#2045 – Jetlag, Utrecht, and A Saturday



My big theme this week was definitely recovery. You know, trying to get back to my normal daily routine after my two weeks vacation in California which ended last week. And the biggest recovery challenge which I must face this week was definitely the jetlag! Haha πŸ˜† .

It was probably one of the worst jetlag I have ever faced. I guess the nine hours of time difference between California and Amsterdam played a big role in that! It was the worst early this week close to the weekend but got better and better everyday as the week went on. I am not fully recovered yet now, though, but the jetlag is no longer that bad, haha…


This Wednesday a friend of mine and I decided to catch up in Utrecht. She has decided not to extend her work contract there so we felt like we should meet in Utrecht before her contract would end. It was also because there was this awesome Belgian restaurant/bar called Olivier in the centrum which we had wanted to try for ages but hadn’t got the chance to because it was always very busy!

Olivier in Utrecht

So we went to Olivier at 6 PM and it was, as usual, very busy. The waiter told us we would need to wait for like 20-30 minutes. Well, we were fine with it as we could already start ordering some drinks from the bar anyway. We concluded that the place used to be a small church as indicated by the large organ at one side of the room and statues of Joseph and Mary at the other, haha.

Anyway, indeed Olivier was a great place (a millions time better than where we went to on our last dinner outing in Utrecht). I ordered the beef tenderloin medallions which was really good! The beer was great as well, though this was unsurprisingΒ  from Belgian beers.

Delicious beef tenderloin medallions at Olivier

A Saturday

My office is organizing a themed party next week and as per this morning I had not yet got a costume, which partly was because the especially difficult and rather unintriguing theme this year to me, haha. Anyway, so I went shopping today. Luckily, I got some idea on what to wear while I was at H&M today, and I decided to buy the “costume”. Well, it was more like an “outfit” than a “costume”, though, but whatever πŸ˜› .

While in the centrum, I also decided to actually start buying stuffs to accessorize my apartment. For a really long time now I have had an idea to put some paintings/prints/photos on the wall. But thus far this idea never materialized because I was too lazy to shop around, haha. And so today I decided to actually start implementing this idea as I was already in the centrum anyway. I decided to buy a print of Joop Plasmeijer’s cheerful “Havengezicht” (Harbour View).

A print of Joop Plasmeijer’s paintings of Amsterdam



Tema utamaku minggu ini adalah pemulihan. Ya begitu deh, berusaha untuk kembali ke ritme harianku setelahΒ liburan dua minggu di CaliforniaΒ yangΒ berakhir minggu lalu. Dan tantangan pemulihan terbesar yang harus aku hadapi minggu ini adalah jetlag! Haha πŸ˜† .

Mungkin ini adalah jetlag terparah yang pernah aku hadapi deh. Aku rasa perbedaan waktu sebanyak sembilan jam antara California dan Amsterdam berperan di sini! Jetlagnya parah banget terutama awal minggu ini tetapi semakin membaik kok setiap harinya. Sekarang pun sebenarnya aku masih belum 100% pulih sih tetapi jetlag-nya sudah nggak separah itu lah, haha…


Hari Rabu kemarin aku dan seorang teman memutuskan untuk catch up di Utrecht. Ia telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerjanya sehingga kami merasa perlu untuk ketemuan di Utrecht sebelum kontrak kerjanya berakhir. Ini juga karena kebetulan ada restoran/bar Belgia bernama Olivier yang terkenal banget di centrum dan kami belum pernah berkesempatan mencobanya sebelumnya karena tempatnya selalu ramai banget!

Olivier di Utrecht

Jadilah kami pergi ke Olivier jam 6 sore dan, seperti biasa, rame banget! Menurut pelayannya, kami harus menunggu 20-30 menitan sebelum ada meja yang tersedia. Kami nggak masalah dengan ini sih karena toh kami juga sudah bisa mulai memesan minum dari barnya kok sembari menunggu. Nah, kami berkesimpulan bahwa tempat ini dulunya gereja gitu karena ada piano organ besar di satu sisi ruangan dan patung Yosef dan Maria di sisi lainnya, haha.

