General Life · Zilko's Life

#1976 – Some Summer Stories

ENGLISH

Overall, we in the Netherlands have been quite lucky with the weather this summer. It feels like there have been quite a lot of days (for Dutch standards) where the weather is really, really nice; and also only a few rains. Even though one of those few days was yesterday when it rained for the entire day thus creating this gloomy atmosphere. The tram service in Amsterdam was also disturbed yesterday, though I am not sure if this had something to do with the rain or notย ๐Ÿ˜ฃ.

Anyway, enough for the boring talk about the weather. Another aspect that is tightly related to summer is the summer bugs. As this is my first summer in Amsterdam, I just realized that despite Delft is not that far away, the summer bugs situation is actually quite different here, haha. I feel like there is much less fly flying around here than in Delft, which I find really, really nice. However, there is something else which I have encountered more here in Amsterdam: spiders! Yeah, I feel like there are more spiders here than in Delft! At least I have killed three (big-ish) spiders at home in the past month or so.

Speaking of summer in Amsterdam, now I do have the first-hand experience of the busy tourist season, that is the summer, haha ๐Ÿ˜› . Indeed Amsterdam feels different in the summer than in the winter, in the sense that there are more tourists flocking the city, even during the weekdays! The direct result which affects me is that the more crowded public transportation these days! Lucky I have moved to Amsterdam so that I do not have to deal with this potential problem while commuting between Delft and Amsterdam! Hahaha ๐Ÿ˜†

A crowded tram in a summer afternoon

BAHASA INDONESIA

Secara umum, kami di Belanda cukup beruntung dalam hal cuaca di musim panas kali ini. Rasanya ada cukup banyak hari (untuk standar Belanda) dimana cuacanya asyik banget; dan cuma relatif sedikit hari dimana hujan turun.ย Walaupun salah satu dari sedikit hari itu kemarin sih dimana hujan turun seharian sehingga suasananya juga jadi gloomy gitu. Layanan tram di Amsterdam juga lumayan kacau lah kemarin, walaupun aku nggak yakin sih ini ada kaitannya dengan cuaca atau tidakย ๐Ÿ˜ฃ.

Anyway, cukup deh dengan omongan cuaca yang membosankan itu. Satu aspek lain yang berkaitan dengan musim panas adalah serangga musim panas. Karena ini adalah musim panas pertamaku di Amsterdam, ternyata walaupun Delft itu nggak jauh-jauh amat, situasinya berbeda banget loh, haha. Rasanya ada jauh lebih sedikit lalat di sini daripada di Delft, yang mana tentu situasi ini aku syukuri banget (Aku sebal banget sama lalat, haha ๐Ÿ˜† ). Namun, ada satu makhluk lain yang sepertinya ada lebih banyak di Amsterdam: laba-laba! Iya, rasanya kok ada lebih banyak laba-laba gitu di sini daripada di Delft! Setidaknya aku sudah membunuh tiga (ekor?) laba-laba deh di rumah selama sebulanan terakhir ini.

Ngomongin musim panas di Amsterdam, sekarang aku sudah memiliki pengalaman langsung dengan musim padat turis, yaitu musim panas, haha ๐Ÿ˜› . Memang Amsterdam terasa banget berbeda di musim panas daripada di musim dingin, dimana rasanya ada jauh lebih banyak turis yang mengunjungi kota ini, bahkan di hari-hari kerja! Akibat yang aku rasakan langsung adalah transportasi umum yang jadi jauh lebih ramai sekarang ini! Untung deh aku sudah pindah ke Amsterdam sehingga aku tidak perlu menghadapi situasi ini untuk nglaju dari Delft ke Amsterdam!ย Hahaha ๐Ÿ˜† .

Advertisements
General Life · Zilko's Life

#1941 – Summer Solstice 2017

ENGLISH

This Wednesday was the summer solstice this year, i.e. the longest day of the year.

You see, one feature of summer that I really like is the longer days. And this Wednesday was the peak for that, when it looked like this at 10:30 PM:

10:30 PM in Amsterdam during summer solstice this year

Since then, the days are getting shorter and shorter until we hit the winter solstice in December.

So naturally, the day of the summer solstice is one of my most favorite days in a year. You can even trace that here in this blog where I write about it every year, haha ๐Ÿ˜† . Which brings me to last year’s summer solsticeย because for whatever reason, I feel nostalgic for this day last year. Even though that day was just a regular day in my life.

