Mexico · North America Trip · Vacation

#1689 – 2015 Year End Trip (Part VII: Beaches of Huatulco)

ENGLISH

Previous posts on the 2015 Year End Trip series:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding
6. Part VI: Huatulco and New Year

Previously on 2015 Year End Trip: Zilko went to Boston and then Oaxaca to attend his friends’ wedding. After the wedding, they went to Huatulco to spend New Year’s eve there. Being a beach destination, obviously they spent some time at the beaches too…

***

Bahia Maguey

Bahia Maguey
Bahia Maguey

On one afternoon, we decided to go to a beach to just relax there. As obviously only our Mexican friends had local knowledge around the area, we let them pick which beach we would go to (there were a lot of beaches and bays in Huatulco). In the end, they chose “Bahia Maguey”, not really far from Crucecita where we stayed at.

We took two taxis to the beach. Upon arriving, several men from some restaurants chased us to promote their restaurants. It was quite funny as it was like they were saying “Dibs! Dibs on you!“, lol 😆 . Long story short, we made no decision until we reached the beach where we could see the restaurants physically. In the end, we chose one which was a little bit farther away from the crowd. We asked them to erect six beach chairs and umbrellas for us. They did, obviously.

And this was pretty much what we did the entire afternoon, lol 😆 . Laying down on the beach on a beach chair under the shade of umbrella in a very nice tropical weather was soo nice! Even I napped for a little bit! Haha 😆 . Some of my friends went swimming in the sea too. Life was so good, and I questioned why life could not be like this forever? Hahaha 😛 .

Life is good
Life is good

My only complaint was the excessive amount of flies, especially after we ordered our (sweet) drinks and snacks. It was like they smelled it and they came to us.

At around 4 PM, we decided that it was probably time to have some late lunch. We decided to eat at the restaurant, as we really loved the service the guy gave us (the same guy who picked us up at the taxis earlier on). As we were six people, he recommended us to have the mixed grill menu (the menu card said it was for four people but it was a lot that it was also enough for six) for about MX$1500 (around €75) and we went with his suggestion. More stories about this late lunch will come below.

After we finished our late lunch, we went back to Crucecita. Even the guy was so nice that he accompanies us back to the main street and called two taxis for us. Wow, what a service!!

A Day Boat-Tour

On our other full day in Huatulco, we decided to go on a day boat tour around the Huatulco beaches.

Hello, I am in Huatulco
Hello, I am in Huatulco

Two Dramas

We were picked up at our hotel on time at 9:30 AM. There was a small drama where the hotel guy (we bought the package from the hotel) tried to cheat off MX$500 (approx €25) from us, which we did not let him of course (when we caught him red-handed, he brought God’s name into the argument, like WTF). But it turned out to be not the only drama we would have to face this morning.

A second drama took place at La Playa Chahue in the marina where the boat would depart from. We were assigned to a boat whose specification was not the same as they advertised. We were promised a good two double-decker medium-sized boat with sun shade but in the end they assigned us to a rather uncomfortable small boat with no toilet nor shade. We complained and rejected this unacceptable service. After arguing for about 40 minutes (well, our Mexican friend did all the argument though because it was better to be done in Spanish, obviously 😛 ), we were finally assigned to a big boat with good shade. Not a double decker one, but it was okay as at least it was big and had a shade, a good decision as the sun was blazing that day 😀 .

We were finally assigned to this "Macho" boat
We were finally assigned to this “Macho” boat

Finally, our boat departed at around 10:30 AM. It was, nevertheless, a very nice day for a boat and beach trip today so we enjoyed it so much. Even at one point I think I also napped for a little bit on the boat, haha 😆 .

Clean Nature and Water

What stood out about the nature of the Huatulco coastline, to me, was not the clear and clean turquoise water, it was the coastline itself. The landscape was dry and barren with a lot of wild cactus plants on it. It was certainly one of a kind!!

Clean and clear water
Clean and clear water

The very clean water was also, honestly, surprising to me though. I mean, being a developing country, somehow I expected the water to be a little bit dirty with probably some garbage here and there. But none of it was visible. I asked this to our Mexican friends and they said that the Huatulco area was indeed deliberatly meant to be like that. All of the stakeholders in the area were encouraged to work together to keep the water clean, as a clean sea was definitely a tourists attracting feature that set them apart from other places in the world with also beautiful sea and beaches. And this was obvious everywhere. In the boat, they kept reminding us not to throw any garbage to the sea as they provided big garbage bins on the boat.

Impressive!!

A Crime

At one point, we were reaching a beach where I saw a lot of boats and people were there. But then, there was a serious announcement (in Spanish) and our boat stood still. Our Mexican friends then told us that apparently there was a robbery going on in the beach with the culprit having a gun and threatened the visitors.

Wisely, our boat decided to turn around and not go there. Well, I 100% agreed with this decision, of course.

Lounging at Bahia San Agustin

The beach of Huatulco
Bahia San Agustin

From the troubled beach, we immediately went to Bahia San Agustin where we could land and have some snacks or lunch at the restaurants there or go snorkeling. A friend and I chose to go ashore and relax there while the other went snorkeling.

After about one hour, the four other friends joined us at the restaurant and we stayed there for about two hours more. It was, again, a very nice place where we could just sit, relax, and not care about the world, haha 😆 .

At around 4 PM, we were called to get back to our boat (btw, to get in/off the boat, we had to use a smaller boat from/to the beach. It was quite cool). On the way back, we saw some dolphins jumping around in the sea 🙂 .

The Food

A mixed grill menu
A mixed grill menu

Being two beach days, obviously our meals involved only seafood, haha. The mixed grill at Bahia Maguey which I mentioned above was really good. It was basically a very large pan of different seafood, from shrimps and fish to octopus and lobster. Tasty!!

There was also a different kind of “cocktail” which we found there. It was not the usual alcoholic cocktail definition, but rather a seafood cocktail. They mixed several different ingredients, involving seafood of course, and presented it in a big glass. It looked really nice, btw, and also tasted good!! 🙂

An octopus cocktail
An octopus cocktail

Speaking of octopus, apparently octopus was also quite a specialty of this region. So in our stay at Bahia San Agustin, I chose an octopus dish for lunch 😀 .

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Year End Trip:
– Back to USA in business class
– Manhattan
– Fifth Avenue
A Broadway show
– More of New York

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Year End Trip:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding
6. Part VI: Huatulco and New Year

Sebelumnya dalam 2015 Year End Trip: Zilko pergi ke Boston dan kemudian Oaxaca untuk menghadiri pesta pernikahan temannya. Setelah pernikahan selesai, mereka pergi ke Huatulco untuk melewatkan malam tahun baru disana. Sebagai tempat destinasi pantai, jelas mereka menghabiskan waktu di pantai juga…

***

Bahia Maguey

Bahia Maguey
Bahia Maguey

Di satu siang, kami memutuskan untuk pergi ke sebuah pantai untuk bersantai. Jelas hanya teman Meksiko kami lah yang memiliki pengetahuan setempat sehingga kami mempercayakan pilihan pantai kepada mereka (ada banyak pantai di Huatulco). Pada akhirnya, mereka memilih “Bahia Maguey” yang berlokasi tidak terlalu jauh dari tempat kami menginap.

Kami naik dua taksi untuk mencapai pantainya. Ketika tiba disana, beberapa lelaki dari beberapa restoran mengejar kami untuk mempromosikan restorannya. Lucu juga lho karena seakan-akan masing-masing dari mereka menge-tag bahwa kami ini “miliknya” bukan restoran lain. Jelas kami tidak membuat keputusan apa pun hingga mencapai pantainya dimana kami bisa melihat sendiri kondisi restorannya. Pada akhirnya, kami memilih satu yang berlokasi agak jauh dari keramaian. Kami meminta mereka untuk mempersiapkan enam kursi pantai dan mendirikan enam payung pantai untuk kami.

Dan siang itu kami bersantai-santai begini aja di pantai, huahaha 😆 . Tiduran leyeh-leyeh di atas sebuah kursi pantai di bawah naungan payung dengan cuaca tropis itu nikmat banget ya rasanya! Saking nikmatnya aku sampai ketiduran sebentar loh, hahaha 😆 . Beberapa temanku juga berenang di laut selama beberapa waktu. Ah, hidup itu beneran nikmat banget, dan kenapa ya kok kaga bisa begini terus gitu? Hahaha 😛 .

Life is good
Life is good

Satu-satunya komplainku adalah banyaknya lalat disana, terutama setelah kami memesan minuman (manis) dan snack. Jadi kayaknya lalatnya bisa mencium bau manisnya dan mereka mendatangi kami.

Sekitar jam 4 sore, kami memutuskan bahwa sudah waktunya bagi kami untuk makan siang (atau sore?). Kami memutuskan untuk makan di restorannya sekalian karena layanan yang diberikan waiter-nya untuk kami (orang yang sama dengan yang menjemput kami di taksi) top banget. Karena kami berenam, ia merekomendasikan menu mixed grill (di menunya sih menu ini diiklankan untuk empat orang tetapi karena makanannya ada banyak, menurutnya cukup juga untuk enam orang) seharga sekitar MX$1500 (sekitar Rp 1,15 juta) dan kami mengikuti sarannya. Cerita tentang makan siang ini ada di bawah.

Setelah selesai makan siang, kami kembali ke Crucecita. Bahkan ia mengantarkan kami kembali ke jalan dan memanggilkan dua taksi untuk kami lho. Servisnya oke banget ya!!

Tur dengan kapal sehari

Di satu hari penuh lain kami di Huatulco, kami memutuskan untuk ikutan sebuah tur dengan kapal satu hari mengunjungi beberapa pantainya Huatulco.

Hello, I am in Huatulco
Halo, aku sedang di Huatulco

Dua Drama

Kami dijemput di hotel jam 9:30 pagi. Ada sebuah drama pagi ini dimana orang hotelnya (kami membeli paketnya melalui hotel) mencoba mencurangi kami sebesar MX$500 (sekitar Rp 375 ribu) yang mana jelas tidak kami biarkan lah (bahkan ketika triknya kami tangkap basah, ia malah membawa-bawa nama Tuhan segala dong, WTF banget kan). Dan ternyata ini bukanlah satu-satunya drama yang kami hadapi hari ini.

Drama kedua berlangsung di La Playa Chahue di marina dimana kapalnya akan berangkat. Disana, kami diarahkan ke kapal yang mana spesifikasinya bukan seperti yang mereka iklankan. Mereka menjanjikan kami akan diberikan kapal bertingkat dua berukuran sedang yang dilengkapi dengan atap pelindung sinar matahari tetapi mereka malah memberikan kami kursi di kapal kecil nggak nyaman yang nggak ada toiletnya dan nggak ada pelindung sinar mataharinya. Jelas dong kami protes dan kami tidak bisa menerima perlakuan tidak profesional seperti ini (eh, cuma teman kami yang orang Meksiko aja sih yang protes karena protesnya lebih lancar jika dilakukan dengan bahasa Spanyol 😛 ). Setelah beradu-argumen selama 40an menit, kami diberikan kursi di kapal yang agak besar dengan pelindung sinar matahari. Nggak tingkat dua sih kapalnya, tapi masih oke deh karena setidaknya kapalnya besar dan kami bisa berteduh dari sengatan sinar matahari yang memang terik banget hari itu 😀 .

