#2136 – This Summer Thus Far in Amsterdam

ENGLISH

From my experience, this Summer has been a rather unusual Summer in the Netherlands. “Unusual” as in it hasn’t rained that often, the temperature has, in many days, been in the warmer scale, and, most surprisingly, the weather has been sunny in many days too!! This trend has occurred since around May though which, after a long Winter, made me feel like we skipped Spring and jumped immediately from Winter to Summer! Lol 😆 .

And this was great news (and surprise) to many people. But not to me, haha 😆 . You know I generally prefer colder than warmer temperature. And warm temperature actually makes me feel a little bit uncomfortable! Okay, to be fair, it hasn’t been that “bad” in Amsterdam as thus far I can still “tolerate” it; as thankfully the humidity has not been as extreme as, say, in Indonesia, haha…

You know, but this made me glad for my decision to move to an apartment in a new building in Amsterdam last year. I mean, had I lived in one of those super cute and beautiful old buildings from the 18th or 19th century (like my previous apartment in Delft), this Summer would have felt like Hell (As I notice that those buildings tend to preserve heat, which obviously is a good thing in Winter, though)!! Lol 😆

So yeah, let’s just say that weather-wise, this Summer hasn’t been my favorite. And unfortunately for me, the next season will be the Fall, that is my least favorite season of the four, haha.

Summer in Amsterdam this year.

BAHASA INDONESIA

Dari pengalamanku, Musim Panas kali ini di Belanda agak tidak biasa dibandingkan biasanya. “Tidak biasa” dalam artian sejauh ini cuacanya jarang hujan, suhu udaranya, di banyak hari, tergolong panas, dan, yang paling mengejutkan, cukup banyak hari yang mana cuacanya cerah dong!! Tren ini sebenarnya sudah mulai nampak semenjak Mei yang lalu sih yang mana, setelah Musim Dingin yang panjang, membuatku merasa seperti kita kemarin meloncati Musim Semi dimana musim berganti dari Musim Dingin langsung ke Musim Panas! Haha 😆 .

Sebenarnya ini adalah berita (dan kejutan) yang baik bagi banyak orang. Tapi tidak untukku, haha 😆 . Tahu kan secara umum aku lebih suka suhu udara yang dingin daripada panas. Dan suhu udara panas itu bagiku terasa tidak nyaman! Oke, sejujurnya nih, sebenarnya suhu udara panas di Amsterdam ini masih bisa aku toleransi sih; karena untungnya kelembaban-udaranya tidak tinggi-tinggi amat kayak di, misalnya, Indonesia, haha…

Ini membuatku bersyukur akan keputusanku untuk pindah ke sebuah apartemen di bangunan yang baru di Amsterdam tahun lalu. Maksudku, andaikata aku tinggal di suatu bangunan yang imut dan indah tapi tua banget karena dibangun di abad ke-18 atau 19 itu (kayak apartemenku sebelumnya di Delft), Musim Panas kali ini bakal terasa seperti Neraka deh (Aku perhatikan bangunan-bangunan tua di sini cenderung didisain untuk memerangkap panas, yang mana jelas adalah suatu hal yang menguntungkan di Musim Dingin)!! Haha 😆 .

Jadi ya gitu deh, bisa dibilang dari segi cuaca, Musim Panas kali ini bukan favoritku dah. Dan, sialnya, untukku, musim yang selanjutnya kan Musim Gugur ya, yang mana merupakan musim yang paling tidak aku sukai, haha.

Advertisements

#2116 – June Already

ENGLISH

Oh wow, it is June already as of today which means we have passed the entire month of May! And so I would like to use this opportunity to look back into this month.

First of all, overall May this year was quite unique in the Netherlands in terms of the weather. The sun was shining on many of its days, many more than one would expect in this country, haha 😆 , and actually made it feel like the Summer already. And as a result, it actually forced me to buy some sunscreens last weekend too, haha 😆 . And I was really lucky because at the time there was a 50% discount on sunscreen products! Bless this great timing! 😀 Btw, of course I bought two products: one for my regular skin and one for my face, both were SPF 50+ 😛 .