At the time I was very busy working on my PhD dissertation and preparingย my sabbatical month in September. I decided to make that day my cardio day where I went biking in the evening to the Delftse Hout. Yeah, for whatever reason, I remembered that day. Well, probably because a lot have happened in my life in between, haha.

One of which was getting my PhD degree ๐Ÿ˜€

Anyway, yeah, so we have now just entered the less favorite half of the year for me where days are getting shorter and shorter each day. Haha…

Speaking of the weather, though, there was a yellow warning for hot temperature in the Netherlands earlier this week. Apparently, a heat wave is striking the country (and Europe) now. And this is the reason why summer cannot be my most favorite season of all, haha (I hate the heat ๐Ÿ˜› ).

BAHASA INDONESIA

Hari Rabu ini adalah summer solstice tahun ini, yaitu hari dengan siang terpanjang dalam satu tahun.

Jadi salah satu karakteristik musim panas yang kusukai adalah siangnya yang lama. Dan hari Rabu kemarin ini adalah puncaknya, dimana suasana jam 10:30 malam adalah seperti ini:

Jam 10:30 malam di Amsterdam di waktu summer solstice tahun ini

Semenjak itu, setiap hari siang selalu bertambah pendek hingga kita mencapai winter solstice bulan Desember nanti.

Nah, jadi jelas dong hari summer solstice adalah salah satu hari terfavoritku dalam satu tahun. Ini juga nampak kok di blog ini dimana aku selalu menuliskannya setiap tahun, haha ๐Ÿ˜† . Yang mana membawaku ke hariย summer solstice tahun laluย karena, entah mengapa, aku merasa nostalgia banget dengan hari ini tahun lalu. Padahal sebenarnya hari itu adalah hari yang biasa-biasa saja.

Waktu itu aku sedang sibuk-sibuknya menyelesaikan disertasi PhD/S3ku dan juga mempersiapkan acaraย sabatikalku di bulan September. Hari itu aku tetapkan sebagai hari kardio dimana aku bersepeda di malam harinya ke Delftse Hout. Iya, entah mengapa, aku teringat hari itu deh. Yah, mungkin karena banyak yang terjadi di hidupku selama satu tahun belakangan ini ya, haha.

Yang mana salah satunya adalah mendapatkan gelar PhD (S3)-ku ๐Ÿ˜€ .

Anyway,ย iya, jadi sekarang kita sudah memasuki periode setengah tahun yang bukan favoritku dimana siang bertambah pendek terus setiap hari. Haha…

Ngomongin cuaca, minggu ini ada peringatan kuning untuk suhu udara yang sangat panas di Belanda. Ternyata, gelombang panas sedangย menerjang negeri iniย (dan Eropa) sekarang. Dan ini lah alasan mengapaย musim panas bukan lah musim favoritku, haha (Aku benci cuaca panas ๐Ÿ˜› ).

Life in Holland · Zilko's Life

#1850 – Winter Solstice

ENGLISH

If I mentioned one of the reasons I do not like Fall was the shorter days, then I must also not like Winter as well from this perspective. In fact, today is the Winter solstice, i.e. the shortest day and longest night of the year.

This was how it looked like outside when I was on my way to work at around 07:45 AM:

07:45 during winter solstice
07:45 during winter solstice

And here is how it was when I was on my way back from work at around 05:00 PM in Amsterdam:

5 PM during winter solstice
5 PM during winter solstice

Yep, technically I did not work overtime today but I went to work before the sun rose and left after the sun set! Lol ๐Ÿ˜† . In fact, there was only 7 hours and 40 minutes of sunlight today:

Only 7 hours and 40 minutes of daylight today
Only 7 hours and 40 minutes of daylight today

And to top it off, the cloud cover was 99% above Amsterdam today! Yep, those little amount of sunlight was even covered by (thick) cloud!ย Haha ๐Ÿ˜ฆ .

From the perspective of length of day, today is the most depressing day of the year, haha ๐Ÿ˜† . On the flip side, though, this means that it is going to get better from now on, where the days are getting longer and longer, until we hit the Summer solstice in June.

This reminds me, though, that it has been exactly half a year since this year’s Summer solstice. Wow, time really went by really, really fast!!

