#2201 – The Big Three Oh Trip (Part IX: Air France/KLM IAD-CDG-AMS in Economy)

ENGLISH

Posts in the Big Three Oh Trip series:
1. Introduction
2. Part I: The Flights Drama
3. Part II: Premium Economy to New York
4. Part III: New York
5. Part IV: The 2018 US Open
6. Part V: New York Attractions
7. Part VI: Washington D.C.
8. Part VII: The National Mall
9. Part VIII: The Museums in D.C.
10. Part IX: Back to Europe

My routing back to Amsterdam this time around. Created with gcmap.com

As they say, time flies when you have fun. This was also the case in this trip where it felt like I had just arrived in New York when it was time already to go back to Europe. Anyway, this time I had to go to Dulles Airport (IAD) instead of Ronald Reagan National Airport (DCA) because IAD was the main intercontinental gateway of Washington, D.C. as flights operation at DCA was restricted.

A Silver Line metro in D.C. to Wiehle-Reston East

Anyway to get to the airport I decided to take public transportation. The Silver Line metro was being extended to eventually reach IAD but as of September 2018, the construction had not yet been finished. And so for the moment the option was to travel with the metro its current terminus, that was Wiehle-Reston East, and, from there, transferred to an Washington Flyer Express Bus. It took about 45 minutes from D.C. city center to Wiehle-Reston East (cost $3.85), and another 10 to get to the airport (cost $5). In my research I found a slightly cheaper option with the public Metrobus 5A btw but, obviously, I didn’t take it.

The Washington Flyer Silver Line Express bus

Long story short I checked-in for my flight at the Air France/KLM counters and got my boarding passes. I then cleared security and took a people mover to Concourse A. The Air France/KLM Lounge was conveniently located literally across the gate. Of course, I waited for my flight in this lounge.

Washington Dulles International Airport

I arrived just before the departure of an Air France’s A380 flight to Paris (not my flight) and so the lounge was awfully crowded when I arrived. But once boarding of that flight was called, the lounge turned much nicer, haha. This also allowed me to freely choose one seat by the large window overlooking the airport! IMO, this was the best kind of view a lounge could provide! In fact, I think all lounges should have this! Lol 😆

A glass of champagne with great view at the Air France Lounge at Dulles Airport

Anyway, I found the lounge to be overall better than their counterpart at Chicago O’Hare Airport. For once, it was larger (in all dimensions, including height with its high(er) ceiling) resulting in a roomy atmosphere. The food and drink selection was also decent, with some cold sandwiches and several simple warm options. Though, of course it did not beat their counterpart at New York John F. Kennedy Airport which came with complimentary spa treatment, haha, and was much larger.

The Air France Lounge at Washington Dulles Airport

My flight today would be operated by an Air France’s Boeing 777-200ER reg F-GSPG. I momentarilly left the lounge when F-GSPG had just arrived from Paris to snap some pictures while it was still daylight outside. This turned out to be a great decision because it was so difficult to snap a picture later on when it had already been dark due to the reflection on the windows, haha.

An Air France’s Boeing 777-200ER reg F-GSPG which would bring me back to Europe as flight AF 27

Long story short it was time for boarding, which went on time. I boarded the plane and settled onto my 24L seat. I assigned myself this seat, of course, after checking Seatguru to make sure that it was “fine”. And so I was really surprised (in a negative way) when I found out this was my seat:

Window seat 24L turned out to be … windowless

Darn!! It turned out to be a windowless window seat!! 😱😡 Basically the worst window seat ever! Well, at least it would be a night flight so it was not like I would miss much anyway and perhaps they would close the windows for the most part of the flight. And if I fully reclined my seat, I got like 1/3 of the window just behind my seat, haha. But still, I wasn’t very impressed 😤.

Not impressed…

Long story short, boarding went quite efficiently (and, unfortunately, both seats next to me were taken) and we departed on time. The safety demo was played in the IFE screen and we took off from runway 30 of Dulles Airport.

After the seatbelt sign was switched off, the flight attendants distributed refreshing towels and the menu card. Not long after, the dinner service was provided. Between the chicken and pasta options, of course I chose the chicken, haha. I asked for champagne for the drink, and the flight attendant asked if I wanted some wine as well. But considering that both seats next to me were taken, I said no to lower the probability that I would need to use the lavatory often after that, haha 😛 . Anyway the food was okay, though I could not finish the lentil salad. After dinner, a warm drink service was provided.

The dinner service on Air France flight AF27 IAD-CDG

Luckily, F-GSPG was already equipped with Air France’s newest IFE generation (Air France Touch), unlike in my previous Air France Boeing 777-200ER flight almost four years ago which IFE (and general cabin interior for that matter) was extremely outdated, haha. Though, it felt like the library was a little bit smaller than on my recent Paris to New York flight on board a Boeing 777-300ER in Premium Economy (read Part II). But it was still decent. As I wasn’t sure if I would get some sleep on this redeye flight or not, I decided to just watch some TV series in case I got sleepy, haha. And so I watched a few of The Big Bang Theory episodes.

