#2185 – A New Smartphone

ENGLISH

So far, I have overall been very satisfied with my iPhone 5S that I bought over four years ago. Yep, OVER four years and the smartphone still works just fine. I think this has been the most durable phone I have ever had! My decision to choose an Apple product four years ago was mainly driven by iPhone’s well-known reliability in terms of its longevity. And, IMO, this smartphone is an operating testimony for this!

This iPhone 5S still works just fine overall.

Notice that I use the word “overall” above. This is because, of course,ย there have been a few minor “glitches” which appear to occur a little bit more frequently as of late but do not make the iPhone unusable or so, haha. I started to notice this last year on my weekend trip to Bremen, which prompted me to find its DFU modeย which, since then, I have used a few more times ๐Ÿ˜› . And I think the battery has been a little bit problematic too where sometimes it drops by about 15-20% out of nowhere.

And not to mention that four years ago I chose the “basic” version with only 16GB of memory as I thought it should be enough. While this was true for a while, I failed to anticipate my future need four years later as 16GB pretty much means nothing nowadays, lol ๐Ÿ˜† .

As a result, pretty much everyday my iPhone had to go through “memory cleaning” like this

Earlier this summer, I found out that it couldn’t update its software as there was not enough free space! And … it has generally been a little wee bit slow too.

All of these mean that indeed, as the iPhone is over four years old anyway (In accounting terms, it has been “fully depreciated” ๐Ÿ˜› ), for months I have been toying with the idea of buying a new iPhone. I almost did so earlier this summer when a friend of mine told me it would be better to wait until this Fall when the new models would have been released. This was a very reasonable and spot-on suggestion; which I, then, followed.

And then iPhone released their newest models (iPhone XS, XS Max, and XR) this September. It was then almost time to do the purchase. I then looked into my big expenses plan this Fall and decided that November would be an ideal time for the purchase while still keeping my monthly “financial sheets” in the green zones throughout ๐Ÿ˜› .

But then, early last week I learned of a small deal on the abonnementย (subscription) offer from my phone provider! All I had to do was to make the purchase at the second half of the week. Btw in general here in the Netherlands, purchasing a smartphone with an abonnement is a better deal (as in cheaper ๐Ÿ˜› ) than purchasing it at the store; and this time there would even be a further discount on that!

Darn now I really had to rethink of my planning! This was quite a nice offer but for sure would put my financial sheet down to the red this month ๐Ÿ˜› . Lucky I found out about this a couple of days before the offer started so I could sleep on it first before making a decision ๐Ÿ˜› . And, in the end, I decided that I would take advantage of this deal!

As for the model, upon further inspection, which mostly consisted of chats with more than one friend who were more knowledgeable than myself on the matter ๐Ÿ˜› , I decided to go for the iPhone X model from last year (Because IMO there is not so much difference/improvements introduced in the XS model), which price had dropped a little bit here too ๐Ÿ˜› . I also decided to choose the “basic” model with 64GB memory because, aside from the 256GB model would have cost aboutย โ‚ฌ170 more, the 256GB had been sold out when the offer was opened!

Anyway, and so I placed an order and this weekend, my new iPhone was delivered to me. Yeay!! ๐Ÿ˜€

My new iPhone X

In the meantime, of course I have also bought a new flipcase for my new phone ๐Ÿ˜€ .

Right now I am very excited about my new iPhone! It feels like I just got a new toy, haha ๐Ÿ˜› . Anyway, I hope this smartphone will have the same longevity as my now retired iPhone 5S; and will keep me as a very satisfied Apple customer! ๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Sejauh ini, secara umum aku puas banget dengan iPhone 5Sku yangย aku beli lebih dari empat tahun yang lalu. Iya, LEBIH DARI empat tahun dan smartphone ini masih bekerja dengan baik. Rasanya ini adalah hape paling awet yang pernah aku miliki! Alasanku untuk memilih produknya Apple empat tahun yang lalu memang adalah reputasinya iPhone yang oke dalam hal keawetannya. Dan, menurutku, smartphone-ku ini adalah testimoni asli untuk reputasi ini!

iPhone 5Sku ini masih bekerja dengan baik loh secara umum.