Santa selfie
At least I met Santa today :mrgreen:

BAHASA INDONESIA

Jika aku menyebutkan bahwa salah satu alasan aku tidak suka musim gugurย adalah siang hari yang pendek, maka aku semestinya tidak suka musim dingin juga dari sudut pandang ini. Malahan, hari ini adalah Winter solsticeย loh, yaitu hari dengan siang terpendek dan malam terpanjang tahun ini.

Begini lah suasana di luar ketika aku dalam perjalanan ke kantor sekitar jam 07:45 pagi:

07:45 during winter solstice
Jam 7:45 pagi ketikaย winter solstice

Dan begini lah suasananya ketika aku pulang kerja, sekitar jam 05:00 sore di Amsterdam:

5 PM during winter solstice
Jam 5 sore ketikaย winter solstice

Yep, secara teknis aku tidak bekerja lembur hari ini tetapi aku berangkat kerja sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam! Haha ๐Ÿ˜† . Malahan, hari ini Belanda hanya mendapatkan sinar matahari selama 7 jam 40 menit saja loh:

Only 7 hours and 40 minutes of daylight today
Hari ini matahari cuma bersinar selama 7 jam 40 menit saja.

Dan yang semakin melengkapinya lagi, langitย Belanda hari iniย adalah 99% berawan dong! Yep, sinar matahari yang cuma sedikit itu pun ditutupi oleh awan (tebal)! Haha ๐Ÿ˜ฆ

Dari sudut pandang lamanya siang, hari ini adalah hari paling memuramkan tahun ini, haha ๐Ÿ˜† . Sisi positifnya sih ini berarti situasi akan menjadi semakin dan semakin enakย dari sekarang, dimana siang akan bertambah panjang setiap hari, hingga kita mencapaiย Summer solsticeย di bulan Juni.

Wah, jadi teringat nih, artinya sekarang sudah tepat setengah tahun semenjak Summer solstice tahun ini. Wow, waktu benar-benar cepat berlalu!!

Life in Holland · Zilko's Life

#1837 – Why I Don’t Like Fall

ENGLISH

A lot of people say they love Fall/Autumn, mainly because of something like this:

Autumn in Delft Schie
Autumn in Delft five years ago (I am too lazy to take a more recent picture this year ๐Ÿ˜› )
, which is correct, btw, and I agree with this particular condition. However, I actually put this season as my least favorite of the four. Here is why. (#antimainstream #SEO)

One word which, to me now, describes this season the best is: gloomy.

And it applies to many things.

In the Netherlands, Fall weather usually means a lot of cloud and, sometimes, mist and, thus, it is wet too. Just like what I recently shared. Therefore, if you look outside, usually what you see is grayness. Dark cloudy sky with thick cloud hanging and people walking with their umbrellas or coat.

The fact that Summer precedes the season also does not help. While usually it also rains quite a lot in the Netherlands in Summer too (this year was an exception though, it was pleasantly rainless! ๐Ÿ˜› ), at least the days are longer. And personally, I like longer days. I like it when the sun is up from 5 AM to 10 PM.I feel more energized.

10:30 PM in Delft on 21 June 2015
10:30 PM in Delft on 21 June 2015
And my conjecture is (I haven’t bothered looking for actual research on this ๐Ÿ˜› ) that this has some collective effect on the people as well. Consciously or not, the gloomy weather affects people’s mood. When many of these people are together (like, e.g. at work), the gloominess radiates in many different forms.

I have only started my current job this October, which was Fall already, so I cannot really say anything about it. However, I have had four Falls during the course of my PhD; and in my experience, this season had always consistently been the most “depressing” periods of my PhD years. Specifically, the toughest period of my PhD years (so far) was the Fall of 2014, i.e. the Fall of my third PhD year, many referred to as the toughest year of PhD in the Netherlands. More or less, this was radiated into some posts in this blog as well.

One of those misty mornings in Delft lately
One of those Fall days here.
It might be a spurious correlation we are observing here; as there are other factors as well which can influence this as well, for instance the end of the year is near so the higher workload, no public holiday (while there are Christmas and New Year in the winter), etc.

As I said, I haven’t bothered looking deepert into this matter. So for this post, it would do even if a spurious correlation, haha ๐Ÿ˜† . What is important is, this is generally what I feel about Fall ๐Ÿ˜› .

