#1991 – Nostalgia: Star Trek: Voyager

ENGLISH

This post has sat in my draft for more than a year now; as I first wrote it after watching Star Trek Beyond last year (This post would have been numbered in the 1700s had I published it immediately). But since then, due to the (what I thought) neutrality of its topic, this post has acted as a good “back up” in case I would encounter a writer’s block, haha. But then, this neutrality has actually started to fade away recently (more on this soon!). And so it appears that the time has come to let this post live its real life being published here. So here we go! 🙂

***

So I have mentioned that I am a self-proclaimed Trekkies. However, I must admit that I have not watched all series of Star Trek, haha 😆 . Growing up in the 1990s and 2000s, obviously I was more familiar with the series that were running in those periods. There were four though: Star Trek: The Next Generation, Star Trek: Deep Space Nine, Star Trek: Voyager, and Star Trek: Enterprise. Of the four, I was the least familiar with Deep Space Nine mainly because it was not aired in Indonesia if I recall correctly.

However, of the other three, my most favorite one was, without a doubt, Star Trek:Voyager.

USS Voyager NCC-74656. Source: http://io9.gizmodo.com/why-star-trek-voyager-meant-the-world-to-me-1679736359
USS Voyager NCC-74656. Source: http://io9.gizmodo.com/why-star-trek-voyager-meant-the-world-to-me-1679736359

The premise of the series was interesting. USS Voyager (the primary setting of the series) was just a “middle-class” Interprid series spacecraft designed for exploration missions. However, due to a freak event in the Pilot episode, the spacecraft was transported over 70,000 light years away to the Delta quadrant, the furthest away part of the Milky Way galaxy (from Earth) and also the least known and explored of. Yes, the series was about the journey of USS Voyager and the crews back home across this uncharted section of the galaxy.

One unique (at the time) aspect which I like about the series was that the captain of USS Voyager was a woman, Captain Kathryn Janeway. This really gave the series a special outlook with the “motherly” and more “humanly” touch from a captain. You know, not always like the bang bang testosterone action show even though admittedly when I was young(er), the battle part was actually the part I enjoyed the most 😛 .

The main cast of Star Trek: Voyager. Source: http://cdn.nflximg.com/us/boxshots/tv_sdp_s/70158331.jpg
The main cast of Star Trek: Voyager. Source: http://cdn.nflximg.com/us/boxshots/tv_sdp_s/70158331.jpg

I was introduced into this series by my dad. Even back then he made me (and my brother) a maquette of USS Voyager from styrofoam! Too bad at the moment I don’t have a picture of it.

I did not watch all seven seasons when I was in Indonesia. I remember the show did not air for too long due to the rather low rating. Well, being aired in RCTI literally in the middle of the night at like 2 AM or so, who would actually stay up and watch it? At that time we always recorded it in a VHS video tape, haha 😆 . But just after I moved to the Netherlands, in the Fall of 2010 I finished watching all seasons, haha 😆 .

So, who is also a Trekkie and who also loves Star Trek:Voyager? 🙂

p.s: of course it also helps that Star Trek: Voyager has the most beautiful intro with the musical arrangement of all the Star Trek series, imo:

BAHASA INDONESIA

Posting ini sudah duduk manis di bagian draft-ku selama lebih dari satu tahun sekarang; karena aku mulai menulisnya setelah menonton Star Trek Beyond tahun lalu (Posting ini akan bernomor di rentang 1700an andaikata waktu itu langsung aku publikasikan). Semenjak waktu itu, karena (apa yang kukira) topiknya yang netral, kupikir posting ini bisa kujadikan posting “cadangan” yang pas untuk jaga-jaga andaikata aku mengalami writer’s block, haha. Tetapi kemudian, kenetralan ini mulai memudar akhir-akhir ini (akan kuceritakan mengapa segera!). Jadilah artinya akhirnya tiba juga saatnya untuk posting ini “hidup” sebagai posting beneran di sini ya. Nah, mari kita mulai saja! 🙂

***

Pernah kusebutkan bahwa aku mengaku-aku sebagai Trekkies. Namun, aku harus mengaku bahwa aku belum menonton semua serinya Star Trek sih, haha 😆 . Besar di tahun 1990an dan 2000an, jelas aku lebih familier dengan seri-serinya yang ditayangkan di periode ini. Ada empat: Star Trek: The New Generation, Star Trek: Deep Space Nine, Star Trek: Voyager, dan Star Trek: Enterprise. Dari empat seri ini, aku paling tidak familier dengan Deep Space Nine karena tidak ditayangkan di Indonesia kalau aku tidak salah ingat.

