planes parked at this hall! Haha 😛

The beautiful Paris Charles De Gaulle Airport Terminal 2E Hall K

AF 1180 (CDG – LHR)


Flight: Air France AF1180
Equipment: Airbus A320-200 reg F-GKXJ with a Paris 2024 sticker
ATD: 19:24 CET (Runway 08L of CDG)
ATA: 19:14 BST (Runway 27R of LHR)

Anyway, my flight to London today would be operated with an Air France’s Airbus A320-200 reg F-GKXJ, which was plastered with a Paris 2024 sticker. F-GKXJ was actually parked at the gate next to the Air France Lounge and so I knew that this plane had been sitting there for quite some time. I guess due to the importance of its London-Heathrow route (London-Heathrow is considered as one of the most “premium” airports, in terms of the type of passengers it attracts, in the industry), Air France wouldn’t want to take the risk of any of its London-Heathrow flights being delayed; and so the long on-the-ground time.

An Air France’s Airbus A320-200 F-GKXJ with Paris 2024 sticker

Long story short, I boarded the plane and sat at my 6A seat in the first row of economy today. Not too long after, the push back began and the flight departed. We took off from runway 08L of Paris-CDG and headed northwest towards London. It was a short flight so the complimentary snack service was provided right away.

A flight to London-Heathrow wouldn’t be complete without the plane having to make a few turns above London before being allowed to land, haha. Unfortunately there was some cloud hanging above the city today so I couldn’t really see anything. Anyway, at 19:14 local time we landed at runway 27R of London-Heathrow Airport.

Landing at runway 27R of London-Heathrow

We had to taxi for quite a distance and time (due to the airport’s crowdedness), where I spotted a Garuda Indonesia’s Boeing 777-300ER being prepared for its non-stop flight back to Jakarta later tonight. And finally, we parked at a gate in Terminal 4 at the south part of the airport.

London-Heathrow

The last and only other time I was entering the UK via Heathrow was more than four years ago, haha. And I, sort of, forgot the possible inconvenience of entering London via this popular airport: a really long line at immigration!! The line was so long that I remembered the last time I encountered a line at least this “bad” was when I arrived in New York from Mexico City almost two years ago! While I wasn’t spending 90 minutes just for queuing this time (it was closer to 45 I think), it made me think that the next time I would travel to London, it would be better to arrive at London City Airport! Haha 😛

Rump steak for dinner

Anyway, I spent a night at a hotel nearby the airport today, where I also had my rump steak dinner.

The next morning, I checked out just before 7 AM to catch my 9:45 AM flight back to Paris. I already had my mobile boarding pass so I headed straight to security. The officer noticed the “Sky Priority” tag in my boarding pass and informed me that this allowed me to use the VIP security lane. Yeay! I didn’t have to queue with this lane and I cleared security in less than two minutes, haha.

The entrance to the SkyTeam Lounge at Heathrow

Once in the departure area, I looked for the SkyTeam Lounge at the airport. You see, London-Heathrow is not a SkyTeam airport but its importance means that a lot of SkyTeam airlines are using it. So to cater this, SkyTeam invests in a lounge at the airport’s Terminal 4, where most SkyTeam airlines fly to (Strangely, Garuda Indonesia operates from Terminal 3 despite it being a SkyTeam member).

The entrance to the lounge was quite small but the lounge itself was actually quite spacious, as it had two floors! I went to the upstairs area because the attendant told me breakfast was served there. The breakfast was actually quite decent with a selection of English or continental all you can eat breakfast. The design of the lounge itself was also really cool and looked so much better than the overall “outdated” feel of Terminal 4 of Heathrow, haha.

SkyTeam Lounge at Heathrow

AF 1681 (LHR-CDG)


Flight: Air France AF1681
Equipment: Boeing 787-9 Dreamliner F-HRBC
ATD: 10:22 BST (Runway 27R of LHR)
ATA: 12:07 BST (Runway 26L of CDG)

I was very excited when I saw in my Flightradar24 app that my flight today would be operated with F-HRBC, Air France’s newest Boeing 787-9 Dreamliner that wasn’t even one month old! Unfortunately, the flight used Gate 2 today which was a horrible gate at the terminal because it was impossible to take a good picture of the plane! Haha 😛

Long story short, I boarded F-HRBC and sat at seat 18K. This time, I sat in the regular economy cabin unlike my last trip with an Air France’s Dreamliner where I sat in the premium economy cabin. I deliberately chose not to “upgrade” myself for the small fee because I would like to compare the two cabins, haha.

The regular economy cabin of Air France’s Boeing 787-9 Dreamliner F-HRBC

The regular economy cabin was actually quite comfortable with good seat pitch and Air France’s newest IFE (Air France Touch). After all passengers boarded, the flight departed and the very chic safety demo was played on the IFE.

Don’t forget to put on your safety belt as, aside from ensuring our safety, it also elegantly hightlights your waistline…

Anyway, a departure from London-Heathrow wouldn’t also be complete without experiencing its traffic jam for take-off, haha. The departure runway this morning was runway 27R so we had to taxi for quite some distance there, and we encountered quite a traffic jam as we were nearing the runway. This doesn’t happen that often at Schiphol or Paris-CDG, and reminded me of Soekarno-Hatta International Airport in Jakarta! Haha 😛 .

Traffic jam at Heathrow

Long story short, we finally took off and began our short hop to Paris-CDG. As in flight AF1180, the service began immediately after take-off. A Boeing 787-9 was a much bigger plane than an Airbus A320 so I could imagine the flight attendants must be feeling some kind of time pressure for the service, and they did a really great job! Overall it was a very pleasant and smooth flight with Air France’s F-HRBC. At 12:07 local time, we landed at runway 26R of Paris-CDG Airport.

Air France’s Boeing 787-9 Dreamliner F-HRBC at Paris-CDG

The plane parked at Terminal 2E Hall L. Then I cleared security and immigration to transfer to Terminal 2F to catch my last flight of this trip back to Amsterdam with KLM.

BAHASA INDONESIA

Aku pergi dalam sebuah Avgeek Weekend Trip akhir pekan kemarin yang mana seru banget karena melibatkan sebuah Boeing 787-9 Dreamlinernya Air France yang baru banget (bahkan umurnya belum ada satu bulan). Dan berikut ini cerita dari akhir pekan seruku ini.

Rute akhir pekan ini. Dibuat dengan: gcmap.com

Rute kali ini adalah Amsterdam – Paris-CDG – London-Heathrow pp. Dan sudah kuputuskan aku tidak akan membahas penerbangan pp Amsterdam – Paris-CDGku karena aku sudah sering banget terbang di rute ini, haha. Cuma akan kusebutkan bahwa aku terbang dengan pesawat Airbus A320-200 rego F-GKXLnya Air France dan Boeing 737-700 rego PH-BGWnya KLM di dua penerbangan ini.

