#1128 – Tale of the Weekend

ENGLISH

My weekend was more than just going to Den Haag to buy a flap case for my new smartphone. In Den Haag, I also stopped by at the orientalmarkt there to buy some stuffs for a small dinner party I was hosting later on that Saturday. Anyway, this visit to the orientalmarkt made me think that, apparently, the orientalmarkt in Delft had more product variety than the one in Den Haag though, hmmm.

Small Party

Anyway, so I was hosting a small party in my apartment last Saturday. It was kind of a “farewell” party for the MSc program I had the past two years. You know, after this MSc program ended, life would take each of us to different locations in the world for different opportunities. And so I thought that while (most of) my friends (I made through this MSc program) were still here in the Netherlands, we could have like one last small dinner party.

Obviously not all of us will stay in the Netherlands. In fact, Donghua has already moved to Copenhagen. Diana is going to move there as well later on this week. Dan is going back to Romania. Dana, Liuxin, and Qian are looking for jobs in the Netherlands. If they find something, of course they will stay; if they don’t, well, noone knows. Boris, Carolyn, Nikita (though he never came to any party nor any social activity we did even though we always invited him), and myself are definitely staying as the four of us are doing PhD in the Netherlands. Yeah, see? Life has already started to do its “thing”: bringing people to different directions.

Anyway, enough for the melancholic stuff. So for the party, of course, I decided to cook something. Well, I did not plan to cook that much though so I just cooked two dishes: fried noodle and rendang, huahaha ๐Ÿ˜† . There was not so much to write here as I often cooked these two dishes when we had this kind of dinner party. So it was nothing new for me, except that I accidentally put too much salt in the rendang which caused me to add extra water (to neutralize the extra saltiness) which as an effect, the sauce became a bit too watery, huahaha ๐Ÿ˜† .

Cleaning Duty

Beside hosting a party and going to Den Haag, I also had another duties this weekend: to clean the apartment and to wash my laundry! ๐Ÿ˜ฏ Huahaha, yeah, so many things to do indeed ๐Ÿ˜† . I washed my laundry on Friday evening (so that my Saturday and Sunday would not be too full of activities) and cleaned the apartment on Sunday…

Speaking of my apartment, I wrote here last week that one of my roommates moved out. Well, later on last week, a new roommate moved in, huahaha ๐Ÿ˜† . He is from China and he just moved to the Netherlands for a PhD position this week.

Meals at the dinner party

Dinner party (Boris taking the picture)

BAHASA INDONESIA

Akhir pekanku lebih dari sekedarย pergi ke Den Haag buat beli flap case untuk smartphone baruku. Di Den Haag, aku sekalian mampir di orientalmarkt untuk membeli beberapa barang sebagai persiapan untuk sebuah partyย makan malam kecil yang mana aku adalah tuan rumahnya Sabtu malamnya itu. Anyway, kunjungan ke orientalmarkt ini membuatku berpikir bahwa, ternyata, orientalmarkt yang di Delft itu barangnya lebih bervariasi daripada yang di Den Haag loh, hmmm.

Party Kecil

Anyway, jadi, aku menjadi tuan rumah party kecil Sabtu lalu. Partyย ini ya semacam party “perpisahan” gitu deh untuk program S2 yang kujalani dua tahun belakangan ini. Ngerti lah ya, setelah program S2 ini berakhir, misteri kehidupan akan membawa masing-masing dari kami ke lokasi-lokasi yang berbeda di dunia ini dengan berbagai macam kesempatan yang berbeda. Dan jadilah aku berpikir bahwa mumpung (sebagian besar) teman-temanku (yang aku kenal melalui program S2 ini) masih di Belanda, ya kami bisa mengadakan satu party makan malam terakhir kan.

Tentu saja tidak semua dari kami akan tinggal di Belanda. Malahan, Donghua sudah pindah ke Copenhagen. Diana juga akan pindah kesana nanti di minggu ini. Dan akan pulang ke Romania. Dana, Liuxin, dan Qian sedang berusaha mencari pekerjaan di Belanda. Kalau mereka mendapat sesuatu, ya mereka akan tinggal; kalau enggak, ya nggak tahu deh. Boris, Carolyn, Nikita (walau dia nggak pernah datang sih di party atau aktivitas apa yang kami lakukan gitu, padahal dia sudah selalu diundang loh), dan aku jelas akan tinggal disini karena kami berempat mengambil PhD di Belanda. Nah, lihat kan? Hidup sudah mulai melakukan apa yang ia selalu lakukan: membawa orang-orang ke berbagai macam tujuan yang berlainan.

Anyway, cukup ah ngomongin hal melankolisnya. Untuk party-nya, jelas dong aku memutuskan untuk memasak sesuatu. Yah, aku nggak berencana untuk masak banyak-banyak sih sehingga aku masak dua menu saja: mi goreng dan rendang, huahaha ๐Ÿ˜† . Nggak banyak deh yang bisa ditulis disini karena aku sudah sering masak dua menu ini di party-party makan malam semacam ini. Jadi ya nggak baru gitu deh, kecuali kalau kemarin ini aku tidak sengaja memasukkan terlalu banyak garam ke rendangnya sehingga aku jadi harus menambah ekstra air (untuk menetralisasi keasinannya) yang mana sebagai akibatnya, kuahnya jadi agak terlalu encer deh, huahaha ๐Ÿ˜† .

Bersih-bersih

Di samping menjadi tuan rumah sebuah party dan pergi ke Den Haag, aku juga ada dua kewajiban lainnya loh akhir pekan ini: bersih-bersih apartemen dan mencuci pakaian-pakaianku! ๐Ÿ˜ฏ Huahaha, banyak banget kan kerjaannya, ๐Ÿ˜† . Aku mencuci pakaian-pakaianku di Jumat malam (supaya aku nggak terlalu sibuk di hari Sabtu dan Minggunya) dan membersihkan apartemen di hari Minggu…

Ngomongin apartemenku, kutulis disini minggu laluย bahwa salah satu roommates-ku pindah kan. Nah, kemudian di minggu yang sama, ada satu roommate baru yang datang loh, huahaha ๐Ÿ˜† . Ia baru saja datang dari China minggu ini untuk sebuah posisi PhD di Belanda gitu.

#1111 – Master of Science

ENGLISH

As I said before, I was having my thesis defense for my Master study on 15 August, 2012; which was today. And so, yes, I had my thesis defense earlier today. And because I chose to have an ‘individual graduation ceremony’, I also received my diploma today. And how was it?? Well, first of all:

I passed and got the M.Sc title

Obviously (hahaha :P), I passed the thesis defense and in the end I got the M.Sc title. So yeah, I can use that title behind my name now. And btw, because I also completed this two year programme in the Netherlands, apparently I am also entitled for the equivalent title in the Dutch educational system, which is ‘Ingenieur’ (or ‘IR’). Yeah, it is the same ‘IR’ title as some people who graduated from technical programmes in Indonesia obtained prior to the 1990s (I think โ“ ). So actually ‘IR’ is equivalent to a Master level study…

Anyway, how was the thesis defense itself? Well, it went excellently well, hehehe. As I said previously, I was not nervous at all going to the defense, except that I would have a 40-minute presentation session while when I practiced, I took like 53 minutes for the whole presentation, hahaha ๐Ÿ˜† . But I managed to compress some slides and omitted some of the less-important ones. Aside from the unexpected technical problem with the room I booked (of course this was out of my control) which caused us to change room for the thesis defense, it went really well. I presented well and smoothly, well of course a few things could have been better but this is always the case in any presentations one performs anyway, and I think I answered the questions from the thesis committees well. And I was not feeling nervous at all during the defense, which kinda surprised me a little bit but I was really glad with it, hahaha.

