Aviation · EuroTrip · Trip Report · Vacation · Weekend Trip

#1971 – A Summer Weekend in London (Part I: The Flights)

ENGLISH

Posts in the A Summer Weekend in London series:
1. Introduction
2. Part I: The Flights
3. Part II: London

KL977 (AMS-LCY)

I was quite excited for this trip because it would be the first time I flew on a non-Schengen flight out of Schiphol since September 2016 when I flew to Sint Maarten! Haha πŸ˜† . This also meant that I hadn’t used KLM’s non-Schengen Crown Lounge since then. I just realized though that I liked the Schengen lounge better actually.

Anyway, obviously I chose a KLM flight to get to London-City; and what excited me even more was the flight would be operated with one of the two Avro RJ85s they leased from CityJet! Yep, Avro RJ85! The cute regional jet with four engines!!


Flight: KLM KL 977 operated by CityJet
Equipment: Avro RJ85 reg EI-RJU
ATD: 12:11 CET (Runway 36L of AMS)
ATA: 11:55 BST (Runway 27 of LCY)

Boarding was slightly delayed today, but it went on quite smoothly.Β After all passengers boarded, however, the captain announced that due to a congestion on the departure runway (due to bad weather in Amsterdam today), we were only cleared to depart in 20 minutes. But not long after, the captain announced that the Polderbaan was open for departure and if he agreed to use this runway, we could depart now. He thought the long taxi there was better than sitting in the tarmac for 20 minutes doing nothing, haha; and I fully agreed with him on this case. So there we went, another departure from Polderbaan! Haha πŸ˜†

Another departure from Polderbaan

Anyway, I loved flying the Avro RJ85. It was a small plane but was very stable on air; thus comfortable even though the 3-3 configuration felt a little bit “cramped” in my opinion for its fuselage size. As it was a flight operated for KLM, the snack service was as per KLM’s standard:

The snack service on board CityJet’s flight KL977

which was decent for a short 45 minutes. Having said that, the cabin crews were CityJet’s, even when the flight was operated for KLM. Well, at least they wore CityJet’s uniform.

An aspect I was excited for this particular flight was the landing. I was really, really hoping we would land at runway 09 of London-City Airport. The view while landing there would be spectacular as the plane would have to descend above the city of London along with the cool skyscrapers! This was one of the reasons why LCY was my favorite. I landed there in 2013 but didn’t take a video so I planned to do so this time, haha.

But then, as we were flying from the east, we kept descending and descending above the River Thames without making any turn. Then I realized that we were NOT landing at runway 09 but at runway 27 instead! DAMN!!! Damn you wind direction!! Here is the landing video at runway 27:

Well, I guess this means I would need to fly to London City again in the future? Hahaha πŸ˜† .

Anyway, another reason why I loved London City Airport was its small and compact size. A small airport meant short taxi and quick line at immigration (and baggage belt). I got off the airport in, like, literally less than 20 minutes since EI-RJU touched down at runway 27.

Deboarding at London City Airport from this CityJet’s Avro RJ 85 reg EI-RJU.

KL994 (LCY-AMS)

To go back to Amsterdam, I chose a KLM flight that was operated by KLM Cityhopper. Btw, KLM’s mainline Boeing 737 fleet cannot fly to London City Airport because the airport is too small for them. The runway length is just 1,508 meter; that is only around 2/3 of, say, the length of Adisutjipto Airport’s runway in Yogyakarta.

It was a small airport and unfortunately SkyTeam did not have a lounge partner there. But the general waiting area was nonetheless comfortable, especially that I scored a seat by the window which had electrical plugs and free wifi and offered this view:

An amazing view at the departure area of London City Airport

😍😍😍😍😍

I sat there for a good two-hour, haha.


Flight: KLM KL 994 operated by KLM Cityhopper
Equipment: Embraer ERJ190 reg PH-EZF
ATD: 18:08 BST (Runway 27 of LCY)
ATA: 19:51 CET (Runway 36R of AMS)

Boarding today was, unfortunately, quite chaotic. I found it weird actually that given the high frequency of KLM flights between London City and Amsterdam (up to 7 times daily on a weekday), there was no SkyPriority sign and line to help the boarding process. Sure SkyPriority passengers were announced to board first but it was basically useless as there was no actual line and in reality passengers standing closer to the gate would board first anyway.