Sebuah Airbus A320-200 F-GKXLnya Air France
Sebuah Boeing 737-700 PH-BGWnya KLM.

Paris – CDG, Terminal 2E Hall K

Setelah tiba di Paris, aku mengecek monitor penerbangan transit dan aku diberi-tahu bahwa penerbangan lanjutanku ke London akan berangkat dari Hall K di Terminal 2E. Aku mengikuti petunjuk jalan ke arah sana, yang mana berada di sisi lain dari Terminal 2nya Bandara Charles De Gaulle. Aku melewati imigrasi ketika transit ini, yang mana berlangsung mulus banget karena nggak ada penumpang lain selain aku sehingga nggak perlu antri, haha 😛 .

Di Hall K, aku langsung pergi ke lounge-nya Air France di sana. Aku baru sadar bahwa ini adalah kali pertama aku mampir di sebuah lounge non-Schengennya Air France di Bandara Paris-CDG loh! Haha 😛 . Lounge-nya sendiri amat luas, lebih luas dari dua lounge-nya di Terminal 2F, walaupun layanannya sih kurang lebih sama lah.

Salon Air France di Terminal 2E Hall K

Sekitar satu jam sebelum waktu keberangkatan, aku meninggalkan lounge-nya menuju ke gate. Walaupun aku sering terbang melewati Bandara Paris-CDG, ini baru lah kali kedua aku menggunakan Hall K-nya (kali pertama adalah ketika aku menaiki penerbangan Japan Airlines ke Tokyo-Narita 2,5 tahun lalu), jadi aku kurang begitu familier dengan hall ini. Disain interior hall ini indah dan kece banget sebenarnya, btw. Namun, jelas disainnya tidak ramah untuk avgeek karena sulit sekali untuk bisa mendapatkan foto pesawat yang diparkir di hall ini dengan oke! Haha 😛

Terminal 2E Hall K Bandara Charles De Gaulle Paris yang indah dan kece banget.

AF 1180 (CDG – LHR)


Penerbangan: Air France AF1180
Pesawat: Airbus A320-200 reg F-GKXJ dengan stiker Paris 2024
ATD: 19:24 CET (Runway 08L of CDG)
ATA: 19:14 BST (Runway 27R of LHR)

Anyway, penerbanganku ke London hari ini dioperasikan dengan Airbus A320-200nya Air France dengan rego F-GKXJ, yang ditempeli stiker Paris 2024. F-GKXJ sebenarnya diparkir di gate di sebelah lounge-nya Air France jadi aku tahu bahwa pesawat ini sudah diparkir di sana lumayan lama. Aku kira karena pentingnya rute London-Heathrow (London-Heathrow banyak dipandang sebagai satu dari bandara yang “premium”, dari segi tipe penumpang yang bepergian ke sana, di industri penerbangan), Air France tidak mau ambil risiko yang bisa menyebabkan penerbangan-penerbangan ke London-Heathrow terlambat; makanya pesawatnya diparkir lama di darat.

Sebuah Airbus A320-200 F-GKXJnya Air France dengan stiker Paris 2024

Singkat cerita, aku menaiki pesawatnya dan duduk di kursi 6A di barisan pertama ekonomi hari ini. Tak lama setelahnya, pesawat didorong mundur dan berangkat. Kami lepas landas dari landasan pacu 08L Bandara Paris-CDG dan kemudian berbelok ke arah barat laut menuju London. Karena durasi penerbangannya yang singkat, layanan snack langsung disajikan.

Yang namanya penerbangan ke London-Heathrow tak akan lengkap tanpa yang namanya berputar-putar dulu di atas London sebelum diberikan izin mendarat, haha. Sayangnya, langit London berawan malam ini sehingga aku tidak bisa melihat apa-apa. Anyway, jam 19:14 waktu setempat kami mendarat di landasan pacu 27R Bandara Heathrow.

Mendarat di landasan pacu 27R Bandara London-Heathrow

Kami harus taxiing cukup jauh dengan waktu lumayan lama (soalnya bandaranya ramai banget), dimana aku bisa melihat sebuah Boeing 777-300ERnya Garuda Indonesia sedang disiapkan untuk penerbangan non-stopnya ke Jakarta malam itu. Dan akhirnya, pesawat diparkir di Terminal 4 di sisi selatan bandaranya.

London-Heathrow

Pertama dan terakhir kalinya aku masuk ke UK melalui Heathrow sebelum hari ini adalah lebih dari empat tahun yang lalu, haha. Jadilah aku lupa mengenai kemungkinan ketidak-nyamanannya masuk ke London melalui bandara ini: antrian imigrasi yang gila panjangnya!! Antriannya panjang banget sampai aku langsung teringat terakhir kali aku menghadapi antrian imigrasi yang “separah” ini adalah ketika aku tiba di New York dari Mexico City hampir dua tahun yang lalu! Walaupun memang sih aku tidak menghabiskan 90 menit untuk mengantri kali ini (sekitar 45an lah), ini membuatku berpikir bahwa untuk perjalananku ke London yang selanjutnya, mendingan aku terbang ke Bandara London City aja deh! haha 😛

Rump steak untuk makan malam

Anyway, aku menginap semalam di hotel di dekat bandara hari ini, dimana aku juga makan rump steak untuk makan malam.

Keesokan paginya, aku check-out sebelum jam 7 pagi untuk mengejar penerbangan jam 9:45ku ke Paris. Aku sudah memiliki mobile boarding pass sehingga aku langsung menuju ke area sekuriti. Petugasnya melihat label “Sky Priority” di boarding pass-ku dan memberi-tahuku bahwa dengannya aku bisa masuk melalui jalur pemeriksaan VIP. Hore! Di jalur ini aku nggak perlu ngantri dan melewati pemeriksaan sekuriti total dalam waktu kurang dari dua menit saja, haha.

Pintu masuk SkyTeam Lounge di Heathrow

Begitu di area keberangkatan, aku langsung mencari SkyTeam Lounge di terminal ini. London-Heathrow bukanlah bandara SkyTeam tetapi pentingnya bandara ini membuat maskapai-maskapai SkyTeam memiliki banyak penerbangan melalui bandara ini. Jadilah SkyTeam memutuskan untuk berinvestasi dengan membuka sebuah lounge di Terminal 4 bandara ini, dimana kebanyakan penerbangan SkyTeam diberangkatkan (Anehnya, Garuda Indonesia beroperasi di Terminal 3 padahal Garuda kan anggota SkyTeam juga).

