#2211 – A Fall Weekend in Sunny Madrid

ENGLISH

So I went to Madrid for a weekend trip this November; with the main reason being trying out Air Europa’s wide-body Amsterdam-Madrid flight, haha. But I did not make the trip as an Avgeek Weekend Trip because I decided to spend two nights in Madrid. And here is the story from my stay in Madrid.

I had been to Madrid once before this trip, that was in early 2013. At the time I thought if I had had to live in Spain, Madrid would have been a great choice. So my general impression of the city was good. And on this trip, somehow I felt like I had an even better impression of the city than how I remembered it from 2013! I think it had something to do with the weather, though, where Fall was peaking there …

Fall was peaking in Madrid

… and the weather was great as it was sunny with the temperatures being in the teens! My favorite! I even did not need my winter coat when I was exploring the city outdoors (I was quite prepared by also bringing my “regular” jacket with me on this short trip 😛 ). In fact, a winter coat would have been “too much” actually, haha. Coming from the Netherlands and how Fall typically is here, this was certainly a nice change of scenery! 😛

It was sunny in Madrid, with very comfortable temperature too!

One aspect from Madrid that I remembered from 2013 was how big the city was and we (my brother and I) relied on its extensive Metro (subway) system to get around. While its size was certainly big, on this trip somehow I felt like the city was much more “walkable” than how I remembered it from before, at least the “main” tourists area. It looked quite far on the map, but I actually walked all the way from Plaza de España to the El Retiro Park, and back (via Sol and the Royal Palace)! Sure it was a lot of walking, but it was doable! Though, beware that the city layout could be tricky which might prompted you to make the wrong turn if you weren’t aware.

Madrid

Anyway speaking of El Retiro, it was (still) one of my most favorite places in Madrid! The Fall photo above was taken there, btw. As the weather was great when I was there, the park was quite busy too. People were generally enjoying themselves, rowing in the Retiro Pond, enjoying some warm drink at some of the cafes there, or just simply exercising (there was at least one outdoor public gym and a couple of tennis courts, haha). Even though the  beatiful Crystal Palace also closed this time around.

El Retiro

One thing that definitely stood out from my Madrid 2013 trip was a … chimichurri sauce!! Lol 😆 It was the first time I had this Argentinian sauce and, since then, I have fallen in love with this sauce. Though, to be honest, that first chimichurri sauce was the best one that I have ever had; and somehow all those that I had afterwards wasn’t as good.

I used this photo from 2013 to help me tracking down the restaurant. That chimichurri sauce in this picture was the best one that I have ever had.

So after I booked my ticket to Madrid, I knew that I wanted to eat that sauce again! The problem? Well, I did not write down exactly where I had that sauce in 2013. So while I remembered the whereabout the restaurant was, I did not know exactly which one it was. And of course there was a possibility that the restaurant was no longer open, haha. But I made it my mission to find where it was, lol 😆 . In a sense, I felt like Marshall from HIMYM in The Best Burger in New York, haha 😆 .

I remembered that it was an Argentinian restaurant in one of the alleys near Puerta del Sol. I went around the area, which one street was very, very crowded, and saw a couple of Argentinian restaurants, but neither “rang my bell”. I resorted to Google but I also got nothing more…

A very crowded street in Madrid

Oh well, because it was dinner time already, I decided to go to one of them. Perhaps I was lucky that they also served great chimichurri sauce! So I ordered a sirloin steak. As expected, it was served with chimichurri sauce 😀 . And the sauce … turned out to be not as great as that first sauce that I had. It was still good, though …

A sirloin steak with chimichurri sauce in Madrid

So yeah, of course not all missions went succesfully; and unfortunately this mission of mine became one of those. But it was okay, I still had great dinner that evening anyway!! :mrgreen:

Anyway, so yeah, all in all, it was such a nice Fall weekend in Madrid!! Spain and Fall are, indeed, a good combination!! 😀

BAHASA INDONESIA

Ceritanya aku pergi ke Madrid untuk sebuah perjalanan akhir pekan bulan November ini; dengan alasan utama adalah untuk mencoba penerbangan dengan pesawat berbadan-lebarnya Air Europa di rute Amsterdam-Madrid, haha. Tapi aku tidak membuat perjalanan ini sebagai sebuah Avgeek Weekend Trip karena aku memutuskan untuk menginap dua malam di sana. Dan berikut ini cerita dari Madrid.

