#2118 – Some Recent Health Stories

ENGLISH

The title sounds dramatic I know, and it brings the impression that sounds much worse than it actually is, haha. So first of all, let me first state that I am fine. I am not ill or anything, haha 😛 .

Anyway having said that, currently I have a slight knee injury. Well, it is not the knee itself, though, but the muscle just slightly lower to the side of the knee (so I’m not sure if this counts as a “knee” injury? 😛 ). Perhaps I inadvertently pulled the muscle or something not too long ago, hmm. I understand that a way to treat this is by to let it heal naturally. And this can be accelerated by not forcing too much pressure on it. In other words, I need to be easy on my knee, haha.

In a way, this has been slightly frustrating because it has hindered my exercise rhythm and plan. So not too long ago I have decided that I would like to intensify my cardio training a little bit to lower my body fat percentage a bit faster, haha. But most cardio trainings which I have access to depend so much on the use of knees (running/biking/stairs climbing/etc). Of course some are less demanding on the knees than the others. But still, this narrows down the list of options and this is quite challenging 😛 .

Though, I have learned that I need to listen to my body in order to optimally achieve my goal without sacrificing my health, haha. So I guess this is the instance where I need to watch my exercise and be mindful of the current situation.

Having said that, of course I still go to my weekly tennis lesson; and tennis, to me, is also a form of cardio because I need to move and run a lot during the lesson, haha 😛 . But the running is less demanding on the knee because the lesson is on a clay court, where the surface is softer. Though, of course tennis is more than just the running as we need to use and control our body weight on each shot; and the knees are actually under higher pressure because some shots would require you to pivot most of your body weight on one of your knees, haha. For instance, as a right-handed player, I pivot my body weight on my right knee when I hit a backhand, and on my left knee when hitting a forehand or a serve.

But well, I find tennis super fun and the “fun” is what I am after from this lesson as well. My mental well being feeds on the “fun”, and this is also important to take care of, haha 😆 .

Tennis is fun

BAHASA INDONESIA

Judulnya drama banget memang, dan memang memberikan impresi yang lebih buruk daripada kenyataannya, haha. Jadi pertama-tama, aku sebutkan dulu bahwa aku tidak apa-apa kok. Aku tidak sakit atau apa lah, haha 😛 .

Anyway walaupun begitu, saat ini aku sedang agak cedera lutut, haha. Eh, bukan lututnya sih sebenarnya, tetapi otot di sebelah samping dan agak ke bawah dari lututnya (jadi ini termasuk cedera “lutut” bukan sih? 😛 ). Mungkin tidak sengaja beberapa waktu yang lalu ototnya tertarik atau bagaimana gitu, hmm. Aku paham bahwa satu cara perawatannya sih adalah dengan membiarkannya sembuh sendiri. Dan ini bisa dipercepat dengan tidak terlalu banyak memberikan tekanan kepadanya. Dengan kata lain, aku mesti membiarkan lututku beristirahat, haha.

Di satu sisi, kondisi ini agak menyebalkan karena terus-terang ini mengganggu ritme dan rencana latihan olahragaku. Belum lama ini sudah kuputuskan aku ingin sedikit meningkatkan intensitas latihan cardio-ku untuk mempercepat penurunan body fat percentage-ku, haha. Tapi kebanyakan jenis latihan cardio yang bisa kulakukan membutuhkan kondisi lutut yang prima nih (lari/sepedaan/naik tangga/dll). Memang sih sebagian lebih ramah lutut daripada yang lainnya. Tapi ini mengakibatkan pilihan jenis latihan yang lebih sedikit dan situasi ini agak challenging 😛

Tapi aku sudah belajar bahwa aku perlu untuk mendengarkan tubuhku sendiri untuk mencapai tujuanku secara optimal tanpa mengorbankan kesehatanku, haha. Jadi aku rasa ini adalah kasus dimana aku perlu berhati-hati dengan olahraga yang aku lakukan dan paham akan situasinya saat ini ya.

