working life · Zilko's Life

#1988 – More Stories from Work

ENGLISH

I have mentioned before that on the last Friday of every month (except for January, apparently), my office rents several barsΒ just after working hours in Amsterdam for all employees, where we can enjoy all the food and drink there for free (read: the company pays πŸ˜› ).

Certainly it is fun. Though, somehow I had never attended it since I moved to Amsterdam in April (meaning my last time there was during the March edition, haha). It had something to do with the long weekends, though. The last weekends of both April and May were long-weekend in the Netherlands. So it was indeed quite of an awkward timing, haha πŸ˜† .

But nonetheless, finally I went back to the August event last month! While talking with a few colleagues there, it appeared that I was not the only one who somehow skipped the event for the last a few editions. Well, let’s just say that it is nice to have some accompanies, no? πŸ˜›

Speaking of work, I have mentioned quite a few times here that I really like and enjoy it! There is so much I could learn that I feel like I am starring at a huge stack of knowledge and experience (and many different kinds of those) I can immerse myself into! And this is certainly exciting!!

Just recently, for instance, I decided to try out a new tool I had never used before for a new project I got from my director. A new tool would mean different “procedure” and “steps” in my work flow, obviously; so it could certainly mean “discomfort” in my work as I would have to approach it differently “from usual”. But at that point I had seen a few of my colleagues used the tool so I felt intrigued to try it myself. If I found it not useful, of course I could ditch it for my future works. And as it turned out, I loved the new tool and was impressed by it!! 😍 In fact, probably from now on I am going to switch to it (until I find a “better” one, of course πŸ˜› ).

You see, I just learned a new skill from this experience, that is using a new tool. And I feel happy about it!

Unlimited free drink, including cider. Yay!

BAHASA INDONESIA

Sudah kuceritakan sebelumnya bahwa setiap hari Jumat terakhir dari suatu bulan (kecuali Januari sih, ternyata), kantorku menyewa beberapa barΒ setelah jam kerja di Amsterdam untuk semua karyawan, dimana kami bisa menikmati semia makanan dan minuman disana dengan gratis (baca: yang bayar kantor maksudnya πŸ˜› ).

Jelas lah ya ini asyik banget. Walaupun, entah bagaimana aku belum pernah datang ke acaranya lagi sih semenjakΒ aku pindah ke Amsterdam April kemarinΒ (yang mana terakhir kali aku kesana adalah di bulan Maret, haha). Ini ada hubungannya dengan long weekend sih. Akhir pekan terakhir April dan Mei kan long weekend ya di Belanda. Jadi jelas dong awkward rasanya untuk datang, haha πŸ˜† .

Toh walaupun begitu, aku akhirnya memutuskan untuk datang di acaranya di bulan Agustus kemarin! Ketika ngobrol dengan beberapa kolega di sana, ternyata bukan aku saja yang melewatkan acara ini beberapa bulan belakangan. Yah, bisa dibilang seenggaknya ada temannya deh! Haha πŸ˜›

Ngomongin kerjaan, sudah kusebutkan juga beberapa kali di sini bawa aku sangat menyukai dan menikmatinya! Ada banyak sekali yang bisa aku pelajari sehingga rasanya aku sedang memandang tumpukan raksasa berisi pengetahuan dan pengalaman (dan berbagai macam jenisnya) yang mana bisa aku selami secara bebas! Dan ini tentu saja terasa seru banget!!

Baru-baru ini, misalnya, aku memutuskan untuk menggunakan sebuah alat (tool) baru untuk mengerjakan sebuah proyek yang aku dapatkan langsung dari direkturku. Alat baru ini berarti “prosedur” dan “langkah-langkah” kerja yang berbeda dari cara kerjaku sebelumnya; yang mana tentu bisa berarti “ketidak-nyamanan” dalam pekerjaan karena aku jadi harus melakukan pendekatan yang berbeda “dari biasanya”. Tetapi waktu itu aku perhatikan beberapa kolegaku sudah menggunakannya sehingga aku jadi penasaran untuk menggunakannya sendiri. Kalau ternyata alatnya tidak berguna bagiku, ya sudah untuk nanti-nanti tinggal tidak aku gunakan kan, haha. Dan ternyata, alat baru ini keren banget dong dan aku terpesona dengannya!! 😍 Malahan, sepertinya untuk saat ini aku akan terus menggunakannya deh (sampai aku menemukan yang “lebih baik” tentunya, haha πŸ˜› ).

Nah kan, aku baru saja mendapatkan skill baru dari pengalaman ini, yaitu pengalaman menggunakan alat baru ini. Dan aku merasa senang karenanya!

Advertisements
EuroTrip · Vacation · Weekend Trip

#1987 – A Weekend in Manchester

ENGLISH

I went to Manchester for a weekend not too long ago. So let’s start the story πŸ˜€

Getting to/back from Manchester

A KLM’s Boeing 737-700 reg PH-BGL at Schiphol

I flew on three segments this weekend, a direct Amsterdam – Manchester flight with a KLM’s Boeing 737-700 reg PH-BGL and Manchester – Paris and Paris – Amsterdam with Air France’s Airbus A320-200 reg F-HEPA and Airbus A319-100 reg F-GRXE, respectively, haha πŸ˜› .