Aku sudah pernah ke Madrid satu kali sebelumnya, yaitu di awal tahun 2013. Waktu itu kesanku adalah jika aku harus tinggal di Spanyol, Madrid nampaknya adalah pilihan tempat yang baik. Jadi kesan umumku akan kotanya bagus lah. Dan di perjalanan ini, entah bagaimana kesan yang aku dapatkan adalah lebih bagus daripada sebagaimana yang kuingat dari tahun 2013 dulu loh! Aku pikir-pikir sepertinya ini setengahnya disebabkan oleh faktor cuaca sih, dimana kemarin ini musim gugur sedang puncak-puncaknya di sana …

Musim gugur lagi puncak-puncaknya di Madrid

… dan secara umum cuacanya juga sedang oke yaitu cerah dengan suhu udara di rentang belasan! Favoritku ini! Aku bahkan tidak memerlukan mantel musim dinginku loh ketika berjalan-jalan di kotanya (Persiapanku cukup lengkap kali ini dimana aku juga membawa jaket “biasa”-ku dalam perjalanan singkat ini 😛 ). Malahan, sebenarnya mantel musim dingin itu bakal “berlebihan” banget dah, haha. Dan baru saja datang dari Belanda yang mana tipikal cuaca musim gugurnya nggak enak,  tidak mengherankan perubahan suasana ini aku rasakan sangat amat positif banget lah ya! 😛

Cuaca di Madrid cerah, suhu udaranya nyaman banget pula!

Satu hal akan Madrid yang kuingat dari 2013 adalah ukuran kotanya yang besar dan kami (aku dan adikku maksudnya) cukup bergantung pada jaringan Metro (kereta bawah tanah)-nya yang ekstensif untuk berkeliling. Walaupun memang ukuran kotanya besar, di perjalanan kali ini aku merasa ternyata kotanya masih bisa dijelajahi dengan berjalan-kaki kok, setidaknya area turistik “utama”-nya ya. Walaupun nampak jauh di peta, aku berjalan-kaki dari Plaza de España hingga Taman El Retiro, dan kemudian kembali lagi (melalui Sol dan Royal Palace)! Memang sih aku berjalan-kaki jauh hari itu, tapi masih bisa lah! Walaupun, perhatikan bahwa tata kotanya lumayan rumit ya sehingga kalau tidak awas bisa-bisa salah belok dan kemudian tersesat deh.

Madrid

Anyway ngomongin El Retiro,taman ini (masih) adalah salah satu tempat favoritku di Madrid! Foto musim gugur di atas aku ambil di sana, btw. Dan karena cuacanya lagi oke, tamannya juga ramai banget hari itu. Banyak orang menikmatinya, ada yang naik kapal dayung di Kolam Retiro, duduk-duduk sambil menikmati minuman hangat di beberapa kafe di sana, atau berolahraga (ada gym umum outdoor dan beberapa lapangan tenis, haha). Sayangnya hari itu Istana Kristal (Crystal Palace)-nya sedang ditutup.

El Retiro

Satu hal yang menonjol di ingatanku dari perjalanan ke Madrid tahun 2013 dulu adalah … saus chimichurri!! Huahaha 😆 . Waktu itu adalah kali pertama aku makan saus asal Argentina ini dan, semenjak itu, aku jatuh cinta dengannya! Walaupun sejujurnya, saus chimichurri pertama itu adalah yang paling aku sukai sih; dan entah bagaimana ceritanya setelah itu saus-saus chimichurri lain yang aku makan (di tempat-tempat lain) tidak ada yang seenak yang pertama itu!

Aku menggunakan foto dari tahun 2013 ini untuk membantuku mencari restorannya. Saus chimichurri di foto ini adalah yang paling enak yang pernah kumakan.

