#2303 – Summer Has Struck

ENGLISH

Summer has struck the Netherlands. The summer solstice, the longest day of the year, was just about ten days ago, which means we have now entered my less favorite half of the year now, daylight-wise, haha. But more factually, earlier last week and this weekend, the Netherlands was struck with a heatwave.

The heatwave was not anywhere nearly as bad as the worst one last year. It was actually quite relatively comfortable outside as there was some wind too, which helped a lot. But considering we have basically just entered summer, I am crossing my fingers that it is not going to get any worse this year!

Yep, not a fan of hot weather here, especially in Europe, a continent where air conditioner is such a rarity because historically, summer has never been *that* hot. My apartment is one of the better one though where, while I don’t have air conditioner at home, it is designed to be “cooler” inside as it doesn’t trap as much heat as older buildings. Having said that, overall it is still more comfortable to sit in an air-conditioned room, like my office, haha 😛 .

Speaking of summer, so far I have been trying hard to remember to never open my apartment’s windows nowadays. For the obvious reason: summer bugs! Lol 😆 . Because I suppose one way to “solve” the summer bugs problem is by not allowing the bugs the enter my apartment in the first place! Haha 😛 .

So, did you experience this recent heatwave in Europe? How was your experience?

You know it is hot when even the geese are looking for shade.

BAHASA INDONESIA

Musim panas sudah menerjang Belanda. Summer solstice, hari terpanjang tahun ini, adalah sepuluh hari yang lalu, yang mana artinya kita sekarang sudah memasuki periode setengah tahun yang lebih kurang aku sukai dah, dalam hal banyaknya sinar matahari, haha. Lebih nyatanya, awal minggu lalu dan akhir pekan kemarin ini, Belanda diterjang gelombang panas.

Gelombang panasnya nggak separah tahun lalu sih. Sebenarnya di luar bisa dibilang relatif nyaman karena ada angin juga, yang mana sangat amat membantu. Tapi ya karena musim panas baru saja dimulai, mudah-mudahan ke depannya nggak bertambah parah ya tahun ini!

Iya, memang aku nggak suka cuaca panas, terutama di Eropa, benua dimana yang namanya AC adalah barang super langka karena menurut data sejarah, musim panas di sini seharusnya tidak sepanas *itu*. Apartemenku masih mendingan sih dimana, walaupun tanpa AC, bagian dalamnya didisain lebih “adem” karena bangunannya tidak memerangkap panas seperti bangunan-bangunan tua. Walaupun begitu, secara keseluruhan masih tetap lebih nayamn untuk duduk di dalam ruangan ber-AC sih, seperti di kantor, haha 😛 .

Ngomongin musim panas, sejauh ini aku berusaha untuk mengingat-ingat terus untuk tidak membuka jendela apartemenku. Alasannya jelas sih: serangga musim panas! Haha :lo: . Karena menurutku satu cara terbaik untuk “menyelesaikan” masalah serangga musim panas adalah dengan tidak memungkinkan serangga untuk bisa masuk ke dalam apartemen kan ya! Haha 😛 .

Nah, apakah ada yang mengalami gelombang panas yang menerjang Eropa belakangan ini juga? Bagaimanakah pengalamanmu?

Advertisements

6 Comments Add yours

  1. kutubuku says:

    Disini kmaren 32C. Yawla panasnya ga nguatin, untungnya panasnya kering, ga kek di Indonesia, jadi dirumah aja, korden ditutup, pasang kipas angin membantu banget. Sabtu kmaren cuman sampe 28, jadi bisa mantai, celup2 di laut sekalian.

    Keknya setelah ini udah panasnya berkurang deh 🙂

    1. zilko says:

      Iya, lumayan ya seenggaknya kalau panas nggak terlalu humid, hahaha. Iyaa, sejauh ini forecast ke depan okee! 😀

  2. nyonyasepatu says:

    Jadi jendela mesti ditutup trus ya Zi. Di sini jg karena takut masuk nyamuk hh

    1. zilko says:

      Iya banget Non! Kalau engga banyak serangga yang masuk. Kalau di sini yang nyebelin lalat sih, hahaha 😆

  3. niee says:

    Ko, kalau apartemen gitu gak boleh ya pasang AC sendiri semacam di Indonesia gitu. Soalnya kan lumayan tuh musim panasnya 3 bulan 😀

    1. zilko says:

      Nah aku kurang tahu Niee, tapi mungkin seenggaknya mesti nanya sama pengurus apartemennya kali ya. Soalnya kalau AC biasanya kan mesti pasang mesinnya yang di luar itu kan, hahaha. Justru itu Niee, biarpun on paper musim panasnya 3 bulan, panasnya mah cuma beberapa hari doang sebenarnya, hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s