The weather in the weekend was not in the best condition, though; where there were quite many minor turbulences along the wayΒ especially on the two Air France flights I took on Sunday, even more so on the AF1188 flight to Amsterdam. The KLM flight was smooth, though, even though we had to land during rain at Manchester. Here is the landing video was we were landing at runway 23R of the airport:

The KLM flight to Manchester was a little bit “unusual”, though. I was just flying economy but mid-flight, the purser came to my seat, addressed me by name (“Mr. Zilko”), and asked if everything about the flight was alright to me. Wow! As I said before, usually the flight attendants use the neutral “Sir/Ma’am/Miss” in economy! She mentioned that she wanted to make sure everything was alright as she knew that I was flying a lot with KLM/SkyTeam (and for this reason she didn’t ask my seatmates at all, haha πŸ˜› ). Oh wow, I was really impressed by this and was certainly felt really respected for my loyalty. You know, small things like this sometimes can go very far, can’t they? πŸ™‚

Manchester

Manchester Town Hall

I forgot to take into the account the time I would need to spend waiting at immigration when I booked the ticket. The KLM flight was scheduled to land just before 1 PM UK time, so I thought I would have quite plenty of time to spend in Manchester without having to get up too early that day to get to Schiphol, haha. But it turned out that this schedule coincided with the arrival schedule of several other flights from all over Europe as well, thus creating long lines at immigration! And with Manchester Airport’s Terminal 3 being located quite far away from the train station, all in all I could only check-in at my hotel in Manchester just after 3 PM! Haha πŸ˜† .

As I said above, the weather was also not in the best shape today, where it was raining constantly. So I decided to rest at the hotel while waiting for the rain to stop. I knew this would leave me with very little time to explore Manchester; but nonetheless I had been there once before anyway so it was not like I was going to miss much. Especially that I stayed for four nights the last time I was there, haha.

The (famous) Merchants’ Bridge in Castlefield, Manchester

And so I decided to make use of my short exploring time to go to a site I didn’t visit back then in 2013-2014: Castlefield. In my previous trip I saw the famous Merchants’ Bridge in Castlefield from the tram rides but back then I did not know that it was famous, haha. Since then, I have seen a few movies/tv-series with scenes taking place there, so I told myself the next time I would be in Manchester, I needed to cross that bridge, haha πŸ˜† . Castlefield was indeed a nice cute part of the industrial Manchester.

Speaking of the city, one difference I noticed was that I saw more homeless people in the street now than 3.5 years ago. This was certainly not a good sign of the state of the economy, perhaps. But I am not going to get into this as social politics or economy are not the scope of this personal blog at all. So I will just leave it here.

Bridges in Manchester

The Food

I decided to consult to Yelp to find a place for dinner. There, I stumbled across Burger and Lobster that was not amongst the best rated in the app but the “lobster” part in the name caught my attention and made me want some lobster, haha. Now that I think about it, the last time I had a lobster was probably almost two years ago at the famous Neptune Oyster in Boston!

When looking at the menu, I was torn between a full lobster dish (steamed or grilled) or a lobster beef burger. I decided to go with the burger because that was the freaking name of the restaurant: burger and lobster, haha πŸ˜† . A lady sitting across me apparently ordered a full lobster dish and when her order was served, I regretted a little bit that I didn’t opt for that one. But then, I also saw that eating a full lobster was actually not that simple with all the claws and shells and all that; so my regret was immediately gone, haha.

A lobster beef burger

Anyway, the lobster burger was good. I felt like the burger itself was in the smaller size, though; but this was quite possibly because of the expensive lobster meat in it. Though, this was compensated by the chips and side-salad. It was a decent dish, I must say.

The next morning for breakfast, I went to a Frankie and Benny’s. As I entered the restaurant, I realized that it was the same Frankie and Benny’s I had dinner at on New Year’s Eve 3.5 years ago! Somehow it felt really nostalgic! Haha πŸ˜†

Traditional English Breakfast

Anyway, the reason I went there was because I remembered from my previous trip that they served traditional English breakfast. And this time, I felt like having one, haha. And it was, indeed, good! πŸ™‚ It was also nice that the hot drink was “bottomless” so I could ask for a refill for my cafe latte, haha πŸ˜› .

BAHASA INDONESIA

Aku pergi ke Manchester di sebuah akhir pekan belum lama ini. Jadi mari ceritanya kita mulai πŸ˜€ .

Perjalanan ke/dari Manchester

Sebuah Boeing 737-700nya KLM dengan rego PH-BGL di Schiphol

Aku menaiki tiga penerbangan kali ini, sebuah penerbangan langsung Amsterdam – Manchester dengan Boeing 737-700 rego PH-BGLnya KLM, dan Manchester – Paris dan Paris – Amsterdam dengan Airbus A320-200 rego F-HEPA dan Airbus A319-100 rego F-GRXEnya Air France, haha πŸ˜› .

