#1933 – Photo Tales (41)

ENGLISH

Photo #91

Perusahaan Ketjap Kudus in Den Haag

Some time ago when I was grocery shopping, I spotted the following sweet soysauce at one of the racks. Okay, you probably need to speak Indonesian to understand why I bothered to take the photo (because it was quite funny in some ways 😛 ).

You see, it was soysauce by “Perusahaan Ketjap Kudus” (translated as “Kudus Soysauce Factory”), implying the factory’s location in Kudus, Central Java. However, it was stated at the bottom of the label that the production was actually in Den Haag, the Netherlands. Yeah, so a factory of an Indonesian product with an Indonesian name but with production in the Netherlands, haha.

Though, I might actually misunderstand its name, though. Instead of “Kudus” as a noun (thus, referring to the Central Javan region), it might actually be the adjective “kudus” (translation: “holy”). This would actually explain the phrase “selalu terpudji” (translation: “always commendable”) put below its name, haha 😆 .

Photo #92

Lamb shank at Mata Hari

Anyway, in the last week of May, a friend and I caught up in Amsterdam. And we decided to have dinner at a restaurant called “Mata Hari”, that was actually not an Indonesian restaurant, haha (“matahari” means “the sun” in Indonesian). It was actually a Mediterranean restaurant.

Thanks to Yelp, we chose this restaurant, because the food was really good! Plus, I found it to be quite fairly priced, especially considering its location (near the touristic area of Amsterdam, i.e. the infamous Red Light, haha 😛 ). Anyway, I decided to order a lamb shank and some french fries. The lamb shank and its salad was really good; though I regretted the french fries because I actually did not really need it as I got too full afterwards, haha 😆 .

BAHASA INDONESIA

Foto #91

Perusahaan Ketjap Kudus di Den Haag

Beberapa waktu lalu ketika sedang belanja, aku melihat kecap manis ini di salah satu rak.

Nah lucu kan, kecap manis ini buatan “Perusahaan Ketjap Kudus”, yang menyiratkan lokasi pabriknya ada di Kudus, Jawa Tengah. Namun, di bagian bawah labelnya dituliskan bahwa produksinya di Den Haag, Belanda. Iya, pabrik sebuah komoditi Indonesia dengan nama Indonesia tetapi produksinya di Belanda, haha.

Eh, sebenarnya bisa saja aku salah mengerti sih. Bukannya “Kudus” yang merupakan kata benda (sehingga menunjukkan daerah di Jawa Tengah itu), bisa saja yang benar adalah kata sifat “kudus”. Ini justru menjelaskan frase “selalu terpudji” yang dicetak di bawah namanya itu kan, haha 😆 .

Foto #92

Lamb shank di Mata Hari

Anyway, di akhir bulan Mei, seorang teman dan aku catch up di Amsterdam. Dan kami memutuskan untuk makan di sebuah restoran yang namanya “Mata Hari”, yang mana bukan lah restoran Indonesia loh. Ternyata ini adalah restoran Mediterania, haha.

Berkat Yelp nih kami memilih restoran ini, dan untung soalnya makanannya enak! Plus, menurutku harganya juga oke lah terutama dengan mempertimbangkan lokasinya (di dekat area turistiknya Amsterdam, yaitu area Red Light yang “terkenal” itu, haha 😛 ). Anyway, aku memutuskan untuk memesan sebuah lamb shank dan french friesLamb shank berserta saladnya enak loh; walaupun aku sedikit menyesal memesan french fries-nya sih karena kebanyakan! Akibatnya aku kekenyangan deh setelahnya, haha 😆 .

#1921 – Photo Tales (40)

ENGLISH

This edition of Photo Tales is aviation related, haha 😛 .

Photo #88

easyJet and RyanAir at Rome – Fiumicino

While flying from Rome to Amsterdam for my Post-PhD Trip, I spotted these two birds side by side at Rome – Fiumicino Airport. Yep, the two airlines that, for better or for worse, revolutionized the (European) airlines industry, RyanAir and easyJet (And, to some degree, Southeast Asia too because easyJet inspired Tony Fernandes to make AirAsia as it is today).