Piles of fallen leaves
Piles of fallen leaves in October, 2011
BAHASA INDONESIA

Banyak orang berkata bahwa mereka suka banget dengan yang namanya Musim Gugur, terutama karena pemandangan kayak begini:

Autumn in Delft Schie
Musim gugur di Delft lima tahun yang lalu (tahun ini malas nih mengambil foto yang lebih up-to-date kekinian gitu ๐Ÿ˜› )
, yang mana benar juga sih, btw, dan aku sendiri setuju dengan satu kondisi khusus ini. Namun, sebenarnya secara umum aku harus bilang bahwa musim ini adalah musim yang paling tidak aku sukai dari empat musim yang ada loh. Berikut ini alasannya. (#antimainstream #SEO)

Satu kata yang, untukku saat ini, mendeskripsikan musim ini dengan paling baik adalah: muram (gloomy).

Dan ini mewakili banyak sekali hal loh.

Di Belanda, cuaca musim gugur itu biasanya berarti awan mendung tebal dan, kadang-kadang, berkabut yang mana artinya juga basah. Yah, seperti apa yang aku ceritakan beberapa waktu lalu lah. Makanya, jika kita melihat ke luar, yang terlihat biasanya adalah suasana abu-abu. Langit yang mendung dengan awan-awan tebal dan orang-orang berjalan-kaki dengan payung atau mantelnya.

Kondisi dimana musim panas mendahului musim ini juga tidak membantu. Walaupun di musim panas juga banyak hujan sih di Belanda (tahun ini pengecualian sih, hujannya sedikit! ๐Ÿ˜› ), setidaknya hari-harinya kan panjang gitu. Dan untukku pribadi, aku suka dengan hari yang panjang. Kan asyik ya matahari bersinar dari jam 5 subuh sampai jam 10 malam gitu. Aku merasa sungguh berenergi.

10:30 PM in Delft on 21 June 2015
Jam 10:30 malam di Delft tanggal 21 Juni 2015
Dan konjekturku adalah (malas nih untuk meriset lebih mendalam ๐Ÿ˜› ), ini mempengaruhi manusia juga. Sadar ataupun tidak, cuaca yang muram ini mempengaruhi mood orang-orang. Dan ketika banyak orang-orang ini berdekatan (misalnya di kantor), kemuramannya cenderung tersebar dalam berbagai macam bentuk.

Aku baru saja memulai pekerjaanku saat ini di bulan Oktober, yang mana artinya sudah masuk musim gugur, makanya aku tidak bisa menyimpulkan apa pun darinya. Namun, aku sudah melalui empat musim gugur sepanjang masa studi PhD (S3)-ku; dan dari pengalamanku, musim ini terus-terusan menjadi bagian dari periode paling “memuramkan” dari tahun-tahun PhD-ku itu. Lebih spesifik lagi, periode tersulit dari tahun-tahun PhD-ku (sejauh ini) adalah musim gugur 2014, yaitu musim gugur dari tahun ketiga PhDku, yang banyak disebut orang-orang sebagai tahun tersulit dari sebuah studi PhD di Belanda. Sedikit banyak, ini teradiasikan di beberapa posting di blog ini juga.

One of those misty mornings in Delft lately
Kadang suasana musim gugur disini itu begini
Memang bisa jadi ini adalah sebuah korelasi palsu (spurious correlation); karena bisa saja kan ada faktor yang juga mempengaruhi ini, misalnya akhir tahun yang dekat sehingga banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tidak adanya hari libur (kalau di musim dingin setidaknya kan ada Natal dan Tahun Baru), dll.

Seperti yang kubilang, aku malas untuk melihat hal ini lebih jauh. Jadi untuk posting ini, andaikata benar pun korelasi palsu mah nggak apa-apa ya, haha ๐Ÿ˜† . Intinya adalah, ini lah yang kurasakan secara umum tentang musim gugur ๐Ÿ˜› .

Life in Holland · Zilko's Life

#1836 – My Luck with Rain Lately

ENGLISH

Let’s just say, it has not been great.

Weather-wise, this Fall has not been that great in the Netherlands. It has been a bit colder than usual, really gloomy, and, worst of all, really wet!

