EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#2150 – A Weekend Story

ENGLISH

As my Instagram (@azilko) followers know, this weekend I went on another weekend trip; and this time, the destination was:

The Tinguely Fountain in Basel

Yep, Basel in Switzerland!

I think it was back in April when I spotted a really good deal from Air France for this weekend trip ticket to Basel. The deal was so good, and my calendar for this weekend was still “free” at the time, that I decided to immediately purchase the ticket, haha 😆 . As usual, I took a triangular route this time, as follows:

My routing this weekend. From gcmap.com

Btw, I noticed that at first Air France counted the Paris-Basel segment as a domestic flight (which a French friend of mine argued was valid because technically the airport was geographically located in the Alsace region in France (despite being very close to the German and Swiss border); even though the airport served three cities: Basel (in Switzerland), Mulhouse (in France), and Freiburg (in Germany). And so the airport is marked as Basel/Mulhouse/Freiburg in the map above). But then some time later Air France revised it to an international flight, haha. Btw, this domestic/international flight definition really matters in the recently revamped Flying Blue programme! So this reclassification from domestic to international was definitely a positive change!

Anyway, while my last “visit” to Basel was in November 2012, at the time I actually just “used” the city for the airport. I was in Innsbruck, Austria at the time and I needed to go back to Amsterdam. The problem was, the flights between the Netherlands and Innsbruck were only seasonal, which were either in the summer or the winter. And the nearest city with a flight to Amsterdam with an affordable one-way fare at the time was Basel. This means that my “real” last visit to Basel was actually back in July 2011, i.e. almost exactly seven years ago!

Back in Basel seven years later

To be honest at the time Basel didn’t impress me that much, only that I found everything to be expensive (because it was a Swiss city and I was still a Master student living off of a scholarship’s living cost coverage at the time, haha; and also perhaps because it was the end of a fast-pacing Summer trip through western Germany and Switzerland). But seven years is certainly a long time and I saw no harm in giving this city another chance, especially just for a short weekend trip.

And I’m glad I arranged this trip because … I found Basel to be nicer than from how I remembered it from seven years ago! Even though, and also, it was super WARM there this weekend! HahahaHere are some photos as teasers, as usual 😉 .

BAHASA INDONESIA

Seperti yang followers Instagram (@azilko)-ku ketahui, akhir pekan kemarin ini aku pergi dalam sebuah perjalanan akhir pekan lagi loh, haha, dan kali ini tujuannya adalah:

Air mancur Tinguely Fountain di Basel

Yep, Basel di Swiss!

Kalau nggak salah di bulan April kemarin aku kebetulan melihat tiket dari Air France ke Basel ini yang sedang dipromo banget. Promonya lagi murah banget, dan kebetulan pula kalenderku untuk akhir pekan ini masih “kosong” waktu itu, jadilah tiketnya langsung aku beli, haha 😆 . Seperti biasa, penerbanganku ini berute segitiga, seperti berikut ini:

Ruteku akhir pekan ini. Dari gcmap.com

Btw, awalnya Air France mengklasifikasikan rute Paris-Basel sebagai penerbangan domestik loh (yang mana temanku orang Prancis bilang secara teknis ini benar sih karena bandaranya kan berlokasi di region Alsace di Prancis (tapi memang lokasinya dekat sekali dengan perbatasan Prancis dengan Jerman dan Swiss); walaupun bandaranya melayani tiga kota sekaligus: Basel (di Swiss), Mulhouse (di Prancis), dan Freiburg (di Jerman). Makanya di peta di atas bandaranya ditandai Basel/Mulhouse/Freiburg, haha). Tapi kemudian Air France merevisinya dan penerbangan ini akhirnya diklasifikasikan sebagai penerbangan internasional, haha. Btw, klasifikasi penerbangan domestik/internasional ini penting banget loh di dalam program Flying Blue yang baru saja dirombak ini! Makanya ini aku bahas di sini, haha. Dan reklasifikasi dari domestik menjadi internasional ini adalah perubahan yang positif!

Anyway, walaupun “kunjungan” terakhirku ke Basel adalah di bulan November 2012, waktu itu aku hanya “memanfaatkan” kotanya untuk bandaranya saja. Waktu itu aku berada di Innsbruck, Austria dan harus kembali ke Amsterdam. Masalahnya, penerbangan-penerbangan antara Belanda dan Innsbruck hanya dilayani musiman saja, yaitu di musim panas dan musim dingin. Dan kota terdekat dengan penerbangan ke Amsterdam yang harga tiket satu arahnya termurah waktu itu adalah Basel. Nah, artinya kunjungan terakhirku yang “sebenarnya” kesana adalah di bulan Juli 2011, yang mana nyaris tepat tujuh tahun yang lalu!

Kembali ke Basel tujuh tahun kemudian

Sejujurnya di kunjunganku yang dulu banget itu Basel terasa biasa-biasa saja sih, yang menonjol adalah apa-apanya terasa mahal bagiku (karena memang kota di Swiss kan ya dan waktu itu aku masih hanyalah mahasiswa S2 yang bergantung pada jatah biaya hidup dari sebuah beasiswa, haha; dan juga mungkin karena kota ini adalah destinasi terakhir dari perjalanan berlaju cepatku melalui Jerman barat dan Swiss). Tapi tujuh tahun itu kan waktu yang lama ya dan aku rasa tidak ada salahnya sih untuk memberikan kesempatan kedua bagi kota ini, apalagi cuma untuk perjalanan akhir pekan yang singkat saja.

Dan aku merasa lega telah mengadakan acara jalan-jalan singkat ini karena … ternyata Basel itu beneran lebih oke daripada bagaimana yang kuingat dari tujuh tahun yang lalu dong! Walaupun pas di sana kemarin ini kotanya PANAS banget sih! Hahaha 😆 . Di atas aku unggah beberapa foto dari perjalanan ini sebagai teasers, seperti biasa 😉 .

 

 

Advertisements
EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#2140 – A Short Weekend in Geneva

ENGLISH

I went on a weekend trip to Geneva at the end of June. Here is the story of that short trip…

I didn’t get that much sleep that night as I got back home late the night before due to the annual Summer Party, so I woke up feeling … , well, let’s just say I would need a lot of coffee to get through today’s travel! Haha 😆 . Long story short I arrived at Schiphol and, as usual, waited for my flight at the KLM Crown Lounge.

An Air France’s Airbus A321-100 reg F-GMZE

My first flight today would be operated by Air France with their Airbus A321-100 reg F-GMZE. It had been awhile since I flew this series of A321, and only my second time ever, actually (the first time being on an Alitalia’s three years ago). Being one of the older Air France frames mainly serving “secondary” routes, the seats on board F-GMZE were the “older” intra-European ones, though. Anyway, boarding commenced on time and I settled nicely onto my 1A seat.

The flight itself went pleasantly and it was really on time. Though, I felt like somehow the snack quality in economy on board short-haul Air France’s flights had deteriorated lately. On this flight, Air France served sandwiches with two options: tuna or egg. I chose the egg one, which looked sloppy:

The complimentary snack on board an Air France fight

and … cheap, didn’t it?

Anyway, transitting at Marseille Airport was also not as nice as I had to go out to the landside, changed terminal on foot under the 37°C Mediterranean heat, and cleared security to get back to the airside again. Though thankfully, unlike my previous transfer at Toulouse Airport, I had a long transfer time this time so I did not need to hurry, haha.

The second flight to Geneva was operated by HOP! Regional with their Embraer ERJ145 reg F-GRGD. Again, it was a pleasant, really smooth, and on time flight. I love flying with an ERJ145, though. It is a small plane so I just love taking this kind of selfies on board, haha:

The mandatory Embraer ERJ145 selfie on board HOP! Regional’s F-GRGD

I then checked in at my hotel after arriving in Geneva. After a quick rest, I went out for dinner. I knew I wanted the same steak that I had two years ago there. It wasn’t difficult to find the restaurant, haha. And the steak was still as delicious as it was two years ago! I was really satisfied!! 😀

This steak in Geneva was still as good as it was two years ago!

