#2239 – A Passport Story

ENGLISH

Earlier this month, I mentioned that I had to take care of an important matter here in the Netherlands just after the end of my 2018 year end trip. The matter is done now so it is time to share what it was, haha.

So the matter was … to renew my passport! πŸ˜› Yeah as always, time flies by so quickly that apparently it has been about 4.5 years since I last renewed my passport! Since a few months ago, I have decided that the a few weeks period in January after my year end trip would be the most optimal period to take care of this matter.

So I had to go to Den Haag this January

Anyway, my experience of taking care of this was pretty much similar to how it was 4.5 years ago. The entire process was very clear, and efficient here in the Netherlands! But first of all, I wouldn’t want to write a step by step guide on it, though, because I noticed that the list of requirements this time around was slightly different from 4.5 years ago. And so for that, I feel like the most responsible course of action would be to redirect you to the official website where all the instructions are given.

I then went to the Embassy in Den Haag with all the requirements. I came early so I was the first in the passport line, haha. After all the requirements were checked, I had to input my biometric information (this was new), got my photo taken, paid the €30, and voila, I got my receipt. A week later my new passport was ready to pick up. It was super efficient and there was no hassle at all!! πŸ˜€

I was actually excited about this new passport. You see, it happened that 4.5 years ago I renewed my passport just before (literally about a month or two) the new passport design was launched. Meaning at the time, my “new” passport was still with the “old” design! It depends on how you look at it, of course, as one could argue that this was actually cool because my passport would have a “classic” look; but on the other hand you have Barney:

Lol πŸ˜† . And I have been leaning more towards the Barney side on this matter πŸ˜› . So I am excited that my current passport now has the “new” design (if you can still call it “new” after more than four years, lol πŸ˜† ).

Though, too bad that we couldn’t apply for the cool e-passport here in the Netherlands; and that the passport validity is still five years for the moment. But anyway the bottom line is, now I am ready to travel again! Haha πŸ˜† .

BAHASA INDONESIA

Awal bulan ini, kuceritakan bahwa aku harus mengurusΒ suatu hal penting di Belanda setelah pulang dari perjalanan akhir tahun 2018ku. Urusannya sudah beres sekarang sehingga aku bisa ceritakan, haha.

Jadi kemarin ini aku harus … mengurus perpanjangan paspor! πŸ˜› Seperti biasa ya, waktu berlalu sungguh cepat dimana tiba-tiba saja sudah sekitar 4,5 tahun dong semenjakΒ terakhir kali aku mengurus perpanjangan paspor! Semenjak beberapa bulan yang lalu, sudah aku putuskan bahwa periode sekian minggu di bulan Januari setelah pulang dari perjalanan akhir tahunku adalah periode waktu yang optimal untuk mengurus urusan ini.

Jadi aku harus pergi ke Den Haag Januari ini.

Anyway, pengalamanku mengurus ini kurang lebih mirip lah seperti 4,5 tahun yang lalu. Keseluruhan prosesnya amat jelas dan efisien di Belanda ini! Tapi pertama-tama, aku tidak akan menuliskan petunjuk langkah per langkah ya di posting ini, karena aku perhatikan daftar persyaratannya kali ini juga agak sedikit berbeda dari 4,5 tahun yang lalu. Makanya aku merasa yang paling bertanggung-jawab adalah untuk mengarahkan pembaca keΒ laman resminyaΒ saja dimana semua instruksi diberikan.

Aku kemudian pergi ke Kedutaan di Den Haag dengan membawa semua persyaratannya. Aku datang pagi (pagi maksudnya adalah jam 9 lebih sedikit gitu ya, nggak kayak di Indo yang kalau aku baca-baca harus datang subuh gitu ya? Haha πŸ˜› ) sehingga aku yang pertama di barisan antrian paspor, haha. Setelah semua persyaratan diperiksa, aku diminta memasukkan informasi biometrik (baru nih), ambil foto paspor, membayar €30, dan voila, aku mendapatkan nota. Seminggu kemudian paspor baruku sudah siap untuk diambil. Prosesnya benar-benar efisien dan lancar tanpa masalah sama sekali!! πŸ˜€

Sebenarnya aku excited loh untuk paspor baru ini. Ceritanya kebetulan 4,5 tahun lalu aku melakukan perpanjangan persis sebelum (cuma beda satu atau dua bulan aja)Β peluncuran disain baru paspornya. Yang mana artinya waktu itu, paspor “baru”-ku masih menggunakan disain “lama”! Tergantung dari sudut pandang memang, karena bisa saja dibilang bahwa ini justru asyik karena pasporku jadi memiliki penampilan yang “klasik”; tapi di sisi lain kan ada Barney ya:

Huahaha πŸ˜† . Dan rasa-rasanya aku lebih condong ke sisinya Barney deh dalam urusan ini πŸ˜› . Makanya aku excited karena akhirnya pasporku sekarang sudah memiliki disain yang “baru” (kalau masih bisa disebut “baru” setelah lebih dari empat tahun sih, haha πŸ˜† ).