While, arguably, they targetted different “market” from more traditional full-service airlines, their impact was so big that it forced those more established airlines to adjust. As one consequence, now, the ticket price of those so-called full service airlines also has become more affordable, in general. However, there is more to that, which brings us to the next photo…

Photo #89

A British Airways’ Boeing 767 at Schiphol

One flight I am super interested to try is British Airways’ Boeing 767 daily service between London and Amsterdam (especially after Garuda Indonesia stopped its Amsterdam – London Gatwick route last year), haha 😛 . I always find it fascinating to fly wide-body on a short-haul flight! Haha 😛 .

Anyway, but there are two things which make me hesitate to book a return trip with them (well, three if you consider the visa requirement 😛 ). First of all, British Airways is a member of OneWorld, while as you know I am more of a SkyTeam fans nowadays.

Secondly, as per earlier this year, British Airways stopped providing complimentary snack and drink in any of its short-haul flights. Instead, it now offers buy-on-board (BoB) stuffs, just a la an LCC. You see, clearly this is an (negative) effect of LCC on the full service airline. Well, given that British Airways’ CEO used to be the CEO of Vueling (a Spanish LCC), this was, somewhat, not really “out of nowhere”. But still, you see another “effect” of LCCs to mainline airlines?

Photo #90

An American Airlines’ Boeing 757 at Schiphol

Anyway, on a separate note, I spotted an American Airlines’ Boeing 757 at Schiphol this March. Yes, American Airlines, meaning the plane was used to fly North Atlantic; and, yes, a 757, a.k.a. a (long-ish) narrow-body plane! 😱

I don’t know about you. But to me, I much prefer to fly wide-body when flying medium to long-haul. My longest narrow-body flight was AeroMexico’s Boeing 737-700 flight from Boston to Mexico City (3,663 km). And it was in economy class without personal IFE! Lol 😆 . Anyway, so I certainly will avoid crossing the Atlantic from/to Amsterdam with American Airlines, then 😛 (Beside, they are OneWorld too 😛 ).

BAHASA INDONESIA

Edisi Photo Tales kali ini akan berkaitan dengan pesawat, haha 😛 .

Foto #88

easyJet dan RyanAir di Rome – Fiumicino

Ketika terbang dari Roma ke Amsterdam dalam perjalanan Pasca-Phdku, aku melihat dua burung besi ini parkir bersebelahan di Bandara Roma – Fiumicino. Iya, dua maskapai yang, baik secara positif maupun negatif, merevolusionsasi dunia penerbangan (Eropa), RyanAir dan easyJet (Dan, sedikit-banyak, Asia Tenggara juga karena easyJet menginspirasi Tony Fernandes untuk membuat AirAsia seperti sekarang ini).

Walaupun, di satu sisi, mereka menarget pasar yang berbeda dari maskapai-maskapai full service yang lebih tradisional, efeknya cukup terasa juga sehingga maskapai-maskapai yang sudah lebih lama ada tersebut harus menyesuaikan diri. Salah satu konsekuensinya, sekarang, harga tiket dari maskapai-maskapai full service tersebut juga menjadi relatif lebih murah secara umum. Namun, efeknya tidak hanya sebatas itu saja, yang membawa kita ke foto selanjutnya…

Foto #89

Sebuah Boeing 767nya British Airways di Schiphol

Satu rute penerbangan yang sangat ingin aku cobain adalah penerbangan hariannya British Airways dengan pesawat Boeing 767 di rute London – Amsterdam (terutama setelah Garuda Indonesia menutup rute Amsterdam – London Gatwick tahun lalu (masih belum bisa move on)), haha 😛 . Seru aja kan terbang dengan pesawat berbadan lebar di penerbangan jarak dekat! Haha 😛 .

Anyway, tetapi ada dua hal yang masih membuatku ragu untuk membeli tiket pp dengan mereka (eh, tiga ding kalau persyaratan visa diikut-sertakan 😛 ). Pertama-tama, British Airways adalah anggota OneWorld sementara sekarang ini kan aku lebih suka SkyTeam.