Cum Laude

Anyway, now it is already the time to reveal the second target I have had for the past many months or so. This second target is “to graduate with Distinction (Cum Laude) predicate”, huahaha ๐Ÿ˜† . I have been working like crazy the past one year to achieve this target. And after getting a 9 as my thesis’ grade, I finally achieved this. Hardwork (or smartwork) does pay off people, trust me!! ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜Ž

In TU Delft (at least at my faculty, I think maybe other faculties have different rules or policies regarding this), to graduate with this predicate, a student has to fulfill three criteria: (1) to finish the Master study not longer than two years; (2) to get a minimum grade of 9 in the Master thesis; and (3) to have an average grade of minimum 8 in all courses not including the thesis. And in a university which is known to be “stingy” in grading, where a lot of students are (sometimes) thankful for getting a 6 (because it means they pass the course), fulfilling the third criterion has been very challenging for me :). Well, it may not be that ‘challenging’ if you are a genius (one of my colleagues is, I would say, a genius btw, where he always got like 9, 9.5, 8.5, 10 in his grades, hahaha. He is Russian btw). And I am glad that in the end I managed to achieve it.

Raising the Target

Actually, when I first came to TU Delft two years ago, honestly, I did not go for this Cum Laude predicate. My mindset at the time was to graduate on time, because my scholarship only covered two years of my study at TU Delft (which was a standard study period for an M.Sc programme here). If my study duration extended longer than that period, I would have to pay the ‘excess’ myself; and I did not want to do that. Wouldn’t the money be better spent on something else?? huahaha ๐Ÿ˜† .ย So, I was, sort of, in this mindset during the first year of my study. But after one year passed, especially after passing this super crazy exam last year, I evaluated my performance up to that point. And it turned out to be well; unless I did something stupid or crazy, I would be able to graduate on time. At this point, I also realized that this Cum Laude predicate was well within reach. Well, of course I had to work hard for the thesis to get that 9 grade (I had not started my thesis yet at this point last year); but aside from that, I would also have to do something to make my average grade to be at least 8. And it was not impossible, mathematically. But of course I had to work hard (or ‘smart’ as I prefer to call it) to achieve it. So I made some strategies and executed them with the hope of achieving that target in the end. And in the end, obviously, I succeeded, hahaha…

Well, why did I raise my target there and not be ‘happy’ with the first target which was already, practically, in my hand?? Well, first of all, it was a challenge for myself, hehe ๐Ÿ™‚ Beside, I think it is ‘easier’ to be even more motivated to work on something when there is a target (or reward) to reach at the end of the work, right? Second of all, in my opinion, being able to accomplish the Cum Laude predicate is something that is very wonderful and a big privilege, of course. It is, sort of, a testament that we have been taking our study very seriously and working hard on that; and this distinction is the fruit of that. Well,ย I am not saying people without this title are not hard-working. This title is just one of many possible indications of someone’s hardwork. ๐Ÿ™‚ Third of all, because it was possible for me to grab this distinction, I was thinking that I should just, at least, try. I might not get it in the end, but at least I have tried. I knew I would regret it in the future if I just gave it up withouth a ‘fight’, hehehe ๐Ÿ™‚

***

Anyway, this post turns out to be much longer than I expected before, so I think I should stop here. So anyway, yeah, I am free now! ๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Seperti yang kubilangย sebelumnya, aku menghadapi sidang tesis untuk masa studi S2-ku di tanggal 15 Agustus 2012; yang mana hari ini dong ya. Dan jadilah tadi pagi aku sidang tesis gitu deh. Dan karena aku memilih ‘individual graduation ceremony‘, aku juga telah menerima ijazahku hari ini. Dan bagaimanakah acaranya tadi?? Ya, pertama-tama:

Aku lulus dan mendapatkan gelar M.Sc

Tentu saja (hahaha :P) aku lulus sidang tesisnya dan pada akhirnya aku mendapatkan gelar M.Sc itu. Jadi, ya, aku bisa menggunakan gelar itu di belakang namaku sekarang. Dan btw, karena aku menyelesaikan program S2 selama dua tahun ini di Belanda, ternyata aku juga berhak mendapatkan gelar ekuivalennya dalam sistem pendidikan Belanda loh, yang mana adalah ‘Ingenieur’ (atau disingkat ‘IR’). Ya, memang ini adalah ‘IR’ yang sama dengan gelar yang didapat lulusan sekolah teknik di Indonesia sebelum tahun 1990an sih (kayaknya ya โ“ ). Jadi, sebenarnya gelar ‘IR’ itu setara dengan level S2 loh…

Anyway, bagaimanakah sidang tesisnya? Yah, sidangnya berjalan dengan sangat amat lancar, hehehe. Seperti yang kubilang sebelumnya, aku tidak merasa gugup sama sekali loh sebelum sidang, kecuali bahwa aku akan memiliki waktu presentasi selama 40 menit sementara pada saat latihan, aku membutuhkan waktu 53 menit dong untuk keseluruhan presentasinya, hahaha ๐Ÿ˜† . Jadilah aku mempersingkat beberapa slideย dan membuang beberapa yang relatif tidak terlalu penting. Di samping masalah teknis tak disangka-sangka dengan ruangan yang aku pesan (tentu saja ini di luar kontrolku ya) yang menyebabkan kami harus pindah ke ruangan lain, presentasinya berjalan dengan amat lancar. Aku presentasi dengan baik dan mulus, yah tentu saja ada beberapa hal yang mungkin bisa lebih baik lah ya tapi toh ini adalah kasus di presentasi apa pun yang dilakukan semua orang, dan aku rasa aku menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan anggota komite tesisku dengan baik. Dan aku nggak merasa gugup sama sekali loh selama sidang, yang mana cukup mengejutkanku juga, dan aku bangga karenanya, hahaha.

Cum Laude

Anyway, sekarang adalah saatnya untuk mengungkapkanย target keduaย yang sudah aku incar selama banyak bulan belakangan ini. Target ini adalah “untuk lulus dengan pujian (predikat Cum Laude)”, huahaha ๐Ÿ˜† . Aku sudah bekerja gila-gilaan dah setahun terakhir ini untuk mencapai target ini. Dan setelah mendapatkan nilai 9 di tesisku tadi, akhirnya target ini tercapai juga. Kerja keras (atau kerja cerdas) bener-bener akan membuahkan hasil loh, percaya deh!! ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜Ž

Di TU Delft (atau setidaknya di fakultasku sih, karena sepertinya sih fakultas-fakultas lain gitu memiliki kebijakannya sendiri tentang ini), untuk lulus dengan predikat ini, seorang mahasiswa harus memenuhi tiga kriteria ini: (1) menyelesaikan program S2 tidak lebih dari dua tahun; (2) mendapatkan nilai minimal 9 di tesis S2-nya; dan (3) mendapatkan nilai rata-rata minimal 8 di semua mata kuliah yang diambil tidak termasuk tesis. Dan di sebuah universitas yang dikenal “pelit banget” dalam hal pemberian nilai, dimana banyak mahasiswa yang (kadang) bakal bersyukur banget kalau sudah mendapat nilai 6 (soalnya artinya mereka lulus), kriteria ketiga itu cukup menantang bagiku :). Eh, tapinya kalau jenius sih mungkin nggak terlalu ‘menantang’ ya (ada loh satu kolegaku yang, menurutku, jenius banget, dimana nilainya itu selalu 9, 9.5, 8.5, 10 gitu deh, hahaha. Dia orang Rusia btw). Dan akhirnya aku lega karena pada akhirnya aku berhasil mencapainya.

