EuroTrip · One Week Trip · Vacation

#1739 – Side Stories from Helsinki

ENGLISH

Posts on the 2016 Baltic Spring Trip series:
1. Part I: Stockholm
2. Part II: Jumbo Stay and Air Baltic
3. Part III: Riga
4. Part IV: Helsinki
5. Part V: Tallinn
6. Part VI: Tallink and Finnair

***

Here are a couple of things I experienced in Helsinki during my 2016 Baltic Spring Trip (see Part IV above).

Finnish Language

The Finnish language is not a member of the Indo-European language family which implies it does not belong to the Germanic language branch. It is also not an Austronesian language. These all mean that I was very unfamiliar with the language as I could not “connect” it with the few languages which I knew.

Nonetheless, probably Finland’s close proximity to Sweden meant there were a lot of Swedish people in the country, at least in the capital (Helsinki). As a result, most of the public signs in the city (at least the ones that I saw) were both in Finnish and Swedish. And I am glad about it!

Look, obviously I do not speak Swedish (lol). However, Swedish is a Germanic language which means it is easy to notice many resemblances with Dutch. And as a result, I still understood (or at least was able to guess) those signs while in Helsinki through my knowledge of Dutch which I could use to interpret Swedish, haha 😆 .

While I did not know what "Hätäuloskäynti" meant, I understood "nödutgång". Presumably, it was the Swedish equivalent of the Dutch word "nooduitgang"
While I did not know what “Hätäuloskäynti” meant, I understood “nödutgång”. Presumably, it was the Swedish equivalent of the Dutch word “nooduitgang”

Even so, this only worked when I had to read something though. Even though of the same language family, the Dutch and Swedish pronunciation were very different. And so when someone read something to me in Swedish, say for which I would understand if I would have just read it, I would most likely not understand what I was told about, haha 😆 .

Btw, indeed English is Germanic too but I feel like I understand Swedish much more from the Dutch side than the English side. So I guess the “distance” within the same family is different between each member. Not that it is surprising.

Winter in Spring

Anyway, I was in Helsinki at the end of March and early of April, which means technically it was supposed to be Spring. And Spring is associated with flowers, trees, grass, sunlight, butterflies, etc. Definitely not with ice and snow. But while I was in Helsinki, I still found this:

Snow!!!
Snow!!!

Yes, there were still traces of ice and snow. It was literally the most snow I saw this last winter 😅😅😅😅😅. A little bit ironic indeed, haha 😆

Even the sea was still frozen
Even the sea was still frozen

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri 2016 Baltic Spring Trip:
1. Part I: Stockholm
2. Part II: Jumbo Stay and Air Baltic
3. Part III: Riga
4. Part IV: Helsinki
5. Part V: Tallinn
6. Part VI: Tallink and Finnair

***

Berikut ini dua buah cerita dari pengalamanku di Helsinki di perjalanan musim semi 2016ku ke Baltik (cerita utama di Bagian IV).

Bahasa Finlandia

Bahasa Finlandia tidaklah termasuk dalam rumpun bahasa Indo-Eropa language yang mana artinya bahasa ini juga tidak termasuk dalam rumpun bahasa Jermanik. Bahasa ini juga bukan lah bahasa Austronesia. Ini semua berarti aku sama sekali tidak familier dengan bahasanya karena aku jadi “tidak bisa” menghubungkannya dengan sedikit bahasa yang kukuasai.

Toh walaupun begitu, mungkin kedekatan geografisnya Finlandia dengan Swedia berarti ada banyak orang Swedia di negaranya, setidaknya di ibukotanya (Helsinki). Sebagai akibatnya, kebanyakan tanda-tanda di tempat umum (setidaknya yang kulihat) dituliskan dalam bahasa Finlandia dan Swedia. Dan aku senang mereka begitu!

Begini, jelas lah ya aku nggak bisa bahasa Swedia (lol). Namun, bahasa Swedia adalah bahasa Jermanik yang mana artinya mudah untuk menemukan kemiripannya dengan bahasa Belanda. Sebagai akibatnya, aku masih bisa mengerti (setidaknya menebak-nebak) arti dari tanda-tanda itu di Helsinki dengan kemampuan bahasa Belandaku yang bisa kugunakan untuk menebak-nebak arti dalam bahasa Swedia, haha 😆 .

While I did not know what "Hätäuloskäynti" meant, I understood "nödutgång". Presumably, it was the Swedish equivalent of the Dutch word "nooduitgang"
Walau aku tidak tahu apa arti dari “Hätäuloskäynti”, aku mengerti “nödutgång”. Aku asumsikan, ini adalah ekuivalen dalam bahasa Swedia dari kata “nooduitgang” dalam bahasa Belanda

Toh walaupun begitu, ini hanya bisa kulakukan jika aku harus membaca sesuatu sih. Walaupun masih dalam rumpun bahasa yang sama, pengucapan dalam bahasa Belanda dan Swedia itu berbeda banget. Jadi jika ada orang yang membacakan sesuatu dalam bahasa Swedia ke aku, walaupun andaikata pesannya bakal aku mengerti jika pesannya itu aku baca, kemungkinan besar aku nggak akan mengerti apa yang baru diucapkan ke aku deh, haha 😆 .

Btw, memang sih bahasa Inggris juga termasuk rumpun bahasa Jermanik. Namun, aku merasa aku bisa menebak arti dalam bahasa Swedia lebih melalui bahasa Belanda deh daripada bahasa Inggris. Jadi aku rasa “jarak” antara dua bahasa dalam suatu rumpun berbeda-beda ya satu sama lain. Yaa, nggak mengherankan juga sih.

Musim dingin di musim semi

Anyway, aku berada di Helsinki di akhir Maret dan awal April, yang mana artinya secara teknis itu sudah musim semi kan ya. Dan musim semi kan identik dengan bunga-bunga yang bermekaran, pohon-pohon yang menghijau, rumput-rumput yang tumbuh, sinar mahatari, kupu-kupu, dll. Jelas tidak dengan es dan salju kan ya. Namun, ketika di Helsinki aku menemukan ini dong:

Snow!!!
Saljuuu!!!

Iyaa, masih ada banyak bekas-bekas es dan salju loh. Dan ini adalah salju paling banyak yang aku lihat di musim dingin yang baru lewat ini 😅😅😅😅😅. Iya, ironis ya rasanya, haha 😆

Even the sea was still frozen
Bahkan lautnya pun masih beku
Asia Trip · Movie Review · South Asia · Vacation

#1508 – Watching A Bollywood Movie in India

ENGLISH

It is the weekend now (okay, technically still Friday in the Netherlands but still 😛 ) and so I think this story fits it perfectly, as it is about watching a movie in cinema 🙂 . So let us just get it started.

***

During our five days stay in Delhi[1] ← put your cursor here in our year end trip to India, we were brainstorming of what would be a fun thing to do while we were in Delhi and had some time to kill. And one of my friends was like “Why don’t we watch a Bollywood movie in a cinema?“. And we unanimously agreed it was such a great idea!

At that time, we saw a lot of advertisement of the movie PK and decided to go for it. The only problem was that the movie was in Hindi and because we were in Delhi, most cinemas did not air the movie with English subtitles. So the first challenge for us was to find a cinema which screened the movie with English subtitles. And luckily we found one; in a cinema that was close to the airport.

So one morning in Delhi we decided to book the tickets online for a screening later on in the evening. The ticket price was Rs 800 per person btw (around €11.43), a very normal nominal in European standard but I knew it was hell a lot in Indian standard. So I immediately guessed it must have been the premier lounge cinema [2] ← put your cursor here which I was, of course, very excited about because I had never been to one![3] And it indeed was.