Pintu masuk lounge ini cukup kecil tetapi lounge-nya sendiri luas loh, dua lantai pula! Aku naik ke lantai atas karena petugasnya memberi-tahuku bahwa sarapan disajikan di sana. Pilihan sarapannya sendiri cukup oke dimana ada sarapan ala Inggris atau kontinental dengan model all you can eat. Disain lounge-nya sendiri juga keren banget dan nampak jauh lebih modern daripada Terminal 4nya Heathrow yang terasa “usang”, haha.

SkyTeam Lounge di Heathrow

AF 1681 (LHR-CDG)


Penerbangan: Air France AF1681
Pesawat: Boeing 787-9 Dreamliner F-HRBC
ATD: 10:22 BST (Runway 27R of LHR)
ATA: 12:07 BST (Runway 26L of CDG)

Aku merasa bersemangat banget ketika aku lihat di app Flightradar24-ku bahwa penerbanganku akan dioperasikan dengan F-HRBC, Boeing 787-9 Dreamlinernya Air France yang paling baru yang umurnya bahkan belum ada satu bulan! Sayangnya, penerbangan hari ini menggunakan Gate 2 yang mana merupakan gate di terminal ini yang menyebalkan sekali karena tidak mungkin bagiku untuk bisa memfoto pesawatnya dengan sudut yang baik! haha 😛

Singkat cerita, aku menaiki F-HRBC dan duduk di kursi 18K. Kali ini, aku duduk di kabin ekonomi reguler, tidak seperti penerbanganku sebelumnya dengan Dreamlinernya Air France dimana aku duduk di kabin premium economy. Sengaja aku memilih untuk tidak meng-“upgrade” kursiku dengan biaya yang sebenarnya tidak terlalu mahal karena aku ingin membandingkan dua kabinnya, haha.

Kabin ekonomi reguler Boeing 787-9 Dreamliner F-HRBCnya Air France

Kabin ekonomi regulernya ternyata cukup nyaman dengan seat pitch kursi yang oke dan IFE terbarunya Air France (Air France Touch). Setelah semua penumpang naik pesawat, kami berangkat dan video peragaan keselamatan yang chic banget itu dimainkan di layar IFEnya.

Jangan lupa memasang sabuk pengaman karena, selain untuk memastikan keselamatan Anda, sabuknya juga meng-highlight lingkar pinggang Anda dengan elegan…

Anyway, yang namanya keberangkatan dari London-Heathrow tak akan komplit tanpa mengalami yang namanya kemacetan sebelum lepas landas, haha. Landasan pacu keberangkatan pagi ini adalah landasan 27R sehingga kami harus taxiing lumayan jauh ke sana, dan di dekat landasannya ada kemacetan untuk menunggu giliran lepas landas. Ini hampir tidak pernah terjadi di Schiphol atau Paris-CDG, dan mengingatkan akan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta! Haha 😛 .

Kemacetan di Heathrow

Singkat cerita, kami akhirnya lepas landas dan memulai penerbangan singkat ke Paris-CDG. Seperti di penerbangan AF1180, layanan snack-nya langsung disajikan setelah lepas landas. Boeing 787-9 berukuran lebih besar daripada Airbus A320 sehingga aku paham tentu pramugari/a-nya diburu-buru waktu ya untuk layanan ini, dan mereka meng-handle-nya dengan baik! Secara umum penerbangan ini adalah penerbangan yang nyaman dan mulus dengan F-HRBCnya Air France. Jam 12:07 waktu setempat, kami mendarat di landasan pacu 26R Bandara Paris-CDG.

Boeing 787-9 Dreamliner F-HRBCnya Air France di Paris-CDG

Pesawat diparkir di Hall L Terminal 2E. Lalu, aku melewati pemeriksaan sekuriti dan imigrasi ketika transit ke Terminal 2F untuk mengehjar penerbanganku kembali ke Amsterdam dengan KLM.

Aviation, EuroTrip, Trip Report, Vacation, Weekend Trip

#1990 – AvGeek Weekend Trip #10 (AMS – OSL – CDG – AMS)

ENGLISH

Not too long ago, I went on another AvGeek Weekend Trip with quite an interesting routing:

The routing this weekend. Map created with gcmap.com

At first, I didn’t plan to write a self-standing post of the trip. But I changed my mind after the experiences I had during the trip, which actually made the trip unique enough for a self-standing post. Anyway, this post is the self-standing post and let just the story begin…

KLM KL1143 (AMS – OSL)

Flight: KLM KL1143
Equipment: Boeing 737-700 reg PH-BGQ named “Wielewaal”
ATD: 09:23 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 10:54 CET (Runway 01L of OSL)

To save some budget, I chose KLM’s 09:20 flight to Oslo (the 11:50 would have been better schedule-wise, but it was also much more expensive). Consequently, I had to depart from home quite early. And I departed a bit too early, actually, where I arrived at the tram stop some 20 minutes before the scheduled service! (I should have checked the transportation app indeed, so it was my fault).

A KLM’s Boeing 737-700 reg PH-BGQ which would take me to Oslo today.

Long story short, I arrived at Schiphol, waited and had my breakfast at KLM’s Crown Lounge, and boarded the plane: a KLM’s Boeing 737-700 reg PH-BGQ. The flight itselft was a pleasant regular intra-European flight with KLM. I sat next to (I assume) a professor who was working on his grant proposal and was so into his work that he refused all the KLM service provided on his flight, haha.

Anyway, as I said in the teaser post, I was lucky that I was sitting on a window seat in the left side of the plane and the flight was landing at runway 01L. This provided me with a really cool bird’s eye view of the city of Oslo!

Oslo, not Solo!

Oslo-Gardermoen Airport

I have been to Oslo before, just a little over two years ago, actually. But somehow, I didn’t remember Oslo-Gardermoen Airport to be as good and cool as I encountered during this trip! Seriously, I found the terminal building to be really beautiful, one of the most beautiful one in Europe that I have been to!

Oslo-Gardermoen Airport

Anyway, one reason why I said KLM’s 11:50 flight would have been better scheduled-wise was that now, I had an almost six hours of transit, haha. I didn’t feel like going to the city of Oslo, so I was “stuck” at the (beautiful) airport. Though, I wasn’t worried at all as I knew that Air France/KLM had a cooperation with a lounge at the airport. The lounge was the OSL Lounge, located pretty much next to SAS’ business lounge.

OSL Lounge at Gardermoen Airport

The lounge itself was actually quite good! It wasn’t the most spacious lounge in terms of space, but the service and facilities were quite nice. There were quite some selections of drink and (typical lounge) food. The seats were generally comfortable as well. There was a row of three or four recliner chairs which I settled myself onto one of them. The chairs were quite old, actually, but they still worked fine and were still quite comfortable.

