#1948 – A Visa and More Expenses

ENGLISH

A Visa

Aside from recovering my body after my three consecutive weekend trips, there was actually another reason why I have been “taking a break” from travelling lately. It was because I did not have my passport with me as I was applying for a visa!! Btw, of course, yes, travelling domestically within the Netherlands did not count 😛 .

Anyway, I have been to the country which visa I was applying for a few times, though, so it was nothing new. And the country was: the United Kingdom 😀 .

In the past year or so, I notice there are quite a lot of flight tickets deals to the UK from the Netherlands. Of course, this was quite possibly related to Brexit, which made UK and its poundsterling suddenly cheaper to visit (mainly for mainland Eurozone Europeans). Btw, I last visited the UK in 2015, way before the Brexit, haha. But of course I could not immediately “take advantage” of this currency situation because I would need to submit a visa application first. So finally, this May I decided to just submit one, had my biometric information appointment in mid-June, and last week, I got my passport back with a visa stamped in it!

London, I am back this year!!

Yeay! Now I can start making plans for some visits there! You see, the UK is one of my most favorite European countries: I find it beautiful, (almost) everyone there speaks English (lol 😆 ), generally I like the food, and London (which people speak with really sexy accent 🙈 ) is my most favorite European city. There are a few places I haven’t visited in the country and there are a few other places I would like to revisit. Even though too bad Singapore Airlines terminated its Munich – Manchester route last year. This fifth freedom route would have been a good opportunity for me to finally try Singapore Airlines. Well, we will see, I guess 😀 .

More Expenses

A mini renovation in the shower room not too long ago.

Anyway, do you remember how not too long ago I sighed about the flow of expenses (related to my apartment) that seemed to be never ending? At the moment, it still feels like so, haha 😆 .

You see, as of recently I had to “splurge” some expenses on mini-renovating my shower room (though this can actually be seen as a future investment as well, preventing me from a much worse situation and there were signs it was going down there at that time) and getting a new locking system (though this was totally my fault and was more of an emergency). The other day I also got the bill to pay this year’s waste and water-waste tax of my apartment to the tax department, haha.

And also, I just decided to enroll myself in a tennis club nearby, haha 😛 . There were, of course, the membership fee, the registration fee, and the training fee. Though, again, this could be seen as a future investment for my health and sanity, lol 😆 .

It has been a while since the last time I played tennis.

Okay, okay, to be honest I did feel like I made good expenses, i.e. they were all necessary and served for the better good. I even made a Spreadsheet program to accurately monitor how I was doing financially, and it turned out healthy and really fine. So I am okay about it. But still, at the same time I would also like to save and to, at least, “recover” my life savings to as how it was before the purchase of my apartment! Haha 😆 .

BAHASA INDONESIA

Sebuah Visa

Di samping untuk memulihkan badan setelah tiga perjalanan akhir pekan berturutan, sebenarnya ada alasan lain mengapa aku “beristirahat” dari jalan-jalan akhir-akhir ini. Ini karena pasporku sedang tidak bersamaku karena aku sedang mengurus permohonan visa!! Btw, jelas dong, jalan-jalan di dalam negeri Belanda mah nggak aku hitung ya 😛 .

Anyway, sebenarnya aku sudah pernah pergi beberapa kali ke negara yang visanya aku urus ini sih, jadi memang bukan negara baru. Dan negara ini adalah: Inggris Raya (United Kingdom/UK) 😀 .

Setahun belakangan ini, aku amati ada banyak promo tiket ke UK dari Belanda. Memang mungkin ini berkaitan dengan Brexit yah, yang membuat UK dengan poundsterling-nya tiba-tiba lebih murah untuk dikunjungi (terutama bagi negara-negara Eurozone di daratan Eropa). Btw, terakhir kali aku ke UK adalah di tahun 2015, sebelum Brexit, haha. Tetapi jelas aku tidak dapat langsung “menikmati” situasi nilai tukar mata uang ini karena aku harus mengurus permohonan visa dulu kan sebelum pergi ke sana. Nah, jadilah bulan Mei ini aku memutuskan untuk memasukkan satu, kemudian mengurus informasi biometriknya di pertengahan Juni, dan minggu lalu, aku mendapatkan pasporku kembali dengan visa tertempel di dalamnya!!

London, aku akan kembali tahun ini!!

Hore! Sekarang aku bisa mulai membuat rencana untuk pergi ke sana nih! Jadi, UK adalah salah satu negara Eropa favoritku: bagiku negaranya indah, (hampir) semua orang di sana bisa berbahasa Inggris (ya iya lah 😆 ), secara umum aku juga suka makanannya, dan London (yang mana orang-orangnya berbicara dengan aksen yang seksi banget 🙈 ) adalah kota yang paling kusukai di Eropa. Ada beberapa tempat di sana juga yang belum pernah aku kunjungi dan ada beberapa lainnya yang ingin aku kunjungi kembali. Walaupun sayang banget nih Singapore Airlines menutup rute Munich – Manchester-nya tahun lalu. Rute kebebasan kelima ini padahal adalah satu kesempatan yang oke untukku akhirnya mencoba terbang dengan Singapore Airlines. Yah, kita lihat saja deh, hehe 😀 .

