Conference Trip · EuroTrip · One Week Trip · Vacation

#1753 – A Conference Trip to Munich (Part III: Munich)

ENGLISH

Posts in the A Conference Trip to Munich series:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

Munich

The Staatskanzlei in Munich
The Staatskanzlei in Munich

In the one day that I had in Munich, I created my own walking route plan in the Altstadt (the Old Town) crossing as many interesting marked sites in the free map I got from my hotel as possible.

And what can I say, as I said in the Introduction, I found Munich, especially the Altstadt, to be very beautiful. Really. I mean it. The architecture, the gardens, the city plan, the gates, the buildings, etc. I felt like everything was harmonious so it created this very pleasant and nice atmosphere. I don’t know. I just really liked it.

The Isartor in Munich
The Isartor in Munich

But it was only in the Altstadt though. The other part of the city was pretty much “normal” and just like any other busy European cities, hahaha 😆 .

Allianz Arena

As I mentioned in Part I: Garching, my hotel in Garching was actually located quite close to the Allianz Arena. Football fans would immediately know what that is but perhaps not for non-football fans (like me). So, the Allianz Arena is a football stadium located to the north of Munich that is home to one of the top German football clubs: Bayern Munchen.

A proof that I visited the Allianz Arena in Munich
A proof that I visited the Allianz Arena in Munich

So obviously on my way from Garching to Munich, I decided to stop by there as the stadium was located not so far away from the U-Bahn Station Frötmanning. I did not enter the stadium, btw, as I was not really a football fans so the €19 felt like a lot to me and I’d rather spend it on something else (like good food, for instance, haha 😆 ). So I was just standing outside of the stadium and took a few photos. At least now I have proofs that “I have been there”, haha 😆 .

The Food

A Bavarian three course menu

My Yelp app suggested me a Bavarian restaurant and so obviously I gave it a try. After looking at their menu, I decided to go with their three course menu. This was because with the regular German serving-size, I felt like a three course menu was the better option because, hopefully, they would adjust the size accordingly, haha 😆 . And they did, though still kinda big but it was okay, haha 😆 .

A Schmankerlteller
A Schmankerlteller

For starter, I got a Bavarian soup called Griessnockerlsuppe which tasted a little bit like bakso soup in Indonesia, so it was nice. For the main course, I had a Bayrischer Schmankerlteller which was a pork shoulder dish with Bavarian sausages and kartoffelknoedel. It was also delicious, especially the sausages and the pork shoulder, but not so much the kartoffelknoedel which I generally did not really like anyway (I found the structure to be a bit too “strange” to my liking). For dessert, I got two very delicious apfelkuecherl which was served with cream and ice cream 🙂 .

A German gourmet dinner

Saltimbocca alla Romana
Arguably the fanciest German food I have ever had

In my last evening in Munich, I decided to go to a fancier German restaurant which Yelp also suggested me. I ordered a Saltimbocca alla Romana which was a veal dish wrapped with bacon and served with asparagus and boiled potatoes. And it was SO good plus the serving size was normal and just fit! Hahaha 😆 . For dessert, I had a serving of chocolate mousse and ice cream. The chocolate mousse was okay but I found the ice cream to be too salty. I am not sure if it was supposed to be like that though, but it tasted extremely strange!!

TO BE CONTINUED…

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri A Conference Trip to Munich:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

Munich

The Staatskanzlei in Munich
Staatskanzlei di Munich

Di satu hari yang kumiliki di Munich, aku menyusun rute jalan kakiku sendiri di Altstadt (Kota Tua)-nya Munich melewati sebanyak mungkin tempat menarik yang ditandai di peta gratisan yang kudapatkan dari hotel.

Dan gimana ya, seperti yang kubilang di Introduction, bagiku Munich, terutama Altstadt-nya, itu sungguh indah. Beneran. Serius. Arsitekturnya, taman-tamannya, penataan kotanya, gerbang-gerbangnya, gedung-gedungnya, dll. Aku merasa semuanya ditata dengan harmonis sehingga atmosfernya sungguh asyik dan kotanya nampak kece banget. Aku sukaaa.

The Isartor in Munich
Isartor di Munich

Tetapi perasaan ini hanya kurasakan di Altstadt-nya saja sih memang. Bagian lain kotanya ya “biasa” saja dan memang mirip seperti kota-kota besar Eropa lainnya, haha 😆 .

Allianz Arena

Seperti yang kusebutkan di Bagian I: Garching, hotelku di Garching berlokasi cukup dekat dengan Allianz Arena. Fans sepakbola tentunya langsung tahu apaan itu Allianz Arena ya tetapi mungkin tidak seperti itu bagi yang bukan fans sepakbola (seperti aku). Jadi, Allianz Arena adalah sebuah stadion sepakbola berlokasi di utaranya kota Munich yang mana merupakan kandang dari salah satu klub sepakbola topnya Jerman: Bayern Munchen.

A proof that I visited the Allianz Arena in Munich
Bukti bahwa aku pernah ke Allianz Arena di Munich

Jadi jelas dong ketika aku kembali dari Garching ke Munich, aku memutuskan untuk mampir di stadionnya yang berlokasi tidak jauh dari stasiun U-Bahn Frötmanning. Aku nggak masuk ke dalam stadionnya sih, btw, karena aku bukan fans sepakbola sehingga harga tiket masuk sebesar €19 (sekitar Rp 300 ribu) terasa mahal bagiku dan mendingan buat yang lain kan ya (makan enak, misalnya, haha 😆 ). Jadilah aku berdiri di luar stadionnya dan foto-foto aja dari sana. Setidaknya sekarang aku memiliki bukti bahwa “aku sudah pernah kesana” kan, haha 😆 .

Makanannya

Three course menu Bavaria

App Yelp-ku menyarankan sebuah restoran Bavaria dan jelas aku memutuskan untuk mencobanya. Setelah melihat menunya, aku memutuskan untuk memesan menu three course mereka. Ini karena dengan ukuran rata-rata sebuah menu di Jerman, aku rasa menu three course adlaah pilihan terbaik karena, mudah-mudahan, ukurannya mereka sesuaikan ya, haha 😆 . Dan memang beneran begitu lho, walaupun masih besar juga sih, haha 😆 .

A Schmankerlteller
Seporsi Schmankerlteller

Untuk makanan pembuka, aku memesan sup Bavaria bernama Griessnockerlsuppe yang rasa kuahnya mirip seperti kuah bakso di Indonesia, jadi lumayan lah. Untuk makanan utama, aku memesan Bayrischer Schmankerlteller yang mana adalah bahu babi yang disajikan dengan sosis ala Bavaria dan kartoffelknoedel. Rasanya enak, terutama sosisnya dan bahu babinya, tetapi aku kurang begitu suka rasa kartoffelknoedel (aku merasa strukturnya terlalu “aneh” untuk lidahku). Untuk pencuci mulut, aku mendapatkan dua buah apfelkuecherl enak banget yang disajikan dengan krim dan es krim 🙂 .

Makan malam gourmet di Jerman

Saltimbocca alla Romana
Mungkin makanan Jerman paling “fancy” yang pernah kumakan

Di malam terakhirku di Munich, aku memutuskan untuk makan di sebuah restoran Jerman yang juga disarankan Yelp. Aku memesan Saltimbocca alla Romana yang mana adalah daging sapi muda yang dibalut dengan bacon dan disajikan dengan asparagus dan kentang rebus. Dan rasanya memang enak BANGET plus ukurannya standar dan pas banget! Hahaha 😆 . Untuk pencuci mulut, aku memesan sebuah menu mousse coklat dan es krim. Mousse coklatnya enak sih tetapi aku merasa es krimnya agak terlalu asin. Aku nggak tahu apakah memang seharusnya seperti itu, tetapi rasanya aneh banget!!