Air France AF1375 (OSL – CDG)

Flight: Air France AF1375 operated by HOP! Regional
Equipment: Embraer ERJ190 reg F-HBLE
ATD: 17:01 CET (Runway 01L of OSL)
ATA: 18:50 CET (Runway 26L of CDG)

I boarded my second flight today at around 16:10. It was an Air France flight that was operated by HOP! Regional’s Embraer ERJ190 reg F-HBLE. I sat on my 3F seat in the 2-2 configured plane which was super comfortable today because the seat next to me was vacant, yeay! Haha 😆 Long story short, the plane departed and took off from runway 01L of Oslo-Gardermoen Airport.

Taking off from runway 01L of OSL with HOP! Regional’s Embraer 190

Not long after take-off, the snack service was provided. And I was pleasantly surprised to see that the service standard was higher than the other regular intra-European Air France flights I had taken before. First of all, there were actually options for the sandwich service (chicken or vegetarian sandwich). And second of all, rosé wine was available as one of the wine options! Options and rosé wine were something I had never encountered in short-haul intra-European Air France flights before!

The service on board flight AF1375 from Oslo to Paris. Rosé wine was available and there were chicken or vegetable choices for the sandwich!

I tried to figure out the reason behind this. And then, it hit me that this AF1375 was actually my first intra-European flight with Air France (though operated by HOP! Regional) that was blocked for more than two hours one-way (its scheduled departure time was 16:45 with arrival time of 19:10, making it a 2 hours 25 minutes flight). I knew KLM had different level of service for flights below and above two-hours block, so it was not surprising that Air France appeared to have one too!

Aside from that, it was a pleasant regular flight with Air France and at 18:50, we landed at runway 26L of Paris – Charles De Gaulle Airport. The plane parked at Terminal 2G so I had to take the transfer bus to Terminal 2F.

HOP! Regional’s Embraer ERJ190 reg F-HBLE at Terminal 2G of Paris-CDG after arriving as flight AF1375 from Oslo.

KLM KL1246 (CDG – AMS)

Flight: KLM KL1246
Equipment: Boeing 737-700 reg PH-BGN named “Jan van Gent”
ATD: 20:25 CET (Runway 27L of CDG)
ATA: 21:10 CET (Runway 18R of AMS)

After a super quick dinner at Salon Air France at Terminal 2F, I boarded my KLM flight back to Amsterdam today, that was a Boeing 737-700 reg PH-BGN flight KL1246, Air France/KLM’s last flight to Amsterdam from Paris. This was actually a pleasant regular short-haul flight with KLM so there was not much to tell from the flight itself.

However, though, from my side I encountered an “interesting” experience. Suddenly just after the snack service began, I started to feel a terrible stomachache where I needed to go to a toilet soon. But then, it was already halfway through the flight (which was a short one anyway) and the flight attendants were still very busy in the aisle distributing the service. On top of that, I was sitting on a window seat with both the aisle and middle seats next to me taken. And so I thought that it was a short flight anyway so we would land at Schiphol soon and in the meantime I could just “hold” it, haha.

A KLM’s Boeing 737-700 reg PH-BGN which brought me back to Amsterdam today.

But then, as I suspected as it was an evening flight and was the worst scenario for my situation, we landed at the friggin’ Polderbaan! Damn!! So we had to taxi for another like 15 minutes before arriving at Pier D of Schiphol. Even then, it turned out that the nearest toilet to the gate was under maintenance at the time! Well, talking about my “luck” this evening😅.

BAHASA INDONESIA

Pertengahan September kemarin, aku pergi dalam sebuah AvGeek Weekend Trip lagi dengan rute yang cukup menarik:

Rute akhir pekan kali ini. Peta dibuat dengan gcmap.com

Awalnya, aku berencana untuk tidak menulis posting tersendiri tentangnya. Tetapi rencana ini harus kuubah karena setelah pengalaman-pengalamanku di perjalanan ini, yang mana membuat perjalanannya cukup unik untuk dijadikan sebuah posting tersendiri. Posting ini adalah posting tersebut, dan langsung kita mulai saja lah ya…

KLM KL1143 (AMS – OSL)

Penerbangan: KLM KL1143
Pesawat: Boeing 737-700 reg PH-BGQ bernama “Wielewaal”
ATD: 09:23 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 10:54 CET (Runway 01L of OSL)

Untuk mengirit biaya, aku memilih penerbangannya KLM jam 09:20 pagi ke Oslo (penerbangan yang jam 11:50 sebenarnya lebih enak sih dari segi jadwal, tetapi masalahnya tiketnya juga lebih mahal lumayan, haha). Sebagai akibatnya, aku harus berangkat pagi deh. Dan aku malah berangkat kepagian lho, dimana aku tiba di halte tramnya 20 menit sebelum tramnya dijadwalkan berangkat! (Iya, seharusnya aku mengecek app transportasi umum dulu sebelum berangkat. Salahku sih memang).

Sebuah Boeing 737-700nya KLM rego PH-BGQ yang akan membawaku ke Oslo hari ini.

Singkat cerita, aku tiba di Schiphol, menunggu sekalian sarapan di KLM Crown Lounge, dan menaiki pesawatku: sebuah Boeing 737-700nya KLM dengan rego PH-BGQ. Penerbangannya sendiri adalah penerbangan reguler intra-Eropa yang nyaman dengan KLM. Aku duduk di sebelah seorang (yang kuasumsikan) profesor gitu yang sibuk mengerjakan proposal permohonan funding untuk risetnya di sepanjang jalan. Ia sebegitu seriusnya dengan pekerjaannya sampai-sampai semua layanannya KLM di penerbangan ini ia tolak loh, haha.

Anyway, seperti yang kuceritakan di posting yang dulu, aku beruntung aku duduk di kursi jendela di sisi kiri pesawat dan penerbangannya sendiri mendarat di landasan pacu 01L. Ini memberikanku pemandangan kota Oslo dari atas yang mana kece banget!

Oslo, bukan Solo!

Bandara Oslo-Gardermoen

Aku sudah pernah ke Oslo sebelumnya, dua tahun lebih sedikit yang lalu, sebenarnya. Tetapi entah bagaimana, aku tidak ingat dong bahwa Bandara Oslo-Gardemoen itu keren banget seperti yang kulihat di perjalanan ini! Beneran deh, bagiku gedung terminalnya indah banget, termasuk salah satu yang terindah yang pernah kukunjungi di Eropa!

Bandara Oslo-Gardermoen

Anyway, satu alasan mengapa kubilang penerbangannya KLM yang jam 11:50 itu lebih ideal dari segi jadwal karena sekarang aku harus transit selama enam jam, haha. Aku sedang merasa malas untuk pergi ke kota Oslo dan jadilah aku jadi “terjebak” di bandaranya (yang kece banget) kan. Walaupun aku nggak khawatir juga sih karena aku tahu Air France/KLM memiliki kerja-sama dengan sebuah lounge di bandaranya. Lounge-nya adalah OSL Lounge, yang berlokasi di sebelah lounge kelas bisnisnya SAS.

