#2204 – A Weekend in Stockholm

ENGLISH

I went to Stockholm for a weekend trip in mid-October. Here is the story of that trip.

To get to/back from Stockholm, I took a return non-stop flight with KLM. The two flights were both pleasant regular intra-European flights with KLM so there is not much to share, haha. Well, only that I had flown both 737s before, a Boeing 737-700 PH-BGL and a Boeing 737-800 PH-BGA.

Unlike my previous, and only, trip to Stockholm, it was Fall this time around. And this season was evident all around the city with all the fallen leaves and the trees which had started to turn yellow/orange. It was beautiful indeed!

Fall in Stockholm

But of course the Fall did not only come with the fallen leaves. It had also started to get colder (Though I was prepared for this), and there was a lot of cloud hanging as well. Though for this, I am still grateful that at least it wasn’t raining, haha 😛 .

The Gondolen in Södermalm

Anyway for this short trip, I decided to explore the part of Stockholm which I did not visit in my previous trip. And for this, I went to the Södermalm island as it appeared that there were a few interesting places there, for instance the “Gondolen” which basically was a man-made lookout point. Too bad there were some construction works going on around the area at the time which “obstructed” the view.

That construction work though …

Perhaps I am wrong on this, but it seemed that the further from Gamla Stan in Södermalm, the more “modern” the buildings were, which perhaps wasn’t that surprising, haha.

It being October, unsurprisingly the Halloween atmosphere was also quite strong in the city. But interestingly, the atmosphere did not only come from the “artificial” commercial activities (like putting a lot of Halloween-themed accessories, or even products (like the Pumpkin Latte), here and there).

Halloween in Stockholm

So I decided to walk in Gamla Stan after dinner on my first evening. Gamla Stan was basically the center of Stockholm’s Old Town, with a lot of cobblestone alleys and old buildings. Some of these alleys were quite “out of the way” and so there weren’t a lot of passersby. I happened to walk on a few of these “alleys” and, accompanied with the “chilly” evening Fall temperature, somehow made me think of the Halloween immediately! Lol 😆

A quiet alley in Gamla Stan at night

Even a few steps after I took the picture above, I actually saw a “Ghost Walk Tour”, lol 😆 . Anyway but as before, I found Gamla Stan to be beautiful! 😀

I arrived in Stockholm on Friday afternoon. And I immediately knew that for my first dinner, obviously I wanted the … famous Swedish meatballs! Haha 😀 . Luckily it wasn’t difficult to find a restaurant providing this dish there (and obviously not an IKEA, lol 😆 ). It was tasty!! 😀

Swedish meatballs in Stockholm

I also had a delicious beef rydberg for brunch there; and, following Eva‘s recommendation, tried out a Thai restaurant in the Norrmalm area. I almost ordered the fish red curry dish but then the menu book labelled the dish with four chilis. And so I decided to play it safe and ordered a beef dish with garlic sauce which wasn’t spicy at all (Yep, I don’t really like spicy food, haha) 😛 . It was also delicious! 😀

BAHASA INDONESIA

Aku pergi ke Stockholm untuk sebuah perjalanan akhir pekan di pertengahan Oktober. Berikut ini cerita dari perjalanan itu.

Untuk pergi ke/dari Stockholm, aku mengambil penerbangan non-stop pp dengan KLM. Kedua penerbangannya adalah penerbangan reguler intra-Eropa yang nyaman dengan KLM sehingga nggak banyak yang bisa kutulis di sini, haha. Hmm, cuma aku sudah pernah terbang dengan kedua 737nya sih sebelunya, yaitu Boeing 737-700 PH-BGL dan Boeing 737-800 PH-BGA.

Berbeda dari kunjunganku sebelumnya, dan satu-satunya, ke Stockholm, kali ini aku berkunjung di musim gugur. Dan musim ini sudah nampak nyata di seluruh penjuru kota dengan banyaknya daun-daun yang telah berguguran dan pohon-pohon yang sudah mulai menguning/mengoranye. Kece lah memang!

Musim gugur di Stockholm

Tapi tentu saja musi gugur tidak hanya datang dengan daun-daun yang berguguran saja. Cuaca di sana juga sudah semakin mendingin (Walaupun aku sudah persiapan untuk ini sih), dan juga cuacanya amat berawan di sana. Walaupun untuk hal ini aku masih bersyukur sih untuk cuacanya yang tidak hujan, haha 😛 .