Menaikkan Target

Sebenarnya, ketika aku pertama kali tiba di TU Delft dua tahun yang lalu, jujur ya, aku tidak mengejar predikat Cum Laude ini. Yang ada dalam pikiranku waktu itu adalah untuk lulus tepat waktu, karena beasiswaku kan hanya meng-cover masa studi selama dua tahun di TU Delft (yang mana merupakan masa studi standar untuk sebuah program S2 disini). Nah, kalau masa studiku melebihi ini, ya ‘kelebihannya’ itu aku harus bayar sendiri deh; dan tentunya aku nggak mau begitu dong. Uangnya mending buat yang lain aja kan?? huahaha ๐Ÿ˜† . Jadi, ya, selama setahun pertama aku berada pada mindset ini. Namun, setelah setahun berlalu, terutama setelah akuย lulusย ujian yang gila iniย tahun lalu, aku mengevaluasi performaku sampai saat itu. Dan ternyata, hasil yang sudah aku dapatkan bagus juga; kecuali aku melakukan suatu hal tolol atau gila, aku akan lulus tepat waktu. Nah, di waktu ini, aku juga menyadari bahwa predikat Cum Laude ini berada dalam jangkauan untuk bisa diraih. Ya, tentu saja aku harus bekerja keras supaya mendapatkan nilai 9 di tesis itu (kan setahun lalu aku belum mulai mengerjakan tesis); dan di samping itu, aku juga harus melakukan sesuatu agar nilai rata-rataku 8. Dan ini bukannya tidak mungkin ya, setidaknya secara perhitungan matematis. Tapi tentu saja aku harus bekerja keras (atau aku lebih suka menyebutnya bekerja ‘cerdas’) untuk mencapainya. Jadilah aku membuat beberapa strategi dan menjalankannya dengan harapan target tercapai. Dan akhirnya, jelaslah, targetnya berhasil tercapai, hahaha…

Eh, kenapa sih kok aku menaikkan target seperti itu dan nggak ‘puas’ dengan target pertama yang, pada dasarnya, sudah berada di genggaman tangan?? Hmm, pertama-tama, tentu ini adalah untuk memberikan tantangan gitu deh, hehe ๐Ÿ™‚ Di samping itu, rasanya akan lebih ‘mudah’ untuk termotivasi dalam mengerjakan sesuatu jika ada target (atau hadiah/penghargaan) yang hendak diraih kan? Yang kedua, menurutku, dapat lulus dengan predikat Cum Laude itu adalah sesuatu yang indah dan merupakan suatu kehormatan. Ini adalah, kurang lebih, sebuah cap bahwa kita telah serius sekali selama masa studi kita dan bekerja keras dan niat selama itu; dan predikat ini adalah buah dari kerja keras itu. Eh, aku bukannyaย menyatakan bahwa mereka yang tidak mendapatkan predikat ini bukan pekerja keras ya. Predikat ini tuh hanyalah satu dari banyaknya indikasi akan kerja keras dari seseorang. ๐Ÿ™‚ Yang ketiga, karena predikat ini berada dalam jangkauan untuk diraih, aku berpikir bahwa sebaiknya aku, setidaknya, mencoba meraihnya. Memang ada kemungkinan pada akhirnya akan gagal diraih sih, tapi setidaknya tuh aku sudah berusaha. Aku tahu aku akan menyesal di kemudian hari apabila aku merelakannya terlepas dari genggaman tanpa ‘usaha’, hehehe ๐Ÿ™‚ .

***

Anyway, posting ini kayaknya udah panjang banget deh ya, lebih panjang daripada perkiraanku sebelumnya, jadi kayaknya aku berhenti disini saja deh. Jadi intinya adalah, ya, aku bebas deh sekarang! ๐Ÿ™‚

#1110 – Thesis Defense Season

ENGLISH

You know it is a thesis defense season when you receive many invitations to thesis defenses of your friends (or ‘colleagues’ to make it sound like more professional, lol), and you even have one for yourself too.

Yes, lately, thesis defense is pretty much the theme of my life.

You know, I have one coming up this Wednesday; and that is why I have been busy preparing my presentation lately. I have had a lot of time before the defense, which was really good because it allowed me to really take my time and not rush in the presentation-slide making. I have also had the concept about the presentation since months before so it also helped; I did not need to start from zero this week. The slide is done now, and I have 46 slides (including 1 cover, 1 outline, and 1 ‘thank you’ slide :D) for a 40 minutes presentation, hopefully the time is enough, hahaha…

Nervous??

As a matter of fact: NO (at least for now). For this thesis project, I have had a more ‘intimidating’ experience when I had to present my work in an international workshop in Norway last June. Compared to that, I think, the pressure of thesis defense is (supposed to be) nothing. Beside, I am quite confident with the results and work that I have done. Aside from that presentation in Norway, my work has also been presented (by my supervisor) at a global conference in Helsinki (Finland) and at a summer school in Munich (Germany) within the last two months. So, well, I have all the reasons to be confident, right? hahaha ๐Ÿ™‚ But we will see, hahaha ๐Ÿ™‚

Invitation

And of course I am not the only one who is taking a thesis defense soon. A lot of (or all) my friends (or colleagues) are also having theirs soon. So, yeah, there are a lot of invitations already to attend their defenses as well, hahaha ๐Ÿ™‚ This thesis defense season has started since like about three weeks ago actually as I have already attended two of my friends’ thesis defenses… . Yeah, it is going to be fun ๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Kita tahu bahwa suatu saat itu sedang musim sidang tesis apabila kita menerima banyak undangan sidang tesis dari teman-teman (atau ‘kolega’ deh ya supaya terdengar lebih profesional, lol), dan kita sendiri juga memiliki jadwal sidang tesis.

Ya, memang akhir-akhir ini, sidang tesis ini adalah tema kehidupanku deh.

Tahu dong, sidang tesiskuย akan diadakanย hari Rabu ini; dan inilah mengapa aku akhir-akhir ini sedang sibuk mempersiapkan presentasiku. Aku memiliki banyak waktu sebelum sidangnya, yang mana bagus juga karena aku jadi bisa mengerjakannya dengan santai dan tak perlu terburu-buru. Aku sudah memiliki konsep mengenai presentasinya sih semenjak beberapa bulan yang lalu yang mana ini membantu juga; jadi minggu ini aku nggak harus memulai dari nol gitu. Slide-nya sudah selesai sekarang, dan aku memiliki 46 slide (termasuk 1 cover, 1 outline, dan 1 slide ‘terima kasih’ :D) untuk sebuah sesi presentasi selama 40 menit, mudah-mudahan waktunya cukup deh, hahaha…

Gugup??

Sebenarnya sih: TIDAKย kok (setidaknya untuk saat ini). Untuk proyek tesisku ini, aku memiliki pengalaman yang lebih ‘mengintimidasi’ ketika aku harus mempresentasikan hasil pekerjaanku di sebuah workshop internasionalย di Norwegia Juni lalu. Dibandingkan dengan itu, aku rasa, tekanan dari sidang tesis itu (seharusnya) nggak ada apa-apanya lah ya. Selain itu, toh aku juga percaya diri dengan hasil dan pekerjaanku yang telah kulakukan. Di samping presentasiku di Norwegia itu, pekerjaanku juga telah dipresentasikan (oleh pembimbingku) di sebuah konferensi global di Helsinki (Finlandia) dan di sebuah summer school di Munich (Jerman) selama dua bulan belakangan ini. Jadi, ya, memang seharusnya aku percaya diri kan ya? hahaha ๐Ÿ™‚ Tapi kita lihat saja deh, hahaha ๐Ÿ™‚

Undangan

Dan tentu saja aku bukanlah satu-satunya yang akan menghadapi sidang tesis dalam waktu dekat. Kebanyakan (atau semua) teman-temanku (atau kolega-kolegaku) juga akan menghadapi sidangnya masing-masing segera. Jadi, ya, sudah ada banyak undangan gitu deh untuk menghadiri sidangnya mereka juga, hahaha ๐Ÿ™‚ Musim sidang tesis ini sudah dimulai semenjak sekitar tiga minggu yang lalu sepertinya sih ya dan sejauh ini aku sudah menghadiri dua sidang tesisnya teman… . Jadi, ya, sepertinya akan mengasyikkan ๐Ÿ™‚

#1102 – Weekend Story

ENGLISH

“Grand-Cleaning” Weekend

As I said last week, I planned last weekend to be a “grand-cleaning” weekend where I would totally clean my apartment from corner to corner because I will have to move out in less than ten days from now. This week, there will be an “inspection” to my apartment which will decide if I will get my deposit back or not or a fraction of it. My deposit isย โ‚ฌ300, quite some money that may be worth cleaning the apartment, right?? hahaha ๐Ÿ˜† . So, mainly, this has been my theme this weekend.