The Experience

In short, it was amazing!

There were probably just like 40 seats in the room, and each seat was like this:

The seats in the cinema
The seats in the cinema

Haha 😆 .

Btw, you could adjust the seat with the small buttons to make yourself comfortable. Also, they provided complimentary water and a blanket!

Watching a movie like this
Watching a movie in a cinema like this

And I am sure you are familiar with the annoying moment when you buy a box of popcorn in a cinema but then the screening starts with (a lot of) advertisement before the movie begins but since you are sitting there already with a box of popcorn in your hand, you cannot resist the temptation to start eating the popcorn even though in the back of your head you know you should keep the popcorn for when the movie actually begins?[4]

Well, this time, I also ordered a box of popcorn. The good one btw, the caramel popcorn! And after paying, of course I expected a box of popcorn. But they did not give me any and so obviously I asked for it. But then the guy in the counter was like “We will deliver the popcorn to your seat Sir“. “Ok, cool“, I thought. And then, they indeed delivered the popcorn to me right when the movie started!! 😯 Amazing! So the annoying problem was avoided! Haha 😆 . And on top of that, the popcorn was fresh from the oven! So it turned out they actually cooked the popcorn after I ordered it. So it was warm and it was SOO goood!!

Some buttons
Some buttons

Oh, and btw, the seat also came with the “help” button so if you needed something, you could click the button and then a steward would come to help you. Pretty much like the flight attendant call button in an airplane 😛 . Pretty cool, no? 😛

On top of that, the toilet was super cool too! Just by the sink, to dry our hands they did not provide tissue nor the hand drying machine. Instead, they provided clean hand towel for each guest. Yeah, like proper clean towel[5]! 😯 And to wash our hands, not only they provided scented hand soap, but also moisturizer[6]! 😯

The toilet
The toilet

Anyway, there was one thing which I found quite interesting. There was actually a break during the movie! After about 90 minutes, there was a ten minutes break so some people used this time to go to the toilet. I found this quite interesting and actually it was not a bad idea, no? With this, you could go to the toilet without missing some part of the movie!

An intermission in an Indian cinema
An intermission in an Indian cinema

The Movie

Anyway, let me focus on the movie itself now.

The movie was about an alien, PK, whose beacon to his spaceship was stolen in India so he could not go back home. In his quest for his beacon, all people he met told him only God could help him because it was pretty much impossible to find the stolen beacon. However, since he was not from the Earth, he was not familiar with the concept of God and got confused. Later on, he met a television reporter, Jaggu, whom was intrigued by him and was willing to help him by making him famous with his own “TV-show” where he challenged some concept of “religion”. Later on, it turned out that his beacon came to the hand of a respected religious guru, who claimed that he obtained the beacon from God Shiva. So, did PK successfully get his beacon back? Well, just find out in the movie yourself 😉 .

I have to say that PK was such a very good Bollywood movie! The storyline was interesting, the religion themed issue was very relevant, and the humour was everywhere and it was so funny. So all in all I score this movie 9 out of 10! 😛

Btw, there was one line in the movie that made my friends and I laughed quite hard:

“Dit nummer is niet in gebruik.”

Yeah, seriously, there was a random line in the movie which was in Dutch! Okay, it was just basically an answering machine saying the phone number was not available. But still, it was so unexpected so it was funny. I bet upon hearing us laughing, all the other people in the cinema were like “What is so funny about this?” though, lol 😆 .

A cinema in India
A cinema in India

BAHASA INDONESIA

Oke, sudah akhir pekan kan ya sekarang (eh, memang sih sekarang ini masih hari Jumat di Belanda, tetapi tetap aja lah ya 😛 ), jadilah aku rasa cerita berikut ini cocok untuk diceritakan karena ceritanya tentang menonton film di bioskop :). Oke deh, langsung kita mulai saja ya.

***

Suatu hari di antara lima hari kami di Delhi[1] ← letakkan kursor di sini di perjalanan akhir tahunku ke India, kami berdiskusi mengenai kegiatan apa yang akan seru untuk dilakukan mumpung kami berada di Delhi dan memiliki waktu untuk dimanfaatkan. Salah seorang temanku berkata “Nonton film Bollywood di bioskop aja yuk!“. Dan langsung kami semua setuju bahwa ini adalah idea yang brilian.

Waktu itu, kami banyak melihat iklannya film PK dan memutuskan untuk menontonnya. Masalahnya, filmnya dalam bahasa Hindi dan karena kami berada di Delhi, kebanyakan bioskop menayangkan versi filmnya tanpa teks terjemahan bahasa Inggris. Jadilah hambatan utama kami adalah mencari sebuah bioskop yang menayangkan film ini dengan teks bahasa Inggris. Untungnya kami menemukan satu; di sebuah bioskop yang lokasinya tidak jauh dari bandara.

Jadilah di suatu pagi di Delhi kami memutuskan untuk membeli tiketnya di internet untuk penayangan di malam harinya. Harga tiketnya Rs 800 per orang btw (sekitar €11.43 atau Rp 160.000,-), sebuah nominal yang sebenarnya normal untuk standar Eropa tetapi aku tahu ini nominal yang tinggi untuk standar India kan. Jadilah aku langsung menebak bahwa ini pasti bioskop yang premiere lounge [2] ← letakkan kursor di sini yang mana aku, jelas, amat excited dong ya karena kan aku belum pernah nonton di bioskop seperti ini![3] Dan ternyata memang benar.

Pengalaman Nonton

Secara singkat, pengalamannya asyik banget dah!

Di dalam satu ruangan mungkin hanya terdapat 40an kursi, dan masing-masing kursinya itu kayak gini:

The seats in the cinema
Kursi di bioskopnya

Haha 😆 .

Btw, itu kursinya bisa di-adjust loh dengan tombol-tombol kecil di sampingnya supaya posisi kursinya PW gitu. Juga, di setiap kursi diberikan komplimen air putih botolan dan juga selimut!

Watching a movie like this
Nonton film di bioskop sambil tiduran

Dan aku yakin pasti pada familier dengan momen galau menyebalkan di bioskop dimana kita membeli satu kotak popcorn tetapi kemudian penayangannya dimulai dengan iklan-iklan (yang banyak) sebelum filmnya beneran dimulai padahal kita sudah duduk disana sehingga sulit untuk menolak godaan untuk mulai memakan popcorn-nya padahal kita tahu benar bahwa sebaiknya popcorn-nya disisakan untuk nantinya ketika filmnya beneran dimulai?[4]

Yah, kali ini, aku juga memesan satu kotak popcorn. Dan popcorn-nya popcorn yang enak loh yaitu popcorn karamel! Jadi ceritanya setelah membayar, jelas dong ya aku kira aku akan mendapatkan satu kotak popcorn. Tetapi kemudian aku tidak mendapatkan apa-apa sehingga jelas aku memintanya. Tetapi kemudian petugasnya berkata “Nanti popcorn-nya kami antar ke kursi Bapak“. “Oke, baiklah kalau begitu“, pikirku. Dan kemudian, popcorn-nya diantarkan ke kursiku setelah filmnya dimulai!! 😯 Kereen! Jadi kegalauan di atas terhindarkan dong ya! Haha 😆 . Dan di samping itu, popcorn yang diantarkan itu baru saja matang dong! Jadi ternyata popcorn-nya baru dimasak setelah aku memesannya. Akibatnya popcorn-nya masih hangat gitu sehingga rasanya enak banget!!