We were finally assigned to this "Macho" boat
Akhirnya kami diarahkan ke kapal “Macho”

Akhirnya, kapal berangkat jam 10:30 pagi. Ini adalah hari yang oke untuk sebuah acara jalan-jalan ke pantai dan laut dan kami benar-benar menikmatinya. Bahkan di satu waktu kalau tidak salah aku sempat tertidur sebentar di kapalnya, haha 😆 .

Air dan alam yang bersih

Yang paling menonjol dari pemandangan alam di garis pantai Huatulco, bagiku, bukanlah air berwarna biru turquoise-nya, melainkan garis pantainya itu sendiri. Pemandangan yang terbentang itu sungguh kering dan ada banyak pohon kaktus liar di sana. Benar-benar unik banget!!

Clean and clear water
Air yang bersih dan jernih

Air yang bersih sekali itu juga, sejujurnya, cukup mengejutkanku sih. Maksudku, sebagai negara yang masih berkembang, entah mengapa aku membayangkan lautnya akan sedikit kotor dengan sampah mengambang di sana-sini. Ternyata aku salah besar. Aku menanyakan hal ini ke teman Meksikoku dan mereka bilang bahwa memang area Huatulco ini sengaja dibuat bersih seperti itu. Semua pihak yang terlibat diminta untuk bekerja-sama menjaga kebersihan lautnya karena laut bersih adalah sebuah daya tarik pariwisata yang membuat mereka unggul dari tempat-tempat lain di dunia dengan pantai dan laut yang juga indah. Dan upaya menjaga kebersihan ini terlihat jelas dimana-mana. Di kapal, kami senantiasa diingatkan untuk tidak membuang sampah ke laut dan di dalam kapal telah disediakan kotak sampah besar.

Keren banget!!

Sebuah tindak kriminal

Di satu waktu, kami hendak memasuki sebuah pantai dimana kami melihat banyak kapal dan orang. Tetapi kemudian, ada sebuah pengumuman serius di kapal (dalam bahasa Spanyol) dan kapal kami mendadak berhenti. Teman Meksiko kami bilang bahwa ternyata baru saja terjadi sebuah perampokan di pantai itu dimana perampoknya memiliki senjata api pula dan mengancam para pelancong.

Dengan bijak, kapal kami berputar balik dan memutuskan untuk tidak pergi ke pantai itu. Yah, aku sih 100% setuju dengan keputusan ini, tentu saja ya.

Bersantai di Bahia San Agustin

The beach of Huatulco
Bahia San Agustin

Dari pantai yang bermasalah itu, kami dibawa ke Bahia San Agustin dimana kami bisa berlabuh dan makan di restoran di pantai atau snorkeling. Aku dan seorang teman memutuskan untuk berlabuh dan bersantai sementara yang lain pergi snorkeling.

Setelah kira-kira satu jam, empat teman kami bergabung dengan kami di restorannya dan kami bersantai disana selama dua jam lagi. Sekali ini, ini adalah tempat dimana kami bisa duduk, bersantai, dan melupakan segala sesuatu tentang dunia, haha 😆 .

Sekitar jam 4 sore, kami dipanggil untuk kembali ke kapal kami (btw, untuk naik kapal kami, kami harus dijemput dengan kapal yang kecil. Keren deh). Di perjalanan balik, kami melihat beberapa ekor lumba-lumba yang berenang dan meloncat di laut lepas 🙂 .

Makanannya

A mixed grill menu
Sebuah menu mixed grill

Dua hari di pantai, jelas makanan kami berhubungan dengan seafood semua, haha. Menu mixed grill di Bahia Maguey yang kusebutkan di atas enak loh. Menu ini berupa sebuah nampan besar berisi berbagai macam seafood, mulai dari udang dan ikan hingga gurita dan lobster. Enak!!

Ada juga sebuah jenis “cocktail” yang berbeda disana. Ini bukanlah cocktail beralkohol seperti pada umumnya, melainkan sebuah cocktail seafood. Mereka mencampurkan banyak bahan, yang berkaitan dengan seafood tentunya, dan disajikan di dalam sebuah gelas. Penampilannya harus aku bilang menarik, dan rasanya enak juga!! 🙂

An octopus cocktail
Sebuah cocktail gurita

Ngomongin gurita, ternyata gurita adalah menu cukup khas di daerah ini. Jadilah di Bahia San Agustin, aku memesan sebuah menu gurita untuk makan siang 😀 .

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Year End Trip:
– Kembali ke Amerika di kelas bisnis
– Manhattan
– Fifth Avenue
Sebuah petunjukan Broadway
– Lebih banyak lagi dari New York

Mexico · North America Trip · Vacation

#1688 – Watching A Broadway Show in Broadway

ENGLISH

While in New York during my recent year end trip to North America, I decided to have a New-York experience of watching a real Broadway show in, well, Broadway!!

This is my first ever Broadway experience in one post… :mrgreen:

***

Getting A Broadway Ticket

After deciding that I wanted to watch a Broadway show, I started looking for the ticket online and was surprised by the seemingly exorbitant price of a Broadway show in New York! 😯 For once I thought maybe I was led to a tout website or something. But then I found an article saying that the average price of a Broadway ticket passed US$100 in 2014.

This article helped me in two ways: (1) Now I had better anchor on the actual price of a Broadway ticket and, more importantly; (2) The word “average” made me immediately assume that the price came from a continuous random variable (LOL 😆 ). This meant that there existed a ticket with price on the lower quantile of this distribution, whatever that distribution is. And I should look for them.

In other words: there must be ways to find cheaper (below the average price) Broadway tickets, somehow. Long story short, I found one way which, at that time, provided handsome discount to the “Les Misérables” performance in Broadway. I immediately decided to grab one and chose myself a good seat in the theatre.

The Imperial Theatre

Imperial Theatre in New York
Imperial Theatre in New York

The “Les Misérables” show was held at the Imperial Theatre in New York. The show was scheduled to start at 7 PM but I decided to arrive at the area early at 5:30 PM to make sure that I knew physically the location of the theatre so I would not stupidly miss the show because I couldn’t find the theatre or so, lol 😆 . The theatre was apparently very easy to find as it was not that far away from New York’s Time Square.

The show started on time at 7 PM. I went inside the theatre just a few minutes before 7 and settled in my seat. I think I picked a good seat as this was my view throughout the show:

The view from my seat (during the 15 minutes break)
The view from my seat (during the 15 minutes break)

Not bad, eh?

The theatre itself was super cool and it reminded me a little bit of the Staatsoper in Vienna where I watched a classical music concert back in 2011. I decided not to bring my backpack (I read somewhere there would be a charge of $2 for every bag that needed to be screened; and for security reason they had to screen every bag. I am not sure, however, if this was true or not). As a result I decided to buy myself an overpriced ($5) bottled mineral water, haha 😛 .

The Show and the Experience

First of all, by law, it was prohibited to take pictures or videos during the performance; which, of course, I obeyed. So you see no photo/video from the performance in this post.

Second of all, I had never read the novel Les Misérables before so, probably embarrassingly, I had no idea about the story before the show started. In a way it was good though as I had no expectation and I could just enjoy the show. 😛

And how was it?

Well, it was:

SUPER AWESOME!!

I really, really, really loved it!!

The Acting

First of all, (no wonder) all the casts were extremely good actors and actresses!! (It turned out that) Les Misérables was a story full of misery, sorrow, and agony. This was definitely well protrayed throughout the show.

Valjean’s struggle throughout his life; the love “triangle” between Cosette, Marius, and Éponine (which ended in a tragic manner to me); the Friends of ABC’s fight in the revolution (and all of them ended up dead); all were portrayed really well that I felt soo involved in it!

The Singing

Being a musical drama, the singing was an integral part of the show. In fact, the entire 3 hours of the show was full of singing (where, basically, 99.99% of the lines were all sung). And on top of good actors/actresses, they were all good singers as well!!

It was SOO good that I got goosebumps throughout the 3 hours show! I knew it would be a great evening of eargasm after Alfie Boe (who played Valjean) sang the “What Have I Done (Valjean’s Soliloquy)” which ended in high note which Boe hit so perfectly which gave me realy strong goosebumps[1]!

As I said, by law, I was prohibited to take any photo or video. However, I found a Les Misérables concert video on Youtube which contained all the songs that were played in the show:

Of all the songs that were played, though, I was originally only familiar with one of them: “I Dreamed A Dream”, thanks to Susan Boyle’s legendary audition at the Britain’s Got Talent back in 2009:

Montego Glover (who played Fantine)’s rendition of this song was also really good! Btw, I think the sadness nuance of this show is obvious from this song. This song is about the anguish of someone with a hard life situation. She, then, thinks back to her younger year that was full of joy and dream; and feels that life has killed the dream she dreamed…

Yeah, in summary, it was basically three hours of eargasm 😆 .

The Sound and Music

The actors and actresseswere supported by the amazing sound system and music. Throughout the show, obviously relevant music was played in the background to create more dramatic atmosphere of the acts. However, the music was not just any music. It was actually performed, live, by a group of full orchestra!! 😯

Also, the building was, indeed, clearly designed to host a musical show like this.

AMAZING!!!

The Properties

On top of all those things, one aspect of the show which impressed me a lot was the properties! They really went all out with it and the entire show just felt more grandeur because of that!!

Wooden boats, wooden multi-storey buildings, brick multi-storey buildings, a gate, bridges, war equipments, etc; all of those made appearance on the stage! At one point it made me wonder how big the storage room behind the stage was to keep all those stuffs! Lol 😆 .

The lighting was great as well and was supported by smart use and play of projector in the background.

Conclusion

A Broadway selfie (ignore the guy behind me and my red eye :P )
A Broadway selfie (ignore the guy behind me and my red eye 😛 )

To sum up, I was extremely impressed by my first ever Broadway experience and for sure I will watch more in the future! A few friends told me that there ones in London are great as well so maybe the next time I am in London, I will stop by 🙂 .

Is it worth the ticket price? Well, IT. WAS. SO. WORTH. IT!!! I definitely recommend you to watch one if you have a chance 🙂 .

BAHASA INDONESIA

Sewaktu di New York di perjalanan akhir pekanku ke Amerika Utara baru-baru ini, aku memutuskan untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang New York banget: menonton show Broadway yang asli di, yah, Broadway!!