The Big Bang Theory

And unsurprisingly, I couldn’t really “sleep” on this flight. A few hours into the flight, it was already morning outside. About an hour before landing, the light breakfast service was provided, which consisted of yoghurt, orange juice, and a muffin; oh, and some warm drinks as well.

The light breakfast service on Air France flight AF27 IAD-CDG

Long story short at 09:56 AM, we landed smoothly at runway 09L of Paris-Charles De Gaulle International Airport. F-GSPG parked at Hall K of Terminal 2E and we then disembarked the plane. I crossed the terminal to Terminal 2F, along the way clearing security and immigration, and waited at my “usual” Air France Lounge. I went to the lower level of the lounge where it was much quieter as I would like to rest a little bit too.

A KLM’s Boeing 737-900 reg PH-BXS

Btw, my KLM flight back to Amsterdam got “upgraded” from a Boeing 737-800 to the much “rarer” Boeing 737-900! I was quite excited about this because it had been awhile (more than two years) since I flew a 737-900! Lol 😆 . Anyway, this time it would be operated by PH-BXS, named “Buizerd”.

The cabin of PH-BXS

And after I settled onto my seat, I was quite relieved to see my bag being loaded to the plane. This was an assurance that there would be no missing luggage drama on this leg of the trip. Finally (read Part I)!! Lol 😆

It was nice to know there would be no missing luggage drama this time around.

Anyway, it was a regular and pleasant short-haul Paris-Amsterdam flight with KLM so I wouldn’t get to too much details 😀 . The flight went on-time where at 15:39, we smoothly landed at Schiphol Airport in Amsterdam.

At Schiphol Railway Station, I felt quite relieved that, aside from the windowless window seat situation, this trip back to Amsterdam was drama-free. This feeling turned out to be a jynx because this time, it was the Dutch train service’s turn to have some problems, lol 😆 . There was no direct train to Amsterdam Centraal. I checked my 9292 app for alternatives; and took one which was a bit of a detour but at least it wasn’t disrupted, lol 😆 .

And here, my awesome, but full of (travel) drama, Big Three Oh Trip officially ended.

THE END.

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Perjalanan Besar Tiga Nol:
1. Introduction
2. Part I: The Flights Drama
3. Part II: Premium Economy to New York
4. Part III: New York
5. Part IV: The 2018 US Open
6. Part V: New York Attractions
7. Part VI: Washington D.C.
8. Part VII: The National Mall
9. Part VIII: The Museums in D.C.
10. Part IX: Back to Europe

Ruteku untuk pulang ke Amsterdam hari ini. Dibuat dengan gcmap.com

Kata orang kan waktu berlalu dengan cepat ketika kita bersenang-senang kan ya. Dan ini juga berlaku di perjalanan ini dimana rasanya aku baru saja tiba di New York ketika sudah waktunya untukku kembali ke Eropa. Ngomong-ngomong, kali ini aku menggunakan Bandara Dulles (IAD) bukannya Bandara Nasional Ronald Reagan (DCA) karena memang IAD adalah pintu antar-benuanya Washington, D.C. selain juga karena operasional penerbangan di DCA yang memang dibatasi.

Metro jalur Silver di D.C. menuju Wiehle-Reston East

Anyway untuk pergi ke bandaranya aku memutuskan untuk menaiki transportasi umum. Kereta metro jalur Silver sedang diperpanjang untuk akhirnya nanti mencapai Bandara IAD. Namun per September 2018, pekerjaan konstruksi ini masih belum selesai. Jadilah untuk sementara pilihannya adalah untuk naik metronya hingga stasiun paling ujung kali ini, yaitu Wiehle-Reston East, dan, dari sana, berpindah naik Bus Ekspres Washington Flyer. Perjalanan dari pusat kota D.C. ke Wiehle-Reston East memakan waktu 45an menit (biayanya $3,85), dan bus dari sana ke bandara memakan waktu 10an menit (biayanya $5). Sebenarnya dari risetku aku menemukan pilihan lain yang sedikit lebih murah sih, yaitu dengan naik bus umum jalur 5A, tapi jelas kali ini aku tidak memilihnya.

Bus ekspres Washington Flyer Jalur Silver

Singkat cerita, aku check-in untuk penerbanganku di konter Air France/KLM dan mendapatkan boarding passes-ku. Setelah pemeriksaan sekuriti, aku naik kereta otomatis ke Concourse A. Lounge-nya Air France/KLM berlokasi pas banget, tepat di seberang gate-nya, haha. Jelas, aku menunggu penerbanganku di lounge ini.