Some buttons
Beberapa tombol di kursinya

Oh, dan lagi btw, di kursinya juga ada tombol “help” jadi kalau kita membutuhkan sesuatu, kita bisa memencetnya dan seorang pelayan akan datang ke kursi kita. Yaa, mirip lah seperti tombol pemanggil pramugari/a di pesawat terbang 😛 . Keren ya? 😛

Selain itu, toiletnya keren juga loh! Jadi di samping wastafelnya, untuk mengeringkan tangan tidak disediakan tisu atau mesin pengering tangan melainkan handuk tangan bersih untuk setiap pengunjung. Iya loh, handuk bersih beneran gitu[5]! 😯 Dan untuk mencuci tangan, tidak hanya disediakan sabun cuci tangan yang wangi aja loh, tetapi ada moisturizer-nya juga[6]! 😯

The toilet
Di toilet

Ngomong-ngomong, ada satu hal yang menurutku menarik. Jadi di tengah-tengah penayangan filmnya itu ada istirahatnya dong! Setelah 90 menit, ada istirahat selama sepuluh menit dimana beberapa orang memanfaatkan waktu ini untuk pergi ke toilet. Aku rasa ini menarik dan lucu ya tetapi kalau dipikir-pikir sebenarnya merupakan ide yang bagus kan? Dengan ini, kita bisa pergi ke toilet tanpa harus melewatkan beberapa adegan di filmnya!

An intermission in an Indian cinema
Sebuah jeda di bioskop India

Filmnya Sendiri

Anyway, mari sekarang kita ngomongin filmnya sendiri.

Filmnya menceritakan kisah seorang alien, PK, yang mana alat pemancar pemanggil pesawat angkasanya dicuri di India sehingga ia tidak bisa pulang. Dalam usahanya mendapatkan kembali alat pemancar itu, semua orang yang ia temui berkata bahwa hanya Tuhan yang bisa menolongnya karena kan praktis tidak mungkin dong ya ia bisa menemukan alat pemancarnya itu lagi. Namun, karena ia bukan berasal dari Bumi, ia tidak paham mengenai konsep Tuhan ini dan bingung. Beberapa waktu kemudian, ia bertemu dengan seorang reporter televisi, Jaggu, yang tertarik dengan keunikannya PK dan bersedia membantunya dengan cara membuatnya terkenal melalui “acara TV”-nya sendiri dimana PK mempertanyakan beberapa konsep “agama”. Lalu, secara kebetulan, ia mengetahui bahwa alat pemancarnya jatuh ke tangan seorang guru agama yang mengklaim bahwa benda tersebut ia dapatkan dari Dewa Siwa. Nah, apakah PK berhasil mendapatkan alat pemancarnya kembali? Yaa, tonton saja di filmnya ya 😉 .

Harus aku bilang bahwa PK adalah sebuah film Bollywood yang bagus banget! Ceritanya menarik, isu tentang agamnya juga relevan, dan ada humor lucu di sepanjang filmnya dan lucu-lucu. Jadi secara keseluruhan film ini aku nilai 9 dari skala 10! 😛

Btw, ada satu kalimat dari filmnya yang membuat aku dan teman-temanku tertawa terbahak-bahak:

“Dit nummer is niet in gebruik.”

Iya loh, beneran, ada satu kalimat random dalam bahasa Belanda di dalam filmnya! Oke, memang sih pada dasarnya ini hanyalah sebuah mesin penjawab otomatis yang berkata bahwa teleponnya sedang tidak aktif. Tetapi tetap aja lah ya, bener-bener tidak disangka sama sekali sehingga rasanya lucu aja gitu! Aku kira para penonton-penonton lain di bioskopnya membatin “Ini lucunya dimana sih?” ketika mendengar kami tertawa, lol 😆 .

Miscellaneous · Photo Tales

#1459 – Photo Tales (11)

ENGLISH

Photo #20

A strangely-flavored chips
A strangely-flavored chips

Some time ago, I saw that Lays had three new flavors in the supermarket and I decided to try them all (This is precisely why grocery shopping before having a meal is a bad idea. I tend to buy more snacks, haha 😆 ). And one of the flavor was pictured above. And I have to say that this flavor was the strangest chips flavor I have ever tasted in my life. It was chips, and we could definitely taste the chips from its cuts, but the taste was like chocolate or other random sweet dessert things. So the combination did not really work for me.

In Indonesia, we have a snack called JetZ, and one of its flavor is, actually, chocolate. Even though this chocolate JetZ flavor is not my favorite either, however, at least this flavor works well with JetZ since they don’t make it from potatoes. I mean, eating potatoes with chocolate flavor is still quite a foreign concept to me and my tastebud it seems, haha 😆 .

Photo #21

A sign at the supermarket
A sign at the supermarket

Still speaking of the supermarket, I also saw the sign, as pictured above, some time ago. And the first thing that came to my mind was: “Damn, is the word ‘pers‘ the origin of the word ‘peras‘ in Indonesian?“, haha 😆 . You know, there are tons of vocabularies (I heard there are like thousands of them) that are the same or similar between Dutch and Indonesian. The sign said “squeeze here your own oranges“; and the Indonesian word for ‘squeeze’ (‘pers’ in the sign) is ‘peras’. So…

BAHASA INDONESIA

Foto #20

A strangely-flavored chips
Keripik kentang yang rasanya aneh

Beberapa waktu yang lalu, aku melihat bahwa Lays memiliki tiga rasa baru di supermarket. Aku memutuskan untuk mencobanya (Inilah alasan mengapa berbelanja di supermarket sebelum makan itu adalah ide yang buruk. Aku jadi cenderung lebih mungkin buat membeli snack-snack beginian, haha 😆 ). Dan salah satu rasanya adalah yang aku foto di atas. Dan aku harus bilang ini adalah keripik kentang dengan rasa paling aneh yang pernah aku makan seumur hidup. Karena namanya aja keripik kentang, jelas rasa kentangnya langsung terasa dari bentuk potongannya, tetapi kok rasanya itu seperti cokelat atau rasa-rasa manis ala makanan pencuci mulut gitu deh. Jadi kombinasinya ini agak nggak pas deh untukku.

Di Indonesia, memang sih ada snack yang namanya JetZ kan, yang mana salah satunya adalah rasa cokelat. Walaupun JetZ rasa cokelat ini juga bukan merupakan favoritku, tetapi setidaknya untuk JetZ masih oke lah karena mereka tidak membuatnya dari kentang. Lah ini, bayangkan makan kentang dengan rasa coklat. Konsep ini rasa-rasanya agak terlalu asing dan aneh untuk lidahku ya, hahaha 😆 .

Foto #21

A sign at the supermarket
Sebuah tanda di supermarket

Masih ngomongin supermarket, aku juga melihat penanda seperti di foto di atas beberapa waktu yang lalu. Dan hal pertama yang muncul di pikiranku adalah “Wah, jangan-jangan kata ‘pers‘ adalah asal muasal kata ‘peras‘ dalam bahasa Indonesia?“, haha 😆 . Tahu kan, ada banyak banget kosakata (katanya sih sampai ribuan kata loh) yang sama atau mirip sekali antara bahasa Belanda dan bahasa Indonesia. Nah, pesan di tanda di foto di atas itu artinya “Peras sendiri buah jeruk Anda disini“. Nah loh…

 

PhD Life · Zilko's Life

#1411 – Office Day Out

ENGLISH

About one month ago, we got an invitation about a Day Out that my department would organize this summer (which was, obviously, free of charge for all of us). It was not mandatory to join though. But since if we didn’t join, we would still have to work normally (unless we took a day off out from our holiday allowance of course), so I was like “Why would I say ‘no’ to this event?“, huahaha 😛 .