Perhatikan bahwa aku menggunakan kata “secara umum” di atas. Ini karena, jelas, memang sudah ada beberapa “gangguan” minor gitu deh yang mana kemunculannya semakin sering baru-baru ini tapi tidak parah banget yang sampai membuat iPhone-nya tidak bisa digunakan atau gimana gitu, haha. Aku mulai menyadari akan ini kira-kira tahun lalu diย perjalanan akhir pekanku ke Bremen, yang mana membuatku tahu akanย mode DFUย yang, semenjak waktu itu, sudah beberapa kali aku gunakan ๐Ÿ˜› . Dan sepertinya baterainya sudah agak sedikit bermasalah dimana kadang-kadang tiba-tiba nge-drop sendiri sebanyak 15-20% gitu.

Dan belum lagi empat tahun yang lalu aku memilih versi “basic“-nya dengan memory yang hanya 16GB karena waktu itu aku pikir segini juga cukup lah. Walaupun ini benar untuk sekian waktu, aku lupa memperhitungkan kebutuhan jangka panjangku empat tahun kemudian karena zaman sekarang mah 16GB jelas nggak bisa dipakai untuk apa-apa lah ya, haha ๐Ÿ˜† .

Sebagai akibatnya, setiap hari iPhone-ku harus melakukan proses “cleaning” kayak gini

Musim panas kemarin aja, aku baru menyadari bahwa iPhone-ku tidak bisa meng-update software-nya sendiri karena tidak ada cukup memory untuk itu! Dan … secara umum rasanya iPhone-nya juga sudah agak mulai lambreta gitu deh.

Semua ini memang berarti bahwa, karena toh iPhone-ku sudah empat tahun lebih juga (dalam bahasa akuntansi, barang ini sudah “terdepresiasi penuh” ๐Ÿ˜› ), beberapa bulan belakangan ini aku bermain dengan ide untuk membeli iPhone baru. Ini nyaris kulakukan musim panas kemarin tetapi temanku bilang bahwa lebih baik menunggu sampai musim gugur tahun ini dimana model barunya sudah dirilis. Ini adalah saran yang sangat masuk akal dan tepat sasaran sekali; jadilah sarannya aku ikuti.

Dan kemudian iPhone merilis model-model terbarunya (iPhone XS, XS Max, dan XR) September kemarin ini. Jadilah sudah nyaris waktunya untuk melakukan pembeliannya kan ya. Aku kemudian melihat rencana pengeluaran-pengeluaran besarku di musim gugur ini. Dan bulan November adalah waktu yang ideal untuk pembelian iPhone baru ini karena akan membuat semua “pembukuan bulananku” berada di zona hijau di bulan-bulan ini ๐Ÿ˜› .

Tapi kemudian, awal minggu kemarin aku melihat bakal ada diskon kecil melalui penawaran abonemen dari operator teleponku! Yang harus aku lakukan adalah melakukan pembeliannya di paruh kedua minggu kemarin. Btw, secara umum di Belanda, membeli smartphone melalui abonemen adalahย deal yang lebih okeย (totalnya lebih murah maksudnya ๐Ÿ˜› ) daripada membelinya di toko; dan apalagi kali ini bakal ada diskon ekstra pula!

Sial, jadinya rencanaku harus aku pikirkan ulang kan ini! Penawarannya sih lumayan ya tapi efek sampingnya adalah akan membuat pembukuan finansialku bulan ini terjun ke zona merah ๐Ÿ˜› . Tapi beruntung aku mengetahui tawarannya dua hari sebelum penawaran diskonnya dimulai sehingga keputusannya bisa aku bawa tidur dulu deh! ๐Ÿ˜› . Dan, pada akhirnya aku putuskan untuk mengambil penawaran ini!

Untuk modelnya, setelah inspeksi lebih mendalam, yang mana maksudnya adalah nanya-nanya beberapa teman yang memang lebih tahu akan ini daripada aku, haha ๐Ÿ˜› , aku memutuskan untuk membeli model iPhone X dari tahun lalu saja (Karena menurutku tidak ada begitu banyak perbedaan/perkembangan di model XSnya sih), yang mana kebetulan harganya di sini juga sudah sedikit turun ๐Ÿ˜› . Aku memilih model “dasar”-nya lagi kali ini dengan memory 64GB karena, selain harga model 256GBnyaย lebih tinggi sekitar โ‚ฌ170 (sekitar Rp 3 juta), model 256GBnya tiba-tiba sudah sold out dong pas penawarannya dimulai.

Dan jadilah aku memesannya dan akhir pekan kemarin ini, iPhone baruku datang. Hore!! ๐Ÿ˜€

Smartphone iPhone X baruku!