Berikut ini pengalaman Broadway pertamaku tersebut dalam satu posting:mrgreen:

***

Mendapatkan sebuah tiket Broadway

Setelah memutuskan bahwa aku ingin menonton show Broadway, jelas aku mulai mencari tiketnya di internet dan aku dikagetkan oleh harga tiket Broadway di New York yang nampak mahal banget dong! 😯 Awalnya aku kira mungkin aku nggak sengaja masuk ke website calo atau gimana gitu, haha 😆 . Tetapi kemudian aku menemukan sebuah artikel yang menyatakan bahwa harga rata-rata satu tiket Broadway memang sudah melampaui US$100 loh di tahun 2014.

Artikel ini membantuku dalam dua hal: (1) Setidaknya sekarang aku jadi memiliki sebuah angka pegangan untuk harga satu tiket Broadway dan, yang lebih penting; (2) Kata “rata-rata” membuatku berasumsi bahwa harga tiket Broadway merupakan sebuah peubah acak kontinu (Muahahaha 😆 ). Ini berarti ada setidaknya sebuah tiket yang datang dari kuantil bawah dari distribusi ini, apa pun distribusinya itu. Dan aku perlu mencarinya.

Dengan kata lain: ini berarti ada cara untuk mendapatkan tiket Broadway yang lebih murah (di bawah harga rata-rata). Singkat cerita, aku menemukan satu cara dimana, waktu itu, aku mendapatkan diskon yang lumayan banget untuk pertunjukan “Les Misérables” di Broadway. Langsung aku membeli satu dan memilih kursi yang oke di teaternya.

Teater Imperial

Imperial Theatre in New York
Teater Imperial di New York

Pertunjukan “Les Misérables” waktu itu diadakan di Teater Imperial di New York. Pertunjukannya sendiri dijadwalkan dimulai jam 7 malam tetapi sengaja aku datang awal sekitar jam 5:30an sore untuk memastikan bahwa aku tahu persis lokasi teaternya sehingga aku tidak akan ketinggalan pertunjukannya karena alasan konyol seperti tersesat tidak bisa menemukan gedung teaternya, haha 😆 . Eh ternyata teaternya mudah sekali ditemukan karena berlokasi tidak jauh dari Times Square-nya New York.

Pertunjukannya dimulai tepat waktu jam 7 malam. Aku masuk ke dalamnya beberapa menit sebelum jam 7. Aku rasa aku memilih kursi yang baik karena pandanganku sepanjang pertunjukannya seperti ini loh:

The view from my seat (during the 15 minutes break)
Pandangan dari kursiku (di kala jeda 15 menit)

Lumayan ya?

Teaternya sendiri keren banget dan sedikit mengingatkanku akan Staatsoper di Vienna dimana aku menonton konser musik klasik tahun 2011 dulu. Aku memutuskan untuk tidak membawa tas punggungku (aku sempat membaca dimana gitu bahwa akan ada charge $2 untuk setiap tas yang harus diperiksa; dan untuk alasan keamanan mereka harus memeriksa semua tas. Aku nggak tahu sih ini benar atau tidak). Sebagai akibatnya, aku jadi harus membeli sebotol air mineral yang overpriced banget deh ($5), haha 😛 .

Pertunjukan dan Pengalamannya

Pertama-tama, berdasarkan hukum yang berlaku, dilarang untuk mengambil foto atau video pertunjukannya; yang mana, jelas, aku patuhi lah ya. Jadilah di posting ini tidak akan ada foto/video dari pertunjukannya.

Dua, aku belum pernah membaca novel Les Misérables sebelumnya sehingga, mungkin agak memalukan nih, aku tidak tahu ceritanya akan seperti apa, haha. Di satu sisi ini sebenarnya mungkin baik ya karena aku jadi tidak memiliki ekspektasi apa pun dan bisa menikmati pertunjukannya 😛 .

Bagaimanakah pertunjukannya?

Yah, pertunjukannya:

GILA KEREN BANGETT!!

Aku benar-benar, benar-benar suka bangettt!!

Akting

Tidak mengherankan, akting semua aktor dan aktrisnya keren-keren banget lho!! (Jadi ceritanya ternyata) Les Misérables kan sebuah cerita yang penuh akan kesedihan, kepedihan, dan kegetiran. Ini tergambarkan dengan jelas di keseluruhan pertunjukannya.

Konflik dan kesulitannya Valjean sepanjang hidupnya; cinta “segitiga” antara Cosette, Marius, dan Éponine (yang mana akhirnya kok tragis bener ya); perjuangannya Friends of ABC’s di revolusi (yang mana akhirnya semua anggotanya mati dong); semuanya tergambarkan dengan baik dan aku merasa terbawa ke dalamnya!

Nyanyiannya

Karena merupakan sebuah drama musikal, nyanyian jelas merupakan satu bagian penting dan utama dari pertunjukannya. Malahan, keseluruhan 3 jam dari pertunjukan ini full berisi nyanyian lho (dimana 99,99% dialognya dinyanyikan). Dan selain akting yang oke, semua pemerannya jugalah penyanyi yang bagus banget loh!!

Saking BAGUSnya, aku merinding terus-terusan di keseluruhan 3 jam pertunjukannya! Aku langsung tahu malam ini akan menjadi malam yang seru penuh dengan eargasm setelah Alfie Boe (yang memainkan Valjean) menyanyikan “What Have I Done (Valjean’s Soliloquy)” yang berakhir dengan not amat tinggi yang Boe capai dengan sempurna sampai-sampai bulu romaku merinding banget[1]!

Seperti yang kubilang, berdasarkan hukum yang berlaku, aku dilarang mengambil gambar atau video. Namun, aku menemukan video konser Les Misérables di Youtube yang berisi semua lagu dan nyanyian yang dinyanyikan di pertunjukannya:

Dari semua lagu yang dinyanyikan, awalnya aku hanya familier dengan satu di antaranya”I Dreamed A Dream”, yang mana aku tahu berkat audisi legendarisnya Susan Boyle di acara Britain’s Got Talent tahun 2009 lalu:

Montego Glover (yang memainkan Fantine) menyanyikan lagu ini dengan bagus banget juga! Btw, terasa banget kan nuansa kesedihan dari pertunjukan ini dari lagu ini saja. Lagu ini berisi kesedihan seseorang yang hidupnya nelangsa. Ia mengingat masa mudanya yang penuh keceriaan dan mimpi; dan kemudian merasa bahwa hidup telah membunuh mimpi yang pernah ia mimpikan dulu…

Ya, singkatnya, pertunjukan ini adalah pertunjukan tiga jam penuh dengan eargasm 😆 .

Musik

Aktor dan aktrisnya didukung dengan sound system dan musik keren banget pula. Di sepanjang pertunjukannya, jelas musik yang relevan dimainkan sebagai latar belakang agar nuansa dramatis lebih terasa. Namun, ini bukanlah sekedar musik biasa. Musiknya itu dimainkan, live, oleh satu grup orkestra penuh loh!! 😯

Juga, gedungnya sendiri pun jelas didisain untuk pertunjukan semacam ini. Jadilah efek suara di dalamnya keren banget.

WOOOW!!!

Properti

Di atas itu semua, satu aspek pertunjukannya yang sungguh mencengangkanku adalah propertinya! Gila itu propertinya niat banget dong dan pertunjukannya jadi terasa lebih wah karenanya!!

Perahu-perahu kayu, gedung kayu bertingkat, gedung batu bertingkat, sebuah gerbang dan pagar, jembatan, perlengkapan perang, dll; semuanya muncul dong di panggung! Di satu waktu sampai-sampai aku penasaran itu gudangnya seberapa gede ya untuk menyimpan properti sebanyak itu! Huahaha 😆

Pencahayaannya juga keren banget yang dipadukan dengan penggunaan yang cerdas dari proyektor di bagian belakang panggung.

Kesimpulan

A Broadway selfie (ignore the guy behind me and my red eye :P )
Jelas sebuah Broadway selfie ya (abaikan mas-mas di belakangku  itu dan mata merahku 😛 )

Kesimpulannya, aku sungguh amat terkesan dengan pengalaman Broadway pertamaku dan pasti aku akan menonton pertunjukan-pertunjukannya lagi di masa yang akan datang! Beberapa teman bilang bahwa pertunjukan yang di London juga keren banget jadi mungkin di kunjunganku berikutnya ke London, aku akan mampir untuk nonton deh 🙂 .

Apakah harga tiketnya yang mahal itu setimpal? Iya, SETIMPAL. PAKAI. BANGET!!! Sungguh aku merekomendasikan untuk menonton pertunjukan ini kalau kesempatannya ada 🙂 .

Mexico · North America Trip · Vacation

#1687 – 2015 Year End Trip (Part VI: Huatulco and New Year)

ENGLISH

Previous posts on the 2015 Year End Trip series:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding

Previously on 2015 Year End Trip: Zilko went to Boston and then Oaxaca to attend his friends’ wedding. After the wedding, they went to Huatulco to enjoy some of the beaches there 🙂 .

I split the story from Huatulco into two posts. One is about the beaches and the other one is about the non-beach-related stuffs from our time there. I start with the latter with this post.

***

Getting to/from Huatulco

To get to Huatulco, we chose to take a van service (it was called a”Sprinter” service in Oaxaca and it was pretty much like a “Travel” service in Indonesia). Btw, to get an idea where Huatulco in relative to Oaxaca is, or probably even more in general where in Mexico all these things took place, here is a map:

We took the middle gray route above, btw. A one way trip between Oaxaca City and Crucecita (where we stayed in Huatulco) with this route was about 6.5 – 7 hours, including a couple of breaks.

And the view on this road trip was super amazing! Somehow, when I thought of a Mexican road trip, I pictured a barren landscape with cactus everywhere. And this was indeed the case!! Apparently what I imagined was just like the reality, and I found it to be super cool!! 😀

A Mexican road trip
A Mexican road trip

There was mountainous area between Huatulco and Oaxaca and we obviously had to go through that. The road was very curvy and winding at this area. It was quite extreme, in my opinion, as at some point I felt it at my stomach. But luckily at least I did not get some carsick from it, though there was already sign it could get worse had the curvy and winding part been much longer.

Crucecita

The main square of Crucecita
The main square of Crucecita

In Huatulco, we stayed in Crucecita, which was a small town not by the beach but quite close enough to it. The town center was a main square with a lot of cafes/bars/restaurants surrounding it. So unsurprisingly, this square became, pretty much, our base camp in our entire time in Huatulco, haha 😆 .

One evening, two friends and I decided to take the open deck bus tour because it looked fun. Being an open deck bus, obviously the best seats were the ones on the open top. And we sat ourselves there. However, it turned out that the tour was apparently much more humorously dangerous (literally) than what we thought. The bus went around in the city centre; but a lot of the trees were of the same height of the open bus so all of us had to duck to not get hit by them. Otherwise, you could end up like this:

LOL 😆 . Yeah, you heard our reaction after finding out that the tour had turned into us having to save ourselves from getting hit by trees. But the trees turned out not to be the worst “challenge” there. The worst one was the, well, electricity and telephone cables 😐 . Yeah, haha 😆 .