The weather was generally great in Amsterdam this May, it felt like Summer!

On the other hand, I was also really busy at work in May. There were many more tasks to be performed and completed, of many different scales too, which could be quite challenging to handle. But thankfully, I think I handled the situation well and delivered good performance *tapping myself on my back 😛 *.

Though, the combination of all those could also be quite overwhelming for my mind and body, I think; as indicated by the existence of the drama which I had to encounter in the middle of the month; and the quite frequent tiredness feeling I had when it was almost a weekend time, haha 😆 . You know, the weather could play a role as well as, to be honest, I prefer cold to (very) warm weather! 😀

Anyway, so let’s see how June will turn up this time around 🙂 .

BAHASA INDONESIA

Oh wow, tiba-tiba sekarang sudah bulan Juni aja ya yang mana artinya satu bulan Mei sudah terlewati! Dan jadilah aku ingin menggunakan kesempatan ini untuk menengok balik bulan ini.

Pertama-tama, bulan Mei tahun ini berlangsung cukup unik di Belanda dalam hal cuaca. Matahari bersinar cerah di banyak hari, jauh lebih banyak daripada apa yang biasanya diharapkan di negeri ini, haha 😆 , dan sebenarnya membuat rasanya seperti sudah musim panas! Sebagai akibatnya, jadilah mau tidak mau akhir pekan kemarin aku membeli sunscreen, haha 😆 . Dan aku beruntung banget karena waktu itu sedang ada diskon 50% dong untuk produk sunscreen! Waktunya pas banget ya! 😀 . Btw, tentu saja aku membeli dua macam produk: satu untuk kulit biasa dan satu lagi untuk kulit wajah, dua-duanya yang SPF 50+ 😛 .

Cuaca di Amsterdam juga secara umum oke bulan Mei kemarin, rasanya kayak sudah musim panas saja!

Di sisi lain, bulan Mei kemarin aku sibuk banget di kantor. Ada banyak banget kerjaan yang harus diselesaikan, yang mana datang dengan ukuran/skala yang berbeda-beda, sehingga lumayan menantang untuk dihadapi. Tapi untungnya, rasanya aku menghadapi situasi ini dan berhasil mengerjakannya dengan baik *memuji diri sendiri, haha 😛 *.

Walaupun kombinasi dari semua itu adalah tubuh dan pikiranku yang sepertinya cukup overwhelmed karenanya; yang diindikasikan dengan kemunculan drama yang harus aku hadapi di pertengahan bulan; dan seringnya aku merasa capek ketika sudah hampir akhir pekan, haha 😆 . Ya tahu kan, cuaca yang kusebutkan di atas juga berpengaruh karena kan, sejujurnya, aku lebih suka cuaca dingin daripada cuaca panas (banget)! 😀

Anyway, kita lihat saja deh bulan Juni ini bagaimana 🙂 .

#2108 – Early Week Drama

ENGLISH

So my week started with a “drama”, haha.

This broken old blender started it all…

It started with my blender breaking down on Monday morning when I was making a smoothie bowl for breakfast. And so I went to an electronic store after work that day to buy a new one (the old blender’s warranty period had passed); as I love having a smoothie bowl for breakfast nowadays 😀 .

I decided to buy a good blender, which was made from stainless steel, meaning it was quite heavy. The electronic store was located near a tram stop which I, usually, could access via one of the two pedestrian bridges nearby. However, it just happened that both bridges were closed today for some construction work! And so I had to walk a little bit further away, while carrying the quite heavy blender, to another tram stop which required no access via those bridges. On top of that, the weather was “great” that afternoon in Amsterdam when the sun was shining at it was really warm at around 25°C!

