EuroTrip · Off Day Getaway · One Day Trip · Vacation · Zilko's Life

#927 – Weekend Story

ENGLISH

Aside from tennis (Wimbledon), I also had some other occasions last weekend, and they were all fun!

Agus’ Farewell

One Indonesian friend of mine is moving to Germany this month for his second year study. So he decided to throw a small farewell celebration in his apartment last Friday. His wife cooked some Indonesian dishes that were extremely spicy (for me, whose tolerance level for spicy food is kinda low for Indonesian standard (but apparently already pretty high for European standard). But for spicy-lovers, I bet it would not have been a problem, haha :D). I sweated a lot, like really a lot, because of that. I think the last time I sweated that lot because of spicy food was way back back then when I was still in Indonesia. One incident I still remember was this super spicy Be Sere Limo I had when I was on vacation to Bali last year with my friends.

Anyway, it was a fun evening. Thanks Agus and his wife, Maurina 😀 See you next time!

Saturday Getaway

Giethoorn

Friday afternoon, a friend asked me whether or not I wanted to go out that Saturday to Giethoorn with some other friends. There was this promo train ticket from H*ma where we only paid 14.50 euro for a day trip with any train in the Netherlands. So, the far distance between Delft and Giethoorn (about 2 hour and 30 mins with train one way to a nearby town, Steenwijk, plus another 20 mins bus ride to Giethoorn if we choose to take a bus) was not really costy. Somehow, I answered “sure“, :lol:.

As expected, getting to Giethoorn took a really loong time. After like 2 and a half hour train ride, we finally arrived at Steenwijk, whose station did not have an obvious public toilet (the toilet was apparently inside a cafe). To get to Giethoorn, we decided to: bike! We rent bikes for 7.50 euro each and for seven bikes, we had to deposit 250 euro!! 😆 The approx. 9 km distance between Steenwijk and Giethoorn was not felt that far, at least for me. After like some 30 more minutes or so, we arrived at Giethoorn.

My first impression was: “What the hell is this? The houses do look nice but I see practically nothing special” as we just biked through the main road. We went from the sign saying “Welcome to Giethoorn” to another sign saying “you are not in Giethoorn anymore” in the other side of the town village in like 15 minutes or so and there was nothing there. We then biked back to the village and stopped by at a cafe to have some drinks. We asked the waitress about the town, and she told us that we missed the “actual” village, as actually we should not just follow the main road but had to make a turn in one road to get to the “real” village. Well, now it does sound like a “secret village” or so :), but it was their fault for not putting a clear signage about how to get there, right? 😛 Getting this good news, we were eager to find that turn, which was so easily found.

Then, we arrived at the actual village, which was super nice! There was NO big road as the only road was a super narrow one, used by bikers and people, with so many bridges. You will have your biking skill tested for sure if you are there as we have to somehow keep biking without hitting any people and falling to the canal in a super narrow yet so crowded path. The houses and buildings looked super nice (and cute) and there were so many people. In the end, we decided to rent a boat to sail through the canal. We took the short route one as we had time limits for our bikes. And we then realized that the boat moved slowly, as it moved slower than the average speed of old people walking on the canalside, :lol:. At one point I tried to steer the boat, and it was kinda fun!

Four PM, we decided we had had enough time in Giethoorn and biked back to Steenwijk. After returning our bikes, we walked to the station and discussed about what to do next. I had heard a nice Chinese food restaurant in Amsterdam and I had really wanted to try it. And because now we had this day train ticket, we could go to Amsterdam without spending extra money, right? And it happened that one friend knew where the restaurant was. So I suggested this idea. And all friends agreed with that (to my delight) and so there we went next: Amsterdam.

Chinese food in Amsterdam

We arrived at the restaurant, and it was super full! (a good sign that it was indeed a good restaurant). We had to wait for an available table. But since there were seven of us, the waitress said it would have been practically impossible to find an available table for all of us because all bigger tables had been reserved. So, she suggested that we had meal in two different tables. Feeling super hungry and not knowing whereelse to go (unless we wanted to eat in some fast food restaurants, which we did not), we decided to accept the offer.