Bandar Udara Internasional Washington Dulles

Aku tiba di lounge-nya tepat sebelum keberangkatan penerbangan Airbus A380-nya Air France ke Paris (bukan penerbanganku) sehingga waktu itu lounge-nya rame banget. Begitu penerbangan A380 itu boarding, lounge-nya berubah menjadi lebih nyaman deh, haha. Ini juga berarti aku bisa bebas untuk memilih kursi di sebelah jendela raksasa yang menghadap ke arah bandaranya! Menurutku, view begini adalah yang paling oke dari lounge apa pun! Seharusnya pemandangan dari semua lounge kayak gini dah! Haha 😆 .

Segelas champagne dengan pemandangan kece di Lounge Air France di Bandara Dulles

Anyway, secara keseluruhan menurutku lounge-nya lebih oke daripada lounge-nya Air France di Bandara O’Hare di Chicago. Pertama-tama, lounge ini lebih besar (dari segala dimensi, termasuk tingginya dengan langit-langit yang lebih tinggi) sehingga terasa lapang. Pilihan minuman dan makanannya juga oke lah, dengan beberapa sandwich dingin dan beberapa pilihan hangat sederhana. Walaupun, tentu saja lounge-nya tidak bisa mengalahkan lounge-nya Air France di Bandara John F. Kennedy di New York yang memberikan layanan spa treatment gratis, haha, dan juga lebih luas lagi.

Lounge Air France di Bandara Washington Dulles

Penerbanganku hari ini akan dioperasikan Air France dengan pesawat Boeing 777-200ER rego F-GSPG. Aku keluar sebentar ketika F-GSPG baru saja mendarat dari Paris untuk memfoto pesawatnya selagi masih terang di luar. Ini adalah keputusan yang baik karena sulit untuk mendapatkan foto yang oke setelah gelap karena bayangan yang muncul di jendela, haha.

Sebuah Boeing 777-200ER rego F-GSPGnya Air France yang akan membawaku kembali ke Eropa sebagai penerbangan AF 27

Singkat cerita tiba lah waktu boarding, yang berlangsung tepat waktu. Aku menaiki pesawatnya dan duduk di kursi 24L-ku. Aku memilih kursi ini, tentu saja, setelah mengecek Seatguru untuk memastikan kursinya “baik-baik saja”. Dan jadilah aku kaget (secara negatif) ketika aku melihat kursiku ini:

Kursi jendela 24L-ku ternyata … tidak berjendela

Sialan!! Ternyata kursi jendelanya tidak berjendela, alias kursi tembok derita!! 😱😡 Pada dasarnya kursi jendela paling malesin lah ya ini! Yah, seenggaknya ini adalah penerbangan malam sih jadi toh aku nggak akan melewatkan banyak pemandangan juga dan mungkin pramugarinya akan meminta jendela untuk ditutup di hampir sepanjang perjalanan. Dan toh jika kursinya aku mundurkan (recline) maksimal, aku akan mendapatkan sekitar 1/3 dari jendela yang di belakang kursiku itu, haha. Tapi tetap aja lah ya, aku sebal 😤.

Sebal…

Singkat cerita, boarding berlangsung efisien (dan, sayangnya, kedua kursi di sampingku terisi) dan kami berangkat tepat waktu. Video peragaan keselamatan dimainkan di layar IFE dan kami lepas landas dari landasan pacu 30 Bandara Dulles.

Setelah tanda sabuk pengaman dipadamkan, awak kabin membagikan handuk dan kartu menu. Tak lama setelahnya, makan malam disajikan. Dari pilihan ayam dan pasta, jelas lah aku memilih ayam, haha. Aku meminta champagne untuk minumannya, dan pramugarinya sekalian menawarkan wine. Tapi karena kedua kursi di sampingku terisi, aku menolak wine-nya untuk mengecilkan peluangku butuh sering pergi ke toilet setelahnya, haha 😛 . Anyway, makanannya standar lah, walaupun salad lentil-nya aku tidak habis. Setelah makan malam, mereka menyajikan layanan minuman hangat.

Layanan makan malam di Air France penerbangan AF27 IAD-CDG

Untungnya, F-GSPG sudah dilengkapi dengan IFE generasi terbarunya Air France (Air France Touch), nggak kayak penerbangan dengan Boeing 777-200ERnya yang lalu sekitar empat tahun yang lalu yang mana IFE (dan interior kabinnya secara umum sih) sudah jadul dan bulukan banget, haha. Walaupun, rasanya library-nya sedikit lebih kecil deh dibandingkan dengan penerbanganku yang lalu dari Paris ke New York dengan pesawat Boeing 777-300ER di Premium Economy (baca Bagian II). Tapi masih oke lah. Karena aku tidak yakin aku akan bisa tidur di penerbangan ini atau tidak, aku memutuskan untuk menonton serial TV saja untuk berjaga-jaga andai aku mengantuk, haha. Dan jadilah aku menonton beberapa episodenya The Big Bang Theory.