A KLM Cityhopper’s Embraer ERJ190 reg PH-EZF

Btw, when scanning my mobile boarding pass, the scanner notified the boarding agent that, apparently, I had been upgraded to Europe Business Class! YESSS!!! Haha πŸ˜† . I was moved from my original 9F seat to 1D and was given a new boarding pass. The downside of this, though, was that I no longer had a window seat 😞. Anyway, so I boarded PH-EZF, a KLM Cityhopper’s Embraer ERJ190, and settled onto my 1D seat. And of course the legroom was amazing, haha πŸ˜† .

Amazing legroom in Europe Business Class; row 1

It was literally a full flight today, i.e. the load factor in both economy and Europe business class were 100%. So I was intrigued with our take-off today given London City Airport’s short runway, haha. We took off from runway 27; and it turned out that a full Embraer ERJ190 didn’t always need the full 1,508 meter of runway length to take off.

Take off was quite bumpy today, as we were making a u-turn above the city of London (which beautiful view I couldn’t really see due to my aisle seat) towards Amsterdam. After the fasten seat belt sign was turned off, the flight attendant offered any drink to us, which I asked for a cup of green tea. She brought me my green tea and my dinner service. Upon which I also asked for a bottle of champagne, hahahaΒ πŸ˜›.

The dinner service on board flight KL994 in Europe Business Class

To my delight, the dinner service today was different from the dinner service on board my previous KLM Europe Business Class flight just two weeks earlier. The main dish was salad with chicken teriyaki skewer and two pieces of warm bread which were really nice. A small cup of potato-salmon salad was also served as the appetizer along with a small cup of chocolate and caramel dessert. This dish kept me busy during the entire flight, where we had started our descent towards Schiphol when I finished it. Though, I still had about a third glass of champagne which I finished in one gulp (πŸ™ˆ) because the crews already had to prepare for landing, haha.

Anyway, we landed at runway 36R of Schiphol and it was not a long taxi to the Fokker Farm. We were taken by a bus to the terminal. I cleared immigration, and went back home to Amsterdam.

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri A Summer Weekend in London:
1. Introduction
2. Part I: The Flights
3. Part II: London

KL977 (AMS-LCY)

Aku cukup excited dengan perjalanan ini karena ini adalah kali pertama aku terbang di penerbangan non-Schengen dari Bandara Schiphol semenjak September 2016 ketika aku terbang ke Sint Maarten! Haha πŸ˜† . Ini juga berarti KALI itu adalah kali terakhir aku mampir di lounge Crown Lounge-nya KLM yang non-Schengen. Aku baru menyadari bahwa aku lebih suka lounge Schengen daripada non-Schengen-nya deh.

Anyway, jelas dong aku memilih penerbangannya KLM untuk pergi ke London City; dan yang membuat bersemangat pagi ini adalah penerbangannya akan dioperasikan dengan satu dari dua pesawat Avro RJ 85 yang mereka sewa dari CityJet! Iyaa, pesawat Avro RJ 85 itu! Pesawat jet regional imut dengan empat mesin!!


Penerbangan: KLM KL 977 dioperasikan oleh CityJet
Pesawat: Avro RJ85 reg EI-RJU
ATD: 12:11 CET (Runway 36L of AMS)
ATA: 11:55 BST (Runway 27 of LCY)

BoardingΒ berlangsung sedikit terlambat hari ini, tetapi lancar. Setelah semua penumpang naik, sayangnya kapten mendapatkan berita bahwa akibat kemacetan di landasan pacu keberangkatan (akibat cuaca buruk di Amsterdam saat itu), kami baru mendapatkan giliran berangkat 20 menit kemudian. Tetapi tak lama setelahnya, kaptennya mengumumkan bahwa Polderbaan baru saja dibuka untuk keberangkatan dan jika ia setuju untuk menggunakan landasan pacu ini, kami diperbolehkan berangkat saat itu juga. Menurut pertimbangannya, lebih baik taxiing lama kesanaΒ daripada diam saja di tarmac selama 20an menit kan, haha; dan aku setuju dengannya kali ini. Jadi ya gitu deh, satu keberangkatan dari Schiphol melalui Polderbaan lagi untukku, haha πŸ˜† .

