#2027 – A Very “Colorful” Week

ENGLISH

It has been a full working week since I got back home from my November 2017 Trip to Indonesia. So how has this week been?

Well, as in any other week following a long-haul flight crossing several different time zones, the week started with my body fighting the jetlag, haha. I went to work on Monday and it was quite annoying because the jetlag was still quite strong while at the same time I was tuning back to where I left off at work and tried to catch up on what has been going on while I was away.

Speaking of work, there was a track outing event this Thursday where we went: karaoke-ing after work! Haha πŸ˜› . Btw it surprised me that karaoke won the votes (We voted for what activity we would like for the track outing). Anyway, it turned out to be really fun! πŸ˜›

Yeah, so my theme this week was, indeed, mainly about recovery. While generally I was getting better as the week passed by, I wasn’t feeling particularly well in the middle of the week. I think I caught a flu because of the jetlag and also the sudden switch of climate from tropical rainy season to European winter. While the flu wasn’t that bad, it was enough to affect my fitness that day a little bit.

I still managed to go to myΒ tennis lesson this week but conflicting agenda and the flu prevented me from going to the gym. I actually thought of fighting through the flu and went to the gym in the middle of the week. But I have learned thatΒ I needed to listen to my body and to think of the bigger picture that is my work and upcoming personal plans. So I cancelled my gym plan and tried to not be too harsh on myself, haha. My health is a priority, right? πŸ˜›

Speaking of the European winter, this happened yesterday:

Yes, it was snowing!! No matter how many times before I have experienced snow, I still find it very beautiful!! 😍😍😍

So, yeah, this week indeed has been a really “colorful” week for me!!

BAHASA INDONESIA

Sudah satu minggu kerja penuh sekarang semenjak aku kembali dariΒ perjalanan November 2017ku ke Indonesia. Jadi bagaimanakah mingguku ini?

Yah, seperti minggu-minggu lainnya setelah sebuah penerbangan jarak jauh melintasi beberapa zona waktu yang berbeda, minggu ini dimulai dengan badanku melawan efek jetlag yang masih kuat, haha. Aku pergi ke kantor di hari Senin dan hari itu cukup menyebalkan karena jetlagnya masih kuat sementara aku berusaha untuk mencoba mendapatkan ritme pekerjaanku kembali seperti sebelumnya dan di saat yang sama juga berusaha untuk catch up dengan semua perkembangan yang terjadi ketika aku sedang pergi.

Ngomongin kerjaan, ada acara track outing hari Kamis kemarin ini dimana kami pergi: karaokean sepulang kerja doong! Haha πŸ˜› . Btw, tidak kusangka-sangka lho bahwa karaoke akan menang dalam voting (Sebelumnya kami voting aktivitas apa yang ingin kami lakukan di track outing). Anyway, ternyata seru banget lho! πŸ˜›

Ya, jadi ya memang begitu deh temaku minggu ini, pemulihan diri. Walaupun secara umum aku semakin pulih seiring dengan berlalunya minggu ini, aku sempat merasa kurang fit di pertengahan minggu. Kayaknya aku kena flu gitu deh karena kombinasi jetlag dan perubahan cuaca dari musim hujan tropis ke musim dingin Eropa. Walaupun nggak terlalu parah, flunya cukup mempengaruhi fitness-ku hari itu.

Aku masih sempat pergi ke les tenisku minggu ini sih tetapi jadwal agendaku yang tubrukan dan flunya itu membuatku sama sekali tidak bisa pergi ke gym minggu ini. Sebenarnya sempat terbesit pikiran untuk tidak menghiraukan flunya dan tetapi memaksakan diri untuk ke gym di pertengahan minggu itu. Tapi aku sudah belajar bahwa aku perlu untuk mendengarkan tubuhkuΒ dan memikirkan the bigger picture yaitu pekerjaanku dan rencanaku ke depan ini dalam waktu dekat. Jadilah rencanaku ke gym hari itu kubatalkan dan aku berusaha untuk tidak terlalu kerasa kepada diriku sendiri. Yang namanya kesehatan adalah nomor satu kan? πŸ˜›

Ngomongin musim dingin di Eropa, kemarin ini terjadi lhoo:

Iyaa, turun salju dooong!! Nggak peduli sudah berapa kali sebelumnya aku bersentuhan dengan yang namanya salju, bagiku salju itu masih indah bangettt!! 😍😍😍

Jadi, ya begitu lah. Minggu ini memang telah menjadi minggu yang sungguh “berwarna” bagiku!!