Cuaca di akhir pekan ini sedang kurang baik sih, dimana ada cukup banyak turbulensi minor di sepanjang jalan terutama di dua penerbangan Air France yang kunaiki di hari Minggu; terutama di penerbangan AF1188 ke Amsterdam yang rasanya kok penuh turbulensi di sepanjang jalan, haha. Penerbangannya KLM sendiri sih mulus, walaupun kami harus mendarat ketika sedang hujan di Manchester. Berikut ini video pendaratan di landasan pacu 23Rnya:

Penerbangan KLM ke Manchester ini agak sedikit “tidak biasa” untukku. Aku hanya terbang di kelas ekonomi saja tetapi di tengah perjalanan, purser-nya datang ke kursiku, menyapaku dengan nama (“Mr. Zilko”), dan bertanya apakah semuanya baik-baik saja denganku di penerbangan ini. Wow! SepertiΒ yang kubilang sebelumnya, biasanya pramugara/i menggunakan panggilan netral “Sir/Ma’am/Miss” di ekonomi kan! Ia menyebutkan bahwa ia ingin memastikan bahwa semuanya baik-baik saja untukku karena ia tahu aku sering terbang dengan KLM/SkyTeam (dan karena alasan ini lah hanya aku saja yang disapa sementara penumpang-penumpang di sebelahku tidak, haha πŸ˜› ). Oh wow, aku sungguh terkesan dengan ini dan merasa loyalitasku dihargai banget. Tahu lah, kadang hal-hal kecil/sepele semacam ini justru bisa berdampak jangka panjang kan ya? πŸ™‚

Manchester

Manchester Town Hall

Aku lupa memperhitungkan waktu menunggu pemeriksaan imigrasi ketika membeli tiket. Penerbangan KLMnya dijadwalkan mendarat sebelum jam 1 siang waktu Inggris sehingga aku kira masih ada cukup banyak waktu lah untukku hari itu jalan-jalan di Manchester tanpa harus bangun pagi banget untuk berangkat ke Schiphol, haha. Tetapi ternyata jadwal ketibaan ini bebarengan dengan jadwal ketibaan beberapa penerbangan maskapai lain dari Eropa sehingga antrian di imigrasinya jadi panjang banget! Dan lagi lokasi Terminal 3 Bandara Manchester yang lumayan jauh dari stasiun keretanya, akhirnya totalnya aku baru bisa check-in di hotelku di Manchester lewat jam 3 sore loh! Haha πŸ˜†

Seperti yang kusebutkan sebelumnya, cuaca hari ini memang sedang kurang oke, dimana hujan terus-terusan turun. Jadilah aku memutuskan untuk beristirahat dulu di hotel sambil menunggu hujan reda. Aku tahu ini akan berakibat pada waktuku untuk jalan-jalan di Manchester menjadi semakin sempit lagi; tetapi toh aku sudah pernah kesana sebelumnyaΒ sehingga nggak akan banyak yang terlewatkan kan ya. Terutama lagi dulu aku kan menginap empat malam di sana, haha.

Jembatan Merchants’ (yang terkenal) di Castlefield, Manchester

Dan jadilah waktu yang sedikit itu kumanfaatkan untuk jalan-jalan di area yang dulu di tahun 2013-2014 belum sempat aku kunjungi: Castlefield. Di perjalanan dulu aku melihat Jembatan Merchants’ di Castlefield yang terkenal itu dari tram tetapi dulu aku kan nggak tahu kalau jembatannya terkenal, haha. Semenjak waktu itu, aku sudah menonton beberapa film/acara tv yang mana pernah syuting di jembatannya. Jadilah aku pikir kalau aku ke Manchester lagi, aku akan mampir, haha πŸ˜† . Castlefield memang adalah satu bagian Manchester yang menarik dan oke kok untuk jalan-jalan.

Ngomongin kotanya, satu perbedaan yang kuperhatikan adalah ada lebih banyak gelandangan sekarang daripada 3,5 tahun yang lalu. Ini jelas bukan pertanda baik dari ekonominya, mungkin. Ah, tetapi aku nggak akan ngomongin ini karena sosial politik dan ekonomi bukanlah cakupan dari blog personal ini kan ya. Jadi aku berhenti di sini saja deh.

Jembatan-jembatan di Manchester

Makanannya

Aku memutuskan untuk berkonsultasi dengan Yelp untuk makan malam. Di sana, aku melihat restoran Burger and Lobster yang sebenarnya bukan termasuk yang dinilai tinggi-tinggit amat tetapi bagian “lobster” dari namanya menarik perhatianku sampai-sampai aku jadi ingin makan lobster, haha. Kalau dipikir-pikir lagi, kalau nggak salah terakhir kali aku makan lobster adalah nyaris dua tahun yang lalu loh di Neptune Oyster di BostonΒ yang memang terkenal banget itu!

Ketika melihat menunya, aku galau antarai memilih menu lobster utuh (dikukus atau dibakar) atau burger sapi dan lobster. Aku memutuskan untuk memilih burger pada akhirnya karena sesuai dengan nama restorannya kan ya: burger dan lobster, haha πŸ˜† . Nah, seorang wanita yang duduk di seberangku ternyata memesan satu lobster utuh dan ketika pesanannya diantarkan, aku sedikit menyesal aku tidak memesannya. Tetapi kemudian, aku baru ingat bawa makan satu lobster utuh itu ribet karena ada capitnya dan kulitnya itu kan; jadilah penyesalanku langsung sirna, haha.

Sebuah burger sapi dan lobster

Anyway, burgernya sendiri lumayan enak kok. Ukuran burgernya cenderung kecil sih; dan aku duga ini dikarenakan daging lobster yang memang mahal kan. Walaupun begitu, kentang goreng dan saladnya membantu banget kok. Lumayan lah secara keseluruhan.

