#2302 – A Saturday at Roland Garros 2019

ENGLISH

I went to Paris earlier this month for my annual trip to this French capital for this year’s second grandslam tournament of the year, the French Open, or Roland Garros. And here is the story of this trip.

***

When I looked at this year’s calendar and matched it with the tournament schedule, I actually thought of either going to both final days (Saturday and Sunday; because the next Monday would be a public holiday, like my 2016 trip), or the weekend before that (during the third/fourth round stage of the tournament). But in the end I scratched that idea and went only for the Saturday final, as up to that day I had always found the women’s singles final of a grandslam to be generally more interesting than the men’s, on top of the Sunday ticket price to be much higher-priced, haha.

Anyway, it was as usual in the morning where I arrived at the gate at around 9:30 AM. The gate would open at 10 AM and, as usual, about ten minutes before that the security check started to open.

Back at Roland Garros this year!

This year’s edition of the tournament was interesting  venue-wise, because most of the expansion project had been completed. The most significant one was the opening of the Les Jardin des Serres area, which was a botanical garden next to Stade Roland Garros, which starting from this year housed Roland Garros’ newest show court, Court Simone Mathieu! And so obviously the first thing that I did was to go to this new part of the tournament to see how it looked like.

Les Jardin des Serres

And indeed it looked … very different from the rest of the venue! And it felt different too. It was obvious Les Jardin des Serres was a big garden, with a lot of plants and trees (with some beautiful buildings too). So it felt much “fresher” than the rest of the venue which, on the other hand, felt more “open” and “spacious”. And Court Simone Mathieu was very unique because … it was surrounded by four greenhouses! Very pretty!! 😀

Court Simone Mathieu

Anyway, I was quite lucky this year, just like in my 2015 trip, because one of the men’s singles semifinals match from Friday was not completed yet. And so I would get one extra match with my ticket, that was the resumption of this match. More importantly, it involved my “newest” favorite player in the ATP, Dominic Thiem, who was facing the current world no.1, Novak Djokovic. Thiem was leading the match 6–2, 3–6, 3–1 when they had to suspend the match on Friday.

New seats with padding at Court Philippe Chatrier

So after going around the venue a little bit, I went to my seat at Philippe Chatrier at around 11:30 AM, as the Djokovic-Thiem match would start at noon. And Court Philippe Chatrier felt … and looked … different! The seats were no longer green like how they were until last year. They were now more beige and actually had paddings! The seating area also looked different too! And these were all positive changes, btw, so I was a happy fan!

Back at Court Philippe Chatrier in 2019 which … looked different than before!

Both players entered the court at noon, and after a 5 minutes warm-up, they resumed the match. And without getting to too much details about it, it was such a GREAT match! Thiem started slowly (the “break” indeed gave an advantage to Djokovic) where he got broken, but in the end still got away with the third set 7–5. The fourth set went toe to toe, until in the end Djokovic edged it out 7–5. But Thiem quickly captured the pivotal momentum in the fifth set and led 4–1 when it started … raining 😅.

Dominic Thiem

As Court Philipe Chatrier had no roof (yet), the match got suspended and we all had to get off. It rained for at least half an hour. I used this time to buy some snack because there would be no way I could get a proper lunch. I mean, the match was too good to be missed! But unfortunately I wasn’t the only one thinking this way, as every single food booth had a really, really long line. More annoyingly, they didn’t stock the booths enough and, as a result, I had to “scavenge” whatever options that were left. Luckily I still got one piece of sandwich, which was the last one in the booth, haha 😛 .

Novak Djokovic vs Dominic Thiem

As the rain stopped, I went back to my seat. The court had, then, been prepared for the match to resume. Not long after, the match did resume and both players entered the court. Again, the “break” helped Djokovic by stopping Thiem’s momentum and the fifth set quickly went level again. But in the end, Thiem was able to edge it out and won the fifth set 7–5, thus winning the match 6–2, 3–6, 7–5, 5–7, 7–5 for his second consecutive Roland Garros final where he would face … Rafael Nadal!!

Dominic Thiem defeated Novak Djokovic at Roland Garros 2019

I was very, very happy and pumped up with this win! It felt like it had been years since I watched a match (live) where the player that I supported won! Haha 😛 . If I don’t forget anything else, the last time would be Wimbledon 2015 when Serena Williams clinched her second Serena Slam, haha.