BERSAMBUNG…

Advertisements
Conference Trip · EuroTrip · One Week Trip

#1751 – A Conference Trip to Munich (Part II: The Conference)

ENGLISH

Posts in the A Conference Trip to Munich series:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

The Conference

The mathematics building in TUM
The mathematics building in TUM

As I said in the Introduction, this was the most interesting conference (topic-wise and people-wise) which I have ever attended. All the talks were very interesting and closely related to my research; and the list of attendees was amazing as well. After the conference, I felt like I have become a “smarter” person with a lot of new knowledge which I got throughout. So from this point of view, the conference was definitely a success for me.

In the conference, I was just an “attendee” who did not have to present anything. However, technically I still did. My supervisor was one of the invited speakers and she decided to present my research. In a way it was similar to the seminar I gave in Delft in January this year, haha 😆 . She, of course, introduced me as well during the presentation and afterwards I got a few questions and comments from some other PhD students as well. So presentation-wise, the conference was also a success.

Technically still "presenting"
Technically still “presenting”

I also learned a lot during the conference regarding the politics in academia. You see, in academia, a conference is not just about the presentations. A very important aspect (even probably more important than the talks) of the conference is the networking opportunity where ones can meet, in person, other researchers or professors in a similar field. By networking, I mean in a much deeper level than just exchanging business cards or introducing themselves even though this could be true for newbies like me. However, most of the established people in the conference have already known each other so they are well beyond that. What they are after is, for instance, a collaboration possibility, research grant proposal, etc. You know, the “making money” part in academia life. This showed me how the other side of the academia working life is and helped me a lot in making big decision for my future 😉 . So in this sense, the conference was a success too.

Beer reception
The beer reception was a good place for networking

As I was relatively a newbie (though my supervisor said she couldn’t introduce me as a “new” student as I was rather “old” because I was already approaching the end of my fourth year, haha 😆 ), I was introduced a few times to several different professors during the conference. We planned to invite one of them to be part of my PhD graduation committee so it would be great if I made good impression. Let’s just say I hope I did, haha. During a dinner, this professor actually quizzed me about a mathematical question after I had a few sips glass of beer on which he joked he would agree to be in the committee only if I could answer the question. Luckily I could, ahahahah 😆 . So from this point of view the conference was a success as well 😛 .

The Conference Dinner and Social Events

As in any conference, there was an organized conference dinner as well and, obviously, I joined in. The dinner was a buffet dinner at a fancy Bavarian restaurant in the small town of Garching. I sat in the PhD tables (well, it was basically free where you could sit but, unsurprisingly, naturally the professors tend to sit together and so do the PhDs, hahaha 😆 ) which was nice because we were pretty much in the same stage of our careers of course 😛 . The dinner itself was nice. It started with a buffet appetizers followed by a buffet main courses (which were super fatty to be honest, including fried pork skin!). And then the super delicious dessert, a Kaiserschmarrn served with jam and ice cream, was served on the table.

A Kaiserschmarrn with jam and ice cream
A Kaiserschmarrn with jam and ice cream

There were other unofficial social events as well, such as dinner and drinks at a few biergartens, which were really nice!

TO BE CONTINUED…

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri A Conference Trip to Munich:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

Konferensinya

The mathematics building in TUM
Gedung matematikanya TUM

Seperti yang kusebutkan di posting Pembukaan (Introduction), konferensi ini adalah konferensi paling menarik (dari segi topik dan peserta) yang pernah kuhadiri. Semua presentasinya sungguh amat menarik dan memang berkaitan erat dengan risetku; dan daftar pesertanya juga keren banget. Setelah konferensi ini, aku merasa aku telah menjadi semakin “pintar” dengan ide-ide dan pengetahuan baru yang kudapatkan sepanjang konferensi. Jadi dari sisi ini, konferensinya sukses untukku.

Di konferensinya, aku hanyalah “peserta” saja karena aku tidak mempresentasikan apa pun. Namun, secara teknis aku masih presentasi sih. Pembimbingku adalah salah seorang invited speaker di konferensi ini dan ia memutuskan untuk mempresentasikan risetku. Jadilah presentasinya kurang lebih mirip seperti seminar yang kuberikan di Delft Januari lalu, haha 😆 . Ia, jelas, memperkenalkan aku juga di presentasinya sehingga setelahnya aku mendapatkan beberapa pertanyaan dan komentar dari beberapa mahasiswa PhD lainnya. Jadi dari segi presentasi, konferensi ini juga lah sukses.

Technically still "presenting"
Secara teknis aku masih “presentasi”

Aku juga banyak belajar dari konferensi ini mengenai politik di dunia akademia. Di dunia akademia, sebuah konferensi itu lebih daripada sekedar presentasi-presentasinya saja. Salah satu aspek sangat penting (bahkan mungkin lebih penting daripada presentasinya) dari sebuah konferensi adalah kesempatan untuk networking dimana kita bisa bertemu, langsung bertatap-muka, dengan peneliti-peneliti dan profesor-profesor lain di bidang yang sama. Dengan networking, maksudku adalah definisinya yang jauh lebih dalam daripada sekedar bertukar kartu-nama atau memperkenalkan diri ya walaupun mungkin ini bisa jadi benar untuk newbie seperti diriku. Namun, kebanyakan peserta yang sudah mapan di konferensi ini kan sudah saling kenal satu sama lain cukup lama sehingga hubungan mereka juga sudah lebih akrab daripada itu. Yang mereka inginkan, misalnya, biasanya adalah kemungkinan untuk berkolaborasi, menulis proposal untuk pendanaan riset, dll. Tahu lah, bagian “mencari duit” dari kehidupan di akademia. Ini menunjukkan sisi lain dari kehidupan pekerjaan di dunia akademik dan sungguh amat membantuku membuat keputusan besar untuk masa depanku nantinya 😉 . Jadi dari sisi ini, lagi, konferensinya sukses.

Beer reception
Resepsi bir ini adalah kesempatan baik untuk networking

Karena aku masih cukup newbie (walaupun pembimbingku bilang ia tidak bisa memperkenalkanku sebagai orang “baru” karena aku sudah lumayan “tua” dimana aku sudah mendekati akhir dari tahun keempatku kan, haha 😆 ), beberapa kali aku dikenalkan dengan beberapa profesor di konferensi ini. Kami berencana mengundang salah seorang profesor untuk menjadi bagian dari komite kelulusan PhDku sehingga penting dong ya bagiku untuk memberikan kesan yang oke #pencitraan. Mudah-mudahan sih aku sukses ya, haha. Nah, di suatu acara makan malam, profesor yang kita undang itu tiba-tiba memberikanku sebuah kuis soal matematika dong setelah aku minum dua gelas bir dan ia berkata ia (bercanda sih) akan setuju untuk mengambil bagian sebagai komiteku apabila aku bisa menjawab pertanyaannya. Ih. Untungnya aku bisa menjawab kuisnya dengan benar, ahahahaha 😆 . Jadi dari sisi ini, konferensinya sukses lagi kan ya 😛 .

