General Life · Zilko's Life

#1948 – A Visa and More Expenses

ENGLISH

A Visa

Aside fromΒ recovering my body after my three consecutive weekend trips, there was actually another reason why I have been “taking a break” from travelling lately. It was because I did not have my passport with me as I was applying for a visa!! Btw, of course, yes, travelling domestically within the Netherlands did not count πŸ˜› .

Anyway, I have been to the country which visa I was applying for a few times, though, so it was nothing new. And the country was: the United Kingdom πŸ˜€ .

In the past year or so, I notice there are quite a lot of flight tickets deals to the UK from the Netherlands. Of course, this was quite possibly related to Brexit, which made UK and its poundsterling suddenly cheaper to visit (mainly for mainland Eurozone Europeans). Btw, I last visited the UK in 2015, way before the Brexit, haha. But of course I could not immediately “take advantage” of this currency situation because I would need to submit a visa application first. So finally, this May I decided to just submit one, had my biometric information appointment in mid-June, and last week, I got my passport back with a visa stamped in it!

London, I am back this year!!

Yeay! Now I can start making plans for some visits there! You see, the UK is one of my most favorite European countries: I find it beautiful, (almost) everyone there speaks English (lol πŸ˜† ), generally I like the food, and London (whichΒ people speak with really sexy accent πŸ™ˆ ) is my most favorite European city. There are a few places I haven’t visited in the country and there are a few other places I would like to revisit. Even though too bad Singapore Airlines terminated its Munich – Manchester routeΒ last year.Β This fifth freedom routeΒ would have been a good opportunity for me to finally try Singapore Airlines. Well, we will see, I guess πŸ˜€ .

More Expenses

A mini renovation in the shower room not too long ago.

Anyway, do you remember how not too long ago I sighed about the flow of expenses (related to my apartment) that seemed to be never ending? At the moment, it still feels like so, haha πŸ˜† .

You see, as of recently I had to “splurge” some expenses onΒ mini-renovating my shower roomΒ (though this can actually be seen as a future investment as well, preventing me from a much worse situation and there were signs it was going down there at that time) and getting a new locking system (though this was totally my fault and was more of an emergency). The other day I also got the bill to pay this year’s waste and water-waste tax of my apartment to the tax department, haha.

And also, I just decided to enroll myself in a tennis club nearby, haha πŸ˜› . There were, of course, the membership fee, the registration fee, and the training fee. Though, again, this could be seen as a future investment for my health and sanity, lol πŸ˜† .

It has been a while since the last time I played tennis.

Okay, okay, to be honest I did feel like I made good expenses, i.e. they were all necessary and served for the better good. I even made a Spreadsheet program to accurately monitor how I was doing financially, and it turned out healthy and really fine. So I am okay about it. But still, at the same time I would also like to save and to, at least, “recover” my life savings to as how it was before the purchase of my apartment! Haha πŸ˜† .

BAHASA INDONESIA

Sebuah Visa

Di samping untukΒ memulihkan badanΒ setelahΒ tiga perjalanan akhir pekan berturutan, sebenarnya ada alasan lain mengapa aku “beristirahat” dari jalan-jalan akhir-akhir ini. Ini karena pasporku sedang tidak bersamaku karena aku sedang mengurus permohonan visa!! Btw, jelas dong, jalan-jalan di dalam negeri Belanda mah nggak aku hitung ya πŸ˜› .

Anyway, sebenarnya aku sudah pernah pergi beberapa kali ke negara yang visanya aku urus ini sih, jadi memang bukan negara baru. Dan negara ini adalah: Inggris Raya (United Kingdom/UK) πŸ˜€ .

Setahun belakangan ini, aku amati ada banyak promo tiket ke UK dari Belanda. Memang mungkin ini berkaitan dengan BrexitΒ yah, yang membuat UK dengan poundsterling-nya tiba-tiba lebih murah untuk dikunjungi (terutama bagi negara-negara Eurozone di daratan Eropa). Btw, terakhir kali aku ke UK adalah diΒ tahun 2015, sebelum Brexit, haha. Tetapi jelas aku tidak dapat langsung “menikmati” situasi nilai tukar mata uang ini karena aku harus mengurus permohonan visa dulu kan sebelum pergi ke sana. Nah, jadilah bulan Mei ini aku memutuskan untuk memasukkan satu, kemudian mengurus informasi biometriknya di pertengahan Juni, dan minggu lalu, aku mendapatkan pasporku kembali dengan visa tertempel di dalamnya!!

London, aku akan kembali tahun ini!!

Hore! Sekarang aku bisa mulai membuat rencana untuk pergi ke sana nih! Jadi, UK adalah salah satu negara Eropa favoritku: bagiku negaranya indah, (hampir) semua orang di sana bisa berbahasa Inggris (ya iya lah πŸ˜† ), secara umum aku juga suka makanannya, dan London (yang mana orang-orangnya berbicara dengan aksen yang seksi banget πŸ™ˆ ) adalah kota yang paling kusukai di Eropa. Ada beberapa tempat di sana juga yang belum pernah aku kunjungi dan ada beberapa lainnya yang ingin aku kunjungi kembali. Walaupun sayang banget nihΒ Singapore Airlines menutup rute Munich – Manchester-nya tahun lalu. Rute kebebasan kelimaΒ ini padahal adalah satu kesempatan yang oke untukku akhirnya mencoba terbang dengan Singapore Airlines. Yah, kita lihat saja deh, hehe πŸ˜€ .

Pengeluaran Lagi

Sebuah renovasi mini di kamar mandiku belum berapa lama lalu.

Anyway, mungkin pada ingatΒ tidak seberapa lama yang laluΒ aku mengeluh mengenai arus pengeluaran (yang berkaitan dengan apartemen milikku ini) yang nampaknya tidak berakhir? Yah, sekarang ini rasanya masih sama nih, haha πŸ˜† .

Jadi belum lama ini aku harus “berhura-hura” dengan melakukanΒ renovasi mini kamar mandikuΒ (walaupun ini bisa dipandang sebagai investasi masa depan sih, mencegah situasi yang lebih buruk dari kejadian dan sudah ada tanda-tanda ke sana waktu itu) dan juga mengganti sistem kunci apartemenku (walaupun ini adalah salahku sendiri sih dan lebih ke situasi darurat yah, haha). Selain itu, beberapa waktu yang lalu aku juga mendapat tagihan untuk membayar pajak limbah dan limbah air ke departemen perpajakan, haha.

Oh iya, aku baru saja memutuskan untuk bergabung di sebuah klub tenis di dekat apartemenku, haha πŸ˜› . Dan tentu saja ada yang namanya biaya keanggotaan, biaya registrasi, dan juga biaya latihan. Walaupun, lagi, ini bisa dipandang sebagai investasi masa depan sih untuk kesehatan dan kewarasanku, haha πŸ˜† .

Sudah lumayan lama nih nggak main tenis.

Oke, oke, sejujurnya aku merasa pengeluaran-pengeluaranku itu adalah pengeluaran yang baik sih, yaitu pengeluaran yang perlu dan toh semuanya demi kebaikan dan ada tujuannya. Plus, aku juga sampai-sampai membuat sebuah program di Excel untuk memonitor arus finansialku secara akurat, dan hasilnya toh masih sehat dan baik-baik saja kok. Jadi aku sebenarnya tidak begitu masalah deh dengannya. Hanya saja, di waktu yang sama kan aku juga ingin menabung ya dan “memulihkan” life savings-ku setidaknya seperti sedia kala sebelum membeli apartemen ini! Haha πŸ˜† .

 

Advertisements