Anyway, memang Olivier adalah tempat yang oke banget (jauuh lebih oke daripada restoran yang kami kunjungi di acara makan malam kami sebelumnya di Utrecht). Aku memesan menu daging sapi tenderloin medallions yang mana enak banget lho! Birnya juga enak, walaupun ini tentu tidak mengherankan karena namanya aja bir Belgia kan.

Beef tenderloin medallions-nya Olivier yang enak banget.

Sebuah hari Sabtu

Kantorku akan mengadakan pesta bertema minggu depan dan per pagi ini aku masih belum punya kostum untuk itu dong, yang mana setengahnya karena tema tahun ini agak sulit dan tidak begitu membuat excited sih, haha. Anyway, jadilah karena ini aku pergi shopping hari ini. Untungnya, aku mendapatkan ide untuk apa yang akan aku pakai di pestanya di H&M, dan “kostum”-nya langsung aku beli. Eh, sebenarnya lebih ke “outfit” sih daripada “kostum”, tapi ya biar aja lah ya πŸ˜› .

Nah, selagi di centrum, aku juga memutuskan untuk akhirnya beneran memulai mendekorasi apartemenku. Sudah lama banget aku memiliki ide untuk menggantung lukisan/prints/foto-foto gitu di dinding.Β Tetapi selama ini ide ini belum terealisasikan sama sekali karena aku malas untuk keluar dan melihat-lihat, haha. Dan makanya hari ini ide ini aku materialisasikan karena toh sekalian aku sudah berada di centrum juga. Aku memutuskan untuk membeli sebuah print dari lukisan Havengezicht (Pandangan Pelabuhan)-nya Joop Plasmeijer yang warnanya ceria dan aku suka.

Sebuah print dari lukisan Amsterdamnya Joop Plasmeijer.


#2044 – 2017 Year End Trip (Introduction)


Posts in the 2017 Year End Trip series:
1. Introduction
2. Part I: Getting to California
3. Part II: A Tourist in San Francisco
4. Part III: Alcatraz and Yosemite
5. Part IV:Β The City of San Francisco
6. Part V: The City of Los Angeles
7. Part VI: Hollywood and Griffith
8. Part VII: More of LA
9. Part VIII: Back to Europe in Business Class

So California was the destination of my year end 2017 trip, a trip which ended last week when I was flying a KLM’s Boeing 747-400 in World Business Class from Los Angeles International Airport (LAX) to Amsterdam Schiphol (AMS). On a side note, I found it really cool though that I started my flying year of 2018 on an intercontinental TransAtlantic flight with a Boeing 747 in business class! Haha πŸ˜› .

The mandatory World Business Class selfie on board a KLM’s Boeing 747

Anyway, how was California? Well, in one word, it was great!!

I visited two big cities on this trip: San Francisco and Los Angeles, and also managed a one-day tour from San Francisco to the Yosemite National Park. If I had to choose between San Francisco and Los Angeles as to which one I liked more, without a doubt I would choose San Francisco, haha. Anyway, I found both cities to be very different from the two other American cities I have visited: Boston and New York; an unsurprising impression I guess given that they were at the opposite sides of the United States, lol.

A tourist in San Francisco.

One small factor which made me happy about this trip was that euro was a little bit stronger (by around 5%) in opposition to US dollar this time around than it was two years ago when I visited the two East Coast cities! Lol πŸ˜† .

Speaking of Los Angeles, a few weeks before this trip, I contacted Arman and Christa (who has just moved to LA) to possibly arrange a meetup. And thankfully we were able to find a time when we would all be free; and so we did organize a meet-up on the New Year’s Day in Hollywood! And it was not just the three of us, as Arman came with Esther, Andrew, and Emma; and Christa came with R! πŸ˜€

A bloggers meetup in Hollywood!!

