#2450 – It’s One Year Since …

on

ENGLISH

… my latest long-haul flight! So today one year ago, I boarded a Vietnam Airlines’ Airbus A350-900 reg VN-A898 at Hanoi Noi Bai International Airport as flight VN19 to Paris as the end of my spring trip to Southeast Asia last year.

Yep, it has been one year since my latest long-haul flight! This is the longest “streak” since about 7.5 years ago when I went on a more than 3 years streak with no long-haul flight which I eventually broke with an Emirates’ flight to Dubai (on the way to Southeast Asia). Though if the streak back then was by design, this time it is by circumstances. You know, because of the global pandemic, haha.

My latest long-haul flight was with this Vietnam Airlines’ Airbus A350-900 VN-A898 which I took this day last year

Speaking of flying, what happens with my frequent flyer status? Well, it’s actually fine, haha. Last year actually I had already flew enough to retain my Platinum status with Air France/KLM when the pandemic began. So even by then I knew that my status would be “safe” for that year.

But of course given the nature of the pandemic, airlines had no choice but to relax a lot of the status requirements, as frequent flying was (is) not possible for many. This included automatic status extension no matter what. But because I had nonetheless already fulfilled all the requirements, I didn’t benefit from this last year. However, as the outlook for frequent flying this year isn’t much brighter than last year, it has been announced that the same automatic status extension will also take place this year. And this I will perhaps benefit from, haha. So even if I end up flying 0 flights this year (I hope not), I will still keep my status 😛 .

Anyway, at this stage I am still very hesitant to book any flights, especially long-haul. I feel like short-haul travels (within Europe) would be more likely to “come back” first (in terms of the lifting of restrictions and requirements) than long-haul, haha. But even short-haul travel still feels uncertain at this point. For instance, originally the Dutch government set an advice to not plan any international trips before mid-March. This date has been postponed to, at least, mid-April. You see?

So yeah, I am playing the wait-and-see games at this point. I hope it would be possible (and relatively trouble-free) to have some travels this summer. So I am crossing my fingers for that…

BAHASA INDONESIA

… semenjak penerbangan jarak-jauhku yang paling terkini! Jadi hari ini tahun lalu, aku menaiki pesawat Airbus A350-900 rego VN-A898nya Vietnam Airlines di Bandara Internasional Noi Bai di Hanoi sebagai penerbangan VN19 ke Paris yang merupakan akhir dari perjalanan musim semiku ke Asia Tenggara tahun lalu.

Yep, sudah satu tahun aja dong semenjak penerbangan jarak-jauh itu! Ini adalah rekor “streak” terpanjang semenjak 7,5 tahun yang lalu dimana waktu itu selama lebih dari 3 tahun aku tidak terbang di penerbangan jarak-jauh. Waktu itu streak-nya diakhiri dengan penerbangan Emiraes ke Dubai (dalam perjalanan ke Asia Tenggara). Dulu streak-nya ada karena memang aku rancang begitu sih. Kalau sekarang kan situasinya terpaksa karena faktor kondisi lah ya. Ya mau gimana, lagi pandemi global begini, haha.

Penerbangan jarak-jauh terakhirku adalah dengan Airbus A350-900 VN-A898nya Vietnam Airlines ini yang aku naiki hari ini tahun lalu

Ngomongin penerbangan, bagaimana dong nasib status frequent flyer-ku? Baik-baik saja sih sebenarnya, haha. Tahun lalu ceritanya aku sudah terbang cukup sebelum pandemi mulai menunjukkan taringnya untuk mempertahankan status Platinum-ku dengan Air France/KLM. Jadilah waktu itu pun aku sudah tahu bahwa statusku akan “aman” untuk tahun kemarin.

Tapi tentu saja situasi pandeminya membuat maskapai tidak memiliki pilihan selain memberikan keringanan terhadap persyaratan statusnya; karena terbang sering kan bisa dibilang mustahil ya bagi kebanyakan di masa pandemi begini. Salah satu bentuk keringanan ini adalah ekstensi status otomatis tanpa syarat. Tapi karena toh aku sudah semua persyaratannya sudah aku penuhi, keringanan ini percuma deh bagiku tahun lalu. Namun, karena outlook terbang tahun ini juga tidak lebih baik daripada tahun lalu, sudah diumumkan bahwa ekstensi status otomatis tanpa syaratnya juga akan diberlakukan tahun ini. Dan yang ini sepertinya bisa jadi aku nikmati, haha. Jadi andaikata aku tidak terbang sama sekali tahun ini (mudah-mudahan sih engga ya), statusku akan tetap bertahan 😛 .

Ngomong-ngomong, sekarang sih aku masih ragu untuk membeli tiket pesawat, terutama penerbangan jarak-jauh. Aku rasa pergi-pergi jarak dekat (di dalam Eropa maksudnya) akan “kembali” duluan (dari segi pengangkatan restriksi dan persyaratan bepergian) sebelum jarak jauh, haha. Tapi bahkan bepergian jarak dekat pun masih terasa tidak pasti sih sekarang. Misalnya saja, awalnya pemerintah Belanda mengeluarkan saran untuk tidak merencanakan perjalanan ke luar negeri hingga pertengahan Maret. Nah tanggal ini sekarang sudah diundur hingga pertengahan April. Nah loh kan?

Jadi ya begitu deh, sekarang ini wait and see dulu aja deh. Aku sih berharap mudah-mudahan kita bisa pergi-pergi lagi (dengan relatif tidak repot dengan persyaratannya ya, haha) di musim panas nanti. Mudah-mudahan aja deh ya…

8 Comments Add yours

  1. niee says:

    Emang gak ada kepastian banget untuk jalan-jalan maish di tahun 2021 ini ya ko. Aku kalau mau liburan rencananya di dalam negeri aja deh, tapi gak tahu juga kapan, hahaha.

    1. zilko says:

      Iya 2021 ini kayaknya masih susah ya untuk destinasi yang jauh-jauh gitu. Di Indo enaknya masih ada pilihan untuk dalam negeri Niee. Lha di sini Belanda negaranya seuprit doang, mau pergi dalam negeri juga malas-malas gimana gitu, hahaha.

  2. Arman says:

    moga2 bentar lagi udah bisa jalan2 lagi ya ko 😀

    1. zilko says:

      Iyaa! Tapi entah nih masih kapan kayaknya, hahaha

  3. Yance says:

    udah hopeless ko, tahun 2021 ini pergi yang bisa dicapai dengan mobil aja..gak niat ngintip2 tiket pesawat lagi..hehehe

    1. zilko says:

      Iya nih rasanya sekarang sih masih pesimis ya. Mudah-mudahan nanti setelah banyak yang divaksin jadi agak mendingan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s