11 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    Hari ini kayaknya ada salju kan disana?

    1. zilko says:

      Malah parah saljunya Non! Hahaha

  2. niee says:

    salju tahun ini dibeberapa tempat datengnya cepet ya ko. seminggu setelah pulang dari seoul aku lihat dibeberapa IG katanya seoul turun salju. jadi pengen pergi ke korea pas musim dingin πŸ˜†

    1. zilko says:

      Iya Niee tahun ini salju cepet datangnya.

  3. Pypy says:

    Ko, udah pernah tanya belum sih ya? *maafkan otak mulai lemah. Mo bertanya pertanyaan anak bocah, tapi emang penasaran.

    Kan salju itu dari awan kan ya? Iya ga sih? *mendadak takut salah.. Kalau pas lagi salju terus terbang, pas pesawatnya masuk lewat awan tuh gimana? Biasa aja atau ada hal lain terjadi? macam jadi turbulensi gitu? atau pesawat tetiba keberatan salju.. πŸ˜€

    1. zilko says:

      Ketika terbangnya sih kalau saljunya aja sih sepengetahuanku nggak masalah Py (kalau salju ya, bukan es; soalnya kalau es kan keras dan bisa berpotensi merusak blade di mesin pesawatnya). Tapi yang bermasalah itu karakteristik cuaca yang biasanya terjadi ketika bersalju, yang mana biasanya cuacanya kurang oke dan anginnya kenceng.

      Yang bermasalah banget itu es yang sampai terakumulasi di badan pesawat Py (Dan ini salju bisa berperan kalau pesawatnya ngendon lama di bandaranya; dimana salju menumpuk dan salju yang berada dekat dengan fisik badan pesawatnya mencair, tapi karena cuaca dingin, air cairannya ini membeku dan jadi es). Selain bikin berat, ini bisa mengacaukan disain aerodinamik badan pesawatnya, akibatnya gaya angkat pesawatnya bisa terpengaruh banget. Makanya kalau cuacanya seperti ini, sebelum takeoff pesawatnya bakal di-deice dulu.

      Ketika cuaca begini juga landasannya jadi lebih licin yang bisa jadi lebih berbahaya. Makanya ketika cuacanya begitu nggak semua landasan dibuka sehingga daya tampung bandara jadi terbatas banget.

      1. Pypy says:

        Berarti kek salju itu terbentuk setelah turun dari awan ya Ko? Bukan didalam awannya? Jadi masuk awan pas salju ok dong ya. Kok gw bayangin bakal berat gitu.

        1. zilko says:

          Masalah dimananya agak tricky Py soalnya “bahan” untuk membuat saljunya ada juga di dalam awannya (kristal es), yang mana ketika jatuh karena suhunya dingin jadi gak mencarir (kalau mencair kan jadi hujan) tapi tetap sebagai kristal es yang saling menempel trus jadi salju deh. Setahuku sih gitu πŸ˜› .

          Kalau sudah terbang biasanya salju nggak masalah kok Py. Salju lebih bermasalah kalau di darat dan pesawatnya diam lama sehingga saljunya sampai menumpuk gitu. Ini ada penjelasannya di sini: https://www.pilotworkshop.com/tips/flying-through-snow

          1. Pypy says:

            Whoaaaa.. Makasihh banyakk penjelasannya Ko, dan lagi baca linknya.. Nambah pengetahuann πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s