Walaupun begitu, tentu saja aku tetap pergi ke les tenisku setiap minggu, haha; dan tenis, untukku, adalah satu bentuk cardio juga karena aku harus banyak bergerak dan berlari di sepanjang lesnya, haha 😛 . Tapi larinya sedikit lebih ramah di lutut sih karena lesnya diadakan di lapangan tanha liat, yang mana permukaannya lebih empuk. Walaupun begitu, tentu saja tenis itu lebih dari sekedar lari dimana kita harus menggunakan dan mengontrol berat badan di setiap pukulan; dan sebenarnya justru lutut berada dalam tekanan yang lebih besar sih karena untuk beberapa jenis pukulan kita harus mem-pivot-kan berat badan di salah satu lutut, haha. Misalnya, karena aku adalah pemain non-kidal, aku mem-pivot-kan berat badanku di lutut kanan ketika memukul backhand, dan di lutut kiri ketika memukul forehand atau serve.

Ah, tapi kan tenis itu super seru ya dan “keseruan” ini yang aku cari dari les tenis ini. Kesehatan mentalku kan terjaga dengan adanya “keseruan” ini dalam aktivitasku, dan ini juga penting untuk dijaga dong ya, haha 😆 .

Advertisements

16 Comments Add yours

  1. deadyrizky says:

    kalo dibaca bahasa indonesianya agak geli ya
    lebih pas di bahasa inggrisnya
    hehehe

    1. zilko says:

      Hahaha, iya ya? 🙂

  2. fahrizinfa says:

    Kadang olah raga tuh bisa memperbaiki mood banget ya kak Zilko, aku juga pernah cedera di bagian pergelangan kaki kanan. Engga sengaja karena buru-buru turun tangga sehingga kaki kanan ku engga sengaja kepelitek. bahasanya apa ya..terpelintir gitu yaa hahaha jadi si kaki kanan bagian atas ku ini posisinya menghadap lantai langsung (kaya nendang lantai gitu posisinya) dan itu keras banget. Kaki ku linu sampai jalan pincang selama sebulan lebih 😦
    gara-gara itu aku sampai engga jogging lama karena tiap ngelangkah sakit banget bagian pergelangan kakinya

    1. zilko says:

      Iya! Olahraga itu penting tapi memang mesti berhati-hati ya, sedapat mungkin jangan sampai cedera begitu!! Ah iya itu cederanya memang kedengarannya parah banget!! Untung ini cuma otot aja jadi nggak segimana-segimana sih, cuma rasanya “kurang nyaman” aja, hahaha…

  3. pinkuonna says:

    Setelah baca ini, jadi mikir perbedaan antara olahraga tenis dan bulutangkis. Kalau buatku sih hampir sama ya, tapi kalau bulutangkis mungkin lebih banyak lompatnya ya daripada lari, Ko 🙂

    1. zilko says:

      Hahaha, bedaaa. Tenis lapangannya lebih besar dan pakai bola sementara bulutangkis kan pakai kok 😛 . Tapi iya sih permainannya masih “saudaraan” gitu ya jenisnya 😛 . Yup, tapi beberapa pukulan di tenis juga melibatkan lompat juga kok tapi memang nggak sesering bulutangkis karena net di tenis lebih rendah 😀 .

      1. pinkuonna says:

        Ha..ha…iya ternyata banyak bedanya ya 😀

  4. fiberti says:

    Oh tennis itu termasuk cardio juga ya?

    1. zilko says:

      Hmmm, tergantung definisi cardionya apa sih, hahaha. Tapi untukku sih ketika tenis harus banyak lari. Cenderung lebih seperti HIIT sih ya sebenarnya, karena larinya pendek dan singkat tapi bisa jadi intense, haha 😛 .

  5. Yos Adya says:

    Memang kalo kaki sakit ya jadi ganggu kegiatan

  6. Arman says:

    moga2 cedera nya cepet sembuh ya ko!

  7. niee says:

    akubjuga lagi cedera pergelangan tangan neh gara gara gendong si K dari atas. dengan umurnyabyang udah gede dan berat badannya yang naik terus kayaknya aku harus lebih memperhatikan posisi tubuh kalau mau menggendong K. Ini udah mau 2 minggu masih ada gak nyamannya, walaupun udah bisa beraktifitas dengan ok seh. Tapi ini kali kedua dalam tahun 2018 aku terkena cedera sejenis urat gitu. apakah ini pengaruh juga karena mau memasuki usia 30 tahun ini kitanya? hahahahaha

    1. zilko says:

      Huaaaa jangan ngomongin umur ah Niee bikin berasa tua kan, ahahahahah 🙈. Kayaknya sih risiko tanggung jawab lebih besar aja dah jadi banyak yang mesti dikerjakan sehingga peluang cedera lebih besar, ahahahahah 🙈. Anyway semoga pergelangan tangannya segera sembuh!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s