I looked at the menu, and I was so excited seeing that many menus were super familiar with menus I would have found if I were in Indonesia, like fuyunghai, kolokee, capcay, etc. I felt like I wanted to order them all, muahahaha, but I know I could not do it, :lol:. So, after considerationg and asking myself deeply (lol) about what I really wanted to eat, I picked pangsit goreng (fried wonton) and kolokee. Yeah, finally I ate pangsit goreng here in Europe!

And how was it? It was great and delicious! Well, I am not saying that it was the best and most delicious meal I have ever had, since I think there are many restaurants in Indonesia that serve more delicious meal. However, as for European standard, this restaurant cooked a really good chinese food! And for me, it was a real one, you know, there was not so much European “influence” in the meal itself (sometimes some restaurants here put some European “influence” in the meal they cook to match them more with European tounge, which for people coming from Asia, the meal would taste spiceless). The price was kinda expensive though, but it was still okay. I mean, I know there were some other places whose price were lower, but they were fast food restaurants and the European influence in the meal was kinda strong.

And I was so satisfied!

BAHASA INDONESIA

Selain tenis (Wimbledon), aku juga ada beberapa kegiatan lain yang kulakukan selama wiken kemarin ini, dan semuanya asyik2 loh!

Perpisahannya Agus

Seorang temanku dari Indonesia akan pindah ke Jerman bulan ini untuk studi tahun keduanya. Makanya ia memutuskan untuk mengadakan semacam perayaan kecil gitu di apartemennya hari Jumat lalu. Istrinya memasak beberapa masakan Indonesia yang pedes banget (untuk standarku yah, yang level toleransi terhadap masakan pedasnya rendah sekali untuk standar Indonesia (tapi ternyata untuk standar Eropa aku sudah tergolong suka pedas loh). Tapi untuk yang suka pedas, harusnya nggak masalah sih, haha :D). Gara2 pedasnya itu aku sampai berkeringat banyak, banyak banget deh. Aku rasa terakhir kali aku berkeringat karena makan masakan pedas ya dulu waktu masih di Indonesia. Satu insiden yang aku masih ingat adalah insiden Be Sere Limo super pedas yang aku makan ketika aku lagi liburan ke Bali tahun lalu sama teman-temanku.

Ya eniwei, malam itu menyenangkan sekali. Terima kasih yah Agus dan istrinya, Maurina 😀 Sampai jumpa lain waktu!

Liburan di hari Sabtu

Giethoorn

Jumat siang, temanku nanya aku mau nggak ikutan jalan-jalan di hari Sabtunya ke Giethoorn bareng anak-anak lain. Kan ceritanya lagi ada tiket kereta promo nih dari H*ma dimana kita hanya perlu membayar 14,50 euro untuk naik kereta apa pun selama seharian di Belanda. Jadi, jarak yang jauh antara Delft dan Giethoorn (sekitar dua setengah jam deh perjalanan dengan kereta ke kota terdekatnya, Steenwijk, plus perjalanan dengan bus sekitar dua puluh menit ke Giethoorn kalau kita mau naik bus) jadi nggak terlalu mahal. Entah kenapa koq aku menjawab “ikut“, :lol:.

Seperti yang disangka, perjalanan menuju Giethoorn itu memakan waktu lama banget yah. Setelah sekitar dua setengah jam di kereta, kami akhirnya tiba di Steenwijk, yang mana stasiunnya nggak punya toilet umum yang jelas (toiletnya ternyata ada di dalam kafe, ya kan meneketehe kalau ada disitu). Untuk ke Giethoorn-nya, kami memutuskan untuk: sepedaan! Jadi kami menyewa sepeda dengan harga 7,50 euro per orang untuk disewa seharian dan untuk tujuh sepeda, kami harus deposit uang 250 euro loh!! 😆 Jarak sekitar 9 km antara Steenwijk dan Giethoorn ternyata nggak terasa jauh-jauh amat juga, setidaknya untukku sih. Setelah sekitar sepedaan selama sekitar 30 menit, kami tiba deh di Giethoorn.

