#2122 – A Long Weekend in Budapest (Part I: Buda)

ENGLISH

Posts in the Long Weekend in Budapest series:
1. Introduction
2. Part I: Buda of Budapest
3. Part II: The Flights Drama
4. Part III: Pest of Budapest

The Danube River flows from north to south and splits the Hungarian capital into, basically, two parts. The western part is a region called “Buda” while the eastern part is another region called “Pest”, hence the city’s name, “Budapest”. The two parts have very different characteristics and personality, which makes Budapest really interesting. I will start this series with Buda πŸ˜€

Buda and Pest were connected by this Chain Bridge.

One glaring characteristic of Buda was that it was very hilly. It also had this “imperial” vibe because the Buda Castle district, which was a palace and a castle complex, was located there. The district was located on top of the Castle Hill. To get up to the district, one could, of course, hike up; but I decided to go with the more convenient option of taking the funicular! I mean, I planned on taking some selfies up there so I did not want to be all sweaty when I was at the top! Haha πŸ˜† .

The Budapest funicular

I found the castle really unique because, unlike any other castles/palaces I have been to, there was an open market in the complex! And not just a market with stalls, but also some performers as well! There were a group of young people playing some live classical music, some dance performance, and a group of orchestra too! Unsurprisingly the complex was also very busy at the time of my visit. And so the uniqueness. The complex radiated this “imperial” vibe through its buildings but the people made it feel more “populous”! Haha πŸ˜› .

An open market at Buda Castle

My favorite part of the complex was definitely the Fisherman’s Bastion, a terrace with neo-Gothic and neo-Romanesque style which made the Buda “Castle” name really proper, IMO. This building was relatively new in comparison to the other parts of the complex so indeed it looked “cleaner” and, overall, somehow felt “more modern”. What made me love it was the amazing design of the Bastion, which consisted of seven towers which I would associate with a castle! πŸ˜€ It was really, really beautiful!

Budapest, not a Disneyland castle

Being on top of a hill, naturally one would find a great view of Budapest from the complex. Well, more like the flat Pest district across the river and also the much calmer and residential western part of Buda. This district was also the location of the Saint Matthias Church which roof had really unique, colorful, and beautiful pattern! πŸ˜€

The Saint Matthias Church and its beautiful roof, don’t you think so?

The Castle Hill wasn’t the only hill in Buda. Next to it was the GellΓ©rt Hill which was much more “green” than the Castle Hill. Though, there were also some structures, including the Citadella and the Liberty Statue of Budapest. At first I planned to hike up this hill as well but I changed my mind after visiting the Castle Hill and due to the heat which made me not feel like hiking, haha πŸ˜† .

Budapest is seriously pretty

Buda was more than just the hills and the residential area. Its part alongside the Danube River was also very beautiful with great path for pedestrians to enjoy the city. If you didn’t feel like walking, trams ran alongside the river too.

So yeah, all in all, I loved Buda. It felt touristic, true, but there was a reason for that. This was because Buda was indeed very beautiful! πŸ™‚

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Long Weekend in Budapest:
1. Introduction
2. Part I: Buda of Budapest
3. Part II: The Flights Drama
4. Part III: Pest of Budapest

Sungai Danube mengalir dari utara ke selatan membelah ibukota Hungaria ini menjadi dua bagian. Bagian baratnya adalah daerah yang bernama “Buda” sementara bagian timurnya adalah daerah lain yang bernama “Pest”, jadilah nama kotanya “Budapest”, haha. Dua bagian kota ini memiliki karakteristik dan sifat yang sangat berbeda, yang membuat Budapest sungguh menarik. Seri ini akan aku mulai dengan Buda πŸ˜€ .

Buda dan Pest dihubungkan oleh Jembatan Rantai (Chain Bridge) ini.

Satu karakteristik dari Buda dalah daerahnya berbukit-bukit. Daerahnya juga memiliki aura “imperial” karena distrik Kastil Buda, yang mana sebuah kompleks istana dan kastil, berlokasi di sini. Distrik ini berlokasi di atas Bukit Kastil. Untuk naik ke atas, jelas aja kita bisa berjalan-kaki; tapi aku sih memilih untuk naik alat transportasi yang lebih nyaman yaitu funicular! Jadi kan aku berencana foto-foto ya dari atas bukitnya jadi jelas dong aku ogah untuk berkondisi berkeringat akibat baru saja berjalan-kaki menaiki bukit ketika saatnya foto-foto! Haha πŸ˜†

Funicular di Budapest

Bagiku kastilnya terasa amat unik karena, tidak seperti kastil-kastil/istana-istana lain yang pernah kukunjungi, ada pasar terbukanya dong di kompleksnya! Dan nggak cuma pasar dengan para pedagang saja, tapi ada juga beberapa performers yang tampil! Ada satu grup anak muda yang bermain musik klasik live, penampilan tarian tradisional, dan juga bahkan ada satu grup orkestra segala lho! Tidak mengherankan kompleks ini ramai banget ketika aku berkunjung. Jadilah keunikan yang kusebutkan di atas kan. Kompleksnya sebenarnya memancarkan aura “imperial” melalui bangunan-bangunannya tetapi aktivitas dan keramaian manusianya membuat kompleksnya juga terasa “merakyat” sekali! Haha πŸ˜› .