Pengeluaran Lagi

Sebuah renovasi mini di kamar mandiku belum berapa lama lalu.

Anyway, mungkin pada ingat tidak seberapa lama yang lalu aku mengeluh mengenai arus pengeluaran (yang berkaitan dengan apartemen milikku ini) yang nampaknya tidak berakhir? Yah, sekarang ini rasanya masih sama nih, haha 😆 .

Jadi belum lama ini aku harus “berhura-hura” dengan melakukan renovasi mini kamar mandiku (walaupun ini bisa dipandang sebagai investasi masa depan sih, mencegah situasi yang lebih buruk dari kejadian dan sudah ada tanda-tanda ke sana waktu itu) dan juga mengganti sistem kunci apartemenku (walaupun ini adalah salahku sendiri sih dan lebih ke situasi darurat yah, haha). Selain itu, beberapa waktu yang lalu aku juga mendapat tagihan untuk membayar pajak limbah dan limbah air ke departemen perpajakan, haha.

Oh iya, aku baru saja memutuskan untuk bergabung di sebuah klub tenis di dekat apartemenku, haha 😛 . Dan tentu saja ada yang namanya biaya keanggotaan, biaya registrasi, dan juga biaya latihan. Walaupun, lagi, ini bisa dipandang sebagai investasi masa depan sih untuk kesehatan dan kewarasanku, haha 😆 .

Sudah lumayan lama nih nggak main tenis.

Oke, oke, sejujurnya aku merasa pengeluaran-pengeluaranku itu adalah pengeluaran yang baik sih, yaitu pengeluaran yang perlu dan toh semuanya demi kebaikan dan ada tujuannya. Plus, aku juga sampai-sampai membuat sebuah program di Excel untuk memonitor arus finansialku secara akurat, dan hasilnya toh masih sehat dan baik-baik saja kok. Jadi aku sebenarnya tidak begitu masalah deh dengannya. Hanya saja, di waktu yang sama kan aku juga ingin menabung ya dan “memulihkan” life savings-ku setidaknya seperti sedia kala sebelum membeli apartemen ini! Haha 😆 .

 

Advertisements

23 Comments Add yours

  1. Wah asik nih pergi ke Inggris lagi.

    1. zilko says:

      Iya, hehehe 🙂

  2. Horeeeee jalan-jalan lagi. Beli rumah/apartemen yang gak baru PR banget ya, perlu renovasi sana-sini. Aku jadi penasaran harga properti di sana, karena di sini harganya gila banget.

    1. zilko says:

      Iyaa! Eh masih mending lho apartemenku bisa dibilang relatif baru (Di Amsterdam hampir gak mungkin beli apartemen yang gres baru) jadi renovasinya juga cenderung minim. Jadi kebayang kalau beli yang lebih tua lagi gimana itu ya, lebih stress kayaknya, hahaha.

      Iyaa di Amsterdam juga gila, harganya tinggi dan pasarnya “aneh”. Sistemnya lebih seperti sistem lelang, menurutku, dimana kita harus bid lebih tinggi daripada harga yang diminta penjual kalau mau berkesempatan mendapatkan rumah/apartemennya, saking tinggi demand-nya.

  3. Grant says:

    Wah seru nih kayaknya ke UK. Dapat visanya berapa lama ya? 4 bulan? 3 bulan? setahun?

    1. zilko says:

      6 bulan, hehehe 😀 .

  4. niee says:

    aku baru terasa pulih keuangan baru tahun lalu setelah 3 tahun beli rumah 😆

    1. zilko says:

      Huaaa, lama juga ya Niee 3 tahun >.< .

  5. cerita4musim says:

    mo bikin visa UK juga nih, karena keknya emang mesti punya aja ya secara tinggal nyebrang kl dari sini 🙂

    1. zilko says:

      Iya, deket banget soalnya ya! Kemarin sempat kepikiran mau bikin visa yang long term sekalian biar nggak repot-repot ngurus terus, tetapi akhirnya nggak jadi, hahaha 😆

  6. kutubuku says:

    Omong2 soal tenis, aku coba iseng2 kuis di koran sini olahraga apa yang cocok buatku berdasarkan hobi dan aktivitas, eh kok hasilnya tenis. Hahaha padahal nyoba aja belum pernah, buat aku kok mikirnya mahal ya mesti ikut klub, sewa lapangan dst. Udah lah, lari /kardio aja buat aku :p

    1. zilko says:

      Huahaha, ayo main tenis kalo gitu!! 😛 Eh tapi memang sih tenis itu bisa dibilang olahraga mahal >.< . Mesti beli raket segala kan, hahaha…

      1. kutubuku says:

        Exactly. Raketnya mahal, sewa lapangan mahal, belum kostumnya juga haha

        1. zilko says:

          Huahaha, iyaa, kostumnya memang penting!! Kalo ngeliat kostum yang dipakai profesional itu keren-keren sih ya, hahaha 😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s