#2267 – More of Amsterdam Lyfe

ENGLISH

Recently, I realized of another convenience in living in Amsterdam; yeah, after more than one and a half year here in this capital, haha.

But first of all, let me remind you of a post I wrote almost six years ago about the stores opening hours in the Netherlands. In general stores and shops here are open shorter hours and that they are not open every day of the week. This certainly is tricky for those who have to work office hours; and would explain why the busiest day of the week for shopping here is Saturday, haha.

When many stores are still closed on a workday in Utrecht.

This certainly took quite some getting used to (This was part of the “culture shock” that I had just after I moved here eight years ago, haha). But after eight years, it seems that I am now used to this; as I have seen myself planning my visit to these stores or shops following their “regular” opening hours here.

And now back to how I open this post, just recently I realized that things are a little bit different here in Amsterdam. Good difference, though. I just noticed that stores and shops here are apparently open … longer hours! Haha 😆 .

A shopping street in Amsterdam

I realized this when a few weeks ago I found out I needed to buy something from the supermarket and it was a Sunday evening, past 6 PM. In Delft, by this time all supermarkets would have been closed so, depending on what I needed, I could perhaps go to some avondwinkels (night shops) or would need to wait until Monday. But when I decided to google the opening hours of the supermarket nearby, I was surprised that it was still open!

This got me thinking and, indeed, what I have found is that shops and stores here in Amsterdam tend to be open longer hours than the rest of the country! If I have to hypothesize, this perhaps would have something to do with the capital city being the most “international”; catering to the need and customs of a lot of people from other parts of the world living, staying, or just visiting here.

Amsterdam

Another byproduct of this would be the accepted method of payment. I find Amsterdam to be the most convenient city (in the Netherlands) in terms of this where a wide array of payment methods are accepted. In other Dutch cities, often I find many shops/stores/establishments only accept debit card (pinpas) payment, that is the Dutch people’s favorite payment method, or cash, which I imagine could be such an inconvenience for international travellers!

I understand that this is a “trivial” stuff, but nonetheless this is something which makes me happy with my decision to move to this city! Haha 😛

BAHASA INDONESIA

Baru-baru ini, aku baru menyadari akan sebuah kenyamanan tinggal di Amsterdam; iya, setelah lebih dari satu setengah tahun jadi anak ibukota ini, haha.

Tapi pertama-tama, aku ingin berikan tautan ke posting yang aku tulis hampir enam tahun yang lalu megenai jam buka toko-toko di Belanda ini dulu. Secara umum, jam buka toko-toko di negara ini tuh pendek banget dan itu pun mereka nggak buka setiap hari. Ini jelas tricky bagi mereka yang harus bekerja sesuai jam kantor; dan juga menjelaskan mengapa hari paling ramai untuk berbelanja di sini adalah hari Sabtu, haha.

Toko-toko yang masih tutup di suatu hari kerja di Utrecht.

Jelas dong aku harus membiasakan banget dengan situasi ini (Ini adalah bagian dari “culture shock” yang harus aku hadapi ketika baru pindah kemari delapan tahun yang lalu, haha). Tapi setelah delapan tahun lamanya, sepertinya aku sudah terbiasa lah dengan ini; bahkan terkadang aku amati aku membuat perencanaan kunjungan ke toko-toko ini dengan mengikuti jam buka “reguler”-nya mereka.

Dan kembali ke bagaimana posting ini aku buka, baru-baru ini aku menyadari ternyata ada yang sedikit berbeda di kota Amsterdam ini. Perbedaan yang bagus sih, untungnya. Aku amati ternyata toko-toko di sini itu bukanya … lebih lama! Hahaha 😆 .

Sebuah jalan pertokoan di Amsterdam.

Ini baru aku sadari beberapa minggu yang lalu ketika aku baru sadar aku mesti membeli suatu barang di supermarket dan waktu itu sudah Minggu malam, lewat jam 6 sore. Di Delft, jam segitu mah semua supermarket sudah tutup sehingga, tergantung dari apa yang kubutuhkan, aku mesti pergi ke avondwinkels (toko yang bukanya jam malam gitu) atau menunggu sampai hari Seninnya. Tapi ketika aku iseng meng-google jam buka supermaket di dekat rumahku, ternyata supermarketnya masih buka dong!

Ini jadi membuatku berpikir dan, ternyata, memang benar bahwa toko-toko di Amsterdam ini relatif buka lebih lama daripada di tempat lain di negara ini! Jika aku harus menebak, sepertinya ini karena Amsterdam adalah ibukota yang “internasional” banget; sehingga toko-tokonya juga menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan orang-orang yang datang dari tempat lain yang menetap atau berkunjung di sini.

Amsterdam

Salah satu efek samping lain dari ini adalah metode pembayaran yang diterima. Aku merasa Amsterdam adalah kota yang nyaman (di Belanda) dalam hal ini dimana banyak sekali metode pembayaran yang bisa digunakan. Di kota-kota Belanda lain, sering aku menemukan toko-toko/restoran/dll yang hanya menerima pembayaran dengan kartu debit (pinpas), metode pembayaran favoritnya orang Belanda ini, atau kontan, yang mana aku bayangkan nggak nyaman banget pastinya ya untuk pelancong dari luar!

Iya sih ini hal “sepele” banget, tapi begini pun membuatku senang juga loh dengan keputusanku untuk pindah ke kota ini! Haha 😛

8 Comments Add yours

  1. fahrizinfa says:

    Kalau semacam minimarket seperti alfamart disana kalau sudah lewat jam kerja juga tetap tutup kak zilko??kalau jam buka tokonya lebih lama pasti jadi lebih enak ya kalau mau belanja nyaa agak telat dari jam biasanya yaa 😀

    1. zilko says:

      Di Belanda jarang ada minimarket, hahaha.

  2. yance says:

    wah masa jam 6 sore udah pada tutup, klo di jkt mah malah midnight sale bisa jam 12 malam…hahaha.

    1. zilko says:

      Iyaa, di Belanda toko2 mah pada cepet tutupnya.

  3. pinkuonna says:

    Menarik juga cerita tentang jam buka tutup tokonya 🙂 Jadi ngerasa tinggal di Indonesia atau tepatnya di Jakarta berasa praktis banget ya dengan adanya toko yang buka sampai malam dan bisa belanja menggunakan fasilitas ojek online 😀

    1. zilko says:

      Iyaa! Di Indonesia memang praktisnya itu.

  4. niee says:

    jadi inget pas jalan di perth jam 7 malem udah kayak jalan di Kota mati, sepi banget. Tokopun udah banyak yang tutup. Sekalinya ke Sydney tetap hingar bingarnya dapet, jadi emang beda ya kalau kota besar gitu, hahaha

    1. zilko says:

      Iya Niee, memang harus kota yang benar-benar besar ya biar seenggaknya hingar bingarnya masih dapat. Kalau kota medium apalagi kota kecil gitu malem dikit berasa sepiii, hahaha 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s