#2176 – The Big Three Oh Trip (Part I: The Flights Drama)

ENGLISH

Posts in the Big Three Oh Trip series:
1. Introduction
2. Part I: The Flights Drama
3. Part II: Premium Economy to New York
4. Part III: New York
5. Part IV: The 2018 US Open
6. Part V: New York Attractions
7. Part VI: Washington D.C.
8. Part VII: The National Mall
9. Part VIII: The Museums in D.C.
10. Part IX: Back to Europe

As I mentioned before, one aspect that stood out from this trip was the drama involving the flights. And so I have decided to start this series with a story of this drama, haha 😛 .

On my way to New York

The trip started normally where I arrived at Schiphol at around 10 AM for my KLM flight to Paris scheduled to leave at 12:25 PM. Btw to get to New York, I took the exact same routing (but in reverse direction) as two and a half years ago when I came back from New York for my 2015 Year End Trip.

Flight route map today. Created with gcmap.com

Anyway so I checked my luggage in at the Sky Priority counters at Schiphol and waited for my flight at the KLM Crown Lounge. Then I noticed at the screen that my flight would be delayed by 20 minutes. With a scheduled connecting time of 3 hours and 10 minutes, this was certainly not a big deal.

A KLM’s Boeing 737-800 reg PH-BGC arrived at the gate not long after I reached it. To this point, there had been a few gate changes, btw, from C5 to C11 and now, finally, C9. And as you could see in the picture below, today the weather in Amsterdam was bad. And due to the late arrival of the airplane, the delay was then extended to 48 minutes. Still fine.

My flight to Paris today would be operated with this KLM’s Boeing 737-800 reg PH-BGC

Boarding then commenced and all passengers got to their seats. And then the captain announced a bad news from Schiphol. The bad weather was so bad today that it crippled Schiphol’s ground traffic control and they had to switch to manual control which meant much less capacity. Unfortunately for us, this meant huge uncertainty on when we were given the permission to go, as information rapidly changed between minutes. At one minute we were told we were good to go in two minutes, only to change to two hours the minute later, and so on. And so in the captain’s opinion, it was the better choice to let the passengers board and ready; and to let the traffic controller know so whenever a slot was opened, we were ready to go.

Thankfully my seat was equipped with this electric plug which helped a lot 😛

Btw, I know all this because the captain made the announcement himself; and he did this from the cabin, not from the cockpit, making himself “present” for the passengers. He also went on a round or two in the cabin in case some passengers had any question. I think this was a KLM’s procedure, btw, as three and a half years ago a similar situation occurred on my KLM Paris-Amsterdam flight and the captain did the same thing. I think this was great where the passengers were told on the decision-making process and the reasoning behind it, which made us not feel like being “left in the dark”.

PH-BGC stood still on the ground for another hour or so. The flight attendants were going around providing some water when we were suddenly given the slot to go. The crews then immediately went to their spots for departure. The flight itself was a regular short-haul KLM flight from Amsterdam to Paris so I am not going to tell much on this. But anyway, all this meant that the delay ended up being around 2 hours upon arrival in Paris.

The weather was bad at Schiphol today.

We arrived at the gate in Paris about 5 minutes before my connecting flight to New York was scheduled to start boarding. The situation? I had to switch terminal from Terminal 2F to Terminal 2E, in Gate L! I knew I had enough time to make the connection as boarding of that Boeing 777-300ER flight to New York would take some time anyway. But nonetheless I decided to run, haha 😆 . But because of this, I had no choice but to drop my plan of visiting Air France’s brand new lounge at Gate L of Terminal 2E which looked really cool. Oh well…

My flight to New York today would be operated with this Air France’s Boeing 777-300ER reg F-GSQF

Anyway, indeed in the end I made the connection. Even I still had some time to take pictures of the Air France’s Boeing 777-300ER reg F-GSQF which would bring me to New York today, haha. I boarded the plane, where I got upgraded to Premium Economy (more of this in Part II). Just after putting myself on my seat, I started thinking about my luggage hoping it would make the tight connection. Though, to be honest, I had my doubt on this.