Raining in Delft
Raining in Delft

And the last one really annoyed me, be when it happened or when it did not. Two times, recently, I had to soldier through the rain because I forgot to bring an umbrella. When this happened, of course, it reminded me of the old Indonesian saying which roughly translates to “Prepare an umbrella before it starts to rain“. The meaning of this saying can be both figurative or literal; but in this case of course the literal one was applicable ๐Ÿ˜› . So the next days, I decided to bring an umbrella just in case it would rain. And guess what? It did not. Moreover, it was sunny! Lol ๐Ÿ˜† .

Speaking of rain, one app which I find really useful for living peacefully in handling the rain is the Buienalarm. The app provides prediction of the rain precipitation in your chosen area for the coming hour so. This really helps me in my decision-making process. For instance, I did not just blindly “soldier through” the rain in the previous paragraph. I decided to based on the information that I got from the app, as follows:

Buienalarm
Buienalarm

It was about 6:02 PMย in Delft station. A lot of people were stuck due to heavy rain (well, the app said moderate; but from my perspective, moderate rain was basically heavy when I did not have an umbrella with me ๐Ÿ˜› ), including myself. It was predicted that the rain would last for the next 45 minutes or so. However, I saw a small opening there. For about five minutes starting from 6:05 PM, the rain would die down a little bit (it would still be raining, but not as hard). So I had an option to make use of this five minutes time-window or to wait 45 minutes before the rain was predicted to completely stop. Well, I chose the former ๐Ÿ˜› .

So what I did was just to wait for three minutes more at Delft station. And at 6:05 PM, when the rain died down a little, I soldiered through the rain and ran to my apartment. I was still quite wet, of course, but not as much and I certainly did not have to get stuck at Delft station for another 45 minutes. In my opinion, that helped a lot! ๐Ÿ˜€

BAHASA INDONESIA

Begini aja deh ya, keberuntunganku dengan hujan akhir-akhir ini tidak lah begitu baik.

Dalam hal cuaca, musim gugur kali ini tidak lah begitu mengasyikkan di Belanda. Suhu udaranya lebih dingin daripada biasa, cuacanya sungguh gloomy, dan, yang paling nyebelin nih, sering hujan!

Raining in Delft
Hujan diย Delft

Dan yang terakhir ini sungguh menyebalkanku, baik ketika terjadi maupun tidak. Dua kali, akhir-akhir ini, aku harus berjalan-kaki nekad menembus hujan karena aku lupa membawa payung. Ketika ini terjadi, tentu saja dong aku langsung teringat pepatah “Sedia payung sebelum hujan“. Haha, dalam kasus ini makna pepatah ini mah tersurat banget yaย ๐Ÿ˜› . Jadilah keesokan harinya, aku memutuskan untuk membawa payung unuk jaga-jaga andaikata hujan. Dan apa yang terjadi? Nggak hujan dong. Malahan, cuacanya cerah! Huahaha ๐Ÿ˜† .

Ngomongin hujan, satu app yang aku rasa sungguh berguna untuk hidup damai tentram di Belanda dalam menghadapi hujan adalah Buienalarm. App ini memberikan prediksi curah hujan di tempat pilihan kita sepanjang satu jam-an ke depan. Ini sungguh membantu proses pembuatan-keputusanku. Contohnya, sebenarnya aku nggak hanya sekedar modal nekad aja sih dalam menembuh hujan yang kuceritakan di paragraf sebelumnya. Aku memutuskan begitu berdasarkan informasi yang kudapatkan dari app ini, sebagai berikut:

Buienalarm
Buienalarm

Waktu itu jam 6:02 sore di stasiun Delft. Banyak orang terjebak di sana karena hujan yang deras (yah, menutup app hujannya cuma sedang aja sih; tetapi dari sudut pandangku, hujan yang sedang aja mah sudah aku anggap deras ya soalnya aku kan harus berjalan-kaki dan aku tidak membawa payung ๐Ÿ˜› ), termasuk aku. Hujannya diprediksi akan berlangsung selama 45an menit ke depan. Namun, aku melihat sebuah celah di sana. Selama sekitar lima menit mulai dari jam 6:05 sore, hujannya akan sedikit mereda (masih hujan sih, tapi nggak deras). Aku memiliki pilihan untuk menggunakan waktu lima menit ini atau menungguh 45 menit hingga hujannya diprediksikan berhenti. Aku memilih pilihan pertama ๐Ÿ˜› .