Yang kedua, per awal tahun ini, British Airways tidak lagi memberikan layanan snack dan minuman gratis di penerbangan jarak dekat mereka. Dan sekarang, yang ditawarkan adalah produk-produk buy-on-board (BoB) gitu deh, a la penerbangan LCC lah. Nah kan, jelas ini adalah efek (negatif) dari LCC ke maskapai full service. Eh, tapi dengan mempertimbangkan CEOnya British Airways yang mana dulunya adalah CEOnya Vueling (sebuah maskapai LCCnya Spanyol), ini mungkin tidak terlalu mengherankan yah. Tetapi tetap aja lah, terlihat kan “efek”nya LCC di maskapai-maskapai besar lainnya?

Foto #90

Sebuah Boeing 757nya American Airlines di Schiphol

Anyway, mari kita berganti topik, aku melihat Boeing 757nya American Airlines di Schiphol bulan Maret ini. Iya loh, American Airlines, artinya pesawatnya dipakai untuk terbang menyebrangi Samudra Atlantik; dan, iya, Boeing 757, alias pesawat berbadan kecil (tapi agak panjangan)! 😱

Aku nggak tahu dengan kalian yah, tetapi untukku sih aku lebih suka terbang dengan pesawat berbadan lebar ketika terbang jarak menengah dan jauh. Penerbangan terjauhku dengan pesawat berbadan kecil adalah dengan Boeing 737-700nya AeroMexico dari Boston ke Mexico City (jaraknya 3.663 km). Dan penerbangan itu di kelas ekonomi dan tanpa IFE personal pula! Haha 😆 . Anyway, jelas deh aku akan menghindari terbang menyebrangi Samudra Atlantik dari/ke Amsterdam dengan American Airlines kalau begitu 😛 (Di samping itu, mereka juga anggota OneWorld sih 😛 ).

#1899 – Photo Tales (39)

ENGLISH

Photo #86

A delicious Southern Italian dinner

Some weeks ago a friend of mine told me about this Italian restaurant ran by an Italian family in Rotterdam that was so good but only opened during the weekday. Quite strange, indeed. We joked that they had enough customers already that they did not feel the need to open their restaurants in the most popular time for people to go out and dine: the weekend, haha.

Finally, last Tuesday I got the chance to try it. And indeed it was good!! My friend and I decided to share a carpaccio as an appetizer to share, while for the main course I ordered a very delicious beef steak that was served with salad and, well, pasta!

Photo #87

Yeay it is Spring finally!

Finally, the past two weeks or so, Spring has come to full effect in the Netherlands!! Yeay for less layers of clothes to wear!! 😛

BAHASA INDONESIA

Foto #86

Makan malam ala Italia Selatan yang enak banget!

Beberapa minggu yang lalu seorang temanku memberi-tahuku mengenai restoran Italia yang dikelola oleh satu keluarga asal Italia di Rotterdam yang enak banget tetapi cuma buka di hari biasa (hari kerja/weekday) saja. Aneh ya. Kami sih bercanda sepertinya mereka sudah memiliki cukup pengunjung saking ramainya sehingga mereka merasa tidak perlu membuka restoran mereka di waktu populer orang-orang untuk keluar makan: akhir pekan, haha.

Nah, akhirnya hari Selasa minggu lalu aku berkesempatan mencobanya. Dan ternyata memang enak lho!! Aku dan temanku memesan carpaccio sebagai menu pembuka untuk dibagi dua. Untuk makanan utama, aku memesan steak yang memang enak dan disajikan dengan salad dan, tentu saja, pasta!

Foto #87

Hore akhirnya musim semi!

Akhirnya, dua minggu terakhir ini, musim semi sudah mulai menunjukkan tanda-tandanya di Belanda!! Horee nggak harus memakai berlapis-lapis pakaian lagi!! 😛

 

#1888 – Photo Tales (38)

ENGLISH

Photo #84

Two movies

Two movies

Lastweek, within five days I went to the cinema twice!! Haha 😆 . I don’t recall if this had ever happened before since I moved to Europe, though 😛 .

Anyway, I watched John Wick: Chapter 2 and the recently-involved-in-an-Oscar-blunder Moonlight. As this is a Photo Tales post, I am not going to go to any details about these two. But I would just say that my low-ish expectation on John Wick 2 made me enjoyed the movie more while my rather high expectation on Moonlight made me feel a little bit underwhelmed, haha. A case of the right dose of expectation, eh? 😛

Photo #85

A four course Saturday dinner

A four course Saturday dinner

On Saturday, two friends and I decided to catch up and had dinner at Rotterdam! Haha 😀 . Earlier this week we found a good deal at Hangar 85 so we went there.