Gondolen di Södermalm

Anyway untuk perjalanan singkat ini, aku memutuskan untuk mengunjungi area Stockholm yang belum kukunjungi di perjalananku yang lalu. Dan untuk ini, aku pergi ke area pulau Södermalm karena nampak ada beberapa tempat menarik di sana, misalnya saja “Gondolen” yang merupakan struktur lookout point buatan. Sayang banget waktu itu sedang ada beberapa pekerjaan konstruksi yang mana “mengganggu” pemandangannya, haha.

Pekerjaan konstruksinya itu lho …

Bisa jadi aku salah untuk ini, tapi sepertinya semakin jauh dari Gamla Stan di Södermalm, bangunan-bangunan di pulaunya juga menjadi lebih “modern” gitu, yang mana mungkin nggak mengherankan sih.

Yang namanya bulan Oktober, tentu atmosfer Halloween juga terasa di kotanya ya. Tapi menariknya, atmosfer ini tidak hanya datang dari aktivitas komersil “buatan” gitu (maksudnya dari aksesoris-aksesoris bertemakan Halloween, produk-produk bertemakan serupa (misalnya latte labu), di sana-sini).

Halloween di Stockholm

Jadi ceritanya aku berjalan-kaki di Gamla Stan setelah makan malam di malam pertamaku di sana. Gamla Stan pada dasarnya adalah pusat dari Kota Tuanya Stockholm, dengan jalanan berbatu dan bangunan-bangunan tua. Beberapa jalanan ini agak “terpisah/terpencil” gitu sehingga tidak banyak orang yang lewat. Kebetulan aku melewati beberapa di antaranya dan, dikombinasikan dengan suhu musim gugur malam itu yang sudah lumayan dingin, kok aku langsung jadi teringat Halloween ya! Hahaha 😆

Sebuah jalanan yang sepi di Gamla Stan di malam hari

Bahkan beberapa langkah setelah aku mengambil foto di atas, aku melihat ada “Tur Hantu” loh, hahaha 😆 . Anyway, seperti dulu, Gamla Stan itu indah banget! 😀

Aku tiba di Stockholm di hari Jumat sore. Dan aku langsung tahu untuk makan malam, jelas aku mau … Swedish meatballs yang terkenal itu! Haha 😀 . Beruntung tidak sulit menemukan restoran yang menyajikan ini di sana (dan jelas bukan IKEA ya, haha 😆 ). Enak!! 😀

Swedish meatballs di Stockholm

Aku juga makan rydberg daging sapi untuk brunch di sana; dan, mengikuti rekomendasinya Eva, mencoba sebuah restoran Thailand di area Norrmalm. Aku nyaris memesan ikan kari merah di sana tapi buku menunya menandai masakan ini dengan empat label cabai. Dan jadilah aku memutuskan untuk main aman aja dan memesan menu daging sapi dengan saus bawang putih yang nggak pedas sama sekali (Anaknya nggak suka pedas memang, haha). Dan juga enak kok! 😀

12 Comments Add yours

  1. kutubuku says:

    Duh Ko, padahal ikan nya itu enak bingitssss…. kamu orang Jogja ya ga suka pedes 😛

    1. zilko says:

      Huahahaha, next time bakal nekad cobain deh kalau gitu 😀 .

  2. fahrizinfa says:

    jalanan yang sepi dii Gamla Stan serem juga ya.. masalahnya sepi banget kayanya takut ada apa apa.. jadi keinget adegan serem di film2 horor XD Sepertinya kalau ikut tur hantu menarik kak Zilko hahaha 😀

    1. zilko says:

      Iya, suasananya jadi serem-serem gimana gitu, hahaha 😛 . Kalau ada “apa-apa”-nya maksudnya kriminal sih sebenarnya Stockholm termasuk kota yang aman banget kok 😀 . Tapi biarpun begini yang namanya waspada tetap perlu lah ya 🙂 . Huahaha, aku juga nggak suka tema horor begitu. Iya sih kayaknya tur hantu seru, tapi kayaknya pass aja dah 😛 .

  3. adhyasahib says:

    kirain Zilko ikut tur hantu juga😁. Ternyata gak kuat makan pedas ya

    1. zilko says:

      Huahaha, nggak suka tema horor nih jadi pass aja dah tur hantunya 😛 . Kalau pedasnya sedikit sih oke lah, kalau lebih dari itu baru deh jadi ngga suka, hahaha 😛 .

  4. nyonyasepatu says:

    Kenapa gak ikut tur hantu Zi?

    1. zilko says:

      Soalnya memang ngga suka tema horor Non, hahaha 😛 .

  5. niee says:

    Ah, penasaran itu tur hantunya isinya apaan yak. Lain kali ikutan dong ko 😛

    1. zilko says:

      Huahaha, gak suka tour yang begituan sih Niee aku 😛 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s