Kesan pertamaku adalah: “Apa-apaan sih ini? Rumah-rumahnya memang sih bagus dan lucu-lucu, tapi nggak ada yang spesial deh” ketika kami sepedaan melewati jalan utamanya. Kami sepedaan mulai dari tanda “Selamat datang di Giethoorn” sampai tanda “Giethoorn coret” loh di sisi lain kotanya desanya dalam waktu 15an menit, dan nggak ada apa-apanya gitu. Ya udah kami kemudian balik ke desanya lagi dan berhenti di sebuah kafe buat istirahat sedikit. Kami bertanya ke pelayannya dan ia memberi-tahu bahwa ternyata kami “melewatkan” desa yang sebenarnya, soalnya ternyata seharusnya kami nggak ngikutin jalan utamanya, tapi harusnya belok di sebuah pertigaan gitu untuk masuk ke desa yang “sebenarnya”. Halah, apaan sih malah kayak desa tersembunyi aja yah, haha 🙂 Habis sapa suruh juga bikin desa koq nggak ada papan petunjuknya. 😛 Mendapat kabar baik ini, kami bersemangat mencari belokan itu, dan ternyata mudah ditemukan.

Kemudian kami tiba di desa yang sebenarnya, yang memang bagus! NGGAK ada jalan besar loh, dan jalan utamanya itu sempit buanget, yang dipake sama orang yang naik sepeda dan pejalan kaki, dengan banyak sekali jembatan. Kalau sepedaan disana beneran deh kemampuan bersepeda kita akan sangat diuji soalnya kita kan harus tetap sepedaan tanpa nabrak orang atau kecemplung kanalnya di jalan yang super sempit tapi ramenya bukan main. Rumah-rumah dan bangunan-bangunannya terlihat bagus-bagus (dan lucu-lucu) dan kemarin itu lagi ada buanyak banget orang. Akhirnya, kami memutuskan untuk menyewa sebuah perahu untuk keliling kanal-kanalnya itu. Kami mengambil rute yang pendek aja soalnya kan ada batas waktu untuk peminjaman sepedanya tuh. Dan kami kemudian sadar kalau perahunya bergeraknya pelan banget yah, lebih pelan dari oma-oma yang jalan kaki di sisi kanal loh, :lol:. Di satu waktu aku mencoba mengendalikan perahunya, dan ternyata asyik juga ya!

Jam 4 sore, kami merasa sudah cukup deh di Giethoorn dan lalu sepedaan kembali ke Steenwijk. Setelah mengembalikan sepeda, kami berjalan kembali ke stasiun dan berdiskusi mau ngapain setelahnya. Sudah lama aku mendengar ada restoran Chinese food di Amsterdam yang katanya enak banget dan aku pengen mencobanya. Dan karena kemarin kami memiliki tiket kereta promo seharian itu, jadi ke Amsterdam juga nggak akan membuat kita mengeluarkan ekstra uang dong dari segi transportasi. Dan kebetulan satu temanku juga tahu lokasi restoran itu. Jadi aku mengusulkan ide ini. Dan ternyata semuanya pada setuju (untunglah) dan itulah tujuan kami setelahnya: Amsterdam.

Chinese food di Amsterdam

Kami tiba di restorannya, dan restorannya penuh banget loh! (pertanda baik kalo ini adalah restorang yang oke). Kami sampe harus ngantri buat dapat meja. Namun, karena kami bertujuh, pelayannya ngomong susah banget bagi kami untuk mendapatkan meja kosong yang cukup buat semua karena semua meja yang besar sudah dipesan. Jadi, ia menyarankan untuk kami makan di meja yang terpisah saja. Karena uda lapar banget dan nggak tahu mesti kemana (kecuali kami mau makan di restoran cepat saji, yang kemarin ini kami lagi nggak mau), ya udah kami menerima sarannya.

Aku melihat menunya, dan langsung bersemangat ketika melihat nama menu yang familier dan akan kutemukan kalau aku berada di Indonesia, misalnya fuyunghai, kolokee, capcay, dll. Aku merasa pengen memesan semua, muahahaha, tapi lalu sadar itu nggak mungkin, 😆 Jadi ya udah setelah menimbang-nimbang dan bertanya ke lubuk hati yang paling dalam tentang apa yang ingin aku makan (halah), aku akhirnya memesan pangsit goreng dan kolokee. Ya, akhirnya aku makan juga pangsit goreng di Eropa ini!

