#2020 – My Favorite Landing Runways of AMS and CDG

ENGLISH

Since 2014, Amsterdam’s Schiphol and Paris’ Charles De Gaulle have been the two airports I travel to/from the most. This is hardly surprising given that I am residing in the Netherlands and KLM and Air France are basically married, haha. Anyway, an implication of using both airports a lot is that I have started to form a preference regarding on which runway/direction my flight would land at both.

Of Schiphol (AMS)

Clearly, not the Polderbaan.

I have previously mentioned that Schiphol’s runway 18R/36L, or also known as the Polderbaan, is my least favorite of the airport’s six runways due to its distance from the terminal building. At the time, I mentioned that I liked the other five equally and had no preference amongst them. However, though, things start to have changed a little 😛 .

My rather recent boring Avgeek Weekend Trip made me realize that I think I have developed a “preference” for one of the five runways; but only for landing. And that is: runway 09/27, or also known as the Buitenveldertbaan; and specifically runway 27 because, from my empirical observations, landing is performed on the runway 27 side while take-off from the runway 09 side for Buitenveldertbaan. And here is why:

Landing path of flight KL1246 at the Buitenveldertbaan. Map is from flightradar24.

The map above shows the landing path of my flight KL1246 that evening. As you can see, landing at runway 27 would require the plane to fly above the southern part of Amsterdam. Hence, if you are seated on the window seat in the right side of the plane, you would be provided with a really cool bird’s eyes view of the city!

Of Paris – Charles De Gaulle (CDG)

For the same reason as for runway 27 of Schiphol, my favorite landing runway of Paris-CDG is runway 08R. Landing on this runway would mean the plane would have to fly above the beautiful city of Paris. For instance, here is the landing path of flight AF7641 I took a few months ago with an Air France’s Dreamliner from Lyon:

Landing path of flight AF7641 at runway 08R. A screenshot from flightradar24 app.

This means that if you are seated on the window seat in, again, the right side of the plane, you would be provided with a bird’s eye view of the city! There are exceptions, of course, for instance on flight AF 7641 I took above. A landing path like this would also provide passengers sitting on window seats on the left side of the plane with a cool view of Paris.

A bird’s eye view of Paris!! You can spot the Eiffel Tower, Arc de Triomphe, and the famous Champs-Élysées here.

Paris-CDG Airport is equipped with four parallel runways, so why runway 08R in particular and not runway 08L, 09L, or 09R? In the screenshot above, you can clearly see that the airport is located to the north east of Paris. Runway 08R is the southern most runway of the airport and, hence, landing on this runway would mean that you would get the best possible (closest) view of Paris than when landing on any other runways!

BAHASA INDONESIA

Sejak tahun 2014, Bandara Schiphol di Amsterdam dan Bandara Charles De Gaulle di Paris telah menjadi dua bandara dari mana aku terbang ke/dari paling sering. Ini tidak mengherankan sih karena aku tinggal di Belanda dan KLM dan Air France kan pada dasarnya suatu kesatuan ya, haha. Anyway, satu implikasi dari ini adalah aku mulai membentuk preferensi mengenai landasan pacu/arah pendaratan favoritku ketika mendarat di kedua bandara.

Untuk Schiphol (AMS)

Jelas bukan Polderbaan.

Sudah kusebutkan sebelumnya bahwa landasan pacu 18R/36Lnya Schiphol, alias Polderbaan, adalah yang paling tidak kusukai dari enam landasan pacu bandaranya karena jaraknya yang jauh dari gedung terminal. Waktu itu kusebutkan bahwa aku menyukai lima landasan pacu lainnya secara sama rata lah. Namun, ternyata aku sudah sedikit berubah, haha 😛 .

Perjalanan Avgeek Weekend Tripku yang membosankan baru-baru ini membuatku menyadari bahwa aku mulai membentuk “preferensi” untuk satu dari lima landasan pacu lain bandaranya; tetapi untuk mendarat saja. Dan landasan pacu itu adalah landasan pacu 09/27, atau dikenal juga dengan nama Buitenveldertbaan; dan khususnya landasan pacu 27 karena, dari pengamatan empirisku, pendaratan selalu dilakukan di sisi landasan pacu 27 sih sementara lepas landas dari sisi landasan pacu 09 untuk Buitenveldertbaan. Berikut ini alasannya:

Jejak pendaratan penerbangan KL1246 di Buitenveldertbaan. Peta dari flightradar24.

Peta di atas menunjukkan rute pendaratan penerbangan KL1246ku malam itu. Seperti yang bisa dilihat, mendarat di landasan pacu 27 berarti pesawatnya harus terbang di atas Amsterdam bagian selatan. Jadi, jika kita duduk di kursi jendela di sebelah kanan pesawat, kita akan mendapatkan pemandangan yang kece akan kotanya!