Anyway, this Day Out is an annual event that my department organizes. Also, this event is exclusively only for employees, so that is for PhD candidates and above (by above I mean the post-docs and the professors 😀 ) and the supporting staffs (secretaries and technical staffs); and so the students (Bachelor o Master) are not invited. So it means that this year was supposed to be my second one. But last year I had to miss it because I was in London watching Wimbledon. But of course last year I preferred my London trip for Wimbledon much much more than a Day Out event, haha 😛 . So no regret at all.

The Day Out this year was organized yesterday, and so here is the story.

***

We had to meet at 08:30 at the side of our office building where a bus was supposed to be waiting for us. There was a slight confusion regarding which side of the building it should be (okay we were mathematicians so obviously this mattered, lol 😆 ). Anyway, long story short we solved the problem and found the bus. We departed at around 08:45.

About one hour later, we arrived at the Muiderslot Castle, a small castle from the 13th century (thus medieval) located near Amsterdam. Okay, we actually arrived at the village of Muiden, and then walked to the castle a little bit. Anyway, so first we had a tea/coffee and a small piece of cake first in the tavern inside the castle. The castle was a nice castle located in the middle of a pond (which was apparently one part of the river Vecht).

The tiny Muiderslot Castle
The tiny Muiderslot Castle

Our group was divided into three groups for the guided tour inside the castle. I was in the first group which started at 10:40. It was a nice castle with quite some history (of course). And for those who speak fluent Dutch, it was also particularly interesting because there were many things inside the castle which were the origins of some sayings in Dutch. Like for example, the saying “op je geld zitten” (it translates as “to sit on your money”). There was a chair inside the castle which has a box underneath it which was used to hide the money to prevent it from being stolen. So the guy who owned the chair literally sat on his money, so the expression; even though now the saying means “someone is being stingy”.

A chair with a money safe box installed in it.
A chair with a money safe box installed in it.

I walked around the castle (and its garden) after the tour. At noon, we left the castle and walked back to our bus. We had to wait the bus for a little bit at the parking lot though (and it was so hot at that time). Anyway so finally the bus came and we went to the next destination, Hazerswoude, which was pretty much in between Leiden and Alphen aan den Rijn.

We had our lunch there in Hazerswoude. One of the secretary told us the buffet lunch had been ready, and I automatically had some expectation already upon hearing the word “buffet”, haha 😆 . But then I realized I was still in the Netherlands and it was just for lunch, so even though it was buffet, of course it was just bread, cheese, some hams, fruits, milk, and orange juice, hahaha 😆 . Yeah, typical Dutch lunch.

A (typical) Dutch buffet lunch: bread, hams, and cheese
A (typical) Dutch buffet lunch: bread, hams, and cheese

After lunch, it was time for some fun activity. There were two choices: boerenspelen (the farmers’ game) or boerengolf (the farmers’ golf). I chose the boerengolf because it looked so much more fun; as the stick was basically a stick sticked to a klompen (a Dutch wooden shoe) and the ball was almost as big as a football ball. The restaurant had a ten holes farmers’ golf range and we played there. Most of the PhDs chose this game too I think, haha 😆 .

It was ten holes and apparently it took us almost three hours to complete it! Hahaha 😆 . The golf game was a competition between three teams; and the more fun thing for me was that my team won the competition! Yay! Huahaha 😆 .

It was barbeque time!!
It was barbeque time!!

After we finished, it was time for dinner, which was a barbeque time! Yay! And it was also a buffet barbeque so it was even better! And the taste of the food was good too, that my mouth actually did not want to stop eating but my stomach was feeling full so I decided to stop. I am really proud of myself that I was able to stop before I was getting too full, huahaha 😆 .

After dinner, at 20:00, we went back to Delft.

BAHASA INDONESIA

Sekitar satu bulan yang lalu, kami mendapatkan undangan untuk mengikuti acara Day Out yang diselenggarakan oleh jurusanku di musim panas kali ini (yang mana, jelas lah ya, tanpa dikenakan biaya apa pun buat kami). Acaranya sendiri nggak wajib untuk diikuti sih. Namun karena kalau nggak ikut ya kami tetap harus bekerja seperti biasa (kecuali kalau meliburkan diri dengan mengambil cuti dari jatah cuti), ya udah aku ikutan lah ya, apalagi gratisan gini, huahaha 😛 .

Ngomong-ngomong, acara Day Out ini adalah acara tahunan yang diadakan oleh jurusan. Dan juga, acara ini khusus buat karyawan saja (baca: mahasiswa S3 (PhD) ke atas (ke atas maksudnya adalah para mahasiswa post-doc dan para profesor gitu ya 😀 )) dan para staf administrasi (para sekretaris dan staf teknik); kalau mahasiswa biasa (S1 atau S2) sih nggak diundang. Artinya seharusnya tahun ini adalah tahun keduaku. Namun, tahun lalu aku harus melewatkannya karena waktu itu aku sedang di London untuk menonton Wimbledon. Eh tetapi tentu saja tahun lalu jelas aku lebih memilih untuk pergi ke London nonton Wimbledon dong ya daripada ikut acara Day Out ini, haha 😛 . Jadi tidak ada rasa penyesalan sama sekali.

Nah, acara Day Out tahun ini diadakan kemarin, dan berikut ini cerita tentangnya.

***

Kami diminta untuk berkumpul jam setengah sembilan pagi di salah satu sisi gedung kantor dimana seharusnya satu buah bus sudah akan menunggu kami. Nah, awalnya ada sedikit kebingungan mengenai sisi gedung yang sebelah mana (iya dong kami kan matematikawan jadi hal beginian penting banget, huahaha 😆 ). Singkat cerita, akhirnya masalahnya terpecahkan dan kami menemukan busnya. Kami berangkat sekitar jam 08:45 pagi.

Sekitar satu jam kemudian, kami tiba di Kastil Muiderslot, sebuah kastil kecil dari abad ke-13 (jadi dari abad pertengahan gitu deh) yang terletak di dekatnya Amsterdam. Oke, kami sebenarnya diturunkan di desa Muiden sih, dan kemudian berjalan menyeberangi desanya ke kastilnya. Begitu tiba di kastilnya, kami disambut di sebuah tavern di dalam kastilnya dulu untuk hidangan teh/kopi dan satu potong kue (kecil). Kastilnya sendiri lumayan keren yang mana terletak di tengah-tengah sebuah kolam kecil (yang mana merupakan salah satu bagian dari sungai Vecht).

The tiny Muiderslot Castle
Kastil Muiderslot yang mungil

Kami kemudian dibagi ke dalam tiga grup untuk tur di dalam kastilnya. Aku berada di grup pertama yang mana turnya dimulai jam 10:40. Kastilnya cukup menarik dengan sejarah yang panjang (ya iya lah). Dan bagi mereka yang lancar berbahasa Belanda, kastil ini lebih menarik lagi karena di dalamnya ada banyak barang-barang yang menjadi asal muasal beberapa pepatah dalam bahasa Belanda. Misalnya saja pepatah “op je geld zitten” (yang mana kalau diterjemahkan berarti “duduk di atas uangmu”). Jadi ceritanya ada sebuah kursi di dalam kastilnya yang memiliki sebuah kotak di bawah dudukannya yang digunakan untuk menyembunyikan uang dari pencuri. Jadi orang yang memiliki kursinya itu, dalam artian sebenarnya, duduk di atas uangnya sendiri kan, jadilah pepatah ini kemudian muncul; walaupun saat ini arti dari pepatah ini adalah “orang itu pelit banget”.

A chair with a money safe box installed in it.
Sebuah kursi dengan kotak penyimpanan uang di bawah dudukannya.