But in a way it was part of the fun though.

New Year’s Eve Celebration

We also celebrated New Year here in Huatulco. We decided to go to a hotel which organized a New Year’s eve celebration party on a private beach with all inclusive food and drink.

New year's eve party venue
New year’s eve party venue

We left at 8:30 PM as the party would start at 9 PM. We took two taxis to get there and once we arrived, we were escorted to our table and seats. It was a table for ten people so as there were the six of us, we had to share it with a family of four.

It was so much fun! Dinner was plenty, drinks was abundant too. Just like at the wedding though, the music was mostly Latin. While it was still fun, just after like 10 songs, I felt kinda tired of it, haha 😛 .

Just before the countdown, some props were distributed. It included a lantern and a bag of 12 grapes for each of us. The grapes were apparently to make wishes for the 12 coming months of 2016; as this was apparently how new year’s countdown was in Mexico.

Happy New Year 2016!!
Happy New Year 2016!!

The countdown took place, and we said good bye to the year 2015 and welcomed 2016. This time, however, I felt like the amount of fireworks was not that many; even though there were a lot of lanterns being lit up and flown. So we lit up our lantern together. After we thought enough air force had already built up inside, we let it go. But then, at first it turned out the force was not yet enough that the lantern went straight to the sea, lol 😆 . However, just before it hit the water, suddenly it got its lift and started flying up to the sky!! Oh wow, our wishes almost died but in the end they all survived! Lol 😆

The Food

Arrachera with cactus leaf
Arrachera with cactus leaf

The food in Huatulco was great. As I said above, we mostly stayed just around the main square in Crucecita. The two outstanding dishes which I had were an arrachera dish with cactus leaf as the vegetables (I did not like the cactus though, it tasted so strange in my mouth) and a filet mignon dish.

We also went to a few bars around the area. Btw, one of the bars and the new year’s eve party intoxicated my mind with David Guetta’s “Bad”, haha 😆 .

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Year End Trip:
– The beaches of Huatulco
Flying on business class all the way back to USA
– Manhattan
– A Broadway show
– More of New York

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Year End Trip:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding

Sebelumnya dalam 2015 Year End Trip: Zilko pergi ke Boston dan kemudian Oaxaca untuk menghadiri acara pernikahan temannya. Setelah pernikahannya selesai, mereka pergi ke Huatulco untuk menikmati pantai-pantai yang ada disana 🙂 .

Aku membagi cerita dari Huatulco ini ke dua posting. Satu adalah tentang pantai-pantainya dan satu lagi berkaitan dengan hal-hal selain pantai. Cerita aku mulai dengan yang kedua melalui posting ini.

***

Pergi ke/dari Huatulco

Untuk mencapai Huatulco, kami memutuskan untuk menaiki layanan mobil van yang mirip seperti “travel” di Indonesia (di Meksiko layanan ini disebut “Sprinter”). Btw, untuk menggambarkan kira-kira dimana lokasi Huatulco itu relatif dari Oaxaca, atau mungkin untuk menggambarkan lebih umum kira-kira semua ini ada di sebelah mananya Meksiko sih, berikut ini petanya:

Kami mengambil rute yang berwarna abu-abu yang di tengah, btw. Perjalanan satu arah dari Kota Oaxaca ke Crucecita (dimana kami akan menginap di Huatulco) dengan rute ini memakan waktu sekitar 6,5 – 7 jam termasuk istirahat.

Dan pemandangan di perjalanan darat ini keren banget! Ketika aku membayangkan sebuah perjalanan darat di Meksiko, entah mengapa aku membayangkan pemandangan yang gersang dengan kaktus dimana-mana. Dan ternyata beneran kayak begitu loh!! Ternyata yang aku bayangkan itu seperti kenyataannya, dan menurutku keren bangeet!! 😀

A Mexican road trip
Perjalanan darat Meksiko

Ada sebuah area pegunungan di antara Huatulco dan Oaxaca sehingga kami harus melaluinya. Jalan di area ini berkelok-kelok tajam banget. Kelokannya cukup ekstrim menurutku dan setelah beberapa waktu terasa deh di perut. Untungnya aku nggak sampai mabuk sih, walaupun sudah ada tanda-tanda bisa menjadi mabuk beneran andaikata kelokannya lebih banyak lagi.

Crucecita

The main square of Crucecita
Square utama di Crucecita

Di Huatulco, kami menginap di Crucecita, yang mana merupakan sebuah kota kecil yang tidak berlokasi di tepi pantai langsung tetapi cukup dekat darinya. Pusat kota ini adalah sebuah square yang dikelilingi oleh banyak kafe/bar/restoran. Jadi, tidak mengherankan, kebanyakan aktivitas kami berpatokan di square ini di sepanjang waktu kami di Huatulco, haha 😆 .

Di satu malam, aku dan dua teman memutuskan untuk menaiki tur bus yang lantai duanya terbuka karena nampak seru. Karena merupakan bus terbuka, jelas kursi paling oke adalah kursi di lantai dua kan ya. Jadilah kami duduk disana. Namun, ternyata turnya adalah tur yang cukup berbahaya (secara lucu) loh. Busnya mengelilingi pusat kota; tetapi ada banyak banget pohon di jalanan yang tingginya pas sama seperti tinggi bus sehingga kami semua harus menunduk dan berlindung agar tidak menabrak dahan pohon-pohon itu. Kalau engga, bakal kayak gini deh:

LOL 😆 . Yup, dengar kan reaksi kami ketika mengetahui bahwa turnya juga ternyata melibatkan kami harus menyelamatkan diri dari serangan pohon. Dan pohon itu bukanlah yang terburuk loh. Yang terburuk adalah: kabel listrik dan kabel telepon yang tingginya juga segitu! 😐 Ya, gitu deh 😆 .

Tetapi di satu sisi justru ini sih bagian serunya tur ini.

Perayaan Malam Tahun Baru

Malam tahun baru kami rayakan di Huatulco. Kami memutuskan untuk pergi ke sebuah hotel yang mengadakan pesta perayaan malam tahun baru termasuk dengan makanan dan minuman.

New year's eve party venue
Tempat pesta malam tahun baru

Kami berangkat jam 8:30 malam karena pesta dimulai jam 9 malam. Kami menyewa dua taksi dan begitu tiba, kami diantar ke meja dan kursi kami. Ini adalah meja untuk sepuluh orang dan karena kami berenam, kami harus berbagi meja dengan sebuah keluarga empat orang.

Seru banget deh! Makan malamnya banyak, minumannya juga banyak pula. Seperti di pesta pernikahan, musiknya juga kebanyakan musik Latin. Walaupun masih seru-seru aja, tetapi setelah 10an lagu kok rasanya capek juga ya, haha 😛 .

Sebelum countdown, beberapa properti dibagikan. Ini termasuk sebuah lentera dan satu kantong berisi 12 buah anggur untuk masing-masing dari kami. Anggurnya dimaksudkan untuk membuat harapan di 12 bulan yang akan datang di tahun 2016; dan ternyata ini adalah sebuah tradisi hitung mundur tahun baru di Meksiko.

Happy New Year 2016!!
Happy New Year 2016!!

Hitung mundur dimulai, dan kami mengucapkan selamat tinggal terhadap tahun 2015 dan menyambut tahun 2016. Kali ini, aku merasa tidak ada terlalu banyak kembang api disana; walaupun memang ada banyak sekali lentera yang dinyalakan dan diterbangkan. Jelas kami menyalakan lentera kami juga bersama-sama. Setelah kami rasa energi di dalamnya sudah cukup untuk terbang, kami melepaskannya. Tetapi ternyata, awalnya energinya masih belum cukup dan lenteranya terbang ke arah laut dong, haha 😆 . Untungnya, tepat sebelum lenteranya menyentuh air laut, cukup energi telah terbentuk dan lenteranya mulai terbang ke langit!! Oh wow, harapan-harapan kami nyaris aja mati tetapi pada akhirnya semuanya terselamatkan! Huahahaha 😆 .

Makanannya

Arrachera with cactus leaf
Arrachera dengan daun kaktus

Makanan di Huatulco enak-enak. Seperti yang kubilang di atas, kami menghabiskan banyak waktu di sekitar square utama di Crucecita. Ada dua menu yang berkesan untukku disana: sebuah menu arrachera dengan daun kaktus sebagai sayurnya (aku kurang suka daun kaktusnya sih, karena menurutku rasanya agak aneh) dan menu filet mignon.

Kami juga pergi ke beberapa bar di sekitar sana. Btw, salah satu barnya dan pesta malam tahun barunya meracuniku dengan lagu “Bad”-nya David Guetta nih, haha 😆 .

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Year End Trip:
– Pantai-pantai di Huatulco
Terbang dengan kelas bisnis kembali ke Amerika
– Manhattan
– Sebuah pertunjukan Broadway
– Lebih banyak lagi tentang New York

Mexico · North America Trip · Vacation

#1685 – 2015 Year End Trip (Part V: A Mexican Wedding)

ENGLISH

Previous posts on the 2015 Year End Trip series:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca

Previously on 2015 Year End Trip: Zilko went to Mexico to attend his friends’ wedding reception and celebration. After travelling from USA to Mexico, he was now already in Oaxaca, ready for the wedding.

***

First of all, a Mexican wedding did not last as long as an Indian wedding (which took days to complete). All stuffs I mention here in this post all occured on the same day 🙂 .

Breakfast

We started the day with a breakfast at a hall in a very small town about 40 minutes away from Oaxaca with bus. When we arrived there, two long tables with chairs were already arranged and many waiters/waitresses had been ready to serve us all. And of course, a really loud music was also played, haha…

Not long after, the breakfast started with this huge serving of bread:

Big bread for breakfast. Two of them
Big bread for breakfast. Two of them

You see, seeing that it consisted of two pieces of abnormally huge bread (one was almost the size of my head) and a small bowl of chocolate dip, I thought that was it for breakfast. So I finished the entire thing and felt full. But then, it turned out that it was JUST the appetizer and the main course of a chicken dish with tortillas would follow ( 😯 ). Holy moly guacamole…

The main dish for breakfast
The main dish for breakfast

Damn, had I known this before, I would not have finished the bread, haha 😆

Street Dance

After breakfast, they took us to another side of Oaxaca and dropped us off in front of a church where two big puppets and one big stick with my friends’ names on it had been prepared. In a way, all of those reminded me of the Indonesian ondel-ondel 😛 .

