#2364 – January Blues

on

ENGLISH

I think the best feeling to describe January thus far has been, as in the title, “blue”. I think it has a lot to do with the Dutch weather too, where it has been mostly cloudy thus far. Perhaps my decision to go to Canada for my year-end trip also played a role because the weather was pretty much the same there. So to myself, it feels like it has been months since I last had series of days with great, cheerful weather!

On this, I just recently learned of the concept of Blue Monday, which usually is the third Monday of January and is claimed as the most “depressing” day of the year. I get the concept, though. I mean, usually the weather isn’t any better in December, but at least we have Christmas and New Year to look forward too. Now? Nothing, haha.

Having said that, I think this is not only about the weather. At work, January is basically also the “performance review” month where an employee gets his/her last cycle and annual performance score. Well, the actual review has already been completed prior to Christmas but the result is only communicated in January. Especially that since last year we moved from quarterly (4x a year) to biannual (2x a year) cycle, this perhaps made this January’s performance month felt way more “intense” than usual.

On this, I did well last year, a lot of improvements definitely from before, thus indicating my professional growth and getting more experience. Though, of course, there were a few things which I found surprising (good or bad, haha).

So yeah anyway, I couldn’t wait for the weather to improve. Though the problem is that we are still in January and usually February isn’t that much better weather-wise, haha. I’d need to wait for Spring for that…

BAHASA INDONESIA

Aku kira perasaan yang paling pas untuk mendeskripsikan Januari ini adalah, seperti di judul, “blue” (murung/muram). Ini banyak kaitannya dengan cuaca di Belanda sih, yang mana sepanjang bulan ini hampir selalu mendung dan gloomy terus. Mungkin juga keputusanku untuk pergi ke Kanada untuk perjalanan akhir-tahunku turut berpartisipasi dalam hal ini juga karena cuaca di sana juga kurang lebih kayak begini lah. Jadi bagiku, rasanya sudah berbulan-bulan semenjak aku mendapati hari-hari dengan cuaca yang oke dan ceria!

Ngomongin ini, baru-baru ini aku membaca sebuah konsep yang bernama Blue Monday, yang mana biasanya adalah hari Senin ketiga di bulan Januari dan banyak diklaim sebagai hari paling “depressing” dalam satu tahun. Aku lumayan memahami konsep di belakangnya sih. Maksudku, biasanya kan cuaca di bulan Desember juga begini-begini juga ya, tapi seenggaknya kalau bulan Desember kan ada Natal dan Tahun Baru yang akan datang. Nah kalau sekarang? Kan tidak ada apa-apa, haha.

Walaupun begitu, aku rasa ini bukan hanya sekedar karena cuaca sih. Di kantor, Januari juga adalah bulan “penilaian performa” dimana karyawan mendapatkan nilai performa dari cycle/siklus terakhirnya sekaligus nilai performa tahunannya. Penilaiannya sebenarnya sudah beres dari semenjak sebelum Natal sih tapi hasilnya baru dikomunikasikan di bulan Januari. Nah kebetulan pula tahun lalu kantorku mengubah siklus performa dari setiap kuarter (4x setahun) ke setiap semester (2x setahun), yang juga membuat bulan penilaian performa Januari ini menjadi terasa lebih “intens” daripada biasanya.

Untuk hal ini, tahun lalu performaku baik sih, banyak kemajuan dibandingkan sebelumnya, yang mana mengindikasikan perkembangan diriku secara profesional dan juga pengalaman-pengalaman baru yang aku dapatkan. Walaupun, jelas, ada beberapa hal kecil yang cukup mengagetkanku juga (baik atau pun buruk, haha).

Jadi, ya, aku nggak sabar nih untuk mendapatkan cuaca yang lebih menyenangkan. Tapi masalahnya sekarang kan masih Januari ya dan biasanya Februari juga begini-begini juga cuacanya. Aku masih harus menunggu musim semi sepertinya sebelum mendapatkan apa yang aku inginkan…

5 Comments Add yours

  1. Yance says:

    naek gaji dong Januari ini ko? hahaha….semoga Januari Blues nya cepet berlalu dan bisa mendapatkan apa yang diharapkan…masih ada bulan Februari, ada Valentine Day…hehehe

    1. zilko says:

      Huaa belum nih soalnya kantor baru penyesuaian gaji baru Maret nanti biasanya, hahaha. Tapi per Januari ini besaran pajak penghasilan di Belanda turun dikit sih jadi ya terima netonya terasa naik sedikit juga, hahaha 😆 . Iyaa mudah-mudahan suasananya lebih enak ya setelah ini 😀

  2. nyonyasepatu says:

    sampe ada istilah blue monday ya Zi. Mugnkin abis liburan panjang trus masuk kantor lagi h

    1. zilko says:

      Iya Non sampe ada istilahnya juga. Betul banget, itu pertimbangannya adalah karena habis liburan panjang, masuk kantor, trus gemes sama diri sendiri dengan resolusi yang sudah kandas, cuaca kurang oke pula, hahaha 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s