Conference Dinner dan Acara-Acara Sosial

Seperti layaknya sebuah konferensi, ada sebuah conference dinner yang diselenggarakan dan, jelas dong, aku ikutan. Makan malamnya adalah makan malam buffet di sebuah restoran Bavaria di kota kecil Garching. Aku duduk di meja PhD (sebenarnya bebas sih mau duduk dimana tetapi, tidak mengherankan, secara alami jelas dong ya para profesor cenderung duduk berkumpul bersama dan begitu pula para mahasiswa PhDnya, hahaha 😆 ) yang mana asyik juga karena kami kan kurang lebih berada di tingkat yang sama di karir kami 😛 . Makan malamnya sendiri asyik banget. Dimulai dengan menu pembuka buffet dan diikuti oleh menu makanan utama buffet (yang mana sangat amat berlemak, termasuk kulit babi goreng!) dan diakhiri dengan pencuci mulut, sebuah Kaiserschmarrn yang disajikan dengan selai dan es krim, yang diantarkan ke setiap meja.

A Kaiserschmarrn with jam and ice cream
Kaiserschmarrn dengan selai dan es krim

Ada juga beberapa acara sosial tidak resmi lainnya, misalnya makan malam dan acara minum-minum di beberapa biergartens, seru deh!

BERSAMBUNG…

Conference Trip · EuroTrip · One Week Trip

#1748 – A Conference Trip to Munich (Part I: Garching)

ENGLISH

Posts in the A Conference Trip to Munich series:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

Getting to Bavaria

KL Logo
Flight: KLM Royal Dutch Airlines KL1793
Equipment: Boeing 737-800 reg PH-BXI
ATD: 09:38 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 10:37 CET (Runway 26L of MUC)

The departure trip started with a bit of a drama. It was a long weekend when I left so a heavy maintenance work was scheduled on the railway between Den Haag and Schiedam (which included Delft) meaning no operating train on the tracks during the entire long weekend. So as a result, to get to Schiphol I would have to take the NS bus service to Den Haag Centraal Station from where I could take the normal train service to Schiphol. The total cost of this trip was the same but added an extra 30 minutes of travel time to the airport.

Nonetheless, I arrived at the airport, had breakfast at KLM Crown Lounge, and walked to the gate about 10 minutes before the scheduled boarding time. The gate was one of the B gates in Schiphol so it was quite a long walk from the lounge. When I arrived at the gate, boarding had already commenced. So in this sense it was actually good as I did not have to wait 😛 .

The airplane today was a KLM’s Boeing 737-800 reg PH-BXI named “Zilvermeeuw”. I quickly settled into my 7F seat (in the first row of the regular economy cabin of a KLM’s Boeing 737-800 😛 ) and not long after, we departed from Schiphol via runway 24. We took a sharp turn heading to the southeast direction to Munich. It was a regular short-haul KLM flight so there was not much to tell here. The snack service began once we reached the cruising altitude and the rest was a pleasant but rather uneventful flight to Munich. At 10:37, we landed at runway 26L of Munich’s Franz Josef Strauß Airport. Here is the landing video:

From there, I went to the S-Bahn Station and took the S8 S-Bahn service to Munich City Center.

Garching

After having lunch in Munich, I took the north-bound U6 U-Bahn service to Garching. The conference would be held at TU Munich’s Garching campus so I decided to stay somewhere closer (obviously).

Garching was a beautiful but very small Bavarian town. However, though, I found it to be quite “boring” in the sense there was nothing else to do there as a visitor. I mean, there were a few places of attraction (including Bayern Munchen’s Allianz Arena) but they were several kilometers away. On my first day I was super bored that I was thinking to go to the Allianz Arena just 20 minutes before it was closed but I thought it was still a much better decision than having nothing else to do, lol 😆 . But then a friend of mine messaged me asking about a small math problem her colleague gave her. Yay! So now I had a reason to not go to the Allianz Arena as I had something else more fun to do 😛 .

Garching
Garching

On the other free time I had during my stay in Garching, I decided to go to the Flugwerft Schleissheim, an aviation museum (obviously 😆 ) located in Oberschleissheim, about 5 km away from Garching. Luckily there was a bus which departed from just in front of my hotel that went directly to Oberschleissheim. From the bus stop I still had to walk for about 500 meter before I reached the museum. But the walk was pleasant (albeit the rainy weather that day) as I had to pass the Schleissheim Palace.

As expected, it was heaven! Haha 😆 . The museum consisted of a few main rooms. The first room was full of the older generation airplanes (mostly single-engined) and many model planes as well. To get to the second room, we passed an airplane hangar which was quite cool. Btw, the museum was actually located at the Schleissheim Airfield, a very small airfield used mainly for general aviation. The second room was a hangar full of the newer generation airplanes, including fighters and research planes as well. It was super cool!! 😀

An aviation museum in Munich
The Flugwerft Schleissheim in Oberschleissheim

The Food

The Monday of the start of the trip was a public holiday in Germany as well and it turned out that almost everything was closed. So during my transit time in Munich (between my S8 and U6 ride from Munich Airport to Garching), it was difficult for me to find an open restaurant. Feeling really hungry already, I decided to go to an Asian restaurant. I ordered a fried duck dish and, as expected, it was delicious; but the serving was, well, a German serving. Read: extremely overly HUGE! This, indeed, reminded me that I was in Germany, hahaha 😆 .

In Garching, I had dinner with my supervisor and many other professors (this was the dinner where I got introduced to the other professors). I decided to order a children menu schnitzel, and what came out was like this:

A children menu schnitzel
A children menu schnitzel

Yes people, that was the children menu, which in my opinion was actually a regular adult menu in any other countries, lol 😆 . My supervisor ordered a half-sized schnitzel as well and what came out was like mine, but with an extra piece of meat of about the same size, and twice as many french fries. Like, really!! 😅😅😅😅😅

TO BE CONTINUED…

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri A Conference Trip to Munich:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

Ke Bavaria

KL Logo
Penerbangan: KLM Royal Dutch Airlines KL1793
Pesawat: Boeing 737-800 reg PH-BXI
ATD: 09:38 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 10:37 CET (Runway 26L of MUC)

Perjalanan keberangkatanku dimulai dengan sebuah drama. Waktu berangkatanku adalah ketika long weekend sehingga sebuah pekerjaan maintenance berat jalur kereta di antara Den Haag dan Schiedam (meliputi Delft) sedang dikerjakan. Ini berarti tidak ada kereta yang beroperasi di jalur ini sepanjang long weekend itu. Sebagai akibatnya, untuk pergi ke Schiphol aku harus naik layanan bus NS ke Den Haag Centraal dan dari sana aku bisa naik kereta biasa ke Schiphol. Biaya total perjalanan ini sama dong padahal waktu tempuhku menjadi bertambah sekitar 30 menit ke bandara, haha.

Singkat cerita, aku tiba di bandara, sarapan di Crown Lounge-nya KLM, dan berjalan ke gerbang keberangkatanku sekitar 10 menit sebelum waktu boarding. Gerbangnya waktu itu adalah salah satu gerbang B di Schiphol sehingga aku harus berjalan cukup jauh dari lounge. Ketika tiba di gerbangnya, boarding sudah dimulai. Dari sisi ini asyik juga sih jadi aku kan nggak perlu menunggu ya 😛 .

Pesawatnya hari ini adalah sebuah Boeing 737-800nya KLM berregistrasi PH-BXI bernama “Zilvermeeuw”. Aku langsung menyamankan diriku duduk di kursi 7F (di barusan pertama kabin ekonomi reguler di Boeing 737-800nya KLM 😛 ) dan tidak lama kemudian, pesawat berangkat dari Schiphol melalui landasan pacu 24. Pesawat kemudan berbelok tajam ke arah tenggara menuju Munich. Penerbangan ini adalah penerbangan reguler jarak dekatnya KLM sehingga nggak banyak yang bisa kuceritakan di sini. Tidak lama setelah pesawat stabil di atas, layanan snack dibagikan. Sisa penerbangannya berlangsung nyaman tetapi ya memang uneventful gitu deh. Jam 10:37, pesawat mendarat di landasan pacu 26L Bandara Franz Josef Strauß di Munich. Berikut ini video pendaratannya:

Dari sana, aku naik kereta S-Bahn jalur S8 menuju pusat kota Munich.