Setelah turnya, aku berjalan-jalan mengelilingi kastil (dan tamannya). Jam 12 siang, kami meninggalkan kastilnya dan berjalan menuju parkiran bus. Kami harus menunggu busnya sebentar di parkirannya sih (yang mana saat itu lagi panas banget deh). Singkat cerita, akhirnya busnya tiba dan kami menuju tujuan selanjutnya, Hazerswoude, yang mana terletak kira-kira di antaranya kota Leiden dan Alphen aan den Rijn.

Kami makan siang di Hazerwsoude. Salah satu sekretaris jurusan kemudian berkata bahwa makan siang buffet sudah siap untuk kami, dan aku langsung secara otomatis memiliki ekspektasi gitu deh begitu mendengar kata “buffet“, haha 😆 . Dan kemudian aku sadar bahwa aku masih berada di Belanda dan karena hanya makan siang saja, walaupun namanya buffet, tetap aja pilihan menunya adalah roti, keju, beberapa ham, buah, susu, dan jus jeruk, hahaha 😆 . Ya gitu deh, tipikal makan siang ala Belanda banget.

A (typical) Dutch buffet lunch: bread, hams, and cheese
Menu makan siang (tipikal) Belanda: roti, ham, dan keju.

Setelah makan siang adalah waktunya untuk aktivitas outdoor yang seru. Ada dua pilihan untuk kami: boerenspelen (permainan petani) atau boerengolf (golf ala petani). Aku memilih boerengolf karena kok sepertinya seru dan menarik gitu; karena tongkat yang dipakai berupa sebuah tongkat yang disambungkan dengan sebuah klompen (sepatu kayu Belanda) dan bolanya hampir sebesar bola sepak bola. Restorannya sendiri memiliki lapangan golf ala petani dengan sepuluh holes dan kami bermain disana. Kayaknya sebagian besar mahasiswa PhD juga akhirnya memilih game yang ini deh, haha 😆 .

Walaupun cuma sepuluh holes tetapi kami memakan waktu hampir tiga jam loh untuk menyelesaikannya! Hahaha :lol:. Game-nya sendiri adalah kompetisi di antara tiga tim; dan serunya lagi adalah timku menang loh! Hore! Huahaha 😆 .

It was barbeque time!!
Waktunya barbeque!!

Setelah selesai, tibalah saatnya untuk makan malam, yang mana adalah barbeque! Hore! Dan ini adalah barbeque model buffet loh jadi semakin enak aja deh! Dan juga masakannya enak banget, sampai-sampai sebenarnya mulutku masih ingin terus memakan lagi tetapi perutku sudah terlalu penuh jadi aku memutuskan untuk berhenti. Dan aku bangga deh bisa memilih untuk berhenti sebelum merasa kekenyangan, huahaha 😆 .

Setelah makan malam, sekitar jam 8 sore, kami kembali ke Delft.

Long Trip · Travelling · Vacation

#1317 – 2013 Indonesia Trip (Part III: Belitung)

ENGLISH

Previously on 2013 Indonesia Trip: After spending two days in Bandung as the start of the Indonesian leg of his one month Asia trip, Zilko was now in the island of Belitung ready to explore the island.

***

Day 4 (Wednesday, 6 November 2013)

We got up at 5:30 AM today. After showering and having breakfast at the hotel, we left at 7 AM (we asked our driver to pick us up at this time today). Our main destination today was Tanjung Kelayang beach with all the islands nearby. Tanjung Kelayang was actually located not so far away from Tanjung Tinggi beach, but we had no time to visit it the day before.

About forty minutes later, we arrived at the beach. Our driver had also arranged the boat (obviously including the guy who would steer the boat and navigate everything) we were going to use today (with a very reasonable price), so it was nice that we could skip the hassle of bargaining but still got good price, right? 😛 . And the boat was bigger than what we thought, so it was also very nice.

After preparing ourselves, we boarded the boat and our trip started. Our first destination was Pulau Burung (The “Bird Island” would be the English translation) with a quick stop in front of the Pulau Garuda (Garuda Island). It was still early in the morning so the tide was still quite high. It was also quite a long ride to Pulau Burung, as it took around 30 minutes from Tanjung Kelayang beach if I am not mistaken.

Pulau Burung with its unique rock formation.
Pulau Burung with its unique rock formation.

Apparently, Pulau Burung was a small, private island but it looked as it had been abandoned. There was one shack in the island (which, I assume, used to be a small private bungalow), but it had been left.

After spending about 15 minutes on Pulau Burung, we left the island and went to another island in the archipelago: Pulau Lengkuas (The “Galangal Island” would be the literal English translation). It was another long boat ride from Pulau Burung to Pulau Lengkuas, taking around 30 minutes if I recall correctly.

There was a lighthouse in Pulau Lengkuas, and obviously we decided to climb the 18 storey lighthouse (we had to climb the stairs as there was no elevator inside). Even so, it was, surprisingly, not that tiring though. 😀 The view from the top of the lighthouse was superb! It was amazing! If you go to Pulau Lengkuas, you have to climb the lighthouse; I tell you, it worths the effort! 🙂

Btw, to enter the lighthouse, we had to wash our feet first and we had to be barefooted inside. At first I thought this was probably a form of a spiritual thing or something, but apparently it was to wipe the salt nutrient sticking on our feet off because we were in contact with sea water (and salt could damage the lighthouse’s structure). Huahaha 😆 . Such a scientific reason! 😛 Btw, the lighthouse was manufactured by a Dutch company in Den Haag in the 19th century. How do I know? Well, there was a plank describing it attached on the wall of the lighthouse, but the information was all in Dutch, huahaha 😎 . See? Learning Dutch is useful!! 😀

The plank of the lighthouse of Lengkuas Island which was in Dutch.
The plank of the lighthouse of Lengkuas Island which was in Dutch.

After climbing the tower, obviously we felt hungry. It was 11 AM already anyway. So the boat guy prepared for our lunch (a picnic mat was already prepared on the beach under the palm trees for us). Twenty minutes later, the lunch was ready. Unsurprisingly, it was seafood; and it was quite good actually! But unluckily, it started to rain 😦 . So we had to leave the mat and took shelter at the lighthouse complex and finished our lunch there.

After lunch, we spent some more time at Lengkuas Island. My dad and my brother walked to the foresty part of the island while my mom and I stayed at the rocky parts. Then, after we were done, we left Lengkuas Island (we were the last tourists group to leave the island 😆 ). Our next destinations were Pulau Kepayang and Pulau Pasir (the “Sandy Island”, which was under the sea level at that time because of the high tide) before heading back to Tanjung Kelayang beach. On the way, the boat guy even jumped into the sea to catch three alive starfish for us! Wow! The starfish looked very beautiful btw! After taking photos, we threw them back to the sea (as they were still alive!)

After having a couple of coconuts at Tanjung Kelayang, we left the beach and headed to Bukit Berahu in Tanjung Bingga to have some afternoon snacks. We were there until the sun set. Then, we drove back to Tanjung Pandan to have dinner at “Timpo Duluk” restaurant (it means “the past time” in literal sense) before going back to our hotel.

Day 5 (Thursday, 7 November 2013)

We left our hotel at 7:30 AM today and went to “Warkop Mak Janah” to try the Suto Belitong. The place did not look so great but the soto was quite nice actually. Then, the tour of the day started.

Our main destination today was the southern part of the island (before, we had an option to go south or east today, and in the end we decided to go south). Along the way, we stopped by at the two smaller ports, but there were nothing interesting. Anyway, so we were heading towards the area of Membalong in southern Belitung. It took around 90 minutes to get to this area from Tanjung Pandan. Our first destination was Teluk Gembira (The “Happy Bay” would be the literal translation). There was a boat to the Seliu island but we were not that interested to go there.