Keesokan paginya untuk sarapan, aku mampir di Frankie and Benny’s. Ketika aku memasuki restorannya, aku baru menyadari bahwa ini adalah Frankie and Benny’s yang sama dengan dimana aku makan malam diΒ malam tahun baru 3,5 tahun yang lalu! Rasanya kok jadi agak-agak nostalgia gitu! Haha πŸ˜†

Sarapan tradisional ala Inggris

Anyway, alasan aku mampir kesana adalah aku ingat dari perjalananku yang laluΒ bahwa mereka menyediakan sarapan tradisional ala Inggris untuk sarapan. Dan kali ini, aku sedang ingin sarapan itu, haha. Dan memang enak kok! πŸ™‚ Aku juga suka bahwa minuman hangatnya itu bottomless loh, dimana aku bisa meminta refill untuk cafe latte-ku, haha πŸ˜› .

Contemplation · my apartment · Thoughts · Zilko's Life

#1986 – Bed First World Problem

ENGLISH

So you know I have decided to “invest” in better products for the basic furnitures I bought for my apartment. One of those basic furnitures is my bed.

But obviously I did not buy this €5000 (after discount price) bed even though it was super comfortable. I still had some sense with my budget and spending, haha πŸ˜†

So I decided to spend a little bit more and buy a better bed for myself (Even though obviously not the €5000 after-discount bed pictured above, lol πŸ˜† ). And I have to say it was one of the best decisions I have made this year!! The bed was sooo gooooood; that it justified the amount I needed to blow invest for it.Β Haha πŸ˜† .

Though, this was not without any “problem”, of course. I mean, now that I have been accustomed to a certain standard of sleeping comfort, somehow hotel beds I encounter during my frequent travels impress me much less these days, haha πŸ˜† .

You see, before when I still lived in my rental shared-house in Delft (which came in all-furnished, i.e. I didn’t have to bring my own furniture), the bed that I got was the one on the “cheap”-er range. It was okay. I mean, I lived there for almost two years anyway and I never complained about it. So I guess I grew accustomed to it. But this also meant that everytime I travelled somewhere and stayed in a (better range) hotel, I was looking forward for the room and, especially, the bed! Haha πŸ˜†

I was really looking forward to my stay at this five-star hotel in Frankfurt last year.

But now, somehow things have changed after I got my new bed; and I didn’t really notice it at first. I was still going to my trips with pretty much the same level of excitement as before. However, somehow I stopped feeling “wowed” in terms of comfort with the beds that I got, haha πŸ˜† . I mean, those were still comfortable, obviously, but somehow the comfort just felt “normal” and not anything out of the ordinary, haha πŸ˜† .

My recent summer weekend trip to London made me realize this change. So I decided to “save” a little bit and stay at a cheap(er) place on this trip. I found what I thought was a good deal at a place which I thought was a hotel that turned out to be a guest house (hence the price). And you know, I got what I paid for. I found the bed uncomfortable and, while I managed to get some sleep, I wasn’t fully rested. Consequently, I felt sleep-deprived in the coming full working week where I needed vitamin-C supplement for two of those days to help my stamina, haha. I mean, I don’t expect it would have been this “bad” had I gone on this trip while I still lived in Delft.

I was also excited with my hotel room at Stockholm – Arlanda last year.

I don’t mean to sound like a snob here. My point is that people do adjust and adapt to their environment. And anything out of their comfort zones are deemed “unusual” and can either be perceived as “pleasure” or “pain”. And that the definition of “pleasure” or “pain” for someone can definitely change too dynamically.

Back to the bed situation, I guess this means that there is a stronger reason for me to perceive my apartment as my “home” now. As I can say it is “easier” for me to miss my bed, haha…

BAHASA INDONESIA

Jadi ceritanya aku telah memutuskan untukΒ “berinvestasi” di produk-produk yang lebih baikΒ untuk mebel-mebel dasar yang kubeli untuk apartemenku. Nah, salah satunya adalah ranjang tidurku.

Eh tetapi jelas dong aku tidak membeli ranjang seharga €5000 (sekitar Rp 75 juta, ini pun harga setelah diskon) ini walaupun memang enak banget sih. Tapi aku masih memiliki kewarasan kok dalam hal budget dan pengeluaranku, haha πŸ˜†

Jadi aku memutuskan untuk keluar biaya lebih banyak dan membeli ranjang yang lebih oke gitu deh untuk apartemenku (Walaupun bukan ranjang seharga €5000 (sekitar Rp 75 juta, segini pun harga setelah diskon) seperti di foto di atas ya, haha πŸ˜† ). Dan harus kubilang ini adalah salah satu keputusan terbaik yang kubuat tahun ini loh!! Ranjangnya memang enak bangeetttt; dan memang sepadan deh dengan biaya yang harus aku habiskan investasikan untuknya! Haha πŸ˜†

Walaupun, bukan berarti ini tanpa “masalah” juga sih. Jadi karena sekarang aku sudah mulai terbiasa dengan standar kenyamanan tidur tertentu, entah bagaimana sekarang ranjang-ranjang di hotel yang aku temui di perjalanan-perjalananku itu menjadi tidak seimpresif sebelumnya deh, haha πŸ˜† .

Jadi ceritanya di tempat tinggal shared-ku yang sebelumnya di Delft (yang mana all furnished, dalam artian aku jadi tidak perlu membeli mebelku sendiri), ranjang yang kudapatkan adalah ranjang yang tergolong lebih “murah” gitu deh. Nggak masalah sih sebenarnya. Toh aku tinggal di sana selama dua tahun dan aku tidak pernah komplain akan itu. Jadi aku toh masih bisa membiasakan diri dengannya. Tetapi ini juga berarti setiap kali aku jalan-jalan dan menginap di hotel (yang bagusan dikit), aku juga merasa tidak sabar dan excited banget terhadap kamarnya dan, terutama, ranjangnya! Haha πŸ˜†

Aku nggak sabar banget untuk menginap semalam di hotel berbintang-lima di Frankfurt ini tahun lalu.

