#2441 – Hard Lockdown Extension

ENGLISH

When it was introduced, the current hard lockdown was announced to last for, at least, five weeks. Well, the five weeks mark will come this Tuesday but unfortunately last week the Dutch government had announced the decision to extend it by, at least, three more weeks! This decision is understandable, given the still relatively high numbers of infection (at least the trend looks positive, though) and the threat of the new variant of the virus that is more transmitable.

But as I have shared before, this lockdown has generally been harder this time around (than the one in last year’s spring). On top of that is the January blues. If this exists in regular, non-covid-affected years, imagine its effect in a covid-affected year with a hard lockdown! Haha 😛 . So I feel it is super appropriate that today is the third Monday of January, which some coin as the Blue Monday, i.e. the most depressing day of the year, lol 😆 .

Speaking of the vaccine, the vaccination program has been going on for almost two weeks now in the Netherlands. That said, because I do not belong to a high-risk group nor work in healthcare with high risk of exposure to the virus, naturally I do not get a priority for vaccination. But at least the government has announced the general guideline on their vaccine strategy. It seems that the earliest I can get the vaccine is … May. Though that is, of course, not a given as the general ballpark is between May and end of September, lol 😆 . So yeah, we will see on that …

The circumstances make it difficult to be, let alone, stay, positive right now. We can see the light at the end of the tunnel, but it still looks really far away from hereon, or at least it feels like. I mean even now there are talks to actually introduce new restriction(s), such as a curfew. But I know that we need to hang in there, and try to be in a positive mindset as much as possible. And that is exactly what I will do! 😀

BAHASA INDONESIA

Ketika diumumkan, lockdown keras yang sekarang diberlakukan di Belanda disebutkan akan berlangsung selama, minimal, lima minggu. Nah, hari Selasa ini adalah genap lima minggu lockdown keras ini telah berlangsung; dan sayangnya minggu lalu pemerintah Belanda sudah mengumumkan bahwa lockdown keras ini akan diperpanjang selama, minimal, tiga minggu! Keputusan ini masuk akal kok, mengingat angka infeksinya yang masih relatif tinggi (setidaknya trennya positif sih) dan apalagi adanya ancaman varian baru virusnya yang transmisibilitasnya lebih tinggi itu kan.

Tapi seperti yang sudah kubilang, lockdown kali ini secara umum lebih berat dibandingkan lockdown musim semi tahun lalu. Ditambah lagi January blues kan. Jika di tahun-tahun reguler yang tidak terpengaruh covid aja fenomena ini ada, apalagi di tahun yang terpengaruh covid dan lockdown keras! Haha 😛 . Nah aku pikir-pikir cocok juga ya hari ini adalah Senin ketiga bulan Januari ini, yang disebut-sebut sebagai Blue Monday, alias hari paling “depressing” dalam satu tahun, haha 😆 .

Ngomongin vaksin, program vaksinasi sudah berlangsung selama hampir dua minggu di Belanda. Walaupun begitu, karena aku tidak termasuk grup risiko tinggi dan juga tidak bekerja di bidang kesehatan yang rawan terekspos virusnya, tentu aku tidak mendapatkan prioritas untuk mendapatkan vaksinnya. Tapi setidaknya pemerintah sini sudah mengumumkan garis besar strategi vaksinasi mereka sih. Jadi sepertinya paling cepat aku baru bisa mendapatkan vaksin … di bulan Mei! Walaupun tentu saja bukan berarti aku pasti mendapatkannya di sekitar waktu itu mengingat rentang waktu yang diumumkannya adalah antara Mei hingga akhir September, haha 😆 . Jadi ya gitu deh, kita lihat saja deh ya …

Keseluruhan situasinya saat ini membuat sulit untuk merasa positif sekarang. Iya sih cahaya di penghujung terowongan gelap ini sudah terlihat, tapi kok kayanya masih jauh aja gitu, setidaknya rasanya begitu. Apalagi bahkan saat ini sedang ada perbincangan di Belanda untuk penambahan restriksi, seperti jam malam. Tapi aku tahu bahwa kita perlu untuk sedapat mungkin terus bertahan dan berupaya untuk selalu ber-mindset positif sesering mungkin. Dan ini lah yang akan aku lakukan! 😀

11 Comments Add yours

  1. niee says:

    setuju ko, sulit untuk berfikir positif ya sekarang ini. Kalau aku mikirnya ini beneran akan berkurang banget itu minimal tahun 2022 deh. Seperti flu spanyol yang pandemic juga 2 tahun kan ya mewabahnya.

    Btw, aku sendiri gak tahu kapan kira-kira divaksin. Jadwalnya seh setelah nakes itu orang pelayanan publik tapi rentang waktunya April – Desember. Jadi aku asumsikan saja aku dapatnya januari 2022 biar gak terlalu berharap, hahaha.

    1. zilko says:

      Iya Niee, biarpun tahu sedapat mungkin mesti berpikir positif, prakteknya susah juga kan ya, hahaha. Iya Niee kayaknya lebih aman untuk nggak terlalu berharap banyak untuk tahun ini ya. Yaa, mudah-mudahan sih seenggaknya paruh kedua sudah mendingan lah karena mestinya sudah lumayan banyak yang divaksin kan. Tapi ya itu, ragu-ragu juga mau berharap, ntar kecewa lagi, hahaha 😆 .

  2. kutubuku says:

    Sama, disini di extend juga sampai 7 February. Yang lagi debat panas disini adalah orang2 yang seharusnya masuk karantina setelah dari luar negeri, malah keluar2 dan ketemu orang karena karantinanya tidak di enforce pakai denda.

    1. zilko says:

      Iya nih selain perpanjangan lockdown, Belanda juga lagi benar-benar mempertimbangkan penambahan restriksi. Karantina di sini juga entah deh selama ini dienforce atau engga.

  3. Puji says:

    Kalo aku terkadang iri sama mereka yang bisa jalan – jalan ke Bali 😀 Aku mencoba untuk menikmati hidup di rumah aja, dan beraktivitas seadanya, tapi kadang rasa iri kepada mereka yang jalan – jalan tetap muncul.

    1. zilko says:

      Hahaha iya terkadang iri ya melihat yang mau berlibur/jalan-jalan sekarang ini. Cuma pergi-pergi sekarang (apalagi lintas negara, yang mana krena di Eropa negaranya kecil-kecil, lebih mungkin lintas negara kan jadinya) juga nggak “tenang” juga sih karena aturan-aturan bisa berubah setiap saat kan. Jadilah aku melihatnya yang pergi-pergi sekarang ini ya ada unsur ‘nekad’-nya juga, hahaha 😆 .

  4. Yance says:

    sekarang hidup tanpa pengharapan…hahaha terutama jangan mimpi bisa travelling naek pesawat lagi lah…..lebih banyak di rumah aja macem orang2 tua yang sudah masuk usia pensiun, melakukan hobby baru dll..hahaha. Di indo mungkin juga kebagian vaksinnya tahun depan, masih belum jelas.

    1. zilko says:

      Iyaa, susah ya mau berharap dan membuat rencana pergi-pergi sekarang, terutama untuk jangka pendek dan menengah. Ah iya kalau di Indo memang ngga begitu detail ya informasi vaksinnya. Kalau di sini sih seenggaknya sudah diumumkan semua baru dapat, cuma tinggal nunggu gilirannya aja. Garis besar penggilirannya juga sudah diumumkan (tapi ya masih bisa direvisi tentunya, hahaha).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s