#2277 – 2019 Spring Trip to SE Asia (Part I: Flying KLM’s Second Longest Route)

ENGLISH

Posts in the 2019 Spring Trip to SE Asia series:
1. Introduction
2. Part I: Getting to Bali
3. Part II: Bali
4. Part III: The Flights to/from Labuan Bajo
5. Part IV: Labuan Bajo
6. Part V: The Komodo National Park (1)
7. Part VI: The Komodo National Park (2)
8. Part VII: Yogyakarta
9. Part VIII: Singapore
10. Part IX: Back to Europe

My itinerary to get to Bali was to take KLM’s Amsterdam-Singapore flight and then connected to Singapore Airlines’s Singapore-Bali flight. The KLM flight actually also continued to Bali, but I figured it would be more fun to try out Singapore Airlines’, as I had never flown the airline before, haha.

As the KLM flight was scheduled to depart at 9 PM, I worked during the day. From Flightradar24, I learned that (1) the flight would be operated with PH-BVI, which I flew just two and a half weeks earlier on my way to Jakarta via Kuala Lumpur (Darn, no new registration for my logbook! 😦 ) and (2) I was quite certain my flight would be delayed as PH-BVI was over an hour behind schedule on its preceding flight from Bangkok to Amsterdam.

The new KLM Crown Lounge

Anyway, I then went to Schiphol after work and had my dinner at the new KLM non-Schengen Crown Lounge. My concern then came true, as at the lounge I learned that my flight had been delayed by about 45 minutes. My scheduled transfer time at Singapore was only 1 hour and 45 minutes, and it would require me to change terminals. Adding in the blockage of the Pakistan airspace at the time, I wasn’t confident the flight would be able to recover some of this delay because my flight would have to take a longer route than normal. So I asked the lounge agent, who assured me that 1 hour should still be enough for transfer, and even if it wouldn’t be, KLM would take care of everything so I did not need to worry.

A KLM’s Boeing 777-300ER reg PH-BVI named “Tierra del Fuego National Park”

I then went to the gate and not long after I arrived there, boarding started. I settled onto my economy comfort 10K seat, which has since then become my favorite economy seat on board a KLM’s Boeing 777-300ER! Why? Because of this:

The legroom of seat 10K on board KLM’s Boeing 777-300ER

Yep, such an amazing legroom where even after stretching my legs to their max, I still couldn’t reach the bulkhead!! Haha 😛 .

Anyway, long story short boarding completed and we departed. We took off smoothly from runway 24 and then turned southeast towards Singapore. Not long after take-off, the flight attendants distributed water and wet towels; and the dinner service followed after that. The choice was between a pasta or a beef dish, which I obviously opted for the latter, haha.

The dinner service on board KLM’s flight KL835 from Amsterdam to Singapore

I watched A Star Is Born in the IFE to accompany my dinner, and it was such a great movie! Especially Lady Gaga, she was amazing! Anyway speaking of the IFE, I was quite pleasantly surprised by its content! Certainly a huge improvement from what I found on my KL605 flight in December 2017.

A Star Is Born

I actually was able to get some sleep on this flight. It was understandable, given it was a night flight and I worked the entire day, and I hadn’t had a lot of rest for more than a week since the weekend before I was flying from Yogyakarta all the way to Amsterdam (via Jakarta with Garuda Indonesia), haha. I woke up a little bit somewhere above Iraq due to some turbulence, though.

Some snacks from the KLM galley

Btw, I also found that KLM had a quite nice range of snacks in the galley on this flight. The selection was much better than what they provided on the Amsterdam-Kuala Lumpur flight. They even served some ice cream there! Haha 😛 .

About two hours before landing, the cabin light was turned on and the breakfast service began. There was no choice for breakfast, but what they served was good.