Jadilah setelah aku membeli tiket ke Madrid, aku tahu aku ingin makan saus yang itu lagi! Masalahnya? Dulu aku tidak menuliskan nama restorannya! Jadilah walaupun aku masih bisa mengkira-kira dimana lokasi restorannya, aku tidak ingat persisnya ada di sebelah mana. Dan tentu saja ya ada kemungkinan juga restorannya sudah tutup, haha. Ah, tapi ini justru seru deh untuk aku jadikan misi mencari restorannya, haha 😆 . Di satu sisi, aku jadi merasa seperti Marshall dari serial HIMYM di episode The Best Burger in New York nih, haha 😆 .

Aku ingat restorannya adalah sebuah restoran Argentina di salah satu gang di dekat Puerta del Sol. Jadilah areanya aku kelilingi, yang mana salah satu jalanannya itu rame banget penuh orang dong, haha. Aku menemukan dua restoran Argentina, tetapi seingatku restoran yang aku cari bukan salah satu di antara dua ini. Akhirnya aku mengecek Google, tetapi aku tidak menemukan restoran lain…

Jalan ini rame banget di Madrid

Ah ya sudah lah, karena sudah jam makan malam, ya sudah aku memutuskan untuk makan malam di salah satunya. Siapa tahu juga aku beruntung restorannya juga menyajikan saus chimichurri yang enak kan ya! Jadilah aku memesan sirloin steak. Dan seperti dugaanku, steak-nya disajikan dengan saus chimichurri 😀 . Dan sausnya … ternyata tidak seenak yang dulu pertama kali aku makan itu. Tetapi masih enak-enak aja sih sebenarnya …

Sirloin steak dengan saus chimichurri di Madrid

Jadi ya gitu deh, tidak semua misi akan berlangsung sukses kan ya; dan sayangnya misiku kali ini juga begitu. Tapi nggak apa-apa sih, toh makan malamnya sebenarnya masih enak kok!! :mrgreen:

Anyway, begitu deh, secara keseluruhan, akhir pekan musim gugur di Madrid ini seru dan asyik banget!! Spanyol dan musim gugur ternyata memang adalah kombinasi yang cocok!! 😀

Advertisements

12 Comments Add yours

  1. mysukmana says:

    sirloinnya menggoda sekali kak

    1. zilko says:

      Sirloinnya memang enak!! 😀

  2. Phebie says:

    Ngga lanjut Barcelona? Hehe…memang nyari tempat mkn enak itu rela muter2 ya

    1. zilko says:

      Lanjut!! Tapi dua minggu kemudian, hahahaha 😆 . Iya! Kadang harus muter-muter banget untuk nyari lokasinya. Apesnya, nggak selalu ketemu! Keburu lapar jadilah makan “seadanya” 😛 .

  3. nyonyasepatu says:

    Zi, kayaknya kalau boleh milih musim gugur itu paling seru ya

    1. zilko says:

      Tapi cuacanya (kalo di Belanda) seringnya nggak seru Non musim ini, hahaha. Tapi kalau pas cuacanya bagus (kayak pas di Madrid ini), memang asyik sih! 😀

      1. nyonyasepatu says:

        sering ujan ya kalau musim guugr

        1. zilko says:

          Iya Non, ujan, berkabut, mendung (tebal). Ya gitu dah, hahaha 😛 .

          1. nyonyasepatu says:

            langsung kena winter blues Zi hehe

            1. zilko says:

              Iya banget Non! Mempengaruhi mood banget dah!

  4. niee says:

    Ahh. aku kadang juga suka bete sendiri sama diri sendiri klo gak mencatat hal yang penting gitu ko. Rasanya dulu ya gak penting juga, tapi sekalinya diulang dan lupa jadi gregetan sendiri. hahahaha.

    btw, spanyol itu sepertinya kece ya. dari dua kotanya ini.

    1. zilko says:

      Iya Niee. Suatu saat ketika dibutuhkan jadi nggak ketemu ya informasinya! 😀

      Iya, Spanyol memang asyik pas musim gugur/musim dingin Niee 😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s