A street dance
A street dance

Not long after, the groom and the bride came with a wedding car. After greeting all of us, the celebration started. Loud music was played, some guys took the big puppets, some dancers came, and some guys served mezcal to all of us, haha 😆 . All of us walked around the block for some 30 minutes with the music where everyone danced and enjoyed themselves. It was really fun! But it was a very sunny day too today so it was quite hot, it reminded me a lot of Indonesia, haha 😆 .

The Wedding

The street dance finished in front of a hall where the wedding would take place. After all the guests came and sat down, the wedding ceremony started. It was all in Spanish, though, so I did not understand what they said, haha 😆 . Oh, and btw, they also gave us some rice too to throw at the newlyweds after they were declared “married”; and to me this was extremely surprising because it was just like in the Indian wedding I went to in October! My Indian friend was also surprised to see this similarity!! :mrgreen:

Rice throwing
Rice throwing

After the wedding, there were some speeches from some people. It was all in Spanish, but the bride translated some to English in the part that were relevant to us (the guests from the Netherlands and Denmark, I mean 😀 ); especially in the very nice speech given by her dad 🙂 .

The Celebration

Then, the celebration started. By celebration, mostly it was all about dancing. By all, I mean like it was 100% about dancing, haha 😆 . A live band was performing in alternate with a DJ so the music was kept on from the afternoon until past midnight. Most of the music, howeever, was Latin music. While it was certainly nice and exotic, but to me after like 10 songs it got a little bit tiring. It was still nice though, but it did not bring the excitement within me to hit the dance floor. But thankfully, though, they played some English songs which I was familiar at several occassions so it was okay 🙂 .

Regarding the dance, they also prepared a lot of props for it. By a lot, I mean really a lot. It seemed like they had one prop for every song that was played, lol 😆 . The props ranged from wedding headbands, party tie, masks, glowing rings, vests, hats, and handkerchiefs to pineapples and an alive turkey.

Yes, pineapples and an alive turkey as well as the props.

A turkey dance
A turkey dance

It turned out that there were traditional dances that involved both. The pineapple dance involved everyone to hold a pineapple above their head and danced following the music. And the turkey dance involved the ladies took turn in dancing with the alive turkey while the men took turn dancing with big and rather heavy plaited baskets. I took part in the turkey/basket dance as it certainly looked funny 😛 .

At one point my Indian friend was able to request them to play the same Tamil song which she asked us to play at her wedding in India in October. Obviously I already forgot all the moves, lol 😆 , so we just danced like whatever. It was so much fun!

The Food

As expected, the food was plentiful and really good! 🙂 The lunch started rather late (which upseted the bride a little bit but we assured her that we were okay with it 🙂 ); but since then, food was kept on being served.

Of all possible words, they chose "Squirt"
Of all possible words, they chose “Squirt” with that logo 😂

Some drinks was also served as well including, obviously, the famous mezcal. A Mexican guest then told us a delicious way to make a mix mezcal drink: by mixing it with soda (like Sprite or 7-Up). At that time, they served a local Mexican soda brand called “Squirt” (yes, of all possible words they could choose for a name, they chose “Squirt”, LOL 😆 ). And it was, indeed, goood! 🙂

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Year End Trip:
– The beaches of Huatulco
– A Mexican Road Trip
– Crucecita
– New Year eve celebration in Huatulco
– New York

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Year End Trip:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca

Sebelumnya dalam 2015 Year End Trip: Zilko pergi ke Meksiko untuk menghadiri pesta pernikahan temannya. Setelah bepergian dari Amerika ke Meksiko, kini ia berada di kota Oaxaca, tempat pernikahannya akan berlangsung.

***

Pertama-tama, sebuah pernikahan Meksiko tidak berlangsung selama penikahan ala India (yang memakan waktu berhari-hari). Semua cerita di posting ini terjadi dalam hari yang sama 🙂 .

Sarapan

Hari dimulai dengan sarapan di sebuah aula yang berada di sebuah kota kecil sekitar 40an menit dari Oaxaca dengan bus. Ketika kami tiba disana, dua meja panjang dan kursi sudah dipersiapkan dan ada banyak pelayan yang sudah siap melayani kami semua. Dan tentu saja musik keras dimainkan untuk membuat suasana menjadi meriah, haha…

Tak lama kemudian, sarapan dimulai dengan sajian roti yang gede banget ini:

Big bread for breakfast. Two of them
Roti untuk sarapan yang besar banget. Dua pula.

Nah kan, melihat satu porsi terdiri dari dua buah roti yang besarnya abnormal begitu (ukuran satu rotinya nyaris sebesar kepalaku loh) dan satu cangkir “cocolan” coklat, aku rasa ya ini aja kan ya sarapannya. Jadilah semuanya aku habiskan dan aku merasa kenyang. Tetapi aku salah. Roti itu HANYALAH makanan pembukanya aja dong. Ternyata setelah itu menu utamanya keluar, yang berupa sebuah sajian ayam dan tortilla 😯 . Holy moly guacamole

The main dish for breakfast
Menu utama untuk sarapan

Sial, tahu gitu kan rotinya nggak aku habiskan ya, haha 😆

Tarian di Jalan

Setelah sarapan, mereka membawa kami ke sisi lain Oaxaca dan menurunkan kami di depan sebuah gereja dimana dua buah boneka raksasa dan satu tongkat dengan bulatan besar dimana nama teman kami ditempelkan sudah disiapkan. Di satu sisi, ini mengingatkanku akan ondel-ondel di Indonesia 😛 .

A street dance
Tarian di jalanan

Tidak lama kemudian, pengantin pria dan wanitanya datang dengan mobil pengantin. Setelah menyambut kami semua, perayaannya dimulai. Musik dimainkan kencang, beberapa anak lelaki mengenakan boneka raksasanya, beberapa penari wanita datang, dan beberapa orang membagikan minuman mezcal ke kami semua, haha 😆 . Kami semua berjalan mengelilingi blok selama sekitar 30an menit dengan musik kencang dimana semua orang menari dan menikmatinya. Seru deh! Tetapi hari ini cuacanya cerah sih jadi rasanya panas banget gitu; kayak di Indonesia dah, haha 😆 .

Pernikahannya

Tarian di jalan selesai di sebuah gedung resepsi dimana pernikahannya akan berlangsung. Setelah semua tamu datang dan duduk, prosesi pernikahannya dimulai. Semuanya dalam bahasa Spanyol sih sehingga aku nggak mengerti apa yang dibicarakan, haha 😆 . Oh, dan btw, mereka memberikan kami beras juga lho untuk dilemparkan ke pengantin baru setelah mereka dinobatkan “menikah”; dan untukku ini amat mengagetkan karena ini seperti di pernikahan ala India yang kuhadiri Oktober lalu! Teman Indiaku sendiri juga merasa kaget dengan kemiripan tradisi ini!! :mrgreen:

Rice throwing
Melemparkan beras

Setelah pernikahannya, ada beberapa pidato dari beberapa orang. Semuanya dalam bahasa Spanyol, tetapi pengantin wanitanya menerjemahkan beberapa ke bahasa Inggris di bagian yang cukup relevan bagi kami (tamu dari Belanda dan Denmark maksudnya 😀 ); terutama di pidato yang diberikan oleh papanya 🙂 .

Perayaannya

Lalu, perayaan dimulai. Dengan perayaan, maksudku adalah dengan tarian. Dan ini 100% tentang tarian terus loh, haha 😆 . Sebuah band memainkan musik bergantian dengan DJ sehingga musik terus-menerus dimainkan semenjak siang hari hingga lewat tengah malam. Kebanyakan musiknya sih musik Latin. Walaupun jelas asyik dan eksotis, tetapi untukku setelah 10an lagu kok rasanya agak melelahkan juga ya. Masih oke dan enak sih, hanya saja musiknya tidak lagi membangkitkan semangat di dalam diriku untuk menuju lantai dansa gitu. Tetapi untungnya sih beberapa lagu bahasa Inggris yang aku kenal juga dimainkan di antaranya 🙂 .

Berhubungan dengan tarian, mereka juga menyiapkan banyak properti untuk mendukungnya loh. Dengan banyak, maksudku buanyak banget. Bisa dibilang mungkin mereka menyiapkan 1 jenis properti untuk setiap lagu yang dimainkan deh, haha 😆 . Propertinya mulai dari bando pernikahan, dasi pesta, topeng, cincin yang menyala, rompi, topi, dan saputangan hingga nanas dan kalkun hidup.

Iya, nanas dan kalkun hidup jugalah bagian propertinya.

A turkey dance
Tarian kalkun

Ternyata ya ada dua tarian tradisional yang berkenaan dengan keduanya. Tarian nanas melibatkan semua orang untuk memegang nanas di atas kepala dan bergerak mengikuti irama. Dan tarian kalkunnya melibatkan para wanita bergantian menari bersama kalkunnya sementara para pria bergantian menari sambil membawa satu keranjang anyaman besar dan berat di atas kepala. Aku ikutan di tarian kalkun/keranjang ini karena nampak lucu 😛 .

Di satu waktu, teman Indiaku bisa merikues mereka untuk memainkan satu lagu Tamil yang ia minta kami tarikan di pernikahannya di India Oktober lalu. Eh, jelas aku sudah lupa semua gerakannya ya, haha 😆 . Jadilah kami menari dengan asal aja. Seru!

Makanannya

Makanannya sendiri jelas banyak dan enak-enak! 🙂 Makan siangnya dimulai agak telat (yang membuat pengantin wanitanya sedikit sebal tetapi ia kami yakinkan bahwa kami nggak apa-apa kok dengan keterlambatan ini 🙂 ); tetapi setelah itu, makanan terus disajikan.

Of all possible words, they chose "Squirt"
Dari semua perbendaharaan kata, mereka memilih “Squirt” coba dengan logo yang kayak gitu  😂

Beberapa minuman juga disajikan dan tentu termasuk mezcal yang terkenal itu. Seorang tamu orang Meksiko memberi-tahu kami bagaimana cara membuat minuman campuran mezcal yang enak: yaitu dengan mencampurnya dengan soda (semacam Sprite atau 7-Up). Waktu itu, mereka menyediakan soda lokal Meksiko bermerk “Squirt” (iya dong ya, dari semua kata yang bisa dipilih buat nama, mereka memilih”Squirt”, LOL 😆 ). Dan ternyata hasilnya enaaaak!! 🙂

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Year End Trip:
– Pantai-pantai Huatulco
– Perjalanan darat di Meksiko
– Crucecita
– Perayaan malam tahun baru di Huatulco
– New York

Mexico · North America Trip · Vacation

#1682 – 2015 Year End Trip (Part IV: Oaxaca)

ENGLISH

Previous posts on the 2015 Year End Trip series:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico

Previously on 2015 Year End Trip: Zilko spent the first three days of his amazing 2015 year end trip in North America in the city of Boston, Massachusetts. Now, after spending a full day travelling to Mexico, the Mexican part of this trip began 🙂 .

