#2437 – Reflecting on 2020

ENGLISH

Now that 2020 is coming to an end and that I don’t have any vacation planned for it, I feel like reflecting on how this year has generally been. In some ways similar to how I have always reflected here on how a year has been at the end of it (Well, only until 2018 it was because I was too lazy to do this last year, haha πŸ˜› ).

***

2020 in Hanoi

I’m sure none of us would have been able to predict how this year would turn out at the start of it. I was in Toronto, Canada for my 2019 year end trip, a trip which right now feels like a lifetime ago, and if you had asked me at the time, I would have thought 2020 would follow a similar pattern as my recent years: a stable life with a lot of trips throughout the year, haha πŸ˜† .

On travel

I had already had a few trips planned for the first a few months of the year at the time. Never would I have imagined that the year end trip, the three weekend trips to Venice, Valencia, and Madrid in January and February, and my Southeast Asia trip in March would constitute as the majority of my trips in 2020. After that, I only went on four more weekend trips: the Rheinfall, Lausanne, Vienna, and Porto for the rest of the year!

Hang Mua in Ninh Binh

This pandemic reminds me how I have taken travel for granted. This will certainly give me the appreciation for when the time comes where travel is easy again. Yeah, I guess you learn the value of something when you have (almost) lost it.

On work

But to me the impact of the pandemic goes beyond just being unable to travel, though. My work is in an industry that is deeply affected by the pandemic, so you could imagine the uncertainty, especially at the beginning of it, was really high.

That said, it did not make me worry or feel “afraid”, though, to be honest. I have always been very responsible with my personal finance so money wouldn’t have been an issue even in (*knock on wood*) the worst case scenario. My skills and competence are also transferable (across industries) thanks to my background, which should help a lot as well. So that’s like double insurance already, haha. Actually triple if you’d like to consider the Dutch social security system as well. But of course all these still didn’t make me “immune” from the effect of the uncertainty. I even updated my CV at one point, which isn’t a bad idea in general anyway.

Dam Square in the time of coronavirus

As we learned more about the pandemic throughout the months, it was then announced that I (and my role) was and would actually be safe, which I was (and am) thankful about as this announcement erased all the anxiety coming from the uncertainty. But this meant that many of my colleagues weren’t, because the reality is that the industry is that badly hit. And so while I was not directly impacted, it still felt hard.

This pandemic shifts the way I see my work, which I view from a different perspective now than I did at the beginning of this year; with a whole lot of more appreciation too. Even on something that we are sure is very stable, something so small that we can’t even see with our eyes could unexpectedly turn an entire industry upside down in the flick of a finger just like that.

***

Yeah, what a year 2020 has been. While I’m sure we all want 2021 to be much better, the reality is that the pandemic is still here and is not going to magically disappear on January 1st. But let’s hope everything will gradually recover throughout the year, and the experience of 2020 makes us all better people, in many aspects.

BAHASA INDONESIA

Karena tahun 2020 sudah hampir berakhir dan aku tidak memiliki rencana liburan kemana-mana untuk mengakhirinya, aku jadi merasa ingin berefleksi akan tahun ini. Yaa, sedikit-sedikit mirip seperti yang aku lakukan di sini setiap tahun ketika tahunnya sudah akan berakhir (Eh, sampai tahun 2018 saja sih karena tahun lalu aku malas, haha πŸ˜› ).

***

2020 di Hanoi

Aku yakin tidak ada dari kita yang bisa memprediksi tahun 2020 ini akan berlangsung sebagaimana yang kita sekarang tahu di awal tahun. Aku berada di Toronto, Kanada waktu itu untuk perjalanan akhir tahun 2019ku, sebuah perjalanan yang saat ini rasanya seperti berlangsung puluhan tahun yang lalu haha, dan jika aku ditanya waktu itu, aku akan menjawab 2020 akan mengikuti pola yang serupa dengan beberapa tahun belakangan: kehidupan yang stabil dengan banyak jalan-jalan di sepanjang tahun, haha πŸ˜† .

Tentang jalan-jalan

Waktu itu sudah ada beberapa perjalanan yang aku rencanakan untuk beberapa bulan ke depannya. Tidak terbayangkan olehku bahwa perjalanan akhir tahun itu, tiga perjalanan akhir pekan ke Venezia, Valencia, dan Madrid di bulan Januari dan Februari, dan perjalanan Asia Tenggaraku di bulan Maret akan menjadi mayoritas perjalanan-perjalananku di tahun 2020. Setelah itu, aku hanya pergi dalam empat perjalanan akhir pekan singkat saja: ke Rheinfall, Lausanne, Vienna, dan Porto sampai akhir tahun!