The actual work that I must do in the weekend turned out to not be as much as I expected because I already did some small stuffs since days before theย weekend. There were less things to do, but the list was still quite long and, of course, tiring. I already cleaned my bathroom and toilet since days before, but I decided to redo it in the weekend to make it even cleaner, huahaha ๐Ÿ˜† . I also cleaned my kitchen, including scrubbing the wall so it became as clean as new. A little tips: this product helped quite a lot in weeping a lot of stains away in the kitchen btw. I also had to clean the interior and exterior of my fridge. And of course, I had to sweep and mop the floor, including those parts under the furniture…

Btw, I was not the only one. A lot of other students in my apartment complex apparently also had the same plan as I did. I saw a lot of them cleaning and throwing away some stuffs (like bed, sofa, etc ๐Ÿ˜ฏ ) during this weekend, hahaha. Well, indeed, this week and the next will be busy weeks…

This is War!

Still quite related to the cleaning theme, as this might also play some part on why I already did some cleaning even before the weekend: ย I declared a war, againstย rodents, or more specifically: mouses and mice!! Well, well, some of you might already know that I actually have already had (little) war against them since March. But this time, the situation forced me to step my resistance up to a whole new level…

A few days before the weekend, when I was sleeping, I was, again, hearing some noises. I knew it was the mice (damnit they suck!!), but the noise was quite different as it was a little bit louder and more noisy. Then, I opened my eyes and saw them: yes, them, plural!! Not just one!! ๐Ÿ˜ฏ . But some of them were really small; and so I figured out that they were the other mice’s offspring. My hypothesis would be that because I was travelling a lot last June, which translated to me not being at my apartment for quite some time, the mice made use of this time by f*cking breeding!!

One of the most horrific incident was that one morning when I was about to cook my brunch, I was about to pour a glass of oil (leftover oil from cooking for dinner the day before) before finding out that one of the small mice was trapped there!!! It could not escape because it was quite a deep glass of oil and so slippery. I was so shocked!! Well, of course I threw the oil (and f*cking mice) away to the furthest main garbage box of my apartment complex; but the fact that it was there was quite concerning. And the most annoying ones were the young and small ones because they were still so young that they were so “active” and “curious”. Just like little kid, you know, still being excited and curious about everything…

So, I decided to take a big action. I cleaned everything (sweeping and mopping the floor, a lot), because they said mice hate cleanliness, throwing away some stuffs I did not really need (so there would be less room for them to hide and “play”), and closed one of the potential mouse holes. So far, it has been working quite alright. Not like there is no mice anymore, but at least they have been making much lesser noise and disturbance.

Ah, only about one week to go before I move, and now I cannot wait to move because of this!! hahaha ๐Ÿ˜† . In a way, the timing of their presence was “good” for me in the sense that it forced me to take a lot of cleaning and throwing stuffs away actions right away, things that I had to do these days because I am moving out anyway. But still, it sucks…

Playing Tennis Match

Okay, let’s talk about something else. Last Friday, I played tennis with Thomas and this time, we played a tennis match, huahaha ๐Ÿ˜† . And I could tell you that playing two sets singles match is very tiring!! Well, I think it also depends on the opponent, condition, and also the tightness of the match. For me, at some points I dag myself some holes on my serve (some caused by unforced errors from my side) that I was forced to face break points several times; so mentally it was also quite tiring (I am proud of myself though that I could save some of those break points, sometimes with my first serve, huahaha ๐Ÿ˜Ž ).

I lost the first set 2-6 (I was double-faulting on break-points both time, damn!), but took the second set 6-3. If this was a real tennis match, a third set would be played. But at the end of the second set, we had apparently played for two hour without any break!! No wonder we (or I) felt so exhausted. And so we stopped after that. Well, we hit some balls for cooling down but that was it. Well, this makes me appreciate tennis athletes even more though, that maintaining and improving their stamina is a very huge deal in tennis, not only the techniques!!

BAHASA INDONESIA

Akhir Pekan “Bersih-Bersih Akbar”

Seperti yang kusebutkanย minggu lalu, aku merencanakan akhir pekan yang lalu ini untuk menjadi akhir pekan “bersih-bersih akbar” gitu dimana aku akan membersihkan apartemenku dari ujung ke ujung karena aku kan harus pindahan dalam waktu kurang dari sepuluh hari lagi. Minggu ini akan ada “inspeksi” ke apartemenku gitu dimana akan ditentukan apakah aku akan mendapatkan depositku kembali atau tidak, atau hanya sebagian saja. Depositnya adalah sebesar โ‚ฌ300, yang mana lumayan worth itย juga untuk sampai niat membersihkan apartemen kan ya?? hahaha ๐Ÿ˜† . Jadi, secara umum, ya memang inilah tema akhir pekanku.

Pekerjaan yang pada akhirnya harus aku lakukan akhir pekan kemarin ternyata tidak sebanyak yang aku sangka karena aku sudah mulai mencicilnya semenjak beberapa hari sebelum akhir pekan. Jadi ya berkurang gitu deh jumlah pekerjaannya, tapi walaupun begitu, daftarnya masih panjang dan, pastinya, tetap melelahkan juga. Aku sudah membersihkan kamar mandi dan toiletku semenjak beberapa hari sebelumnya, tetapi aku memutuskan untuk membersihkannya lagi supaya menjadi semakin bersih, huahaha ๐Ÿ˜† . Aku juga membersihkan dapurku, termasuk menggosok dindingnya sehingga kini nampak putih seperti baru. Sedikit tips: produk iniย sangat membantuku loh dalam membersihkan banyak noda-noda di dapur. Aku juga harus membersihkan interior dan eksterior kulkas. Dan tentu saja aku harus menyapu dan mengepel lantai, termasuk bagian di bawah mebelnya…

Btw, aku nggak sendirian. Ada banyak mahasiswa di kompleks apartemenku yang ternyata memiliki perencanaan yang sama denganku. Aku melihat banyak dari mereka bersih-bersih dan membuang barang-barang mereka (kayak kasur, sofa, dll ๐Ÿ˜ฏ ) gitu deh akhir pekan ini, hahaha. Yah, memang sih minggu ini dan minggu depan itu menyibukkan juga…

Ini adalah Perang!

Masih agak berhubungan sama tema bersih-bersih, karena ini juga mungkin salah satu alasan yang mendorongku untuk memulai bersih-bersih bahkan sebelum akhir pekan dimulai: aku menyatakan perang, melawan hewan pengerat, atau lebih spesifiknya: tikus!! Ya, ya, ya, beberapa mungkin sudah pada tahu bahwa toh aku sudah “berperang” (kecil) melawan merekaย semenjak Maret lalu. Tapi kali ini, situasi mendorongku untuk meningkatkan level perlawananku menjadi lebih tinggi lagi…

Beberapa hari sebelum akhir pekan ini, ketika aku sedang tidur, aku, lagi-lagi, mendengar suara gitu. Aku tahu bahwa itu adalah tikus (mereka menyebalkan sekali!!), tapi kali ini suaranya agak berbeda karena terdengar agak keras dan lebih ribut gitu. Kemudian, aku membuka mataku, dan aku melihat mereka: ya, mereka, majemuk!! Nggak hanya satu!!ย ๐Ÿ˜ฏย . Tapi beberapa di antara mereka itu kecil sekali; jadi aku langsung menyadari bahwa yang kecil ini adalah anaknya yang lainnya. Hipotesisku adalah karena aku banyak bepergian bulan Juni lalu, yang mana artinya aku tidak berada di apartemenku dalam jangka waktu cukup lama, mereka memanfaatkan waktu ini dengan beranak-pinak deh!!