The plane then departed on time and, … about seven a half hours later, landed at John F. Kennedy International Airport in New York. Upon which, I turned off my phone’s Flight Mode and I got the following sms from Air France:

I got this sms from Air France regarding my luggage

Yep, as I expected, my luggage did not make the tight connection! 😤 Though, this sms was a really cool thing to send from Air France, IMO. This allowed me to avoid wasting my time “waiting” for my luggage at JFK Airport. When I arrived at the luggage area, I immediately approached the missing luggage officer. She then told me that, indeed, my luggage did not make the flight but Air France had located it and would send it on the AF 6 flight the next day. She told me to fill a form regarding the delivery address in New York.

I then went to New York, and I was given frequent updates (mainly via emails) regarding the status of my missing luggage. The evening of the following day, finally I got a confirmation that the New York post had received my luggage. The default of the procedure was that they required my signature upon delivery. But I was informed that delivery would take place that night, some time before 3:45 AM (lol 😆 ). I knew I wasn’t going to stay up all night waiting for my luggage (even moreso because of my jetlag). So I decided to trust the system, drop the signature requirement, and ask the hotel’s staffs to retrieve my luggage when the delivery took place. I checked the reception the morning after, and indeed they had received my luggage! Yeay! 😀

My luggage got delivered!

On my way to Washington, D.C.

My Delta Connection flight from JFK to Washington D.C.’s Ronald Reagan Airport (DCA) was scheduled to leave in the afternoon at around 1 PM. I arrived at JFK a little bit too early (As I decided that this time I would like to get to the airport using public transport, so I was giving myself much more buffer time), at around 10 AM, lol 😆 .

I switched terminal from Terminal 2 to Terminal 4 with this Delta’s shuttle bus.

The weather in New York was forecasted to be quite bad this afternoon. As I already arrived at the airport anyway, the check-in officer offered me to switch to the 11:30 AM flight to avoid the bad weather and, hence, potential problems. I thought this was a great initiative and I decided to take the offer. Though, I was checking-in at Terminal 2 (where my original afternoon flight was scheduled to depart from) but my new flight would depart from Terminal 4.

Long story short (more on this in Part VI), I changed terminal and took the 11:30 AM flight. The flight was on time and landed at DCA at 12:33 PM. Upon arriving at the luggage area, I was surprised to not see my luggage there (Thus far, Delta has impressed me a lot with the speed of their luggage delivery. A few times my luggage already arrived at the luggage area before I even reached it!). I even waited until the belt stopped running (which, thankfully, didn’t take long as the flight was operated with a regional Bombardier CRJ900).

My flight to Washington, D.C. today was operated with this Endeavor Air’s Bombardier CRJ900 reg N298PQ operating for Delta as a Delta Connection flight

An agent then approached me asking if I did not see my luggage, which I confirmed. She then told me to go to Delta’s missing luggage office literally next to the belt. There, another agent checked the status of my luggage and, indeed, for whatever reason it strangely did not board my flight. But instead, it was still checked-in on my original 1 PM flight.

Again, I had to fill a form for my delivery address in Washington D.C. The very friendly agent also gave me a bag of amenity kit consisting of some essential toiletries from Delta. I then took the metro to get to my hotel. The afternoon of the same day, just about three hours after I landed at the airport, the reception called my room informing that my luggage had been delivered! Yeay! 😀

My luggage got delivered!

***

As I had said before, up to this point I had been fortunate enough to have never experienced a missing luggage drama on any of my flights. And then for whatever reason, I experienced two of those in this trip and … those two happened on two consecutive flights! Talking about some “luck” here? Lol 😆

TO BE CONTINUED…

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Perjalanan Besar Tiga Nol:
1. Introduction
2. Part I: The Flights Drama
3. Part II: Premium Economy to New York
4. Part III: New York
5. Part IV: The 2018 US Open
6. Part V: New York Attractions
7. Part VI: Washington D.C.
8. Part VII: The National Mall
9. Part VIII: The Museums in D.C.
10. Part IX: Back to Europe

Sempat kusebutkan sebelumnya bahwa satu aspek yang menonjol dari perjalanan ini adalah drama yang melibatkan penerbangan-penerbanganku. Dan jadilah aku putuskan untuk memulai cerita seri ini dengan drama-drama ini, haha 😛 .

