#2104 – 2018 Spring Break (Part VI: The MCA, Skydeck, and the Food)

ENGLISH

Posts in the 2018 Spring Break series:
1. Introduction
2. Part I: Getting to New Orleans
3. Part II: New Orleans
4. Part III: NOLA the Foodie Destination
5. Part IV: New Orleans to Chicago
6. Part V: Chicago the City
7. Part VI: The MCA, Skydeck, and the Food
8. Part VII: Back to Europe in Business Class

In Chicago, I paid a visit (literally) to two attractions in the city (The “free” attractions were covered in Part V), the Museum of Contemporary Art (MCA) and the Chicago Skydeck.

The MCA

The MCA was located near the Hancock Tower in the Magnificent Mile. At first I wasn’t so sure if I would like to come in. But then it was quite some walk already from the hotel and I had some time anyway, and so I decided to pay a visit.

Chicago’s Museum of Contemporary Art

The MCA turned out to be quite cool, though rather small in size despite its five stories building, haha. The exhibitions were, as the museum’s name, contemporary; so some of the artists played more with our senses (than just visual) with their creations. This visit reminded me a little bit of my visit to a contemporary art museum in Salzburg back in 2011, in which sometimes I felt like some of the “artworks” were difficult to understand, or way too “simplistic” and made me think “Even I could make this“, lol 🙈.

A contemporary artwork in Chicago

Nonetheless, the museum was beautiful. Did it worth the $15 admission? Well, it was rather on the steep side to me but it was still okay, haha 😛 .

The Chicago Skydeck

Willis Tower was the tallest building in Chicago. It had an observation deck, called the Skydeck, on the 103rd floor that was equipped with four glass balconies. The balconies had glass floor so visitors could literally look at the street and everything else 412 meters below. So obviously I would like to pay a visit.

Willis Tower

I went to Willis Tower after my visit to the MCA. Upon entering the building, I was told that there was a line of 2.5 hours before I would get access to the Skydeck. This was Saturday afternoon (of an Easter long weekend) and was my last full day in Chicago; so I didn’t have any other alternative. Upon reaching the ticket kiosk, there was a “Fast Pass” ticket that came with a priority queuing line (with only 40 minutes of waiting time) but cost $49. I felt cheap today so I just went with the general admission ticket which only cost $24, haha.

The queue for the Skydeck

I was thinking they must have exaggerated the “2.5 hours” queueing time; but it turned out they were being serious, lol 😆 . But free wifi was provided and it helped a lot to pass the time, haha. Long story short, I finally got my turn to take the elevator up to the 103rd floor. The elevator moved really fast, btw.

The Skydeck provided 360 degree view of Chicago. I went to one window which faced The Loop, and admired the awesome view of Chicago City Center from 412 meters above the ground.

The business district of Chicago from Skydeck

The balconies were in the other side of the room; and, unsurprisingly but rather annoyingly, there was another line for those! I chose one of the line (each balcony had its own line(s)); and this line felt like moving at a much slower pace than the previous line!

The queue for the balconies at the SkyDeck

It was another half an hour of queueing before finally I got my turn at one of the balconies. By this time I was already so tired from the three hours of queueing and just wanted to get my pictures taken, lol 😆 . And so I didn’t have a lot of time and energy to look down and “felt the height” under me. Though, I did manage to snap one picture of it; and it wasn’t “that” scary to be honest, haha.

The view of the glass bottom deck at 412 meters (103rd floor) above the ground

It was cool though that each balcony was managed by an officer who made sure the lines were respected and each visitor wouldn’t take too much time in the balcony (to be courteous to other visitors still waiting in the lines). My officer also helped me to take a few photos, haha 😆 .

Sky Deck Chicago

After my about 1 minute turn (lol 😆 ) at the balcony was over, I went down the elevator and left the Willis Tower.

Was the Skydeck worth a visit? Yes, definitely! Perhaps just choose a better timing than I did. I mean, a Saturday afternoon in the middle of a long weekend was probably not the most ideal time to pay a visit there, haha 😆 . Ah, and don’t forget to check the weather forecast too to make sure you would get good view of the city from up there!

The Food in Chicago

Coming to Chicago, I knew that I would like to try out their famous deep dish pizza! And I wasted no time. I went to two restaurants, Pizano and Giordano’s, and at both I ordered this dish. There were many different choices of toppings but those were mostly for small-and-up sized pizza. For the individual sized one which I was after, the topping variety wasn’t that wide; but what I was after, the cheesy one, thankfully came in this size.

A Chicago’s cheesy deep dish pizza

And indeed, it was delicious!! The pizza looked thick but it was thick with the topping, not the crust! Years ago when I was still in Indonesia, someone told me that Pizza Hut’s pizza was Chicago-style. And now, I can say that this person was lying to my face! It wasn’t like Pizza Hut’s pizza!! Lol 😆

Anyway, I learned that deep dish pizza took a long time to cook, at least in these two restaurants that I went to. Even at Giordano’s, I had to wait for nearly an hour! The waitress told me about this when I was placing my order, though.