Garching

Setelah makan siang di Munich, aku naik metro jalur U6 arah utara menuju Garching. Konferensinya akan diadakan di kampus TU Munich yang berada di Garching sehingga aku memutuskan untuk menginap di dekat-dekat sana (jelas lah ya).

Garching adalah sebuah kota Bavaria kecil yang indah tetapi amat kecil. Namun, aku merasa kotanya agak “membosankan” karena memang tidak ada apa-apa yang bisa dilakukan di sana sebagai pengunjung. Maksudku, ada sih beberapa atraksi menarik (termasuk Allianz Arenanya Bayern Munchen itu) tetapi jaraknya beberapa kilometer gitu deh dari Garching. Di hari pertamaku di sana aku bosan banget sampai-sampai aku berpikiran untuk pergi ke Allianz Arena 20 menit sebelum stadionnya ditutup loh. Toh aku masih merasa itu adalah pilihan terbaik daripada bingung nggak jelas mau ngapain kan, haha 😆 . Eh untungnya tidak berapa lama kemudian aku mendapatkan email dari temanku yang bertanya mengenai sebuah permasalahan matematika yang ia dapatkan dari koleganya. Horee! Aku jadi ada alasan untuk nggak pergi ke Allianz Arena sore itu dan mendapatkan sesuatu yang lebih seru untuk dikerjakan! 😛 .

Garching
Garching

Di waktu senggang lainku di Garching, aku memutuskan untuk mengunjungi Flugwerft Schleissheim, sebuah museum pesawat (jelaasss, hahahaha 😆 ) yang berlokasi di Oberschleissheim, sekitar 5an km dari Garching. Untungnya ada bus yang berangkat dari depan hotelku yang pergi langsung ke Oberschleissheim. Dari haltenya aku harus berjalan sekitar 500 meter sih sebelum mencapai museumnya. Tetapi jalan kakinya asyik sih (walaupun cuacanya sedang hujan waktu itu) dimana aku harus melewati Istana Schleissheim.

Seperti dugaanku, tempatnya surga banget! Haha 😆 . Museumnya terdiri dari beberapa ruangan utama gitu. Ruangan pertama penuh dengan pesawat-pesawat generasi super tua (kebanyakan yang mesinnya cuma satu gitu) dan beberapa model pesawat. Untuk pergi ke ruang kedua, aku harus melewati sebuah hanggar pesawat yang nampak keren. Btw, museumnya berlokasi di Lapangan Terbang Schleissheim, sebuah lapangan terbang kecil yang biasanya hanya dipakai untuk penerbangan kecil sipil gitu. Ruangan kedua adalah hanggar besar yang berisi pesawat-pesawat yang lebih baru, termasuk pesawat tempur dan pesawat riset juga. Keren banget!! 😀

An aviation museum in Munich
Flugwerft Schleissheim di Oberschleissheim

Makanannya

Hari Senin ketika aku berangkat itu adalah tanggal merah di Jerman sehingga ternyata semua-semuanya pada tutup dong. Jadilah ketika transit di Municg itu (dari perjalanan S8 dan U6ku dari Bandara Munich ke Garching), sulit bagiku untuk menemukan restoran yang buka. Merasa lapar, ya sudah aku makan di sebuah restoran Asia. Aku memesan menu bebek goreng yang mana rasanya enak; tetapi ukurannya itu Jerman banget! Baca: sangat amat teramat RAKSASA! Tapi ini jadi mengingatkanku bahwa memang aku sedang berada di Jerman deh, hahaha 😆 .

Di Garching, aku makan malam dengan pembimbingku dan beberapa profesor lainnya (ini adalah makan malam dimana aku dikenalkan dengan beberapa profesor itu). Aku memesan menu anak-anak berupa schnitzel, dan yang keluar kayak gini:

A children menu schnitzel
Schnitzel ukuran anak-anak

Iya loh, segitu itu ukuran menu anak-anak, yang mana menurutku adalah ukuran menu dewasa standar di negara-negara lain, hahaha 😆 . Pembimbingku memesan schnitzel untuk ukuran dewasa tetapi yang berukuran setengah dan yang keluar adalah sama seperti milikku, tetapi dengan satu ekstra potongan daging berukuran sama dan kentang goreng sebanyak dua kali lipatnya. Beneran!! 😅😅😅😅😅

BERSAMBUNG…

 

Conference Trip · EuroTrip · One Week Trip · Vacation

#1744 – A Conference Trip to Munich (Introduction)

ENGLISH

Posts in the A Conference Trip to Munich series:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

This past week I was in Munich for a conference and yesterday evening I came back to the Netherlands marking the end of this trip.

Actually I have shared the background of the trip in that post. The topic of the conference was very closely related to my research (well, basically it was the topic of my research anyway) so naturally the conference was very interesting to me. Moreover, the list of the invited speakers was extremely impressive where those were the people whose books and journal papers I read and cited during the entirety of my study! So again from this point of view this conference was very appealing. And more importantly, I still had some budget left in my research project for a trip anyway, so there was actually no reason for me not to go 😉 .

And the conference itself turned out to be amazing. It was the most interesting conference, in term of the presented topics and talks, which I have attended ever. Moreover, I got the chance to meet and get introduced to some of the most famous names (read: professors) in the field as well! It was so amazing that I felt a little bit star-strucked to be honest, hahaha 😆 .

The city of Munich was not bad either. In fact, it was super beautiful! I got the chance to spend about one day to explore the city, and it surely was not enough! I have not been a lot to Germany, but of the cities which I have visited, so far Munich is the prettiest, in my opinion 😉 .

And lastly, I got the chance to end the trip with such an awesome flying day where, instead of flying non-stop Munich – Amsterdam, I did Munich – Milan – Paris – Amsterdam, ahahahahah 😆 .

Yeah, that is all for now. As usual, here are some teasers from this trip 😉

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri A Conference Trip to Munich:

1. Introduction
2. Part I: Garching
3. Part II: The Conference
4. Part III: Munich
5. Part IV: A Flying Saturday

***

Seminggu ini aku berada di Munich untuk sebuah konferensi dan kemarin malam aku kembali di Belanda yang mana memandai berakhirnya perjalanan ini.

Sebenarnya aku sudah menceritakan latar belakang perjalanan ini di posting itu. Topik dari konferensi ini sangat berkaitan erat dengan risetku (eh, sebenarnya mah malah memang topik dari risetku sih) jadi jelas konferensi ini amat menarik untukku. Lebih jauh lagi, daftar pembicara yang diundang sungguh impresif dimana mereka adalah orang-prang yang buku-buku dan journal papers-nya aku baca di keseluruhan masa studiku! Jadi, lagi, dari sisi ini konferensi ini sungguh mengundang banget kan ya untuk dihadiri. Dan yang lebih penting lagi, toh aku masih memiliki budget di proyek risetku sehingga tidak ada alasan untuk tidak pergi kan 🙂 .