Dalam perjalanan ke New York

Perjalanan ini dimulai normal seperti biasa dimana aku tiba di Schiphol sekitar jam 10 pagi untuk penerbangan KLMku ke Paris jam 12:25 siang. Btw, untuk pergi ke New York kali ini, aku mengambil rute yang sama persis (tapi di arah yang berlawanan) seperti dua setengah tahun lalu ketika aku pulang dari New York untuk perjalanan akhir tahun 2015ku.

Ruteku hari ini. Dibuat dengan gcmap.com

Anyway bagasi aku check-in-kan di konter Sky Priority di Schiphol dan penerbanganku aku tunggu di Crown Lounge-nya KLM. Dari layar, aku tahu bahwa penerbanganku akan terlambat 20 menit. Karena lama waktu transitku di Paris dijadwalkan 3 jam 10 menit, tentu aku tidak merasa masalah dengan ini.

Sebuah Boeing 737-800 rego PH-BGCnya KLM tiba di gate tak lama setelah aku tiba di sana. Sampai waktu ini, sudah ada beberapa kali pergantian gate nih, dari C5 ke C11 lalu sekarang C9. Dan seperti yang terlihat di foto di bawah, cuaca di Amsterdam hari ini sedang kurang oke. Dan karena pesawatnya datang terlambat, delay-nya memanjang menjadi 48 menit. Masih aman lah.

Penerbanganku ke Paris hari ini akan dioperasikan oleh KLM dengan Boeing 737-800 rego PH-BGC ini.

Boarding dimulai dan semua penumpang duduk di kursi masing-masing. Kemudian kapten penerbangan ini menyampaikan berita buruk dari Bandara Schiphol. Cuaca buruk hari ini melumpuhkan kontrol lalu-lintas darat Schiphol yang memaksa mereka untuk menggunakan kontrol manual yang mana berkapasitas jauh lebih rendah. Sialnya bagi kami, ini artinya tidak ada kepastian mengenai kapan kami akan mendapatkan lampu hijau untuk berangkat, karena inforasinya berganti dengan amat cepat setiap menit. Di satu waktu, kami diinformasikan akan bisa berangkat dalam waktu dua menit, tetapi semenit kemudian informasinya diganti menjadi dua jam, dan seterusnya. Jadilah menurut pendapat kaptennya, pilihan yang terbaik adalah untuk semua penumpang naik pesawat dan kami siap berangkat; dan menginformasikan traffic controller akan ini sehingga ketika ada satu slot yang dibuka, kami siap langsung berangkat.

Untungnya di kursiku ada colokan listrik ini yang mana membantu banget dah 😛 .

Btw, aku tahu ini semua karena kaptennya mengumumkan ini sendiri; dan ini ia lakukan dari kabin, bukan dari kokpit loh, sehingga ia nampak “hadir” di tengah para penumpang. Ia juga berkeliling satu atau dua kali di kabin jikalau ada penumpang yang ingin bertanya. Aku duga ini adalah prosedurnya KLM deh, karena tiga setengah tahun yang lalu aku berada di situasi serupa di penerbangan KLM Paris-Amsterdam dan kaptennya waktu itu juga melakukan hal yang sama. Aku kira ini adalah prosedur yang oke ya dimana penumpang diberi-tahu akan proses pembuatan-keputusan dan alasan di balik itu semua, sehingga kami tidak merasa “didiamkan” dan “tidak tahu apa-apa” gitu.

PH-BGC diam di tempat selama satu jam-an. Pramugari sedang berkeliling membagikan air putih ketika tiba-tiba kami diberikan izin oleh Schiphol untuk berangkat. Krunya kemudian mengambil posisi masing-masing untuk keberangkatan. Penerbangannya sendiri adalah penerbangan reguler jarak dekat dengan KLM sehingga tidak akan aku bahas di sini. Anyway ini berarti keterlambatannya menjadi sekitar 2 jam ketika kami tiba di Paris.

Cuaca di Schiphol memang lagi kacrut hari ini.