I went on a short walk after dinner but not for too long. While it hadn’t really been a long day, to my body it was because I didn’t get a good long sleep the night before. And so I decided to go back to the hotel not long after. Well, after enjoying the sunset and took a selfie to capture the moment, of course, haha…

A selfie with Le Jet d’Eau during sunset.

The next day I decided to take it easy again as I had nonetheless explored Geneva two years ago so I didn’t feel “rushed” at all. I had my complimentary breakfast at the hotel and checked-out just before 11 AM. I walked to Le Jet d’Eau, and then went to a Starbucks because it was really, really warm today! Starbucks did feel like an oasis! Haha 😛 .

Anyway, as Geneva was really close to the French border, I did notice a strong France influenced there. Most of the shops were closed on a Sunday! Even the main shopping street was “dead” with almost no store operating, haha… .

The food option at the Air France Lounge at Geneva Airport

I then went to the airport. I got my boarding pass at KLM’s checkin desk and proceeded to the Air France/KLM Lounge. I found the lounge decent enough especially if the waiting time was not too long. This was because the seats weren’t the most comfortable and, what I mainly missed, there was no warm food option, which I really missed.

Long story short, I boarded my KLM flight back to Amsterdam, which was operated with their Boeing 737-700 reg PH-BGR. As usual, it was a pleasant regular short-haul flight with KLM.

Yeah, that is the story of my short weekend in Geneva this summer! 😀

BAHASA INDONESIA

Aku pergi dalam sebuah perjalanan akhir pekan ke Geneva di akhir Juni yang lalu. Berikut ini cerita dari perjalanan singkat ini…

Aku tidak tidur lama di malam sebelum keberangkatan karena aku pulang malam semalam sebelumnya karena aku ikutan Summer Party tahunan kantorku, jadilah ketika bangun aku merasa … , hmm, aku bakal butuh kopi bergelas-gelas deh hari ini! Haha 😆 . Singkat cerita, tibalah aku di Schiphol dan seperti biasa aku menunggu penerbanganku di KLM Crown Lounge.

Sebuah Airbus A321-100 rego F-GMZEnya Air France.

Penerbangan pertamaku hari ini akan dioperasikan oleh Air France dengan pesawat Airbus A321-100 rego F-GMZE. Sudah lumayan lama semenjak terakhir aku terbang dengan seri A321 ini, dan ini hanya lah kali kedua sebenarnya (kali pertama adalah dengan Alitalia tiga tahun yang lalu). Karena merupakan salah satu pesawat tertuanya Air France yang kebanyakan melayani rute-rute “sekunder”, kursi di dalam F-GMZE adalah kursi intra-Eropa model lama. Anyway, boarding berlangsung tepat waktu dan aku duduk manis di kursi 1Aku.

Penerbangannya sendiri berlangsung nyaman dan tepat waktu banget. Walaupun begitu, aku kok merasa akhir-akhir ini kualitas snack di kelas ekonomi di penerbangan jarak dekatnya Air France menurun ya. Di penerbangan ini, Air France menawarkan sandwich dengan dua pilihan isi: tuna atau telur. Aku memilih yang isi telur, dan penampakannya tidak rapi kayak gini:

Layanan snack di penerbangannya Air France

dan … nampak murahan nggak sih?

Anyway, pindah pesawat di Bandara Marseille juga nggak begitu nyaman karena aku harus keluar bandara ke area landside, pindah terminal dengan berjalan-kaki di bawah terik matahari Mediterania yang panasnya 37°C, dan melewati pemeriksaan sekuriti untuk kembali ke area airside. Tapi tidak seperti pengalaman transitku sebelumnya di Bandara Toulouse, seenggaknya kali ini waktu transitku lama sih sehingga aku tidak perlu terburu-buru, haha.

Penerbangan kedua ke Geneva hari ini dioperasikan oleh HOP! Regional dengan pesawat Embraer ERJ145 rego F-GRGD. Lagi, penerbangan ini adalah penerbangan nyaman, mulus banget, dan tepat waktu. Aku suka banget deh terbang dengan ERJ145. Pesawatnya adalah pesawat kecil jadi seru aja gitu untuk berfoto selfie kayak gin, haha:

Selfie Embraer ERJ145 wajib di dalam F-GRGDnya HOP! Regional

Aku kemudian check-in di hotelku setelah tiba di Geneva. Setelah beristirahat sejenak, aku keluar untuk makan malam. Aku tahu aku ingin kembali di restoran steak yang kukunjungi dua tahun yang lalu. Nggak sulit kok untuk menemukan restorannya, haha. Dan steak-nya masih seenak dua tahun yang lalu! Puas banget deh!! 😀

Steak di Geneva ini masih seenak dua tahun yang lalu!!

Aku kemudian berjalan-kaki sejenak setelah makan malam tapi nggak lama sih. Walaupun sebenarnya bukan lah hari yang tergolong panjang, tapi bagi badanku hari ini sudah terasa panjang banget karena semalam sebelumnya aku tidak cukup beristirahat. Jadilah aku memutuskan untuk kembali ke hotel tak lama setelahnya. Yah, tentu saja setelah menikmati sunset yang lagi kece banget hari itu dan berfoto selfie untuk mengabadikan momennya, haha…

Selfie dengan Le Jet d’Eau ketika sunset.

Keesokan harinya juga aku memutuskan untuk bersantai saja karena toh aku sudah pernah mengelilingi Geneva dua tahun yang lalu sehingga aku tidak merasa “diburu-buru”. Aku sarapan di hotelku, yang mana kamarku sudah termasuk sarapan, dan kemudian check-out sekitar jam 11 pagi. Aku berjalan-kaki ke Le Jet d’Eau, dan kemudian mampir di Starbucks karena hari ini panas banget dong! Saking panasnya Starbucks jadi berasa seperti oasis! Haha 😆 .

Anyway, karena Geneva toh memang dekat dengan perbatasan dengan Prancis, aku merasakan pengaruh Prancis yang kuat di sana. Kebanyakan toko tutup di hari Minggu itu! Bahkan jalan pertokoan utamanya terasa “mati” karena hampir tidak ada toko yang buka, haha… .

Pilihan makanan di Lounge Air France Lounge di Bandara Geneva

Jadilah kemudian aku pergi ke bandara. Aku mendapatkan boarding pass-ku di konter check-in-nya KLM dan kemudian menuju ke lounge-nya Air France/KLM. Aku merasa lounge-nya oke lah terutama jika waktu tunggu kita tidak lama. Ini karena kursinya sebenarnya tidak begitu nyaman banget dan, yang paling berpengaruh untukku, tidak ada pilihan makanan hangatnya, haha.

Singkat cerita aku kemudian menaiki penerbangan KLMku kembali ke Amsterdam, yang mana dioperasikan dengan pesawat Boeing 737-700 rego PH-BGR hari ini. Seperti biasa, ini adalah penerbangan jarak-dekat reguler yang nyaman dengan KLM.

Jadi ya gitu deh cerita perjalanan singkatku ke Geneva di musim panas ini! 😀

EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#2135 – In Paris for RG18

ENGLISH

Posts in the Tennis Weekend in Roland Garros 2018 series:
1. Introduction
2. Part I: Roland Garros 2018
3. Part II: Paris

The Transport

As I shared in the Introduction post, my transport (read: flights 😛 ) routing for this trip looks like the following:

My routing this weekend. From gcmap.com

I was desperately looking for a non-direct return option and this was the best option (price-wise, schedule-wise, and routing-wise) which I could find at the time, haha 😀 .

Anyway, in this trip I found out that the food section Schengen KLM Crown Lounge had gone through some mini “renovations” with the introduction of some kitchenary which, to me, looked refreshing and better than before! I also felt like the warm food quality was better than usual; though for this I am not sure if this was due to the seasonal menu change or it was a real improvent.

It was perhaps minor but this rack was certainly a nice addition to the lounge!