Dan bagaimana rasanya? Enak loh! Yah, aku nggak bilang ini adalah makanan terbaik dan terenak yang pernah aku makan ya, soalnya aku rasa masih banyak koq rumah makan di Indonesia yang masakannya lebih enak. Hanya saja, untuk standar Eropa, rumah makan ini benar-benar memasak chinese food yang oke loh! Dan untukku, memang terasa beneran chinese food, nggak banyak “pengaruh” Eropanya di masakannya (kan kadang banyak rumah makan disini yang memberikan “pengaruh” Eropa ke masakan yang mereka masak supaya lebih cocok sama lidah Eropa gitu, yang bagi orang yang datang dari Asia, masakannya jadi terasa hambar dan kurang bumbu). Harganya lumayan mahal sih menurutku, tapi masih oke lah. Maksudku, aku tahu beberapa tempat lain yang harga masakannya lebih murah, tapi kan mereka itu rumah makan cepat saji, dan pengaruh Eropanya terasa lumayan kuat.

Dan aku merasa puas!

My Interest · Off Day Getaway · Tennis · Zilko's Life

#920 – Saturday Story

ENGLISH

Warning: this will be a long entry 😛

How was my last Saturday? Well, it was great!! It still had something to do with tennis though. But don’t worry, I will not only write about tennis in details here 🙂

Anyway, the theme of my last Saturday was the Unicef Open, a joint ATP and WTA tournament held in (near) ‘s-Hertogenbosch, in the Netherlands. You know, earlier this month I bought a ticket for this tournament because it was a tournament in the Netherlands (so supposedly not so far from where I live now, only 150 km-ish) and some of my favorite players (especially in the women’s field) had committed to participate.

However, earlier this week, many of my favorites already fell down, namely Kim Clijsters and Kimiko Date Krumm. Other non-favorite-but-I-still-want-to-watch-them-play players, namely Svetlana Kuznetsova, Flavia Pennetta, Yanina Wickmayer, and Dominika Cibulkova also fell before the final. Lucky, one of my most favorite players made it to the final: Jelena Dokić!! This made me excited to go through the almost 3 hour trip from Delft to Autotron in Rosmalen, where the tournament took place.

‘s-Hertogenbosch

As the first leg of my trip, I had to go first to ‘s-Hertogenbosch, or also known as Den Bosch. So, I caught an early Intercity (IC) train from Delft then changing train in Breda to catch a Sprinter to Den Bosch. I arrived in Den Bosch at around 10 AM. Because the bus that would take me to Autotron would leave at 10.25 AM, that meant I had almost 20-ish minutes to kill. I decided to walk around a bit in Den Bosch, as I had also never visited Den Bosch before.

Well, maybe because I have been living in Europe for more than nine months now, so I am not that “easily-impressed” anymore. Well, true, the architecture is still beautiful and “so-European”, but Den Bosch was just like another Dutch cities, at least the part I walked through. One cool thing about this city was a “dragon” fountain (I named it myself tho 😆 ), a fountain with dragons’ sculptures in it! Cool!! No?

Bus Ride to Autotron

At 10.25 AM, finally bus number 90 arrived. About half an hour later, we arrived at Autotron bus stop, bus stop where I was supposed to get off. So, I got off (of course!). But then, I looked around, and guess what I saw?? I was in the middle of freaking nowhere!! Looking around, there was no sign of a tennis tournament nor a tennis club or something. What the hell was this??

Luckily, about 80% of the passengers of that bus were also spectators of the tournament. So, I just followed them, muahahaha :lol:. And apparently the tennis club was a bit around the corner, and yeah, it was kinda not so obvious that a tennis club was there, 😆 .

Unicef Open

So, I walked from the bus stop to the center court, and it was a looong walk. I just checked in Google Map, and apparently, the centre court was 1.5 km away from the bus stop!! Btw, why did they name the bus stop “Autotron” when in fact it was still far from Autotron? It confused people, especially first timers. Can’t they build it a bit closer? hahaha…

Anyway, I arrived at the centre court at around 11.10 AM, just in time for the rest of the suspended women’s doubles’ final from the day before. The match had already been resumed though, so I could not get in and took a seat (but I still could stand on the entrance stairs and watched the remaining of the match). In the end, Barbora Záhlavová-Strýcová and Klára Zakopalová defeated Flavia Pennetta and Dominika Cibulková [10-7] in the super tie-break.