After awhile, we left Teluk Gembira and headed to the Penyabong beach not really far away. The big rocks in Penyabong looked really cool though as their formation looked like a big sleeping dragon/monster! Hahaha 😆 . We also had lunch at the small “warung” (small restaurant in Indonesian) as our driver told us this was the only place in this area where we could actually find a place to eat.

After lunch and taking some pictures, we left the place and headed to the Nek Santen cave. Along the way, we passed the famous Batu Baginda, an extremely huge rock that was as big as a small mountain. But we were too lazy to climb it up so we just passed it 😛 . Anyway, we were unfortunate because the Nek Santen cave was closed today due to the “Maras Taun” ritual (it was, in short, the Belitung version of “Thanksgiving”). So we had to choose another destination, and it was the Gurok Beraye waterfall in Gunung Tajam (The Mount Tajam), the tallest mountain in Belitung. Well, the waterfall was on the slope of the mountain so our car had to climb it; but the road looked something like this:

The road condition at Mount Tajam
The road condition at Mount Tajam

Looking at this, I was really wondering what we would do if we were to meet another car in the opposite direction, as one side of the road was steep hill and the other was a cliff. But I did not voice my concern as I did not want to jinx it. But guess what we met? This:

Like, seriously?
Like, seriously?

Are you f**king kidding me??? Yes, there was a car broken down on the street!! This was even worse than meeting another car in the opposite direction!! Long story short, after spending like a good 15 minutes on it, our driver had a solution and our car could turn around safely. We were not really in the mood to continue the journey to Gurok Beraye anymore, as it was also getting darker. So we went back to Tanjung Pandan.

At Tanjung Pandan, we stopped by at a gift shop. And here, I made a poor decision that would affect me (and us) during the rest of our trip (including the South Korean leg of the trip): buying a “kemplang” from there (kemplang is one kind of Indonesian crackers). I mean, this region was famous for its kemplang so it seemed natural to buy one; plus, I hadn’t had kemplang in more than three years! That evening, I finished the whole package. It was not the most delicious kemplang ever; but eating it would have an effect that would start surfacing the day after: a sore throat. So it was double loss situation: first of all, it wasn’t delicious, and second of all, I got sick after that! Hahaha 😆 .

For dinner, we went to a couple of restaurants but we were not really happy with the way they served the menu book. So we went back to Taifa restaurant. Then, we went back to our hotel.

Day 6 (Friday, 8 November 2013) – Part 1

After checking out and having breakfast at the hotel, we went to Rumah Adat Belitung (the traditional house of Belitung). Then, we went to the Warung Gangan Kak Sari (“gangan” is a local dish of Belitung) to try the gangan. We still had more than enough time so we went to a museum in Tanjung Pandan. After the museum, we stopped by to have some fruity ice before going to the airport to catch our flight to Bangka.

TO BE CONTINUED…

Next on 2013 Indonesia trip:
– Going around the island of Bangka

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam 2013 Indonesia Trip: Setelah menghabiskan dua hari di Bandung sebagai permulaan acara jalan-jalan di Indonesia dalam rangka jalan-jalan di Asia selama sebulan, Zilko kini berada di pulau Belitung dan siap untuk segera berkeliling.

***

Hari 4 (Rabu, 6 November 2013)

Kami bangun jam 5:30 pagi ini. Setelah mandi dan sarapan di hotel, jam 7 pagi kami berangkat (kami sudah meminta sopir kami untuk menjemput kami jam segini). Tujuan utama hari ini adalah pantai Tanjung Kelayang dan pulau-pulau yang berada di sekitarnya. Sebenarnya lokasinya Tanjung Kelayang ini nggak jauh dari pantai Tanjung Tinggi sih, tetapi sehari sebelumnya kami tidak memiliki waktu untuk mengunjungi keduanya.

Sekitar empat puluh menit kemudian, kami tiba di pantainya. Sopir kami juga sudah mengurus kapal (tentu saja termasuk orang yang bakal menyetir kapalnya) yang akan kami gunakan hari ini (dengan harga yang oke loh), jadi asyik juga nggak perlu susah-susah menawar tapi dapat harga yang oke kan? 😛 . Dan kapalnya juga lebih besar dari bayangan kami, jadi asyik deh.

Setelah bersiap-siap, naiklah kami ke kapalnya dan perjalanan dimulai. Tujuan pertama adalah Pulau Burung dengan berhenti sebentar di depannya Pulau Garuda buat foto-foto. Karena masih pagi jadi pasang airnya masih lumayan tinggi nih. Perjalanan ke Pulau Burung ternyata jauh juga, karena membutuhkan waktu sekitar 30 menitan dari pantai Tanjung Kelayang kalau tidak salah.

Pulau Burung with its unique rock formation.
Pulau Burung dengan formasi batunya yang unik.

Ternyata, Pulau Burung itu adalah sebuah pulau pribadi yang kecil tetapi nampak seperti agak terlantar gitu deh. Ada satu rumah kecil di pulaunya (yang, tebakanku aja sih ini, dulunya adalah bungalow pribadi gitu deh), tapi seperti sudah ditinggalkan.

Setelah menghabiskan waktu 15 menitan di Pulau Burung, kami meninggalkan pulaunya dan pergi ke pulau lainnya di kepulauan ini: Pulau Lengkuas. Perjalanan ke Pulau Lengkuas lumayan jauh lagi nih dari Pulau Burung, memakan waktu sekitar 30 menitan kalau nggak salah.

Ada sebuah mercusuar di Pulau Lengkuas, dan tentu saja kami naik ke atas mercusuar yang tingginya 18 lantai itu (harus naik tangga loh ke atasnya, secara nggak ada lift gitu di dalamnya). Walaupun begitu, rasanya nggak capek kok memanjat itu 😀 . Dan pemandangan dari atas mercusuarnya beneran keren banget loh! Super banget lah! Kalau pergi ke Pulau Lengkuas, rugi banget kalau nggak naik mercusuarnya, benar-benar sebanding dengan upayanya! 🙂

Btw, untuk masuk mercusuarnya, kami harus mencuci kaki kami terlebih dahulu dan di dalamnya tidak boleh memakai alas kaki. Awalnya aku kira mungkin ini karena alasan spiritual atau kepercayaan apa gitu kan, tetapi ternyata tujuannya adalah untuk membersihkan garam yang menempel di kaki kita karena kan kaki kita banyak bersentuhan dengan air laut (dan garam bisa merusak struktur mercusuarnya). Huahaha 😆 . Sungguh alasan yang ilmiah ya! 😛 Btw, mercusuarnya dibuat oleh perusahaan Belanda di Den Haag di abad 19 loh. Kok aku tahu? Ya, soalnya ada papan yang bertuliskan informasi ini sih yang tertempel di dinding mercusuarnya, tetapi semua informasinya ditulis dalam bahasa Belanda, huahaha 😎 . Nah kan? Belajar bahasa Belanda itu berguna sekali!! 😀

The plank of the lighthouse of Lengkuas Island which was in Dutch.
Papan yang tertempel di mercusuarnya Pulau Lengkuas yang mana dalam bahasa Belanda.

Setelah memanjat menaranya, kami merasa lapar. Toh sudah jam 11 siang juga sih. Jadilah si orang kapalnya mempersiapkan makan siang untuk kami (dan tikar piknik sudah digelar untuk kami di pantainya di bawah pohon-pohon kelapanya). Dua puluh menit kemudian, makan siang sudah siap. Nggak mengherankan, makan siangnya adalah seafood; dan lumayan enak loh! Tapi sialnya, hujan mulai turun 😦 . Jadilah kami harus meninggalkan tikarnya dan berteduh di gedung di area mercusuarnya dan melanjutkan makan disana.

