#2237 – 2018 Year End Trip (Part I: Delta AMS-DTW-MIA in Delta Comfort+)

ENGLISH

Posts in the 2018 Year End Trip series:
1. Introduction
2. Part I: Getting to Miami
3. Part II: Miami
4. Part III: Miami Beach
5. Part IV: Getting to Austin
6. Part V: Austin
7. Part VI: Getting to New York
8. Part VII: New York
9. Part VIII: Back to Europe

I took the following routing to get to Miami, my first destination in this trip:

My routing on this trip. From gcmap.com

Both legs were operated by Delta Air Lines, with an Airbus A330-300 on the AMS-DTW leg and a McDonnell Douglas MD90 on the DTW-MIA leg. When I bought the ticket, the DTW-MIA leg was stated to be operated with a Boeing 737-900ER. I was excited about this because this type was still missing in my logbook! But then a couple of months later, Delta changed the equipment to an MD90. Initially I was a little bit disappointed with this (also because Delta’s MD90s weren’t equipped with IFE screens while their Boeing 737-900ERs were). But then I remembered that MD90 was a much rarer type nowadays than Boeing 737-900ER, meaning this would actually be an even better addition to my logbook, haha 😛 .

The new KLM non-Schengen Crowne Lounge at Schiphol

One reason I was looking forward to the start of this trip was because KLM’s brand new non-Schengen Crown Lounge at Schiphol! KLM has been renovating this lounge for so long; and the renovation project hasn’t been completed yet at this stage (it is staged to fully open next Summer) but the first phase of the lounge has been operational since December 2018! What a perfect timing!! :mrgreen:

The new KLM Crown Lounge

My first impression of the lounge: it looked BEAUTIFUL! Much more beautiful than the older one and had a much more contemporary touch to its interior design! Though I couldn’t help to notice that the lounge felt packed at the time, despite it having two levels (the upper level was less crowded). Though this perhaps was due to the fact that only the first phase that had been opened yet and so the rather limited capacity.

From what I noticed, the food and drink selection was pretty much on par with the previous and current Schengen lounge (I didn’t eat or drink much on this visit). The upper level had a bar setting with bartenders helping you to get your drinks; this could be good or bad depending on your preference (of self-service or not), though.

The bar area at the new KLM non-Schengen Crown lounge

The lounge also employed a more modern “procedure”. In case you needed help from the KLM’s agents and the agents were still busy with other passengers, you could register your request. Then a link with a map would be sent to your smartphone from which you could mark where you sat. When an agent was ready, a lounge attendant would pick you up.

KLM’s Delft Blue Houses at the lounge

I knew this procedure because, indeed, I would like to meet an agent this morning, haha. I had a complimentary upgrade request to a Delta Comfort+ seat in mind; and neither I or the check-in agent could do it. The agent looked into this and, indeed, for whatever reason the system didn’t allow this, even though many Delta Comfort+ seats were still available and I was nonetheless entitled for a free upgrade thanks to my Platinum status. So what did the agent do? She actually called Delta’s office to request this upgrade, which they did! Wow! Yay! :mrgreen:

Delta DL137 (AMS-DTW)

Flight: Delta DL137
Equipment: Airbus A330-300 reg N813NW
ATD: 13:38 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 16:30 EST (Runway 21L of DTW)

A Delta’s Airbus A330-300 reg N813NW

Anyway, the flight got delayed due to the late arrival of the A330 (reg N813NW) from its previous flight. Nonetheless long story short, boarding started and I settled onto my Delta Comfort+ seat 14J. Originally a guy was sitting on the seat next to me but he moved to another seat as many Delta Comfort+ seats were unoccupied. Yeay!!

Great legroom in my Delta Comfort+ seat in an Airbus A330-300

Not long after take-off, the flight attendants distributed a bottled water and wet tissue, followed with a snack service. Then a lunch service followed with three main choices, in which I chose the chicken with Hollandaise sauce option. The lunch service was followed with another round of drink service, in which I asked for a Starbucks coffee.

The lunch service on Delta flight DL137

As before, overall I found the IFE content to be mediocre. But at least they already had the hit-movie Crazy Rich Asians, a movie I intentionally withheld myself from watching in a cinema as I would like to save it for my upcoming long-haul flights, haha 😛 . And I agree, indeed overall it was a great movie! Haha 😛 . The documentary Being Serena was also available in the IFE, which I also thoroughly enjoyed!