OSL Lounge di Bandara Gardermoen

Lounge-nya sendiri cukup oke lho! Memang sih dari segi ukuran nggak sebegitu besar, tetapi layanan dan fasilitasnya memadai banget kok. Ada cukup banyak pilihan minuman dan makanan (yang mana tipikal makanan lounge gitu sih). Kursi-kursinya juga cukup nyaman. Ada sebaris kursi recliner yang mana salah satunya aku gunakan, haha. Kursinya sudah cukup tua sih, tetapi masih bekerja dengan baik dan cukup nyaman kok.

Air France AF1375 (OSL – CDG)

Penerbangan: Air France AF1375 dioperasikan oleh HOP! Regional
Pesawat: Embraer ERJ190 rego F-HBLE
ATD: 17:01 CET (Runway 01L of OSL)
ATA: 18:50 CET (Runway 26L of CDG)

Aku menaiki penerbangan keduaku sekitar jam 16:10. Ini adalah penerbangannya Air France yang dioperasikan oleh HOP! Regional dengan pesawat Embraer ERJ190 rego F-HBLE. Aku duduk di kursi 3F di pesawat yang dikonfigurasi 2-2 ini yang hari ini nyaman banget soalnya kursi di sebelahku kosong dong, hore! Haha 😆 . Singkat cerita, pesawatnya berangkat dan lepas landas dari landasan pacu 01L Bandara Oslo-Gardermoen.

Lepas landas dari landasan pacu 01L-nya OSL dengan Embraer 190nya HOP! Regional

Tak lama setelah lepas landas, layanan snack dibagikan. Dan aku dikejutkan (secara positif) dengan standar layanannya yang lebih tinggi daripada standar layanan di penerbangan-penerbangan intra-Eropanya Air France yang sudah pernah kunaiki sebelumnya. Pertama-tama, ada pilihan lho untuk menu sandwich-nya (ayam atau vegetarian). Dan yang kedua, bahkan ada anggur rosé sebagai salah satu pilihan anggurnya! Pilihan dan anggur rosé kan tidak pernah aku temui di penerbangan jarak dekat intra-Eropa dengan Air France sebelumnya!

Layanan di penerbangan AF1375 dari Oslo ke Paris. Anggur rosé tersedia dan ada pilihan sandwich ayam atau vegetarian!

Aku mencoba menerka alasan di balik ini. Dan kemudian, barula aku sadar bahwa penerbangan AF1375 ini adalah penerbangan intra-Eropaku dengan Air France (walaupun dioperasikan oleh HOP! Regional) yang pertama yang diblok berdurasi lebih dari dua jam satu arah (penerbangannya dijadwalkan berangkat jam 16:45 dan tiba jam 19:10, artinya panjangnya 2 jam 25 menit). Aku tahu bahwa KLM memang memiliki pembedaan standar layanan untuk penerbangan di bawah atau di atas blok dua jam, jadi tidak mengherankan kalau Air France memiliki prosedur serupa ya!

Di samping itu, ini adalah penerbangan yang nyaman dengan Air France. Dan jam 18:50, pesawat mendarat di landasan pacu 26L Bandara Paris – Charles De Gaulle. Pesawat parkir di Terminal 2G sehingga aku harus menaiki bus transfer ke Terminal 2F.

Embraer ERJ190 rego F-HBLEnya HOP! Regional di Terminal 2G Paris – CDG setelah tiba dari Oslo sebagai penerbangan AF1375.

KLM KL1246 (CDG – AMS)

Penerbangan: KLM KL1246
Pesawat: Boeing 737-700 rego PH-BGN bernama “Jan van Gent”
ATD: 20:25 CET (Runway 27L of CDG)
ATA: 21:10 CET (Runway 18R of AMS)

Setelah makan malam super kilat di Salon Air France di Terminal 2F, aku menaiki penerbangan KLMku untuk kembali ke Amsterdam. Penerbangannya dioperasikan dengan pesawat Boeing 737-700 rego PH-BGN penerbangan KL1246, penerbangan Air France/KLM terakhir ke Amsterdam dari Paris hari ini. Ini adalah penerbangan reguler yang nyaman dengan KLM seperti biasanya sehingga sebenarnya nggak banyak yang bisa diceritakan dari penerbangannya sendiri.

Tetapi, aku mengalami kejadian yang “menarik”. Tiba-tiba setelah layanan snack dimulai, aku mulai sakit perut yang cukup parah yang membuatku merasa perlu untuk pergi ke toilet. Tetapi masalahnya, penerbangannya sudah berlangsung setengah jalan (mana ini adalah penerbangan singkat pula) dan pramugari/a-nya juga sedang sibuk di lorong untuk membagikan snack dan minuman. Ditambah lagi, aku duduk di kursi jendela sementara kursi lorong dan tengah di sebelahku terisi. Jadilah aku pikir karena toh penerbangannya singkat, nggak lama lagi pesawat akan mendarat di Schiphol dan untuk sementara itu bisa lah aku “tahan”, haha.

Sebuah Boeing 737-700 rego PH-BGN-nya KLM yang membawaku kembali ke Amsterdam hari ini.

Tetapi kemudian, seperti yang kuduga karena penerbangan malam dan merupakan skenario terburuk untuk situasiku, kami mendarat di Polderbaan laknat itu dong! Sialan!! Pesawat harus taxiing selama sekitar 15 menit sebelum tiba di Pier D di Bandara Schiphol. Setelah itu pun, ternyata toilet yang terdekat dengan gate-nya sedang direnovasi dong waktu itu!  Ini Dewi Fortunaku lagi “liburan” atau bagaimana ini ya malam ini 😅.

Aviation, EuroTrip, My Interest, Trip Report, Vacation, Weekend Trip

#1979 – AvGeek Weekend Trip #9 with An Air France’s Dreamliner

ENGLISH

In the last weekend of August, I went on an AvGeek Weekend Trip with the main purpose of flying an Air France’s brand new Boeing 787-9 Dreamliner on their short domestic Lyon – Paris-CDG sector. I actually took four flights on this trip (Amsterdam – Paris-CDG – Lyon vv). However, as the other three flights were just regular short-haul flights with Air France and KLM, in this post I will only focus on the trip’s main star, that was the flight with the Dreamliner.

AF 7641 (LYS– CDG)


Flight: Air France AF 7641
Equipment: Boeing 787-9 Dreamliner reg F-HRBA
ATD: 10:37 CET (Runway 17R of LYS)
ATA: 11:31 CET (Runway 08R of CDG)

After having breakfast at my hotel near the airport (the breakfast was great, btw), I went to the airport to check-in and retrieve my boarding pass. Then, I cleared the security check and waited for my flight at Lyon Airport’s underwhelming Air France lounge. I checked my Flightradar24 app to see which of the two Boeing 787-9 Dreamliner Air France would use on their domestic Lyon route today. I saw F-HRBB was leaving for London-Heathrow already so I figured it would be F-HRBA.