***

The reason why I said the women’s final was, in general, more interesting than the men’s was because the women’s field was much more “open” these days, as in anyone could win! I mean, the men’s tour is still dominated by the same three guys, which has been going on for like 15 years! Lol 😆 .

Coupe Suzanne Lenglen in 2019

Having said that, this year’s Roland Garros had been taking this “openness” to the extreme, I felt. All big names and top (clay) players were already out by the end of the first week, leaving the tournament’s later stage field to feel … anti-climatic, to be honest. I mean, I am up with up and coming players breaking through, but I would like to see some top, established, players to still be in the mix as well, especially in such a big tournament like Roland Garros, haha.

The women’s singles final of Roland Garros 2019

To put in perspective, this year’s women’s final was between Ashleigh Barty and Marketa Vondrousova. Both were in their first grandslam finals, and both were having great 2019 actually. Barty was the eighth seed indeed, and won Miami earlier this year which was a big tournament. But I never associated her with clay. I knew Vondrousova had great potential, but this result felt like a shooting “outlier” in her case.

Marketa Vondrousova

And in the end, the match turned … anti-climatic indeed. Barty was playing superb while Vondrousova struggled to hold her ground. In the end, Barty won 6–1, 6–3 in just over an hour. Without a doubt, it was the most anti-climatic grandslam final that I had watched live. It especially felt “flat” after the amazing Djokovic-Thiem match that I had just watched before.

Ashleigh Barty won Roland Garros 2019

Oh well, but this is sport, I guess, anything can happen, including a lop-sided match! Haha.

Anyway I felt quite tired already and so I decided to skip the men’s doubles match, which was contested by two unseeded teams (This might play a part in why I wasn’t that interested in the match, haha). And so I decided to leave the venue just after the women’s singles match and trophy ceremony.

And this … concludes the story of my trip to Roland Garros in 2019! 😀

BAHASA INDONESIA

Aku pergi ke Paris awal bulan ini untuk perjalanan tahunanku ke ibukota Prancis ini dalam rangka menonton turnamen grandslam kedua tahun ini, French Open alias Roland Garros. Berikut ini ceritanya.

***

Ketika mempelajari kalender tahun ini dan mengepaskan jadwal turnamennya, awalnya terpikir olehku untuk membeli tiket kedua hari final (Sabtu dan Minggu; karena hari Seninnya adalah tanggal merah, jadi mirip lah seperti kunjungan tahun 2016ku), atau akhir pekan sebelumnya (ketika babak ketiga/keempat dari turnamennya). Tapi pada akhirnya ide ini tidak aku laksanakan dan aku hanya membeli tiket final di hari Sabtu saja, seperti biasa, karena hingga hari itu aku merasa secara umum babak final tunggal putri sebuah turnamen grandslam itu lebih menarik daripada tunggal putra. Apalagi harga tiket di hari Minggunya jauh lebih tinggi, haha.

Anyway, seperti biasa pagi itu aku tiba di gerbang masuk sekitar jam 9:30 pagi. Gerbangnya baru akan dibuka jam 10 pagi dan, seperti biasa, sekitar sepuluh menit sebelumnya pemeriksaan sekuriti mulai dilaksanakan.

Kembali di Roland Garros tahun ini!

Edisi turnamen tahun ini menarik dari sisi venue-nya, karena sebagian besar proyek ekspansinya sudah selesai. Yang paling signifikan adalah pembukaan area Les Jardin des Serres, sebuah taman botani yang berlokasi di sebelah Stade Roland Garros, yang mulai tahun ini menjadi tuan rumah show court terbarunya Roland Garros, Lapangan Simone Mathieu! Dan jelas hal pertama yang kulakukan setelah masuk adalah mengecek bagian baru dari turnamen ini, untuk melihat seperti apa sih.