Hang Mua di Ninh Binh

Pandemi ini mengingatkanku bahwa sepertinya aku sudah take travelling for granted. Ini jelas memberikan apresiasi baru ketika waktunya tiba nanti dimana jalan-jalan kembali menjadi mudah dan bebas. Iya, aku rasa kita baru menyadari nilai dari sesuatu ketika kita (hampir) kehilangannya ya.

Tentang pekerjaan

Namun efek dari pandemi ini lebih daripada sekedar nggak bisa jalan-jalan saja untukku, sayangnya. Aku bekerja di industri yang sangat terimbas negatif oleh pandemi ini. Jadi bisa dibayangkan ya bagaimana ketidak-pastiannya, terutama di masa-masa awal pandemi, yang begitu tinggi.

Tapi ini tidak membuatku sampai merasa “takut” dan khawatir sih, sejujurnya. Sudah dari semenjak dulu banget aku selalu sangat bertanggung-jawab dengan manajemen keuangan personalku sehingga uang tidak akan menjadi masalah termasuk (amit-amit) di situasi skenario terburuk. Kemampuan dan kompetensiku juga transferable (lintas industri) berkat latar belakangku yang mana jelas sangat membantu juga. Jadi ini sudah seperti asuransi dobel kan ya. Eh bisa juga tripel sih kalau sistem jaminan sosialnya Belanda turut diperhitungkan, haha. Tapi tentu saja bukan berarti ini semua membuatku “kebal” dari ketidak-pastian yang diekspos oleh pandemi ini kan. Di satu waktu aku sampai merasa perlu untuk meng-update CV-ku juga, yang mana bagus dan nggak ada salahnya juga sih sebenarnya.

Dam Square ketika coronavirus melanda

Seiring berjalannya waktu dan realita pandeminya yang semakin lebih terbaca, kemudian diumumkan oleh kantor bahwa ternyata aku (dan posisi pekerjaanku) aman dan tidak akan terimbas, yang mana aku sangat bersyukur sekali karena ini benar-benar menghapus rasa tidak enak dari ketidak-pastiannya. Tapi ini berarti banyak dari kolegaku yang tidak aman dan harus kehilangan pekerjaannya, karena ya kenyataannya kan memang industrinya terimbas keras banget gitu ya. Jadi walaupun aku tidak terimbas langsung, tetap saja rasanya berat gitu.

Pandemi ini juga menggeser bagaimana aku memandang pekerjaanku, yang kini aku lihat dari perspektif yang berbeda daripada awal tahun ini; dengan lebih banyak apresiasi. Bahkan suatu hal yang kita yakin banget akan kestabilannya, bisa-bisa aja loh tidak disangka-sangka sesuatu yang kecil yang kasat mata mengobrak-abrik dan membalikkan satu industri dalam waktu singkat dengan begitu saja.

***

Iya, benar-benar gila ya 2020 ini. Walaupun aku yakin kita semua berkeinginan 2021 menjadi tahun yang lebih baik, realitanya adalah pandeminya masih berlangsung dan tidak akan hilang begitu saja di tanggal 1 Januari. Tapi mudah-mudahan semuanya akan pulih secara gradual di sepanjang tahun depan ya. Dan pengalaman tahun 2020 akan membuat kita semua menjadi manusia yang lebih baik di berbagai aspek.

4 Comments Add yours

  1. Christa says:

    Semoga lebih baik lagi di tahun 2021 ya Ko!

    1. zilko says:

      Iya semoga 2021 ini lebih positif ya Christa πŸ˜€

  2. niee says:

    walaupun banyak yang bersyukur karena diberi kesehatan selama masa pandemi, tapi aku tetep sedih banget untuk tahun 2020 ini. Apa ya, emosi naik turun banget menurut aku. 2021 pandemi bakalan terus ada tapi aku berdoa banget membaik seh, paling gak anak bisa masuk sekolah deh.

    tapi btw, selamat tahun baru ya ko πŸ™‚

    1. zilko says:

      Iya Niee, kalau bersyukur sih ya tentu ada ya yang masih bisa kita syukuri. Tapi ya itu tidak lantas berarti 2020 adalah tahun “biasa” atau tahun yang “baik” kan ya, hahaha. Iya Niee, mudah-mudahan 2021 ini membaik banget yah!

      Selamat tahun baru juga Niee!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s