Tetapi sekarang, hal berubah setelah aku mendapatkan ranjang baruku; perubahan yang awalnya tidak aku sadari. Aku masih pergi dalam perjalanan-perjalananku itu dengan level excitement yang sama seperti sebelumnya. Namun, entah bagaimana aku tidak lagi merasa “wow” dalam hal kenyamanan ranjang dari ranjang yang kudapat, haha πŸ˜† . Maksudku, masih nyaman-nyaman aja sih, tapi entah mengapa rasa nyamannya itu terasa “normal” dan wajar gitu, haha πŸ˜† .

Perjalanan akhir pekan musim panasku ke London baru-baru ini membuatku sadar akan perubahan ini. Jadi waktu itu aku memutuskan untuk “menghemat” sedikit dan menginap di tempat yang lebih murah. Aku menemukan penawaran yang nampak promo di tempat yang awalnya aku kira sebuah hotel. Tetapi ternyata sebenarnya tempat ini adalah sebuahΒ guest house (pantas harganya segitu). Ya jelas aku mendapatkan seperti apa yang kubayar ya. Aku mendapatkan ranjang yang bagiku tidak nyaman dan, walaupun aku toh masih bisa tertidur, badanku tidak benar-benar beristirahat. Akibatnya, aku merasa kekurangan tidur di satu minggu kerja penuh selanjutnya dimana di dua hari di antaranya aku merasa perlu minum suplemen vitamin C untuk menopang staminaku, haha. Maksudku, aku kira masalah ini tidak akan “seburuk” ini andaikata perjalanan ini aku lakukan ketika aku masih di Delft.

Aku juga excited banget dengan kamar hotelku di Stockholm – Arlanda tahun lalu.

Bukannya bermasuk sombong atau gimana gitu sih di sini. Inti dari cerita ini adalah memang benar bahwa manusia itu bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Dan apa-apa yang di luar zona nyamannya akan terasa “tidak biasa” dan ketidak-biasaan ini bisa dipandang sebagai “kenikmatan” atau “kesakitan”. Dan definisi “kenikmatan” dan “kesakitan” bagi seseorang itu pun juga bisa berubah secara dinamis.

Kembali ke urusan ranjang (wedew, keterangan macam apa ini πŸ˜› ), aku rasa ini berarti aku memiliki satu alasan kuat yang membuat apartemenku terasa seperti “rumah”-ku (home) sekarang. Dimana aku bisa dengan “lebih mudah” berkata aku kangen dengan ranjangku sendiri, haha…

EuroTrip · Vacation · Weekend Trip

#1985 – A Saturday Story

ENGLISH

Yesterday, as my Instagram followers (@azilko) have known, I went on another AvGeek Weekend Trip! Here is the routing this time:

The routing this weekend. Map created with gcmap.com

About a month ago when I was looking at my flights record this year, it appeared to me that I hadn’t flown to anywhere to the northeast of the Netherlands so the map looked rather “bleak”. And so in an attempt to make my flying map “prettier” this year, I figured I would need to somehow fly to this part of Europe, haha πŸ˜† . Of the three possible candidates (Copenhagen, Stockholm, and Oslo), I found the best option (in terms of schedule, fare, and airlines) would be Oslo, haha. And so I booked the ticket.

Where I have flown to/from Amsterdam Schiphol Airport this year prior to yesterday. Notice the lack of red edges to the north of Amsterdam πŸ˜› . Created with gcmap.com

I was flying with KLM from Amsterdam to Oslo and Paris to Amsterdam, and with Air France (operated by HOP! Regional) from Oslo to Paris. As usual, it was such a fun Saturday to me where I flew on three flights on a day. I just realized though that I have not done this since May 2017! Hahaha πŸ˜† . Anyway, I was quite lucky to seat on a window seat in the left side of the plane on my flight to Oslo and the flight landed at runway 01L of Oslo-Gardermoen Airport. With this flight path, the plane had to fly above the city of Oslo and so I could snap a shot of it from above:

Oslo, not Solo!

At first, I didn’t think I would writeΒ anything in much more details about this trip. But after the trip, I changed my mind as I feel like the experience worth a stand-alone post! For instance, I was a little bit disappointed that the two KLM flights were operated using two Boeing 737-700s which I had flown before: PH-BGQΒ andΒ PH-BGN. And so consequently, I couldn’t add new KLM registration toΒ my flying log. Haha πŸ˜† . Anyway, here are a few teasers from the trip:

BAHASA INDONESIA

Kemarin, seperti yang followers Instagram-ku (@azilko) ketahui, aku pergi dalam sebuah AvGeek Weekend TripΒ lagi loh! Berikut ini rutenya kali ini:

Rute akhir pekan ini. Peta dibuat dengan gcmap.com

Sekitar satu bulan yang lalu ketika aku iseng mengecek catatan penerbanganku tahun ini, aku perhatikan aku belum terbang ke suatu tujuan di arah timur lautnya Belanda sehingga petanya nampak “membosankan” gitu deh. Nah jadilah supaya membuat peta penerbanganku tahun ini lebih “berwarna”, aku memutuskan bahwa aku perlu nih pergi ke daerah ini di Eropa, huahaha πŸ˜† *alasan macam apa ini*. Nah dari tiga kandidat tujuannya (Kopenhagen, Stockholm, dan Oslo), aku temukan pilihan terbaik (dari segi jadwal, harga tiket, dan maskapai) adalah Oslo, haha. Jadilah tiketnya aku beli.