The weather in Amsterdam was nice though…

When I almost reached the other tram stop, I just realized that I had lost my ov-chipkaart (the Dutch public transportation card)! I knew I must have just lost it, because I used the card to take the Metro from my office to the electronic store. Initially I put the card in one of my jacket’s pocket. But because of the sun and warm weather, I decided to take off my jacket and put the card in my jeans’ pocket. This turned out to be a terrible idea, because at some point the card must have fallen off somewhere (possibly when I was taking my iPhone out for some Instagram Story posts (Hey, the weather was “great”, don’t judge! 😛 ), as I put both in the same pocket). I tried to trace the card back, while -I must mention this again- carrying my new heavy blender, but had no luck.

Oh well…

To get back home, I had no other option than buying a standard one-way tourist ticket for €3. And of course I already knew what my next course of actions would be. Once home, I would access my personal profile online, block the card, and ask for a replacement (which would cost €11). The remaining credit in the lost card would be transferred back to my bank account automatically.

Except that … somehow I couldn’t see my card that I just lost linked to my account! And then I remembered that this card was, indeed, new which I just got this February. Since then, I hadn’t bothered to manually couple the card to my account because I assumed it would happen automatically (which I think was a fair assumption given that my NS and GVB abonnement (subscription/deal) were automatically transferred to this new card).

Of course I could add a new card into my account. I could dig into my email to find the card number (which obviously I didn’t remember by heart). The problem was, I also needed the expiry date of the card, which could only be found on the card itself! Darn!! I always think I am a good problem solver, but at this point I felt like I was facing a dead end.

But then I thought that while I didn’t exactly remember the expiry date, I could make an educated guess by inferring from the date I received the confirmation email of this “new” card earlier this year and the “usual” validity period of a card (5 years). As I had nothing to lose, I decided to enter my guess, and I got it correct in the first trial! Yay!

Once the card was coupled, I immediately blocked it and asked for a replacement (and paid the €11 fee), haha.

So I guess the moral of the story is: never forget to couple a personal ov-chipkaart into your account! Lol 😆 . And also, to never panic while facing an immediate problem! A calm mind is more likely to think of a creative solution! 😀

My new blender

BAHASA INDONESIA

Jadi ceritanya mingguku ini dimulai dengan sebuah “drama”, haha.

Blender lamaku yang rusak ini memulai semuanya…

Semuanya dimulai dengan blender-ku yang tiba-tiba rusak di hari Senin pagi ketika aku sedang membuat smoothie bowl untuk sarapan. Dan jadilah sorenya sepulang kerja aku mampir di sebuah toko elektronik untuk membeli yang baru (masa garansi blender lamaku sudah lewat); soalnya sekarang ini aku suka makan smoothie bowl untuk sarapan 😀 .

Jelas dong aku memutuskan membeli blender yang bagus, yaitu yang dibuat dari stainless steel, yang mana berarti blendernya lumayan berat. Toko elektroniknya berlokasi di dekat sebuah halte tram yang mana, biasanya, bisa diakses melalui satu dari dua jembatan pejalan-kaki di dekat situ. Namun, kebetulan hari ini kedua jembatannya ditutup karena pekerjaan konstruksi! Jadilah aku harus berjalan lebih jauh, sembari membawa blender yang lumayan berat itu, ke halte tram lain yang bisa diakses tanpa harus menyeberangi dua jembatan itu. Di samping itu semua, cuaca sore itu lagi “bagus” di Amsterdam dimana matahari bersinar cerah dan panas dengan suhu sekitar 25°C!

Cuaca di Amsterdam lagi oke sih…

Ketika aku nyaris tiba di halte tramnya, aku baru sadar bahwa ov-chipkaart-ku (kartu transportasi umum di Belanda) hilang dong! Aku yakin banget aku baru saja kehilangannya, karena kartunya kugunakan untuk naik Metro dari kantorku ke toko elektroniknya. Awalnya, kartunya kusimpan di kantong jaket. Tapi karena matahari yang bersinar cerah dan suhu yang panas itu, aku memutuskan untuk melepas jaketku dan kartunya kupindahkan ke kantong celana. Ini ternyata adalah ide yang buruk karena suatu waktu pasti kartunya terjatuh entah dimana (kemungkinan sih ketika aku mengambil iPhone-ku untuk membuat posting InstaStory (Hey, cuacanya kan lagi “kece” ya, hahaha! 😛 ), karena aku menyimpan keduanya di kantong yang sama). Aku mencoba meniti ulang langkahku untuk mencari kartunya, sembari -harus kutekankan lagi nih- membawa blender yang berat, tetapi keberuntungan tidak berpihak padaku.