Untuk Paris – Charles De Gaulle (CDG)

Untuk alasan yang sama seperti landasan pacu 27 Bandara Schiphol, landasan pacu favoritku untuk mendarati di Paris-CDG adalah landasan pacu 08R. Mendarat di landasan pacu ini berarti pesawatnya harus terbang di atas kota Paris. Misalnya saja, berikut ini jejak rute pendaratan penerbangan AF7641ku dari Lyon yang kunaiki beberapa bulan yang lalu dengan Dreamlinernya Air France:

Rute pendaratan penerbangan AF7641 di landasan pacu 08R. Sebuah screenshot dari app flightradar24.

Ini berarti jika kita duduk di kursi jendela, lagi, di sisi kanan pesawat, kita akan diberikan pemandangan yang kece akan kotanya! Eh, ada pengecualian sih memang, seperti misalnya penerbangan AF7641ku di atas. Rute pendaratan semacam ini juga memberikan pemandangan keren kota Paris bagi penumpang yang duduk di sisi kiri sih.

Pemandangan kota Paris dari atas!! Di foto ini, kita bisa melihat Menara Eiffel, Arc de Triomphe, dan Champs-Élysées yang terkenal itu.

Bandara Paris-CDG dilengkapi dengan empat landasan pacu paralel. Jadi mengapa kok aku hanya suka landasan pacu 08R saja, dan bukannya landasan pacu 08L, 09L, atau 09R? Nah, di screenshot di atas, bisa kita lihat bahwa bandaranya berlokasi di timur lautnya Paris. Landasan pacu 08R adalah landasan pacu paling selatan dari bandara ini sehingga mendarat di landasan pacu ini akan memberikan pandangan yang terbaik (paling dekat) dengan kota Paris daripada di landasan pacu lainnya.

5 Comments Add yours

  1. Eky says:

    Aku nggak ada airport yang sering banget dikunjungin jadi nggak ada runway favorit. Tapi tiap naik pesawat selalu ngecek flightradar24 gimana historical approach flight sebelumnya supaya bisa nentuin harus duduk di kursi kiri atau kanan demi liat bird eye view of the city 😀

    Yaa walaupun suka berkahir dengan tragis karena runway-nya berhubah jadi nggak keliatan landmark kotanya (I’m looking at you, BA and LHR…)

    1. zilko says:

      Hahaha, kalau Jakarta gimana Ky? Tapi memang sih karena jauh dari kota jadi mendarat di runway 25 (L ataupun R) mah nggak begitu beda ya daripada kalau mendarat di runway 07 (L ataupun R) 😛 .

      Hahaha, sama!! Memang nggak menjamin sih tapi setidaknya ada bayangan untuk memaksimalkan peluangnya kan! 😛 Lho Ky, bukannya kalau LHR kebanyakan mendarat di runway 27? Jadi enakan kalau duduknya di window seat sebelah kanan! Hehehe 😛

      1. Eky says:

        Jakarta kayaknya suka berubah-ubah deh, dan view-nya nggak se-ok itu jadi kanan/ kiri sama aja lah :))

        Yesss aku udah googling dan nemu kalo sisi kanan paling OK buat liat view London, tapi somehow waktu itu apes banget kayaknya dapet runway yang beda dan jadinya malah dapet view countryside. Untungnya pesawatnya kena hold jadi pilotnya muter sekali dan sempet kebagian view London.

        Btw gimana cara tau nomor runway sih? Setau aku kan di runway-nya banget adanya, nah tapi gimana liatnya kan ketutupan badan pesawat pas mau take-off (unless pesawatnya punya down-facing kamera kayak A350 dan A380 sih)..

        1. zilko says:

          Iya Jakarta mah sama aja, hahaha. Kalau landing di runway 25, mendingan sisi kirinya sih tapi 😛 .

          I see, kalau countryside di sisi kanan berarti dari runway 09 ya Ky, hmmm. Iya juga sih untuk LHR gitu yang mana runwaynya cuma dua dengan arah yang sama berarti ada suatu kali waktu yang dipakai runway 09, hmmm….

          Ah, nomor runway ada signage-nya juga Ky di deket runway-nya, yang bentuknya kotak di dalamnya ada lampunya gitu. Yang nomor runway, penandanya selalu warna merah dengan tulisan nomor warna putih, hehehe 😀 . Nah kalau gak kelihatan, plan Bku adalah kucek pakai flightradar24 atau Wikipedia dengan mengamati surrounding airport-nya, ahahah 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s