Keberangkatan dari Polderbaan lagi

Anyway, aku suka deh terbang dengan Avro RJ 85. Pesawatnya kecil tetapi terbangnya stabil banget; sehingga nyaman walaupun konfigurasi kursi 3-3nya terasa “sesak” sih menurutku untuk ukuran lebar kabin yang hanya segitu. Karena penerbangannya dioperasikan untuk KLM, layanan snack-nya juga sesuai standarnya KLM:

Layanan snack di penerbangan KL 977nya CityJet

yang mana oke lah untuk penerbangan singkat selama 45 menit. Walaupun snack-nya adalah dari KLM, sepertinya pramugarinya adalah pramugarinya CityJet. Yah, setidaknya sih mereka mengenakan seragamnya CityJet.

Satu aspek yang membuatku bersemangat dengan penerbangan ini adalah pendaratannya di London. Aku sungguh berharap kami akan mendarat di landasan pacu 09 Bandara London City. Pemandangan ketika mendarat di sana akan spektakuler banget karena pesawatnya harus bergerak turun di atas kota London di antara pencakar-pencakar langitnya itu. Kan kece banget yaaa!! Inilah salah satu alasan mengapa LCY adalah bandara favoritku, haha. Aku mendarat di sana di tahun 2013Β tetapi waktu itu tidak aku video sehingga kali ini aku ingin mem-videonya, haha.

Tetapi kemudian, karena kami terbang dari arah timur, kami terus turun dan turun di atas Sungai Thames tanpa berbelok. Jadilah aku menyadari bahwa kami TIDAK sedang mendarat di landasan pacu 09Β melainkan di landasan pacu 27 dong! SIAALL!!! Dasar nihΒ arah anginnyaΒ kok nyebelin begini hari ini, haha πŸ˜› !! Berikut ini video pendaratannya:

Yah, mungkin ini artinya aku harus terbang lagi ke London City kapan-kapan gitu? Hahaha πŸ˜† .

Anyway, satu faktor lain yang aku suka Bandara London City adalah ukurannya yang kecil. Sebuah bandara kecil juga berarti taxiing yang singkat dan antri imigrasi yang nggak panjang (juga bagasi), haha. Hari ini, aku bisa keluar dari bandara sekitar kurang dari 20 menit loh semenjak EI-RJU menyentuh landasan pacu 27.

Menuruni pesawat Avro RJ85nya CityJet dengan rego EI-RJU ini di Bandara London City.

KL994 (LCY-AMS)

Untuk kembali ke Amstedam, aku memilih penerbangannya KLM yang dioperasikan oleh KLM Cityhopper. Btw, pesawat mainline Boeing 737-nya KLM tidak bisa mendarat di Bandara London City karena ukuran bandaranya terlalu kecil untuknya. Bayangkan, panjang landasan pacunya hanya 1.508 meter saja; yaitu sekitar 2/3 dari, misalnya, panjang landasan pacunya Bandara Adisutjipto di Yogyakarta.

Ini adalah bandara kecil sehingga sayangnya SkyTeam tidak memiliki lounge di sana. Tetapi toh ruang tunggunya cukup nyaman kok, apalagi aku mendapatkan satu kursi di sebelah jendela yang dilengkapi dengan wifi gratis dan colokan listrik dengan pemandangan kayak gini:

Pemandangan yang kece banget dari area keberangkatan Bandara London City

😍😍😍😍😍

Aku duduk di sana sekitar dua jam-an lah, haha.