Ya sudah…

Untuk pulang ke rumah, aku tidak memiliki pilihan lain selain membeli tiket satu arah standar untuk turis seharga €3. Dan tentu saja aku sudah tahu langkah-langkahku selanjutnya. Begitu sampai di rumah, aku akan mengakses profil personalku di internet, memblok kartunya, dan mengajukan permohonan kartu pengganti (yang biayanya €11). Sisa kredit di kartuku yang hilang otomatis akan ditransfer kembali ke rekening bank-ku.

Kecuali … entah mengapa aku tidak melihat kartuku yang baru saja hilang ini di akunku! Dan jadilah aku ingat bahwa kartu ini adalah kartu baru yang baru aku dapatkan Februari kemarin. Semenjak waktu itu, aku memang belum memasangkan kartu baru ini secara manual ke akun online-ku karena aku berasumsi pemasangan ini otomatis (yang mana menurutku adalah asumsi yang wajar mengingat abonemen NS dan GVBku kan otomatis ditransfer ke kartu baru ya).

Tentu saja aku bisa menambahkan kartuku ini ke akunku ini. Dari salah satu email, aku bisa mendapatkan nomor kartuku (yang mana jelas lah nggak aku hafal di luar kepala). Masalahnya, untuk menambahkan kartu ini aku juga memerlukan tanggal masa habis berlaku kartu, yang hanya ada di kartunya! Sial!! Aku percaya bahwa aku adalah problem solver yang baik, tapi di waktu ini aku sempat merasa menghadapi jalan buntu.

Tapi kemudian aku berpikir bahwa biarpun aku tidak ingat tanggal masa habis berlaku kartunya, kan aku bisa membuat tebakan yang cerdas ya dengan menggunakan informasi tanggal dari hari dimana aku menerima email konfirmasi kartu “baru” ini di awal tahun ini dan panjang normal periode masa berlaku kartunya (5 tahun). Karena toh nothing to lose, aku memutuskan untuk mencoba menggunakan tanggal tebakanku ini, dan ternyata aku langsung benar di tebakan pertama dong! Hore!

Setelah kartunya berada di akunku, langsung deh aku membloknya dan meminta kartu pengganti (dan membayar biaya €11), haha.

Jadi pesan dari cerita ini adalah: jangan pernah lupa memasukkan kartu ov-chipkaart baru ke akun kalian! Huahaha 😆 . Dan juga, jangan pernah panik ketika menghadapi masalah! Pikiran yang kalem lebih mungkin untuk menghasilkan solusi yang kreatif! 😀

Blender baruku

#2093 – One Year in Amsterdam

ENGLISH

Having been a home owner for one year also means that I have lived in Amsterdam for (about) a year now!! How time flies! This month last year I was busy (and almost went crazy, lol) with moving from Delft to Amsterdam on top of making my Amsterdam apartment “habitable”, lol 😆 .

But it was all worth the effort! It has been a great year in Amsterdam to me; especially that I do not have to face three hours of commuting every day anymore. Though, as humanly as I have been, there were times in the past one year where I felt a bit annoyed during my (short, 30 minutes one-way) commute to my office (I wish it was much shorter). But everytime I had this feeling, I just reminded myself of the commuting life I had to endure for about half a year before moving here!

I don’t miss commuting during rush hour at all.

Despite having been in this amazing city for a year, to be honest I feel like I haven’t really “maximized” my Amsterdam experience. You know, in the past year I went on a lot of trips, mostly in weekends 🙈. The result of this was less time and opportunity for me to actually explore Amsterdam. The problem is that I have argued that since I live in Amsterdam, technically I can enjoy the city at any time anyway. But this argument has actually been counterproductive because it pushes Amsterdam way down in my priority list instead, lol 😆 .