And it was really good! We had their four course meal package and the wine pairing to accompany it. It started with an amuse bite followed by a very delicious tataki beef appetizer accompanied by two glasses of rosé (I especially loved the tataki that nowadays I am a little bit obsessed with it in the kitchen!). The first main course was a delicious pork belly paired with a light red wine. The second main course was cod paired with white wine. A dessert closed out the dinner paired with red wine which I regretfully forgot the name because it was really tasty!). Haha 😛

Anyway, and of course, it was always nice to be able to catch up with some friends (but I have said this a lot here, I know 😛 ).

BAHASA INDONESIA

Foto #84

Two movies

Dua film

Minggu lalu, dalam lima hari aku nonton di bioskop dua kali loh!! Haha 😆 . Sejauh yang aku ingat, ini belum pernah terjadi deh semenjak aku pindah ke Eropa 😛 .

Anyway, aku menonton John Wick: Chapter 2 dan film yang baru-baru ini terlibat di blunder-nya Oscar Moonlight. Karena posting ini adalah posting Photo Tales, aku tidak akan menuliskan banyak detail mengenai dua film ini. Tetapi aku hanya ingin merangkum bahwa ekspektasiku yang nggak tinggi-tinggi amat untuk John Wick 2 malah membuatku menikmati film ini dengan lebih sementara ekspektasiku yang agak tinggi untuk Moonligh justru membuatku sedikit kecewa. Kasus klasik penetapan ekspektasi yang tepat ini ya? Haha 😛

Foto #85

A four course Saturday dinner

Makan malam four course di hari Sabtu

Sabtu kemarin, dua teman dan aku memutuskan untuk catch up dan makan malam bareng di Rotterdam! haha 😀 . Awal minggu ini kami kebetulan menemukan promo yang lumayan di Hangar 85 sehingga jadilah kami kesana.

Dan masakannya enak-enak banget! Kami memesan paket menu four course dan paket wine pairing untuk menemaninya. Makan malam dimulai dengan amuse satu suapan dan diikuti dengan menu pembuka daging sapi tataki yang enak banget yang ditemani dengan dua gelas rosé (Aku suka banget tatakinya sampai-sampai sekarang aku cukup terobsesi (di dapur) dengannya nih!). Menu utama pertama adalah pork belly enak banget yang ditemani dengan anggur merah yang tidak terlalu berat. Menu utama kedua adalah ikan cod yang ditemani dengan anggur putih. Seporsi makanan penutup menutup makan malam ini yang ditemani dengan anggur merah yang enak banget yang mana aku menyesal banget lupa namanya apa (soalnya anggurnya enak banget!). Haha 😛 .

Dan, tentu saja, senang rasanya bertemu teman-teman lama (dan kalimat ini kayaknya sudah sering banget aku tuliskan di sini yah, haha 😛 ).

#1845 – Photo Tales (37)

ENGLISH

It has really been awhile since my last Photo Tales post! So here is a new one!! 🙂

***

Photo #82

Working on a Sunday

Working on a Sunday

While technically my PhD contract at TU Delft has ended this August, I have been given the hospitality contract while not officially being employed by the university (I no longer receive salary from TU Delft). This is to facilitate me to get my PhD degree, eventually. This means that I still get to keep my TU Delft office for a little bit longer.

Meanwhile, since then I have been busy with the (long bureaucratic) process of graduating. My dissertation is ready (I literally finished it at the end of August) and is now being accessed by my seven dissertation committee members. I have received feedbacks from some of the committee, mostly minor “cosmetic” feedbacks. Even though “minor”, it still means I need to invest some time in assessing it and revise my dissertation if I agree with those feedbacks (I do not need to, btw; and for this reason I do not incorporate all of the feedbacks as I disagree with some of them 😛 ).

For this reason, today I went to the university to do some of this work, haha 😛 . There was one feedback that was rather “major”, though, and I fully understood why the committee thought so. I revised my dissertation accordingly, and the committee has told me that he is now satisfied with the change (Yeay luckily he checked his email on a Sunday afternoon so the response was immediate! 😀 ).