Satu insiden paling mengerikan adalah suatu pagi ketika aku hendak memasak brunch (sarapan digabung makan siang), aku hendak menuangkan segelas minyak goreng (sisa minyak yang kugunakan untuk memasak makan malam sehari sebelumnya) sebelum aku menyadari bahwa di gelas itu ada seekor tikus kecil yang terperangkap!!! ย Si tikus nggak bisa membebaskan diri karena minyaknya itu cukup dalam dan tentu saja licin ya. Aku kaget sekali!! Yah, tentu saja aku membuang minyaknya (dan si tikus sialan itu) di tempat sampah utama di kompleks apartemenku yang paling jauh deh; tapi fakta bahwa si tikus bisa berada disana kan agak mengkhawatirkan juga ya. Dan yang paling menyebalkan itu adalah si tikus-tikus kecil ini karena mereka masih muda banget jadi kan sangat “aktif” dan “penasaran” gitu deh. Kayak anak kecil gitu deh, sangat bersemangat dan penasaran dengan segala hal…

Jadilah aku memutuskan untuk melakukan langkah besar. Aku membersihkan segalanya (menyapu dan mengepel lantai, banyak kali), karena katanya tikus kan tidak suka kebersihan, membuang beberapa benda yang tidak aku butuhkan (sehingga tidak ada terlalu banyak tempat bagi mereka untuk bersembunyi dan “bermain”), dan menutup satu kemungkinan lubang tikus. Sejauh ini, tindakan ini telah bekerja dengan baik kok. Bukan berarti jadi nggak ada tikus ya, tapi setidaknya mereka membuat lebih sedikit suara dan gangguan gitu deh sekarang.

Ah, tinggal seminggu lagi nih sebelum aku pindah, dan aku nggak sabar deh untuk segera pindah karena ini!! hahaha ๐Ÿ˜† . Di satu sisi, timing kehadiran mereka “bagus” juga karena ini memaksaku untuk segera cepat bersih-bersih dan membuang banyak barang, dua kegiatan yang toh harus aku lakukan akhir-akhir ini karena aku akan pindahan. Tapi tetap saja menyebalkan lah ya…

Bermain Pertandingan Tennis

Oke, mari membicarakan hal yang lain. Jumat lalu, aku bermain tenis dengan Thomas dan kali ini, kami bermain pertandingan tenis, huahaha ๐Ÿ˜† . Dan kini bisa kubilang bahwa bermain pertandingan tunggal sepanjang dua set itu ternyata melelahkan ya!! Yah, memang sih tergantung lawan, kondisi, dan tingkat keketatan pertandingannya. Tapi untukku, di beberapa waktu kemarin aku membuat diriku menghadapi masalah di game servisku (dengan membuat kesalahan sendiri dari sisiku) sehingga aku harus menghadapi beberapa break pointย gitu deh; jadi secara mental tentu melelahkan juga lah ya (eh, tapi aku cukup bangga dengan diriku bahwa aku bisa menyelamatkan beberapaย break pointย itu loh, kadang dengan servis pertamaku, huahaha ๐Ÿ˜Ž ).

Aku kehilangan set pertama 2-6 (aku melakukan double-fault dua kali di break pointย di kedua waktu, sial!), tetapi aku memenangi set kedua 6-3. Kalau ini adalah pertandingan beneran, set ketiga akan dimainkan. Tapi di akhir set kedua, ternyata kami sudah bermain selama dua jam tanpa istirahat dong!! Jelas aja lah ya rasanya kami (atau aku) capek gitu. Dan jadilah setelahnya kami berhenti. Yah, ini membuatku semakin lebih menghargai para atlet tenis itu sih, karena mempertahankan dan meningkatkan stamina itu ternyata memang amatlah penting di tenis, nggak hanya teknik saja!!

#1100 – Summer Break Updates

ENGLISH

As I said two weeks ago, the summer break has (of course) started and even though I don’t really “celebrate” this summer break, I still definitely feel its presence. Here, I have been really busy with writing about my back to back trips to Norway and London lately, and so I haven’t really got the time to write about my life during this summer break. So, how was it? Well, here we go…

Packing and Cleaning

Even though I am not going to move to my new apartment until two weeks from now, I have started to prepare myself for it, a little bit. I have cleaned some parts of my rooms and thrown some stuffs I did not need anymore away. There are still a lot other things on my list to do for this packing, cleaning, and moving stuff, but I still have two weeks for it so hopefully it is more than enough to do all of those. I think, time-wise, it is enough though, especially given that I have started doing things a little bit early, but I am still crossing my fingers for that, hahaha. I plan to do what I call the “grand-cleaning” some time this weekend, where I will clean every corner of my room. Ah, it is going to be a big weekend I guess, hahaha ๐Ÿ˜†

Rain, rain, everywhere

Those who open 9gag frequently might notice that lately, there have been some posts (like this one and this one) about the weather in the Netherlands. And I can confirm those posts: they are true!! So, the past two weeks or so, the weather here hasn’t been that nice as it pretty much constantly rains all the time!! And of course it sucks!! You know, sometimes I felt like I wanted to do light exercise (like jogging or walking) or cycling, which were outdoor activities of course, but then it was raining!! It was not like that I could just bring my umbrella while doing these activities, hahaha… ๐Ÿ˜† .

Now I really think that season-wise, I had my summer trips a little bit too early (in June). I should have done what I did last year: having a trip in July to at least escape some of the rains. Of course those trips in June were unmodifiable time-wise as they were for two tennis tournaments (with fixed schedule) and an international workshop (also with predetermined date). But what I mean is that I should have planned another trip this July, huahaha ๐Ÿ˜† . Okay, lesson learned and I will definitely put this on consideration when planning for my activities next summer next year! ๐Ÿ˜€

All are busy

Of course one activity that I could do during this summer break was to play tennis. But the problem was, all people that I know were either very busy with their thesis works or going on a vacation somewhere, hahaha ๐Ÿ˜† . Well, I don’t know, maybe it is time to just practice my serve again just like what I did last winter? hahaha ๐Ÿ˜† .

BAHASA INDONESIA

Seperti yang aku bilangย dua minggu yang lalu, liburan musim panas (tentunya) sudah dimulai dan walaupun aku nggak terlalu “merayakan” liburan musim panas ini, aku masih sangat merasakan aura kehadirannya. Di blog ini, akhir-akhir ini aku fokus menulis tentang perjalananku yang berturutan ke Norwegia dan London, dan jadilah aku tidak memiliki waktu untuk sedikit menceritakan tentang kehidupanku sepanjang liburan musim panas ini sejauh ini. Jadi, bagaimanakah kehidupanku itu? Mari kita mulai…

Mengepak dan Bersih-Bersih

Walaupun aku masih belum akan pindah ke apartemenku sampai setidaknya dua minggu lagi dari sekarang, setidaknya aku sudah mulai mempersiapkan diriku untuk itu loh, walau sedikit-sedikit sih. Aku sudah mulai membersihkan beberapa bagian dari kamarku dan membuang beberapa barang yang tidak aku butuhkan. Masih ada banyak hal sih yang harus aku lakukan untuk rangkaian kegiatan mengepak, bersih-bersih, dan pindahan ini, tapi aku masih ada waktu dua minggu kan ya jadi semoga waktunya cukup deh untuk itu semua. Menurutku sih, secara waktu, seharusnya lebih dari cukup lah waktu segitu, apalagi aku juga sudah mulai mencicil sedikit. Tapi aku masih berharap juga sih mudah-mudahan beneran cukup, hahaha. Aku merencanakan apa yang akan kusebut sebagai “bersih-bersih akbar” di suatu waktu di akhir pekan ini, dimana aku akan membersihkan setiap bagian dari apartemenku. Ah, sepertinya akhir pekan ini akan menjadi akhir pekan yang menyibukkan ya, hahaha ๐Ÿ˜† .