Kami tiba di gate di Paris 5 menit sebelum penerbangan lanjutanku ke New York dijadwalkan mulai boarding. Masalahnya? Aku harus berpindah terminal dari Terminal 2F ke Terminal 2E, di Gate L! Sebenarnya aku tahu aku memiliki cukup waktu sih karena kan boarding pesawat Boeing 777-300ER ke New York-nya akan memakan waktu juga ya. Tapi tetap aja lah aku memutuskan untuk berlari, haha 😆 . Tapi karena ini, aku jadi tidak memiliki pilihan selain untuk membatalkan niatku mampir di lounge barunya Air France di Gate L Terminal 2E yang nampak keren banget itu. Ah ya sudah lah…

Penerbanganku ke New York hari ini akan dioperasikan oleh Air France dengan Boeing 777-300ER rego F-GSQF ini

Anyway, memang pada akhirnya aku tidak terlambat boarding penerbangan lanjutanku. Bahkan aku masih sempat foto-foto pesawat Boeing 777-300ERnya Air France rego F-GSQF yang akan membawaku ke New York ini dulu, haha. Aku menaiki pesawat ini, yang mana aku di-upgrade ke kelas Premium Economy (akan kubahas di Bagian II). Setelah duduk di kursiku, aku baru mulai kepikiran akan bagasiku, dan berharap mudah-mudahan bagasiku juga akan bisa lolos waktu transit yang singkat ini. Walaupun, jujur nih, aku sedikit ragu akan ini.

Pesawat kemudian berangkat tepat waktu dan, … sekitar tujuh setengah jam kemudian, mendarat di Bandara Internasional John F. Kennedy di New York. Ketika Flight Mode aku non-aktifkan, aku mendapatkan sms berikut dari Air France:

Aku mendapatkan sms ini dari Air France mengenai bagasiku

Yup, seperti yang aku duga, bagasiku tidak berhasil lolos melewati waktu transit yang singkat di Paris itu! 😤 Eh, tapi sms dari Air France ini oke juga ya menurutku. Ini membuat tidak perlu membuang-buang waktu “menunggu” bagasiku di JFK. Ketika aku tiba di area bagasi, aku langsung mencari petugas kehilangan bagasinya. Ia kemudian mengkonfirmasi bahwa memang bagasiku tidak diterbangkan bersama penerbanganku tetapi Air France sudah menemukannya dan bagasiku akan dikirim dengan penerbangan AF 6 keesokan harinya. Ia memintaku untuk mengisi formulir mengenai alamat pengiriman di New York.

Aku kemudian pergi ke New York, dan aku diberikan update cukup sering (melalui email) mengenai status bagasiku. Keesokan malam harinya, aku akhirnya mendapatkan konfirmasi bahwa pos New York sudah menerima bagasiku. Prosedur standar pengirimannya adalah mereka membutuhkan tanda-tanganku ketika bagasinya aku terima. Tapi aku juga diinforasikan bahwa pengirimannya akan berlangsung malam itu, yang mana bisa kapan pun sebelum jam 3:45 subuh (lol 😆 ). Ish, jelas dong ya aku ogah harus begadang semalaman menunggu bagasiku (apalagi sedang jetlag). Jadilah aku memutuskan untuk mempercayai sistemnya, menghapuskan keharusan adanya tanda-tanganku, dan meminta staf hotel untuk menerima bagasiku ketika bagasinya diantarkan. Aku mengecek front desk hotel keesokan paginya, dan beneran mereka sudah menerima bagasiku! Hore! 😀

Bagasiku dikirimkan!

Di perjalanan ke Washington, D.C.

Penerbangan Delta Connection-ku dari JFK ke Bandara Ronald Reagan di Washington D.C. (DCA) dijadwalkan berangkat di siang hari sekitar jam 1. Aku tiba di JFK agak terlalu awal (Karena kali ini aku memutuskan ingin mencoba menuju bandara dengan menggunakan transportasi umum, jadilah aku juga memberikan diriku waktu ekstra untuk berjaga-jaga), yaitu sekitar jam 10 pagi, haha 😆 .

Aku berpindah terminal dari Terminal 2 ke Terminal 4 dengan busnya Delta ini.

Cuaca di New York diramalkan kurang oke siang harinya nanti. Dan karena toh aku sudah tiba di bandara juga, petugas check-in-nya menawarkanku untuk pindah ke penerbangan jam 11:30 pagi untuk menghindari cuaca buruknya yang mana juga berarti menghindari potensi munculnya masalah. Aku merasa ini adalah ide yang oke jadi penawarannya aku terima dong ya. Tapinya, waktu itu aku check-in di Terminal 2 (darimana penerbangan asli siang hariku akan diberangkatkan) sementara penerbangan baruku akan diberangkatkan dari Terminal 4.