My flight to Toulouse would leave from Paris-Orly Airport. I took the OrlyBus to get there, which would only be my second time since December 2012! Haha 🙂 . Btw, I also realized that it was better (location-wise) to go via Orly Airport when visiting Paris as it was closer to the city than Charles De Gaulle. Also, I felt like the OrlyBus was much more convenient than the RER B train; though, perhaps the next time I should try a Le Bus Direct service to the city center from Paris-CDG. I have used this bus service a couple of times already actually but both trips were between Paris-CDG and Paris-ORY while transferring between the two airports (this “airports shuttle” route was free with my Flying Blue status 😀 ) and I found the bus ride comfortable, hmm.

An OrlyBus at Denfert-Rochereau in Paris

My transfer time in Toulouse was only 50 minutes, which was quite tight. As I arrived quite early at Orly, I asked a check-in agent if it was possible for me to move to one of the two earlier Air France flights to Toulouse which would give me more of a leeway during transfer. She said my ticket allowed free change of flight BUT both flights were full already. Oh well…

And then, as with pretty much all other airports in France (with the exception of Charles De Gaulle), transferring experience at Toulouse Airport was horrible because I had to exit the airport and reentered it again meaning I would need to clear security again. It was such a hassle, especially with such a short connection time! It also happened that I was behind a young couple with a baby at security who brought a lot of stuffs which weren’t packed correctly! Lol 😆 .

A KLM Cityhopper’s Embraer E175 reg PH-EXW at Toulouse-Blagnac Airport

But nonetheless, in the end I made the connection. KLM Cityhopper’s brand new Embraer ERJ175 reg PH-EXW was just arriving in Amsterdam when I cleared security so I knew I was safe. Though, even if I missed it, I knew KLM still had two flights to Amsterdam later on today, haha. Having said that, this experience reminded me to book an option with longer transfer time while connecting in a French airport other than Paris-CDG! Haha 😆

Paris

Anyway because I arrived on Friday afternoon, I spent the entire Saturday at Roland Garros (see Part I), and Sunday was my flying day, I did not have a lot of time to explore Paris itself. But I didn’t mind as I have been there a few times already.

This year I went to Notre Dame in Paris

Though, I still managed to go to Notre Dame for my annual selfie with a Paris landmark on my Roland Garros trip, haha 😆 (I took a selfie with the Eiffel Tower four years ago, the Sacré-Cœur three years ago, the Arc De Triomphe two years ago, and the Louvre last year 😛 ). Btw, so actually I am wondering what should be the landmark for this selfie next year? Haha 😆 .

A delicious confit de canard in Paris!

Speaking Paris, it means French, and it also means French Food, one of my most favorite food in the world! And as usual, the French food did not disappoint! This time I also followed my “tradition” though as in the previous years. I had a confit de canard as my first dinner at a restaurant near Notre Dame, and an escalope de veau at a restaurant I knew nearby Roland Garros after visiting the tournament! And btw, the confit de canard was one of the better ones which I have ever had in Paris! The restaurant name was Le Lutece, and I should definitely write this name down somewhere (like here in this blog 😛 ).

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Tennis Weekend in Roland Garros 2018:
1. Introduction
2. Part I: Roland Garros 2018
3. Part II: Paris

Transportasi

Seperti yang kusebutkan di posting Introduction, rute transportasiku (baca: penerbangan-penerbangan 😛 ) kali ini adalah kayak begini:

Ruteku di akhir pekan ini. Dari gcmap.com

Jelas dong aku maunya penerbangan pp yang tidak non-stop dan ini adalah opsi yang terbaik (dari segi harga tiket, jadwal, dan rute) yang bisa kutemukan waktu itu, haha 😀 .

Anyway, di perjalanan ini aku lihat bagian makanan di Crown Lounge Schengen-nya KLM sudah “direnovasi” sedikit loh dengan beberapa perabotan yang, bagiku, nampak menyegarkan dan lebih oke daripada sebelumnya! Juga, aku merasa kualitas makanan hangatnya lebih oke daripada biasanya; walaupun untuk yang ini aku tidak yakin apakah hanya dikarenakan perubahan menu musiman saja atau beneran kemajuan sih.

Mungkin sepele sih tapi rak roti ini adalah tambahan perabot yang oke untuk lounge-nya!

Penerbanganku ke Toulouse akan diberangkatkan dari Bandara Paris-Orly. Aku menaiki OrlyBus untuk pergi ke sana, yang mana adalah kali kedua aku menaikinya setelah yang pertama kali adalah di bulan Desember 2012! Haha 🙂 . Btw, aku juga baru benar-benar sadar bahwa dari segi lokasi, Bandara Orly ini lebih oke daripada Charles De Gaulle jika kita berniat mengunjungi Paris. Juga, aku merasa OrlyBus ini lebih nyaman daripada kereta regional RER B; walaupun mungkin lain kali aku akan mencoba layanan bus Le Bus Direct sih ke pusat kota dari Paris-CDG. Sebenarnya sih aku sudah pernah dua kali naik bus ini tapi di keduanya aku bepergian dari Paris-CDG ke Paris-ORY ketika transit di antara dua bandara ini (“Layanan antar bandara” ini gratis untukku karena status Flying Blue-ku 😀 ) dan perjalanan dengan busnya menurutku nyaman, hmm.

Sebuah OrlyBus di Denfert-Rochereau di Paris

Waktu transitku di Toulouse hanyalah 50 menit, yang mana lumayan mepet kan ya. Karena aku tiba agak kepagian di Orly, aku bertanya ke agen check-in-nya apakah bisa aku pindah ke salah satu dari dua penerbangan Air France ke Toulouse yang berangkat lebih awal sehingga waktu transitku agak panjangan gitu. Petugasnya berkata sebenarnya tiketku adalah tiket fleksibel yang membebaskanku untuk berpindah penerbangan tanpa dikenakan biaya TAPI masalahnya hari ini kedua penerbangan ini sudah full banget dong. Ya sudah lah ya…

Dan kemudian, seperti selayaknya bandara-bandara lain di Prancis (kecuali Charles De Gaulle sih), pengalaman transit di Bandara Toulouse itu parah nggak enak banget dah, haha. Aku harus keluar bandaranya dan kemudian memasukinya lagi yang mana artinya aku harus melewati pemeriksaan sekuriti lagi. Kan repot banget ya jadinya, apalagi dengan waktu transit yang mepet! Mana kebetulan pula di pemeriksaan sekuriti aku berada di belakangnya sepasang suami-istri muda dengan bayi mereka yang bawaannya ke kabin segambreng banget dan itu pun tidak di-pack dengan benar! Haha 😆

Sebuah Embraer E175 rego PH-EXW-nya KLM Cityhopper di Bandara Toulouse-Blagnac

Ah tapi pada akhirnya ternyata waktu transitnya cukup kok dimana aku tidak ketinggalan penerbangan lanjutanku, haha. Pesawat baru Embraer ERJ175 rego PH-EXWnya KLM Cityhopper baru saja tiba dari Amsterdam ketika aku selesai melewati pemeriksaan sekuritinya jadi aku tahu aku aman. Walaupun sebenarnya andaikata ketinggalan pun aku tahu KLM masih ada dua penerbangan ke Amsterdam sih sore harinya nanti, jadi aman banget lah ya, haha. Walaupun begitu, pengalaman ini mengingatkanku untuk sebaiknya membeli tiket dengan waktu transit yang agak panjangan jika transitnya di sebuah bandara Prancis selain di CDG! Haha 😆

Paris

Anyway karena aku tiba di Jumat sore, Sabtuku seharian aku habiskan di Roland Garros (baca Bagian I), dan di hari Minggu aku sudah pulang, aku tidak memiliki banyak waktu untuk jalan-jalan di Parisnya sendiri. Tapi nggak masalah sih karena toh aku sudah pernah beberapa kali kesana.

Tahun ini aku pergi ke Notre Dame di Paris

Walapun begitu, aku masih sempat pergi ke Notre Dame untuk selfie tahunanku di perjalanan Roland Garros ini dengan sebuah landmark-nya Paris, haha 😆 (Aku selfie dengan Menara Eiffel empat tahun yang lalu, dengan Sacré-Cœur tiga tahun lalu, dengan Arc De Triomphe dua tahun lalu, dan dengan Louvre tahun lalu  😛 ). Btw, jadi sebenarnya sekarang aku jadi bertanya-tanya nih enaknya tahun depan selfienya dengan landmark apa lagi ya? Haha 😆

Confit de canard yang enak banget di Paris!

