#2111 – A Long Weekend Story

ENGLISH

Posts in the Long Weekend in Budapest series:
1. Introduction
2. Part I: Buda of Budapest
3. Part II: The Flights Drama
4. Part III: Pest of Budapest

As my Instagram (@azilko) followers have known now, I went on a trip this weekend taking the advantage that it was a long weekend! 😀 This Monday was the Whit Monday (Pentecost Monday) which was a public holiday in the Netherlands. Btw, this was the last public holiday in this country this year until Christmas in late December!! 😣

In a way I have made it my goal this year to make my travels more “interesting”. One way to achieve this is by going to new places, preferably those destinations I have wanted to go to but haven’t got the opportunity. And this weekend, I went to one of those destinations: Budapest, in Hungary! 😀

Budapest selfie

I have heard and read many stories from people about how amazing Budapest was for travelling! Naturally this intrigues me a lot! 😀 But Budapest, somehow, hasn’t been the “easiest” destination for me because, as you know, I am very picky with my flights and its location that is quite far away from the Netherlands. Consequently, there are only “few” options for me because a regular weekend trip wouldn’t be enough time-wise, I feel. This means I would need to make use of a long weekend, but of course it is more difficult to find a good deal on flight tickets for a long weekend. I found a reasonable deal with Air France/KLM back in November last year (The ticket wasn’t super cheap per se, but it was reasonable for a long weekend) and decided to grab it, haha 😀 .

Though, the deal was to return to Amsterdam via Paris (with a tight 40 minutes connection) on Tuesday (more on this later as things unraveled interestingly for this one), meaning I had to “extend” the long weekend by one day in Budapest. Yeah, I did take one day of my holiday allowances for a long weekend this year despite what I wrote two weeks ago, haha 😛 . But it would be well worth-it for Budapest, I felt, which made it acceptable 😛 .

Budapest is seriously pretty

Anyway, so how was Budapest? Indeed, Budapest was seriously really, really pretty! I was also especially lucky with the weather as well where it was pretty much sunny (only with few cloud) during my entire stay there. Plus, coming from Western Europe, everything also felt cheap! Hahaha 😆 .

Here are some photos as teasers:

 

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri Long Weekend in Budapest:
1. Introduction
2. Part I: Buda of Budapest
3. Part II: The Flights Drama
4. Part III: Pest of Budapest

Seperti yang followers Instagram (@azilko)-ku ketahui, aku pergi dalam sebuah perjalanan akhir pekan kemarin ini karena adalah long weekend! 😀 Senin kemarin ini adalah Whit Monday (Pentekosta Senin) yang merupakan tanggal merah di Belanda. Btw, ini adalah tanggal merah terakhir di negara ini tahun ini sebelum Natal akhir Desember nanti dong!! 😣

Kurang lebih sudah kubulatkan tekad bahwa salah satu tujuanku tahun ini adalah membuat acara jalan-jalanku lebih “menarik”. Nah, satu cara untuk mencapainya adalah dengan pergi ke tempat-tempat baru, terutama tempat-tempat yang memang sudah ingin aku kunjungi tapi belum kesampaian. Dan akhir pekan kemarin ini, aku pergi ke salah satunya: Budapest di Hungaria! 😀

Budapest selfie

Aku sudah sering mendengar atau membaca banyak cerita dari orang-orang tentang kecenya Budapest untuk jalan-jalan! Ya jelas dong ya aku kan jadi penasaran! 😀 Tetapi Budapest sejauh ini menjadi tujuan yang “tidak mudah” untuk kukunjungi karena, tahu lah, aku kan picky banget ya untuk urusan penerbangannya dan juga lokasi kotanya yang mana lumayan jauh dari Belanda. Sebagai akibatnya, hanya ada “sedikit” pilihan untukku karena perjalanan akhir pekan biasa bakalan kurang panjang, aku rasa. Ini berarti aku harus memanfaatkan long weekend, tetapi tentu saja lebih sulit mendapatkan tiket promo di long weekend kan ya. Aku melihat ada deal yang oke lah dengan Air France/KLM di bulan November tahun lalu (Tiketnya nggak murah-murah banget sih, tapi oke lah dengan mempertimbangkan tanggalnya yang berada di long weekend) dan memutuskan untuk membelinya, haha 😀 .