Sebuah pasar terbuka di Kastil Buda

Bagian favoritku dari kompleksnya adalah Benteng Nelayan (Fisherman’s Bastion), sebuah teras yang bergaya neo-Gothic dan neo-Romanesque yang membuat nama “Kastil” Buda ini sungguh cocok, menurutku. Bangunannya sendiri relatif baru jika dibandingkan dengan bagian-bagian lain dari kompleksnya sehingga memang nampak “lebih bersih” dan, secara umum, terasa “lebih modern”. Yang aku suka adalah disainnya, yang terdiri dari tujuh menara yang bentuknya sungguh aku asosiasikan dengan yang namanya kastil! πŸ˜€ Indah banget!

Budapest, bukan kastil Disneyland

Berdiri di atas bukit, jelas kita bisa melihat pemandangan Budapest yang kece banget dari kompleksnya. Eh, lebih ke distrik Pest yang datar di seberang sungai dan area perumahan di sisi baratnya Buda ding. Distrik ini jugalah lokasi dari Gereja Saint Matthias yang memiliki atap yang unik, berwarna-warni, dan berpola kece banget! πŸ˜€

Gereja Saint Matthias dengan atapnya yang indah, bukankah demikian?

Bukit Kastil bukan lah satu-satunya bukit di Buda. Di sebelahnya terdapat Bukit GellΓ©rt yang “lebih hijau” daripada Bukit Kastil. Eh, tapi ada beberapa bangunan juga sih di atasnya, termasuk Citadella dan Patung Liberty-nya Budapest. Awalnya aku berencana untuk menaiki bukit ini juga tetapi akhirnya rencana ini aku batalkan setelah kunjunganku ke Bukit Kastil dan karena panasnya hari itu yang membuatku malas berjalan-kaki mendaki bukit sambil berpanas-panasan, haha πŸ˜† .

Budapest yang beneran indah banget

Buda itu lebih daripada sekedar bukit-bukit dan area perumahannya. Bagiannya di tepian Sungai Danube juga indah sekali dengan jalanan untuk pejalan-kaki menikmati kotanya. Kalau malas berjalan-kaki, tram juga berjalan menyusuri sungainya juga.

Jadi ya, secara umum, aku suka sekali dengan Buda. Memang sih terasa “turistik” sekali, tapi ada alasannya. Yaitu karena memang Buda itu sungguh indah! πŸ™‚

Advertisements

10 thoughts on “#2122 – A Long Weekend in Budapest (Part I: Buda)

  1. deadyrizky says:

    Ya setuju sih
    Emang indah
    Semacam gothic tapi bisa warna merah gitu ya

  2. alrisblog says:

    Wow, indah sekali. Asik nih buat wisata keluarga. Btw, biaya hidup mahal gak di Budapest?

  3. […] in the Long Weekend in Budapest series: 1. Introduction 2. Part I: Buda of Budapest 3. Part II: The Flights Drama 4. Part III: Pest of […]

  4. Eky says:

    Setuju! Aku juga suka banget sama Buda karena Buda Castle, esp. Fisherman’s Bastion.

    Btw main ke Citadella juga nggak? Hill gitu jadi bisa liat Buda & Pest dari ketinggian. Bagus view-nya!

    • zilko says:

      Iya, Buda ini keren banget ya Ky memangnya! Dan untuk appreciate Budapest memang mesti naik ke bukitnya ini πŸ˜€ .

      Huahaha, rencana awalnya sih main Ky. Tapi ternyata pas aku di sana cuacanya panas banget jadi bikin males naiknya. Jadilah batal, hahaha :lol; . Memangnya pemandangannya nampak beda dari yang di atas Buda Castle Ky? Waktu itu justifikasiku untuk nggak naik adalah aku pikir pemandangannya bakal mirip-mirip lah sama dari Buda Castle, cuma sudutnya aja yang beda dikit, hahaha…

      • Eky says:

        Beda dong, dari bukit bisa keliatan juga Buda Castle secara keseluruhan. Jadi ada Buda dan Pest dalam 1 foto (termasuk the famous Chain Bridge) πŸ˜€

        Aku waktu itu ngikutin itinerary dari seorang fotografer sih jadi bela-belain capek nanjak Citadella karena tau fotonya bagus dan hari itu langit cerah banget yang berarti sunset-nya akan bagus.

        • zilko says:

          Ah I see. Betul juga kalau dari Citadella-nya Buda Castle-nya juga kelihatan ya! Ah, sayang nih. Sebenarnya waktu itu dari segi kecerahan langit oke banget Ky. Tapi panasnya itu lho yang bikin males, hahahaha πŸ˜†

  5. […] in the Long Weekend in Budapest series: 1. Introduction 2. Part I: Buda of Budapest 3. Part II: The Flights Drama 4. Part III: Pest of […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s