Then, finally I could get in to the tribune. Even though I had a free-seating ticket, I still could not sit on the first three rows. Seats in those rows had numbers and they were for those who paid extra for reservation. So, I sat in the fourth row (muahahaha… 😆 ).

At noon, the women’s singles’ final match was started. And my favorite player: Jelena Dokić entered the stadium! (followed by her opponent, Roberta Vinci). The match went very exciting. Dokić won the first set through a tight tie-break, winning it 9-7 in the tiebreak. In the second set, at 2-2 15-30 at Vinci’s serve, the match was suspended due to light shower (this shower would eventually be theme of the day though). But about 15 minutes later, the shower stopped and the match was resumed. Unfortunately, for Jelena, the suspension messed her rhythm up a little bit. She started to make more unforced errors, eventually succumbing 3-6 to Vinci in the second set. Thus a decider set had to be played. After both player held their serves for several games, Vinci took the first break and served for the championships at 5-4. However, Jelena stepped her game up and broke Vinci’s serve, leveling it back to 5-5. However, then Jelena started to make another too many unforced errors, practically giving the break away to Vinci. Serving for the championships for the second time at 6-5, Vinci directly led 40-0, giving her three championships points. Jelena then again stepped her returning game back, making three beautiful returns of serve, thus saving those freaking three championships points. Vinci then produced a good serve, giving her the advantage and another championships point. In the next point, she managed to forced Jelena to produce an error. Thus, Roberta Vinci beat Jelena Dokić 6-7(7), 6-3, 7-5!

As a fan, yes, I was disappointed a bit because Jelena lost just by a super narrow margin. I mean, she could have won the championships! It was just that she produced too many unforced errors, and during crucial times, she made those errors! At least it was a tight match though, so it was not that bad. But as a spectator, I was satisfied because it was a good match afterall. I definitely felt my 50 euro ticket worth it! 🙂

Right after the women’s singles’ final was concluded, it started to rain again! This caused the men’s singles’ final to be delayed!

Anyway, what did I do during those rain-suspensions? Well, at first I just sat on my good seat in centre court (I did not want anyone else to take it from me, hahaha… :D). But then because it turned out to be a long wait, I decided to walk around the tennis club a bit. I window-shopped at several stores around, but in the end ended up buying a cap as a souvenir and limited-edition tennis balls, 😆 . But the tennis balls were a good deal though, it was only 5 euro for those three limited edition balls! And those balls were not like other limited edition balls, as these balls were the balls from Wimbledon this year used in Unicef Open so that the players would get used to it. And this year, Wimbledon is celebrating its 125th edition! And so on the balls, “Wimbledon 125 Years” is encrafted. So, these balls were the limited edition of limited edition balls!! And it was only 5 euro! hahaha… 🙂

Honestly, I did not really care about the men’s singles final because none of the player was my favorite. But I already paid the ticket! I did not want to just leave it like that (huahahaha… 😆 ). But I said to myself, I had to leave Autotron at 6 PM because I still had to make that 3 hour trip back to Delft! I would have to still cook my dinner once I arrived at home (yup, too stingy to spend money on dinner, besides, the money for that had been spent on those souvenir and tennis balls 😛 ). So no matter what happened, at 6, I must go back home.

The men’s singles’ final match was scheduled to start at 2.30 PM, but because of the damn rain, it could only be started at 4.30 PM. The final was between Dmitry Tursunov and Ivan Dodig. The first set went to Tursunov 6-3. In the second set, at 2-1, the match was suspended because of rain (again). Even, now, the rain was heavier than before! It was already like 5.30 PM or so. So I decided to leave the centre court and planned not to come back (there was no time for that, my 6 PM limit was coming up).