A delicious steak in Chicago

Another dish that one should try while in Chicago was the steak! Apparently Chicago was a steak city; and for my last dinner there I went to a pub that served steak. And the sirloin steak was delicious, and unique in its own way! It was served with fried onion with Worcestershire sauce, a combination I had never seen for a steak before! 😀

TO BE CONTINUED…

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri 2018 Spring Break:
1. Introduction
2. Part I: Getting to New Orleans
3. Part II: New Orleans
4. Part III: NOLA the Foodie Destination
5. Part IV: New Orleans to Chicago
6. Part V: Chicago the City
7. Part VI: The MCA, Skydeck, and the Food
8. Part VII: Back to Europe in Business Class

Di Chicago, aku masuk ke dua atraksi berbayar (Atraksi “gratisan”-nya sudah kuceritakan di Bagian V), yaitu Museum of Contemporary Art (MCA) dan Chicago Skydeck.

MCA

MCA berlokasi di dekat Menara Hancock tidak jauh dari Magnificent Mile. Awalnya aku nggak yakin apakah aku mau masuk atau tidak. Tetapi berhubung aku sudah berjalan-kaki jauh dari hotel dan toh ada waktu, aku memutuskan untuk masuk.

Museum of Contemporary Art di Chicago

MCA ternyata lumayan keren juga lho, walaupun ukurannya tergolong cukup kecil sih untukku biarpun ada lima lantai, haha. Yang dipamerkan, sesuai nama museumnya, ber-genre kontemporer; dimana beberapa artisnya bermain dengan indra-indra kita (lebih dari sekedar visual) dengan karya-karyanya. Kunjungan ini mengingatkanku akan kunjunganku ke museum seni kontemporer di Salzburg di tahun 2011 dulu, yang mana aku merasa beberapa “karya seni”-nya sulit dimengerti, atau sebagian yang saking “terlalu sederhana”-nya membuatku berpikir “Begini mah gue juga bisa“, huahahaha 🙈.

Sebuah karya seni kontemporer di Chicago

Walaupun begitu, museumnya secara keseluruhan indah kok. Apakah layak dengan rate tiket masuknya yang $15? Hmm, memang sih rate segini tergolong lumayan mahal tapi masih nggak papa lah, haha 😛 .

Chicago Skydeck

Menara Willis adalah bangunan paling tinggi di Chicago. Menara ini memiliki dek observasi, yang disebut Skydeck, di lantai 103 yang dilengkapi dengan empat balkon. Balkon-balkon ini berlantaikan kaca sehingga pengunjung bisa melihat bebas ke jalanan dan menara-menara di bawah kaki yang berada 412 meter di bawahnya. Jadi jelas dong ya aku ingin mengunjunginya juga.

Menara Willis

Aku pergi ke Menara Willis setelah kunjunganku ke MCA. Ketika memasuki gedungnya, aku diberi-tahu bahwa antrian untuk akses ke Skydeck adalah 2,5 jam. Waktu itu adalah hari Sabtu siang (di long weekend Paskah pula) dan adalah hari penuh terakhirku di Chicago; jadilah aku tidak memiliki alternatif lain. Ketika mencapai loket tiketnya, aku diberi-tahu akan tiket “Fast Pass” dengan jalur prioritas antrian (sehingga antriannya hanya 40 menit) tetapi seharga $49. Karena sedang merasa pelit hari itu, aku membeli tiket yang biasa saja yang hanya seharga $24, haha.

Antrian Skydeck jalur biasa

Awalnya aku berpikir pasti petugasnya melebih-lebihkan lah dengan waktu tunggu “2,5 jam” itu; tetapi ternyata memang beneran segitu dong, haha 😆 . Tetapi di antriannya ada free wifi sih sehingga ini membantu sekali untuk melewatkan waktu, haha. Singkat cerita, aku akhirnya mendapatkan giliranku naik lift ke lantai 103. Liftnya bergerak naik dengan amat cepat loh, btw.

Skydeck menawarkan pemandangan 360 derajat akan Chicago. Aku pergi ke salah satu jendelanya yang mengarah ke The Loop, dan dari sana aku mendapatkan pemandangan kece distrik bisnisnya Chicago dari ketinggian 412 meter di atas tanah.

Distrik bisnisnya Chicago dari Skydeck

Balkon-balkonnya berada di sisi lain ruangannya; dan, tidak mengherankan tetapi menjengkelkannya, ada antrian untuknya lagi dong! Aku memilih salah satu antriannya (masing-masing balkon memiliki antriannya sendiri-sendiri); dan antrian kali ini rasanya bergerak lebih lamban daripada yang sebelumnya!

Antri lagi untuk balkon-balkon di SkyDeck

Kira-kira aku harus mengantri setengah jam lagi sebelum akhirnya mendapatkan giliranku di salah satu balkonnya. Di waktu ini aku sudah lelah dari yang namanya tiga jam mengantri dan ingin cepat-cepat foto-foto saja, haha 😆 . Dan aku pun tidak memiliki banyak waktu dan energi untuk melihat ke bawah untuk “merasakan” ketinggian di bawahku waktu itu. Walaupun aku sempat mengambil satu fotonya sih; dan sebenarnya nggak “seram-seram amat” menurutku, haha.