Penerbangan: KLM KL 994 dioperasikan oleh KLM Cityhopper
Pesawat: Embraer ERJ190 reg PH-EZF
ATD: 18:08 BST (Runway 27 of LCY)
ATA: 19:51 CET (Runway 36R of AMS)

BoardingΒ hari ini, sayangnya, berlangsung kacau. Aku merasa aneh sebenarnya dengan frekuensi cukup tingginya penerbangannya KLM dari Bandara London City ke Amsterdam (sampai 7 kali sehari di hari biasa), kok tidak ada tanda SkyPriority dan antrian yang berbeda gitu untuk mempercepat proses boarding. Memang sih diumumkan bahwa penumpang SkyPriority diminta naik pesawat duluan, tapi kenyataannya mah percuma aja karena nggak ada antrian dan yang berdiri paling dekat dengan gerbangnya ya bakal naik pesawat duluan, haha.

Sebuah Embraer ERJ190nya KLM Cityhopper dengan rego PH-EZF

Btw, ketika meng-scan mobile boarding pass-ku, scanner-nya mengeluarkan bunyi dan memberi-tahu petugasnya bahwa, ternyata, aku telah di-upgrade ke kelas bisnis Eropa dooong! YESSS!!! Haha πŸ˜† . Aku dipindahkan dari kursi 9F ke kursi 1D dan diberikan boarding pass baru. Tapi sisi nggak enaknya adalah aku jadi tidak lagi duduk di kursi jendela nih 😞. Anyway, jadilah aku menaiki PH-EZF, sebuah Embraer ERJ190nya KLM Cityhopper, dan duduk di kursi 1Dku. Jelas legroom-nya mantap lah, haha πŸ˜† .

Legroom yang mantap di kelas bisnis Eropa, baris 1.

Penerbangan hari ini adalam penerbangan yang penuh, dalam artian load factor di kelas ekonomi dan kelas bisnis Eropa adalah 100% di kedua kelas. Jadilah aku penasaran bagaimana lepas landasnya dari Bandara London City yang landasan-pacunya pendek itu, haha. Kami lepas landas dari landasan pacu 27, dimana mesin langsung dimaksimalkan dari awal; dan ternyata dengan begini sebuah Embraer ERJ190 yang penuh toh tidak membutuhkan keseluruhan panjang 1.508 meter landasan pacu itu untuk terbang.

Lepas landas sendiri berlangsung cukup bumpy hari ini, ketika kami berputar balik di atasnya kota London (yang mana pemandangan kecenya tidak bisa kulihat karena kursi aisle-ku) menuju Amsterdam. Setelah lampu tanda sabuk pengaman dipadamkan, pramugarinya menawarkan minuman, dan aku meminta segelas teh hijau. Ia membawakan teh hijauku beserta layanan makanannya. Jadilah sekalian aku minta champagne juga dong ya, hahahaΒ πŸ˜›.

Layanan makan malam di kelas bisnis Eropa penerbangan KL994.

Yang membuatku senang, menu layanan makan malam kali ini berbeda loh daripada menu layanan makan malam di penerbangan kelas bisnis Eropaku dengan KLM sebelumnya, yang mana dua minggu sebelumnya. Menu utamanya adalah salad dengan sate ayam dengan saus teriyaki dengan dua potong roti hangat yang mana rasanya enak. Satu cup kecil salad kentang-salmon juga disajikan sebagai hidangan pembuka dengan satu cup kecil coklat dan karamel untuk pencuci mulut. Menghabiskan satu menu ini memakan waktu keseluruhan penerbangannya untukku, haha, dimana pesawat sudah mulai turun menuju Bandara Schiphol ketika aku selesai. Walaupun, sekitar 1/3 gelas champagne-nya masih tersisa sih yang langsung aku habiskan sekali teguk (πŸ™ˆ) karena pramugari/a-nya sudah harus bersiap-siap untuk mendarat, haha.

Anyway, kami mendarat di landasan pacu 36R Bandara Schiphol dan pesawat parkir di Fokker Farm. Kami diantar dengan bus ke terminalnya. Setelah pengecekan imigrasi, aku naik kereta kembali ke Amsterdam.

Advertisements