Crazy Rich Asians in the IFE

Mid-flight, warm chocolate cookies were distributed as the mid-flight snacks. It was delicious! And as the flight wasn’t full today, more of these cookies were available in the galley (along with some Kit Kats and, of course, more drink options).

Snacks in the galley

Ah and btw, as in any Delta flight, there was a wifi connection which could be used for free for text messaging with WhatsApp or Facebook Messenger. Also the connection could be used to streamed the IFE content in your smartphone. Though I still preferred to use the actual IFE screen for that, haha. And of course we could also surf the internet with it too, but with an extra charge.

The late lunch pre-landing snack service on flight DL137

Prior to landing, a more substantial late snack service was provided. I had the vegetarian pizza option, accompanied with a Magnum ice cream.

At about 4 PM, we began our descent towards Detroit; and at 4:30 PM we landed at runway 21L.

Transitting at Detroit Metro Airport

As with any transits involving an international flight in the United States, I had to get my luggage at Detroit Airport after the immigration check. I then rechecked-in the luggage at the counter nearby. Anyway and so then I went to the terminal, got my boarding gate number, and headed to a Delta Sky Club nearby.

A Delta Sky Club at Detroit Metro Airport

And when entering the lounge, the immediate impression that I got was … the lounge looked super old and dated! Lol 😆 . I immediately nodded to Ben’s review in OMAAT of this lounge. It was such a contrast to KLM’s new Crown Lounge which I had just visited earlier, lol 😆 . The lounge was quite busy at the time I entered though it wasn’t super bad.

Delta DL2535 (DTW-MIA)

Flight: Delta DL2535
Equipment: McDonnell Douglas MD90 reg N905DA
ATD: 20:46 EST (Runway 21R of DTW)
ATA: 23:19 EST (Runway 9 of MIA)

Today’s DL2535 flight to Miami would be operated with a McDonnell Douglas MD90 reg N905DA. Yeay for a new rare addition to my logbook! 😀

A Delta’s McDonnell Douglas MD90 reg N905DA at Detroit Metro Airport

At the gate, I noticed that I cleared another upgrade to Delta Comfort+ on this flight! Yay! 😀 My new 10B seat was in the first row of the Delta Comfort+ section. It was an aisle seat and I generally prefer a window seat; but it was an evening flight so it was less of a “problem” to me 😛 .

Amazing legroom in Delta Comfort+ on an MD90

Long story short, we departed on time and took off from runway 21R. While noisy, taking off with an MD90 felt … smooth and light! I really liked the sensation! 😀

While Delta didn’t equip their MD90 with IFE screens, wifi was still available and could be used to stream the IFE content into your devices. I didn’t use much of it (as I preferred the actual screen) except for maybe checking the map feature, haha.

Delta’s streamed IFE content

There was a snack and drink service provided on this flight. As I was sitting in Delta Comfort+, alcoholic beverages were complimentary and I asked for the prosecco, haha 😛 . Then a bit later into the flight, the attendant went around for another round of drinks, which I asked for a warm tea.

Delta’s domestic in-flight snack service

We landed at Miami International Airport at 11:19 PM, way ahead of our scheduled arrival time. I was happy with this because I felt tired and sleepy already. But then because we arrived too early, apparently none of the gate was available at the time and so we had to wait (for quite some time), lol. In the end, I disembarked from the plane at pretty much around the scheduled arrival time anyway. So the early arrival was actually for nothing, lol 😆 .

Anyway so here I was in Florida. My 2018 year end trip had just begun!!

TO BE CONTINUED… 

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri perjalanan akhir tahun 2018:
1. Introduction
2. Part I: Getting to Miami
3. Part II: Miami
4. Part III: Miami Beach
5. Part IV: Getting to Austin
6. Part V: Austin
7. Part VI: Getting to New York
8. Part VII: New York
9. Part VIII: Back to Europe

Aku mengambil rute berikut ini untuk pergi ke Miami, tujuan pertama dari perjalanan ini:

Ruteku kali ini. Dari gcmap.com

Kedua penerbangan dioperasikan oleh Delta Air Lines, dengan Airbus A330-300 di rute AMS-DTW dan McDonnell Douglas MD90 di rute DTW-MIA. Ketika tiketnya aku beli, rute DTW-MIA disebutkan akan dioperasikan dengan pesawat Boeing 737-900ER. Aku merasa excited karena tipe ini masih terlewatkan loh di logbook-ku! Tapi beberapa bulan kemudian, ternyata Delta menggantinya dengan MD90. Awalnya aku sedikit kecewa (juga karena MD90nya Delta kan tidak dilengkapi dengan layar IFE sementara Boeing 737-900ERnya dilengkapi). Tapi kemudian aku ingat bahwa sebenarnya MD90 adalah tipe pesawat yang sekarang ini jauh lebih jarang ada daripada Boeing 737-900ER, yang mana berarti sebenarnya adalah tambahan yang lebih keren untuk logbook-ku, haha 😛 .