Nah, dari tiga yang lainnya, favoritku adalah, tanpa ragu nih menyebutkannya, Star Trek:Voyager.

USS Voyager NCC-74656. Source: http://io9.gizmodo.com/why-star-trek-voyager-meant-the-world-to-me-1679736359
USS Voyager NCC-74656. Sumber: http://io9.gizmodo.com/why-star-trek-voyager-meant-the-world-to-me-1679736359

Premis seri ini menarik banget, USS Voyager (pesawat luar angkasa yang merupakan setting utama seri ini) adalah pesawat berukuran “menengah” kelas Interprid yang didisain untuk misi eksplorasi. Karena suatu kecelakaan super aneh di episode pertama, pesawatnya terpindahkan sejauh 70.000 tahun cahaya ke kuadran Delta, bagian terjauh dari Galaksi Bima Sakti (dari Bumi) dan juga yang paling tidak diketahui dan belum tereksplorasi. Yup, premis seri ini adalah cerita bagaimana USS Voyager dan krunya berusaha pulang ke Bumi melintasi bagian galaksi yang belum terpetakan ini.

Satu aspek unik (waktu itu) dari seri ini yang kusuka adalah kapten USS Voyager yang mana merupakan seorang wanita, Kapten Kathryn Janeway. Ini memberikan sudut pandang unik yang “keibuan” dan lebih “manusiawi” dari seorang kapten. Tahu lah, bukan hanya aksi testosteron dar der dor sana-sini untuk sebuah acara aksi. Walaupun harus aku akui sih ketika kecil dulu, bagian perangnya adalah bagian yang paling kusukai, haha 😛 .

The main cast of Star Trek: Voyager. Source: http://cdn.nflximg.com/us/boxshots/tv_sdp_s/70158331.jpg
Tokoh-tokoh utama Star Trek: Voyager. Sumber: http://cdn.nflximg.com/us/boxshots/tv_sdp_s/70158331.jpg

Aku dikenalkan dengan acara ini oleh papaku. Dulu bahkan ia juga membuatkanku (dan adikku) sebuah maketnya USS Voyager dari styrofoam loh! Sayang aku tidak memiliki fotonya sekarang.

Aku tidak menonton kesemua tujuh musimnya di Indonesia dulu. Aku ingat acaranya tidak dimainkan lama karena rating-nya yang cukup rendah. Yah, ditayangkan oleh RCTI di tengah malam sekitar jam 2 subuh gitu, siapa juga yang mau nonton sih ya? Waktu itu, kami merekamnya dengan video tape VHS, haha 😆 . Tetapi setelah pindah ke Belanda, di musim gugur tahun 2010 aku menyelesaikan menonton kesemua musimnya, haha 😆 .

Jadi, siapa nih yang juga lah seorang Trekkie dan suka Star Trek: Voyager? 🙂

p.s: tentu saja sangat membantu dimana Star Trek: Voyager memiliki intro dengan aransemen musik terindah dari semua serinya Star Trek, menurutku sih (bisa ditonton di tautan Youtube berikut 😛 ).

Advertisements

24 Comments Add yours

  1. pinkuonna says:

    Aku gak nunjuk tangan deh karena aku bukan penggemar Star Trek maupun Voyager 🙂 Mungkin kesukaan Zilko sama pesawat berawal karena Zilko seorang Trekkie ya…

    1. zilko says:

      Huahaha, bisa jadi 😛

  2. nyonyasepatu says:

    Aku nonton karena matt haha

    1. zilko says:

      Huahaha, suka nggak Non? 😛

      1. nyonyasepatu says:

        Suka sih ya tapi aku bingung bs betah tinggal di pesawat hahaha

        1. zilko says:

          Huahaha, kalau karakter-karakternya itu mah kan memang kerjaan ceritanya Non 😛 .

  3. Liza Fathia says:

    Aku belum pernah nonton Star Trek, hehehe. Jadi kurang nyambung oas baca postingan ini 😦

  4. niee says:

    aku ada beberapa kali nonton startrek. tapi gak ada satu episodepun yang ngeh 😆

    1. zilko says:

      Nonton film atau serinya Niee? Hahaha 😛

  5. indo work says:

    Bagus sih startrek. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s