Photo #83

A jumping rope as a present from Sinterklaas

A jumping rope as a present from Sinterklaas

Speaking of my TU Delft office, I found that I got a present (from the Sinterklaas) in my mailbox. It was a jump-rope along with a note mentioning it was meant to improve the health of the TU Delft people. The note was cute though as it was in the form of a poem, haha 😆 .

Speaking of the poetic note, this was one of the verses:

Each jump is burning calories
You see, the more the better:
2000 jumps and I’m allowed
An extra chocolate letter!

Yes, apparently to burn one piece of a chocolate letter, we need to jump TWO THOUSAND times!! 9gagSHOCK

This present made sense, though. Four and three years ago, the Sinterklaas gave us chocolate letters as our present. Now, we got a jump rope to burn the calories from those chocolate, lol.

Lol, well, now I will think 2000 times first before deciding to bite an extra piece of chocolate, I guess 😅.

BAHASA INDONESIA

Sudah lama ya semenjak posting Photo Tales terakhirku! Ya sudah deh, berikut ini yang baru!! 🙂

***

Foto #82

Working on a Sunday

Bekerja di hari Minggu

Walaupun secara teknis kontrak PhD/S3-ku di TU Delft telah berakhir Agustus lalu, aku masih diberikan kontrak hospitality biarpun secara resmi aku tidak lagi dipekerjakan oleh universitas (aku tidak lagi menerima gaji dari TU Delft maksudnya). Kontrak ini diberikan untuk memfasilitasiku dalam mendapatkan gelar PhD, pada akhirnya. Ini artinya aku masih memiliki ruangan kantor di TU Delft deh sekarang.

Sementara itu, semenjak waktu itu aku telah disibukkan dengan proses (birokratis nan panjang) untuk lulus. Disertasiku sih sudah beres (yang mana baru beneran selesai di akhir bulan Agustus) dan sekarang ini sedang diperiksa oleh anggota komite disertasiku. Aku telah menerima masukan dari beberapa dari antara mereka, kebanyakan sih masukan “kosmetik” minor gitu sih. Walaupun “minor”, ini tetap saja berarti aku mesti menghabiskan waktu untuk mempelajarinya dan merivisi disertasiku jika aku setuju dengan masukan-masukan itu (Aku tidak harus setuju kok, btw; dan karena ini pula lah tidak semua masukannya aku masukkan ke disertasiku karena aku tidak setuju dengan sebagian di antaranya 😛 ).

Oleh karena alasan ini lah hari ini aku pergi ke universitas untuk melakukan pekerjaan ini, haha 😛 . Ada satu masukan yang cukup “major” sih, btw, dan aku sungguh mengerti mengapa anggota komite ini berpendapat demikian. Jadilah disertasiku sedikit aku revisi untuk menampung masukan ini, dan anggota komitenya kini puas dengan versi yang baru (Untungnya ia mengecek email-nya di hari Minggu siang sehingga aku bisa langsung mendapatkan responnya! 😀 ).

Foto #83

A jumping rope as a present from Sinterklaas

Sebuah lompat tali sebagai hadiah dari Sinterklas

Ngomongin kantor TU Delft-ku, aku baru tahu aku mendapatkan hadiah (dari Sinterklas) di kotak suratku loh ternyata. Hadiahnya berupa lompat tali beserta sebuah pesan yang intinya menyebutkan bahwa hadiah ini dipilih untuk meningkatkan kesehatan orang-orang TU Delft. Pesannya lucu juga karena dituliskan dalam bentuk puisi gitu, haha 😆 .

Ngomongin pesan puitisnya, berikut ini satu baitnya:

Each jump is burning calories
You see, the more the better:
2000 jumps and I’m allowed
An extra chocolate letter!

Iya dong, ternyata untuk membakar kalorinya satu potong cokelat (berbentuk) huruf, kita harus loncat-loncat sebanyak DUA RIBU kali!! 9gagSHOCK

Hadiah ini masuk akal sih sebenarnya. Kan empat dan tiga tahun yang lalu, Sinterklas memberikan cokelat (berbentuk) huruf sebagai hadiah. Nah, jadilah tahun ini hadiahnya adalah lompat tali untuk membakar kalori dari cokelat-cokelat itu kan, haha.