Though, I guess this is a common problem. During my 6.5 years of life in Delft, I actually never went to the super famous Vermeer Museum; and I only climbed the Nieuwe Kerk tower once and it was only because a good friend of mine was visiting, lol 😆 .

Delft’s Nieuwe Kerk

Ah, speaking of Delft, I actually have not been back there since this month a year ago when I finalized my move to Amsterdam, haha. I don’t know, thus far I haven’t had a reason to visit the beautiful town (Well, actually there was. In the summer last year I was invited to a barbeque by a friend in Delft on a Saturday. The problem was at the time I was travelling to London to watch Venus Williams at Wimbledon). But it appears that I will have one later on this year. We will see…

Anyway, yeah, it has been a great year in Amsterdam! 🙂 Cheers to many more of it!

BAHASA INDONESIA

Telah menjadi pemilik rumah selama setahun juga berarti aku sudah tinggal di Amsterdam selama sekitar setahunan sekarang!! Waktu benar-benar cepat berlalu! Bulan ini tahun lalu aku sibuk (stress banget dah, haha ) dengan pindahan dari Delft ke Amsterdam, dan ini pun di samping kesibukan membuat apartemenku di Amsterdam “bisa dihuni”, haha 😆 .

Tapi itu semua worth it banget kok! Satu tahun di Amsterdam ini adalah satu tahun yang baik untukku; apalagi aku tidak harus lagi nglaju selama tiga jam setiap hari kan. Walaupun yang namanya manusia ya, ada lho beberapa kali dalam setahun belakangan dimana aku agak sebal dengan nglaju-ku (yang singkat, cuma 30an menit saja sekali jalan) ke kantor (Maksudnya aku berharap lebih singkat lagi gitu). Tapi setiap kali aku merasa demikian, aku selalu mengingatkan diriku akan kehidupan nglaju-ku yang harus aku jalani selama setengah tahun sebelum pindah ke kota ini!

Aku sama sekali nggak kangen dengan yang namanya nglaju di waktu rush hour dah.

Walaupun sudah tinggal di kota keren ini selama setahun, sejujurnya aku merasa aku belum terlalu “memaksimalkan” pengalaman Amsterdamku. Tahu kan setahun belakangan ini aku juga sering banget pergi jalan-jalan, terutama di akhir pekan 🙈. Akibat dari ini adalah waktu dan kesempatan untuk menjelajahi Amsterdam yang otomatis berkurang. Masalahnya adalah karena aku tinggal di Amsterdam, aku berargumen bahwa kan aku bisa menikmati kotanya kapan aja. Tapi argumen ini justru kontraproduktif karena malah membuat prioritas Amsterdam menjadi turun, hahaha 😆 .

Ah tapi ini masalah umum sih sebenarnya. Selama tinggal 6,5 tahun di Delft, tidak pernah sekali pun lho aku mengunjungi Museum Vermeer yang terkenal itu; dan hanya satu kali saja aku memanjat menaikit menaranya Nieuwe Kerk, itu pun karena pas waktu itu temanku sedang mengunjungiku, hahaha 😆 .

Nieuwe Kerk-nya Delft

Ah, ngomongin Delft nih, sebenarnya aku belum lagi mengunjunginya nih semenjak aku pindah ke Amsterdam bulan ini tahun lalu, haha. Ya habis gimana, sejauh ini aku belum ada alasan untuk mengunjungi kota yang cantik ini (Sebenarnya ada sih. Di musim panas tahun lalu aku diundang barbeque-an di Delft oleh temanku di suatu hari Sabtu. Masalahnya waktu itu aku sedang pergi ke London untuk menonton Venus Williams di Wimbledon). Tetapi sepertinya tidak lama lagi akan ada alasannya sih, haha. Kita lihat saja…

Anyway, ya intinya mah setahun terakhir di Amsterdam ini adalah setahun yang baik! 🙂 Jadi, tos untuk tahun-tahun selanjutnya yang lebih baik lagi!