The breakfast on board KLM’s flight KL835 from Amsterdam to Singapore

We entered Indonesian air space, flew over Medan, and then descended towards Singapore. Long story short, we landed smoothly at runway 02L of Changi Airport. After landing, I turned my mobile phone on, and got two messages (with the same content) from KLM and Singapore Airlines, as follows:

Got automatically rebooked by KLM! 😍

Yep, both the KLM and Singapore Airlines back offices did not think I would make my connection; but as the lounge agent told me, they had taken care of everything and I had been rebooked to KLM’s fifth freedom Singapore-Bali flight. This meant I would fly with the same plane to Bali! Haha. Anyway, I found this initiative by KLM to take care of my irregular operation situation to be amazing! It was super convenient from my point of view as a passenger! I LIKE! 😍

I got off the plane at Changi, and an agent handed me my new boarding pass there. Unfortunately I wasn’t given the 10K seat again as it had been taken by someone else, but I was still given a window economy comfort seat. I then went back to the gate, and about half an hour later boarded PH-BVI again.

So I boarded PH-BVI again at Changi, instead of a Singapore Airlines’ Airbus A330-300.

We then departed and PH-BVI took off from runway 02C, and then made a turn towards Bali. It was a smooth flight to Bali, where a dinner service was provided. I found the service to be of the same level as in a longer intra-European flight. A main dish was served but that was only it, no side dishes, just some drink options, haha. It was good, though.

The dinner service on board KLM’s fifth freedom Singapore-Bali flight KL835

Anyway it was a smooth flight towards Bali. It got a little bit bumpy as we were approaching Ngurah Rai Airport, where I could clearly see some lightning outside. We circled around the cloud to get to the airport, and landed smoothly at runway 27.

PH-BVI parked at a gate, and just a few minutes later, a Singapore Airlines’ Airbus A330-300 which would have been my original flight arrived and parked at the adjacent gate, haha 😆 . I cleared immigration, took my luggage, and met my mom, brother, and sister in-law who were picking me up there.

So here, my Spring vacation in Indonesia started…

TO BE CONTINUED…

p.s: A trivia: the Amsterdam-Singapore-Bali flight is currently KLM’s second longest route (12,185 km), after their Amsterdam-Buenos Aires-Santiago flight (12,578 km), haha. Hence the title.

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Perjalanan Musim Semi 2019 ke Asia Tenggara:
1. Introduction
2. Part I: Getting to Bali
3. Part II: Bali
4. Part III: The Flights to/from Labuan Bajo
5. Part IV: Labuan Bajo
6. Part V: The Komodo National Park (1)
7. Part VI: The Komodo National Park (2)
8. Part VII: Yogyakarta
9. Part VIII: Singapore
10. Part IX: Back to Europe

Itinerary-ku untuk pergi ke Bali adalah menaiki penerbangan Amsterdam-Singapuranya KLM dan kemudian transit ke penerbangan Singapura-Balinya Singapore Airlines. Penerbangannya KLM sebenarnya juga berlanjut ke Bali dari Singapura sih, tapi waktu itu aku pikir bakalan lebih seru bagiku mencoba penerbangannya Singapore Airlines kan ya, karena aku kan belum pernah terbang bersama mereka sebelumnya, haha.

Karena penerbangannya KLM dijadwalkan berangkat jam 9 malam, aku masuk kantor hari itu. Dari Flightradar4, aku tahu bahwa (1) Penerbangannya akan dioperasikan dengan PH-BVI, yang mana baru saja aku terbang dua setengah minggu sebelumnya dalam perjalananku ke Jakarta via Kuala Lumpur (Sial, nggak ada registrasi baru untuk logbook-ku deh 😦 ) dan (2) Aku kok lumayan yakin bahwa penerbangannya akan delay karena waktu itu PH-BVI berada lebih dari satu jam di belakang jadwal di penerbangan sebelumnya dari Bangkok ke Amsterdam.

KLM Crown Lounge yang baru

Anyway, aku kemudian berangkat ke Schiphol sepulang kerja dan makan malam di Crown Lounge non-Schengen-nya KLM yang baru itu. Kekhawatiranku menjadi kenyataan, dimana beneran penerbanganku delay 45 menit. Jadwal waktu transit asliku di Singapura adalah 1 jam 45 menit, dan di transit ini pun aku harus berpindah terminal. Ditambah dengan ruang udara Pakistan yang waktu itu sedang ditutup, aku nggak yakin penerbanganku akan bisa recover dari keterlambatan ini karena harus mengambil rute memutar dan lebih jauh daripada biasanya. Jadilah aku bertanya ke petugas lounge-nya, yang menenangkanku dan berkata bahwa 1 jam sebenarnya masih cukup kok untuk transit, dan andaikata pun tidak, KLM akan mengurus segalanya untukku sehingga aku tidak perlu khawatir.

