#2318 – A Weekend in Vienna

ENGLISH

So as my Instagram (@azilko) followers know, this past weekend I was … in Vienna for a weekend trip! Yep, in less than a week after the end of my short summer trip to Indonesia, I already hit the road (air?) again for another trip! Haha 🙈.

Vienna

But to be fair, ideally I wouldn’t want to plan like this. I already booked the tickets for this weekend trip many months in advance, before finalizing my summer trip to Indonesia. Ideally I would have liked to shift my summer trip to Indonesia to one week earlier, but this wouldn’t work schedule-wise. So I had to settle with this alternative, which technically still worked but of course put quite a toll on myself, haha 😛 .

Anyway, one reason why I already made the booking way in advance was because I found a reasonably-priced return ticket with very interesting routing, as follows:

where the Lyon – Vienna leg would be operated by Austrian Airlines with their Embraer ERJ195 (The two flights with Amsterdam at one end would be operated with KLM’s Boeing 737-800). I have flown Austrian Airlines’ ERJ195 once before indeed; but it was nonetheless still feel “thrilling” to, for once, fly outside of my “main” airline alliance. Plus, this ticket was Air France’s so my Austrian flight was, on paper, still a SkyTeam flight 😛 .

My flight was with this Austrian Airlines’ Embraer 195 reg OE-LWH in Star Alliance Livery!

And I was quite lucky too as on my day of travel, Austrian deployed OE-LWH for my flight. OE-LWH was Austrian’s Embraer ERJ195 in special Star Alliance livery! Yeay! 😀 But my luck did not end here. The routing the flight took to go from Lyon to Vienna allowed us to basically have a scenic view of Mont Blanc! The view was magnificent! It was the most beautiful view of The Alps from a flight which I have ever had!

Le Mont Blanc!

Vienna was very pretty; but of course I already knew this as I had been there three times already before this trip, haha. And it was a “real” summer weekend too, where the weather was sunny and really hot when I was there. At one point it even hit 33°C! But thankfully it was not “that” bad as Vienna was in Central Europe where it was not that humid. So to me 33°C was still bearable. As a result, too, it was also super crowded especially on the main tourist attractions. But at least it wasn’t as “bad” as how overcrowded it was in Prague, though.

Touristy, hot Stephansplatz in Vienna

I decided to walk around quite a lot on this trip, despite the heat indeed, haha. And here I realized that Vienna turned out to have several parks around the city, which was quite nice. The parks were mostly not that big, but it was okay. At one point too, I got the chance to go back to the Hundertwasser House. I already visited the site in 2011 so this time I just stayed outside and took some selfies, huahaha 😛 .

Back at the Hundertwasser house

Overall it was a very nice weekend trip in Vienna, which I was happy about; even though of course in the end I felt tired! Haha 😛 . But I still felt fortunate though because, apparently, the weather in Amsterdam was very bad that weekend! So glad that I had this trip that made me miss that! 😛

BAHASA INDONESIA

Seperti yang followers Instagram-ku (@azilko) ketahui, weekend kemarin ini aku … pergi ke Vienna untuk sebuah perjalanan akhir pekan! Iya, kurang dari satu minggu setelah akhir dari perjalanan singkat musim panasku ke Indonesia, aku sudah jalan lagi dong ya! Haha 🙈.

Vienna

Tapi ngomong sejujurnya sih, idealnya aku juga maunya rencananya tidak seperti ini. Ceritanya tiket untuk perjalanan akhir pekan ini sudah kupesan dari berbulan-bulan yang lalu, sebelum aku memfinalisasi perjalananku ke Indonesia itu. Idealnya perjalanan ke Indonesianya seharusnya kumajukan satu minggu deh, tapi sayangnya secara jadwal ini tidak memungkinkan. Jadilah aku mau tidak mau harus mengambil alternatif ini. Secara teknis masih memungkinkan sih, tapi ya jelas memang artinya ini akan memaksakan badanku juga, haha 😛 .