#2092 – Bubbly Water in Winter

ENGLISH

There was something “strange” with my apartment’s tap water this winter. Often when I took it out, it was very “bubbly” (or “cloudy”). The “bubbles” then quickly rose to the top and the water became clear afterwards. I took three sequential photo of it to illustrate as follows, where it went from 1 to 2 to 3 within around half a minute:

Bubbly water in winter

At first, I was quite concerned about it because I consumed the water (Tap water in Amsterdam is drinkable and is actually of high quality. On a side note, once I went to a dentist in Indonesia and he said my teeth were in great shape, which apparently was quite surprising for people my age (lol), and he hypothesized it might be due to the mineral content of the tap water in the Netherlands). Anyway, so I would argue that my concern was valid.

But then somehow I was too lazy to google it, partly because this was more problematic with the tap water from my kitchen but not so much from my bathroom (though sometimes it was too). This was until one afternoon during lunch at my office. I asked my colleague if he had the same experience at his place.

One cool thing about my work is that there are so many people with PhD degrees from many different disciplines. Though, in particular, many of them have physics-related background; and so does this colleague of mine. He told me that the “bubbles” was just oxygen; and it was formed because of the difference in pressure and temperature between (inside) the water piping outside (where it was cold because of winter) and my apartment. So it was completely harmless, actually. After hearing this explanation, I googled it and indeed this seemed to be the case (See what a good scientist I am? I need proof!), haha 😆 .

***

This never happened to me before, though. This was my first winter in Amsterdam and I spent my previous seven in Delft. I never encountered this “phenomenon” in Delft, btw; so I am actually quite surprised that somehow I only had this experience just now.

But anyway, now we know!!

BAHASA INDONESIA

Ada yang “aneh” dengan air keran di apartemenku musim dingin kemarin ini. Sering ketika airnya kuambil, airnya nampak “berbuih”. “Buih”-nya kemudian dengan cepat naik sendiri ke permukaan dan setelahnya airnya menjadi jernih seperti seharusnya. Aku mengambil tiga foto berurutan untuk menggambarkannya seperti di bawah ini, dimana prosesnya dari 1 ke 2 ke 3 memakan waktu kira-kira setengah menit:

Air berbuih di musim dingin

Awalnya, jelas dong ya aku sedikit khawatir dengan hal ini karena airnya kan aku konsumsi (Air keran di Amsterdam itu bisa diminum loh dan malah berkualitas amat baik. Catatan sampingan nih, pernah suatu kali ketika mampir check up di sebuah klinik dokter gigi di Indonesia, dokter giginya berkata bahwa kondisi gigiku baik sekali, yang mana ternyata tidak lazim untuk orang seumurku (haha), dan ia menduga ini disebabkan oleh kandungan mineral di dalam air keran di Belanda). Anyway, aku rasa kekhawatiranku ini beralasan lah ya.

Tetapi kemudian entah mengapa aku malas meng-google-nya, karena fenomena ini lebih sering muncul dari air keran di dapur saja dan (lebih) jarang dari air keran di kamar mandi (kadang-kadang iya juga sih). Sampai suatu hari ketika makan siang di kantor. Aku bertanya ke seorang kolegaku apakah ia mengalami pengalaman serupa di rumahnya.

Asyiknya kantorku adalah banyak orang yang berlatar-belakang pendidikan S3 (PhD) dari bidang yang bermacam-macam. Dan cukup banyak yang bidangnya adalah cabang dari fisika, termasuk kolegaku ini. Ia menjelaskan bahwa “buih”-nya itu sebenarnya adalah oksigen, dan “buih”-nya terbentuk karena perbedaan yang kontras dalam hal tekanan dan temperatur di dalam pipa di luar (yang mana suhunya dingin ya, kan musim dingin) dan di dalam apartemenku. Jadi sebenarnya buih ini sama sekali tidak bermasalah, apalagi berbahaya. Setelah mendengar penjelasan ini, baru dong aku google dan memang sepertinya memang demikian adanya (Hahaha, ilmuwan yang baik kan aku? Aku butuh bukti!), haha 😆 .