Hujan dimana-mana

Yang pada membukaย 9gagย cukup sering mungkin menyadari bahwa akhir-akhir ini, ada beberapa posting (sepertiย yang iniย atauย yang ini) mengenai cuaca di Belanda. Dan bisa aku konfirmasi bahwa posting-posting tersebut benar adanya loh!! Jadi, dua minggu belakangan ini, cuaca disini nggak terlalu ok gitu deh karena sepanjang waktu itu hujan melulu!! ย Dan tentu saja ini menyebalkan!! Tahulah, kadang aku merasa ingin berolahraga ringan gitu (seperti jogging santai atau berjalan-kaki) atau sepedaan, yang mana aku lakukan outdoor tentunya ya, tetapi kemudian cuacanya malah hujan dong!! ย Males banget kan kalau mau beraktivitas semacam ini tetapi harus sambil payungan gitu, hahaha… ๐Ÿ˜† .

Sekarang aku jadi berpikir bahwa sepertinya perjalanan liburan musim panasku agak kecepetan nih (di bulan Juni). Seharusnya aku melakukan apa yang aku lakukan tahun lalu ya: jalan-jalannya di bulan Juliย untuk setidaknya menghindari beberapa hujan yang turun ini. Eh, tentu saja perjalanan di bulan Juni kemarin ini juga nggak mungkin dipindah-pindah waktunya sih karena kan perjalanan-perjalanan tersebut untuk dua turnamen tenis (dengan jadwal tetap) dan sebuah workshop internasional (dengan tanggal yang telah ditentukan). Maksudku adalah, seharusnya aku merencanakan sebuah perjalanan lain gitu di bulan Juli ini, huahaha ๐Ÿ˜† . Oke, satu pelajaran diambil deh, dan aku akan mempertimbangkan ini ketika merencanakan aktivitasku di musim panas tahun depan! ๐Ÿ˜€

Semuanya sibuk

Tentu saja satu aktivitas yang bisa kulakukan di masa liburan musim panas ini adalah main tenis. Tapi masalahnya adalah, semua orang yang kukenal kok antara sedang sibuk sekali dengan kerjaan tesis mereka atau sedang pergi liburan gitu ya, hahaha ๐Ÿ˜† . Yah, nggak tahu deh, mungkin ini adalah saat yang baik buat melatih servisku seperti yang aku lakukan di musim dingin yang lalu? hahaha ๐Ÿ˜† .

#1091 – Busy and A Teaser

ENGLISH

Busy

I am really busy now. Yesterday afternoon, I just got back from my one week trip to Norway and tomorrow morning I am off to England for the entire week!! ๐Ÿ˜ฏ So, there are tons of things to do today; ranging from doing my laundry and that kind of stuffs, and also preparing this London trip! Well, I am really glad now that I decided to give myself one day between the two trips (as actually my original plan was that I would just go to London the very next day after coming back from Norway). Ah, but it is busy fun, so it is okay, hahaha ๐Ÿ™‚

A Little Teaser of My Norway Trip

Of course today I do not have any time to write about this Norway trip, I will do that after coming back from London. And so what I am going to do now is just to write a very short preview of the trip as a teaser, hehehe ๐Ÿ™‚

First of All

As you (may) know, the main reason I went to Norway this week was to attend an international workshop there to present my thesis research after the committeeย accepted the abstract of my researchย for the workshop. Had I not had this workshop agenda, I wouldn’t have made any trip to Norway this June. Sometime in the future, sure, but definitely it wouldn’t have been this June.

And now, after making the trip, it is very important to write that it was such a complete privilege for me to be able to make the trip for the international workshop that I attended.ย The caliber of the workshop was unbelievable! There were only 45 participants (I was one of them); and the most unbelievable thing was: most professors and scientists from all around the world (not just Europe, but also from MIT and other parts of the world, like China) who were (or are) the main brain force behind the topic of the workshop, which was Ensemble Kalman Filterย (EnKF) (or Data Assimilation in general), were there.

In fact, the professor who invented the method was also there! ๐Ÿ˜ฏ . When Remus, one of my supervisors who asked me to submit my abstract in the first place, told me that the guy who was standing behind me was the inventor of EnKF, I was so shocked and I was thinking: “‘Invented’ as in the method was non-existing before and he ‘invented’ it so it became existing and now a lot of people base their operations and researches on this method?” Wow! ๐Ÿ˜ฏ To some degree, it was like going to a meeting about Physics and Stephen Hawking and all his colleagues who were at ‘his level’ were there. Amazing! And I could be part of the meeting! Wow! It was such an honor and a very nice experience for me! I definitely learned a lot, and witnessed how abundant amount of experience, knowledge, and intelligence all these guys had. And it opened my eyes that experience is, indeed, a very important and precious thing to have. Experience supports, strongly, knowledge and intelligence.

Anyway, so, I am really grateful with the opportunity and I am thanking Remus a lot for that. And of course I am also thanking my main supervisor, Anca; and also the head of the research group at TU Delft, Arnold, who was willing to pay the expenses to make the trip to Norway ๐Ÿ™‚ย Yes, the workshop part of the trip was free for me; but the most precious thing, and it was priceless, was the experience!!

No Night in Norway, Literally

If at the previous post I shared to you how 10 PM looks like in Delft during summer and some people were surprised with that; well, they will be more surprised when I tell them that there is literally NO NIGHT in Norway during summer! ย So, in the first day, I arrived at the hotel at 12 AM, or midnight, and at the time, it was like this:

How midnight looks like in Norway in summer

I was like: “What the hell? It is freaking midnight now and the sky is still blue??” About forty minutes later, of course it got darker; and the darkest it became was like this:

This is how the darkest part of a day in the summer in Norway looks like

and not long after that, the sun rose again! ย So, yeah, it NEVER reached the point where it became really dark like a night is supposed to be.

So, one day in the summer in Norway goes pretty much like this: dawn – morning – day (starting at 4 AM until like midnight) – dusk – dawn (yeah, skipping the “night” part) – and so on.

Well, I guess all of us already studied this phenomenon in the science class in elementary school so actually none of us should be “surprised” by this. But here is what I can say: even though we understand the phenomenon, it still feels different when you experience it first hand! It is like, you know it is true and ‘normal’, but it still feels so ‘weird’, hahaha ๐Ÿ˜† .

Super Beautiful

Anyway, to finally conclude this post, which turns out to be already quite long (huahaha ๐Ÿ˜† ), I am uploading some pictures of my vacation part of the trip. In short, Norway is super amazing and beautiful! Look at the four pictures below!! To know more about the story behind them, just wait for my posts about the trip ๐Ÿ˜€

A glacier! In the summer!