Ngomongin Paris, artinya Prancis, artinya makanan Prancis, salah satu makanan favoritku! Dan seperti biasa, masakan Prancis itu tidak pernah mengecewakan! Kali ini aku juga mengikuti “tradisiku” seperti tahun-tahun yang lalu. Aku makan confit de canard di hari pertama dan escalope de veau di restoran langgananku di dekatnya Roland Garros setelah mengunjungi turnamennya! Dan btw, confit de canard yang ini adalah salah satu yang terenak yang pernah aku makan di Paris loh! Nama restorannya adalah Le Lutece, dan aku sepertinya harus menuliskannya nih supaya nggak lupa (seperti misalnya di blog ini 😛 ).

EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#2132 – A Weekend Story

ENGLISH

As my Instagram followers (@azilko) have known by now, I went on a weekend trip this past weekend. And this time, I went to …

Le Jet d’Eau

Yep, Geneva again! Well, “again” because I have been there before and my previous trip was just less than two years ago, haha 😛 .

I chose Geneva as my destination this weekend for … , well, such an avgeek reason 😛 . Earlier this year I learned that Air France would operate a seasonal weekly Marseille – Geneva route this Summer. The route would be operated by HOP! Regional with their Embraer ERJ145; so neither airline or airplane would be new to me. However, I found the routing to be really interesting and thought it would be such a unique addition to my flying map! Lol 🙈.

And then, I also happened to find a good ticket deal involving this flight, with the following routing:

The routing this weekend. From gcmap.com

with great schedule which also allowed me to stay overnight in Geneva. And so without any hesitation I bought the ticket right away, haha.

And just as before, Geneva was really nice! Though, of course I didn’t really have much time to explore the city itself. On top of that, I went to a big party on Friday evening (more on this a bit later 😀 ) so I was feeling so tired the entire Saturday; which really affected me during the trip, haha.

Anyway, thinking about it, I just realized that my two visits to Geneva so far were both motivated by avgeek reasons. If this recent trip was because of the interesting routing, my first trip two years ago was originally motivated by Kuwait Airways’ fifth-freedom flight from Frankfurt to Geneva! Even though at that time Kuwait Airways, disappointingly, moved me to a Lufthansa Cityline’s flight so I didn’t really get what I really wanted, haha.

BAHASA INDONESIA

Seperti yang followers Instagramku (@azilko) ketahui sekarang, aku pergi dalam sebuah perjalanan akhir pekan lagi kemarin ini. Dan kali ini, aku pergi ke …

Le Jet d’Eau

Iya, Geneva lagi! Hmm, “lagi” karena aku sudah pernah kesana sebelumnya dan perjalanan sebelumnya ini berlangsung kurang dari dua tahun yang lalu, haha 😛 .

Aku memilih Geneva sebagai tujuanku kali ini adalah karena alasan yang … avgeek banget! 😛 Jadi ceritanya awal tahun ini aku membaca informasi bahwa Air France akan mengoperasikan rute musiman satu kali seminggu Marseille – Geneva di musim panas ini. Rutenya akan dioperasikan oleh HOP! Regional dengan pesawat Embraer ERJ145; jadi sebenarnya sih baik maskapai maupun tipe pesawatnya sudah pernah aku terbangi sebelumnya. Tapii, aku merasa rutenya kan menarik dan anti-mainstream gitu ya sehingga akan menjadi tambahan yang unik kan untuk peta penerbanganku! Huahahaha 🙈.

Dan kemudian, kebetulan pula aku menemukan deal tiket yang oke yang melibatkan penerbangan ini, dengan rute berikut:

Ruteku akhir pekan ini. Dari gcmap.com

dengan jadwal yang oke yang juga membuatku bisa menginap semalam di Geneva. Dan jadilah tanpa pikir panjang tiketnya langsung aku beli, haha.

Dan seperti yang lalu, Geneva masih asyik! Tetapi tentu saja aku tidak memiliki banyak waktu untuk dihabiskan di kotanya. Di samping itu, aku pergi ke sebuah party besar di Jumat malam (ceritanya menyusul 😀 ) sehingga aku merasa capek banget deh seharian di hari Sabtu; yang mana tentu mempengaruhiku dalam perjalanan ini, haha.

Anyway, kalau dipikir-pikir lagi sekarang, aku baru sadar bahwa dua kunjunganku ke Geneva sejauh ini keduanya dimotivasi oleh alasan yang avgeek banget. Jika penyebab utama dari perjalanan kali ini adalah rute yang menarik, perjalanan pertamaku dua tahun yang lalu disebabkan oleh penerbangan kebebasan kelimanya Kuwait Airways dari Frankfurt ke Geneva! Walaupun waktu itu Kuwait Airways, dengan mengecewakannya, semena-mena memindahkanku ke penerbangannya Lufthansa Cityline sih jadi sebenarnya aku tidak mendapatkan apa yang aku mau, haha.

EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#2124 – A Long Weekend in Budapest (Part II: The Flights Drama)

ENGLISH

Posts in the Long Weekend in Budapest series:
1. Introduction
2. Part I: Buda of Budapest
3. Part II: The Flights Drama
4. Part III: Pest of Budapest

Between stories of Buda and Pest, let me share a couple of stories of what happened to and during my flights; which both turned out to be “unusual”, in a very different way.

A Barf Bag Story

A “unique” incident happened during my KL1977 flight to Budapest. First of all, let me warn you that this incident is “gross” so if you don’t feel like reading it, I recommend you to skip this section altogether. Proceed on your own risk, haha…

The incident took place on board this KLM’s Boeing 737-800 reg PH-BXY

At one point during the flight I was queuing for one of the two lavatories at the rear of the plane. Both cabins were occupied at the time and there were two ladies in the line in front of me. Then suddenly, a young guy stood up and briskly walked (it was almost “running” actually) towards the back of the plane, appearing to be “rushing”. For a split second I was a little bit annoyed because I thought he was intending to cut the lines but nonetheless I let him anyway; giving him the benefit of the doubt. This … turned out to be a great decision (for me) because …

literally after passing myself, he started to puke! Like, he was puking so bad that the puke sprayed over onto the lady at the front of the line (who then screamed out of shock) and onto the lower arm of the lady in front of me. I mean, WTF. Btw, it was a really “bad” puke, where he went on a few “rounds”. All of it, of course, spilled all over the floor of the rear galley because at the time both lavatories were occupied. As for myself, I was “safe”; and then I was asked to use the lavatory at the front of the plane.

When I came back to my seat, I checked if KLM provided a barf bag in each seat. And they did. So I was wondering why the guy did not use the barf bag instead. But perhaps it was his reflex to go to the toilet when feeling like puking or that perhaps he wasn’t aware of the barf bag … or both.

A KLM’s barf bag

The flight attendants were really professional, btw. Of course they had to wipe and clean the floor, which they did quickly; they also helped the guy and the unlucky lady who then (obviously) changed her clothes, and made sure that she, too, was alright.

Yeah, what an experience to witness!

A Delayed Flight Drama

Anyway, I mentioned in the Introduction post, here is the original routing of my flights for this trip:

To get back to Amsterdam, I was supposed to fly an Air France’s flight to Paris-CDG then transferred to KLM’s last Paris-CDG to Amsterdam that day, with only 40 minutes of transfer time. It was really tight, but doable.

The trip started smoothly as usual. I arrived a little bit early at the airport so the check-in desks were still closed. Nevertheless, I still could get my boarding pass via the self check-in machine. I then cleared security and went to the (small) lounge.

Then I noticed that my Air France flight to Paris would be delayed by 30 minutes. With only 40 minutes of transfer in Paris, of course I immediately understood that this was a signal of an upcoming problem; especially that I was transferring to Air France/KLM’s last flight to Amsterdam from Paris! I then asked the lounge agent who then informed me that there was no ticketing agent in the airside so I would need to get back to the check-in area in the landside to confirm my status. It would be very inconvenient, but I felt like this was the better alternative than just doing nothing and letting the situation unravel.