Jadilah aku memutuskan untuk menunggu selama tiga menitan di Stasiun Delft. Jam 6:05 sore, ketika hujannya sedikit mereda, baru deh aku menembus hujan dan berlari menuju apartemenku. Jelas lah aku masih basah, tetapi nggak parah-parah amat dan jelas aku jadi tidak harus terjebak di Stasiun Delft selamat 45 menit kan. Menurutku, ini mah membantu banget! ๐Ÿ˜€

General Life · Zilko's Life

#1791 – Heatwave and (Almost) A New Academic Year

ENGLISH

This is pretty much the headline here in the Netherlands this week:

Extreme heat warning ๐Ÿ˜ฒ
Extreme heat warning ๐Ÿ˜ฒ

๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ

Yes, there is a warning of extreme heat!! ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

Yes, we are, currently, being struck by a heatwave causing the temperature to be really hot at the moment. Okay, still in the low 30s (Celsius), though, but still, it has been reallyย hot!! This is actually one aspect I don’t really like from summer (aside from theย frequent rain; it is a toss up for me between extreme heat or frequent rain).

The forecast says it should be over by weekend; so let us hope it is right, haha ๐Ÿ˜† . And at least sometimes the wind blows too and it is not the typical hot wind; so the breeze still feels quite nice ๐Ÿ˜€ .

Anyway, speaking of this time of the year, it is almost the new academic year here in TU Delft. Six years ago, I arrived in Delft also at around this time. This means that new batches of students haveย arrived;ย and Delft has become a much livelier city than it has been the past two months. There were a lot of events going on; not only in the university but also in the city itself. A lot of associations/groups organized an open-house introducing themselves to the new residents of the city.

While I think it is cool, on the other hand Iย also feel a little bit of inconvenienceย because of this, to be honest. First of all, with more people, the road becomes more crowded. Second of all, a lot of paths have been blocked to make rooms for these events; and this is on top of the never-ending construction works in the city.

***

But this also reminds me that my time in TU Delft as a PhD student will also come to an end, really soon; as my contract will end just before the new academic year starts.

Yeah…

BAHASA INDONESIA

Yang berikut ini cukup merangkumkan topik utama di Belanda minggu ini:

Extreme heat warning ๐Ÿ˜ฒ
Peringatan cuaca panas ekstrim ย ๐Ÿ˜ฒ

๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ

Iya, ini adalah peringatan akan datangnya cuaca panas ekstrim!! ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

Iya, sekarang ini Belanda sedang diterjang heatwave (gelombang panas) sehingga suhu udaranya panas banget deh sekarang. Oke, masih di 30an (Celsius) bawah sih, tapi tetap aja, rasanya panas bangettt!! Ini nih satu aspek yang tidak kusukai dari musim panas (selain hujan yang sering sih; susah deh menentukan mana yang lebih tidak kusukai, suhu panas banget atau hujan).

Menurut ramalan cuaca sih seharusnya gelombang panasnya selesai akhir pekan ini; jadi mudah-mudahan ramalannya benar ya, haha ๐Ÿ˜† . Setidaknya kadang-kadang angin masih bertiup juga sih; dan untungnya anginnya bukan lah angin yang panas, sehingga hembusan anginnya terasa nyaman ๐Ÿ˜€ .

Anyway, ngomongin waktu sekarang ini, saat ini sudah hampir waktunya tahun akademik baru dimulai di TU Delft. Enam tahun lalu, aku juga tiba di Delft di tanggal-tanggal segini. Ini artinya, sekarang ini sudah ada banyak kloter mahasiswa baru yang datang; dan Delft menjadi lebih ramai deh daripada dua bulan belakangan ini. Ada banyak acara yang berlangsung; tidak hanya di universitas tetapi juga di kotanya itu sendiri. Ada banyak asosiasi/grup yang mengadakan open-house memperkenalkan diri mereka ke penduduk baru kota ini.

Walau menurutku ini keren, di sisi lain aku juga merasakan sedikit ketidak-nyamanan karenanya sih, sejujurnya. Pertama-tama, dengan ada banyaknya orang, jalanan menjadi semakin ramai. Yang kedua, banyak jalan yang ditutup untuk mengadakan acara-acara ini; dan ini di atas pekerjaan konstruksi yang nggak akan pernah beres disini.