Then, at almost 6 PM, I left Autotron and walked back to that bus-stop in the middle of no where. While waiting for the bus, it was still raining quite heavy. At 6.20 PM the bus came and took me back to Den Bosch station. The rest of the story, you can guess… 🙂

Storm

Last Saturday, it was also raining very hard in Delft after I came back home. In fact, there were lightnings! Wow!! I know, lightnings are not that “special”, but here, it rarely happens tho!!

BAHASA INDONESIA

Bewara: ini adalah posting yang panjang loh 😛

Bagaimanakah cerita hari Sabtuku? Hari Sabtuku mengasyikkan sekali loh!! Yah, masih ada hubungannya sama tenis sih. Tapi tenang saja, aku nggak akan melulu membahas detail tentang tenis disini 🙂

Tema hari Sabtuku secara keseluruhan adalah Unicef Open, turnamen gabungan ATP dan WTA yang diadakan di (deketnya) ‘s-Hertogenbosch, di Belanda. Tahulah, awal bulan ini aku membeli sebuah tiket untuk nonton turnamen ini karena turnamen ini kan diadakan di Belanda (jadi harusnya nggak jauh-jauh amat dari tempatku tinggal sekarang, cuma 150an km aja) dan beberapa pemain favoritku (terutama di bagian wanita) sudah berkomitmen akan berpartisipasi.

Namun, minggu ini, banyak favoritku yang tumbang, misalnya Kim Clijsters dan Kimiko Date Krumm. Beberapa pemain lain yang bukan-favorit-tapi-aku-masih-ingin-melihat-mereka-main, misalnya Svetlana Kuznetsova, Flavia Pennetta, Yanina Wickmayer, dan Dominika Cibulkova juga sudah tumbang sebelum final. Untungnya, salah satu pemain yang paling aku favoritkan masuk final loh, yaitu: Jelena Dokić!! Ini membuatku semakin bersemangat untuk menempuh perjalanan selama hampir tiga jam dari Delft ke Autotron di Rosmalen, tempat dimana turnamen ini diadakan.

‘s-Hertogenbosch

Sebagai bagian pertama perjalananku, aku harus pergi dulu ke ‘s-Hertogenbosch, atau juga dikenal sebagai Den Bosch. Jadi, aku naik kereta Intercity (IC) pagi dari Delft kemudian ganti kereta di Breda naik Sprinter tujuan Den Bosch. Aku tiba di Den Bosch sekitar jam 10 pagi. Dan karena bus yang akan membawaku ke Autotron baru berangkat jam 10.25 pagi, artinya aku ada waktu sekitar 20 menit untuk dibuang dong. Ya udah aku memutuskan untuk jalan-jalan sedikit aja dulu di Den Bosch, toh aku juga belum pernah kesana sebelumnya.

Yaaa, mungkin karena aku sudah tinggal di Eropa selama lebih dari sembilan bulan sekarang ya, jadi aku juga nggak segampang itu “terkagum-kagum” lagi. Yah, memang, arsitekturnya memang indah dan “Eropa” banget, tapi ya Den Bosch mirip-mirip lah sama kota-kota di Belanda yang lain, setidaknya di bagian yang aku jelajahi sih. Satu hal yang keren tentang kota ini adalah air mancur “naga” (oke, ini aku yang ngasi nama sih 😆 ). Jadi ceritanya ada air mancur yang mana patung-patungnya itu naga loh! Keren kan!!

Perjalanan dengan Bus ke Autotron

Jam 10.25 pagi, akhirnya bus nomer 90 tiba. Sekitar setengah jam kemudian, kita tiba di halte Autotron, halte dimana aku harusnya turun. Ya udah dong aku turun (ya iya lah :D). Tapi kemudian, aku melihat sekeliling, dan coba tebak apa yang kulihat?? Aku ada di tempat antah berantah nggak tahu dimana!! Melihat sekeliling, koq nggak ada tanda-tanda kaya ada turnamen tenis gitu ya atau tanda-tanda tentang klub tenis gitu. Apa-apaan ini maksudnya??