Les Jardin des Serres

Dan ternyata memang nampak … berbeda sekali dari bagian lain venue-nya! Atmosfernya pun terasa berbeda. Jelas Les Jardin des Serres adalah sebuah taman yang besar, dengan banyak tanaman dan pepohonan (dengan bangunan-bangunan yang indah pula). Area ini terasa lebih “menyegarkan” daripada bagian lain venue-nya yang, di sisi lain, terasa lebih “terbuka” dan “lapang” sih. Dan Lapangan Simone Mathieu ini unik karena … lapangannya dikelilingi oleh empat rumah kaca loh! Cakep banget deh!! 😀

Lapangan Simone Mathieu

Anyway, aku cukup beruntung tahun ini, seperti di kunjungan tahun 2015ku, karena salah satu pertandingan semifinal tunggal putra di hari Jumatnya harus ditunda. Sebagai akibatnya aku jadi mendapatkan satu pertandingan ekstra deh dengan tiketku, yang mana merupakan kelanjutan dari pertandingan ini. Lebih asyiknya lagi, pertandingan ini melibatkan petenis favorit “terbaruku”, Dominic Thiem, yang sedang bertanding melawan petenis peringkat 1 dunia saat ini, Novak Djokovic. Thiem sedang dalam posisi unggul 6–2, 3–6, 3–1 ketika pertandingannya harus dihentikan di hari Jumat karena cuaca buruk. 

Kursi baru dengan bantalan di Lapangan Philippe Chatrier

Jadilah setelah berkeliling, aku masuk ke Lapangan Philippe Chatrier sekitar jam 11:30an, karena pertandingan Djokovic-Thiem akan dimulai tepat jam 12 siang. Dan Lapangan Philippe Chatrier terasa … dan nampak … berbeda lho! Kursinya tidak lagi berwarna hijau sebagaimana biasanya sampai setahun yang lalu. Sekarang ini warnanya lebih beige dan bahkan ada bantalan duduknya juga! Area penyusunan kursinya pun nampak berbeda! Semua ini perubahan yang positif sih, sehingga aku menjadi fans yang puas!

Kembali di Lapangan Philippe Chatrier di tahun 2019 yang … nampak berbeda dari sebelumnya!

Kedua pemain memasuki lapangan tepat jam 12 siang dan, setelah pemanasan selama 5 menit, mereka melanjutkan pertandingannya. Tanpa menceritakan terlalu mendetail di sini, pertandingan ini menjadi sebuah pertandingan yang SERU BANGET! Thiem memulai pertandingan dengan lambat (“istirahat”-nya memang memberikan keuntungan bagi Djokovic) dimana servisnya terpatahkan, tetapi pada akhirnya masih bisa memenangi set ketiganya dengan skor tipis  7–5. Set keempat berlangsung ketat, tetapi pada akhirnya Djokovic yang memenanginya, lagi-lagi tipis 7–5. Tapi Thiem dengan cepat mengambil momentum di set kelima dan langsung unggul 4–1 ketika … hujan mulai turun 😅.

Dominic Thiem

Karena Philippe Chatrier masih belum memiliki atap, pertandingannya lagi-lagi harus dihentikan dan kami semua harus keluar. Hujannya berlangsung sekitar setengah jam. Aku memanfaatkan waktu ini untuk membeli snack karena nggak mungkin deh aku makan siang dengan benar waktu itu. Soalnya pertandingannya seru banget yang mana sayang banget untuk dilewatkan sih! Tapi masalahnya bukan aku saja yang berpikir demikian, sehingga semua tempat jualan makanannya ramai sekali dengan antrian yang super panjang. Menyebalkannya, mereka tidak menyetok tempat jualannya dengan cukup, sehingga pada akhirnya aku harus mengambil “sisa-sisa” yang masih ada aja. Untungnya setidaknya aku masih mendapatkan satu potong sandwich sih, yang mana yang terakhir di toko itu, haha 😛 . Kasihan deh yang mengantri di belakangku.

Novak Djokovic vs Dominic Thiem

Setelah hujannya berhenti, aku kembali ke kursiku. Lapangannya juga sudah disiapkan lagi untuk pertandingannya. Tak lama setelahnya, pertandingan dilanjutkan. Lagi, “istirahat” ini menguntungkan Djokovic karena momentumnya Thiem jadi terhentikan dan dengan cepat set kelima menjadi imbang lagi. Tapi pada akhirnya, Thiem berhasil unggul tipis dan memenangi set kelima dengan skor 7–5, yang berarti pertandingannya ia menangkan dengan skor 6–2, 3–6, 7–5, 5–7, 7–5 untuk mencapai babak final Roland Garros kedua berturut-turutnya dimana ia akan menghadapi … Rafael Nadal!!