Dan konferensinya ternyata beneran seru banget loh. Ini adalah konferensi paling seru, dalam hal topik dan presentasinya, yang pernah kuhadiri. Lebih jauh lagi, aku berkesempatan bertemu dan dikenalkan dengan nama-nama (baca: profesor-profesor) super terkenal di bidang ini juga!! Seru banget dah sampai-sampai aku sedikit merasa star-strucked juga, hahaha 😆 .

Kota Munich sendiri juga tidak lah buruk. Malah, sebenarnya kotanya indah banget! Aku memiliki waktu satu hari untuk mengeksplor kotanya, dan jelas sehari saja tidak lah cukup! Oke, memang sih aku belum pernah ke banyak bagian Jerman, tetapi dari kota-kota di sana yang pernah kukunjungi, menurutku Munich adalah yang tercantik! 😉 .

Dan, poin terakhir nih, aku juga bisa mengakhiri perjalanan ini dengan satu hari terbang yang super seru banget dimana bukannya terbang non-stop Munich – Amsterdam, aku terbang Munich – Milan – Paris – Amsterdam loh, ahahahahah 😆 .

Yaa, segitu dulu deh ya untuk saat ini. Seperti biasa, di atas aku unggah beberapa teasers dari perjalanan ini 😉 .

Conference Trip · EuroTrip · One Week Trip · Travelling

#1741 – Hello from München

ENGLISH

Yes, you read the title right. At the moment I am sitting in my hotel room in Munich, Germany! Haha 😆 . Okay, not exactly in the city center of Munich but actually in a small city called Garching about 15 km to the north of Munich.

😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱

Yeah, I know, about a week ago I just went to Rennes, France, for a long weekend trip; and now I am going on another trip 😛 . I know, it seems that I have already had a lot of trips this year, haha 😆 . While I may agree with that, I just count that this trip is actually my seventh trip this year. So it pretty much depends on how you define “a lot”, haha 😆 .

However, this trip is very different in nature than all the preceding six trips though. If all of those six trips were personal, this trip to Munich is actually a business trip 😉 . Yeah, as usual, I am going to a conference this week. But unlike all my previous conference trips (Bergen in 2012, London in 2013, Corsica in 2014, and Tokyo in 2015), I am not presenting anything this year. I am going because my supervisor invited me to the conference’s topic is very related to my PhD research and so naturally this conference is very interesting to me. Moreover, I still have more than enough budget (in my research project) for another conference trip anyway, so why not ;).

While on it, this is a biennial conference and actually two years ago the conference was held in, well, Beijing, China! Damn! I wish the location of this conference had been more exotic than “just” Munich (read: somewhere in the Caribbean or Australia would do, for instance 😛 ). But then again I would probably have not been approved to go if the conference had been than far while I would not be presenting anything. Haha 😆 .

Yeah, this is what I meant yesterday. I am attending a conference this week which starts on Tuesday so today, which technically a public holiday in the Netherlands, I must work by getting myself to Munich 😛 .

Anyhow, yeah, that is it for now!! Auf Wiedersehen! 😉

A hotel view in Garching

BAHASA INDONESIA

Yup, judulnya benar kok. Saat ini aku sedang duduk di kamar hotelku di kota Munich, Jerman! Haha 😆 . Oke, nggak di pusat kota Munich-nya sih tetapi sebenarnya di sebuah kota kecil bernama Garching sekitar 15 km di utara Munich.

😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱

Iya, aku tahu, semingguan yang lalu aku baru saja pergi ke Rennes di Prancis untuk sebuah perjalanan long weekend; dan sekarang aku pergi lagi di sebuah perjalanan lainnya 😛 . Aku tahu, memang kayaknya tahun ini aku banyak jalan-jalannya ya, haha 😆 . Mungkin aku setuju sih dengan pernyataan itu, baru saja kuhitung ini adalah perjalananku yang ketujuh tahun ini. Jadi tergantung dulu dari definisi “banyak” itu apa yah, haha 😆 .

Namun, perjalanan ini sendiri unik dan berbeda dari enam perjalanan sebelumnya sih. Jika semua enam perjalanan sebelumnya itu adalah acara jalan–jalan sendiri, perjalanan ke Munich ini adalah sebuah perjalanan bisnis 😉 . Iyaa, seperti biasanya, aku mengunjungi sebuah konferensi minggu ini. Tetapi, tidak seperti semua kunjunganku ke konferensi-konferensi sebelumnya (Bergen di tahun 2012, London di tahun 2013, Korsika di tahun 2014, dan Tokyo di tahun 2015), aku tidak akan presentasi apa pun di konferensi ini tahun ini. Aku datang karena pembimbingku mengajakku untuk ikutan pergi topik dari konferensi ini sangat amat berkaitan dengan riset S3-ku sehingga jelas konferensi ini amat menarik untukku. Lebih jauh lagi, toh aku masih memiliki budget lebih dari cukup (dari proyek risetku maksudnya) untuk sebuah perjalanan konferensi lagi jadi mengapa tidak kan 😉 .

Mumpung masih ngomongin topik ini, konferensi ini diadakan satu kali setiap dua tahun dan sebenarnya dua tahun yang lalu konferensinya diadakan di Beijing, China loh! Ah! Kenapa ya lokasi konferensinya tahun ini nggak lebih eksotis daripada “sekedar” Munich (baca: kenapa engga di Karibia atau di Australia gitu kek misalnya? Hahaha 😛 ). Ah, tetapi kalau dipikir-pikir lagi mungkin aku tidak akan diizinkan pergi apabila lokasi konferensinya sejauh itu sementara aku tidak akan mempresentasikan apa-apa. Haha 😆 .

Yup, memang ini sih maksudku kemarin. Aku menghadiri sebuah konferensi minggu ini yang akan dimulai di hari Selasa sehingga hari ini, yang mana secara teknis adalah tanggal merah di Belanda, aku harus bekerja dengan cara pergi ke Munich 😛 .

Yah, segitu dulu deh ya untuk saat ini!! Auf Wiedersehen! 😉

Conference Trip · EuroTrip · Travelling · Vacation · Weekend Trip

#1374 – Weekend in Marseille

ENGLISH

The conference in Ajaccio ended on Friday and I told you that I was leaving Corsica on Saturday morning. But actually by leaving I did not mean to go directly back to the Netherlands; in fact, actually I was staying overnight in Marseille for a weekend trip, lol :lol:. Well, obviously this part of the trip was not part of the business trip so, aside from the flight 😀 , everything was at my expense; which was still fine anyway 😀 .

Without further ado, let me start the story right away (p.s: there will be lots and lots of pictures here!)

Saturday, 12 April 2014

After getting up and having my breakfast at the hotel, I checked out and took a taxi to go to the airport. My flight to Marseille was scheduled to depart at 10:50. Long story short, the flight, an Air Corsica’s XK 152 operated with an Airbus A320-211 reg F-GHQE, departed on time. At around 11:00, it took off from runway 20 of Ajaccio Napoleon Bonaparte Airport.

The flight route map from Ajaccio (AJA) to Marseille (MRS)
The flight route map from Ajaccio (AJA) to Marseille (MRS)

It was such a short flight that about half an hour later, we landed safely at runway 31R of Marseille Provence Airport. Here is the landing video:

After taking my luggage, I took the shuttle bus service to go to the city centre of Marseille. It was already almost 13:00 when I checked in at my hotel, and so I was in a hurry. Why? Well, before leaving, I did a small survey to go to Les Calanques with a boat tour from Marseille; and there would be one today that departed from Le Vieux Port (the Old Port) at 14:00. At this point I still did not have the ticket yet, and I had never been to Marseille so, even though I had a map and already knew the whereabout based on it, I still did not have the first hand experience of physically going to Le Vieux Port yet. And I only had literally less than one hour to go.