KLM non-Schengen Crowne Lounge yang baru di Schiphol

Yang juga membuatku excited untuk permulaan perjalanan ini adalah non-Schengen Crown Lounge-nya KLM yang baru di Schiphol! KLM sedang merenovasi lounge ini untuk sekian waktu; dan sekarang pun renovasinya masih belum selesai (rencananya lounge-nya akan dibuka penuh musim panas nanti). Tapi hasil fase pertama dari proyek renovasi ini sudah dibuka per Desember 2018 kemarin! Nah, timing-nya pas banget kan ya!! :mrgreen:

KLM Crown Lounge yang baru

Kesan pertamaku akan lounge ini: KECE BANGETT!! Jauh lebih kece lah daripada yang lama, terutama karena disain interiornya yang lebih kontemporer! Eh tapi waktu itu aku merasa lounge-nya rame banget sih, walaupun memiliki dua lantai (lantai atasnya agak lebih sepian sedikit). Walaupun mungkin ini juga disebabkan baru fase pertamanya saja yang telah dibuka sehingga kapasitasnya juga masih terbatas.

Dari apa yang kuperhatikan, pilihan makanan dan minumannya kurang lebih setara dengan lounge yang lama dan lounge Schengen saat ini (Aku tidak banyak makan atau minum di kunjungan kali ini). Lantai atas ber-setting bar gitu dengan beberapa bartender yang akan melayanai kita dengan pesanan minuman. Ini bisa jadi positif atau negatif sih, tergantung preferensi kita akan self-service, haha.

Area bar di non-Schengen Crown Lounge-nya KLM yang baru.

Lounge ini juga menggunakan “prosedur” yang lebih modern. Jika kita membutuhkan bantuan agen KLM sementara agennya sedang sibuk mengurus penumpang lain, kita bisa mendaftarkan request kita. Sebuah tautan dengan peta kemudian dikirimkan ke smartphone dimana kita bisa menandai dimana kita duduk. Ketika agennya siap, seorang attendant akan menjemput kita.

Delft Blue Houses-nya KLM di loungenya.

Aku tahu prosedur ini karena, memang, aku membutuhkan bantuan seorang agennya pagi itu. Aku ingin meminta upgrade ke kursi Delta Comfort+; yang mana tidak bisa aku lakukan sendiri di app, bahkan agen check-in-nya pun tidak bisa. Agennya kemudian mencobanya dan, memang, entah mengapa upgrade ini tidak bisa dilakukan di sistemnya. Padahal masih ada banyak kursi Delta Comfort+ yang tersedia sementara toh aku berhak mendapatkan upgrade gratis berkat status Platinumku kan. Apa yang agennya lakukan? Ia kemudian menelepon kantornya Delta dong untuk meminta upgrade, yang mana akhirnya beneran aku dapatkan! Wow! Hore! :mrgreen:

Delta DL137 (AMS-DTW)

Penerbangan: Delta DL137
Pesawat: Airbus A330-300 reg N813NW
ATD: 13:38 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 16:30 EST (Runway 21L of DTW)

Sebuah Airbus A330-300 rego N813NWnya Delta.

Anyway, penerbangan hari ini terlambat karena pesawat A330 (rego N813NW)-nya tiba terlambat di penerbangan sebelumnya. Singkat cerita, boarding kemudian dimulai dan aku duduk di kursi Delta Comfort+ 14J-ku. Awalnya ada penumpang yang duduk di kursi di sebelahku. Tapi kemudian dia pindah ke kursi lain karena toh ada banyak kursi Delta Comfort+ yang tidak terisi. Hore!!

Legroom yang oke banget di kursi Delta Comfort+ di pesawat Airbus A330-300

Tak lama setelah lepas landas, awak kabin membagikan air minum botolan dan tisu basah, yang mana diikuti dengan layanan snack. Lalu layanan makan siang dibagikan dengan tiga pilihan, yang mana aku memilih pilihan ayam dengan saus Hollandaise. Setelah makan siang, ada layanan minuman lagi, yang mana aku meminta kopi Starbucks.