So yeah, overall it has been such a fun trip!! πŸ™‚ I got what I wanted out of this trip, that was a relaxing two-week holiday. And certainly the Californian climate played a really big role in that (especially Los Angeles’). I felt like I cleared my mind and now I am ready to get back to work (Well, after fully recovering from the terrible jetlag, of course. And it is quite bad because the time difference between Amsterdam and California is nine hours! Lol πŸ˜† ).

Anyway, here are a few more teasers from this trip!


Posting-posting dalam seri 2017 Year End Trip:
1. Introduction
2. Part I: Getting to California
3. Part II: A Tourist in San Francisco
4. Part III: Alcatraz and Yosemite
5. Part IV:Β The City of San Francisco
6. Part V: The City of Los Angeles
7. Part VI: Hollywood and Griffith
8. Part VII: More of LA
9. Part VIII: Back to Europe in Business Class

Jadi California adalahΒ tujuan dari perjalanan akhir tahun 2017ku, sebuah perjalanan yang berakhir minggu lalu ketika aku terbang dengan pesawat Boeing 747-400nya KLM di Kelas Bisnis Dunia dari Bandara Internasional Los Angeles (LAX) ke Bandara Amsterdam Schiphol (AMS). Sekedar catatan kecil nih, rasanya seru juga kegiatan terbangku di tahun 2018 dibuka dengan penerbangan antar benua trans-Atlantik dengan sebuah Boeing 747 di kelas bisnis! Haha πŸ˜› .

Selfie wajib ketika terbang dengan kelas bisnis di pesawat Boeing 747nya KLM

Anyway, gimana nih California? Dalam satu kata, asyik!!

Aku mengunjungi dua kota besar di perjalanan ini: San Francisco dan Los Angeles, dan juga masih sempat memasukkan sebuah tur sehari ke Taman Nasional Yosemite dari San Francisco. Nah, jika aku disuruh memilih mana yang lebih aku sukai di antara San Francisco dan Los Angeles, jelas aku memilih San Francisco dah, haha. Anyway, berdasarkan pengalamanku dua kota ini juga beda banget dari dua kota Amerika lain yang pernah aku kunjungi: Boston dan New York; ya nggak mengherankan juga sih ya secara mereka kan berada di ujung yang berbeda dari Amerika Serikat, haha.

Turis di San Francisco.

Eh, satu faktor kecil lain yang membuatku senang di perjalanan ini adalah euro sedikit lebih kuat (sekitar 5%-an) dibandingkan dollar Amerika loh kali ini dibandingkan dua tahun lalu ketika aku mengunjungi kota di Pantai Timur Amerika itu! Lumayan lah ya, huahaha πŸ˜† .

Ngomongin Los Angeles, beberapa minggu sebelum aku berangkat, aku mengontak ArmanΒ danΒ Christa (yang baru saja pindah ke LA) untuk kemungkinan buat kopdar gitu. Untungnya kami bisa menemukan jadwal yang pas; dan jadilah kami beneran kopdar di hari Tahun Baru di Hollywood! Dan nggak cuma bertiga aja loh, Arman datang bersama Esther, Andrew, dan Emma; dan Christa datang bersama R! πŸ˜€

Kopdaran di Hollywood!!

Jadi ya memang secara keseluruhan perjalanan ini asyik banget dah!! πŸ™‚ Aku mendapatkan apa yang aku mau dari perjalanan ini, yaitu liburan dua minggu yang santai. Dan ini kebetulan juga didukung banget dengan iklimnya California (terutama Los Angeles). Aku merasa pikiranku segar sekarang dan aku siap untuk kembali ke kantor (Eh, tentu setelah pulih dari jetlag yang parah banget ini sih. Dan lumayan parah loh jetlag-nya soalnya perbedaan waktu antara Amsterdam dan California adalah sembilan jam! Haha πŸ˜† ).

Anyway, di atas aku unggah beberapa foto sebagai teasers dari perjalanan ini!

#2041 – Back in Europe!!