Untungnya, sekitar 80% penumpang bus yang aku tumpangi itu jugalah penonton turnamen ini. Jadi, ya udah aku ngikutin aja mereka jalan kemana, muahahaha :lol:. Dan ternyata, klub tenisnya memang ada di tempat yang agak masuk-masuk gitu sih, dan memang nggak gitu jelas ada klub tenis disana, 😆

Unicef Open

Jadi, aku kemudian berjalan dari halte bus ke centre court, dan jalannya itu jauuuh banget loh. Barusan aku cek di Google Map, dan ternyata, centre court itu berlokasi 1,5 km jauhnya dari halte bus itu!! Btw, kenapa sih ya mereka ngasi nama haltenya “Autotron” padahal lokasinya masih lumayan jauh dari Autotron itu sendiri. Kan bikin bingung orang yang belum pernah kesana. Kenapa juga nggak bikin haltenya agak deketan dikit gitu? hahaha….

Anyway, akhirnya aku tiba di centre court-nya sekitar jam 11.10 pagi, waktu yang ngepas banget untuk nonton sisa dari final ganda putri yang tertunda karena hujan sehari sebelumnya. Pertandingannya sudah dimulai sih, jadinya aku nggak bisa masuk ke tribunnya dan duduk deh (tapi aku masih bisa berdiri di tangga masuk tribunnya dan nonton disitu sambil berdiri). Hasil akhirnya adalah Barbora Záhlavová-Strýcová dan Klára Zakopalová mengalahkan Flavia Pennetta dan Dominika Cibulková [10-7] di super tie-break.

Kemudian, akhirnya aku boleh masuk ke tribunnya. Walaupun aku punya tiket yang tempat duduknya bebas, ternyata ada aturan nggak boleh duduk di tiga baris pertama. Kursi-kursi di tiga baris pertama itu untuk mereka yang membayar ekstra waktu pemesanan tiket. Ya udah, aku duduk aja di baris ke-empat (muahahaha… 😆 gak mau rugi).

Jam 12 siang, final tunggal putri mulai dimainkan. Dan pemain favoritku: Jelena Dokić memasuki stadion! (diikuti oleh lawannya, Roberta Vinci). Pertandingannya sendiri seru loh. Dokić memenangi set pertama melalui tiebreak yang ketat, memenanginya dengan skor 9-7 di tiebreak. Di set kedua, di posisi 2-2 15-30 di serve-nya Vinci, pertandingan ditunda karena gerimis (hujan ini ternyata bakal menjadi tema seharian itu). Namun, sekitar 15 menit kemudian, gerimisnya berhenti dan pertandingan dilanjutkan. Sayangnya, untuk Jelena, penundaan itu mengacaukan ritmenya sedikit. Ia mulai membuat lebih banyak unforced errors, dan akhirnya takluk 3-6 di set kedua. Artinya, set penentuan harus dimainkan. Setelah kedua pemain mempertahankan servis-nya beberapa kali, Vinci kemudian mematahkan servis Jelena dan akhirnya ada di posisi melakukan servis untuk memenangi pertandingan di 5-4. Lalu, Jelena meningkatkan level permainannya dan mematahkan servis Vinci, menyamakan posisi jadi 5-5. Namun, entah kenapa kemudian Jelena malah kembali membuat kebanyakan  unforced errors, dan seakan-akan membiarkan Vinci mematahkan servisnya. Memegang servis untuk memenangi pertandingan untuk kedua kalinya di posisi 6-5, Vinci langsung unggul 40-0, yang artinya ia memiliki tiga championships points. Jelena kemudian memberikan tiga pengembalian servis yang hebat, yang artinya menyamakan posisi jadi deuce dan menyelamatkan tiga championships points itu. Vinci kemudian memberikan serve yang baik, memberikan dirinya keuntungan dan satu championship point lagi. Di poin berikutnya, ia berhasil memaksa Jelena melakukan kesalahan. Kesimpulannya, di akhir, Roberta Vinci mengalahkan Jelena Dokić 6-7(7), 6-3, 7-5!