Setelah makan siang, kami menghabiskan waktu lagi di Pulau Lengkuas. Papaku dan adikku pergi ke bagian hutan pulaunya sementara aku dan mamaku santai-santai aja di bebatuannya. Setelahnya, kami meninggalkan Pulau Lengkuas (kami adalah grup terakhir yang meninggalkan pulaunya 😆 ). Tujuan selanjutnya adalah Pulau Kepayang dan Pulau Pasir, yang mana waktu itu berada di bawah permukaan air laut karena pasangnya masih tinggi; sebelum kembali ke pantai Tanjung Kelayang. Di jalan, si orang kapalnya menyemplung ke dalam laut untuk menangkan beberapa ekor bintang laut hidup buat kami loh! Wow! Dan bintang lautnya memang cantik bener! Setelah difoto-foto sebentar, bintang lautnya kami lempar kembali ke laut (karena masih hidup, jadi kasihan kan ya!).

Setelah minum kelapa muda di Tanjung Kelayang, kami meninggalkan pantainya dan mengarah ke Bukit Berahu di Tanjung Bingga untuk duduk bersantai. Kami duduk-duduk disana sampai matahari terbenam. Kemudian, kami kembali ke Tanjung Pandan dan makan malam di rumah makan “Timpo Duluk” sebelum kembali ke hotel.

Hari 5 (Kamis, 7 November 2013)

Kami meninggalkan hotel kami jam 7:30 pagi hari ini dan pergi ke Warkop Mak Janah untuk mencoba Suto Belitung (soto khasnya Belitung). Penampilan tempatnya memang nampak kurang meyakinkan, tetapi sotonya enak loh. Lalu, acara hari ini dimulai deh.

Tujuan utama kami hari ini adalah bagian selatan pulau ini (sebelumnya, kami memiliki opsi untuk pergi ke selatan atau timur, dan akhirnya kami memilih untuk tetap pergi ke selatan). Di sepanjang jalan, kami mampir di dua pelabuhan kecil, tetapi nggak ada yang menarik disana. Anyway, jadi kami menuju arah Membalong di Belitung selatan. Sekitar 90 menit waktu yang kami butuhkan untuk mencapai area ini dari Tanjung Pandan. Tujuan pertama kami adalah Teluk Gembira. Disana lagi ada kapal yang bisa mengantarkan kami ke Pulau Seliu tetapi waktu itu kami agak kurang tertarik untuk kesana.

Setelah beberapa waktu, kami meninggalkan Teluk Gembira dan bergerak menuju pantai Penyabong yang lokasinya tidak begitu jauh. Batu besar di pantai Penyabongnya nampak keren loh karena formasinya nampak seperti seekor naga/monster besar yang sedang tidur! Hahaha 😆 . Kami juga makan siang di sebuah warung kecil disana karena sopir kami berkata bahwa tempat ini adalah tempat satu-satunya di daerah ini dimana kami bisa menemukan tempat untuk makan.

Setelah makan  siang dan foto-foto, kami meninggalkan tempatnya dan mengarah ke Gua Nek Santen. Di jalan, kami melewati Batu Baginda yang terkenal itu, yang merupakan sebuah batu super raksasa yang besarnya sampai nampak seperti gunung kecil. Tapi kami sedang malas untuk memanjatnya jadi ya udah kami lewat aja 😛 . Anyway, kami agak sial hari ini karena kebetulan upacara “Maras Taun” (semacam upacara selamatan) sedang diadakan sehingga guanya lagi ditutup. Jadilah kami memilih tujuan lain, dan itu adalah air terjun Gurok Beraye di Gunung Tajam, gunung tertinggi di Belitung. Ya, air terjunnya berada di lereng gunung ini jadi mobilnya juga harus ikutan naik gunungnya kan; tetapi jalan naiknya itu kayak gini:

The road condition at Mount Tajam
Kondisi jalan di Gunung Tajam

Melihat kondisi ini, aku penasaran mengenai apa yang akan dilakukan andaikata mobil kami berpapasan dengan mobil lain, karena satu sisi jalannya adalah tebing terjal dan satunya adalah jurang. Tapi aku diam saja karena takut malah nge-jinx kan. Tapi apa yang malah kami temui coba? Ini:

Like, seriously?
Eh, yang bener aja ini?

Are you f**king kidding me??? Iya dong, ada mobil yang lagi mogok di jalannya itu!! Ini bahkan jauh lebih buruk daripada berpapasan dengan mobil lain!! Singkat cerita, setelah menghabiskan sekitar 15 menit disana, sopir kami menemukan sebuah solusi dan mobil kami berhasil berputar balik dengan aman. Kami sudah nggak mood untuk melanjutkan perjalanan ke Gurok Beraye, karena toh hari juga sudah mulai gelap. Jadilah kami kembali ke Tanjung Pandan.

Di Tanjung Pandan, kami mampir di sebuah toko oleh-oleh. Dan disini, aku membuat sebuah keputusan yang kurang tepat yang akan mempengaruhiku (dan kami) di sisa perjalanan kami (termasuk di perjalanan di Korea Selatannya loh): membeli sebuah kemplang dari sana. Jadi ceritanya kawasan ini kan terkenal akan kemplangnya ya jadi tentu rasanya wajar-wajar aja dong beli satu; ditambah lagi terakhir kali aku makan kemplang kan sudah lebih dari tiga tahun yang lalu! Nah, malamnya, itu satu bungkus aku habiskan deh. Dan ini bukanlah kemplang yang enak loh ternyata; tapi memakannya akan memberikan efek yang akan mulai terasa keesokan harinya: sakit tenggorokan. Jadi situasinya nggak enak bener ya: satu, sudah kemplangnya kurang enak, dan dua, eh, ini malah bikin sakit setelahnya! Hahaha 😆 .

Untuk makan malam, kami mampir di beberapa restoran tetapi nggak suka dengan cara mereka menulis buku menu mereka. Jadilah kami kembali ke restoran Taifa aja. Lalu, kami kembali ke hotel.

Hari 6 (Jumat, 8 November 2013) – Bagian 1

Setelah check-out dan sarapan di hotel, kami pergi ke Rumah Adat Belitung. Lalu, kami mampir di Warung Gangan Kak Sari (“gangan” itu adalah makanan lokalnya Belitung) untuk mencoba gangan mereka. Karena masih ada waktu, mampirlah kami sebentar di sebuah museum di Tanjung Pandan. Setelahnya, kami berhenti mencoba warung es bua sebelum pergi ke bandara untuk mengejar pesawat kami ke Bangka.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2013 Indonesia trip:
– Berkeliling di pulau Bangka

General Life · Zilko's Life

#1301 – This Week Story

ENGLISH

So here are a few things from my life this week…

Lunch in Utrecht

My Utrecht office’s cafeteria hasn’t ceased to amaze me just yet. On the day I spent there this week (which I was really happy about because I got very good progress on my project that day btw 😎 ), one of the options for warm meal for lunch was: soto ayam! 😯 Yes, people, soto ayam!! (in case you don’t know what on earth soto ayam is, in short it is one kind of Indonesian chicken soup). Amazing, isn’t it?

And it was actually quite good! Well, it was a little bit too spicy for me though ( 😥 ), but it was really nice!

Dutch Course

Finally, the Dutch course that I followed this quarter finished earlier this week. How was it? Well, obviously I passed the level so the next time I can take the next level, which is Intermediate II, hahaha 😎 .