Yesterday morning, my KLM flight KL602 from Los Angeles landed at Schiphol, thus marking the end of my 2017 year end trip to California. Now, I am supper jetlagged! And you know this jetlag is the more annoying Eastward jetlag one, which I don’t really like but I must face, haha πŸ˜€ .

Btw, I work today, though I do it at home because apparently this jetlag is quite bad, probably due to the nine hours of time difference between Amsterdam and California. I understand that you might find it strange given that I only arrived yesterday (Thursday) morning meaning that tomorrow is a weekend, haha. But I need to be careful with the number of my holiday allowance as I have a few big plans panned out throughout this year. So I feel like I got to “save” some whenever I can!

Anyway, I have not got the time yet to start writing posts of this trip; including the Introduction one (This post is certainly not the Introduction post πŸ˜› ). I am getting into it later once I have the time and energy. However, I can tell you now that it was such a fun trip!! πŸ˜€

Yeah, this is all for now. I just wanted to say hi here! πŸ˜›


Kemarin pagi, penerbangan KLM KL602ku dari Los Angeles mendarat di Schiphol, yang menandai berakhirnya liburan akhir tahun 2017ku ke California. Sekarang, aku terkena jetlag parah banget nih! Dan tahu kan ini jetlag yang menyebalkan sekali karena merupakan jetlag ke arah timur, yang mana tidak aku sukai tetapi harus aku hadapi, haha πŸ˜€ .

Btw, hari ini aku ngantor loh, walaupun hari ini ngantor-nya dari rumah aja sih karena ternyata jetlag kali ini lumayan parah juga yang mana mungkin diakibatkan oleh perbedaan waktu sebanyak sembilan jam antara Amsterdam dan California. Iya, memang wajar kalau menganggapnya aneh karena aku baru pulang kemarin (Kamis) pagi sementara besok kan sudah weekend gitu ya, haha. Tetapi aku perlu berhati-hati nih dengan jumlah jatah cutiku tahun ini karena aku ada beberapa rencana jalan-jalan besar di tahun ini. Jadi aku merasa sedapat mungkin jatah cutiku harus aku “hemat” gitu deh!

Anyway, aku belum memiliki waktu untuk mulai menuliskan cerita dari perjalanan ini nih; termasuk posting Pendahuluannya (Jelas posting ini bukanlah posting Pendahuluan lah ya πŸ˜› ). Nanti akan segera aku mulai tulis begitu aku ada waktu dan tenanganya, haha. Namun, sekarang bisa kubilang bahwa perjalanan ini seru banget!! πŸ˜€

Ya, segini dulu deh untuk saat ini. Aku hanya ingin mengucapkan salam di sini! πŸ˜›

#2027 – A Very “Colorful” Week


It has been a full working week since I got back home from my November 2017 Trip to Indonesia. So how has this week been?

Well, as in any other week following a long-haul flight crossing several different time zones, the week started with my body fighting the jetlag, haha. I went to work on Monday and it was quite annoying because the jetlag was still quite strong while at the same time I was tuning back to where I left off at work and tried to catch up on what has been going on while I was away.

Speaking of work, there was a track outing event this Thursday where we went: karaoke-ing after work! Haha πŸ˜› . Btw it surprised me that karaoke won the votes (We voted for what activity we would like for the track outing). Anyway, it turned out to be really fun! πŸ˜›

Yeah, so my theme this week was, indeed, mainly about recovery. While generally I was getting better as the week passed by, I wasn’t feeling particularly well in the middle of the week. I think I caught a flu because of the jetlag and also the sudden switch of climate from tropical rainy season to European winter. While the flu wasn’t that bad, it was enough to affect my fitness that day a little bit.