Sayangnya di Belanda kita masih belum bisa apply e-passport nih; dan juga masa berlakunya paspor masih lima tahun aja ya sekarang. Ah tapi yang penting, sekarang aku sudah bisa (dan siap) untuk jalan-jalan lagi! Haha πŸ˜†

20 Comments Add yours

  1. fahrizinfa says:

    Iyaa kak Zilko kalau di Indonesia harus dateng nyubuh banget XD Bahkan sebelum pintu pagar nya dibuka udah ada aja yang ngantri hahhaha

    1. zilko says:

      Huahaha, mesti niat banget ya kalau mau perpanjang paspor di Indonesia!

  2. nyonyasepatu says:

    design yang baru itu yang mana Zi?

    1. zilko says:

      Yang sejak akhir tahun 2014 itu Non, yang warnanya lebih kebiruan dan di setiap halamannya ada gambar yang menunjukkan Indonesia (dan di tiap halaman gambarnya beda-beda).

  3. pinkuonna says:

    Emang keren desain paspor barunya sih dan aku juga suka πŸ™‚

    1. zilko says:

      Iya, memang lebih bagus yang baru ya daripada yang sebelumnya πŸ˜€ .

  4. Phebie says:

    Templatenya juga baru ya? *atau aku baru nyadar* Selamat punya new paspor.
    Ahaha..kalau ingat scene Barney yang itu kenapa rasanya pengin jitak dia..

    1. zilko says:

      Iyaa, disainnya memang dirombak lumayan total! Hahaha πŸ˜€ .

  5. adhyasahib says:

    aku juga akhir tahun kemaren perpanjang paspor, dan memang benar desain tiap halaman ada gambar2nya, baru sadar langsung buka paspor pas baca postingan ini,haha. btw perpanjang paspor juga syaratnya dah gampang bnget cuma bawa fotocopy ktp, KK dan paspor lama, itu doang.super sekali untungnya juga disini kota kecil,mana ada antrian bikin paspor,langsung masuk aja😁

    1. zilko says:

      Huahaha, asyiknya tinggal “jauh” dari Jakarta ya πŸ˜› . Kalau urusan perpanjang paspor gini lancar dan gak perlu antri panjang, hahahaha πŸ˜† .

  6. inlycampbell says:

    Aku tahun ini harus renew passport juga, dan ini bakal jadi pertama kalinya urus paspor di NZ.. Lumayan penasaran sama birokrasinya.. Semoga gak ribet2 amat ya.. Soalnya terakhir bikin paspor yang sekarang, itu masih jaman kudu antri pagi buta.. sehari cuma ada 70 nomor, bayangin aku datang jam 6.30 pagi, sudah habis.. Besoknya aku datang jam5.30 kalau gak salah, udah nomor 40-an ( lupa2 inget), dan mingdepnya lagi, aku antrian papa mama aku, aku datang jam 4 pagi hahaha.. Nomor 3.. gile deh kalau mikirin dulu ngantri gitu..

    1. zilko says:

      Ah, kalau di NZ perpanjangannya berarti bisa di Wellington kan ya? πŸ˜€ Iyaa, mudah-mudahan di NZ gak ribet dan efisien ya prosesnya πŸ™‚ . Kalau di Belanda ini asyik prosesnya πŸ˜€ .

      1. inlycampbell says:

        Iya di Wellington, cuma belum check prosedurnya.. mulai tahun ini, buat pengambilan paspor, aku gak mesti ke Welli lagi, bisa dikirim ke Blenheim krn sekarang ada based utk org indonesia di Blenheim, tp kayaknya buat bikinnya tetap kudu ke Welli..

        1. zilko says:

          Ah, enak juga ya kalau at least buat pengambilannya bisa didelivery gitu! Ini kemarin memang jatuhnya jadi lebih besar di ongkos transportasinya daripada ongkos perpanjangan paspornya, hahaha πŸ˜† . Tapi at least masih di Belanda doang sih jadi gak begitu masalah. Tapi kalau posisinya di Blenheim yang mana mesti naik pesawat, kan repot juga ya kalau harus bolak-balik 2 kali, hahaha…

          1. inlycampbell says:

            Ternyata setelah aku cek di websitenya imigrasi Indonesia, dr Blenheim, bisa kirim pasfoto dan isi formulir tanpa harus ke KBRI di Wellington.. woww.. bagus banget deh kalau mang gitu.. gak bolbal πŸ‘πŸ˜„

            1. zilko says:

              Asyik ya kalau ngga harus datang ke Wellington-nya langsung! Praktis banget! Kalau di Belanda ini memang diwajibkan datang ke KBRInya πŸ˜€ .

  7. niee says:

    banyak imigrasi di sini daftarnya sudah online juga ko. Aku tahun lalu sebelum ke Aussie aja buat dan gak sampe 30 menit udah selesai, tinggal minggu depannya udah jadi.

    Oiya, aku kemaren bete juga seh soal design baru ini. Aku dapet yang lama, sedangkan si K dan suami yang buatnya belakangan dapat design baru. Untung sekarang udah bertiga samaan designnya, walaupun aku telat banget 3 tahun. hahaha

    1. zilko says:

      Ah asyik ya bisa daftar online gitu sekarang Niee. Jadi lebih praktis prosesnya!!

      Huahaha, senasib ya kita Niee. Pas sebelum ini masih kebagian disain yang lama. Aku nih cuma beda satu atau dua bulan aja waktu itu! Jadilah ini telat empat tahun lebih, hahahaha πŸ˜† .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s