As always, this course was also very demanding. And in combination with the amount of work that I had to do the past one and a half month, it was really crazy. And I am really glad (and proud of myself 😛 ) that I didn’t quite midway; because I had the option to, of course, and as I did not need any grade from this course anyway. But I am really pleased and satisfied with this course because I can actually feel the improvement of my Dutch in the past one and a half month of taking this course.

This makes me wonder though, somehow, why did I always choose to take the Dutch course in the time where I was actually very busy? I mean, I also took the previous level during the time where I was so busy with my Master study and my part-time job at that time.

Soto ayam in my Utrecht office earlier this week
Soto ayam in my Utrecht office earlier this week

BAHASA INDONESIA

Inilah beberapa cerita minggu ini…

Makan Siang di Utrecht

Kantin di kantor Utrecht-ku masih belum berhenti untuk mengejutkanku dengan menu makanan mereka loh. Di hari dimana aku bekerja disana minggu ini (yang mana aku senang banget karena hari itu aku mendapatkan kemajuan yang oke dalam risetku 😎 ), salah satu pilihan menu makanan berat mereka adalah: soto ayam! 😯 Iya dong saudara-saudara, soto ayam gitu!! Keren kan?

Dan sotonya lumayan enak juga!! Oke, memang agak terlalu pedas untukku sih ( 😥 ), tetapi oke lah!

Kelas bahasa Belanda

Akhirnya, kelas bahasa Belanda yang aku ikuti kuarter ini berakhir juga awal minggu ini. Bagaimanakah kelasnya? Ya, tentu saja aku lulus dong jadi selanjutnya aku bisa mengikuti level berikutnya, yaitu Intermediate II, hahaha 😎 .

Seperti biasa, kursus ini sangatlah demanding, tak terkecuali kali ini. Dan dengan kombinasi banyaknya pekerjaan yang harus aku kerjakan satu setengah bulan terakhir, gila banget deh rasanya. Dan aku lega (dan bangga 😛 ) bahwa aku memutuskan untuk tidak berhenti/keluar di tengah jalan; karena tentu saja aku memiliki pilihan untuk itu dan karena aku tidak membutuhkan nilai dari kursus ini kan. Tapi aku juga sangat puas dengan kursus ini sih karena aku benar-benar merasakan kemajuan di kemampuan bahasa Belandaku setelah mengambil level ini selama satu setengah bulan.

Aku jadi penasaran deh, kenapa ya, entah bagaimana, aku selalu memutuskan untuk mengambil kelas bahasa Belanda di waktu dimana aku sedang sibuk-sibuknya? Maksudku, aku juga mengambil level sebelumnya ketika aku sedang sibuk banget di studi Master (S2)-ku dan dengan pekerjaan paruh waktuku kala itu.

Life in Holland · Zilko's Life

#1299 – “U” and “Jij”, “Anda” and “Kamu”, and “You”

ENGLISH

So one of the topic discussed in one of my Dutch course lately was the difference between the word “u” and “jij“. Well, both words mean “you” in English.

In the text that we read for the course, one of the characters did not understand the difference between these two words and was confused on how to use which one so he asked his friend, who was Dutch. Well, so my classmates and I guessed that this character’s mother tongue must be English, as in English there is only one word describing these words, “you”, and this word is used in all context.

In Bahasa Indonesia, the translation of “u” is “anda” and “jij” is “kamu“. So to me the difference was very obvious. Coincidentally, my classmates this time were from Venezuela, Greece, Russia, Italy, France, Iran, and Algeria. So none of us, aside from Dutch, only spoke English (i.e. none of our mother tongue languages was English). And we were asked if we had similar things in our own mother language (the existence of more than one words to refer to the second person). And apparently it existed in all of the languages, lol 😆 . So maybe English is the only language which only has one word to refer to the second person? Ah, it was a pity this time there was no American in our class so we could not see their reaction/opinion, haha. Why Americans btw? Well, simply because in all of my previous Dutch courses, there was at least one American in the class. And for me, most people that I met whose mother tongue language was English were mostly American. In the Netherlands and Delft obviously. Obviously when I was travelling to the UK, there I met a lot of people whose mother tongue language was English with that sophisticated accent, so obviously that didn’t count 😆 .

Anyway, when I explained that in Bahasa Indonesia, the third person referring is used to address someone whom we are talking to in a formal context (for example, as a student, when we are talking with our professor, then we should use the third person referring (like “Mr” or “Mrs”, not even the polite form of “you” (“Anda”) to refer to him/her), some of my classmates were like “Well, in my language too!” 😆 . Apparently this style in language is quite popular too in many languages! In English, it is simple, we can just use “you” everywhere. Like now everytime I have a discussion with my supervisor, I refer to her with the word “you” 😀 .

BAHASA INDONESIA

Satu topik yang didiskusikan di kelas bahasa Belandaku beberapa waktu yang lalu adalah perbedaan arti kata “u” dan “jij“. Dalam bahasa Indonesia, padanan kata “u” adalah “anda” sementara padanan kata “jij” adalah “kamu“. Yang mana perbedaannya mah jelas banget dong ya? Huahaha 😆 .

Tapi ceritanya, di teks yang harus kami baca waktu itu, salah satu tokohnya nggak paham dengan perbedaan arti dua kata ini dan bingung akan penggunaannya sehingga ia bertanya ke temannya yang merupakan orang Belanda. Langsung deh kami sekelas menduga si tokoh ini kemungkinan besar bahasa ibunya adalah bahasa Inggris, dimana dalam bahasa Inggris kan hanya ada satu kata saja kan, “you“; dan kata ini digunakan di semua situasi.

Kebetulan, rekan-rekan sekelasku kali ini asalnya adalah dari Venezuela, Yunani, Rusia, Italia, Prancis, Iran, dan Algeria. Jadi tidak ada satu pun dari kami yang, selain bahasa Belanda, hanya bisa bahasa Inggris saja (alias tidak ada yang bahasa ibunya bahasa Inggris). Trus kami ditanya dong apakah hal yang serupa (keberadaan lebih dari satu kata untuk merujuk orang kedua) juga ada di masing-masing bahasa kami. Dan ternyata ada di semuanya loh, hahaha 😆 . Jadi jangan-jangan memang cuma bahasa Inggris aja ya yang mana hanya ada satu kata untuk merujuk orang kedua? Ah, sayang di kelas kali ini nggak ada orang Amerika jadi nggak bisa melihat reaksi/pendapatnya mereka deh. Kenapa Amerika? Ya, soalnya di kelas-kelasku di level sebelumnya, setidaknya ada satu orang Amerika gitu deh di kelas. Dan rasanya orang dengan negara asal yang bahasa ibunya bahasa Inggris yang paling aku sering temui ya orang Amerika gitu deh. Di Belanda atau Delft maksudnya ya. Kalau pas aku jalan-jalan ke Inggris ya jelas disana banyak orang yang bahasa ibunya bahasa Inggris dengan aksen yang keren tentunya ya, jadi pas jalan-jalan itu nggak dihitung dah 😆 .

Anyway, ketika aku menjelaskan bahwa dalam bahasa Indonesia rujukan orang ketiga digunakan ketika kita berbincang dengan seseorang dalam konteks formal (misalnya sebagai mahasiswa kita berbincang dengan dosen kita, kita menggunakan kata “Bapak” atau “Ibu” kan sebagai rujukannya, bukan “Anda” (apalagi “kamu” 😆 )), beberapa rekan sekelasku menimpali “Di bahasaku juga loh“, huahaha 😆 . Ternyata model/gaya bahasa seperti ini lumayan populer juga ya dimana-mana. Kalau bahasa Inggris kan tinggal pakai kata “you” saja. Kayak saat ini ketika aku berdiskusi dengan profesorku, ya aku memanggil beliau dengan kata “you” gitu deh 😀 .