By the time I arrived at the check-in area (for the second time today), the delay had been extended to one hour.

The check-in desks were already opened at the time but the lines were uncharacteristically crowded, including the Priority line, haha. Anyway long story short I explained my situation to the check-in lady, who was nice and worked very efficiently. Fortunately, it was still in time for me to be transferred to KLM’s last direct flight back to Amsterdam today, and there were still quite some seats available! Of course Air France/KLM moved me to this direct flight free of charge; as otherwise they would likely need to provide me a big amount of compensation under the Flight Compensation Regulation 261 of the European Union Law, an amount that would have been a lot more than the ticket price I paid (i.e. I would have made a “profit” out of this trip, lol 😆 ).

Luckily it was still in time for me to get transferred to KLM’s last direct flight to Amsterdam with this Boeing 737-800 reg PH-BCA

So yeah, instead of flying the triangle AMS-BUD-CDG-AMS routing this long weekend, I ended up only flying the “efficient” AMS-BUD-AMS routing, haha. Btw, eventually the Air France flight to Paris was delayed for almost four hours, arriving at Paris-CDG only at 11:19 PM! If I had been taking that flight, I would have needed to stay overnight at Paris-CDG (which Air France/KLM would pay for, I assume) and, presumably, would have been transferred to one of Air France/KLM’s morning flights the next day to Amsterdam. Thankfully I was able to realize the upcoming of this problem and that I was being proactive in preventing it from unraveling in the first place!

Delayed AF1295

It would have been a huge inconvenience; and to be honest I am not sure if the compensation would have made up for it, haha 😆 .

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Long Weekend in Budapest:
1. Introduction
2. Part I: Buda of Budapest
3. Part II: The Flights Drama
4. Part III: Pest of Budapest

Di sela-sela cerita dari Buda dan Pest, aku isi dulu dengan dua cerita akan apa yang terjadi dengan dan dalam penerbangan-penerbanganku; yang mana keduanya adalah kejadian yang “tidak biasa”, dalam hal yang berbeda.

Cerita Kantong Mabuk Udara

Satu kejadian “unik” terjadi di penerbangan KL1977ku ke Budapest. Pertama-tama, aku peringatkan bahwa kejadian ini “menjijikkan” sehingga kalau ogah membaca beginian, bagian ini silakan dilewati saja. Jadi sudah pada paham risikonya ya, haha…

Kejadiannya mengambil tempat di dalam pesawat Boeing 737-800 rego PH-BXYnya KLM ini

Di satu waktu ketika sedang terbang aku mengantri untuk menggunakan satu dari dua toilet di bagian belakang pesawat. Kedua toiletnya sedang digunakan waktu itu dan ada dua ibu-ibu yang mengantri juga di depanku. Lalu tiba-tiba, seorang laki-laki muda berdiri dan berjalan cepat (nyaris “berlari” sih sebenarnya) ke bagian belakang pesawat, dan dia nampak terburu-buru. Untuk sepersekian detik aku merasa sebal karena kok kayaknya dia mau memotong antrian gitu tetapi pada akhirnya dia aku biarkan lewat; kan aku toh belum tahu motifnya apa kan ya. Ini … ternyata adalah keputusan yang bijak (untukku) karena …

begitu melewatiku, ia tiba-tiba muntah dong! Muntahnya parah banget dimana muntahannya keluar mengenai badan ibu-ibu yang mengantri paling depan (yang mana jelas teriak karena kaget dan syok) dan juga mengenai lengan bawah ibu-ibu di depanku. Maksudku, gila apa-apaan ini yang barusan terjadi! Btw, muntahannya “parah” karena keluarnya dalam beberapa “ronde” gitu. Semuanya, tentu saja, dikeluarkan di lorong bagian belakang pesawat karena waktu itu kedua toilet sedang dipakai. Untukku, aku sih “aman”; dan kemudian aku diminta untuk menggunakan toilet di bagian depan pesawat.

Ketika aku kembali di kursiku, aku mengecek apakah KLM menyediakan kantong mabuk udara di setiap kursi. Dan ternyata memang ada kok. Jadilah aku penasaran mengapa ya laki-lakinya itu tidak menggunakan kantongnya. Tapi mungkin refleks ya untuk pergi ke toilet ketika merasa ingin muntah, atau mungkin dia tidak menyadari keberadaan kantong ini, … atau mungkin keduanya.

Kantong mabuk udaranya KLM.

Pramugarinya profesional sekali, btw. Jelas mereka harus mengelap (atau mengepel?) dan membersihkan lantainya dari muntahan, yang mana mereka lakukan dengan cepat; mereka juga membantu laki-laki dan ibu-ibu yang sedang sial itu yang mana (jelas) harus ganti baju, dan memastikan pula bahwa ibu-ibu ini juga tidak apa-apa.

Iya, sebuah kejadian tidak biasa!

Drama Penerbangan Delay

Anyway, kusebutkan di bagian Introduction bahwa rute awal penerbanganku untuk perjalanan ini adalah sebagai berikut:

Untuk kembali ke Amsterdam, aku memiliki tiket untuk terbang dengan Air France ke Paris-CDG dan kemudian transfer ke penerbangan terakhir Paris-CDG ke Amsterdam-nya KLM hari itu, dengan waktu tranfer yang hanya 40 menit. Mepet banget sih memang, tapi masih bisa dan sempat kok.

Perjalanannya dimulai dengan mulus seperti biasa. Aku tiba di bandaranya agak kepagian sehingga konter check-in-nya masih tutup. Toh biarpun begitu, aku masih bisa mendapatkan boarding pass-ku dengan menggunakan mesin self check-in. Aku kemudian melalui pemeriksaan sekuriti dan menunggu di lounge (yang berukuran nggak terlalu besar).

Lalu aku lihat di layar penerbangan Air France-ku ke Paris akan terlambat 30 menit dong. Dengan waktu transfer yang hanya 40 menit di Paris, aku langsung jelas memahami bahwa ini adalah sebuah pertanda akan masalah besar yang bakalan segera datang; terutama karena aku akan transfer ke penerbangan terakhir-nya Air France/KLM ke Amsterdam dari Paris hari ini! Aku kemudian bertanya ke petugas lounge-nya yang memberi-tahuku bahwa sayangnya tidak ada petugas tiket di airside bandara sehingga aku harus pergi ke luar kembali ke area check-in di sisi landside untuk memastikan statusku. Bakal nggak nyaman dan repot sih, tapi aku merasa ini adalah alternatif yang lebih baik daripada diam saja dan pasrah.

Ketika aku tiba kembali di area check-in, delay-nya sudah memanjang menjadi satu jam.

Kali ini konter check-in-nya sudah ramai dan kebetulan pula tidak seperti biasanya antriannya panjang, termasuk di jalur prioritas. Singkat cerita, aku jelaskan situasiku ke petugas check-in-nya, yang sangat membantu dan bekerja dengan sungguh efisien. Beruntung sekali masih ada cukup waktu untukku dipindahkan ke penerbangan langsung terakhirnya KLM ke Amsterdam hari ini, dan pas pula masih ada lumayan banyak kursi yang tersedia! Jelas Air France/KLM memindahkanku ke penerbangan langsung ini dengan tanpa biaya sama sekali; karena jika tidak kemungkinan besar mereka harus memberikan kompensasi yang sangat besar untukku berdasarkan Regulasi Kompensasi Penerbangan 261 di bawah Hukum Uni Eropa, yang mana besarnya jauh lebih banyak daripada total harga tiket pp-ku (dengan kata lain, aku bisa malah mendapatkan “untung” nih dari perjalanan ini, haha 😆 ).