Ih, tapi sekarang aku akan berpikir 2000 kali dulu nih sebelum memutuskan untuk memakan satu potong ekstra cokelat! 😅.

#1782 – Photo Tales (36)

ENGLISH

The country Monaco is pretty much synonymous to glamorous lifestyle, the casinos, and all the rich people who live there. However, the problem with Monaco is the non-existence of an international airport in the country. The closest airport to Monaco is Nice Cote D’Azur International Airport serving the city of Nice in France, some 20 km away. As a result, you could see “the effect” of Monaco at Nice Airport as well. The following are two of them which I observed during my Avgeek Weekend Trip there in mid-July.

Photo #80

Private jets at Nice Cote D'Azur International Airport

Private jets at Nice Cote D’Azur International Airport

This was the view as we were taking off from runway 04R of the airport.

So what do we see here? Well those are private jets!! 😮😮😮I mean, I guess it is not surprising? haha 😆 .

Photo #81

If you are a resident of Monaco and you are going back home, obviously you would need to get to Monaco after landing in Nice.

In 2012, I took the public bus 100 service from the city center of Nice to Monaco which cost €1 one way (I heard the fare has increased a little bit in recent years). But then of course as a resident of Monaco you would avoid the public bus because public bus is only for the commoners. You might risk some allergy reactions to get triggered! Taxi then? Well, a taxi is also not in your league obviously. Call your country’s consulate/embassy to request for a pick up? Well, you would risk getting “online-shamed” by your country’s people then (This was actually done by some Indonesian politicians. Like, seriously ).

Then what? Well, this:

Helicopter transfer, this way

Helicopter transfer, this way

Yes, why not take a private helicopter to go from Nice to Monaco (and the other way around)? Lol 😆

***

Btw, while writing this post, I actually got curious though about how much it would actually cost to take a helicopter ride, in all seriousness. So after a bit of googling, I was led to this page which listed two helicopter companies with services between Nice and Monaco.

Helicopter 1

Helicopter 1

I made dummy bookings to see the tariff. In this case one company appeared to be cheaper than the other (I did not go further than that because to continue, I would need to create an account which I was too lazy to do; so I do not know if there was some extra service fee, tax, etc which had not yet been imposed on these fares).

Helicopter 2

Helicopter 2

But all in all, while obviously still a lot, somehow it was not as much as I thought it would have been! Haha 😆 . What about you?

BAHASA INDONESIA

Negara Monako bisa dibilang identik dengan kehidupan glamor, kasino-kasinonya, dan orang-orang kaya yang tinggal disana. Namun, ketidak-enakannya tinggal di Monako adalah ketiadaan bandara internasional di negaranya. Bandara terdekat dari Monako adalah Bandara Internasional Nice Cote D’Azur di kota Nice di Prancis yang berjarak sekitar 20an km dari sana. Sebagai akibatnya, kita bisa melihat “efek”-nya Monako di Bandara Nice. Berikut ini dua di antaranya yang kuamati di perjalananan Avgeek Weekend Trip ke sana pertengahan Juli lalu.

Foto #80

Private jets at Nice Cote D'Azur International Airport

Pesawat-pesawat jet pribadi di Bandara Internasional Nice Cote D’Azur

Ini adalah pemandangan ketika lepas landas dari landasan pacu 04R bandaranya.

Apakah yang kita lihat di sini? Itu adalah barisan pesawat-pesawat jet pribadi dong!! 😮😮😮Kalau dipikir-pikir lagi mah tidak mengherankan ya? haha 😆 .

Foto #81

Jika kamu adalah penduduk Monako dan sedang dalam perjalanan pulang kesana, tentu transportasi dari Nice ke Monako masih perlu dipikirkan.

Di tahun 2012, aku menggunakan bus umum nomor 100 dari pusat kota Nice ke Monako yang mana tarifnya adalah €1 satu arah (sekitar Rp 14.500,- tetapi dengar-dengar sih beberapa waktu terakhir tarifnya sudah naik sedikit). Tetapi tentu saja sebagai penduduk Monako, transportasi umum perlu dihindari lah ya soalnya bus umum gitu kan untuk rakyat jelata. Bisa gatal-gatal nanti sebagai akibatnya. Naik taksi kalau begitu? Ah, taksi mah tentu masih nggak level lah. Menelepon konsulat jenderal atau kedutaan negara kita agar jemputan dipersiapkan? Wah, bisa-bisa nanti di-bully rakyat satu negara dong ya .