An Air France’s Boeing 787-9 Dreamliner reg F-HRBA at Lyon Airport.

Long story short, at about 09:30 AM, F-HRBA landed at Lyon Airport and parked at the gate. Not long after, boarding commenced. I walked to the plane with excitement (haha) and settled onto my 10A seat in the Premium Economy cabin. Ah, yes, I was given a Premium Economy seat on this flight.

The Premium Economy cabin of Air France’s Boeing 787-9 Dreamliner reg F-HRBA

It appeared to me that the flight was full. All seats in Business and Premium Economy were occupied, and I also saw a lot of passengers boarding to the Economy Class section. So as a result, boarding took some time to complete, haha. Meanwhile, of course I started to play around with the AVOD screen and selected some music for the short duration of the flight. Being the newest member of the fleet, obviously the AVOD PTV was Air France’s newest “Air France Touch”, the same one as what I found on my Boeing 777-300ER flight AF 117 from Shanghai to Paris earlier this year.

Bienvenue à bord

I tell you, it was so much fun to be able to use an AVOD PTV on an intra-European flight, let alone a European domestic flight! Haha 😆 . After boarding was completed, the door was closed and the plane was pushed back for departure. Obviously, the safety demo wasn’t done manually. Air France’s super chic and “so French” safety demo video was played on the screen:

Btw, this Air France’s safety demo video is one of my most favorite safety demo videos, btw. As you can see, it is so “French”, for instance stating that your seatbelt is not only for your safety, it also “elegantly highlights your waistline“, huahaha 😆 . And the general ambience of the video is so “French” with all the elegance and everything!

Taking off from runway 17R of Lyon Airport with an Air France’s Dreamliner

Anyway, we taxied to runway 17R and took off from there before making a u-turn north towards Paris. Overall, it was a really smooth flight with a Dreamliner. Not long after take-off, the snack service was distributed. It was just the standard Economy Class snack service, though; pretty much the service I would expect in Air France’s Premium Economy anyway.

The snack service on board the short-haul domestic Lyon – Paris route flight AF 7641 with a Dreamliner.

A feature of Boeing 787 Dreamliner is the super cool dimming window. And obviously I could also find this feature on F-HRBA!! Yep, no window shades were needed anymore as the windows could change their color and transparency!

I only used the AVOD PTV for the music (btw, the seat came with a noise-cancelling headphone, which was good!) and the super cool moving map; as I was constrained by the short duration of the flight. I also saw a wifi onboard sign even though I didn’t bother to check it, haha. Anyway, overall it was such a nice flight with an Air France’s Dreamliner!

An Air France Boeing 787-9 Dreamliner Premium Economy selfie

Time flew by when you were having fun. Suddenly, we were approaching Paris already, haha 😆 . We made a quick “tour” above Paris, though, where I could see the Eiffel Tower, Arc De Triomphe, and the famous Champs-Élysées from above. Really cool!! Anyway, we landed at runway 08R of Paris – Charles De Gaulle Airport. Here is the landing video:

The plane parked at a gate in Terminal 2E, Charles De Gaulle’s non-Schengen terminal as it would serve flight AF 334 to Montreal, Canada later today. But that meant that the domestic passengers from Lyon would somehow need to be transported to Terminal 2F. For that, they took us with buses, haha.

After arriving at Terminal 2F, I went to an Air France’s Schengen lounge to wait for my KLM flight back to Amsterdam.

BAHASA INDONESIA

Di akhir pekan terakhir bulan Agustus, aku pergi dalam sebuah perjalanan AvGeek Weekend Trip dengan tujuan utama terbang dengan pesawat baru Boeing 787-9 Dreamliner-nya Air France di rute domestik jarak dekat Lyon – Paris-CDG. Sebenarnya aku menaiki empat penerbangan di perjalanan ini (Amsterdam – Paris-CDG – Lyon pp). Namun, karena tiga penerbangan lainnya adalah penerbangan reguler jarak dekat dengan Air France dan KLM, di posting ini aku hanya akan fokus pada bintang utama perjalanan ini saja, yaitu penerbangan dengan Dreamliner.

AF 7641 (LYS– CDG)


Penerbangan: Air France AF 7641
Pesawat: Boeing 787-9 Dreamliner rego F-HRBA
ATD: 10:37 CET (Runway 17R of LYS)
ATA: 11:31 CET (Runway 08R of CDG)

Setelah sarapan di hotelku di dekat bandara (sarapannya enak, btw), aku pergi ke bandara untuk check-in dan mendapatkan boarding pass-ku. Lalu, aku melalui pemeriksaan sekuriti dan menunggu penerbanganku di lounge-nya Air France yang underwhelming itu di Bandara Lyon. Aku mengecek app Flightradar24-ku untuk mengetahui yang mana dari dua Boeing 787-9 Dreamliner-nya Air France yang akan digunakan di rute domestik Lyon hari ini. Aku lihat F-HRBB sudah berangkat ke London-Heathrow sehingga artinya aku akan mendapatkan F-HRBA.

Sebuah Boeing 787-9 Dreamliner milik Air France dengan rego F-HRBA d Bandara Lyon.

Singkat cerita, sekitar jam 9:30 pagi, F-HRBA mendarat di Lyon dan parkir di salah satu gate. Tak lama setelahnya, boarding dimulai. Aku berjalan ke arah pesawat dengan perasaan excited (haha) dan duduk di kursi 10A di kabin Premium Economy. Oh iya, aku diberikan kursi Premium Economy di penerbangan ini.

Kabin Premium Economy di dalam pesawat Boeing 787-9 Dreamliner-nya Air France dengan rego F-HRBA

Penerbangan ini nampaknya penuh. Semua kursi di kelas Bisnis dan Premium Economy penuh, dan aku lihat ada banyak sekali penumpang yang berjalan ke kelas Ekonomi ketika boarding. Sebagai akibatnya, boarding memang memakan waktu agak lama, haha. Untukku sih, aku menggunakan waktu ini untuk membuka layar AVOD di kursinya dan memilih beberapa musik untuk playlist pendek di penerbangan singkat ini. Yang namanya pesawat terbaru, jelas AVOD PTVnya adalah “Air France Touch”, yang terbaru milik Air France, dan sama seperti yang kutemui di penerbangan AF 117 dengan Boeing 777-300ER dari Shanghai ke Paris awal tahun ini.