Untungnya masih ada cukup waktuku untukku dipindahkan ke penerbangan langsung terakhirnya KLM ke Amsterdam dengan Boeing 737-800 rego PH-BCA ini

Jadi ya, bukannya terbang dengan rute segitiga AMS-BUD-CDG-AMS akhir pekan ini, aku malah terbang di rute “efisien” AMS-BUD-AMS, haha. Btw, pada akhirnya penerbangan Air France ke Parisnya itu delay sekitar hampir empat jam dong, dan baru tiba di Paris-CDG jam 11:19 malam! Andaikata aku terbang dengannya, aku bakalan harus menginap ekstra semalam di Paris-CDG (yang mana aku duga biayanya juga akan ditanggung Air France/KLM) dan, aku asumsikan, akan dipindahkan ke salah satu penerbangan paginya Air France/KLM keesokan harinya ke Amsterdam. Beruntung sekali aku bisa menyadari masalah yang akan terjadi ini dan aku bertindak proaktif untuk mencegahnya terjadi!

AF1295 yang terlambat

Pastinya bakal tidak nyaman banget kan ya; dan sejujurnya aku nggak yakin sih kompensasinya bakalan worth it, haha 😆 .

EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#2117 – A Koningsdag 2018 Weekend in Switzerland (Part II: Zürich)

ENGLISH

Posts in the Koningsdag 2018 Weekend in Switzerland:
1. Introduction
2. Part I: Luzern
3. Part II: Zürich

Zürich

I already bought my train ticket from Luzern to Zürich since about two weeks before the trip, as this way I could get a 70% discount on the (expensive) Swiss train ticket, which certainly was a much welcomed deal for me, haha. The discount came with a restriction, though, where the ticket would be valid on the specified train service, which in my case was the 11:35 AM service, rather than any service from Luzern to Zürich HB.

Delayed Swiss train, almost unheard of!

Anyway, one aspect the Swiss Railways is famous for is its punctuality and reliability, that is the best one in Europe and the second best one in the world (only after Japan). The Dutch Railways, btw, comes third. But this doesn’t mean that problems never occur; as problems are always unavoidable. And on this trip, for the first time ever I encountered a delayed Swiss train! For whatever reason, my train ride departed 8 minutes late, which obviously was almost unheard of for a Swiss train! Haha 😆 .

I arrived at Zürich at around 12:45 PM and immediately went to my hotel to check in and rest for a little bit. I had quite a big breakfast so I wasn’t feeling very hungry. I decided that I wanted to take things easy today, as this was my third time in Zürich and my latest visit there was only a year ago.

Though, after some rest I decided to go out. My trip last year was also a short one where I focused more on the area around Lake Zürich and the Limmat River. This time, I decided to explore the area I didn’t visit last year, but had visited back in 2011, that was the area of the famous ETH Zürich atop of a hill.

Zürich as seen from the ETH.

It felt strange though that not much had changed since my visit in 2011, that was almost seven years ago! The Polybahn funicular was still there, the large terrace overlooking Zürich was still there and, unsurprisingly, well maintained, even the same ancient animal model was still there in the Zoology museum!

After a quick afternoon snack, I went back to the hotel. During dinner time, I didn’t feel like walking (As I had walked a lot on this trip up to this point) so I just went to the hotel’s restaurant, which was a good decision anyway as I got a 10% discount as I was staying at the hotel, haha. I had Zürich’s famous Geschnetzeltes, which I actually also had last year, haha.

Zürcher Geschnetzeltes

Back to the Netherlands

To get back to the Netherlands, I took Air France flights via Paris. I arrived really early at the airport and waited for my flight at the Aspire Lounge, the lounge Air France/KLM contracted there. When I arrived the lounge was quite busy but it quickly got “calmer” as the late morning “rush hour” passed. The lounge was cozy and decent. The only downside was that they didn’t provide their own wifi connection and we were given access code for the airport’s connection. The problem was that the code could only be used for two hours per device, which was annoying to me as I had more than two hours before my flight and I only had one device with me. Ah well…

The snack service on board Air France’s flight AF1615 to Paris

Anyway, both of my flights were pleasant Air France flights with their Airbus A318 reg F-GUGM from Zürich to Paris-CDG and Airbus A320-200 F-GKXM from Paris to Amsterdam; so there was not much I would like to share here. Only that, well, as usual, I really loved Air France’s catering, also in economy! 😀

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Akhir Pekan Koningsdag 2018 di Swiss:
1. Introduction
2. Part I: Luzern
3. Part II: Zürich

Zürich

Aku sudah membeli tiket keretaku dari Luzern ke Zürich semenjak sekitar dua minggu sebelumnya, karena dengan begini aku mendapatkan diskon 70% dari tiket kereta di Swiss (yang mahal itu), yang mana diskon yang lumayan banget kan ya untukku, haha. Diskon ini datang dengan satu aturan khusus sih, dimana tiketnya hanya berlaku di layanan kereta yang sudah ditentukan, yang mana dalam hal ini kereta jam 11:35 pagi, dan bukannya berlaku di kereta apa pun dari Luzern ke Zürich HB.

Kereta yang terlambat di Swiss, hampir tidak pernah terjadi!

Anyway, satu aspek dari Kereta Api Swiss yang amat terkenal adalah ketepatan-waktu dan keandalannya, yang mana adalah yang terbaik di Eropa dan terbaik nomor dua di dunia (setelah Jepang). Kereta Api Belanda, btw, berada di peringkat ketiga sedunia loh. Tapi ini bukan berarti yang namanya masalah tidak pernah terjadi di Kereta Api Swiss ya; karena namanya masalah kan pasti akan selalu ada. Dan di perjalanan ini, untuk pertama kalinya aku mendapatkan kereta di Swiss yang terlambat dong! Entah apa alasannya, keretaku berangkat terlambat 8 menit dong dari jadwal, yang mana adalah keterlambatan yang amat keterlaluan kan ya untuk kereta Swiss! Haha 😆 .

Aku tiba di Zürich sekitar jam 12:45 siang dan langsung pergi ke hotel untuk check-in dan beristirahat sejenak. Karena sarapanku besar, aku tidak merasa terlalu lapar siang itu. Aku memutuskan untuk bersantai saja hari ini, karena toh ini adalah kali ketigaku di Zürich dan kunjungan terakhirku barulah tahun lalu saja.

Tapi ya tetap sih setelah istirahat sejenaknya selesai, aku keluar juga, haha. Perjalanan tahun laluku adalah perjalanan singkat juga dimana aku fokus di area di sekitar Danau Zürich dan Sungai Limmat. Kali ini, aku memutuskan untuk jalan-jalan di area yang tidak kukunjungi tahun lalu, tapi sebenarnya sudah pernah kukunjungi di tahun 2011 dulu, yaitu areanya universitas ETH Zürich yang terkenal itu yang berlokasi di atas bukit.

Zürich dari ETH.

Aneh juga lho melihat tidak banyak yang berubah dari tahun 2011, yang mana nyaris tujuh tahun lalu kan ya! Funicular Polybahn-nya masih ada, teras besar darimana kita bisa melihat pemandangan kota Zürich juga masih ada dan, tidak mengejutkan, terawat dengan baik, dan bahkan model binatang purbanya pun masih ada di Museum Zoologi!

Setelah snack sore, aku kembali ke hotel. Di jam makan malam, entah mengapa aku malas gerak (Karena aku sudah banyak berjalan-kaki juga sih di perjalanan ini, haha) jadilah aku makan di restoran hotelnya saja, yang mana toh adalah keputusan yang baik karena aku mendapatkan diskon 10% akibat aku menginap di hotelnya, haha. Aku memesan Geschnetzeltes a la Zürich yang terkenal itu, yang sebenarnya sudah kucoba tahun lalu, haha.