Walaupun, untuk memanfaatkan deal ini aku harus kembali ke Amsterdam via Paris (dengan waktu transit yang ketat (40 menit)) di hari Selasa (Eh ada lanjutannya sih tentang ini, ceritanya kusimpan untuk nanti deh karena situasinya menarik), sehingga aku harus “memperpanjang” long weekend-ku selama satu hari di Budapest. Iya, akhirnya aku mengambil satu hari cuti untuk long weekend tahun biarpun aku menulis ini dua minggu yang lalu, haha 😛 . Tetapi karena tujuannya adalah Budapest, aku rasa bakal worth-it lah 😛 .

Budapest itu memang cantik banget

Anyway, jadi bagimana nih Budapest? Budapest memang beneran cantik banget! Aku juga beruntung terutama dengan urusan cuaca dimana cuacanya cerah (hanya sedikit awan) di keseluruhan masa tinggalku di sana. Ditambah lagi, datang dari Eropa Barat, apa-apa juga terasa murah! Huahaha 😆 .

Seperti biasa, di atas aku unggah beberapa foto sebagai teasers dari perjalanan ini.

Advertisements

18 Comments Add yours

  1. Kastil di Budapest emang cakep-cakep ya Zilko. Aku paling suka duduk di Parliament sambil melihat Danube

    1. zilko says:

      Iya cakep-cakep memang Win! Aku malah nggak sempat ke Parliament-nya langsung. Aku malah dari seberangnya buat foto-foto ke arah Parliament-nya, hahaha 😆

      1. jadi pengen kesana lagi

        1. zilko says:

          Memang bagus ya Win 😀 .

  2. fahrizinfa says:

    bangunan di budapest keren-keren ya kak zilko, ambil cuti untuk budapest pasti worth it yaa apalagi destinasinya keren-keren pula XD

    1. zilko says:

      Iya, worth it banget!

  3. Lima thn yg lalu aku ke Budapest pas bulan mei. Bangunannya cantik cantik tapi sayang berdebu dan kurang perawatan menurutku. Liat dari Bangunannya yg terbayang adalah betapa kaya dan cantiknya kota Budapest di jaman keemasannya. Klo soal penerbangan kita ga picky sama sekali, kita selalu ambil penerbangan dari Rotterdam untuk penerbangan di dlm Eropa, gampang ga usah naik taksi atau kereta, suami tinggal ngedrop aku ma anak anak, dia pulang lg buat simpen mobil trus jalan kaki ke Airport. Rmh kita deket Airport, saking deketnya kita pernah ditolak naik taksi, ampun deh

    1. zilko says:

      Ah, betul sekali! Begitu pula kesan pertama yang aku dapat dari kotanya, terutama di area yang bukan area untuk turis. Bangunannya banyak yang terasa “kusam” ya! Tapi aku amati memang tipikal kota di Eropa Timur seperti itu sih. Di Bucharest juga kesannya mirip-mirip seperti itu, hehehe 😀 .

      Hahaha enak juga ya kalau tinggal di dekat bandara gitu. Praktis jadinya! Untukku sih pasti ke Schiphol, tapi picky-nya adalah maunya yang rute muter-muter kalau bisa muter-muternya menarik) tapi harga tiketnya masih oke, huahaha 😆 .

      1. Oh maksudnya biar bisa muter muter, hihihi. Iya ya sekalian liat tempat lain. Tapi buat kita yang bawa rombongan anak kecil biasanya kita langsung ke satu tujuan aja klo liburan.

        1. zilko says:

          Hahaha iya ya, kalau bawa rombongan anak-anak memang lebih mendingan terbang yang ringkas ya 🙂

  4. nyonyasepatu says:

    Budapest emang cakep dan harganya pun gak semahal di Belanda ya

    1. zilko says:

      Muraaah Non apalagi kalau dibandingin Belanda, huahahaha 😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s