Bienvenue à bord

Eh, sesuatu banget lho bisa menggunakan AVOD PTV di penerbangan intra-Eropa, apalagi di penerbangan domestik! Haha 😆 . Setelah boarding selesai, pintu ditutup dan pesawat didorong mundur untuk keberangkatan. Jelas, peragaan keselamatannya tidak dilakukan secara manual. Video peragaan keselamatannya Air France yang chick dan “Prancis banget” dimainkan di layar:

Btw, video peragaan keselamatannya Air France ini adala salah satu video peragaan keselamatan favoritku! Seperti yang bisa dilihat, videonya “Prancis banget”, misalnya menyebutkan bahwa sabuk pengaman tidak hanya menjaga keselamatan Anda, tetapi juga berfungsi untuk “meng-highlight lingkar pinggang Anda dengan elegan“, huahaha 😆 . Dan suasana umum videonya yang terasa “Prancis banget” dengan keelegannya dan semuanya lah pokoknya!

Lepas landas dari landasan pacu 17R Bandara Lyon dengan Dreamliner-nya Air France.

Anyway, pesawat berjalan menuju landasan pacu 17R dan lepas landas dari sana sebelum kemudian berputar ke arah utara untuk menuju Paris. Secara umum, penerbangan ini adalah penerbangan mulus dengan Dreamliner. Tak lama setelah lepas landas, layanan snack diberikan. Layanannya sesuai standar di kelas Ekonomi sih; yang mana toh level yang juga aku jangka dari kelas Premium Economy-nya Air France.

Layanan snack di penerbangan domestik jarak dekat Lyon – Paris penerbangan AF 7641 dengan pesawat Dreamliner.

Satu fitur Boeing 787 Dreamliner adalah jendelanya yang bisa gelap sendiri yang keren banget itu. Dan jelas dong fitur ini juga bisa ditemukan di F-HRBA!! Iya, penutup jendela mekanik nggak diperlukan lagi deh soalnya jendelanya bisa berganti warna dan transparansi sendiri!

AVOD PTVnya hanya kugunakan untuk musik saja (btw, kursinya juga dilengkapi dengan noise-cancelling headphone, yang mana kualitasnya lumayan lho!) dan peta yang keren banget itu; karena toh waktuku terbatas kan dengan durasi singkat penerbangan ini, haha. Aku lihat sebenarnya pesawatnya dilengkapi dengan wifi juga tetapi aku tidak sempat mengeceknya. Secara keseluruhan, penerbangan ini adalah penerbangan yang mengasyikkan dengan Dreamliner-nya Air France!

Selfie Premium Economy wajib di Boeing 787-9 Dreamliner-nya Air France

Waktu berlalu cepat ketika kita merasa senang. Tiba-tiba saja, pesawat sudah mendekati Paris dong, haha 😆 . Sebelum mendarat, pesawat “tur” singkat dulu di atas kota Paris, dimana aku bisa melihat Menara Eiffel, Arc De Triomphe, dan Champs-Élysées yang terkenal itu dari atas. Keren dah!! Anyway, kami mendarat di landasan pacu 08R Bandara Paris – Charles De Gaulle. Berikut ini video pendaratannya:

Pesawat diparkir di Terminal 2E, terminal non-Schengennya Bandara Charles De Gaulle karena pesawatnya akan digunakan untuk melayani penerbangan AF 334 ke Montreal, Kanada siangnya. Tetapi ini berarti penumpang domestik dari Lyon harus ditransportasikan ke Terminal 2F. Untuk itu, beberapa bus mereka gunakan, haha.

Setelah tiba di Terminal 2F, aku pergi ke lounge Schengen-nya Air France untuk menunggu penerbangan KLMku kembali ke Amsterdam.

EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#1943 – Early Summer 2017 Weekend TripS (Part II: Bremen)

ENGLISH

Posts in the Early Summer 2017 Weekend TripS series:
1. Introduction
2. Part I: Lyon
3. Part II: Bremen
4. Part III: Thalys and Paris
5. Part IV: Roland Garros 2017

Getting to/from Bremen

The routing this long weekend to Bremen. Created with: gcmap.com

To get to Bremen, I transitted in Paris, haha 😆 . Even, I actually spent a night there where I arrived late in the afternoon and my flight to Bremen was scheduled on Sunday morning. I flew KLM’s Boeing 737-800 reg PH-BXY to get to Paris. It was a regular short-haul KLM flight so I wouldn’t get to too much details. Only that it was delayed but this, obviously, did not bother me that much.

Air France’s new lounge at Terminal 2G of Paris-CDG

Another reason I chose this routing was that my flight to Bremen would depart from Terminal 2G. A few months back, I read that Air France had just opened a new lounge in this terminal. Their old lounge there was very small and felt cramped; so I was curious how the new lounge was. And, wow, I was actually impressed!

The lounge was much more spacious than the old one!

For once, it was much more spacious than the old one. The food, drinks, etc were pretty much as per the standard of their other lounges at Paris-CDG, though. However, one feature made this lounge my favorite one at the airport: the unobstructed view towards runway 26L and 26R, making it a perfect (and comfortable) planespotting spot! 😍

Spotting a Vietnam Airlines’ Airbus A350-900 landing at runway 26L

Anyway, my AF1324 flight to Bremen was operated by HOP! Regional’s Embraer ERJ170 reg F-HBXN today. The flight was not busy at all, with load factor I estimated to be at around 25-30% only.

From Bremen, I went straight to Amsterdam. And as I mentioned, one factor I chose this flight was because KLM Cityhopper deployed one of their remaining Fokker 70s, which was PH-KZL today! KLM Cityhopper is retiring this type this Fall, and so I get to catch them while I can!! 😀 Btw, I arrived at the airport too early today and so when I went to the lounge, I was the only passenger there! Yes, the entire lounge was for myself! Haha 😛

I will definitely miss this Fokker 70’s unique 2-3 layout AND spacious legroom (an expensive commodity when flying in economy these days)!!

Bremen

The first thing I noticed about Bremen was that, apparently it was a city of tram! How did I notice? Well, it was literally stated at the tram stop at the airport, haha 😆

Bremen – City of Trams

Anyway, overall I found Bremen to be a nice little town. So actually, as a tourist, I don’t think you would need trams to go around the city center, where most of the city attractions are located. Well, probably unless you stay somewhere quite far away.

The Altstadt of Bremen

Bremen was the setting (sort of) of a popular German fairy tale, Die Bremer Stadtmusikanten (The Town Musicians of Bremen). I was introduced to this story when I was in elementary school, through one of my good friends back then who was really good at drawing (Once he made some comic strips based on this story). The story was so popular that it became the “symbol” of the city. And even there was a famous bronze statue there by the Rathaus, which I obviously took a selfie with 😛 . I was really happy that I could visit it, especially that it reminisced me about my childhood as well 🙂 . Btw there is a statue based on the same story in Riga, Latvia. So I guess the story is indeed famous in Eastern Europe as well.

