#2224 – The Last Full Week of 2018

ENGLISH

This week is the last full week of 2018. And because my year-end trip this year starts much later than usual, I … worked as normal this week! Well, not on Tuesday and Wednesday, of course, because these were public holiday in the Netherlands. But here, Monday, Thursday, and Friday were all regular working days; meaning I would have to use my holiday allowance to take these days off, haha, which, obviously, I didn’t.

Amsterdam’s Christmas Tree

I was actually quite excited coming into this week. I knew a lot of my colleagues would be away on holiday, which should mean a much “tranquil” atmosphere at the office. In theory, this should be a conducive environment for my core jobdesk which would be great for my productivity this week. It turned out that I failed to anticipate another factor: the holiday atmosphere. While it was true my office was “tranquil” this week, the fact that I knew the reason for this tranquility was because people were away with their family or off on vacation somewhere made it feel a little … well, “depressing” too. Also the fact that we just passed the winter solstice also didn’t help as, despite the relatively good weather this week, it was still generally quite “dark” throughout the days.

Don’t get me wrong, btw. Overall this has been a good week at work. I am very happy with my productivity this week as I finished a great deal of exploratory steps in a project I am currently involved in. This would speed my work up a lot, lot next year when I’m back from my vacationThe message of this post is just that apparently this week was not only filled with “positive” things which I expected it would be, haha. 

A turkey for Christmas dinner

Anyway, moving on to the more fun part, a friend of mine decided to throw a Christmas dinner party in her new house in Pijnacker (close to Delft) on Tuesday. I was invited and so of course I was in!! 😀 And indeed, it was really fun!! 😀

Speaking of Pijnacker, this small town is just about 7 km away from Delft, where I lived for 6.5 years. But in those 6.5 years, not even once I had ever stepped my foot there. I find it a little bit funny that now that I live in Amsterdam, that is like 60 km away, I finally go there 😛 .

I finally visited Pijnacker

BAHASA INDONESIA

Minggu ini adalah minggu penuh terakhir di tahun 2018. Dan karena perjalanan akhir tahunku tahun ini dimulai agak telat daripada biasanya, aku … ngantor seperti biasa aja dong minggu ini! Eh, kecuali hari Selasa dan Rabu sih karena kedua hari ini adalah tanggal merah di Belanda. Tapi di sini, hari Senin, Kamis, dan Jumat adalah haru kerja biasa; yang berarti aku harus menggunakan jatah cutiku kalau aku mau libur di hari-hari ini. Iya, di Belanda ini nggak ada deh yang namanya konsep cuti bersama, haha.

Pohon Natal di Amsterdam

Memasuki minggu ini aku sebenarnya merasa excited loh. Aku tahu banyak kolegaku akan pergi berlibur, yang mana artinya atmosfer di kantor akan menjadi lebih “tenang” daripada biasanya. Teorinya, ini adalah suasana yang kondusif untuk jobdesk utamaku yang akan menunjang produktivitasku minggu ini kan ya. Ternyata, aku lupa mengantisipasi faktor lain: atmosfer liburan. Walaupun memang benar kantorku terasa “tenang” minggu ini, pengetahuan bahwa ketenangan ini disebabkan karena orang lain sedang menghabiskan waktu bersama keluarga mereka atau sedang berlibur entah dimana gitu ternyata membuat suasana agak “tidak enak” juga. Winter solstice yang baru saja juga tidak membantu karena, walaupun cuacanya sebenarnya tergolong oke minggu ini, secara umum suasananya masih “redup” gitu deh sepanjang hari.

Eh, jangan salah mengerti ya. Secara keseluruhan sebenarnya minggu ini masih adalah minggu yang baik kok di kantor. Aku merasa puas dengan produktivitasku minggu ini karena aku menyelesaikan banyak banget langkah-langkah eksploratorif untuk suatu proyek yang mana aku terlibat mendalam. Hasil pekerjaanku ini akan sangat membantuku banget tahun depan setelah aku pulang dari liburanku nanti. Inti dari posting ini hanyalah bahwa minggu ini ternyata tidak hanya berisi hal-hal “positif” saja seperti yang aku perkirakan gitu maksudnya, haha.

Kalkun untuk acara Christmas dinner

Anyway, mari deh ngomongin hal yang lebih menyenangkan aja. Seorang temanku memutuskan untuk mengadakan acara makan malam Natal bersama gitu di rumah barunya di Pijnacker (di dekat Delft) di hari Selasa. Aku diundang dan jelas dong ya aku datang!! 😀 Dan memang, acaranya seru banget!! 😀

Ngomongin Pijnacker, kota kecil ini berlokasi hanya 7 km-an saja dari Delft, dimana aku tinggal selama 6,5 tahun. Tapi selama 6,5 tahun itu, tidak pernah loh sekalipun aku menginjakkan kaki di sana. Jadi rasanya agak lucu aja ya sekarang ketika aku tinggal di Amsterdam, yang jaraknya 60an km, aku baru pertama-kalinya pergi ke sana 😛 .

Akhirnya aku mengunjungi Pijnacker

9 Comments Add yours

  1. fahrizinfa says:

    Tanggung banget ya kak Zilko padahal kalau senin libur, lumayan banget bisa jadi semacam long weekend dari hari sabtu sampai rabu XD

    1. zilko says:

      Iya! Hahaha. Tahun lalu enak weekendnya dari Sabtu sampai Selasa, hahaha

  2. lovelyristin says:

    kadang malah gitu memang, yg dekat serasa jauh.. hahaha… berarti ada hikmahnya jg itu diundang makan malam di hari natal :p

  3. mysukmana says:

    ini aku juga banyak undangan mas zilko..tapi saya tidak merayakan..
    banyak hotel yang ngajakin makan malam. heheh
    but saya di rumah saja sambil blogwalking
    btw saya libur 4 hari nih di akhir tahun..
    lumayan kan..

    1. zilko says:

      Lumayan ya libur 4 hari!!

  4. niee says:

    bener banget. atmosfir liburan itu buat suasana hati perlu ditata dulu buat bekerja 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s