***

Ini belum pernah terjadi padaku sebelumnya lho. Ini adalah musim dingin pertamaku di Amsterdam sih dimana yang tujuh sebelumnya aku lewatkan di Delft. Di Delft aku tidak pernah mendapatkan “fenomena” ini, btw; sehingga sebenarnya aku cukup kaget juga mengapa aku baru mendapatkan pengalaman ini sekarang.

Ah, tapi yang penting sekarang kan jadi tahu ya!!

#2090 – One Year An Apartment Owner

ENGLISH

April 2018, this means that I have been a home owner for a year now! How does this feel?

Well, to be honest, it still feels kind of the same as before, haha 😆 . I still have to spend some amount of euro each month to “pay” for my accommodation. So that post still exists in my monthly expense. The difference, though, before I paid rent whereas in the past year I have been paying my mortgage 😀 . There are, though, a few extra expenses which I have to spend as a home owner too, ranging from the apartment’s monthly maintenance cost and all the different taxes related to it, haha 😛 .

Of course the benefit of renting a place is the (almost) no strings attached commitment to it. If you don’t like it, you can easily leave. Especially in the Netherlands, a renter is very well protected by law so as a renter you have a lot of rights. On top of that, any maintenance cost related to the place you rent is normally the responsibility of the owner. I experienced this myself in the past year, where I had some non-negligible expenses related to the maintenance of my apartment; which I obviously had to cover myself.

Having said that, I actually enjoy the feeling of “owning” the place I live in. Somehow I value “owning” more than all those flexibilities as a renter here. I don’t know, perhaps this way I feel like I have more of a “surety” which, admittedly, provides more security feeling.

Yeah anyway, cheers to my apartment’s anniversary!

BAHASA INDONESIA

April 2018, artinya aku sudah menjadi pemilik rumah selama satu tahun sekarang! Bagaimanakah rasanya?

Hmm, sejujurnya rasanya masih sama aja kayak sebelumnya sih, haha 😆 . Setiap bulan aku masih harus menyisihkan sekian euro untuk “membayar” akomodasiku. Jadi pos ini masih tetap ada di pengeluaran bulananku. Bedanya, sebelumnya aku membayar sewa sementara setahun terakhir ini aku membayar hipotek, haha 😀 . Ada juga beberapa pengeluaran ekstra yang harus aku bayar sebagai pemilik rumah, mulai dari biaya bulanan maintenance apartemen hingga segala jenis pajak yang berkaitan dengannya, haha 😛 .

Tentu saja keuntungan dari menyewa tempat adalah sifat komitmen (nyaris) no strings attached. Kalau nggak suka ya tinggal pindah. Apalagi di Belanda, penyewa rumah itu amat dilindungi oleh hukum loh dimana penyewa memiliki banyak sekali hak. Di atas itu semua, biaya maintenance dari tempat yang disewa adalah tanggung-jawab pemilik. Ini aku alami sendiri setahun belakangan ini, dimana aku ada beberapa pengeluaran yang lumayan berkaitan dengan urusan maintenance apartemen ini; yang mana jelas harus aku tanggung sendiri.

Walaupun begitu, aku menikmati perasaan “memiliki” tempat tinggalku ini. Entah mengapa aku memberikan nilai lebih pada perasaan “memiliki” ini daripada fleksibilitas yang bisa didapatkan sebagai penyewa. Nggak tahu ya, mungkin ini membuatku merasa memiliki “pegangan” gitu yang memberikan perasaan “aman”.

Ya anyway, tos untuk satu tahun apartemenku!

#2072 – The Beast from the East

ENGLISH

I have mentioned it a little bit last week that it was extremely cold in Europe. This was caused by what was dubbed as the “Beast from the East”, or locally known as the “Siberian Bear” in the Netherlands, where cold air from Western Russia was “pushed” towards Europe. And by cold, it was really cold. Here is how it was in Amsterdam at some point (at 7 PM-ish) last week:

The Beast from the East

Yep, while the measured temperature was –8°C, the real feel (basically how our skin/body would perceive the temperature, which could be very different from the measured temperature because of other factors, such as cloud coverage, wind, humidity, etc) was –20°C!! 😱😱😱 You know, this winter was my eighth winter, and actually I think this was the coldest I have ever experienced in the Netherlands!