***

Mexican Christmas Dinner 

A Christmas tree at the airport of Mexico City
A Christmas tree at the airport of Mexico City

My flights from Boston to Oaxaca were on 24 December 2015. This means that my evening arrival at Oaxaca was on Christmas Eve. This further means that it was time for a: Christmas dinner! :mrgreen: And being a country where most of the people celebrate Christmas, a Christmas dinner was also organized at my friends’ place in Oaxaca. So I can say that I arrived there at the exactly right time! 😛

We drove through the city of Oaxaca to get to my friend’s place. The traffic was, obviously, not as orderly as in Europe but it was much more civilized than the Indian road traffic, haha 😆 . Anyway, long story short we arrived at the house, where I would stay for the next four days also, where we were greeted by the soon-to-be bride who had just finished her beautiful make-up 😛 .

I went in the house, and my group of friends from the Netherlands (we went to Mexico our own way, I went to the States first and they directly went to Mexico) waved to me and I quickly joined them. I was quickly introduced to my Mexican friends’ family as well. They were all very very nice (the older generation generally did not speak any English while the younger ones, obviously, did).

The cake had "Feliz Navidad" on it!!
The cake had “Feliz Navidad” on it!!

Long story short, at around 9 PM, the dinner started. It was a buffet dinner with some choices of Mexican dishes. It was nice, and festive! There were some speeches (in Spanish which obviously I did not understand unfortunately) and in the end everyone had to hug each other (which was kinda tedious in a way because there were a lot of people 😛 ).

A Piñata

After the dinner ended, my friends and I went upstairs where the guest rooms were; planning to take some rest. But then, our friend came to us saying that a piñata was going to take place. I immediately got boost of power because I have been wanting to witness a piñata tradition for so long! And now the opportunity came just within hours of my arrival in Mexico! Wow, surely I would not miss it!

We went downstairs and saw how a piñata was being prepared. Basically they put a lot of stuffs (candies, chips, snacks, etc) into the piñata, then hung it with a rope (which someone above controlled), then the participant would try to break it with a stick.

A Piñata
A Piñata

Unfortunately, apparently it was mostly for kids (and there were a lot of kids that evening). I actually wanted to participate but being a responsible and mannered adult, obviously I had to let the kids do it first. Damn being adult sucks sometimes!

Nevertheless, it was really fun that, finally, I witnessed a real piñata! :mrgreen:

Oaxaca

We had one day to visit some interesting sites around Oaxaca. The bride family came not from Oaxaca and they rented a couch to go around for the entire family. As there were seats available, we hopped in as well 😛 .

Árbol del Tule

Our first destination of the day was the Árbol del Tule, a 2000 year old tree in the ground of a church in the town of Santa María del Tule 11 km southeast of Oaxaca.

The trunk of a 2000 year old tree. It was so big.
The trunk of a 2000 year old tree. It was so big.

Well, being a 2000 year old tree, it was huge! By huge, I mean it was really impressively huge that the diameter was around 12 meter! 😯 Located in the garden of the church and we were there in the morning of a Christmas day, it was quite busy (and warm) today. We went around a little bit and spent about an hour there.

Monte Alban

To me, this was the destination highlight of this visit to Oaxaca. Months before the trip, I asked my Mexican friend if there was a way to visit a “Mayan” ruins near Oaxaca. She then replied that there was NO Mayan ruins near Oaxaca. But I insisted saying there was as I found it just by googling it. Then, she found what I meant, and she was right. There was no Mayan ruins as what I found was “Zapotec” (and apparently the Mayans and the Zapotec were two different group of people. Ooops 😳 #ignoranttourist ).

And the ruins of discussion was the Monte Alban ruins 🙂 .

From Árbol del Tule, our bus took us directly to the ruins, which was pretty much on the other side of Oaxaca City. Long story short, we arrived there and bought our tickets in. The family decided to hire a tour guide in Spanish so some of them helped us explaining what the tour guide said during the visit.

Monte Alban, a Zapotec ruins in Oaxaca
Monte Alban, a Zapotec ruins in Oaxaca

The site was impressive.

To me, I felt it to be “so Mexican”, the atmosphere which I had expected and imagine I would feel when I visited a ruins in Mexico (be it Mayan or Zapotec). There were a lot of ruins from the ancient city where most of them had some sort of stairs-like design, pretty much like a pyramid in a way.

It was super cool!!

The Food

An integral part of an Oaxacan cuisine was, apparently, the mole sauce as there were a lot of dishes incorporating this sauce. One, for example, is the following Tasajo Oaxaqueño dish:

Tasajo Oaxaqueños with mole sauce
Tasajo Oaxaqueños with mole sauce

which was really good! To me, though, the mole sauce tasted a little bit similarly to the petis sauce you can find in East Java 😛 .

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Year End Trip:
– A Mexican Wedding
– A Mexican road trip
– The beaches of Huatulco
– New Year celebration in Huatulco
– New York

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Year End Trip:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico

Sebelumnya dalam 2015 Year End Trip: Zilko menghabiskan tiga hari pertama di perjalanan akhir tahun 2015 menakjubkannya ke Amerika Utara di kota Boston, Massachusetts. Sekarang, setelah menghabiskan satu hari bepergian ke Meksiko, bagian Meksiko dari perjalanan ini dimulai juga 🙂 .

***

Christmas Dinner ala Meksiko

A Christmas tree at the airport of Mexico City
Pohon Natal di bandara Mexico City

Kedua penerbanganku dari Boston ke Oaxaca berlangsung di tanggal 24 Desember 2015. Ini artinya ketibaanku di malam hari di Oaxaca bertepatan dengan Malam Natal. Ini artinya saat itu adalah waktu untuk sebuah: Christmas dinner! :mrgreen: Dan di negara dimana Natal dirayakan dengan amat luas, Christmas dinner juga sudah dipersiapkan di tempatnya temanku di Oaxaca. Jadilah bisa dibilang aku tiba disana di waktu yang tepat banget! 😛

Kami menyetir di kota Oaxaca untuk mencapai rumah teman kami. Lalu-lintasnya, jelas, nggak serapi di Eropa tetapi masih jauh lebih beradab daripada lalu-lintas di India kok, haha 😆 . Anyway, singkat cerita kami tiba di rumahnya, dimana aku akan menginap selama empat hari ke depan juga, dimana kami disambut oleh calon pengantin wanita yang kebetulan waktu itu baru saja kelar dari acara make-up-nya 😛 .

Kami masuk ke rumahnya, dan grup temanku dari Belanda (kami berangkat ke Meksiko sendiri-sendiri btw, aku pergi ke Amerika dulu sementara mereka langsung ke Meksiko) memanggilku dan aku langsung bergabung dengan mereka. Aku juga dikenalkan dengan keluarga teman Meksikoku. Mereka ramah-ramah semua loh (generasi tuanya pada nggak terlalu bisa bahasa Inggris tetapi generasi mudanya sih lancar).

The cake had "Feliz Navidad" on it!!
Kuenya bertuliskan “Feliz Navidad”!!

Singkat cerita, sekitar jam 9 malam, makan malam dimulai. Makan malamnya berupa sebuah buffet dengan beberapa pilihan masakan ala Meksiko. Enaak, dan ramai dah! Ada beberapa ucapan-ucapan juga (dalam bahasa Spanyol yang mana jelas aku nggak paham ya) dan di akhir acara semuanya saling memeluk satu sama lain (yang mana agak repot juga karena orangnya ada banyak banget nih 😛 ).

Piñata

Setelah makan malam selesai, teman-temanku dan aku naik ke atas dimana kamar tamu berada; berencana untuk beristirahat. Namun, teman kami naik juga dan bilang bahwa di bawah akan dimulai acara piñata loh. Ih, jelas aku langsung mendapat suntikan semangat ya karena aku kan sudah pengen banget menyaksikan tradisi piñata itu! Lah ini kesempatannya kok langsung datang hanya beberapa jam setelah ketibaanku di Meksiko! Jelas aku tidak akan melewatkannya!

Kami turun dan melihat bagaimana sebuah piñata dipersiapkan. Singkatnya mereka memasukkan banyak barang (permen, chips, snack, dll) ke dalam piñata-nya, lalu menggantungnya dengan tali (yang dikontrol oleh seseorang di atas), dan peserta akan mencoba memecahkannya dengan tongkat.

A Piñata
Piñata

Sayangnya, ternyata ini adalah tradisi untuk anak-anak dong (dan malam itu kok banyak sih anak-anaknya). Sebenarnya aku pengen ikutan juga (nggak ingat umur) tetapi sebagai orang yang sudah dewasa yang berperilaku oke, jelas aku harus mengalah dong ya terhadap anak-anak kecil itu. Ih, menjadi orang dewasa itu nyebelin ya kadang-kadang!

Eh, tetapi acaranya seru banget loh dan tetap pada akhirnya aku bisa menyaksikan yang namanya piñata yang asli! :mrgreen:

Oaxaca

Kami memiliki waktu satu hari untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Oaxaca. Keluarga pengantin wanitanya bukan berasal dari Oaxaca dan mereka menyewa sebuah bus pariwisata untuk berkeliling. Karena masih ada kursi kosong, mereka mengundang kami untuk ikut dengan mereka sehingga kami nebeng deh, hehe 😛 .

Árbol del Tule

Tujuan pertama kami adalah Árbol del Tule, sebuah pohon berusia 2000 tahun di halaman sebuah gereja di kota Santa María del Tule 11 km tenggara Oaxaca.

The trunk of a 2000 year old tree. It was so big.
Batang sebuah pohon yang usianya 2000 tahun. Besaaar.

Yah, pohon yang umurnya 2000 tahun mah jelas besar banget ya! Dengan besar, maksudku besar banget yang banget loh karena diameternya aja 12an meter! 😯 Berlokasi di halaman sebuah gereja dan kami pergi kesana d pagi hari Natal, lokasinya ramai banget waktu itu. Kami berada disana sekitar satu jam.

Monte Alban

Untukku, ini lah tujuan utama dari kunjungan ke Oaxaca ini. Beberapa bulan sebelumnya, aku bertanya ke teman Meksikoku apakah mungkin bagi kami untuk mengunjungi sebuah reruntuhan bangsa “Maya” di dekatnya Oaxaca. Temanku menjawab bahwa TIDAK ADA reruntuhan Maya di dekat Oaxaca. Tetapi kemudian aku tetap bersikeras bahwa reruntuhannya ada karena aku bisa meng-google-nya. Lalu, ia menemukan apa yang kumaksud, dan ternyata ia benar. Memang tidak ada reruntuhan bangsa Maya di dekat sana dan yang aku temukan itu adalah reruntuhannya bangsa “Zapotec” (dan ternyata bangsa Maya dan Zapotec itu berbeda dong. Ooops 😳 . Ya meneketehe ya, huahaha #turisignorant ).