The mandatory Bremen selfie with Die Bremer Stadtmusikanten

In my opinion, the most interesting part of Bremen was the Altstadt (Old Town) with all the beautiful old German buildings. Probably because I was there during a national holiday, I only saw people (possibly tourists) in the Altstadt. Everywhere else I went to, I saw no people and most shops appeared to be closed! Haha…

It was not a busy day in Bremen

As for the food, unfortunately I did not have a lot of opportunity to explore, haha. I had steak as my first lunch there. Then, I went to a tapas bar for dinner because thick cloud was hanging low appearing like it was going to rain so that I would not have the privilege to choose my restaurant, lol 😆 . Well, at least the bar was still having its happy hour for their cocktails (40% discount! 😛 ), which I ordered a good glass of long island ice tea, and the paella was good! And as my last brunch there, I had a Viennese schnitzel, haha 😆 .

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Early Summer 2017 Weekend TripS:
1. Introduction
2. Part I: Lyon
3. Part II: Bremen
4. Part III: Thalys and Paris
5. Part IV: Roland Garros 2017

Pergi ke/dari Bremen

Ruteku long weekend ini ke Bremen. Dibuat dengan: gcmap.com

Untuk berangkat ke Bremen, aku transit dulu di Paris, haha 😆 . Bahkan, aku menginap semalam loh di sana dimana aku tiba di malam hari dan penerbanganku ke Bremen dijadwalkan berangkat Minggu pagi. Aku terbang dengan Boeing 737-800nya KLM dengan rego PH-BXY ke Paris. Ini adalah penerbangan standar jarak dekatnya KLM sehingga aku nggak akan bercerita tentangnya. Hanya saja penerbangannya sedikit terlambat sih tetapi jelas ini tidak mempengaruhiku.

Lounge barunya Air France di Terminal 2G Bandara Paris-CDG

Satu alasan lain aku memilih rute ini adalah karena penerbanganku ke Bremen akan berangkat dari Terminal 2G. Beberapa bulan sebelumnya, aku membaca bahwa Air France baru saja membuka lounge baru di terminal ini. Lounge lamanya mereka di sana berukuran kecil banget dan, karenanya, terasa amat sesak; jadi jelas lah ya aku penasaran dengan yang baru ini. Dan, wow, aku sungguh terkesan lho!

Lounge barunya jauh lebih luas dan lapang daripada yang lama!

Pertama-tama, ukurannya jauh lebih luas dan lapang daripada yang lama. Makanan dan minumannya sih berstandar kurang lebih sama lah dengan lounge-lounge lain mereka di Paris-CDG. Namun, ada satu fitur yang membuat lounge ini menjadi favoritku di bandara ini: pandangan tak terhalang ke landasan pacu 26L dan 26R, sehingga tempat ini menjadi tempat yang sempurna (dan nyaman) untuk planespotting! 😍

Spotting sebuah Airbus A350-900nya Vietnam Airlines mendarat di landasan pacu 26L

Anyway, penerbanganku ke Bremen dioperasikan oleh Embraer ERJ170nya HOP! Regional dengan rego F-HBXN. Penerbangan hari ini sama sekali tidak penuh, aku perkirakan kursinya hanya terisi sekitar 25-30% saja.

Dari Bremen, aku langsung kembali ke Amsterdam. Seperti yang kusebutkan, satu alasan aku memilih penerbangan ini adalah karena KLM Cityhopper menggunakan salah satu Fokker 70nya, yang mana hari ini adalah PH-KZL! KLM Cityhopper akan memensiunkan tipe ini musim gugur ini sehingga aku harus sebisa mungkin terbang dengannya dulu dong ya! 😀 Btw, aku tiba di bandara agak awal hari ini sehingga ketika aku pergi ke lounge-nya, aku adalah satu-satunya penumpang di sana loh! Iyaa, satu lounge buat aku sendiri! Haha 😛 .

Aku jelas akan kangen dengan layout 2-3nya Fokker 70 yang unik ini DAN legroom-nya yang lega banget (sebuah komoditas mahal ketika terbang di kelas ekonomi sekarang ini)!!

Bremen

Hal pertama yang aku tangkap dari Bremen adalah, ternyata kota ini adalah kota tram loh! Kok tahu? Yaa, soalnya tertulis begitu sih di halte tram di bandaranya, haha 😆 .

Bremen – Kota Tram

Anyway, secara keseluruhan Bremen adalah kota kecil yang cantik. Jadi sebenarnya, sebagai turis, aku rasa kita tidak membutuhkan tramnya sih untuk berkeliling pusat kotanya, dimana kebanyakan atraksinya berada. Eh, mungkin kecuali kalau kita menginap agak di luar kotanya ya.

Altstadt di Bremen

Bremen adalah setting (kurang lebih) dari sebuah cerita rakyat Jerman yang terkenal, Die Bremer Stadtmusikanten (Para Musisi Kota Bremen). Aku mengenal cerita ini ketika masih SD dulu melalui seorang teman baikku waktu itu yang jago menggambar (Sekali waktu ia membuat comic strips gitu berdasarkan cerita ini). Ceritanya populer banget sampai-sampai menjadi “simbol” dari kota ini loh. Bahkan ada sebuah patung perunggu yang terkenal banget yang berlokasi di sebelahnya Rathaus, yang mana jelas aku selfie di situ dong 😛 . Senang sekali rasanya aku bisa mampir di sana, sedikit mengingatkanku akan masa kecil dulu 🙂 . Btw ada sebuah patung berdasarkan cerita yang sama juga loh di Riga, Latvia. Jadi sepertinya ceritanya populer juga ya di Eropa Timur.

Selfie wajib di Bremen dengan Die Bremer Stadtmusikanten

Menurutku, bagian paling menarik dari Bremen adalah Altstadt-nya (Kota Tua) dimana terdapat bangunan-bangunan tua ala Jerman. Mungkin karena aku di sana ketika tanggal merah, aku hanya melihat keramaian (mungkin oleh turis) di Altstadt. Selebih dari itu, di lokasi-lokasi lain aku nyaris tidak melihat orang loh, bahkan kebanyakan tokonya pun tutup! Haha…

Ini bukanlah hari yang ramai di Bremen

Untuk urusan makanan, sayangnya aku tidak memiliki banyak kesempatan untuk mencoba ini-itu, haha. Aku makan steak sebagai makan siang pertamaku di sana. Lalu, aku pergi ke sebuah bar tapas untuk makan malam karena awan tebal menggantung sehingga nampak seperti akan hujan deras sehingga aku tidak memiliki kebebasan untuk pilih-pilih restoran, haha 😆 . Setidaknya waktu itu masih happy hour sih di barnya untuk cocktail (diskon 40% loh, lumayan!), yang mana aku memesan segelas long island ice tea, dan paellanya juga enak! , Dan untuk brunch keesokan harinya, aku makan schnitzel ala Vienna, haha 😆 .