Rute-rute yang sudah kuterbangi dari/ke Bandara Schiphol di Amsterdam tahun ini sampai dua hari yang lalu. Perhatikan ketiadaan garis merah di arah utara Amsterdam. Peta dibuat dengan gcmap.com

Aku terbang dengan KLM dari Amsterdam ke Oslo dan Paris ke Amsterdam, dan dengan Air France (penerbangannya dioperasikan oleh HOP! Regional sih) dari Oslo ke Paris. Seperti biasa, ini adalah hari Sabtu yang seru untukku dimana aku terbang tiga kali dalam satu hari. Dan aku baru sadar loh terahir kali aku melakukan ini adalah di bulanΒ Mei 2017! Huahaha πŸ˜† Anyway, aku beruntung duduk di kursi jendela di kiri pesawat di penerbangan ke Oslo dan penerbangannya mendarat di landasan pacu 01L Bandara Oslo-Gardermoen. Ini karena dengan rute ini, pesawatnya terbang di atas kota Oslo sehingga aku bisa memfotonya dari atas:

Oslo, bukan Solo!

Awalnya, kukira aku tidak akan menuliskan detail perjalanan ini lebih jauh. Tetapi setelah perjalanannya, aku harus mengubah pendapatku ini karena aku rasa pengalamannya berhak untuk dijadikan satu posting tersendiri! Misalnya saja, aku cukup sebal dong dua penerbangan KLMnya dioperasikan dengan dua Boeing 737-700 yang sudah pernah kunaiki sebelumnya: PH-BGQ dan PH-BGN. Kan flying log-ku jadi nggak bertambah dengan registrasi KLM baru tuh. Haha πŸ˜† Anyway, di atas aku posting beberapa teasers dari perjalanannya.

Nostalgia · TV Show

#1984 – HIMYM, Three Years Later

ENGLISH

In June I shared about my new subscription with Netflix and how I found it surprising that I could not find Friends or The Big Bang Theory there but, at least, I got How I Met Your Mother (HIMYM). Anyway, because of this, since then I have been running a marathon on HIMYM and, as of recently, I finally finished all nine seasons! Haha πŸ™ˆ.

I have quite a “long” history with HIMYM. I first watched it in Star World in 2007, quite possibly atΒ this time, and was immediately captivated by its brilliant Pilot episode. I watched its first three seasons sporadically in Star World before moving to the Netherlands in 2010. And then, I learned about the possibility to catch it up onlineΒ that was highly supported by the amazing internet speed, haha πŸ˜† . So I went on a marathon to catch up (Star World was behind by two seasons, btw, as HIMYM was premierred in 2005 actually). And early in 2014, I watched its final episode.

And that, kids, is how I met your mother.

– Ted Mosby

You see, at the time I was very disappointed with the ending. I mean, I am all in with twists or surprises, as long as those “worked”; but this twist the writers chose for the ending of such a wonderful sitcom did not feel like “working”, at least to me. I mean, I understood the “logic” behind it but this did not mean that I would like it, right? And I really didn’t.

I thought time might change my mind. You know, afterall people change anyway. But here I am, after re-marathoning the entire nine seasons of HIMYM more than three years after the conclusion of its last season, I can say that my position on the show’s finale turns out to still be the same. I still feel disappointed with the ending #consistency, haha πŸ˜† .

Nonetheless, the show is not only about how it ends. There are a lot of gems in the show. And I am especially glad I got to watch the first a few seasons because I, honestly, had apparently forgotten quite many details about those so watching some of those episodes still felt like watching new ones at times, haha. So even though I am disappointed with the ending, I still enjoyed Ted’s super long story on how he met his children’s mother (read: his wife).

And so, despite the disappointing ending, I still can say this show is one of my favorites πŸ™‚ .

Well, now that I have finished the entire nine seasons, I guess I need to find another (long) series to watch. Too bad the Game of Thrones is not on Netflix (My new colleague has become like the 5437th person who has recommended me to start watching this series, btw, haha πŸ˜† ), hmm…

BAHASA INDONESIA

Juni lalu aku bercerita mengenai keanggotaan baruku denganΒ NetflixΒ dan bagaimana aku cukup kaget aku tidak bisa menemukan Friends atau The Big Bang Theory di sana tetapi, setidaknya, masih ada How I Met Your Mother (HIMYM) sih. Nah, karena ini, semenjak waktu itu aku sudah marathonΒ nonton HIMYM dan baru-baru ini aku sudah selesai menonton ulang semua sembilan musimnya dong! Haha πŸ™ˆ.

Sejarahku dengan HIMYM ini cukup “panjang”. Aku pertama kali menontonnya di Star World di tahun 2007, kurang lebihΒ waktu ini, dan aku langsung terpesona dengan episode Pilot-nyaΒ yang brilian banget. Aku menonton tiga musim pertamanya secara loncat-loncat di Star World sebelum aku kemudian pindah ke Belanda di tahun 2010. Dan kemudian, aku menemukan yang namanyaΒ menonton acaranya onlineΒ yang mana didukung dengan kecepatan internet yang oke banget untuk itu, haha πŸ˜† . Jadilah aku menontonnya marathon untuk catch-up (Star World tertinggal selama dua musim, btw, karena HIMYM sebenarnya mulai ditayangkan di tahun 2005). Dan diΒ awal tahun 2014, aku menonton episode terakhirnya.