Dan reruntuhan yang kami maksud adalah reruntuhan Monte Alban ini 🙂 .

Dari Árbol del Tule, bus kami membawa kami ke reruntuhannya, yang berada di sisi lain kota Oaxaca. Singkat cerita, kami tiba disana dan membeli tiket masuk. Keluarga mereka memutuskan untuk menyewa jasa seorang pemandu wisata dalam bahasa Spanyol sehingga beberapa di antara mereka membantu kami dengan menerjemahkan apa yang dijelaskan.

Monte Alban, a Zapotec ruins in Oaxaca
Monte Alban, reruntuhan Zapotec di Oaxaca.

Tempatnya sendiri sungguh keren banget lho.

Untukku, rasanya “Meksiko banget” lah, atmosfernya memang seperti yang aku bayangkan akan aku rasakan ketika mengunjungi sebuah reruntuhan di Meksiko (Maya ataupun Zapotec deh). Ada banyak sekali reruntuhan dari kota kuno yang mana sebagian besar memiliki disain seperti tangga, mirip-mirip lah seperti piramida.

Kereen!!

Makanannya

Satu bagian penting dari masakan ala Oaxaca adalah, ternyata, saus mole dimana banyak sekali masakan lokal yang menggunakan saus ini. Salah satunya, misalnya, adalah Tasajo Oaxaqueño berikut ini:

Tasajo Oaxaqueños with mole sauce
Tasajo Oaxaqueños dengan saus mole

yang mana rasanya enaak! Untukku, saus molenya sedikit terasa seperti saus petis di Jawa Timur 😛 .

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Year End Trip:
– Pernikahan ala Meksiko
– Perjalanan darat di Meksiko
– Pantai-pantai di Huatulco
– Tahun baruan di Huatulco
– New York

Aviation · Mexico · North America Trip · Trip Report · Vacation

#1680 – 2015 Year End Trip (Part III: Getting to Mexico)

ENGLISH

Previous posts on the 2015 Year End Trip series:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston

Previously on 2015 Year End Trip: Zilko started his 2.5 weeks adventure in North America in Boston, Massachusetts. After truly enjoying his time in the city, he was now ready to go south to Mexico.

***

Flight route map of today from Boston to Oaxaca. Created with gcmap.com
Flight route map of today from Boston to Oaxaca. Created with gcmap.com

One important agenda in Mexico was to attend my friends’ wedding, which would be held in the town of Oaxaca. Therefore, somehow I must get to Oaxaca from Boston. Because obviously there was no direct flight from Boston to Oaxaca (Oaxaca was a secondary Mexican city), I had to stop somewhere first. Luckily, Aeromexico, the national airline of Mexico which is also a member of SkyTeam, flew Boston – Mexico City directly so this made it rather convenient.

Well, except that my trip being around the Christmas and New Year holiday season, a ticket to Mexico cost a fortune. By a fortune, I mean it was such a fortune that it was more expensive than my return Amsterdam – USA flights ticket, lol 😆 . Luckily though, I realized that it was the perfect opportunity to make use of my accumulated Flying Blue miles so I could get my Boston – Mexico City flight for “free” in economy. Yeay!! 😀

And from Mexico City, there were plenty of flights to Oaxaca. I was super lucky that I was still able to get a discounted ticket of around US$70 one way with a local LCC, Interjet. Even my Mexican friend was super amazed that I was still able to get a ticket with this price considering the holiday season time, haha 😆 .

Anyway, this is a trip report of these flights from Boston to Oaxaca.

AM699 (Boston – Mexico City)

AM Logo
Flight: Aeromexico AM699
Equipment: Boeing 737-700 reg N784XA
ATD: 09:49 EST (Runway 33L of BOS)
ATA: 14:34 CST (Runway 05R of MEX)

My AM699 flight to Boston was scheduled to depat at 9 AM. Therefore, I got up quite early today at around 5 AM and left my hotel at around 6 AM. I took the subway to South Station and took the Silver Line bus to get to Boston Logan International Airport.

After checking-in my luggage, I had to pass the security and passport control where a super long line had been formed! Seriously! It was so long that I knew I would be there for quite awhile but there was nothing that I could do. Anyway long story short I passed both checks and I was already at the airside.

I walked to my gate to take a picture of my Aeromexico plane, but she turned out to be very shy today:

A shy N784XA At Boston Logan International Airport
A shy N784XA At Boston Logan International Airport

haha 😆 .

At 8:30 AM, boarding started. I settled to my seat at the middle part of the plane and to my horror, I saw this:

No personal IFE
No personal IFE

Yes, there would be no personal IFE in the flight today!! 😮 What’s the deal with that? Well, it would be a 5.5 hours flight all the way to Mexico City!! Daaaamn!!

After all passengers boarded the plane, we were supposed to leave. However, the pilots found something wrong with the engine and a component needed to be replaced with a new spare part and we had to wait a little bit for that. At first I was feeling a little bit annoyed but then realized it was actually for the best that they found the problem while we were still on the ground and not already up in the air, no? Haha 😆

As a result we were a little bit delayed but at 09:49AM, we took off from runway 33L of Boston Logan International Airport. Not long after, the breakfast service was provided. There was no option in economy though, but nevertheless I quite liked what I got:

Breakfast service on board AM699
Breakfast service on board AM699

It was a rather uneventful 5.5 hours flight to Mexico City. The plane had an overhead screen playing some movies and stuffs, but I was not interested at all. In the end I spent a few hours sleeping actually, haha.

Finally, we were approaching Mexico City and at 14:34, we landed at runway 05R of Benito Juárez International Airport in Mexico City. Here is the landing video:

Transitting at Mexico City Airport

The immigration line for foreigners was crazily long today. Long story short, I was permitted to enter Mexico with my US Visa and took my luggage. My connecting Interjet flight would depart from Terminal 1 while Aeromexico used Terminal 2, so I took the AeroTrain shuttle to go from Terminal 2 to Terminal 1.

Checking-in for Interjet was extremely fast and efficient btw. There was no queue and I was done in literally one minute! I had about four hours of transit (I deliberately made my transit time longer to create some margin just in case). After having a late lunch and took some Mexican Peso cash, I waited for my flight.

4O 2628 (Mexico City – Oaxaca)

Interjet

Flight: Interjet 4O2628
Equipment: Airbus A320-200 reg XA-TLC
ATD: 18:30 EST (Runway 05L of MEX)
ATA: 19:35 CST (Runway 01 of OAX)

Long story short, I boarded my Interjet flight at around 6 PM. My first impression of Interjet? Well, I was extremely impressed by the seat pitch:

Amazing seat pitch on board an Interjet's flight
Amazing seat pitch on board an Interjet’s flight

It was extremely spacious! This really striked me as with this flight, I got free 50 kg of luggage for free and got assigned to my favorite window seat at the front of the plane also for free. And to think that it was supposed to be an LCC!!! I was WOWed!!

We took off smoothly from runway 05L and I was offered an amazing view of Mexico City at night. Here is the take-off video:

And to surprise me even further: this flight provided free snack (Doritos) and drinks service!! Wow!!

Okay, but if there was one negative aspect though, unfortunately it was the flight attendants. In my experience, unfortunately they were ones of the most unhelpful and unbothered flight attendants I have ever encountered in my life.

At one point I made a wrong decision of going to the rear lavatory. When I was about to get back to my seat at the front of the plane, the snack service had already started so there were two trolleys between me and my seat. I was stuck at the back of the plane with two other passengers. Seeing this, none of flight attendants bothered trying to help us back to our seats. After about 10 minutes, one of the other two passengers asked one of the flight attendant if they would just move forward a little bit so she could get back to her seat. They did, and the other passenger got back to her seat too. The flight attendant then asked me what my seat was. And upon hearing that mine was at the front of the plane, she turned her head, became unbothered again, and continued serving the snack and drinks. Well, what a service, InterJet! 🙄

Got stuck at the back of the plane due to the unbothered flight attendants in helping me back to my seat
Got stuck at the back of the plane due to the unbothered flight attendants in helping me back to my seat

In total, I got stuck at the back of the plane for a good, at least, 30 minutes because of this (while the total flying time was 50 minutes). And I was finally able to get back to my seat only because the plane entered some turbulences so the flight attendants had to put the trolleys back to the galleys. Yeah, God knows how long I would have to wait had there been no turbulence.

WTF.

I am sorry, but InterJet’s flight attendants really let down the experience I have got from the other aspects of the flight.

Anyway, at 19:35, I landed at runway 01 of Oaxaca Xoxocotlán Airport. Here is the landing video:

I took my luggage, and met the four people which my Mexican friends had asked to pick me up at the airport. We drove to downtown Oaxaca afterwards, and here the Mexican part of my adventure started…

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Year End Trip:
– A Mexican Wedding
– Oaxaca
– A Mexican road trip
– The beaches of Huatulco
– New York

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Year End Trip:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston

Sebelumnya dalam 2015 Year End Trip: Zilko memulai petualangan 2,5 minggunya di Amerika Utara di kota Boston, Massachusetts. Setelah menikmati waktu tinggalnya disana, kini ia siap untuk terbang ke selatan ke Meksiko.

***

Flight route map of today from Boston to Oaxaca. Created with gcmap.com
Peta rute penerbangan hari ini dari Boston ke Oaxaca. Peta dibuat dengan gcmap.com

Satu agenda pentingku di Meksiko adalah menghadiri pesta pernikahannya temanku, yang mana akan diadakan di kota Oaxaca[1]. Oleh karenanya, aku harus bepergian dari Boston ke Oaxaca kan ya. Karena jelas tidak ada penerbangan langsung dari Boston ke Oaxaca (Oaxaca adalah kota sekunder di Meksiko gitu deh), aku harus transit dulu dimana gitu. Untungnya, Aeromexico, maskapai nasionalnya Meksiko yang juga merupakan anggota SkyTeam, memiliki penerbangan langsung Boston – Mexico City sehingga ini membuat pilihanku menjadi lebih enak.

Ya, kecuali bahwa karena perjalananku adalah di musim liburan Natal dan Tahun Baru, harga tiket ke Meksiko mahal banget dong. Maksudku mahal adalah, harganya lebih mahal daripada tiket pp Amsterdam – Amerikaku, hahaha 😆 . Untungnya, aku kemudian menyadari bahwa ini adalah peluang emas untuk menggunakan poin Flying Blue-ku yang sudah aku kumpulkan. Jadilah aku mendapatkan tiket ekonomi Boston – Mexico City-ku dengan “gratis”. Lumayaaan!! 😀

Dan dari Mexico City sendiri ada banyak penerbangan ke Oaxaca. Beruntung banget waktu itu aku mendapatkan tiket promo seharga US$70an sekali jalan dengan sebuah maskapai LCC lokal, Interjet. Bahkan temanku yang orang Meksiko juga kaget lho aku bisa mendapatkan tiket dengan harga segini di waktu high-season liburan, haha 😆 .