I still managed to go to myΒ tennis lesson this week but conflicting agenda and the flu prevented me from going to the gym. I actually thought of fighting through the flu and went to the gym in the middle of the week. But I have learned thatΒ I needed to listen to my body and to think of the bigger picture that is my work and upcoming personal plans. So I cancelled my gym plan and tried to not be too harsh on myself, haha. My health is a priority, right? πŸ˜›

Speaking of the European winter, this happened yesterday:

Yes, it was snowing!! No matter how many times before I have experienced snow, I still find it very beautiful!! 😍😍😍

So, yeah, this week indeed has been a really “colorful” week for me!!


Sudah satu minggu kerja penuh sekarang semenjak aku kembali dariΒ perjalanan November 2017ku ke Indonesia. Jadi bagaimanakah mingguku ini?

Yah, seperti minggu-minggu lainnya setelah sebuah penerbangan jarak jauh melintasi beberapa zona waktu yang berbeda, minggu ini dimulai dengan badanku melawan efek jetlag yang masih kuat, haha. Aku pergi ke kantor di hari Senin dan hari itu cukup menyebalkan karena jetlagnya masih kuat sementara aku berusaha untuk mencoba mendapatkan ritme pekerjaanku kembali seperti sebelumnya dan di saat yang sama juga berusaha untuk catch up dengan semua perkembangan yang terjadi ketika aku sedang pergi.

Ngomongin kerjaan, ada acara track outing hari Kamis kemarin ini dimana kami pergi: karaokean sepulang kerja doong! Haha πŸ˜› . Btw, tidak kusangka-sangka lho bahwa karaoke akan menang dalam voting (Sebelumnya kami voting aktivitas apa yang ingin kami lakukan di track outing). Anyway, ternyata seru banget lho! πŸ˜›

Ya, jadi ya memang begitu deh temaku minggu ini, pemulihan diri. Walaupun secara umum aku semakin pulih seiring dengan berlalunya minggu ini, aku sempat merasa kurang fit di pertengahan minggu. Kayaknya aku kena flu gitu deh karena kombinasi jetlag dan perubahan cuaca dari musim hujan tropis ke musim dingin Eropa. Walaupun nggak terlalu parah, flunya cukup mempengaruhi fitness-ku hari itu.

Aku masih sempat pergi ke les tenisku minggu ini sih tetapi jadwal agendaku yang tubrukan dan flunya itu membuatku sama sekali tidak bisa pergi ke gym minggu ini. Sebenarnya sempat terbesit pikiran untuk tidak menghiraukan flunya dan tetapi memaksakan diri untuk ke gym di pertengahan minggu itu. Tapi aku sudah belajar bahwa aku perlu untuk mendengarkan tubuhkuΒ dan memikirkan the bigger picture yaitu pekerjaanku dan rencanaku ke depan ini dalam waktu dekat. Jadilah rencanaku ke gym hari itu kubatalkan dan aku berusaha untuk tidak terlalu kerasa kepada diriku sendiri. Yang namanya kesehatan adalah nomor satu kan? πŸ˜›

Ngomongin musim dingin di Eropa, kemarin ini terjadi lhoo:

Iyaa, turun salju dooong!! Nggak peduli sudah berapa kali sebelumnya aku bersentuhan dengan yang namanya salju, bagiku salju itu masih indah bangettt!! 😍😍😍

Jadi, ya begitu lah. Minggu ini memang telah menjadi minggu yang sungguh “berwarna” bagiku!!

#2017 – Halo, Jakarta!


This weekend, my November trip to Indonesia started. And, actually, at the moment I am in: Jakarta!

Jakarta in November

I am here only for one night, though, as I need to settle a customized suit fitting matter at a well-known tailor here, which I already did earlier today, haha. So yeah, indeed I am not here for a very long time, as tomorrow I am already flying off.

Speaking of Jakarta, now that I think about it, it has been awhile since the last time I was here, that was in August 2010 just two weeks before I moved to the Netherlands! At the time I was staying here also for only one night as a “pitstop” after coming back from a 10-day trip to China (the flight from Guangzhou arrived in the evening so we decided to spend a night in Jakarta). And because of that so it seemed that I did not bother to write about the Jakarta part on that trip in that post, haha πŸ˜› . But before that, my last documented trip to Jakarta was in May 2010.

