#2272 – Back in Europe

ENGLISH

Yep, I am back in Europe … again.

This Sunday, I arrived in Amsterdam with an Air France’s Airbus A321-200 from Paris-CDG; thus marking the end of my first big Spring trip this year (I don’t feel comfortable calling my prior sudden last-minute visit to Indonesia a “trip” as it was for my dad’s passing).

How was it? Well, in one word, it was certainly very fun!

And it was, indeed, what my family and I needed to help us cope with and accept the situation that my dad is no longer with us anymore. We travelled to Bali and Komodo together, and the change of scenery really helped. But it was also the togetherness; which was precisely why I knew from the beginning that I would still go on this trip, which had been planned since months before.

In a way, somehow this trip changed its purpose from “just a trip” to “a chance to spend more time with my family and friends in Indonesia”. As Eva said, this situation is one of the hardest ones for those who live very far away. Of course I understood this, since long ago, as a consequence of my decision of living here. But understanding it did not really make things less hard, to be honest. So I am actually glad that the “timing” that I “somehow” chose months ago worked for this. It feels quite funny, though, that somehow things seem to fall into their places without us really planning it!

Long Beach, a pink beach in the Komodo National Park

Anyway, for now let’s move on to the less mellow part. Bali was … well, Bali. We all know Bali is always fun, haha. And Komodo was … superb!! This region, really, had perhaps the most beautiful nature I have ever visited. The sea, the beaches, the hills, the mountains, the islands, the dragons. Just wow! We also stayed for two nights on a phinisi boat, which was quite an experience! Haha 😛 . Jogja was Jogja, where I got to spend more time with my family and friends. And Singapore was cool!! 😀

So yeah, here I am, back in Amsterdam, and is battling another jetlag! Lol 😆 .

Padar Island

BAHASA INDONESIA

Iya, aku kembali di Eropa sekarang … lagi.

Hari Minggu kemarin ini, aku tiba di Amsterdam dengan pesawat Airbus A321-200nya Air France dari Paris-CDG; yang menandai akhir dari perjalanan besar musim semi pertamaku tahun ini (Aku kurang merasa nyaman untuk menyebut kunjungan dadakanku ke Indonesia sebelumnya sebagai sebuah “perjalanan” karena kunjungan itu kan dalam rangka meninggalnya papaku).

Bagaimanakah perjalanannya? Dalam satu kata, seru banget! Eh, ini dua ya? Haha

Dan memang perjalanan ini adalah apa yang aku dan keluargaku butuhkan untuk membantu kami menerima dan mengikhlaskan situasi dimana papaku tidak lagi berada bersama kami. Kami pergi ke Bali dan Komodo bersama, dan perubahan suasananya sungguh membantu sekali. Tapi terutama memang kebersamaannya sih; yang mana adalah persis mengapa aku tahu semenjak awal bahwa aku akan tetap pergi dalam perjalanan ini, yang mana sudah direncanakan semenjak berbulan-bulan yang lalu.

Di satu sisi, perjalanan ini berubah perannya dari “hanya sebuah acara jalan-jalan” menjadi sebuah “kesempatan untukku menghabiskan waktu bersama keluargaku dan teman-temanku di Indonesia”. Seperti yang dibilang Eva, situasi ini adalah salah satu yang tersulit bagi mereka yang hidup merantau di tempat yang amat jauh. Jelas sih aku paham sekali akan ini, semenjak dulu-dulu, sebagai konsekuensi dari pilihanku untuk tinggal di sini. Tapi memahami ini juga sejujurnya tidak membuat situasinya menjadi agak lebih tidak berat sih. Jadilah aku lega bahwa “timing” yang “entah bagaimana” aku pilih berbulan-bulan yang lalu kok bisa-bisanya cocok dan pas untuk ini. Rasanya lucu deh, dimana entah bagaimana caranya kok hal-hal bisa mengalir dengan sendirinya secara baik tanpa harus kita rencanakan!

Long Beach, pantai pasir merah muda di Taman Nasional Komodo

Anyway, sekarang mari deh kita beranjak dari topik yang membuat mellow. Bali kemarin ini … ya seperti Bali gitu sih. Selalu seru, haha. Dan Komodo … memang cantik banget!! Daerah ini, beneran, adalah daerah dengan alam yang paling indah yang pernah aku kunjungi. Lautnya, pantai-pantainya, bukit-bukitnya, gunung-gunungnya, pulau-pulaunya, dan juga komodonya. Wow banget pokoknya! Kami juga menginap selama dua malam di satu kapal phinisi, yang mana merupakan pengalaman yang seru! Haha 😛 . Jogja ya Jogja gitu lah, dimana aku bisa menghabiskan lebih banyak waktu lagi dengan keluarga dan teman-temanku di sana. Dan Singapore itu … keren seperti biasanya! 😀

Jadi ya, sekarang aku sudah kembali di Amsterdam deh, dan jetlag lagi! Haha 😆 .

Pulau Padar
Advertisements

11 Comments Add yours

  1. Grant Gloria says:

    Sedih baca kalimat awalnya. Tetap semangat ya! 💪

    1. zilko says:

      Iyaa! Trims 😀

  2. Dita says:

    Turut berduka cita ya Zilko
    Wah traveling ke Bali, Komodo dan Jogja seru bangeeet, Komodo emang parah cantiknya bikin kangen, sayang sekarang tiket pesawat domestik selangit harganya 😦

    1. zilko says:

      Trims!

      Iyaa, Komodo memang bagus banget ya!! Iya nih, kemarin juga berasa tiketnya ke Komodo mahal memang!

  3. niee says:

    mupeng lihat pulau komodo

    1. zilko says:

      Bagus banget memangnya!

  4. mdabk says:

    Nice travel blog…
    Do visit my blog, hope you will like it!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s