Layanan makan siang di penerbangan Delta flight DL137

Seperti yang sebelumnya, secara keseluruhan menurutku konten IFEnya standar. Tapi setidaknya ada Crazy Rich Asians loh, sebuah film yang memang sengaja tidak aku tonton di bioskop karena memang aku “simpan” untuk penerbangan jarak jauhku, haha 😛 . Dan aku setuju, filmnya keren! 😛 Acara dokumenter Being Serena juga tersedia di IFEnya, yang mana juga sangat aku nikmati!

Crazy Rich Asians in the IFE

Di pertengahan penerbangan, biskuit cokelat hangat dibagikan. Enak! Dan karena penerbangannya tidak penuh, ada banyak sisa biskuit ini yang bisa diambil di galley (juga tersedia Kit Kat dan, tentu saja, minuman).

Snack di galley

Dan btw, sesuai standar di penerbangan Delta, ada koneksi wifi di penerbangan ini yang bisa digunakan gratis untuk pesan teks dengan WhatsApp atau Facebook Messenger. Melalui koneksinya, konten IFE juga bisa di-streaming ke smartphone kita. Tapi aku masih lebih suka menggunakan layar IFEnya untuk itu sih, haha. Dan juga tentu saja kita bisa berselancar ke internet dengannya, tapi ada biaya ekstra untuk ini.

Snack sebelum mendarat di penerbangan DL137

Sebelum mendarat, layanan snack yang lebih berat dibagikan. Aku memilih pizza vegetarian, yang ditemani dengan es krim Magnum.

Sekitar jam 4 sore, pesawat mulai turun menuju Detroit, dan jam 4:30 sore mendarat di landasan pacu 21L Bandara Detroit Metropolitan.

Transit di Bandara Detroit Metropolitan

Seperti sebagaimana transit yang melibatkan penerbangan internasional di Amerika, aku harus mengambil bagasiku di Bandara Detroit setelah pemeriksaan imigrasi. Aku kemudian meng-check-in-nya kembali di konter di dekat situ. Anyway setelahnya aku pergi ke terminal utama, mendapatkan nomor gerbang penerbangan lanjutanku, dan berlanjut menuju ke sebuah Delta Sky Club.

Sebuah Delta Sky Club di Bandara Detroit Metropolitan

Dan ketika aku masuk ke lounge-nya, kesan pertamaku adalah … lounge-nya nampak tua dan bapuk! Haha 😆 . Jadilah aku mengangguk-angguk ketika teringat review-nya Ben di OMAAT akan lounge ini. Kontras sekali jika dibandingkan dengan Crown Lounge barunya KLM yang baru saja aku kunjungi sebelumnya, haha 😆 . Lounge-nya cukup ramai waktu itu tetapi nggak parah lah.

Delta DL2535 (DTW-MIA)

Penerbangan: Delta DL2535
Pesawat: McDonnell Douglas MD90 reg N905DA
ATD: 20:46 EST (Runway 21R of DTW)
ATA: 23:19 EST (Runway 9 of MIA)

Penerbangan DL2535 ke Miami hari ini dioperasikan dengan pesawat McDonnell Douglas MD90 rego N905DA. Hore, tambahan yang jarang ada ke logbook-ku! 😀

Sebuah McDonnell Douglas MD90 rego N905DA-nya Delta di Bandara Detroit Metropolitan.

Di gerbang keberangkatan, aku baru tahu bahwa aku mendapatkan upgrade lagi ke Delta Comfort+ di penerbangan ini! Hore! 😀 Kursi 10Bku yang baru berada di barisan pertama Delta Comfort+. Kursinya kursi aisle sih dan umumnya aku kan lebih suka kursi jendela ya; tapi karena toh ini adalah penerbangan malam, ini bukanlah masalah besar lah bagiku 😛 .

Legroom yang oke banget di kursi Delta Comfort+ di sebuah MD90

Singkat cerita, kami berangkat tepat waktu dan lepas landas dari landasan pacu 21R. Walaupun berisik, lepas landas dengan MD90 terasa … mulus dan ringan! Aku suka sensasinya! 😀

Walaupun Delta tidak memasang layar IFE di pesawat MD90nya, wifi masih tersedia dan juga bisa digunakan untuk streaming konten IFE. Fitur ini tidak aku gunakan sih (aku lebih suka layar beneran) kecuali untuk mengecek fitur petanya, haha.