Sebagai penggemar, ya jelas lah ya agak kecewa soalnya Jelena kalah dengan beda yang sangat tipis. Maksudku, ia bisa loh sebenernya menjuarai turnamen ini! Hanya saja ia melakukan kebanyakan unforced errors sih, dan di waktu-waktu penting, ia melakukan kesalahan-kesalahan itu! Yah, setidaknya pertandingannya ketat dan seru sih, jadi nggak jelek-jelek amat juga. Tapi sebagai penonton sih aku puas sekali, soalnya toh kemarin itu adalah pertandingan yang seru dan bagus. Aku benar-benar merasa tiket 50 euro-ku terbayar impas deh! 🙂

Setelah final tunggal putrinya selesai, eh mulai hujan lagi lho! Ini menyebabkan final tunggal putranya ditunda.

Lah, lantas apa yang kulakukan sepanjang hujan itu? Ya, pertamanya aku duduk-duduk santai aja gitu di centre court (aku kan juga nggak mau kursiku diambil orang lain, hahaha… :D). Tapi kemudian karena hujannya lama juga, ya udah aku menyerah dan memutuskan untuk jalan-jalan aja gitu keliling klub tenis ini. Aku melihat-lihat (window-shopping) aja di beberapa toko yang buka sepanjang turnamen ini, tapi akhirnya malah beli sebuah topi sebagai kenang-kenangan dan bola tenis edisi terbatas, 😆 . Eh, tapi membeli bola tenisnya itu aku rasa merupakan keputusan yang baik loh, soalnya harganya cuma 5 euro aja buat tiga bola edisi terbatas itu! Dan bola-bola itu bukanlah bola-bola edisi terbatas pada umumnya. Bola-bola ini adalah bola-bola yang akan dipakai di Wimbledon tahun ini dan kemarin ini dipakai di Unicef Open supaya pemainnya terbiasa dengan bola-bola itu. Dan lagi, tahun ini kan Wimbledon merayakan edisi ke-125-nya! Jadi di bola-bolanya diberi tulisan itu tuh, “Wimbledon 125 Years”, hahaha. Jadi, bola-bola edisi terbatas ini adalah edisi terbatas dari bola-bola edisi terbatas itu sendiri!! Dan lagi harganya cuma 5 euro! hahaha… 🙂

Jujur, aku sih nggak gitu peduli sama final tunggal putranya yah soalnya kedua pemain itu bukanlah favoritku. Tapi, aku kan uda beli tiketnya! Aku nggak mau juga seh kalau hanya pulang begitu aja (huahahaha… 😆 Gak mau rugi lagi). Tapi aku berjanji pada diriku, pokoknya aku harus pulang dari Autotron jam 6 sore soalnya kan aku harus menempuh perjalanan 3 jam lagi untuk balik ke Delft! Dan sampai rumah aku juga harus masak dulu buat makan malam (yap, terlalu pelit mengeluarkan duit buat beli makan malam, apalagi uangnya kan malah uda kepake buat beli souvenir dan bola tenis itu, hahaha… :P) Jadi, nggak peduli apa yang terjadi, pokoknya jam 6 aku harus pulang.

Pertandingan final putranya dijadwalkan mulai jam 2.30 siang tapi karena hujan itu, akhirnya baru bisa mulai jam 4.30 sore. Finalnya adalah antara Dmitry Tursunov dan Ivan Dodig. Set pertama dimenangi Tursunov 6-3. Di set kedua, di posisi 2-1, pertandingan ditunda karena hujan (lagi). Bahkan, sekarang, hujannya malah jadi lebih lebat dari sebelumnya! Jam sudah menunjukkan pukul 5.30an sore. Ya udah aku memutuskan untuk meninggalkan centre court dan nggak berencana kembali kesana (sudah nggak ada waktu kan, mepet banget tuh lha sudah hampir jam 6 juga).

Kemudian, sekitar hampir jam 6 sore, aku meninggalkan Autotron dan berjalan kembali ke halte busnya itu yang lokasinya ada di tempat antah berantah. Ketika menunggu bus, hujannya masih lumayan lebat loh. Jam 6.20 sore, busnya tiba dan membawaku ke stasiun Den Bosch. Sisanya, tau lah ya… 🙂

Badai

Eh, tapi kemarin Sabtu ini, di Delft juga hujan deras lho setelah aku pulang. Malahan, ada petir segala! Wow!! Yah, ada petir aja koq ribut?? Eh, tunggu dulu, disini tu jarang banget loh ada yang namanya petir! hahaha…