I arrived at Le Vieux Port, and just as my luck led me (note: sarcastic mode here), there was a carnival going on there today! The carnival just made it even harder to find the ticket booth for the boat tour! Haha 😆 . But long story short, I found it just in time and bought my ticket. Yay! 😀 It was 13:40 already and so I literally did not have the time to have lunch. But whatever, I got my boat trip so I was okay.

At 13:45, we boarded the boat and at 14:00, the tour started. I won’t say anything more about this boat trip from now on, just some many pictures of it as people say a picture worths a thousand words, except that it was SUPER beautiful that it worthed skipping my lunch!! If you happen to visit Marseille, visiting Les Calanques is definitely a MUST!!

The boat tour that I took (the grande one) lasted 3 hour and 15 minutes so we arrived back at Le Vieux Port at around 17:15. I went back to my hotel to rest for a little bit before deciding to go back to Le Vieux Port to have dinner.

I chose a three course menu set from a restaurant for €30. The appetizer was Soupe de Poisson (fish soup) and the main course was entrecote. For dessert, from the list I saw a menu with a long name (I don’t remember the entire name though 😦 ) and I only knew the word “pomme” in it, which means “apple”. But I did not know what they did with the apple so I asked the waiter what that was. And he told me it was an apple and they put it in the oven. I wasn’t buying it at first but decided to give it a try, haha 😆 .

The Soupe de Poisson was very good, and very large! I think it was a bit too big though as basically I already felt full when finishing it, while I still had my entrecote and apple dessert coming, haha 😆 . The entrecote was okay generally, nothing too special though. And the dessert was very good! I mean, it was definitely something that was out of my spectrum and thus surprised me! 😀

I was feeling too full after that, haha, so I decided to walk around a little bit before taking the metro to go back to my hotel.

Sunday, 13 April 2014

After getting up and showering, I immediately checked out from my hotel at around 10:30. Because my flight back to Amsterdam was scheduled at 18:00, I still had half a day to spend in Marseille and so I left my luggage at the hotel and went to Le Vieux Port again.

Fort Saint Jean
Fort Saint Jean

At Le Vieux Port, I walked towards the right side of the port looking for a place for brunch. I kept scanning the restaurants until I actually reached the Fort Saint Jean at the end of the port, haha 😆 . Okay, I was there so probably it would be better if I paid a visit too (since it was free anyway to get in). It was indeed a very nice fort!

After that and the lunch I had a nearby restaurant, I walked to the ferry ticket booth to buy my return ticket to Chateau D’If; an old fortress (it used to be a jail though) located at a small island near Marseille. I was particularly very excited to go there because this fortress was the setting of the classic literature: The Count of Monte Cristo. I read this novel (in English btw) when I was a kid so it was quite a surreal feeling that I would actually go there.

Chateau D'If as seen from the sky
Chateau D’If as seen from the sky

But there was one problem: it was almost 13:00 already and there was only one return schedule that would permit me to still make it to the airport for my flight with a comfortable (read: no need to rush) margin. But with this, I only had like literally 35 minutes in the island. Fine, I could make it if I was efficient, I thought.

Long story short, I boarded the ferry that left at 13:15. The journey to Chateau D’If took 20 minutes. Upon landing, I immediately walked towards the door so I could be one of the first people to disembark the boat. It was such a wise decision because I was one of the first to arrive at Chateau D’If’s ticket booth so I did not need to queue (after some minutes, there was a long line formed in the booth).

I went around the small island and the fortress, took some quick snaps, before heading back to the port to wait for my ferry back to Marseille. The ferry left Chateau D’If at 14:05 and arrived at Le Vieux Port at 14:50. Then I took the metro back to my hotel, took my luggage, and went to the train station to take the shuttle bus to go to the airport.

At the airport, it was the usual stuff. At 17:30, I boarded my plane back to Amsterdam: an Air France’s Airbus A319-111 reg F-GRHQ flight AF 4364. It departed on time, as at 18:00 it took off from runway 31R of Marseille Provence Airport. Here is the actual flight path of this flight from Marseille Provence Airport to Amsterdam Schiphol Airport today:

The actual flight path of my AF 4364 flight from MRS to AMS on 13 April 2014. Source: http://nl.flightaware.com/live/flight/AFR4364. Accessed on 13 April 2014, 23:14 CET.
The actual flight path of my AF 4364 flight from MRS to AMS on 13 April 2014. Source: http://nl.flightaware.com/live/flight/AFR4364/history/20140413/1600Z/LFML/EHAM. Accessed on 13 April 2014, 23:14 CET.

At 20:00, we landed smoothly at runway 27 of Amsterdam Schiphol Airport. Here is the landing video:

Then, it was the usual stuffs. I took my luggage then took the train to go back to Delft. Here, my one week trip to Corsica and Marseille officially ended.

BAHASA INDONESIA

Konferensi di Ajaccio berakhir di hari Jumat dan sudah aku ceritakan bahwa aku meninggalkan Korsika di hari Sabtu paginya. Nah, yang aku maksud dengan meninggalkan itu bukannya langsung pulang ke Belanda sih; tetapi sebenarnya adalah mampir semalam di Marseille untuk acara jalan-jalan di akhir pekan, huahaha 😆 . Eh, tentu saja bagian perjalanan ini nggak termasuk perjalanan untuk urusan kerjaan jadi, kecuali tiket pesawatnya :D, semuanya ya aku bayar sendiri; yang mana masih oke-oke aja sih ya 😀 .

Nah, mari ceritanya kita mulai aja (btw, bakal ada banyak foto loh di posting ini!)

Sabtu, 12 April 2014

Setelah bangun dan sarapan di hotel, aku check-out dan naik taksi untuk pergi ke bandara. Penerbanganku ke Marseille dijadwalkan berangkat jam 10:50. Singkat cerita, penerbanganku, Air Corsica XK 152 yang dioperasikan dengan pesawat Airbus A320-211 kode registrasi F-GHQE, berangkat tepat waktu. Sekitar jam 11:00, kami lepas landas dari landasan pacu 20 Bandara Ajaccio Napoleon Bonaparte.

The flight route map from Ajaccio (AJA) to Marseille (MRS)
Peta rute penerbangan dari Ajaccio (AJA) ke Marseille (MRS)

Ini adalah penerbangan pendek dimana sekitar setengah jam kemudian, kami mendarat di landasan pacu 31R Bandara Marseille Provence. Berikut ini video pendaratannya:

Setelah mengambil bagasiku, aku menaiki layanan shuttle bus untuk pergi ke pusat kota Marseille. Waktu sudah menunjukkan hampir jam 1 siang ketika aku check-in di hotelku, sehingga aku agak terburu-buru. Mengapa? Jadi, sebelum berangkat, aku sudah survey sedikit untuk pergi ke Les Calanques dengan tur dengan kapal yang berangkat dari Le Vieux Port (Pelabuhan Tua) yang berangkat jam 2 siang. Sampai pada waktu ini aku belum memiliki tiketnya, dan aku kan belum pernah ke Marseille sebelumnya ya, jadi walaupun aku punya peta dan sudah mempelajari situasi lokasinya dari peta itu, tetap aja aku masih belum memiliki pengalaman langsung pergi ke Le Vieux Port-nya. Dan aku hanya memiliki waktu kurang dari satu jam untuk itu.