Sebuah Boeing 777-300ER rego PH-BVI milik KLM bernama “Tierra del Fuego National Park”

Aku kemudian menuju gerbang keberangkatan dan tak lama setelah aku tiba, kami mulai boarding. Aku duduk di kursi economy comfort 10K-ku, yang mana kini telah resmi menjadi kursi ekonomi favoritku di pesawat Boeing 777-300ERnya KLM. Mengapa? Karena ini:

Legroom kursi 10K di dalam Boeing 777-300ER-nya KLM

Iya dong legroom-nya lapang banget sampai-sampai ketika kakiku aku selonjorkan maksimal pun, aku masih belum menyentuh tembok bulkhead di depannya itu!! Haha 😛 .

Anyway, singkat cerita boarding selesai dan kami berangkat. Pesawat lepas landas dari landasan pacu 24 dan kemudian berbelok menuju Singapura. Tak lama kemudian, para awak kabin membagikan air mineral dan handuk basah; dan layanan makan malam dimulai setelahnya. Pilihannya adalah menu pasta atau daging sapi, yang mana jelas aku memilih yang kedua lah ya, haha.

Layanan makan malam di dalam penerbangan KLM KL835 dari Amsterdam ke Singapura

Aku menonton A Star Is Born di IFEnya sambil makan malam, dan ternyata filmnya bagus ya! Terutama Lady Gaga dah, keren banget! Eh ngomongin IFEnya, aku lumayan dikejutkan loh dengan isinya! Menurutku isinya jauh lebih baik daripada apa yang terakhir kali aku temukan di penerbangan KL605-ku di bulan Desember 2017.

A Star Is Born

Dan aku bisa tidur lumayan lama loh di penerbangan ini. Nggak mengherankan sih, karena memang penerbangan malam dan aku bekerja seharian itu, plus sebenarnya aku belum sempat beristirahat banyak selama lebih dari satu minggu karena akhir pekan sebelumnya aku terbang langsung dari Yogyakarta ke Amsterdam (via Jakarta dengan Garuda Indonesia), haha. Aku hanya terbangun sebentar di atas Irak karena turbulensi.

Snack dari dapurnya KLM

Btw, ternyata KLM menyediakan pilihan snack yang lumayan bervariasi loh di dapurnya di penerbangan ini. Pilihannya lebih oke lah daripada yang di penerbangan Amsterdam-Kuala Lumpur. Bahkan ada es krim juga! Haha 😛

Sekitar dua jam sebelum mendarat, lampu kabin dinyalakan dan sarapan diberikan. Tidak ada pilihan menu untuk sarapan, tapi apa yang disajikan enak kok.

Layanan sarapan di penerbangan KLM KL835 dari Amsterdam ke Singapura

Pesawat kemudian memasuki ruang udara Indonesia, terbang di atas Medan, dan kemudian turun menuju Singapura. Singkat cerita, kami mendarat mulus di landasan pacu 02L Bandara Changi. Setelah mendarat, hp aku nyalakan dan ada dua sms (dengan isi yang sama) masuk, satu dari KLM dan satu dari Singapore Airlines, yang isinya seperti berikut:

Aku telah dipindahkan secara otomatis oleh KLM! 😍

Yep, KLM dan Singapore Airlines merasa aku tidak akan sempat mengejar penerbangan lanjutanku; tapi seperti yang disebutkan petugas lounge, mereka sudah menguruskan semuanya untukku dan aku telah dipindahkan ke penerbangan kebebasan-kelimanya KLM dari Singapura ke Bali. Ini artinya aku akan terbang dengan pesawat yang sama ke Bali! Haha. Ngomong-ngomong, aku merasa inisiatif KLM ini untuk menyelesaikan situasi operasi iregularku ini asyik banget dah! Nyaman banget dari sudut pandang penumpang secara semuanya beneran sudah diurusin dan kita benar-benar tinggal terima beres aja begitu mendarat! Sukaa! 😍

Aku turun pesawat di Changi, dan seorang petugas darat memberikanku boarding pass baru di sana. Hanya saja sayangnya aku tidak mendapatkan kursi 10K karena kursinya sudah diambil orang lain, tapi toh aku masih mendapatkan kursi economy comfort yang jendela lainnya sih. Aku kemudian masuk kembali ke gerbangnya, dan sekitar setengah jam kemudian aku boarding PH-BVI lagi.

