#2383 – WFH Stories

on

ENGLISH

Because of the ongoing COVID-19 pandemic, this week is my fourth consecutive week of working from home. Last week the Dutch government extended the restriction period, which originally was placed until yesterday, by another three weeks. So this means that, at the very least, I will have to work from home for another three weeks. Though Mark Rutte, the Dutch prime minister, mentioned that the likelihood of further extension was high.

And the past three weeks have not been bad, to be honest, working-wise. I have actually been more productive than I thought I would be, which of course is great! I think it all comes down to me adapting to this new, temporary, situation. I have developed a new “workday routine” to make it work, which basically is a general “schedule” of my regular working hours. I also wear clothes which I normally wear at the office, to give me the indirect reminder that “This is work time“. The “extra hour” that I get everyday for not having to commute also helps. And in the end, a big part of it comes from the great infrastructure that my office has to support WFH, related to my work.

The downside of this is that, if I am not mindful enough, it is very easy to get trapped in a “sedentary” routine because most of my activities are, now, centered around my apartment. And I have learned first hand that “sedentary” lifestyle is not good for me. And this is even trickier with my gym and tennis club being closed by the restriction.

So as part of my routine, I also make up some time for an exercise on most days (well, I give myself rest on some days too, haha), which lately I have used for some jogging around my neighborhood. I am mixing and matching different routes every time to not make it boring. Thankfully the weather has been really good for this too. In fact, the start of Spring in the Netherlands this year has been the sunniest since 1933. Oh the irony, isn’t it? When we finally have a good year weather-wise, we cannot really go out. Damn you coronavirus! Haha πŸ˜†

So yeah, all in all, life isn’t all bad. But I do hope this pandemic shall pass soon. So let’s all do our best in our actions so that will become a reality!

BAHASA INDONESIA

Karena pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung saat ini, minggu ini aku memasuki minggu keempat dimana aku harus bekerja dari rumah (working from home). Minggu lalu pemerintah Belanda mengumumkan perpanjangan masa restriksi ini, dari yang awalnya dijadwalkan berlangsung sampai kemarin, selama tiga minggu. Ini berarti, setidaknya, aku harus bekerja di rumah selama tiga minggu lagi. Tetapi Mark Rutte, perdana menterinya Belanda, juga menekankan bahwa kemungkinan restriksi ini akan diperpanjang lagi juga besar.

Tapi tiga minggu belakangan ini ternyata baik-baik saja sih, sejujurnya, dalam hal kerjaan. Ternyata aku produktif loh, lebih produktif daripada yang aku kira dulu, yang mana tentu adalah hal yang baik ya! Aku kira ini semua kembali kepadaku yang beradaptasi dengan situasi baru dan sementara ini. “Rutinitas hari kerja” baru terbentuk, yang mana pada dasarnya adalah “jadwal umum” jam kerja regulerku, haha. Aku juga mengenakan pakaian sebagaimana biasanya jika ngantor, untuk menyeting pikiran agar ingat bahwa “Sekarang ini waktunya untuk bekerja“. Satu jam “ekstra” yang aku dapatkan setiap hari karena tidak harus nglaju juga membantu banget. Dan pada akhirnya, semua ini bisa jalan berkat infrastruktur kantorku yang menurutku oke untuk mendukung kondisi WFH ini juga, berkaitan dengan pekerjaanku.

Sisi tidak enak dari adalah, jika aku tidak awas, sangat mudah untuk terjebak dalam rutinitas “sedentary” karena sebagian besar aktivitasku, sekarang, berkisar hanya di sekitaran apartemenku saja. Dan aku sudah merasakan sendiri bahwa gaya hidup “sedentary” ini tidak baik untukku. Situasi juga lebih rumit karena gym dan klub tenisku juga harus ditutup karena restriksinya.

Makanya sebagai bagian dari rutinitasku, aku juga meluangkan waktu untuk sering berolahraga (Tentu saja di beberapa hari aku juga beristirahat, haha), yang mana akhir-akhir ini seringnya aku jogging di area sekitar tempatku tinggal. Rutenya aku campur-campur dan ganti-ganti setiap hari agar tidak bosan. Beruntung pula cuaca akhir-akhir mendukung banget untuk ini. Malahan ya, permulaan musim semi di Belanda kali ini adalah yang paling cerah semenjak tahun 1933 dong. Ironis banget kan? Ketika akhirnya cuacanya bagus di negeri ini, eh kita tidak bisa banyak beraktivitas di luar. Ngeselin banget nih virus koronanya! Haha πŸ˜†

Jadi ya gitu deh, secara umum kehidupan di sini tidak buruk sih. Biarpun begitu, aku tetap berharap pandemi ini agar cepat berlalu. Jadi mari kita semua semaksimal mungkin mematuhi dan berpartisipasi aktif untuk membuat ini menjadi kenyataan!

5 Comments Add yours

  1. fahrizinfa says:

    I hope this pandemic is end soon too kak Zilko. Aku juga sudah wfh selama tiga minggu terkahir ini kalau bisa dibilang memang bisa lebih produktif yaa karena waktu nya bisa lebih banyak. Mungkin aku akan coba juga untuk pakai baju kantor deh ya supaya vibe nya lebih serius. Soalnya aku wfh masih pakai baju rumah, dan ini kadang bikin aku merasa mager XD

    1. zilko says:

      Iyaa, kalau aku sendiri kalau pakai baju rumah berasanya ya kayak di rumah aja gitu. Tapi begitu salin ke baju kantor, “vibe”-nya jadi berbeda dan membantu untuk produktif πŸ˜€

  2. niee says:

    Mungkin karena korona jadi cuacanya bagus ko, hahahaha.

    tapi bener, aku juga berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa beraktifitas seperti biasa lagi.

    1. zilko says:

      Iya Niee, ngeselin banget ya, hahaha πŸ˜† . Iyaa, semoga segera berlalu dan tuntas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s