And that, kids, is how I met your mother.

– Ted Mosby

Waktu itu aku merasa amat kecewa dengan akhir ceritanya. Maksudku, aku oke-oke saja sih dengan yang namanya plot twists atau kejutan-kejutan gitu, tentunya selama kejutannya “bekerja” dengan baik ya; tetapi aku merasa twist yang dipilih penulis naskahnya untuk akhir dari sitcom yang keren banget ini rasanya malah “gagal” gitu deh, setidaknya untukku. Maksudku, aku bisa memahami “logika” di baliknya sih tetapi bukan berarti aku akan menyukainya kan? Dan aku benar-benar tidak menyukainya waktu itu.

Waktu itu aku berpikir mungkin waktu akan mengubah pikiranku. Tahu kan, toh setiap orang itu bisa berubah, haha. Tetapi di sini lah aku, setelah marathon sepanjang sembilan musimnnya HIMYM lagi lebih dari tiga tahun semenjak akhir acaranya ditayangkan, aku bisa bilang bahwa pendapatku akan akhir dari acara ini ternyata masih sama. Aku masih merasa kecewa dengan akhirnya #konsisten, haha πŸ˜† .

Toh walaupun begitu, acara ini bukanlah sekedar akhirnya saja kan. Ada banyak kok momen-momen seru dan bagus banget di sepanjang acara ini. Dan aku merasa senang aku bisa menonton lagi beberapa musim awal-awal karena aku, sejujurnya, ternyata sudah lupa beberapa detail ceritanya sehingga beberapa episodenya masih terasa baru untukku, haha. Jadi walaupun aku kecewa dengan akhir ceritanya, aku masih menikmati cerita super panjangnya Ted tentang pertemuannya dengan ibu dari anak-anaknya (baca: istrinya).

Dan jadilah, walaupun aku kecewa dengan akhirnya, aku masih bisa berkata bahwa acara ini adalah salah satu acara TV favoritku πŸ™‚ .

Yah, sekarang dimana aku sudah menyelesaikan sembilan musim HIMYM, aku rasa aku membutuhkan acara (panjang) lainnya nih. Sayang Games of Thrones nggak ada di Netflix (Kolega baruku barusan menjadi orang ke-5437 yang merekomendasikanku untuk menonton acara ini nih, btw, haha πŸ˜† ), hmm…

General Life · Zilko's Life

#1983 – Finally, Tennis!

ENGLISH

Finally, this week the tennis lesson at my new tennis clubΒ started! “Finally” because, you know, I have been a member of the club since June but the lesson starts just now, haha πŸ˜† . Plus, the last time I played tennis was actually back in December 2016 in Delft, meaning that prior to this week I literally had not played at all this year!! On top of that, I mistakenly thought the tennis lesson would have started two weeks ago. And so it felt like I had been waiting for even longer! Haha πŸ˜†

Obviously I was really rusty during my first lesson this week. This was unsurprising as this was the longest “tennis-free” streak I have had since I first picked up a tennis racket in 2011, haha. I am sure I am going to (maybe slowly) get my rhythm back, I just need more time. Even though admittedly it was quite frustrating to miss a lot of easy shots, haha.

I am really glad, though, that finally the tennis lesson has started. To be honest, I have been feeling quite worried with my exercise routine because before this week, I only went to the gym. This meant the lack of variety and I actually went to the gym about four to five times a week. While it was working fine this past a few months, I was slightly concerned with how this would pan out in the longer term. Of course, occassionally I also jogged or biked on weekends, which added some variety, but these activities could not be done regularly given my frequent weekend trips ( πŸ˜› ) and that sometimes I felt the need to just rest and recharge myself on weekends.

I am quite confident this tennis lesson will help a lot. Not only that I get to regularly do a sport exercise that I love, this also provides me the opportunity of meeting other tennis enthusiasts nearby and hence perhaps even more occassional friendly tennis activities outside of the lesson hour! πŸ™‚

So, yeah, I am excited about this! πŸ™‚

BAHASA INDONESIA

Akhirnya, minggu iniΒ les tenis di klub tenis barukuΒ dimulai juga! “Akhirnya” karena, tahu lah, aku sudah mendaftar menjadi anggota klubnya semenjak Juni kemarin tetapi lesnya baru dimulai sekarang, haha πŸ˜† . Ditambah lagi, terakhir kali aku main tenis adalah di bulan Desember 2016 di Delft, artinya sebelum minggu ini aku belum pernah sekali pun bermain tenis tahun ini dong!! Apalagi, awalnya aku salah ingat dimana kukira lesnya bakal dimulai dua minggu yang lalu. Jadilah “penantianku” semakin panjang rasanya ya, haha.

Tentu saja permainanku karatan banget di les pertamaku minggu ini. Nggak mengherankan lah karena ini adalah “tennis-freestreakΒ terpanjang semenjakΒ aku pertama kali belajar les tenis di tahun 2011, haha. Aku yakin kok aku akan (perlahan-lahan) mendapatkan ritmeku kembali, aku hanya butuh waktu saja. Walaupun harus kuakui, sebal banget rasanya ketika membuat kesalahan sendiri di banyak pukulan-pukulan yang sebenarnya gampang, haha πŸ˜› .