Dominic Thiem mengalahkan Novak Djokovic di Roland Garros 2019

Aku merasa senang banget dengan kemenangan ini! Rasanya sudah bertahun-tahun semenjak terakhir kali aku menonton pertandingan (langsung di tempatnya) dimana pemain yang aku dukung menang! Haha 😛 . Kalau aku tidak salah ingat, terakhir kali adalah Wimbledon 2015 ketika Serena Williams memenangi Serena Slam keduanya, haha.

***

Alasan di atas aku bilang final putri, secara umum, lebih menarik daripada final putra adalah karena tenis putri saat ini lebih “terbuka”, dalam artian siapa pun bisa menang! Maksudku, tur tenis putra kan masih didominasi oleh tiga orang yang sama ya selama 15 tahunan terakhir ini! Haha 😆 .

Coupe Suzanne Lenglen di tahun 2019

Walaupun begitu, Roland Garros tahun ini telah membawa “keterbukaan” ini ke level yang ekstrim sih, menurutku. Semua petenis putri nama besar dan unggulan (di lapangan tanah liat) sudah kalah di akhir minggu pertama, sehingga babak-babak akhir turnamen ini jadi terasa … “kering” anti-klimaks gitu, sejujurnya. Maksudku, aku oke-oke saja sih dengan nama-nama baru yang mulai menancapkan prestasinya di puncak, tapi ya akan lebih seru apabila nama-nama besar yang sudah mapan juga masih terlibat di turnamennya kan ya, apalagi turnamen besar seperti Roland Garros, haha.

Final tunggal putri Roland Garros 2019

Begini nih maksudku, tahun ini finalnya adalah antara Ashleigh Barty dan Marketa Vondrousova. Keduanya berada di final grandslam pertama mereka, dan memang di tahun 2019 keduanya telah mendapatkan hasil yang tergolong baik. Barty sebenarnya adalah pemain unggulan kedelapan, dan memang awal tahun ini ia menjuarai turnamen besar di Miami. Tapi aku tidak pernah mengasosiasikannya dengan tanah liat. Aku sudah tahu Vondrousova memang adalah petenis yang berpotensi, tapi hasil ini rasanya kok seperti “outlier” gitu baginya.

Marketa Vondrousova

Dan pada akhirnya, pertandingannya jadi terasa … beneran anti-klimaks. Barty bermain dengan baik sekali sementara Vondrousova kesulitan untuk menancapkan permainannya. Pada akhirnya, Barty menang dengan skor 6–1, 6–3 dalam waktu lebih dari satu jam. Jelas, ini adalah final grandslam paling anti-klimaks yang pernah aku tonton langsung. Apalagi jika dibandingkan dengan pertandingan Djokovic-Thiem yang baru saja aku tonton sebelumnya, terasa “berkebalikan” banget.

Ashleigh Barty memenangi Roland Garros 2019

Tapi ya memang begini sih yang namanya olahraga ya. Aku rasa, semuanya bisa terjadi, termasuk pertandingan yang tidak seimbang! Haha.

Anyway karena aku sudah merasa lelah, aku memutuskan untuk melewatkan final ganda putranya, yang dimainkan oleh dua tim non-unggulan (Ini mungkin berpengaruh terhadap kekurang-tertarikanku terhadap pertandingan ini, haha). Dan jadilah aku memutuskan untuk pulang setelah final tunggal putri dan upacara penganugerahan pialanya.

Dan ini … mengakhiri cerita perjalananku ke Roland Garros di tahun 2019! 😀

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Phebie says:

    Nonton tennis seru. Banyak juga foto2nya…btw maaf oot ko Zilko sudah ngeblog bertahun2 tapi sepertinya media filesnya di wp.com banyak space. Bagaimana tipsnya?

    1. zilko says:

      Iya, seru banget! Hmmm, foto yang aku upload sudah aku sesuaiin dulu ukurannya sih 😛 . Jadi hemat space.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s