Singkat cerita (akan kuceritakan lebih lanjut di Bagian VI), aku berpindah terminal dan menaiki penerbangan jam 11:30ku. Penerbangannya berlangsung tepat waktu dan mendarat di DCA jam 12:33 siang. Ketika tiba di area bagasinya, aku kaget karena aku tidak melihat bagasiku di sana (Sejauh ini, Delta sungguh mengesankan bagiku dalam hal kecepatan pengantaran bagasinya. Beberapa kali bagasiku tiba di area bagasi lebih dulu daripada aku loh!). Aku bahkan menunggu sampai karusel bagasinya berhenti (yang mana, untungnya, tidak memakan waktu lama karena penerbangannya dioperasikan dengan pesawat regional Bombardier CRJ900).

Penerbanganku ke Washington, D.C. hari ini akan dioperasikan dengan Bombardier CRJ900 rego N298PQnya Endeavor Air untuk Delta sebagai penerbangan Delta Connection.

Seorang petugas menghampiriku bertanya apakah aku tidak menemukan bagasiku, yang mana aku iyakan. Ia kemudian memintaku untuk melapor ke kantor kehilangan bagasinya Delta tepat di sebelah karusel bagasinya. Di sana, seorang agen mengecek status bagasiku dan ternyata memang, entah karena alasan apa, bagasiku anehnya tidak diterbangkan dengan penerbanganku. Malahan, bagasiku masih tetap diterbangkan dengan penerbangan asliku yang jam 1 siang!

Lagi, aku harus mengisi formulir alamat pengiriman di Washington D.C. Agennya yang ramah banget juga memberiku satu pouch amenity kit berisi kebutuhan toiletries dasar dari Delta. Aku kemudian menaiki metro menuju hotelku. Sore harinya di hari yang sama, sekitar tiga jam setelah mendarat di bandaranya, resepsionis hotel menelepon kamarku memberi-tahu bahwa bagasiku sudah diantarkan! Hore! 😀

Bagasiku dikirimkan!

***

Seperti yang sudah kubilang sebelumnya, sampai sebelum perjalanan ini, belum pernah yang namanya aku mengalami kehilangan bagasi di penerbangan-penerbanganku (Beruntung memang). Dan entah bagaimana ceritanya, aku mendapatkan dua pengalaman ini dong di perjalanan ini … dan keduanya terjadi di dua penerbangan yang berturutan! Kok bisa-bisanya ya? Hahaha 😆

BERSAMBUNG..

20 Comments Add yours

  1. cerita4musim says:

    centil bener sih koper lu warna kuning hahaha ih iya tuh ok bgt jg pake SMS alert daripada nunggu sampe kelar tp ga keluar2 , gw belakangan ini tiap trip sering aja gak kebawa koper, dan anehnya selalu koper yg sama, keknya mesti dimandiin kembang tuh koper :-))

    1. zilko says:

      Hahahaha, ceritanya kan supaya beda gitu biar gak gampang tertukar dan ribet mesti ngecekin labelnya ketika ambil di belt untuk mastiin 😛 .

      Huahahaha, kalau aku pikir-pikir lagi kayaknya memang lumayan banyak ya kejadian koper hilang gini. Soalnya kalau nggak salah lumayan sering juga lihat konter missing luggage ada penumpang/orang-orangnya yang lagi komplain 😀 .

      Iya, SMS alert-nya asyik banget dah! Mereka juga kirim email alert juga loh. Tapi kalo travelling-nya antar benua gitu SMS alert jauh lebih berguna ya!

  2. pinkuonna says:

    Hi..hi…selalu ada pertama kali untuk segala hal ya, Ko…termasuk untuk urusan bagasi yang ikutan “Delay”…Syukurlah dua-duanya berakhir tanpa masalah 🙂

    1. zilko says:

      Iya, beruntung kedua kejadiannya diatasi maskapainya dengan baik. Kopernya juga aman-aman aja 😀 .

  3. niee says:

    setelah baca ceritanya kelihatan lebih masuk akal seh ya ko kenapa bagasinya bisa tertinggal gitu.

    1. zilko says:

      Iya Niee, kalau tahu alasannya apa jadi lebih masuk akal ya 😀 . Dan bagusnya menurutku dua maskapai ini oke dalam menanganinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s