Pemandangan ke bawah dari dek kaca di ketinggian 412 meter (lantai 103) di atas tanah.

Keren lho di setiap balkonnya terdapat petugas yang memastikan antriannya berjalan mulus dan setiap pengunjung tidak memakan waktu di balkonnya terlalu lama (ya mesti juga memikirkan pengunjung-pengunjung lain yang sedang mengantri kan ya). Petugas di balkonku juga membantuku foto-foto, haha 😆 .

Sky Deck Chicago

Setelah giliranku selama 1 menitan (haha 😆 ) berakhir, aku turun dengan lift-nya dan meninggalkan Menara Willis.

Apakah Skydeck worth it? Iya banget! Tapi waktu kunjungannya bisa dipilih yang lebih baik daripada waktuku kemarin ini deh. Maksudku, Sabtu siang di pertengahan long weekend jelas bukan waktu yang ideal untuk mengunjunginya kan ya, haha 😆 . Ah, dan jangan lupa mengecek ramalan cuaca untuk memastikan pemandangan kotanya lagi kece dari atas sana!

Makanan di Chicago

Dari awal, aku sudah tahu aku ingin banget makan deep dish pizza di Chicago yang memang terkenal banget itu! Dan aku fokus banget dengan ini. Aku pergi ke dua restoran, Pizano dan Giordano’s, dan di keduanya aku memesan menu ini. Pilihan topping-nya ada bermacam-macam tetapi kebanyakan untuk pizza ukuran small ke atas. Untuk ukuran individu seperti yang kuinginkan, pilihan topping-nya tiak sebanyak itu; tetapi yang memang aku inginkan, topping keju, untungnya tersedia di ukuran ini.

Sebuah deep dish pizza yang berkeju banget di Chicago

Dan memang beneran enak banget lho!! Pizzanya nampak tebal tetapi tebal oleh topping-nya, bukan oleh crust-nya! Jadi ceritanya dulu ketika masih di Indonesia, aku diberi-tahu bahwa pizza-nya Pizza Hut itu bergaya Chicago. Dan sekarang, aku bisa bilang bahwa siapa pun yang memberi-tahuku waktu itu itu jahat bohong! Soalnya pizza-nya nggak mirip sama sekali dengan pizza-nya Pizza Hut!! Haha 😆 .

Anyway, memasak deep dish pizza ini membutuhkan waktu lama banget, setidaknya di dua restoran yang kukunjungi ini. Bahkan di Giordano’s, aku harus menunggu hampir satu jam! Pelayannya sudah memberi-tahuku ini ketika memesannya sih.

Steak yang enak banget di Chicago

Menu lainnya yang perlu dicoba di Chicago adalah steak-nya! Ternyata Chicago adalah kota steak; dan untuk makan malamku di sana aku pergi ke sebuah pub yang menyediakan steak. Dan steak sirloinnya memang enak banget, dan unik! Steak-nya disajikan dengan bawang goreng tepung dengan saus Inggris, kombinasi yang belum pernah kudapatkan sebelumnya! 😀

BERSAMBUNG…

Advertisements

18 Comments Add yours

  1. fahrizinfa says:

    antri di skydecknya lama banget ya 2,5 jam,untung ada wifi kalau engga pasti udah bosen bangett XD aku penasaran sama deep dish pizza nya deh 😀

    1. zilko says:

      Iya antrinya lama banget! Untung banget ada wifi yang mana sangat amat membantu, hehehe :D. Deep dish pizza-nya enak!! 🙂

  2. pinkuonna says:

    Dan baca ini jadi bikin aku ngegoogle yang disebut Californian style pizza tuh gimana sih 😀

    1. pinkuonna says:

      Maksudnya Chicago style pizza 🙂

    2. zilko says:

      Hahaha, kayak peleburan antara pizza dan pie gitu bentuknya 😀 .

  3. Arman says:

    wow perjuangan banget ya ke skydeck nya. tapi iya fotonya bagus banget…
    steak nya keliatannya enak banget…

    1. zilko says:

      Hahaha, iya! Perjuangan banget ngantrinya tapi memang worth it! Tapi lebih enak kalau kesananya pas hari biasa dan bukan pas tanggal merah sih, perjuangannya nggak perlu sekeras itu mestinya, huahaha 😆 .

      Steaknya memang enak! Unik dikasi saus Inggris dan bawang goreng tepung gitu!

  4. niee says:

    itu ada lukisannya cuma hitam doang gitu ko? beneran artistik yak 😜

    Btw, pizzanya menggiurkan banget. Kalau soal pizza hut, aku tahunya itu kata orang emang pizza dari US ya. Kalau dari italy garing dan tipis (?)

    1. zilko says:

      Iya kan Niee, hahahaha 😆 .

      Iya, pizza yang “asli” dari Italy rotinya garing dan tipis! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s