Okay, since August 2010, I have travelled via Soekarno-Hatta International Airport a few times; but I don’t think those “count” because I did not leave the airport in each “visit”? Haha πŸ˜›

Anyway, this is all from now. At the moment I am suffering from a really bad jetlag and so hopefully I will recover from it soon, haha πŸ™‚ . And also, the internet connection is so friggin’ slow! Hahaha πŸ˜†


Akhir pekan ini, perjalanan bulan Novemberku ke Indonesia dimulai. Dan sebenarnya, sekarang ini aku sedang berada di: Jakarta!

Jakarta di bulan November

Aku cuma menginap semalam saja sih di sini, soalnya aku harus mengurus urusan fitting jas customized di sebuah penjahit yang terkenal di sini, yang mana sudah kulakukan tadi, haha. Jadi ya memang cuma sebentar aja, karena besok aku sudah terbang lagi.

Ngomongin Jakarta, kalau diingat-ingat lagi sekarang, sudah lumayan lama juga lho semenjak terakhir kali aku ke kota ini, yang mana adalah di bulan Agustus 2010Β hanya dua minggu sebelum aku berangkat ke Belanda! Waktu itu aku juga menginap semalam saja sebagai “pitstop” ketika kembali dari perjalanan selama 10 harian ke China (penerbangan dari Guangzhou waktu itu tiba di malam hari sehingga kami memutuskan untuk menginap semalam saja deh di Jakarta). Dan mungkin ini lah alasan mengapa kok bagian Jakartanya tidak aku tulis di posting-ku dulu itu, haha πŸ˜› .Tetapi sebelum itu, perjalananku ke Jakarta yang terakhir yang terdokumentasikan adalah di bulan Mei 2010.

Oke, semenjak Agustus 2010, aku sudah beberapa kali terbang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta sih; tetapi ini mah nggak “dihitung” ya karena aku kan tidak meninggalkan bandaranya di “kunjungan-kunjungan” itu? Haha πŸ˜› .

Anyway, segini dulu aja deh untuk sekarang. Saat ini aku sedang menderita jetlag parah banget nih dan semoga aku segera recover darinya, haha πŸ™‚ . Dan juga, ini koneksi internetnya kok lemot banget yaa! Ahahah πŸ˜†

#1805 – Combating Jetlag


As of now, I have been awake for about 30.5 hours non-stop. While this does not breakΒ my personal record (35 hours), this is still not fun, lol πŸ˜† . However, unlike the time I set the record, this time it is more necessary to do so. Why so?

This morning, I was back from from the Caribbean part of myΒ sabbatical month trip. My KL785 flight from Sint Maarten (via CuraΓ§ao) landed at 06:10 in the morning. The “problem” was that I could not sleep during the 8.5 hour flight from CuraΓ§ao to Amsterdam; mainly because I enjoyed the flight a lot, haha πŸ˜† . I got up at around 06:00 on Tuesday Sint Maarten time and as of now, we are approaching 18:30 on Wednesday Dutch time. With six-hour time difference between Sint Maarten and the Netherlands, this equates toΒ the aforementionedΒ 30.5 hours!

I have mentioned a few times here that I prefer (a lot more) westward to eastward jetlag; as I find the effect of eastward jetlag really annoying. It was also quite unfortunate that the flight landed in the early morning today, haha πŸ˜† . So to combat this jetlag, my parents and I decided to go to Amsterdam for half a day today just after arriving at Schiphol. It is a good idea to force ourselves as much as we can to stay awake during the day to reduce the jetlag. And as it has passed 18:00 now, I think we have been doing alright, haha πŸ˜† .