Zürcher Geschnetzeltes

Kembali ke Belanda

Untuk kembali ke Belanda, aku menaiki penerbangannya Air France via Paris. Aku tiba terlalu awal di bandaranya dan menunggu penerbanganku di Lounge Aspire, yang mana dikontrak oleh Air France/KLM di bandara ini. Ketika aku tiba di sana, lounge-nya ramai banget tapi situasi berangsur menyepi begitu waktu “rush hour“-nya terlewati. Lounge-nya sendiri nyaman dan lumayan lah. Sisi negatifnya adalah mereka tidak menyediakan koneksi wifi sendiri dan pengunjung diberikan akses untuk menggunakan koneksi yang disediakan oleh bandaranya. Masalahnya akses ini hanya berlaku untuk penggunaan selama dua jam per device, yang mana menyebalkan untukku karena waktu tungguku kan lebih dari dua jam dan aku hanya membawa satu device saja. Ah, ya sudah lah…

Layanan snack di penerbangan Air France AF1615 ke Paris

Anyway, kedua penerbangannya adalah penerbangan yang nyaman dengan Air France dengan pesawat Airbus A318 rego F-GUGM dari Zürich ke Paris-CDG dan Airbus A320-200 F-GKXM dari Paris ke Amsterdam; jadi nggak banyak yang ingin kuceritakan di sini. Cuma ya, seperti biasa, aku suka catering-nya Air France, termasuk di kelas ekonomi! 😀

Aviation, North America Trip, Trip Report, USA, Vacation

#2107 – 2018 Spring Break (Part VII: Air France AF137 ORD-CDG in Business Class)

ENGLISH

Posts in the 2018 Spring Break series:
1. Introduction
2. Part I: Getting to New Orleans
3. Part II: New Orleans
4. Part III: NOLA the Foodie Destination
5. Part IV: New Orleans to Chicago
6. Part V: Chicago the City
7. Part VI: The MCA, Skydeck, and the Food
8. Part VII: Back to Europe in Business Class

Two days before my Air France flights back to Amsterdam via Paris, a part of Air France workers went on strike which meant Air France had to cancel some of their (global) flights. One of these was their daily Paris – Chicago flight that day.

Then on the day of my departure, just before going to the airport, I got a call from Air France’s Chicago office offerring me to switch to KLM’s direct Chicago – Amsterdam flight free of charge. I, of course, declined the offer.

Flight: Air France AF137
Equipment: Airbus A330-200 reg F-GZCH
ATD: 17:37 CDT (Runway 28R of ORD)
ATA: 08:23 CET (Runway 08R of CDG)

After taking the L train to O’Hare Airport and proceeded to Terminal 5, I checked-in at Air France/KLM’s counters. It turned out the agent was the one who contacted me before, haha. He then told me that I had been upgraded to Business Class on the Chicago – Paris flight. Yeay!! 😀

I then cleared security and headed to the Air France/KLM Lounge at Terminal 5. The lounge turned out to be quite small, though I still found it impressive that Air France/KLM operated their own lounge despite Chicago not being a SkyTeam hub (Air France and KLM each only operated one daily flight to Chicago). Anyway, I found the lounge to be sufficient, despite the lack of power ports.

Air France Lounge at Chicago O’Hare Airport

My flight today would be operated with Air France’s Airbus A330-200 reg F-GZCH. Long story short, I walked to the gate, boarded the plane, and turned left to the Business Class cabin 😀 . I took off my coat, which not long after was retrieved by a cabin crew to store it in a cabinet, and settled onto my 2K seat.

The business class cabin on board Air France’s Airbus A330-200 F-GZCH

“Unfortunately”, F-GZCH was still equipped with the old Business Class cabin in 2-2-2 configuration. Plus, the seat was still of the older “angled-lie-flat” one, i.e. we could flatten the seat out, but it would still be angled (not fully horizontal like in KLM’s Boeing 747-400 World Business Class). Despite so, it was still much better than economy so I’d still take it, lol 😆 .

On my business class seat board an Air France’s Airbus A330-200 F-GZCH

The cabin crew went around distributing newspapers, amenity kits, and drinks before departure. The amenity kit pouches were Air France branded and came in a few different colours (I obviously chose the blue one) and for the drink I got myself a champagne, lol 😆 .

Pre-departure drink service: French champagne

After boarding was completed, we began our pushback and, hence, departure to Paris. The safety video was played on the IFE screen. While it was still the same version, I noticed that Air France had changed the music. Somehow I liked the older music better, though. Anyway, here is the new “version” of the video:

Anyway, it was quite a quick taxi to the departure runway, which was runway 28R today. After taking-off, we made a turn towards Paris. Being seat on the right side of the plane, this provided me with a great view of Chicago in the background! 😀

Chicago O’Hare Airport and Downtown Chicago in the background

After the seatbelt sign was switched off, I took off my shoes and stored it in the shoes bag that was provided in the seat. The bag also contained a pair of slippers and socks, which I, then, of course used.

Such a comfortable flight this would be!!

The cabin crew distributed warm towels and the menu book for this flight. And then, they went on another round of drink service and, again, I had a glass of champagne, haha 🙈 .

French champagne service after take-off

The dinner service commenced not long after. There was no choice for the appetizer, which consisted of bresaola, shrimps on ratatoille, and salad with pecans. I accompanied it with a glass of 2016 Loire Blanc. It was, as expected, good!

The appetizer

Then the main course followed with four options: pan-seared tournedos, scallops in lobster sauce, chicken supreme in foie gras sauce, or red bell pepper gnocchi. I was torn between the scallops or the chicken, but in the end settled for the scallops which also came with a serving of basmati rice and carrots. A plate of gourmet cheeses was also served accompanying the main dish. It was really good!!

The main course: scallops in lobster sauce and a plate of gourmet cheeses

The dessert then followed, with two options: a sorbet with fruit salad or bites of cake, tart, and sponge. Initially I opted for the sorbet but then changed my mind to the small bites, haha. I accompanied the dessert with a glass of warm green tea 😀 .

Mini bites for dessert

After dinner, naturally I was trying to get some rest. We were already at the northeastern point of Canada at this point, so this was already about 1/3 way through to Paris! But first, I was browsing what was offerred in the IFE. As mentioned above, unfortunately F-GZCH was still equipped with the old seat and hence also the old IFE system. The content was rather disappointing and the screen was rather small.

Trying to get some rest, and notice the small-ish screen

I then flattened my seat, put my eyepad and blanket on (which were of better quality than in economy), and tried to get some rest. While I wasn’t able to get into deep sleep, this helped a lot as I could still get some rest! A few times I made a few trips to the lavatory, which smelled really good in business class because of the special perfumes, haha. They galley was also full of drink and premium snacks available for business class passengers to grab. The cabin crew was also very courteous. When seeing me in the galley, he asked me if I would like a cup of tea or coffee. I said I was fine and probably would ask for the coffee later just before breakfast.

The business class galley

As we were approaching Ireland, the cabin crew slowly brighten the cabin (They must have closed my window shades when I was asleep, without me noticing!). Not long after, they distributed warm towels and I got my cup of (powdered) cappuccino. Breakfast was then served, which consisted of some pastries, bread rools, fresh fruit, yoghurt, and some warm drinks. It was good.

The breakfast service.

Not long after, we began our descent to Paris-Charles De Gaulle Airport. We flew over the city of Paris before landing at runway 08R of the airport. The plane parked at Concourse L. I disembarked the plane, cleared security and immigration before heading to Terminal 2F for my connecting flight to Amsterdam.

***

I’m not going to share my AF1640 flight to Amsterdam in too much details now. Only that it was operated with Air France’s A321-200 reg F-GTAH and was delayed for about 40 minutes. I was also flying economy on this flight, though I didn’t really mind, haha.

And here, my one week 2018 Spring Break to New Orleans and Chicago officially ended.

THE END.

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri 2018 Spring Break:
1. Introduction
2. Part I: Getting to New Orleans
3. Part II: New Orleans
4. Part III: NOLA the Foodie Destination
5. Part IV: New Orleans to Chicago
6. Part V: Chicago the City
7. Part VI: The MCA, Skydeck, and the Food
8. Part VII: Back to Europe in Business Class

Dua hari sebelum penerbangan Air France-ku ke Amsterdam via Paris, sebagian karyawannya Air France memutuskan untuk mogok kerja yang menyebabkan pembatalan sebagian penerbangan (global)-nya Air France. Salah satunya yang kena adalah penerbangan Paris – Chicago hari itu.

Lalu di hari keberangkatanku, tepat sebelum aku berangkat ke bandara, aku mendapatkan telepon dari kantor Chicagonya Air France yang menawarkanku untuk pindah ke penerbangan langsung Chicago – Amsterdam dengan KLM. Aku, tentu saja, menolak penawaran ini.