One view during the cruise at the fjord

Cruising at the fjord

A scenic scenery in Norway

BAHASA INDONESIA

Sibuk

Ah, aku sibuk sekali nih sekarang. Kemarin sore, aku baru saja kembali dari perjalanan semingguku ke Norwegia dan besok pagi aku akan pergi ke Inggris selama seminggu dong!! ๐Ÿ˜ฏ Ah, ada banyak banget nih yang harus dilakukan hari ini; mulai dari mencuci baju dan kawan-kawannya, hingga mempersiapkan perjalanan ke London ini! Hmm, aku lega sih sekarang karena aku memutuskan untuk memberi diriku waktu selama satu hari di antara dua perjalanan ini (karena pada awalnya aku berencana untuk langsung pergi ke London sehari setelah kembali dari Norwegia loh). Ah, tapi ini sibuk yang menyenangkan sih, jadi nggak papa deh, hahaha ๐Ÿ™‚

Sedikit teaserย tentang perjalanan ke Norwegiaku

Tentu saja sekarang aku tidak memiliki waktu untuk menulis cerita mengenai perjalanan ke Norwegia ini, aku akan melakukannya setelah kembali dari London nanti. Nah, jadi yang akan aku lakukan sekarang adalah menulis sebuah preview pendek mengenai perjalananku ini sebagai teaser gitu deh, hehehe ๐Ÿ™‚

Pertama-tama

Seperti yang (mungkin) sudah pada tahu, alasan utama aku pergi ke Norwegia minggu ini adalah untuk menghadiri sebuah workshop internasional disana untuk mempresentasikan riset tesisku setelah panitianya menerima abstrak risetkuย untuk workshop-nya. Andaikata tidak ada agenda untukย workshop ini, nggak akan deh perjalanan ke Norwegia kali ini terlaksana. Maksudku, jelas lah aku tetap akan pergi ke Norwegia kapan-kapan gitu, tapi tidak bakalan terjadi di bulan Juni ini.

Dan kini, setelah kembali dari perjalanannya, sangat penting untuk aku utarakan bahwa perjalanan untuk menghadiri workshop internasional ini adalah sebuah privilege besar buatku dan adalah sebuah kehormatan besar bagiku untuk bisa turut serta! Kaliber dari workshop-nya keren (baca: amat tinggi) banget dong! Hanya ada 45 peserta saja (dan aku adalah seorang di antaranya); dan yang paling gila adalah: hampir semua profesor dan ilmuwan dari seluruh dunia (nggak cuma Eropa saja, tapi juga dari MIT dan belahan dunia lain, seperti China misalnya) yang merupakan brain force dari topik workshop ini, yang merupakanย Ensemble Kalman Filterย (EnKF) (atau Asimilasi Data secara umum), hadir di acara ini.

Bahkan, profesor yang menemukan metodenya itu juga hadir loh! ๐Ÿ˜ฏ Ketika Remus, salah seorang pembimbingku yang menyuruhku mengumpulkan abstrak untuk pertemuan ini, berkata kepadaku bahwa lelaki yang berdiri di belakangku adalah penemu EnKF, aku kaget sekali dan berpikir dalam hati: “‘Menemukan’ dalam artian metode ini tidak ada sebelumnya dan ia ‘menemukannya’ sehingga metode ini jadi ada dan sekarang dipakai banyak orang sebagai dasar operasi dan riset mereka?” Wow! ๐Ÿ˜ฏ Bisa dibilang, ini seperti pergi ke pertemuan tentang Fisika gitu dan Stephen Hawking dan koleganya (yang berada di ‘level’ yang sama dengannya) hadir pula di pertemuan itu. Gila! Dan aku berkesempatan untuk ambil bagian di pertemuan itu! Wow! Jadi, ya, memang merupakan sebuah kehormatan bagiku dan ini merupakan sebuah pengalaman yang amat berharga! Aku belajar amat banyak, dan menyaksikan sendiri bagaimana luasnya pengalaman, pengetahuan, dan inteligensia para tokoh ini. Dan ini amat membuka mataku bahwa pengalaman itu, memanglah, sebuah hal yang amat berharga untuk kita miliki. Pengalaman itu menyokong pengetahuan dan inteligensia dengan kuat.

Anyway, oleh karenanya, aku amat bersyukur telah mendapatkan kesempatan ini dan aku berterima-kasih dengan amat banyak kepada Remus karenanya. Dan tentu saja aku juga berterima kasih kepada pembimbing utamaku, Anca; dan juga kepala grup risetku di TU Delft, Arnold, yang telah bersedia membiayai perjalananku ke Norwegia ini ๐Ÿ™‚ Ya, bagian workshop dari perjalananku ini kan gratis buatku; tetapi yang jauh lebih berharga daripada itu, yang mana adalah sesuatu yang amat tak ternilai, adalah pengalamannya!!

Nggak ada malam di Norwegia, dalam arti sebenarnya

Kalau diย posting sebelumnyaย aku tunjukkan bagaimana suasana jam 10 malam di Delft di musim panas dan beberapa orang ada yang kaget karenanya; hmm, mereka akan lebih kaget lagi kalau aku ceritakan bahwa di Norwegia itu, dalam artian sebenarnya, NGGAK ADA MALAM loh di musim panas!ย ย Jadi,di hari pertama aku baru tiba di hotelku jam 12 malam, alias tengah malam, dan suasana waktu itu kayak gini:

Tengah malam di Norwegia di musim panas itu kayak gini

ย Reaksiku: “Apa-apaan ini maksudnya? Ini kan udah tengah malam gitu ya dan kok ini masih terang??” Sekitar empat puluh menit kemudian, tentu saja suasana menjadi lebih gelap; dan segelap-gelapnya malam disana itu kayak gini:

Dalam satu hari penuh, paling gelap itu seperti ini

dan nggak lama setelahnya, mataharinya udah terbit lagi dong!ย ย Jadi, ya gitu deh, NGGAK PERNAH deh dalam suatu hari penuh tercapai titik dimana suasana menjadi gelap seperti bagaimana malam seharusnya.

Jadi, sati hari di Norwegia di musim panas itu berlangsung seperti ini: subuh – pagi – siang (dari jam 4 pagi sampai kurang lebih tengah malam) – senja – subuh (yoi, nggak pakai “malam”) – dst.

Hmm, aku rasa kita semua sudah pernah mempelajari fenomena ini di kelas IPA sewaktu SD sih jadi seharusnya nggak perlu “kaget” lah ya karenanya. Tapi ini deh yang mau aku bilang: walau kita memahami fenomena ini, tetap aja rasanya berbeda gitu ketika kita mengalaminya secara langsung! Maksudku, kita sangat memahami bahwa nggak ada yang aneh dengannya dan fenomena ini tuh ‘normal-normal’ aja, tapi tetap aja rasanya ‘aneh’, hahaha ๐Ÿ˜†

Sangat Indah

Anyway, untuk menutup posting ini, yang mana ternyata panjang juga ya padahal tadi rencananya mau menulis pendek aja (huahaha ๐Ÿ˜† ), aku mengunggah beberapa foto dari bagian jalan-jalan dari perjalanan ini. Secara singkat, Norwegia itu sangat amat indah sekali loh! Lihat deh foto-foto di atas!! Untuk mengetahui cerita di balik foto-foto tersebut, tunggu saja posting-ku selanjutnya tentang perjalanan ini ๐Ÿ˜€

#1088 – Poster and Pants

ENGLISH

Poster

Earlier this week, I was busy preparing the material for my presentation in Bergen, Norway, next week. As you know, a few months ago I submitted an abstract about my thesis research for an international workshop in Norway and it got accepted. As a result, I have to go to Norway next week to present my research; and I don’t have to pay anything for the trip (except for the extension part of it), muahahaha ๐Ÿ˜Ž . Anyway, so, my research is accepted to be presented in the form of a poster. So, it will not be like a “normal” presentation where the presenter talks in front of the audience; instead I will stand next to my poster and be ready to explain it to the ‘guests’ or answer any questions the ‘guests’ may have about the contents. Well, this method of presentation is kinda ‘new’ to me and so I am looking forward to it ๐Ÿ™‚ .

Therefore, earlier this week, I was busy designing the poster. I already had in my mind about the contents that I wanted to put in my poster so it was not a problem. The question was: “How much space do I have?“. I asked my professor and he said that an A1 paper should be sufficient; and so A1 it was. However, the bigger problem was the design itself. After some time of serious thinking (no kidding!), I decided to just go with the official TU Delft presentation slide design. So, in a hindsight, my poster looks like as it is a clip or footage or one slide of a TU Delft oral presentation slides. It is maybe too formal, but I thought it would be best this way as I will be representing TU Delft there.