Anyway, posting ini adalah trip report penerbangan dari Boston ke Oaxaca ini.

AM699 (Boston – Mexico City)

AM Logo
Penerbangan: Aeromexico AM699
Pesawat: Boeing 737-700 reg N784XA
ATD: 09:49 EST (Runway 33L of BOS)
ATA: 14:34 CST (Runway 05R of MEX)

Penerbangan AM699ku dijadwalkan berangkat dari Boston jam 9 pagi. Jadilah aku bangun pagi hari ini sekitar jam 5an dan berangkat dari hotel jam 6an. Aku naik subway ke South Station dan dari sana naik bus Jalur Silver ke Bandara Internasional Boston Logan.

Setelah memasukkan bagasi, aku harus melewati pemeriksaan sekuriti dan pengecekan paspor, yang mana antriannya panjang banget dong! Bener lho! Panjang banget jadi aku tahu bahwa aku akan mengantri lama. Tapi mau gimana lagi kan, haha. Singkat cerita, akhirnya aku melewati semuanya deh dan tiba di area keberangkatannya.

Aku berjalan ke gerbangku karena ingin memfoto pesawat Aeromexico-ku hari ini, tetapi ternyata pesawatnya malu-malu dong hari ini:

A shy N784XA At Boston Logan International Airport
N784XA yang malu-malu di Bandara Internasional Boston Logan

haha 😆 .

Jam 8:30 pagi, boarding dimulai. Aku duduk di kursiku di bagian tengah pesawat dan aku merasa horor banget ketika melihat ini:

No personal IFE
Nggak ada IFE personal

Iya dong, nggak ada IFE personal-nya dong di penerabangan hari ini!! 😮 Memangnya kenapa? Yah, ini adalah penerbangan sepanjang 5,5 jam gitu ya sampai Mexico City!! Siaaal!!

Setelah semua penumpang naik, kami dijadwalkan berangkat. Namun, pilotnya menemukan satu komponen mesin pesawat yang rusak yang perlu diganti dengan spare part baru dan kami harus menunggu hingga mekaniknya mengganti komponen yang rusak ini. Awalnya aku merasa sebal tetapi aku pikir-pikir lagi, seharusnya aku merasa bersyukur karena mereka menemukan masalah ini ketika masih di darat sebelum berangkat kan? Coba kalau masalahnya baru diketahui setelah terbang. Gimana hayo? Haha 😆

Sebagai akibatnya, keberangkatan harus ditunda. Jam 09:49 pagi, akhirnya kami bisa berangkat dan lepas landas dari landasan pacu 33L Bandara Boston Logan. Tidak lama setelah itu, layanan sarapan dibagikan. Tidak ada pilihan untuk sarapan di kelas ekonomi hari ini, tetapi toh aku masih suka dengan apa yang aku dapatkan:

Breakfast service on board AM699
Layanan sarapan di penerbangan AM699

Ini adalah penerbangan yang uneventful banget selama 5,5 jam ke Mexico City. Memang sih di pesawatnya ada TV overhead yang menayangkan beberapa film, tetapi aku tidak tertarik. Ya sudah akhirnya aku tidur aja, haha.

Akhirnya, kami mendekati Mexico City dan jam 14:34 waktu setempat, kami mendarat di landasan pacu 05R Bandara Internasional Benito Juárez di Mexico City. Berikut ini video pendaratannya:

Transit di Bandara Mexico City

Antrian imigrasi untuk orang asingnya panjang banget hari ini. Singkat cerita, akhirnya aku diizinkan masuk ke Meksiko dengan visa Amerikaku dan mengambil bagasiku. Penerbangan lanjutanku dengan Interjet akan berangkat dari Terminal 1 sementara Aeromexico menggunakan Terminal 2. Jadilah aku menaiki layanan shuttle gratisan AeroTrain dari Terminal 2 ke Terminal 1.

Check-in untuk penerbangan Interjet sungguh cepat dan efisien loh. Tidak ada antrian dan aku selesai hanya dalam waktu satu menit saja! Waktu transitku adalah empat jam (sengaja aku membuat waktu transitku lama untuk jaga-jaga andai kenapa-kenapa kan). Setelah makan siang dan mengambil uang tunai Peso Meksiko, aku menunggu penerbanganku.

4O 2628 (Mexico City – Oaxaca)

Interjet

Penerbangan: Interjet 4O2628
Pesawat: Airbus A320-200 reg XA-TLC
ATD: 18:30 EST (Runway 05L of MEX)
ATA: 19:35 CST (Runway 01 of OAX)

Singkat cerita, aku menaiki pesawat Interjetku sekitar jam 6 sore. Kesan pertamaku akan Interjet? Aku langsung merasa wah dengan seat pitch-nya:

Amazing seat pitch on board an Interjet's flight
Seat pitch di Interjet asyik beneer!

Gila itu seat pitch-nya lega bener dong (8 cm lebih lega daripada, bahkan, Garuda Indonesia)! Ini sungguh mengagetkanku karena dengan penerbangan ini, aku mendapatkan bagasi gratis 50 kg dan aku dipilihkan kursi jendela favoritku di bagian depan pesawat, gratis pula. Padahal Interjet ini maskapai penerbangan low cost loh!! Aku terpanaaa!!

Kami lepas landas dengan mulus dari landasan pacu 05L dan disuguhi pemandangan Mexico City yang keren di malam hari. Berikut ini video lepas landasnya:

Dan yang lebih mengagetkanku lagi: penerbangan ini menyediakan layanan snack gratis (Doritos) dan juga minuman loh!! Wow!!

Oke, kalau ada satu aspek kurang menyenangkan dari penerbangan ini, sayangnya aspek ini adalah pramugarinya. Dari pengalamanku, sayangnya mereka adalah pramugari yang paling tidak suka membantu ataupun peduli yang pernah aku temui seumur hidup.

Di satu waktu, aku membuat keputusan yang salah dengan pergi ke toilet di bagian belakang pesawat. Ketika aku akan kembali ke kursiku di bagian depan pesawat, layanan snack sudah dimulai sehingga ada dua troli makanan di antaraku dan kursiku. Jadilah aku terjebak di bagian belakang pesawatnya bersama dengan dua penumpang lain. Melihat ini, tidak ada satu pun dari pramugarinya yang berinisiatif untuk membantu kami kembali ke kursi kami. Setelah sekitar 10an menit dibiarkan begitu saja, satu dari dua penumpang lainnya menegur salah satu pramugari agar mereka maju sedikit sehingga ia bisa kembali ke tempat duduknya. Mereka mengikuti permintaannya, dan penumpang yang satunya sekalian kembali ke kursinya juga. Pramugarinya kemudian menanyakan nomor kursiku. Setelah mendengar bahwa kursiku ada di bagian depan pesawat, ia membalikkan badan dan kembali tidak peduli, dan melanjutkan layanan snack dan minumannya. Yah, servis macam apa ini, Interjet!  🙄

Got stuck at the back of the plane due to the unbothered flight attendants in helping me back to my seat
Terjebak di bagian belakang pesawat akibat pramugari yang tidak berkeinginan membantuku kembali ke kursiku.

Totalnya, aku terjebak di belakang pesawat selama sekitar 30an menit akibat ini (padahal total waktu terbangnya 50 menit saja). Dan akhirnya aku berhasil kembali ke kursiku akibat pesawatnya memasuki area turbulensi sehingga pramugarinya harus mengembalikan trolinya ke dapur pesawat. Yah, nggak tahu deh aku harus menunggu berapa lama lagi itu andaikata pesawatnya tidak memasuki area turbulensi.

WTF.

Maaf ya, pramugari Interjet benar-benar mengecewakanku dan membuat pengalaman positif yang aku dapatkan dari aspek lain penerbangan ini menjadi ternoda.

Anyway, jam 19:35, pesawat mendarati di landasan pacu 01 Bandara Oaxaca Xoxocotlán Airport. Berikut ini video pendaratannya:

Aku mengambil bagasiku, dan bertemu dengan empat orang yang diminta oleh teman Meksiko untuk menjemputku di bandara. Kami naik mobil ke pusat kota Oaxaca setelahnya, dan disini petualanganku di Meksiko dimulai…

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Year End Trip:
– Pernikahan ala Meksiko
– Oaxaca
– Perjalanan darat di Meksiko
– Pantai-pantainya Huatulco
– New York

Mexico · Northern America Trip · USA · Vacation

#1676 – Back in Europe

ENGLISH

So, I have just come back from my super amazing year end trip to the USA and Mexico today. And now I am SO tired! 🙂 But as usual, I want to say “hi” here! :mrgreen:

How was the trip? Well, in short, as my Instagram followers (@azilko) might have also felt, it was amazing and super fun! 🙂 I am actually a little bit sad that it is over now as it means I am back in real life, haha 😛 . Especially that I finally went to the one city which I have really wanted to go to for a significantly long time in my life. It feels so surreal that I can say I am just back from New York!

Anyway, obviously I am still a little bit too tired now and I actually need to use my time this weekend to recover (I am back to work next Monday 😦 ), so that is all I have for now. This trip has been soo amazing that there are soo many stories to tell that this series might be the longest travel series I have written in this blog. So we will see!!

But as usual, here are a few photos as the teasers from this trip 😉

BAHASA INDONESIA

Jadi, aku baru saja kembali dari perjalanan akhir tahunku ke Amerika dan Meksiko yang sangat seru banget hari ini. Dan sekarang rasanya aku CAPEK banget! 🙂 Tetapi rasanya tetap ingin menyapa disini nih! :mrgreen: t

Bagaimanakah perjalanannya? Yah, seperti yang followers-ku di Instagram (@azilko) mungkin rasakan juga, secara singkat perjalanannya seru dan asyik banget! 🙂 Sebenarnya aku sedikit merasa sedih sih sekarang perjalanannya sudah selesai yang mana artinya aku harus kembali ke kehidupan nyata, haha 😛 . Terutama juga karena akhirnya aku pergi juga ke satu kota yang memang sudah sangat ingin banget aku kunjungi semenjak lama banget di dalam hidupku. Rasanya seperti mimpi bahwa sekarang aku bisa bilang bahwa aku baru saja kembali dari New York!

Anyway, jelas sekarang rasanya aku masih lelah sekali dan sebenarnya seharusnya aku menggunakan waktuku akhir pekan ini untuk memulihkan diri (aku akan kembali kerja hari Senin besok 😦 ), jadi sementara segini dulu saja deh. O iya, perjalanan ini seru banget dimana ada banyak banget cerita yang ingin aku ceritakan! Kayaknya seri cerita ini bakal menjadi seri cerita perjalanan terpanjang di blog ini deh! Haha 😆

Tetapi seperti biasanya, di atas adalah beberapa foto sebagai teaser dari perjalanan ini 😉