Penerbangan: Air France AF137
Pesawat: Airbus A330-200 reg F-GZCH
ATD: 17:37 CDT (Runway 28R of ORD)
ATA: 08:23 CET (Runway 08R of CDG)

Setelah naik kereta L menuju Bandara O’Hare dan berjalan ke Terminal 5, aku check-in di konternya Air France/KLM. Ternyata agen yang melayaniku adalah yang meneleponku sebelumnya, haha. Ia kemudian memberi-tahuku bahwa aku di-upgrade ke kelas bisnis di penerbangan Chicago – Paris. Hore!! 😀

Setelah pemeriksaan sekuriti, aku pergi ke lounge Air France/KLM di Terminal 5. Lounge-nya berukuran cukup kecil ternyata. Walaupun begitu aku masih cukup kagum sih Air France/KLM memiliki lounge-nya sendiri di Chicago padahal bandara ini bukanlah hub dari SkyTeam (Air France dan KLM masing-masing hanya mengoperasikan satu penerbangan per hari ke Chicago). Anyway, lounge-nya bisa dibilang cukup oke lah walaupun nggak spesial-spesial amat, tetapi colokan listriknya tidak begitu banyak.

Lounge Air France di Bandara Chicago O’Hare

Penerbanganku hari ini akan dioperasikan dengan pesawat Airbus A330-200nya Air France dengan rego F-GZCH. Singkat cerita, aku berjalan ke gerbang keberangkatan, naik ke pesawat, dan kemudian berbelok kiri ke kabin kelas bisnis 😀 . Aku melepaskan mantelku, yang mana tidak lama kemudian diambil oleh seorang pramugara untuk disimpankan di kloset mantel, dan duduk nyaman di kursi 2K.

Kabin kelas bisnis di pesawat Airbus A330-200 F-GZCHnya Air France

“Sayangnya”, F-GZCH masih dilengkapi dengan kabin kelas bisnis model lamanya Air France dengan konfigurasi kursi 2-2-2. Ditambah lagi, kursinya pun masih yang bertipe “angled-lie-flat“, alias bisa diratakan tetapi masih “bersudut” (jadi tidak benar-benar horizontal seperti di World Business Class Boeing 747-400nya KLM). Walaupun begitu, kursi ini masih jauh lebih nyaman daripada kursi di kelas ekonomi sih jadi aku mah nggak komplain lah ya, hahaha 😆 .

Di kursi kelas bisnisku di pesawat Airbus A330-200 F-GZCHnya Air France

Pramugarinya membagikan koran, amenity kits, dan minuman sebelum berangkat. Pouch amenity kit-nya bermerk Air France dan datang dengan beberapa pilihan warna (Tentu aku memilih yang berwarna biru) dan untuk minumnya aku memilih segelas champagne, haha 😆 .

Layanan minuman sebelum berangkat: champagne Prancis

Setelah boarding selesai, pushback dimulai sehingga pesawat mulai diberangkatkan ke Paris. Peragaan video keselamatan dimainkan di layar IFEnya. Walaupun masih merupakan versi yang sama, aku perhatikan Air France telah mengubah musiknya. Aku lebih suka musik yang lama nih. Berikut ini “versi” baru videonya:

Anyway, setelah taxiing yang singkat, kami lepas landas dari landasan pacu 28R. Pesawat kemudian berbelok ke arah Paris. Karena duduk di sisi kanan pesawat, aku mendapatkan pemandangan kota Chicago yang keren banget sebagai latar belakang! 😀

Bandara Chicago O’Hare dan Downtown Chicago di latar belakang.

Setelah tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan, aku melepas sepatuku dan menyimpannya di tas sepatu yang disediakan di setiap kursi. Tasnya juga berisi sandal dan kaus kaki, yang mana jelas kemudian aku pakai.

Penerbangannya bakal nyaman nih!!

Awak kabin kemudian membagikan handuk hangat dan buku menu untuk penerbangan ini. Kemudian layanan minuman kembali diberikan, dan aku memilih segelas champagne lagi, haha 🙈 .

Champagne Prancis setelah lepas landas

Layanan makan malam disajikan tidak lama kemudian. Tidak ada pilihan untuk makanan pembuka, yang terdiri atas ham bresaola, udang di atas ratatouille, dan salad dengan kacang pecan. Aku menemaninya dengan segelas 2016 Loire Blanc. Seperti penampilannya, memang enak!

Makanan pembuka

Lalu makanan utama disajikan yang datang dengan empat pilihan: pan-seared tournedos, scallops dengan saus lobster, ayam dengan saus foie gras, atau gnocchi paprika merah. Awalnya aku galau antara scallops atau ayamnya, tetapi kemudian memilih scallops yang disajikan bersama dengan nasi basmati dan wortel. Sepiring keju gourmet juga disajikan bersamaan dengan makanan utama ini. Rasanya enak!!

Makanan utama: scallops dengan saus lobster dan sepiring keju gourmet

Pencuci mulut kemudian disajikan, dengan dua pilihan: es krim sorbet dengan buah-buahan atau potongan mini kue, tart, dan sponge. Awalnya aku memilih es krim sorbet tetapi kemudian berganti pilihan ke potongan-potongan mini itu dengan segelas teh hijau hangat 😀 .

Pencuci mulut mini dan teh hijau hangat.

Setelah makan malam, jelas aku mencoba beristirahat. Kami sudah berada di atas ujung timur laut Kanada waktu ini, yang mana artinya sudah sekitar 1/3 perjalanan ke Paris! Tetapi pertama-tama, jelas aku sudah mem-browsing IFEnya. Seperti yang kusebutkan di atas, F-GZCH masih dilengkapi dengan kursi yang lama sehingga sistem IFEnya pun masih sistem lama. Isinya sedikit mengecewakan dan layarnya berukuran relatif kecil.

Mencoba beristirahat, dan perhatikan layarnya yang berukuran agak kecil.

Aku kemudian meratakan kursiku, memasang penutup mata dan selimut (yang mana berkualitas lebih baik daripada yang di ekonomi, haha), dan mencoba beristirahat. Walaupun aku tidak mencapai fase tidur nyenyak, toh aku bisa beristirahat dengan lumayan! Beberapa kali aku pergi ke toilet, yang mana wangi loh karena diberi parfum, haha. Galley-nya juga penuh dengan minuman dan snack premium untuk penumpang kelas bisnis. Awak kabinnya juga perhatian sekali. Ketika melihatku di galley, ia bertanya apakah aku ingin dibuatkan teh atau kopi. Aku bilang tidak perlu untuk saat itu dan nanti saja sebelum sarapan.

Galley kelas bisnis

Ketika pesawat sudah mendekati Irlandia, awak kabin mulai perlahan-lahan menerangkan kabin pesawat (Mereka menutupkan penutup jendelaku ketika aku tertidur, tanpa menggangguku lho!). Tak lama setelahnya, handuk hangat dibagikan dan aku mendapatkan secangkir cappuccino (dari bubuk bungkusan). Sarapan kemudian dibagikan, yang terdiri atas beberapa potong roti, buah-buahan segar, yoghurt, dan minuman hangat. Enak.

Layanan sarapan.

Tidak lama setelahnya, pesawat mulai turun ke Bandara Charles De Gaulle di Paris. Kami terbang di atas kota Paris sebelum mendarat di landasan pacu 08R. Pesawat diparkir di Concourse L. Aku menuruni pesawat, melewati pemeriksaan sekuriti dan imigrasi, sebelum kemudian berjalan ke Terminal 2F untuk penerbangan lanjutanku ke Amsterdam.

***

Aku tidak akan menuliskan terlalu mendetail penerbangan AF1640ku ke Amsterdam. Hanya saja penerbangannya dioperasikan dengan Airbus A321-200nya Air France dengan rego F-GTAH dan terlambat sekitar 40an menit. Aku juga duduk di kelas ekonomi sih di penerbangan ini, tetapi tidak masalah bagiku, haha.

Dan di sini, liburan musim semi 2018 satu mingguku ke New Orleans dan Chicago resmi berakhir.

SELESAI.