#2449 – Hard Lockdown and A Haircut

on

ENGLISH

I am going to sound like a broken record here but … the hard lockdown in the Netherlands has been … extended again until, at least, mid-March. Even though this time around there are a few relaxations that have been put in place since mid-this-week.

One of the relaxations is something which I have truly been waiting, where some contact profession (including hair salon) is now allowed to operate (even though with restrictions, obviously, but at least salons are now open! Haha πŸ˜› ). I was a little bit lucky timing-wise where when the hard lockdown was announced, I had just had a haircut. And back then, the lockdown was announced to last for (at least) five weeks, which if this had been the case it would have been totally fine for my hair. Even though I, of course, understood there was a chance that this time frame would be extended. Which … of course it eventually did. At this point, instead of five weeks, the lockdown has been going on for almost twelve weeks, lol πŸ˜† .

Please pardon my lockdown hair

So obviously my hair has been a mess recently. I was actually super close to resort to the desperate measure of cutting my own hair, like what I did last year during the first lockdown; but then I read a rumour that hair salon would be allowed to open. So I decided to wait for the next official announcement first, and thankfully the rumour was true! Haha.

The next day I went online to book an appointment at my usual hair salon, but the reservation system was still not open. I thought they were still preparing for it so I checked again the next day. It was still not open, but only then I realized the information in the website that at that point they only accepted reservations via email or Whatsapp. So as a result, I didn’t get a slot on the first day hair salon was allowed to open. I only got one on the second day, which was fine actually. I mean, someone called the hair salon trying to make an appointment for the next day when I was having my haircut, only to be told that the hair salon had been fully booked for the upcoming two and a half weeks! Haha πŸ˜›

***

Despite that, most of the hard lockdown restrictions are still in place here, though, including the curfew. We will see, we are approaching mid-March now. And if you ask me, I think we are going to still see another lockdown extension in general…

BAHASA INDONESIA

Aku akan terdengar seperti kaset rusak nih tapi … ya memang lockdown keras di Belanda sudah diperpanjang lagi sampai, minimal, pertengahan Maret. Walaupun kali ini sudah ada sedikiit relaksasi yang diberlakukan mulai pertengahan minggu ini sih.

Salah satu relaksasinya adalah sesuatu yang sudah aku tunggu-tunggu banget, dimana sebagian profesi kontak (termasuk potong rambuh) kini sudah diperbolehkan beroperasi kembali (walaupun dengan restriksi-restriksi tentunya, tapi setidaknya salon sudah boleh buka lah ya! Haha πŸ˜› ). Aku cukup beruntung dalam hal timing dimana ketika lockdown keras diumumkan, pas aku baru saja potong rambut. Dan waktu itu kan diumumkannya lockdown-nya akan berlangsung (minimal) lima minggu ya, yang mana kalau beneran lima minggu sih tentu tidak masalah bagi rambutku. Tapi tentu saja aku memahami adanya kemungkinan waktu ini akan diperpanjang. Yang mana … beneran terjadi. Sekaranf ini, bukannya lima minggu, lockdown-nya sudah berlangsung hampir dua belas minggu, haha πŸ˜† .

Maafkan rambut lockdown-ku, haha

Jadi tentu saja ya rambutku sudah kacau balau belakangan ini. Aku sudah nyaris banget memutuskan untuk melakukan tindakan kepepet untuk memotong rambutku sendiri, seperti yang aku lakukan tahun lalu di lockdown pertama. Tapi kemudian aku mendengar rumor bahwa sepertinya salon akan diizinkan dibuka. Jadilah aku memutuskan untuk menunggu pengumuman resmi berikutnya, yang mana ternyata rumornya benar dong! Haha.

Keesokan harinya aku mengakses website untuk membuat appointment di salon langgananku, tapi ternyata reservasinya masih belum buka. Aku pikir mungkin mereka masih persiapan lah ya jadilah aku tunggu dan keesokan harinya aku buka lagi. Eh ternyata masih belum dibuka juga, dan aku baru menyadari informasi yang ditulis di website-nya dimana waktu itu reservasi untuk sementara hanya bisa melalui email atau Whatsapp. Yah telat deh, sebagai akibatnya aku tidak mendapatkan slot di hari pertama mereka buka. Aku baru mendapatkan slot di hari kedua, yang mana nggak masalah banget sih sebenarnya. Soalnya di waktu ketika aku potong, ada yang menelepon salonnya untuk membuat appointment potong rambut untuk keesokan harinya, dan ia harus diinformasikan bahwa jadwal salonnya sudah penuh hingga dua setengah minggu ke depannya! Haha πŸ˜› .

***

Walaupun begitu, sebagian besar restriksi lockdown keras masih berlaku di sini, termasuk jam malam. Ya kita lihat saja deh, sekarang sudah hampir pertengahan Maret juga kan. Tapi kalau ditanya, aku kira lockdown-nya secara umum masih akan diperpanjang lagi sih ini …

8 Comments Add yours

  1. denaldd says:

    Ko suamiku bikin janji sama salon, dapatnya masih akhir maret. Eh tadi malam dikirim email, hari ini ada slot kosong pas jam makan siang. Rejeki ga kemana πŸ˜…pas edisi lockdown2 ini, kami sebenarnya potong rambut sendiri di rumah. Aku lebih tepatnya yang mendadak bisa motong rambut. Karena lockdown, mendadak semua bisa πŸ˜…sampai motong rambut pun bisa. Kepaksa.

    1. zilko says:

      Hahaha iya kapsterku juga bilang kalau mau bikin appointment dan dibilang penuh, tetap bikin appointment aja biarpun kejauhan tanggalnya soalnya kadang ada yang cancel jadi slotnya bisa ditawarin ke kita πŸ˜† . Iyaa, tahun lalu juga aku kepepet jadi mesti nekad potong rambut sendiri. Kali ini juga sebenarnya udah nyaris nekad lagi, eh beruntung minggu lalu boleh dibuka lagi. Pas timingnya! Hahaha πŸ˜†

  2. Arman says:

    disini udah mulai buka juga nih. moga2 abis ini gak naik lagi kasus covid nya πŸ˜›

    1. zilko says:

      Iya mudah-mudahan gak naik. Tapi tanda-tandanya nggak begitu nih, Europe pada mulai waspada untuk third wave ini. Tapi mudah-mudahan kali ini lebih terkontrol yah…

  3. niee says:

    Waaah, lockdownnya gak selesai-selesai ya ko. Tapi semoga lancar deh dan hasilnya memuaskan setelah nantinya dibuka

    1. zilko says:

      Iya Niee, nggak selesai-selesai banget lah lockdown-nya. Bakal masih lama ini sepertinya soalnya kasusnya mulai merembet naik lagi. Mudah-mudahan terkontrol deh ya yang ini.

  4. Gara-gara pandemi ini, semua ilmu termasuk ilmu potong rambut sendiri jadi banyak diakses yaa… kebayang sih sama orang yang berani motong sendiri… saat gunting pertama kalinya itu, pasti deg-degan banget ya…

    1. zilko says:

      Hahaha, iyaa, namanya juga kepepet sih ya πŸ˜€ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s