Coincidentally, last week was a school vacation week (de krokusvakantie) so my outdoor tennis lesson was also taking a break! It could be a very “interesting” challenge to play outdoor tennis under such weather; which I have no problem of missing it, haha 😛 . Speaking of an outdoor activity, the following was popular in the Netherlands last week:

Yep, it was so cold that some canals in Amsterdam literally froze! And so many people ice skated there. Even some of my colleagues said they would skate to go to work (Though I am not sure if this actually materialized or not, haha).

I also feel quite lucky to not have arranged any travelling plan (which would surely have involved some flights 😛 ) during the weekend. With this weather, there was a higher chance for an operational delay, of course, or even cancellation. So I am glad I did not have to worry about this at all!

On the more positive side, it was also snowing last week in the Netherlands. And after eight winters, I still find snow really beautiful!! (Even though I have also learned about and experienced first hand many troubles snow could cause, like this experience not too long ago.)

Snowy Amsterdam

BAHASA INDONESIA

Minggu lalu sudah sedikit kusebutkan bahwa Eropa dilanda suhu udara yang dinginnya ekstrim. Ini disebabkan oleh apa yang disebut “Beast from the East“, atau disebut “Siberian Bear” di Belanda, dimana udara dingin dari Rusia Barat “terdorong” ke Eropa. Dan dengan dingin, maksudnya beneran dingin banget loh. Berikut ini bagaimana kondisi di Amsterdam di satu waktu (sekitar jam 7 malam) minggu lalu:

Beast from the East

Yep, walaupun suhu yang terukur di termometer adalah –8°C, real feel-nya (pada dasarnya persepsi kulit/badan kita akan suhunya, yang mana bisa jadi berbeda dari suhu yang terukur karena adanya faktor-faktor lain kan ya, misalnya keberadaan awan, angin, kelembaban udara, dll) adalah –20°C doong!! 😱😱😱 Tahu kan musim dingin ini adalah musim dingin kedelapanku, dan rasanya minggu lalu ini adalah yang terdingin yang pernah aku alami di Belanda lho!

Kebetulan, minggu lalu adalah minggu libur sekolah (de krokusvakantie) sehingga les tenis outdoor-ku juga memang sudah dijadwalkan ikutan libur! Sepertinya bakal menjadi tantangan yang “menarik” ya untuk bermain tenis outdoor ketika cuacanya sedang kayak gitu; yang mana sebenarnya aku lega juga tidak harus aku lakukan sih, haha 😛 . Ngomongin kegiatan outdoor, aktivitas ini populer loh di Belanda minggu lalu:

Iya, saking dinginnya, ada beberapa kanal di Amsterdam yang membeku! Jadilah banyak yang main ice skating di sana. Bahkan beberapa kolegaku ada yang cerita mereka mau berangkat ke kantor dengan cara ice skating (Nggak tahu sih akhirnya beneran atau engga, haha).

Aku juga merasa beruntung untuk tidak memiliki rencana jalan-jalan di akhir pekan (yang mana jika ada pasti sudah akan melibatkan beberapa penerbangan 😛 ). Dengan cuaca kayak begini, jelas ada peluang yang cukup besar untuk delay, bahkan mungkin pembatalan penerbangan. Jadilah aku merasa lega aku tidak harus khawatir dengan hal ini sama sekali!

Di sisi yang lebih positif, minggu lalu bersalju loh di Belanda. Setelah delapan musim dingin, aku masih suka dengan yang namanya salju!! (Walaupun aku juga sudah belajar dan mengalami sendiri masalah besar yang bisa disebabkan oleh yang namanya salju sih, seperti misalnya pengalaman ini belum lama yang lalu.)

Amsterdam bersalju