The Big Bang Theory

Dan ternyata benar dugaanku, aku nggak bisa “tidur” di penerbangan ini. Beberapa jam kemudian, di luar sudah pagi. Sekitar satu jam sebelum mendarat, layanan sarapan ringan disajikan, yang terdiri dari yoghurt, jus jeruk, dan muffin; oh, dan juga minuman hangat.

Layanan sarapan ringan di penerbangan Air France AF27 IAD-CDG

Singkat cerita, jam 09:56 pagi pesawat mendarat dengan mulus di landasan pacu 09L Bandara Paris-Charles De Gaulle. F-GSPG parkir di Hall K Terminal 2E dan kami kemudian turun. Aku menyeberangi terminal menuju Terminal 2F, dimana di jalan ada pemeriksaan sekuriti dan imigrasi, dan kemudian menunggu di Lounge Air France “langganan”-ku. Aku turun ke lantai bawah dari lounge-nya yang memang bersuasana lebih tenang karena aku ingin beristirahat.

Sebuah Boeing 737-900 rego PH-BXSnya KLM

Btw, penerbangan KLMku kembali ke Amsterdam hari ini di-“upgrade” dari Boeing 737-800 ke Boeing 737-900 yang lebih “jarang” ada itu loh! Aku merasa cukup excited dengan ini karena sudah lumayan lama (lebih dari dua tahun) semenjak aku terakhir terbang dengan 737-900! Haha 😆 . Anyway, kali ini penerbangannya dioperasikan oleh PH-BXS yang bernama “Buizerd”.

Kabin PH-BXS

Dan setelah aku duduk di kursiku, aku merasa lega ketika melihat bagasiku dimasukkan ke dalam pesawatnya. Ini adalah kepastian bahwa kali ini aku tidak harus berhadapan dengan drama bagasi yang hilang di perjalanan ini. Akhirnya (baca Bagian I)!! Hahaha 😆 .

Lega deh ketika tahu kali ini tidak akan ada drama bagasi hilang.

Anyway, penerbangannya adalah penerbangan reguler dan nyaman jarak-dekat Paris-Amsterdam dengan KLM sehingga tidak akan kuceritakan mendetail 😀 . Penerbangannya tepat waktu dan jam 15:39, mendarat di Bandara Schiphol di Amsterdam.

Di Stasiun Schiphol, aku merasa lega bahwa, selain situasi kursi tembok derita, penerbangan ke Amsterdam ini mulus-mulus aja dan bebas drama. Nah, ternyata perasaan lega ini adalah jynx dong karena kali ini giliran kereta apinya Belanda yang menghadapi masalah, hahaha 😆 . Tidak ada kereta langsung ke Amsterdam Centraal kali ini. Jadilah aku membuka app 9292 untuk mengecek alternatifku; dan kemudian memilih satu yang mana rutenya sebenarnya agak memutar, tapi setidaknya sedang tidak ada gangguan di rute ini, haha 😆 .

Dan di sini, Perjalanan Besar Tiga Nolku yang seru, tapi banyak dramanya, resmi selesai.

SELESAI.

10 Comments Add yours

  1. fahrizinfa says:

    Memang engga enak banget ya kak zilko kalau duduk di kursi yang engga ada jendelanya, padahal pemandangan dari jendela itu hiburan banget kan yaa 😆

    1. zilko says:

      Iya! Untungnya penerbangannya malam sih jadi toh pemandangan dari jendelanya juga kebanyakan gelap doang, haha 😛 . Tapi tetap aja … 😛

  2. adhyasahib says:

    wkwkwk lucu banget kursi tembok derita😂, walaupun maksa kursinya di mundurin dapet jendelanya cuma sedikit.
    Ternyata masih ada drama di akhir perjalanan ya Ko, untung ada alternatif rute lain walaupun harus memutar

    1. zilko says:

      Huahaha, lebay ya istilahnya 😛 . Tapi iya, nyebelin banget kalau dapat kursi jendela yang begini! 😛

      Iyaa, padahal aku pikir dramanya sudah selesai semua soalnya sudah tiba di Schiphol lagi. Eh ternyata masih ada drama satu lagi…

  3. niee says:

    Liburan itu emang berasa cepet banget ya ko. apalagi pas balik gini. rasanya pekerjaan rumah yang ditinggal kemudian kepikiran lagi. hahahaha

    1. zilko says:

      Iya, padahal kayaknya sudah lumayan lama perginya, tapi pas saatnya pulang berasa cepet banget dan baru aja dimulai, hahaha 😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s