#2381 – 2020 Southeast Asia Spring Trip (The Destinations)

ENGLISH

As I mentioned earlier, I went Indonesia in early March this year. This trip wasn’t a typical “vacation” trip because I had a personal agenda on this trip, which was my dad’s one-year memorial. Though, of course because I would be in Indonesia anyway, I decided to also add a few other destinations in, haha 😛 .

Vietnam Airlines’ Airbus A350-900 reverse herringbone business class

I found a good open-jaw return business class ticket deal, to Jakarta with KLM in the outbound and from Hanoi with Vietnam Airlines (via Paris) in the inbound; which I decided to take! Haha 😆 . This automatically made Vietnam as one destination to visit, which I didn’t mind as I had never been to Vietnam anyway and especially the famous Halong Bay was near Hanoi!

Even though eventually I could not go to Halong Bay and went to Ninh Binh instead.

Obviously then I would need to make my way from Indonesia to Hanoi. For this, I decided to make a stop in Singapore because … of Jewel! Haha 😆 . So Jewel was only opened about a week after my short trip to Singapore last year, which timing kind of annoyed me! Lol 😆 .

***

A little bit uncharacteristically, though, I only publish this post now, that is after the trip rather than prior to its start. This is not without reason. Unless you are living under the rock, you must be familiar with the COVID-19 epidemic, which was only recognized as a global pandemic during the trip. And to be honest, this threw a big uncertainty into this trip, which I already planned since around September 2019.

Prior to the trip, COVID-19 was (still) mostly affecting Asia and, to a smaller degree, a region in Northern Italy. So back then the situation was still not nearly as bad as it is now. And so I did not want to cancel the entire trip because of my dad’s ‘event’ which, to me personally, made this trip necessary. But the other parts of the trip were, of course, “negotiable”.

Tugu Jogja

In early February, I actually toyed with the idea of ditching Singapore out; and even another idea that was to ditch both Singapore and Vietnam. Obviously I decided to not panic and “rush” in my decision-making process. I asked people around, as it also happened that I knew some people who were travelling to both Singapore and Vietnam in January and February. And in the end, as you know, I decided to stick with my original plan (Though of course with this I also prepared myself by bringing some hand sanitizers and masks with me, haha 😀 ).

Finally I made it to Singapore’s Jewel

So yeah, it has been more than a couple of weeks that I am back in Europe now! 😀 I can say that I was fortunate with the timing aspect on this trip as I could go back to Europe without much problems with my original itinerary. Only in my Singapore to Hanoi flight where I got to face some drama due to the combination of a cancelled flight and a bad delay due to the plane went technical.

BAHASA INDONESIA

Seperti yang sempat aku singgung sebelumnya, aku pergi ke Indonesia di awal Maret tahun ini. Perjalanan ini bukanlah sekedar perjalanan “liburan” sebagaimana biasanya karena ada agenda personal bagiku di dalamnya, yaitu acara satu tahunan meninggalnya papaku. Tapi ya karena memang toh aku akan berada di Indonesia, sekalian lah ya beberapa tujuan lain aku masukkan juga, haha 😛 .

Kelas bisnis dengan kursi reverse herringbone di pesawat Airbus A350-900nya Vietnam Airlines

Aku menemukan promo tiket pp di kelas bisnis, yaitu ke Jakarta dengan KLM di perjalanan keberangkatan dan dari Hanoi dengan Vietnam Airlines (via Paris) di perjalanan kepulangan; yang mana akhirnya aku putuskan untuk aku beli! Haha 😆 . Jelas otomatis ini memasukkan Vietnam sebagai satu destinasiku kali ini, yang mana aku tidak berkeberatan sama sekali karena toh aku juga belum pernah ke Vietnam sebelumnya. Ditambah lagi Halong Bay yang terkenal membahana itu kan berlokasi tidak jauh dari Hanoi ya!

Tapi pada akhirnya aku harus batal pergi ke Halong Bay dan menggantinya dengan Ninh Binh

Tentu kemudian aku harus memikirkan bagaimana pergi dari Indonesia ke Hanoinya. Untuk ini, aku memutuskan untuk mampir dulu di Singapura karena … Jewel! Haha 😆 . Jadi ceritanya Jewel ini baru dibuka kira-kira semingguan setelah perjalanan singkatku ke Singapura tahun lalu, yang mana timing-nya ngeselin banget kan! Haha 😆

***

Agak tidak seperti biasanya, posting ini baru aku publikasikan saat ini, yaitu setelah aku pulang dan bukannya sebelum berangkat. Ini ada alasannya. Aku yakin pasti pada tahu tentang masalah epidemi COVID-19, yang mana statusnya baru dinaikkan menjadi pandemi global di tengah-tengah perjalananku. Dan sejujurnya, epidemi ini memunculkan ketidak-pastian besar ke dalam perjalananku kali ini, yang mana sudah aku rencanakan semenjak kira-kira September 2019.

Sebelum perjalananannya, COVID-19 masih parah terutama di kawasan Asia dan, sedikit banyak, satu regio di Italia Utara. Waktu itu situasinya masih sama sekali belum separah saat ini. Makanya waktu itu aku merasa tidak ingin membatalkan keseluruhan perjalanan ini karena ‘acara’ papaku yang, bagiku pribadi, membuat perjalanan ini terasa penting. Tapi bagian-bagian dari perjalanan lainnya, tentu, “bisa ditawar”.

Tugu Jogja

Di awal Februari, aku sempat cukup mempertimbangkan ide untuk membatalkan rencanaku ke Singapura; bahkan aku juga sempat terpikir ide kedua untuk membatalkan Singapura dan Vietnam sekalian. Tapi jelas aku memutuskan untuk tidak panik dan “terburu-buru” dalam membuat keputusan. Aku bertanya ke orang-orang di sekitarku, yang mana kebetulan ada beberapa teman dan kenalanku yang travelling ke Singapura dan Vietnam di bulan Januari dan Februari. Dan pada akhirnya, seperti yang pada tahu, aku memutuskan untuk tetap mempertahankan rencana awalku (Tapi ya tentu aku mempersiapkan diri juga dengan membawa beberapa botol hand sanitizers dan masker bersamaku, haha 😀 ).

Akhirnya aku ke Jewel di Singapura juga!

Ya begitu deh, sekarang sih sudah dua minggu lebih aku sudah kembali di Eropa! 😀 Bisa dibilang aku cukup beruntung dengan timing di perjalanan ini karena aku bisa kembali ke Eropa dengan cukup lancar. Hanya di penerbangan dari Singapura ke Hanoi saja yang mana penuh drama karena kombinasi penerbangan yang dibatalkan dan delay parah karena pesawat yang rusak.

15 Comments Add yours

  1. pinkuonna says:

    Syukur rencana perjalanannya kemarin ga terganggu ya, Ko. .Februari sampai awal Maret kemarin emang masih belum terlalu “heboh” soal covid ini, jadi masih banyak yang travel..stay safe, Ko 😊

    1. zilko says:

      Bener, bersyukur banget timing-nya ini kemarin masih pas, jadi nggak begitu terganggu dengan hebohnya covid-19. Stay safe juga di sana!

  2. niee says:

    Syukurnya perjalanannya lancar ya ko. Gak kena pembatalan pesawat2 gitu karena ada beberapa teman aku yang gak bisa pulang karena pembatalan pas liburan. Tapi pasti menyenangkan bisa masih liburan di tahun 2020 ini, hahahaha

    1. zilko says:

      Iya, timing-nya beruntung banget Niee jadi nggak begitu parah dampaknya waktu itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s