Originally I planned to post an introduction post to the Caribbean part of my trip; however, it seems that it has to wait a little bit longer now as I really can’t wait to get to my bed (but not before finishing up my laundry! 😧) #postvacationproblem

A pizza in Amsterdam

A pizza in Amsterdam


Saat ini, aku sudah bangun selama sekitar 30,5 jam non-stop loh. Walaupun ini masih belum memecahkan rekor pribadiku (35 jam), tetap aja ini nggak menyenangkan lah ya, haha πŸ˜† . Namun, tidak seperti ketika aku membuat rekor itu, kali ini penting untuk aku bangun begini. Mengapa?

Pagi tadi, aku kembali dari bagian Karibia dari bulan sabatikalku. Penerbangan KL785-ku dari Sint Maarten (via CuraΓ§ao) mendarat jam 06:10 pagi tadi. “Masalah”-nya adalah, aku tidak bisa tidur di penerbangan 8,5 jam dari CuraΓ§ao ke Amsterdam; terutama karena aku sungguh menikmati penerbangannya, haha πŸ˜† . Aku bangun sekitar jam 6 pagi di hari Selasa waktu Sint Maarten dan sekarang sudah mendekati jam 6:30 sore di hari Rabu waktu Belanda. Dengan perbedaan waktu enam jam antara Sint Maarten dan Belanda, ini menghasilkan 30,5 jam yang kusebutkan di atas.

Aku sudah sebutkan beberapa kali disini bahwa aku (jauh) lebih menyukai jetlag ke arah barat daripada jetlag ke arah timur; karena aku merasa efek jetlag ke arah timur jauuh lebih menyebalkan. Sialnya, penerbangannya tadi kebetulan mendarat di pagi hari banget pula, haha πŸ˜† . Jadilah untuk melawan jetlag ini, aku dan orangtuaku memutuskan untuk pergi ke Amsterdam selama setengah hari tadi begitu tiba di Schiphol. Adalah ide yang bagus untuk memaksa kita bangun selama mungkin di siang hari untuk mengurangi efek jetlag ini. Dan sekarang sudah lewat jam 6 sore nih, jadi sudah lumayan juga rasanya ya, haha πŸ˜† .

Awalnya, aku berencana mem-posting posting pendahuluan dari bagian Karibia dari perjalanan ini. Namun, sepertinya ini harus menunggu dulu deh karena sekarang aku sudah nggak sabar banget berbaring di ranjangku (tetapi masih harus menyelesaikan cucian dulu nih! 😧) #problempulangliburan

#1679 – Almost A Week Back


So it has almost been a week since I am back in Delft from my year end trip to USA and Mexico. How has this week been btw? Well, there are a few things:

(1) Battling the Jetlag

Rather unsurprisingly, I have been suffering from jetlag, especially at the start of this week. And it was the worse jetlag as last week I was flying eastward from North America to Europe (in my personal experience, flying eastward across X time zones brings worse jetlag effect than flying westward across the same number of time zones). For instance, on Monday evening after a long day at work and a 1-hour tennis session, I was feeling so tired when I decided to hit the gym in the evening that I left just after 20-ish minutes. I was actually positive about this tiredness because I thought that meant I would have good night sleep that night. However, I did not. I woke up at 3:30 AM feeling so fresh, lol πŸ˜† . I managed to force myself back to sleep at around 5ish AM and got up at around 7:30 AM, of course feeling not fresh at all πŸ˜† .

While preparing for the trip, I deliberately chose to come back in the Netherlands on Saturday morning so that I would have had some time to recover before having to come back to work on Monday. However, it turned out that it was rather not enough (though still better than nothing) as the effect was still lingering as I entered the working week, haha πŸ˜† .

Lesson learned though. For me personally, it may be optimalΒ to come back from somewhere in the east on a Saturday while it may be better to comeback from somewhere in the west on a Friday;Β purely just because of the jetlag effect πŸ˜› .

(2) Weight Gain

Obviously I gained some weight after a 2.5 weeks trip to Northern American where I indulged myself with eating whatever I felt like, lol πŸ˜† . However, as I spent the last five days in New York where I walked a lot everyday, it turned out that in total, I only gained 0.3Β kg!! Not bad, I guess, so IΒ should not beΒ complaining at all :mrgreen: . Okay, I am not, as this week, probably due to the jetlag as well, I have lost about 1.5 kg since I came back from North America, πŸ˜† .