Aku lega lho akhirnya les tenis ini dimulai juga. Sejujurnya, aku sudah mulai merasa agak khawatir dengan rutinitas olahragaku karena sebelum minggu ini, aku hanya pergi ke gym saja. Ini berarti tidak ada banyak varietas dan aku pergi ke gym sebanyak empat sampai lima kali seminggu. Walaupun kondisi ini bukanlah masalah selama beberapa bulan terakhir ini, aku sedikit khawatir bagaimana rutinitas semacam ini bisa bertahan dalam jangka panjang. Memang sih, kadang-kadang aku jogging atau sepedaan juga di akhir pekan, yang mana lumayan dalam hal varietas. Masalahnya, aktivitas-aktivitas ini tidak bisa kulakukan secara rutin akibat perjalanan akhir pekanku yang sering itu ( πŸ˜› ) dan terkadang aku merasa perlu untuk beristirahat saja di akhir pekan.

Jadi aku merasa percaya diri les tenis ini akan membantu banget. Selain aku jadi bisa berolahraga permainan favoritku secara reguler, les ini juga memberiku kesempatan untuk berkenalan dengan beberapa penyuka tenis lainnya di dekatku sehingga mungkin kadang-kadang kan bisa main tenis sendiri di luar jam les gitu! πŸ™‚

Jadi, ya, aku sungguh bersemangat akan hal ini! πŸ™‚

EuroTrip · Vacation · Weekend Trip

#1982 – A Weekend Story

ENGLISH

As my Instagram followers (@azilko) have known, I went on yet another weekend trip this weekend! Haha πŸ˜› . This time, I went back to: Manchester!! This was my second trip to Manchester, after the first one being almost four years ago.

Anyway, this trip was a “special” one in the sense that, for the first time ever, I decided to cancel a non-refundable flight ticket. Yep, indeed, originally I intended to go to somewhere else instead of Manchester for the weekend; and that somewhere else was Newcastle. I found a cheap return ticket with KLM and bought it via a travel agency; feeling very sure I would go as, up to that point, I never had to cancel any trip. However, after purchasing the ticket, I just realized that this particular weekend was a super popular one for Newcastle (Apparently John Legend was having a concert there, might be it?); resulting in almost all hotel rooms had been booked. And the rest that were still available were highly overpriced due to, I guess, the very high demand.

For the first time ever, I had to cancel a non-refundable return KLM ticket.

After some calculations and considerations, I decided that the best way to “minimize” the damage was to just drop my Newcastle plan this weekend and go somewhere else. And this was how I “ended up” with Manchester; where I found a good combination between the flight ticket and, lesson-learned now, the hotel room, haha.

Anyway, Manchester was a nice city; just as how I remembered it from almost four years ago. As I stayed for four nights back then, I decided to just take it slow this weekend. Not a bad idea given that I also did not want to tire myself too much anyway, haha. As usual, here are some teasers from the trip.

BAHASA INDONESIA

Seperti yang followers Instagram-ku (@azilko) ketahui, aku pergi dalam perjalanan akhir pekan lagi loh kemarin ini! Haha πŸ˜› . Kali ini, aku kembali lagi ke: Manchester!! Ini adalah kali keduaku ke Manchester, setelah yang pertama kaliΒ hampir empat tahun lalu.

Anyway, perjalanan ini adalah perjalanan yang “spesial” karena, untuk pertama kalinya, aku memutuskan untuk membatalkan sebuah tiket pesawat yang non-refundable, haha. Iya, awalnya memang aku berencana untuk pergi ke suatu tempat lain bukannya Manchester, dan tempat lain itu adalah Newcastle. Aku menemukan tiket pp murah dengan KLM dan membelinya melalui sebuah agen travel; merasa sangat yakin aku akan pergi karena, sampai waktu itu, aku belum pernah membatalkan yang namanya perjalanan. Namun, setelah tiketnya kubeli, aku baru sadar bahwa akhir pekan ini adalah akhir pekan yang super ramai di Newcastle (Ternyata John Legend lagi konser gitu jadi mungkin ini penyebabnya?); dimana sebagai akibatnya hampir semua penginapan sudah habis. Sementara kamar-kamar yang tersisa overpriced banget karena, aku rasa, demand yang memang sedang tinggi banget.

Untuk pertama kalinya seumur hidup aku memilih untuk membatalkan tiket non-refundable KLM pp-ku.

Setelah beberapa perhitungan dan pertimbangan, aku memutuskan bahwa yang terbaik untuk “meminimalisir” damage adalah dengan membatalkan rencanaku ke Newcastle dan pergi ke tempat lain. Dan beginilah aku akhirnya pergi ke Manchester; dimana aku menemukan kombinasi yang oke antara tiket pesawat dan, langsung belajar dari pengalaman nih, kamar hotel, haha.

Anyway, Manchester sendiri adalah kota yang oke; sebagaimana yang kuingat dari empat tahun yang lalu. Karena dulu aku menginap empat malam di sana, kali ini aku memutuskan untuk santai-santai saja. Toh begini juga asyik karena aku juga nggak ingin terlalu capek juga sih, haha. Seperti biasa, di atas adalah beberapa teasers dari perjalanan ini.