Nah, trus apa dong? Ini:

Helicopter transfer, this way

Transit dengan helikopter, melalui pintu ini

Iya, mengapa tidak menaiki helikopter pribadi gitu untuk bepergian dari Nice ke Monako (dan sebaliknya)? Huahaha 😆

***

Btw, gara-gara menulis posting ini, aku jadi penasaran sendiri nih ingin tahu berapa biaya naik helikopter begini. Jadilah setelah googling sebentar, aku tiba di halaman ini yang mencantumkan dua perusahaan helikopter yang menawarkan layanan di antara Nice dan Monako.

Helicopter 1

Helikopter 1

Iseng aku membuat dummy bookings untuk mengecek tarifnya. Dalam kasus ini, satu perusahaan nampak lebih murah daripada yang satunya (aku tidak mengecek lebih jauh dari ini karena untuk memasuki halaman selanjutnya, aku harus membuat akun yang mana aku sedang malas membuatnya; jadilah aku tidak tahu apakah tarif ini sudah termasuk biaya servis, pajak, dll atau belum).

Helicopter 2

Helikopter 2

Walaupun jelas mahal, tetapi ternyata biayanya nggak sebanyak yang awalnya aku bayangkan deh. Haha 😆 . Bagaimana menurut kalian?

#1771 – Photo Tales (35)

ENGLISH

I took these photos in Den Haag during the Math Day Out with my department in late June.

Photo #78

A Frisian Flag car

A Frisian Flag car

A bit of back story for this photo can be found here (link in Bahasa Indonesia only).

Just outside the Binnenhof, I spotted this car with very cute livery of the Frisian flag’s heart and color scheme 😛 . Btw, Frisland is one province of the Netherlands with the following flag:

Bendera Frisian. Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Frisian_flag.svg

Everytime I see the flag (or logo, or anything inspired from it), I always think of the milk product I used to consume (for a short period) during my childhood! Hahaha 😆

Photo #79

Tut Wuri Handayani logo?

Tut Wuri Handayani logo?

Not far away from Binnenhof, I spotted this other car. When I looked at the symbol there, it immediately made me think of the “Tut Wuri Handayani” logo (the Indonesian Ministry of Education and Culture’s logo). Okay, after a bit of googling afterwards, which led me to this address, it was not the same logo; even though there were some resemblances, don’t you think? Haha 😆 .

And of course the “Bungkusan” name gave it all. I think the car was owned by an Indonesian restaurant nearby.

BAHASA INDONESIA

Aku mengambil dua foto berikut ini di Den Haag ketika sedang pergi dalam rangka Math Day Out dengan jurusanku di akhir bulan Juni lalu.

Foto #78

A Frisian Flag car

Mobil Frisian Flag

Sedikit latar belakang foto ini bisa dibaca di sini.

Di luar Binnenhof, aku melihat mobil ini yang diwarnai dengan skema dan warnanya bendera Frisian dan hatinya yang imut itu 😛 . Btw, Frisland adalah salah satu provisini di Belanda yang berbendera seperti ini:

Bendera Frisian. Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Frisian_flag.svg

Setiap kali aku melihat bendera ini (atau logo, atau apapun yang terinspirasi darinya), aku kok selalu teringat produk susu yang pernah kukonsumsi (nggak lama sih) ketika kecil dulu ya? Hahaha 😆

Foto #79

Tut Wuri Handayani logo?

Logo Tut Wuri Handayani?

Tak jauh dari Binnenhof, aku melihat mobil lain ini. Ketika aku melihat simbolnya, aku langsung terpikir logo “Tutu Wuri Handayani” (logonya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia). Oke, setelah aku googling, yang mana membawaku ke alamat ini, ternyata logonya nggak sama sih; walaupun menurutku sih masih ada mirip-miripnya lah ya? Haha 😆 .

Dan tentu saja tulisan “Bungkusan” itu membuatnya jelas lah ya. Aku kira pemilik mobil ini adalah sebuah restoran Indonesia yang memang berlokasi tidak jauh dari sana deh.