Konten IFEnya Delta yang di-streaming.

Ada layanan snack dan minuman di penerbangan ini. Dan karena aku duduk di kursi Delta Comfort+, minuman beralkohol juga tersedia gratis, dan jadilah aku meminta prosecco, haha 😛 . Di paruh kedua penerbangan, awak kabin kembali menyajikan layanan minuman, yang mana aku meminta segelas teh.

Layanan snack di penerbangan domestiknya Delta.

Kami mendarat di Bandara Internasional Miami jam 11:19 malam, jauh lebih awal daripada jadwal ketibaan kami. Aku senang dengan ini karena aku sudah merasa capek dan ngantuk banget. Tapi kemudian ternyata karena kami tiba terlalu awal, tidak ada gerbang yang tersedia dong sehingga kami harus menunggu (lumayan lama), haha. Pada akhirnya, aku turun dari pesawat kurang lebih di waktu yang sama seperti jadwal ketibaan awalku. Jadi percuma aja dong ya pesawatnya mendarat lebih awal, haha 😆 .

Anyway di sini lah aku berada, Florida. Perjalanan akhir tahun 2018-ku baru saja dimulai!!

BERSAMBUNG… 

Advertisements

21 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    kalau pesawat bs sampai lebih awal itu kenapa ya Zi?

    1. zilko says:

      Biasanya penjadwalan penerbangan itu ada yang namanya “buffer time” Non. Jadi misalnya sebenarnya untuk terbang dari A ke B butuh waktu 1 jam, tapi di jadwalnya bisa dijadwalkan 1,5 jam. Ini untuk “jaga-jaga” kalau bandaranya penuh/sibuk, masalah teknis kecil, menunggu penumpang telat boarding, pesawatnya delay dari penerbangan sebelumnya, dll. Nah, jika harinya pas hari “baik” dimana semuanya lancar, jadilah pesawatnya tiba di tempat tujuannya lebih awal daripada jadwal kan karena buffer time-nya nggak dipakai 😀 .

      Besarnya buffer time ini beda-beda sih tiap maskapai. Tapi yang aku amati, kecenderungannya kalau LCC buffer time-nya minim banget atau malah ga ada sama sekali. Ini untuk menekan “cost” soalnya LCC butuh utilitas pesawat (lama waktu pesawat mengudara) tinggi. Kalau buffer time-nya “kelamaan”, artinya pesawatnya bakal “kelamaan” di daratnya, haha. Tapi ya “risiko”-nya kalau delay sih. Buffer time ini kan bisa berfungsi “menyerap” delay. Di contoh di atas, kalau delay 15 menit pun masih aman kan karena buffer time-nya 30 menit, haha 😛 .

      Ini komen kok jadi panjang ya 😛 .

      1. nyonyasepatu says:

        Ahhh kayak gitu. Seru jg ya. Berarti tiap pesawat punya buffer time yg jg ngaruh ke biaya sewa “parkir”

        1. zilko says:

          Iya Non. Setelah tiba itu juga ada turnover time (waktu untuk menurunkan penumpang, mempersiapkan untuk penerbangan selanjutnya, menaikkan penumpang berikutnya), hahaha 😀 .

  2. mamie funky says:

    Keren lounge nya…makanan di pesawatnya juga keliatan enak2 ko

    1. zilko says:

      Iya, lounge barunya keren! Jadi nggak sabar nunggu lounge-nya resmi dibuka penuh! 😀 Iya makanan di Delta lumayan enak-enak 😀 .

  3. fahrizinfa says:

    Snack nya enak ya dapat magnum XD Btw, KLM Crown Lounge keren banget yaa konsepnya modern bangett

    1. zilko says:

      Iya, aku juga senang dapat Magnum itu! Hahaha 😀 . Iya, lounge yang baru ini modern banget suasananya! Aku suka! 😀 Makanya jadi penasaran ketika lounge-nya sudah benar-benar selesai nanti 😀 .

  4. niee says:

    itu snacknya menyenangkan banget ya ko. Duh pengen banget naik pesawat full service deh, hahahaha.

    1. zilko says:

      Iya Niee, apalagi kalau jarak jauh menurutku mendingan naik full service kok, bedanya juga sebenarnya nggak banyak-banyak amat kalau dihitung-hitung totalnya, hahaha 😛 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s