Aku sampai di Le Vieux Port, dan dengan keberuntunganku (sarkastik ini ya), saat itu sedang ada karnaval dong! Nah, karnavalnya membuat proses pencarian loket tiketnya menjadi lebih susah kan! Haha 😆 . Tapi singkat cerita, aku masih sempat mendapatkan tiket tur dengan kapalnya dan membeli tiketku. Hore! 😀 Waktu sudah menunjukkan sekitar jam 13:40 jadi aku benar-benar nggak sempat untuk makan siang deh. Ah, nggak papa sih, aku mendapatkan tur kapalku jadi aku oke-oke aja.

Jam 13:45, kami menaiki kapalnya dan jam 14:00, turnya dimulai. Aku nggak akan menulis lebih jauh mengenai tur dengan kapal ini, hanya banyak foto-foto aja deh karena katanya kan satu foto setara dengan seribu kata, hanya saja Les Calanques ini SANGAT indah sekali dan setimpal deh dengan keputusanku untuk nggak makan siang!! Kalau ke Marseille, mengunjungi Les Calanques ini HARUS banget deh!!

Tur kapalnya (aku mengambil yang paket grande) memakan waktu sekitar 3 jam 15 menit jadi kami kembali di Le Vieux Port sekitar jam 5:15 sore. Aku kemudian kembali ke hotelku untuk istirahat sebentar sebelum kembali ke Le Vieux Port lagi untuk makan malam.

Untuk makan malam aku memilih menu three course dari sebuah restoran seharga €30. Makanan pembukanya adalah Soupe de Poisson (sup ikan) dan menu utamanya adalah entrecote. Untuk makanan penutup, dari daftar yang aku lihat aku melihat sebuah menu yang namanya panjang (lupa namanya apa euy dalam bahasa Prancis) dimana aku cuma mengenali satu kata aja, pomme (yang artinya buah apel). Tapi aku kan nggak tahu ya apelnya diapain jadilah aku bertanya ke pelayannya ini apa. Dan ia menjelaskan bahwa untuk makanan penutup ini buah apelnya dioven. Heh? Terdengar aneh banget kan ya? Tapi aku putuskan untuk mencobanya deh, haha 😆 .

Soupe de Poisson-nya enak banget loh, dan gede banget! Sampai-sampai aku sudah kenyang loh ketika menyelesaikannya, padahal masih ada menu utama dan makanan penutup yang belum datang, haha 😆 . Entrecote-nya oke lah secara umum, tidak terlalu spesial sih. Dan makanan penutupnya enak banget ternyata! Benar-benar sesuatu di luar perkiraanku lho jadi benar-benar mengejutkan deh! 😀

Aku merasa kekenyangan banget setelahnya, haha, jadi aku berjalan kaki sedikit dulu deh sebelum naik metro untuk kembali ke hotel.

Minggu, 13 April 2014

Setelah bangun dan mandi, aku langsung check out dari hotel sekitar jam 10:30. Karena penerbanganku ke Amsterdam dijadwalkan jam 18:00, aku masih memiliki setengah hari di Marseille jadi aku meninggalkan bagasiku di hotel dan pergi ke Le Vieux Port lagi.

Fort Saint Jean
Fort Saint Jean

Di Le Vieux Port, aku berjalan ke sisi kanan pelabuhannya untuk mencari tempat makan brunch. Karena aku cuma melihat-lihat restorannya doang jadilah tiba-tiba aku sudah sampai di ujung pelabuhannya di Fort Saint Jean, haha 😆 . Karena udah disana ya udah deh aku sekalian mampir aja (toh masuknya kan gratis). Dan ternyata ini adalah benteng yang keren juga!

Setelah aku makan siang di sebuah restoran di dekat sana, aku pergi ke loket tiket untuk membeli tiket pp ke Chateau D’If; sebuah benteng tua (dulu dipakai sebagai penjara) di sebuah pulau kecil di dekat Marseille. Aku sangat bersemangat untuk pergi kesana karena benteng ini adalah salah satu setting-nya sebuah karya literatur klasik: The Count of Monte Cristo. Aku membaca novel ini (dalam bahasa Inggris) ketika masih kecil jadi rasanya nggak percaya gitu kalau aku berkesempatan untuk berkunjung kesana.

Chateau D'If as seen from the sky
Chateau D’If as seen from the sky

Tetapi ada satu masalah: sudah hampir jam 1 siang dan hanya ada 1 jadwal pp aja yang akan memungkinkan aku untuk pergi ke bandara tanpa harus terburu-buru. Tetapi dengan jadwal ini, aku hanya memiliki waktu 35an menit saja di pulaunya. Ya sudah deh, aku kira kalau aku efisien cukup lah waktu segini.

Singkat cerita, aku menaiki kapal ferry-ku yang berangkat jam 13:15. Perjalanan ke Chateau D’If memakan waktu 20 menit. Begitu mendarat, aku langsung berjalan ke pintu kapalnya supaya menjadi salah seorang yang keluar duluan. Ini adalah keputusan yang bijak karena artinya aku adalah salah satu yang pertama untuk tiba di loket tiket di Chateau D’If sehingga aku nggak perlu ngantri (setelah beberapa menit, langsung terbentuk antrian panjang dong di loketnya).

Aku mengelilingi pulau kecil dan benteng ini, mengambil beberapa foto cepat, sebelum berjalan kembali ke bentengnya untuk menunggu kapal ferry kembali ke Marseille. Kapal ferry-nya meninggalkan Chateau D’If sekitar jam 14:05 dan tiba di Le Vieux Port sekitar jam 14:50. Aku langsung menaiki metro untuk kembali ke hotel, mengambil bagasiku, pergi ke stasiun kereta untuk naik shuttle bus ke bandara.

Di bandara ya begitu aja sih. Jam 5:30 sore, aku menaiki pesawatku untuk kembali ke Amsterdam: sebuah Airbus A319-111 milik Air France dengan kode registrasi F-GRHQ dengan nomor penerbangan AF 4364. Penerbangan ini berangkat tepat waktu, dimana jam 6 sore kami lepas landas dari landasan pacu 31R Bandara Marseille Provence. Berikut ini peta flight path sebenarnya dari penerbanganku kemarin:

The actual flight path of my AF 4364 flight from MRS to AMS on 13 April 2014. Source: http://nl.flightaware.com/live/flight/AFR4364. Accessed on 13 April 2014, 23:14 CET.
Flight path sebenarnya dari penerbangan AF 4364-ku dari MRS ke AMS tanggal 13 April 2014. Sumber: http://nl.flightaware.com/live/flight/AFR4364/history/20140413/1600Z/LFML/EHAM. Diakses pada13 April 2014, 23:14 CET.

Jam 8 malam, kami mendarat dengan mulus di landasan pacu 27 Bandara Amsterdam Schiphol. Berikut ini video pendaratannya:

Selanjutnya ya seperti biasa deh. Aku mengambil bagasiku lalu naik kereta untuk kembali ke Delft. Disini, acara perjalanan satu mingguku ke Korsika dan Marseille berakhir.

Conference Trip · PhD Life · Travelling · Zilko's Life

#1373 – The Story from Ajaccio

ENGLISH

So, as I said before, I am in Ajaccio, Corsica this week for work to attend an international conference. And so here is the story about my week in Ajaccio…

Corsica & The Restaurants

First of all, the reason for me being here is for the conference which was held from Wednesday until Friday. And I just arrived in Ajaccio on Tuesday evening. I quite regretted my decision to leave the island tomorrow (Saturday) morning at first because I thought then I would not have any time at all to explore the island whose, allegedly, beaches are beautiful. But then, apparently on Friday the presentation session finished earlier than the previous two days, so I had the time to go to one beautiful beach near Ajaccio (about 15 km away), La Parata. And, indeed, it was so beautiful!! 😀

The beautiful La Parata
The beautiful La Parata

Btw, as usual, before leaving, I did a small survey about the local Corsican dish and I got a few names. However, it turned out to be quite difficult to find a restaurant that sold those things! I mean, it is much much much easier to find a pizzeria here! 😯 But on Friday evening I went out with some other participants for a dinner; and one of the professors had a list of restaurants that he heard were nice Corsican restaurants so we went to one. And it was, indeed, delicious!

