#1958 – Photo Tales (42)

ENGLISH

The theme of this Photo Tales post is my latest experiments in the kitchen!

Photo #93

A duck fillet steak experiment

My long weekend trip to Lyon gave me a kitchen experiment inspiration for a duck fillet steak. At the time it hit me how I could never think about it as it appeared not very complicated!

While the cooking part was not that complicated, indeed; the grocery shopping part was, haha ๐Ÿ˜† . It appeared to me that duck meat was not *that* popular here in the Netherlands. I mean, the supermarket sold it; but it was not as “visible” and “plenty” as the other types of meat. As I could not find it in my first attempt, I resorted to Google to find out that the supermarket only sold one “type” of duck fillet. It was boxed and was put in a special chiller for boxed stuffs, haha. It certainly made the meat look more “premium”, though, and this might partly explain the price, haha.

Anyway, I liked it! Though I am not sure if I am going to cook it that often, due to the higher proportion of fat (thanks, my nutrition app). Even though this might be because of the skin; in which case the fat would not be a problem if I just ignored the skin. But you know, ignoring a crispy skin on your plate in front of you sounds like a difficult thing to do, haha ๐Ÿ˜† .

Photo #94

A high protein meal experiment

Speaking of the nutrition app, aside from reducing my consumption of fat, I am also trying to increase my consumption of protein. And this motivated this experiment to cook the pictured high protein meat, haha.

Lean red meat is obviously low in fat and is delicious for a steak, so that is a given. And then we all know that tempe (I know it is spelled “tempeh” in English but it just feels weird for me to type so. So I am typing it in the original Indonesian spelling here ๐Ÿ˜› ) is rich in protein. And before I moved to Amsterdam, my ex-housemate told me about the existence of this “bimi” vegetables, which is a hybrid between brocolli and kailan and also has high amount of protein.

Surprisingly (or not?), the dish worked well!! ๐Ÿ˜€ For this one, though, I am sure I am cooking this more often (at least more often than the duck fillet dish ๐Ÿ˜› ).

BAHASA INDONESIA

Tema dari postingย Photo Talesย kali ini adalah percobaanku akhir-akhir ini di dapur!

Foto #93

Percobaan steak filet bebek

Perjalanan akhir pekanku ke Lyonย memberiku inspirasi untuk mencoba memasak steak filet bebek. Waktu itu, aku cukup heran mengapa aku tidak pernah kepikiran sebelumnya karena nampaknya masakan ini tidak begitu sulit untuk dibuat!

Walaupun memang bagian masakanya nggak begitu rumit; ternyata justru bagian belanjanya yang agak rumit, haha ๐Ÿ˜† . Ternyata daging bebek itu nggak begitu populer di Belanda. Maksudku, memang sih dagingnya dijual di supermarket; tetapi nggak begitu “kelihatan” dan “banyak” seperti tipe-tipe daging lainnya gitu. Karena gagal menemukannya di usaha pertamaku untuk membelinya, aku meng-google-nya dan ternyata supermarketnya cuma menjual satu “jenis” filet bebek. Filet ini dibungkus dalam kotak dan ditaruh di satu chiller khusus bersama dengan daging-daging kotakan lainnya, haha. Memang sih ini membuat dagingnya nampak lebih “premium” dan mungkin ini sedikit menjelaskan harganya, haha.

Anyway, tapi aku suka! Walaupun aku nggak yakin sih aku akan sering-sering memasaknya karena tingginya kandungan lemak (thanks, app nutrisiku). Walaupun mungkin ini disebabkan oleh kulit bebeknya sih; yang mana jika demikian artinya tidak akan masalah jika kulitnya aku abaikan. Tapi tahu lah, susaaah untuk mengabaikan kulit crispy yang tersaji di piring di depan kita kan, hahaha ๐Ÿ˜† .

Foto #94

Percobaan menu kaya protein

Ngomingin app nutrisi, di samping mengurangi konsumsi lemak, aku juga berusaha meningkatkan konsumsi protein. Dan ini memotivasiku untuk memasak makanan kaya protein di foto di atas, haha.

Daging merah rendah lemak jelas rendah kandungan lemaknya (menurut ngana? ๐Ÿ˜† ) dan enak untuk dimasak steak. Dan kita tahu lah tempe itu kaya protein. Dan sebelum aku pindah ke Amsterdam, mantan housemate-ku memberi-tahuku mengenai keberadaan sayuran yang bernama “bimi”, yang merupakan hasil persilangan brokoli dan kailan dan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Dan ternyata, aku juga suka masakan ini!! ๐Ÿ˜€ Nah, untuk yang ini, aku yakin aku akan memasaknya lebih sering sih (setidaknya lebih sering daripada steak bebek filet ๐Ÿ˜› ).

Advertisements

31 thoughts on “#1958 – Photo Tales (42)

  1. Wien says:

    Tempeee… Disana harga tempe berapaan Ko?

  2. fahrizinfa says:

    Yang namanya kulit mau kulit ayam atau bebek memang susah banget buat ditolak ya kak Zilko XD jadi laper sendiri liat foto-foto makanannyaa
    Kalau tempe disana banyak dijual kaya di Indonesia kak ZIlko??

    • zilko says:

      Iya! Tapi berapa hari yang lalu bisa aku singkirkan loh ketika makan siang! Jadi cuma maan dagingnya aja, haha…

      Iya, tempe nggak sulit dicari kalau di Belanda. Bahkan ada supermarket biasa yang juga jual. Tapi lebih murah di toko Asia sih, hehe…

  3. inlycampbell says:

    Berarti yang gambar kedua itu, bimi yah.. kayaknya pernah lihat disini tapi gak pernah beli..

  4. ndu.t.yke says:

    Di supermarket indonesia jg dimari ga pernah kok aku liat jual daging bebek.

  5. adhyasahib says:

    Dsini juga jarang kayaknya yg jual daging bebek, jarang lihat bebek juga. Tapi lihat menu2 sehat yang Zilko buat jadi minder sendiri soalnya menu makananku……aaah sudahlah tutup mata aja :-))

  6. Puji says:

    Bimi rasanya kaya gimana Zilko?

  7. Pypy says:

    Bebek tuh jarang ada deh, kemarin muterin Aeon yang gede itu aja ga kelihatan ada bebek.. Haha.. Kulit bebek enak juga ya Ko? Gw ga suka bebek soale, jadi ga tau..haha

    • zilko says:

      Daging bebek kayaknya memang lebih susah dicari ya Py, hahaha. Ah, yang namanya kulit mah kalau jadinya crispy kan pasti enaaaak! Hahaha ๐Ÿ˜† . Tapi lemaknya itu lho, hahaha ๐Ÿ˜†

  8. Susleni says:

    Waah foto yg terakhir kurang sambel. Hahaha.

  9. Aduh, jadi laper liat makanannya.

  10. Hi Zilko! Well your experiments looks delicious!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s