Aku naik PH-BVI lagi deh di Changi, bukannya Airbus A330-300nya Singapore Airlines.

Kami kemudian berangkat dan PH-BVI lepas landas dari landasan pacu 02C dan berbelok menuju Bali. Ini adalah penerbangan mulus menuju Bali, dimana layanan makan malam diberikan. Level layanannya sendiri sama dengan apa yang KLM sajikan di rute intra-Eropa panjang mereka. Satu menu utama, dan udah cuma gitu aja, nggak ada side dishes-nya, cuma disajikan dengan minuman aja, haha. Tapi enak sih.

Layanan makan malam di penerbangan kebebasan kelima KLM KL835 dari Singapura ke Bali.

Anyway ini adalah penerbangan yang mulus ke Bali. Agak sedikit turbulensi sih ketika akan mendarat di Bandara Ngurah Rai, dimana memang cuacanya sedang kurang oke dan aku melihat ada banyak kilat di luar. Pesawat mengambil rute memutar mengitari awannya dan kemudian mendarat di landasan pacu 27.

PH-BVI parkir di sebuah gate, dan beberapa menit kemudian, sebuah Airbus A330-300nya Singapore Airlines yang akan menjadi pesawatku jika sesuai itinerary asliku, parkir di gate sebelah, haha 😆 . Aku kemudian pengecekan imigrasi, mengambil bagasiku, dan bertemu mama, adikku, dan adik iparku yang menjemputku di sana.

Jadi di sini, liburan musim semiku di Indonesia dimulai…

BERSAMBUNG…

p.s: Satu trivia nih: Penerbangan Amsterdam-Singapura-Bali-nya KLM adalah rute terpanjang keduanya mereka (12.185 km), setelah rute Amsterdam-Buenos Aires-Santiago (12.578 km). Makanya judulnya seperti di atas.

Advertisements

20 Comments Add yours

  1. ranselijo says:

    Ko, aku masih bertanya-tanya: gimana cara kamu komitmen untuk terus ngeblog bertahun-tahun daaan 2 bahasa pula. Keren banget, Zilko! 🙂

    1. zilko says:

      Trims Dev. Hahaha, karena memang enjoy aja sih Dev. Tapi kebetulan banget memang akhir-akhir ini aku terpikir juga tentang ini. Nanti minggu depan aku tulis sedikit deh tentangnya, hahaha 😀 .

      1. ranselijo says:

        Asik. Ditunggu yaaaa Ko

        1. zilko says:

          Sipp!! 😄😄😄

        2. niee says:

          Aku juga penasaran. Kan kamu sibuk banget ya. Apalagi sering pergi. Biasanya habis pergi aku malah malas buat ngeblog, hahahaha.

          1. zilko says:

            Huahaha, memang mesti diniatin banget Niee. Kalau aku, semakin lama ditunda malah jadi semakin malas nulisnya, hahaha 😆 .

  2. inlycampbell says:

    Aku bakal naik Singapore Air buat mudik tahun depan, penasaran sama galleynya, soalnya gak pernah tahu soal ginian.. Eh tapi buat penumpang ekonomi, boleh juga kan? Aku kayaknya pernah tanya soal ini ke kamu, tapi gak yakin.. Kalau minta minum, aku tahu.. tapi kalau snack, belum pernah nyoba.. hihi..

    1. zilko says:

      Iya, coba cek aja! Apalagi flight-nya lama kan kalau dari AKL, jadi kemungkinan ada lah. Galley-nya ya tinggal pergi ke galley yang untuk penumpang ekonomi. Soalnya penumpang business galley-nya ada sendiri (dan tentu isinya juga beda, hahaha 😆 ).

      1. inlycampbell says:

        Wkwkwk.. i realise that 🤣 tapi ini masih tahun depan.. but i will keep that in mind 😬👍

        1. zilko says:

          Sippp, hehehe 😀

Leave a Reply to zilko Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s