The Presentation

First of all, when I received the conference schedule a few weeks ago, I was very happy that my presentation was assigned in day one so I could be stress-free for the rest of the conference, hahaha 😆 . And how did it go? It went pretty well I think. I knew I prepared myself pretty well so I was feeling quite confident. The allocated time for the presentation was super short btw, only 15 minutes including Q&A; so the preparation was actually quite a challenge since I had to pack everything I wanted to say in just around 12 minutes of presentation!

Btw, of course I had to dress accordingly for the occasion; and this was one of the reasons why I bought a new suit a few weeks ago.

Suit up!
Suit up!

The Conference

The conference was a nice conference. Okay, obviously I won’t talk about the topic nor the research presented in the conference here; and I will just talk about the more general ambience of it.

I must say that upon finding out the registration fee, I thought it was quite expensive (well, in the end TU Delft paid for it though so I didn’t have to pay for it myself; but still, from what I knew, this price was amongst the quite expensive price for a conference). But apparently it came with a reason: partially because the conference provided lunch for the entire duration of three days; and by lunch they were actual proper three course meal of French food! 😯 Okay, even though it wasn’t the best French food I had ever had, it was still not bad…

Then on Thursday evening, they organized an optional conference dinner (for an extra fee). And of course I joined the dinner as it provided a good opportunity to talk with other participants.

Also, apparently, some of my colleagues (who are working on different projects but are funded through the same research funding) were also going to the same conference! Hahaha 😆 . We did not plan to submit our papers to this conference together but apparently we did! So it was quite a nice coincidence! Haha 😀 . Furthermore, what was even much stranger than that, some people from my tennis lesson this period apparently also went to the conference! 😯 I mean, what are the odds? Out of all possible research fields in TU Delft, out of all possible conferences in the entire world, out of all possible tennis lessons, we met in the tennis lesson and actually went to the same conference! Hahaha 😆 . It was so weird!

 

BAHASA INDONESIA

Jadi, seperti yang aku ceritakan sebelumnya, minggu ini aku berada di Ajaccio, Korsika dalam rangka urusan kerjaan untuk menghadiri sebuah konferensi internasional. Dan berikut ini cerita mengenai mingguku di Ajaccio…

Korsika & Restoran

Pertama-tama, alasan aku pergi kesini adalah untuk menghadiri konferensi yang diadakannya dari hari Rabu sampai Jumat. Padahal aku baru tiba di Ajaccio-nya aja di hari Selasa sore banget. Aku awalnya agak menyesali keputusanku dimana aku akan meninggalkan pulau ini besok (hari Sabtu) pagi karena aku jadi tidak memiliki waktu sama sekali untuk menjelajahi pulaunya yang mana, katanya, pantai-pantainya bagus-bagus. Tetapi kemudian, ternyata jadwal presentasi untuk hari Jumat selesai lebih cepat daripada dua hari sebelumnya, sehingga aku jadi memiliki waktu untuk mengunjungi satu pantai yang indah yang lokasinya nggak terlalu jauh dari Ajaccio (sekitar 15 km aja), La Parata. Dan pantainya ternyata memang indah banget!! 😀

The beautiful La Parata
La Parata yang indah banget!

Btw, seperti biasa, sebelum berangkat, aku survey sedikit mengenai makanan khas Korsika dan aku mendapatkan beberapa nama. Namun, ternyata susah loh mencari restoran yang menyediakan makanan-makanan itu! Maksudku, jauh jauh jauh lebih gampang untuk menemuka pizzeria disini! 😯 Tetapi di hari Jumat malamnya aku pergi makan malam bersama satu grup partisipan konferensi lainnya; dan kebetulan salah satu profesornya memiliki daftar restoran yang, dia dengar, merupakan restoran Korsika yang oke. Jadilah kami mengunjungi satu di antaranya. Dan ternyata memang beneran enak!

Presentasi

Pertama-tama, ketika aku menerima jadwal konferensinya beberapa minggu yang lalu, aku senang banget begitu melihat bahwa presentasiku dijadwalkan di hari pertama karena ini berarti di sepanjang sisa konferensinya aku sudah nggak perlu stress mikirin presentasi dong ya, huahaha 😆 . Dan bagaimanakah presentasiku? Presentasiku berjalan lancar kok menurutku. Aku tahu bahwa aku mempersiapkan diri dengan baik sehingga aku merasa percaya diri. Btw, waktu yang disediakan untuk masing-masing presentasinya singkat banget lho, cuma 15 menit aja termasuk waktu tanya-jawab. Jadi persiapan presentasinya lumayan menantang juga karena aku harus pandai-pandai mengatur semua yang ingin aku presentasikan hanya dalam waktu sekitar 12 menit saja!

Btw, tentu saja aku berpakaian yang cocok untuk acara ini; dan inilah salah satu alasan mengapa aku membeli jas baru beberapa minggu yang lalu.

Suit up!
Suit up!

Konferensi

Konferensinya adalah konferensi yang bagus. Tentu saja aku tidak akan menulis mengenai topik ataupun riset yang dipresentasikan disana; dan aku hanya akan menulis hal-hal umum tentangnya aja.

Harus aku bilang bahwa ketika melihat biaya pendaftarannya, aku merasa biayanya mahal juga (oke, akhirnya memang biaya pendaftarannya dibayarin TU Delft sih jadi aku kan nggak perlu merogoh kantong sendiri gitu; tetapi tetap aja lah, dari apa yang aku tahu, harga segitu itu termasuk mahal untuk ukuran konferensi). Tapi ternyata ada harga ada rupa deh: sebagian karena konferensinya juga menyediakan makan siang di ketiga hari itu; dan yang dimaksud dengan makan siang adalah makan siang tiga menu (three course) berupa makanan Prancis! 😯 Eh, walaupun makanan Prancisnya bukanlah yang terenak yang pernah aku makan, tapi tetap lumayan lah ya, hehe 🙂

Lalu di Kamis malamnya, mereka mengadakan conference dinner (harus membayar lebih sih untuk ini). Dan tentu saja aku ikutan karena acara beginian kan adalah kesempatan baik untuk berbincang-bincang dengan peserta konferensi lainnya.

Juga, ternyata, beberapa kolegaku (yang bekerja di proyek yang berbeda tetapi sumber pendanaan risetnya sama sepertiku) juga ternyata datang ke konferensi ini! Hahaha 😆 . Kami nggak janjian loh untuk meng-submit paper ke konferensi ini tetapi ternyata kok samaan gitu ya! Kebetulan yang menyenangkan deh! Haha 😀 . Lebih jauh lagi, yang lebih aneh daripada kebetulan itu, kok bisa-bisanya lho beberapa peserta les tenisku periode ini juga ternyata pergi ke konferensi yang sama! 😯 Hah, kok bisa ya? Dari semua bidang riset di TU Delft, dari semua konferensi yang ada di seluruh dunia, dari semua les tenis yang diadakan di kampus, kok bisa-bisanya kami bertemu di les tenis yang sama dan ternyata pergi ke konferensi yang sama! Hahaha 😆 . Sumpah ini beneran aneh banget rasanya!