(3) Work, Work, Work

Speaking of work, having started the year 2016, in a way I felt a little bit overwhelmed with the amount of tasks which I need to finish this year, haha πŸ˜† . What I think I should do is just to stop for a moment, take a deep breath, and calm myself down. We will see how this will work πŸ˜›


Jadi ceritanya sudah hampir seminggu semenjak aku kembali di DelftΒ dariΒ perjalanan akhir tahunku ke Amerika dan Meksiko. Bagaimanakah seminggu ini btw? Yah, ada beberapa hal sih:

(1) MelawanΒ Jetlag

Tidak begitu mengherankan, aku terkena jetlag deh akhir-akhir ini, terutama awal minggu ini. Dan ini adalah jetlag yang nggak enak lho karena aku terbang ke arah timur dari Amerika Utara ke Eropa (berdasarkan pengalaman pribadiku, terbang ke arah timur melewati X zona waktu membawa efek jetlag yang lebih buruk daripada terbang ke arah barat melewati jumlah zona waktu yang sama). Misalnya saja, di hari Senin lalu setelah hari yang panjang di kantor dan sesi latihan tenis satu jam, aku merasa lelah banget ketika malamnya aku memutuskan pergi ke gym. Akhirnya aku memutuskan untuk pulang aja deh setelah nge-gym cuma sekitar 20 menitan. Aku merasa senang sebenarnya bahwa aku merasa lelah karena aku kira malamnya aku akan bisa tidur dengan nyenyak. Dan itu salah dong. Aku terbangun jam 3:30 subuh merasa amat segar, huahaha πŸ˜† . Aku berhasil memaksa diriku untuk tidur lagi sekitar jam 5an dan terbangun lagi jam 7:30 pagi, merasa tidak segar sama sekali tentunya.

Ketika merencanakan perjalanannya, sengaja aku memilih untuk tiba kembali di Belanda Sabtu pagi agar aku memiliki waktu untuk memulihkan diri di akhir pekan sebelum aku harus kembali bekerja Seninnya. Namun, ternyata waktu yang aku alokasikan ini kurang cukup (masih mending sih daripada tidak ada waktu untuk pemulihan diri) karena efek jetlagnya masih berlangsung ketika sudah masuk minggu kerja pun, haha πŸ˜† .

Satu pelajaran untukku sih. Bagiku sendiri, mungkin adalah solusi optimal untuk kembali dari suatu tempat di sebelah timur di hari Sabtu sementara mungkin lebih baik untuk kembali dari suatu tempat di sebelah barat di hari Jumat; hanya dengan mempertimbangkan efek jetlag-nya aja sih πŸ˜› .

(2) Berat badan

Jelas berat badanku naik nih setelah perjalanan 2,5 minggu ke Amerika Utara dimana aku mah seenaknya aja makannya ya, haha πŸ˜† . Mumpung sedang liburan kan. Namun, karena aku menghabiskan lima hari terakhirnya di New York dimana aku berjalan-jalan terus setiap hari, ternyata secara total berat badanku cuma naik 0,3Β kg aja loh!! Lumayan lah ya, jadi sebaiknya memang aku tidak komplain :mrgreen: . Ya nggak komplain juga sih karena ternyata ini, mungkin akibat jetlag juga, sudah turun 1,5 kg-an semenjak kembali dari Amerika, haha πŸ˜† .

(3)Β Kerja, Kerja, Kerja

Ngomongin kerjaan, setelah masuk ke tahun 2016 ini kok aku sedikit merasa overwhelmed ya dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan tahun ini, haha πŸ˜† . Sepertinya yang harus aku lakukan adalah berhenti sesaat, menarik nafas, dan menenangkan diriku sendiri deh. Kita lihat saja bagaimana ya πŸ˜›