Anyway, satu alasan tiketnya sudah kupesan dulu-dulu adalah karena aku menemukan tiket pp yang harganya masuk akal dengan rute yang menarik, kayak gini:

dimana rute Lyon – Vienna-nya dioperasikan oleh Austrian Airlines dengan pesawat Embraer ERJ195 (Dua penerbangan lainnya yang menghubungkan Amsterdam dioperasikan KLM dengan Boeing 737-800). Aku sudah pernah terbang satu kali dengan ERJ195nya Austria Airlines sebelumnya; tapi tetap aja “seru” kan ya, sekali-sekali, terbang di luar aliansi maskapai “utama”-ku. Ditambah lagi, tiketnya kan kubeli dari Air France ya jadi di atas kertas, penerbangan Austrian ini adalah penerbangan SkyTeam 😛 .

Penerbanganku adalah dengan Embraer 195nya Austrian Airlines rego OE-LWH dengan livery Star Alliance!

Dan aku cukup beruntung lho karena di hari penerbanganku, Austrian menurunkan OE-LWH untuk penerbanganku. OE-LWH ini adalah Embraer 195nya Austrian yang bercat spesial Star Alliance! Hore! 😀 Dan keberuntunganku pun tidak berhenti di situ. Rute yang diambil penerbangannya dari Lyon ke Vienna adalah rute yang pemandangannya super keren banget, dimana aku bisa melihat Mont Blanc dari dekat! Pemandangannya sungguh keren abis deh! Ini adalah pemandangan paling indah dari Pegunungan Alpen yang pernah aku lihat dari suatu penerbangan!

Le Mont Blanc!

Vienna sendiri adalah kota yang cantik; dan aku sudah tahu ini sih karena sudah pernah kesana tiga kali sebelumnya, haha. Dan kali ini adalah akhir pekan musim panas “beneran” dimana cuacanya cerah dan panas loh. Di satu waktu bahkan suhu udaranya mencapai 33°C! Tapi untungnya ini nggak parah-parah banget sih karena Vienna berada di Eropa Tengah dimana udaranya tidak begitu lembab. Jadi untukku 33°C di sana masih bisa ditahan-tahankan lah. Sebagai akibatnya sih, Viennanya ramai banget loh, terutama di area-area utama untuk turis, haha. Tapi setidaknya nggak parah-parah banget sih seperti ke-overcrowded-an di Prague.

Stephansplatz yang panas dan turistik sekali di Vienna

Aku memutuskan untuk banyak berjalan-kaki berkeliling kota kali ini, walaupun cuacanya panas, haha. Dan di sini aku baru sadar bahwa ternyata Vienna memiliki cukup banyak taman kota ya, yang mana asyik loh ini. Taman-tamannya memang umumnya tidak berukuran besar, tapi ya sudah lumayan lah. Di satu waktu, aku bahkan sempat kembali ke Rumah Hundertwasser. Aku sudah pernah masuk ke dalamnya di tahun 2011 jadi kali ini mah cukup aku foto-foto dari luar aja dong ya, huahaha 😛 .

Kembali di Rumah Hundertwasser

Ya secara keseluruhan ini adalah perjalanan akhir pekan yang asyik di Vienna. Aku senang deh, walaupun pada akhirnya juga merasa capek! Haha 😛 . Tapi aku merasa beruntung karena, ternyata, cuaca di Amsterdam malah buruk dong akhir pekan kemarin ini! Lega deh perjalanan ini jadi membuatku tidak harus menghadapi cuaca buruk itu! 😛

Advertisements

5 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    Zi, kalau di Eropa gitu lbh untung jalan2 naik kereta apa pesawat sih? Penasaran deh

    1. zilko says:

      Tergantung rutenya kalau menurutku Non, hahaha. Ada beberapa destinasi yang enakan naik kereta; tapi banyak pula yang jauh lebih efisien kalau naik pesawat sih.

      1. niee says:

        jadi misalnya aku mau liburan di eropa selama 3 minggu gitu, enakan naik kereta atau naik pesawat ko?

        1. zilko says:

          Itu dia Niee, kembali lagi tergantung rutenya, hahaha. Ada rute-rute yang enak naik kereta (terutama kalau mau berhenti juga di kota-kota kecil), tapi ada rute-rute tertentu (apalagi yang jauh-jauh, misalnya dari/ke kota-kota utamanya doang (Paris-Roma, Amsterdam-Barcelona, Milan-Stockholm, dll, haha) yang lebih praktis naik pesawat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s