Btw, an A1 paper (four times an A3 paper, or eight times an A4 paper), even though looks huge, is apparently not that huge, hahaha. I only have enough room for the very general idea and results of my research. No detail at all!! The available room was just enough for these general stuffs only. Ah, had I got the normal presentation (oral), I think I could have put some analysis and results that were more in depth and detail. Hmm, but maybe this is indeed the essence of a poster; just displaying the general (surface) idea and not going too deep. The more in depth analysis should be given in the explanation or the Q&A session.

Ah, anyway, yes, I designed everything myself. For one year during my bachelor study in Unpar, I was the layout staff of one internal magazine of my department. Therefore, I have a little bit of basic background in poster or magazine design. Well, not the fancy one with fancy software though, it is just a very basic designing skill, hahaha ๐Ÿ™‚ . But it was more than enough to help me design this poster without any problem.

The poster was done, my supervisor was happy with it, and so I sent it to the secretary of the group to have it printed. This morning, finally I got the printed result. It looks nice, even though the color (of some graphs I have in it) is a little bit different from how it looks on screen; but it is still fine and I am happy with it, haha.

New Training Pants

Anyway, yesterday afternoon while playing tennis, I accidentally tore my training pants! ๐Ÿ˜ฏ huahaha ๐Ÿ˜† . Well, it was indeed a cheap training pants which I bought in, if I am not mistaken, Mangga Dua (well, my mom bought it for me actually, huahaha ๐Ÿ˜† ).

Well, currently I have two training pants so I can wear them alternately. Because these pants are torn, I went to Den Haag this morning to buy new training pants. For the new ones, I thought it would be better for me to buy ones with better quality (read: automatically the price also adjusted that) because I wear them often anyway. After looking around, I decided to buy dark blue Nike training pants forย โ‚ฌ48. Btw, when I checked the pants, it turned out that the pants were made in: INDONESIA!ย huahaha ๐Ÿ˜† . Well, it is good though as it means that I am supporting Indonesian products? haha ๐Ÿ˜› And it reminds me of this other timeย where I bought a jacket in Roermond (the Netherlands) which was actually also made in Indonesia, hahaha.

Made in Indonesia…

BAHASA INDONESIA

Poster

Awal minggu ini, aku sibuk mempersiapkan materi untuk presentasiku di Bergen, Norwegia, minggu depan. Tahu lah, beberapa bulan yang lalu aku mengumpulkan sebuah abstrak tentang riset tesisku ke sebuah workshop internasional di Norwegia danย abstraknya diterima. Sebagai akibatnya, jadilah aku harus pergi ke Norwegia minggu depan untuk mempresentasikan risetku itu; dan aku nggak membayar apa-apa loh untuk perjalanannya (kecualiย bagian ekstensinyaย ya), muahahaha ๐Ÿ˜Ž . Anyway, jadi, risetku ini diterima untuk dipresentasikan dalam bentuk poster. Jadi, presentasinya tidaklah seperti presentasi “biasa” gitu dimana pembicara berbicara di depan penonton; tetapi aku akan berdiri di sebelah posterku dan harus siap menjelaskan isinya ke para ‘tamu’-ku atau menjawab pertanyaan yang mereka miliki mengenai isi dari poster tersebut. Hmm, metode presentasi semacam ini adalah sesuatu yang cukup ‘baru’ sih buatku sehingga aku penasaran juga dan nggak sabar menghadapinya ๐Ÿ™‚ .

Nah, makanya itu awal minggu ini aku sibuk mendisain posternya. Aku sudah memiliki konsep mengenai isi yang akan aku masukkan di dalam posterku sih jadi ini bukanlah sebuah masalah. Pertanyaannya adalah: “Seberapa banyak ruangkah yang kumiliki?“. Aku bertanya ke profesorku dan katanya sih ukuran A1 juga sudah cukup lah; jadilah aku memilih ukuran A1. Nah, masalah besarnya itu terletak pada disainnya sendiri. Setelah memikirkannya dengan amat serius (beneran!), akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan disain slide presentasi resminya TU Delft gitu deh. Jadi, sekilas, posterku bakal nampak seperti cuplikan atau satu slide dari sebuah slide presentasi lisannya TU Delft gitu. Agak terlalu resmi memang, mungkin, tapi aku rasa memang harus begini deh karena disana nanti aku kan akan mewakili TU Delft gitu yah.

Btw, ukuran A1 (empat kalinya kertas A3, alias delapan kalinya kertas A4) itu walaupun nampak besar, ternyata nggak besar-besar amat loh, hahaha. Aku hanya memiliki ruang untuk menuangkan ide dan hasil risetku secara amat general saja. Tidak detail sama sekali!! Ruang yang ada sudah ngepas banget untuk hal-hal general-nya itu. Andai aku mendapatkan jatah presentasi biasa (lisan), rasanya bisa deh di slide-nya aku memasukkan beberapa analisa yang lebih mendalam (detail). Eh, tapi memang esensi poster itu memang begini sih ya; hanya memaparkan hal-hal general (permukaannya) saja dan tidak masuk terlalu dalam ke detail. Analisis yang lebih mendalamnya barulah diberikan di sesi penjelasan atau tanya-jawabnya itu kan.

Ah, anyway, iya, aku mendisain semuanya sendiri. Kan dulu sewaktu kuliah S1 aku menjadi salah satu staff layout sebuah majalah internal di jurusanku. Makanya aku memiliki sedikit pengalaman di bidang mendisain poster dan majalah. Yah, bukan pengalaman yang keren-keren amat dengan software keren yah, hanya kemampuan disain standar biasa aja kok, hahaha ๐Ÿ™‚ . Tapi pengalaman ini sudah lebih dari cukup untuk membantuku mendisain poster ini tanpa masalah.

Posternya beres, pembimbingku setuju dengannya, dan jadilah aku mengirim file-nya ke sekretaris grup untuk dicetak. Pagi tadi, akhirnya aku mendapatkan hasil cetaknya. Penampilannya oke juga sih, walau warna (dari beberapa gambar yang aku masukkan di dalamnya) agak berbeda sedikit dari penampakannya di layar komputer; tapi secara keseluruhan masih oke dan aku puas dengannya,ย haha.

Celana Training Baru

Ngomong-ngomong, kemarin siang aku bermain tenis dan tidak sengaja celana training-ku robek dong! ๐Ÿ˜ฏ huahaha ๐Ÿ˜† . Yah, memang celana training itu celana training murah sih yang dulu belinya, kalau nggak salah, di sekitar Mangga Dua gitu deh (dibeliin sih tepatnya, aku mah boro-boro ke Mangga Dua, huahaha ๐Ÿ˜† ).

Jadi sebenarnya, aku punya dua celana training gitu jadi memakainya bisa bergantian. Karena yang satu ini robek, jadilah tadi pagi aku ke Den Haag untuk beli celana training yang baru. Untuk yang baru ini, aku pikir mending aku beli yang kualitasnya bagus sekalian lah ya (baca: harganya otomatis juga mengikuti kualitasnya) karena toh aku juga lumayan sering memakainya; jadi bisa lebih awet gitu. Nah, setelah melihat-lihat, aku memutuskan untuk membeli satu celana training merk Nike berwarna biru tua deh sehargaย โ‚ฌ48. Dan btw, setelah aku cek, celana trainingย yang kubeli itu ternyata diproduksi di: INDONESIA loh! huahaha ๐Ÿ˜† . Bagus dong ya, jadi aku kan membeli produk buatan Indonesia gitu, haha :P. Dan ini mengingatkanku pada kejadian ini dimana aku membeli jaket di Roermond (Belanda) yang mana jaketnya ternyata juga buatan Indonesia, hahaha.