***

Ah, tetapi ini juga mengingatkanku bahwa waktuku di TU Delft sebagai mahasiswa PhD (S3) juga akan berakhir, segera; karena kontrakku akan habis sebelum tahun akademik baru dimulai.

Ya gitu deh…

Life in Holland · Zilko's Life

#1731 – Koningsdag 2016

ENGLISH

Today, King Willem-Alexander of the Netherlands is celebrating his 49th birthday and, consequently, today is a national holiday in the Netherlands! Yeaaay!! ๐Ÿ˜€

“Too bad” though today is a Wednesday which means it is literally in the middle of the week so there is no reason to make it a long weekend, lol ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Last year, the Koningsdag (the King’s birthday) fell on Monday so a long weekend from Saturday all the way to Monday was observed in the Netherlands, lol ๐Ÿ˜† . Actually this may work in my favor though because now I am very busy at work anyway so long weekend is something which I actually don’t really need. Moreover, this means next year, it will be a long weekend when the Koningsdag falls on a Thursday! Haha ๐Ÿ˜† .

#KoningsdagSelfie
#KoningsdagSelfie
Anyway, this year’s Koningsdag is quite unique to me. Technically this is my sixth Koningsdag/Koninginnedag in the Netherlands. However, this is actually the first Koningsdag while I actually live in the centrum! And so I have been expecting today would be super busy and crowded in the city center (not that I was looking forward to it)

However, in a way the weather lately has been a little bit on my side for this matter. While the Spring has been around in the Netherlands for almost a month now, the trend stopped in the past week and it felt like we are moving backwards a little bit towards winter. Yes, the temperature in the Netherlands (and Europe in general) has been dropping! Even I heard it was snowing a little bit in Delft on Monday (too bad I had a meeting in Eindhoven that day so I did not experience it). As a result, while obviously the Koningsdag celebration was still going on, it was not nearly as crowded or busy as it usually is!

While I was glad that it was not as crowded as it could be, on the other hand I missed the festivity though…

BAHASA INDONESIA

Hari ini, Raja Willem-Alexandernya Belanda merayakan hari ulang-tahun ke-49nya. Sebagai akibatnya, hari ini adalah tanggal merah loh di Belanda! Yeaaay!! ๐Ÿ˜€

“Sayang” sih hari ini hari Rabu yang mana artinya benar-benar di pertengahan minggu sehingga tidak ada alasan untuk membuat liburan ini menjadi long weekend ya, haha ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Tahun lalu, Koningsdag (hari ulang tahunnya Raja) jatuh di hari Senin sehingga waktu itu long weekend deh dari hari Sabtu hingga Senin di Belanda, haha ๐Ÿ˜† . Sebenarnya mungkin ini menguntungkanku sih karena toh sekarang aku sibuk banget di kantor jadi sebenarnya aku nggak begitu membutuhkan long weekend deh. Lebih jauh lagi, ini artinya tahun depan Koningsdag akan jatuh di hari Kamis kan! Haha ๐Ÿ˜†

#KoningsdagSelfie
#KoningsdagSelfie
Anyway, Koningsdag cukup unik untukku. Secara teknis ini adalah Koningsdag/Koninginnedag-ku yang keenam di Belanda. Namun, ini adalah Koningsdag pertama dimana aku tinggal di centrum! Jadi jelas aku sudah bersiap-siap bahwa pusat kota akan ramai banget nih (dan aku nggak begitu menantikannya)

Namun, bisa dibilang cuaca memihakku sedikit di sisi ini. Walau ceritanya Belanda sudah memasuki musim semi satu bulan terakhir ini, trennya berhenti seminggu terakhir dimana rasanya cuaca justru bergerak mundur ke musim dingin. Iya, suhu udara di Belanda (dan Eropa sih) turun dong! Bahkan aku dengar di Delft sedikit bersalju loh hari Senin kemarin (sayangnya waktu itu aku sedang ada meeting di Eindhoven sehingga aku melewatkannya). Sebagai akibatnya, walau jelas perayaan Koningsdag masih berlangsung seperti biasa, perayaannya jadi tidak seramai atau sesibuk biasanya!

 

Walau aku lega bahwa pusat kotanya nggak ramai-ramai amat, tapi di sisi lain kok aku merindukan kemeriahannya ya, hahaha…