#2414 – The “New Normal” Reality

ENGLISH

I have mentioned a little bit earlier that the “new normal” WTF setup, aside from all the plus-es, does come with other “new” costs. The most obvious one is utility, where naturally my electricity and water consumption increases significantly. For instance, my July 2020 electricity bill indicated that I consumed almost 60% more than July 2019! Though to be fair, I spent the last week of July last year in Indonesia which partly contributed to this contrast certainly, haha.

While the WFH setup is certainly “bad” for my monthly utility costs, it is actually beneficial for my other expenses post, such as transportation. On this front, I am lucky with the timing of the pandemic. This pandemic started at around the end of my annual subscription (abonnement) for public transport in Amsterdam. Now that I no longer have to commute, obviously I decided not to extend the subscription, as it is more beneficial to just pay per ride that I take.

Speaking of not having to commute, I would say this is one of the bigger advantage of WFH setup, though. As this means I get at least an “extra” hour everyday from not having to do so! Time so flexible that I could use for anything I think best!

Anyway, but with WFH, my grocery expenses also increased, significantly, haha. Now that I don’t have lunch at the office anymore, obviously I’d need to make my own lunch. But not only that, the consumption rate of other stuffs (like dish soap, (cleaning) napkins, etc) also increases. This means more frequent trips to the supermarket, which means more frequent exposure to the “temptation” of snacks or other little things, haha 😛 .

Speaking of grocery, it becomes a challenge to vary my cooking now that I have to do it more frequently. Sure sometimes I feel motivated enough to experiment in the kitchen; but to be honest, with my working life now this motivation comes much more rarely than when I still was at the university years ago, haha. It’s part of adulting, I guess? Haha 😆 . And as a result, sometimes when I don’t feel like cooking, I just order something for delivery from some restaurants here, which is also quite convenient, haha 😛 .

***

So yeah, I do think the “new normal” is more than just a label. It does bring some implications to how we live, meaning we need to make adjustments here and there to make it “works”.

A Dominos’ cheesy crust pizza I ordered the other day

BAHASA INDONESIA

Sudah sempat aku singgung sedikit beberapa waktu yang lalu tentang “new normal” dari setup WFH dimana, di samping sisi-sisi positifnya, situasi ini juga memunculkan biaya-biaya “baru” lainnya. Yang paling jelas adalah utility, dimana konsumsi listrik dan airku naik signifikan. Misalnya saja, tagihan listrik bulan Juli 2020ku menunjukkan bahwa konsumsi listrikku lebih tinggi 60% dibandingkan Juli 2019! Walaupun agar perbandingannya lebih adil, satu minggu terakhir bulan Juli tahun lalu aku habiskan di Indonesia sih yang mana ini jelas berkontribusi ke sebagian dari kekontrasan di atas kan ya, haha

Eh tapi walau WFH ini “buruk” untuk tagihan utility bulananku, setup ini justru menguntungkan bagi pos pengeluaran lainnya, misalnya transportasi. Dan di sisi ini, aku cukup beruntung dengan timing pandemi ini. Awal pandemi ini adalah kurang lebih bertepatan dengan akhir dari masa periode abonemen tahunanku untuk transportasi umum di Amsterdam. Ya karena sekarang aku tidak harus commute setiap hari lagi, jelas abonemennya tidak aku perpanjang lah ya. Dengan situasi sekarang, lebih menguntungkan kalau aku membayar ongkosnya setiap kali jalan.

Ngomongin tidak harus commute, bagiku ini salah satu keuntungan terbesar dari setup WFH sih. Ini berarti setiap hari setidaknya aku mendapatkan satu jam “ekstra” dari waktuku yang tidak harus aku habiskan di kendaraan umum lagi! Waktu yang sangat amat fleksibel yang bisa aku gunakan untuk apa pun yang aku rasa terbaik!

Ngomong-ngomong, tapi dengan WFH, pengeluaran belanja grocery-ku juga jadi naik signifikan sih, haha. Karena sekarang aku tidak makan siang di kantor lagi, jadilah aku harus masak sendiri. Tapi bukan hanya itu, otomatis laju konsumsi barang-barang lainnya (misalnya sabun cuci piring, lap (untuk bersih-bersih), dll) jadi naik juga kan ya. Ini artinya aku jadi harus lebih sering pergi ke supermarket, yang mana artinya frekuensiku menghadapi “godaan” untuk sekalian membeli snack atau barang-barang printilan kecil lainnya juga jadi naik, haha 😛 .

Ngomongin grocery, jadi ada tantangan baru sih untuk mengganti-ganti varietas masakanku agar aku tidak bosan. Iya terkadang aku merasa cukup termotivasi untuk bereksperimen di dapur; tapi sejujurnya nih, dengan rutinitas kerjaku sekarang motivasi ini jadi lebih jarang datang deh dibandingkan dulu ketika aku masih di universitas, haha. Mungkin ini sepaket dengan proses adulting ya? Haha 😆 . Dan sebagai akibatnya, terkadang ketika aku sedang malas masak, aku memesan delivery dari beberapa restoran di sini aja sih, yang mana praktis juga, haha 😛 .

***

Jadi ya gitu deh, menurutku “new normal” ini lebih dari sekedar label atau istilah saja. Ada implikasi-implikasi langsung di kehidupan kita, yang suka atau tidak suka akan memaksa kita untuk menyesuaikan diri di sana-sini agar semuanya berjalan “lancar”.

8 Comments Add yours

  1. pinkuonna says:

    Sama, di aku pengeluaran untuk transportasi berkurang, tapi pengeluaran untuk belanja jadi lebih banyal Karena selama WFH ini, setiap ngelihat acara makan atau ada yang jual makanan di medsos, aku malah tertantang untuk bikin sendiri 😀

    1. zilko says:

      Iyaa, pengeluaran berkurang di satu pos tapi naik banyak di pos lain ya, hahaha. Dan iya banget! Dan yang masalah buatku kalau belanja adalah pas belanja kadang tergoda untuk sekalian beli ini-itu yang sebenarnya nggak terlalu penting, hahaha 😆

      1. pinkuonna says:

        Ha..ha…sama banget itu 😀

  2. Arman says:

    gua malah sebel sama kartu kereta/bus kita karena kita baru aja ngisi $100 beberapa hari sebelum covid! yang ada sekarang gak kepake. dan gak tau kapan kita bakal bisa merasa aman lagi buat naik kereta/bus kan… sebel banget jadinya 😛

    1. zilko says:

      Wah, sial banget ya sama timing-nya! Tapi at least $100nya gak hangus kan, seenggaknya masih bisa dipake nanti (walau belum tau kapan, hahaha 😆 ).

  3. niee says:

    Aduh, aku gak pernah WFH seh. Jadi pengen 😛

    1. zilko says:

      Hahaha, plus minus sih Niee WFH ini sebenarnya 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s