#2076 – A Tale of Power Bank Hunting

ENGLISH

I have previously mentioned that not too long ago I bought a new power bank because my older one was broken; and I had found power bank to be very useful. At the time I wasn’t very happy with it because I found it to be too large and was rather heavy, thus making it quite inconvenient for my travels. Yeah, I bought the product online and it was, indeed, my mistake that I did not carefully check these dimensions; the downside of online shopping, haha. On the other hand it had a lot of capacity and was still well within the allowed range to be brought to a flight cabin.

A new power bank (left) and the old one (right)

However, after some (quick) consideration I decided to return the product because I couldn’t look past the inconvenience of it on my travels .Yeah, the cool thing about purchasing stuffs in the Netherlands is the “cooling off” period where we can return a product we have just bought (and, of course, get a refund)! But of course this is not for all products. This was my first time, ever, returning a product because I changed my mind, though, haha 😆 . Btw, I bought the power bank from a big electronic store in the Netherlands who had a cooperation with the postal service, so returning the product was free of charge! Haha 😀 .

The process went very smoothly, btw. I got a confirmation from the store in about 24 hours that they had received my shipment (Even they bothered to take two pictures of the shipment 😅) and that my payment would be fully refunded. Technically the process was much quicker than that as the part which took the most time of that 24 hours was the shipping back, haha 😆 . The refund took place about three working days later where I got it in my credit card account.

But of course at the end of the day I still needed a new power bank; and so I went to the store one day after work (No online shopping this time around! I felt like I needed to touch and see the product first before buying one! Lol 😆 ). Long story short, I bought one with much smaller capacity but with convenient size and weight to carry around. It actually was roughly similar, dimension-wise, to my old one, haha.

A new(er) power bank (left) and the old one (right)

Thus far, I am quite happy with it!

Yeah, this is the story of me getting a new power bank this month 😆.

BAHASA INDONESIA

Sudah kuceritakan sebelumnya belum lama ini bahwa aku membeli power bank baru karena yang lama rusak; dan sejauh ini aku merasa power bank itu sungguh berguna. Waktu itu aku tidak terlalu puas dengan produk baru ini karena bagiku terasa terlalu besar dan agak berat, sehingga kurang praktis untuk dibawa-bawa ketika jalan-jalan. Iya, barangnya aku beli online dan memang sih salahku aku tidak mengecek dua dimensi ini dengan teliti; ya sisi buruk dari belanja online memang ini, haha. Di sisi lain, sebenarnya produk ini berkapasitas besar banget dan dimensinya masih di dalam batas untuk diperbolehkan dibawa ke kabin pesawat sih.

Power bank baru (kiri) dan yang lama (kanan)

Namun, setelah pertimbangan (kilat), akhirnya aku memutuskan untuk mengembalikan (retur) produk ini karena bagiku ketidak-praktisannya untuk dibawa jalan-jalan itu mengganggu banget. Iya, asyiknya belanja di Belanda adalah adanya periode “cooling off” dimana kita bisa mengembalikan produk yang baru saja kita beli (dan, tentu saja, uangnya dikembalikan)! Eh setahuku ini nggak berlaku untuk semua produk sih tapinya. Biarpun begini, ini adalah pertama kalinya sih aku mengembalikan suatu produk karena aku berubah pikiran, haha 😆 . Btw, aku membeli power bank-nya dari toko elektronik besar di Belanda yang bekerja-sama dengan layanan pos, sehingga ongkir pengembalian produknya pun gratis loh! Haha 😀 .

Proses returnya pun berjalan dengan amat mulus, btw. Aku mendapatkan konfirmasi dari tokonya dalam waktu 24 jam bahwa barangnya sudah mereka terima kembali (Bahkan mereka mengirimkan dua foto barangnya segala loh 😅) dan pembayaranku akan dikembalikan penuh. Secara teknis sebenarnya prosesnya jauh lebih cepat daripada itu karena yang memakan waktu paling banyak dari 24 jam itu adalah pengirimannya, haha 😆 . Pengembalian pembayarannya sendiri berlangsung sekitar tiga hari kerja kemudian dimana pembayaranku dikembalikan di akun kartu kreditku.

Tetapi tentu saja ya pada akhirnya toh aku masih membutuhkan power bank baru; jadilah suatu sore aku mampir di tokonya sepulang kerja (Nggak mau belanja online deh kali ini! Aku merasa perlu untuk memegang dan melihat barangnya dulu sebelum membeli! Haha 😆 ). Singkat cerita, aku membeli satu yang kapasitasnya lebih kecil tetapi ukuran dan beratnya praktis banget untuk dibawa jalan-jalan. Ukurannya kurang lebih sama sih dengan power bank lamaku, haha.

Power bank yang (lebih) baru (kiri) dan yang lama (kanan).

Sejauh ini, aku cukup puas dengannya!

Yak, begini lah ceritaku membeli power bank bulan ini, huahaha 😆.

Advertisements

9 Comments Add yours

  1. Ha…ha, kalau aku jadi Zilko mah aku pakai terus aja si power bank yang gede itu 🙂 #pasrah:D

    1. zilko says:

      Huahaha, kalau di Indo soalnya kalau sudah dibeli ya mau nggak mau mesti dipakai ya, atau langsung dijual second hand. Tapi kan repot harus menjual barangnya, hahaha 😀 .

  2. Christa says:

    Aku juga suka bgt disini bebas balikin barang hahaha… sekarang kalo beli baju aku ngga cobain lagi, cobain nya dirumah, kalo gak pas baru balikin 😂😂😂

    1. zilko says:

      Hahaha, aku sebenarnya pengen nyobain yang baju itu Chris. Soalnya kadang malas nyobainnya kalau di tokonya kan, hahaha 😛 . Tapi sejauh ini belum pernah aku balikin lagi sih 😀 .

  3. Yance says:

    Lhaa..kok belanja online disitu enak bgt ya ko..bisa diretir gitu kalo ga cocok. Iya sihh..emang agak bingung mau pilih power bank yg kecil..enteng..tapi daya gede…kan buat jalan2 praktis…

    1. zilko says:

      Iyaaa, asyik banget! Bahkan belanja offline pun biasanya bisa diretur juga lho kalau nggak cocok (tapi aku belum pernah sih, haha) 😀 .

      Iya! Power bank asyik kalau kecil jadi praktis dibawa-bawanya. Tapi kalau dayanya kecil ngehe juga ya. Jadi produk yang optimal adalah yang dayanya cukup besar tapi ukurannya masih cukup kecil dan enteng sehingga praktis dibawa-bawa, hahaha 😆 .

  4. niee says:

    kalau aku gak mau deh balikin barang. pernah suatu kali tokonya yang salah antar barang yang gak aku beli. Pas proses baliknya kok ya ribet banget. Apalagi kejadian kayak gini ya yang bukan salah tokonya. Pasti udah nyerah duluan deh aku. hahaha

    1. zilko says:

      Iya kalau di Indonesia mah memang bisa dibilang nggak mungkin ya bisa mengembalikan barang. Memang ini tidak lazin makanya sistem dan infrastrukturnya juga tidak menyokong ini. Makanya di Indonesia pun aku juga nggak pernah mengembalikan barang. Kalau di Belanda sih bisa Niee dan pengembaliannya relatif gampang, hahahaha 😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s