Sementara itu, jelas aku juga membeli flipcase baru untuk hape baruku ini ๐Ÿ˜€ .

Sekarang ini aku masih excited nih dengan iPhone baruku! Rasanya seperti baru saja mendapatkan mainan baru, haha ๐Ÿ˜› . Anyway, mudah-mudahan smartphone ini juga akan awet seperti iPhone 5Sku yang baru saja pensiun ya; sehingga aku tetap akan menjadi customer puasnya Apple! ๐Ÿ™‚

Advertisements

18 Comments Add yours

  1. Christa says:

    Akhirnya ganti hp juga ya Ko! ๐Ÿ™‚

    1. zilko says:

      Huahaha, iya Chris, gara-gara ada diskon ini jadi gantinya agak cepetan dikit daripada rencana ๐Ÿ˜› .

  2. cerita4musim says:

    5 S itu enak bgt ya di tangan emang size dan weight nya, kerasa bgt pas megang X dong Ko beratnya :)) gw pake X dr Januari, suka dgn original warna di foto2nya

    1. zilko says:

      Iya banget! 5S itu memang ukurannya ideal banget buat dipegang (satu) tangan! Ini masih rada kagok pakai X soalnya terasa gede bener, hahahaha ๐Ÿ˜† . Ah sipp, aku malah belum sempat tes kameranya nih ๐Ÿ˜€ .

  3. pinkuonna says:

    Setuju ๐Ÿ™‚ Punya HP baru itu kayak punya mainan baru, rajin diutak atik ๐Ÿ˜€ Enjoy your new toy, Zilko ๐Ÿ™‚

    1. zilko says:

      Huahaha, iyaa ๐Ÿ˜€ .

  4. fahrizinfa says:

    congrats for your new iphone kak Zilko ๐Ÿ˜€ Iphone tuh memang bagus banget apalagi dari segi kamera dan daya tahan pakainya kalau dibandingkan dengan android. Kalau Iphone bisa dipakai lebih lama dari pada andro hahaha, tapi yang jadi favorit ku kalau soal iphone kameranya. Kamera Iphone keren banget di berbagai kondisi ๐Ÿ˜€

    1. zilko says:

      Thanks! Iya hasil jepretannya iPhone 5S kemarin juga lumayan bagus sebenarnya, tapi aku masih lebih suka hasil dari camdig-ku sih :P. Tapi yang iPhone X ini belum aku cobain, hihihi ๐Ÿ˜€ . Tapi iya, daya tahannya mantab banget!! Worth it banget dengan harganya memang!!

  5. niee says:

    Aaahhh. aku juga mupeng banget pengen beli iphone X itu ko. Tapi iphone 6 dan iphone 7 aku masih bagus banget. gak ada masalah sama sekali. Padahal iphone 6 nya udah 3 tahun lebih belinya. April 2015. Jadi musti ditahan dulu untuk beli keinginan bukan kebutuhan. Hahahahaha.

    1. zilko says:

      iPhone memang begitu ya Niee produknya, awet banget!! Hahaha. Ini juga aku baru akhirnya ganti setelah setahunan lebih pengen ganti dan juga karena iPhone 5Snya mulai agak bermasalah dan lemot gitu (tapi masih bisa dipakai sebenarnya), hahaha.

  6. inlycampbell says:

    Akupun ganti dari 4S ke 7, setelah dipake 5.5 tahun.. dan sekarang ngiler lihat yang baru lagi haha..

    1. zilko says:

      Asyiknya produknya Apple memang keawetannya itu ya!! ๐Ÿ˜€ iPhone 5Sku ini hape paling awet yang pernah aku punyai lho

      1. inlycampbell says:

        ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ samaaa.. 4S aku juga dah paling awet dah tuh.. dan aku baru tahu belakangan ini, buat IG stories, kalau gambarnya gak bagus or rada blur itu pake Samsung.. dan yg Apple selalu bagus ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

        1. zilko says:

          Huahaha, iyaa. Dan aku amati hasil foto dari iPhone X ini memang lebih oke daripada iPhone 5S ๐Ÿ˜€

          1. inlycampbell says:

            lah yaaa pasti dongg ahhh.. hahaha.. secara tingkatan aja, udah naik 5 tuh.. 5S ke X haha..

            1. zilko says:

              Hahahaha ๐Ÿ˜› . Iya teknologinya uda beda sekian tahun kan ya ๐Ÿ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s