Tips

#1945 – iPhone’s DFU Mode

ENGLISH

Before ordering my dinner in Bremen, I used my iPhone to check the time and, after doing so, put it on the table. After finalizing my order, I wanted to check if the restaurant provided free wifi or not, haha. But I was shocked to find out that my iPhone screen had, suddenly, turned black and pressing any buttons would not turn it back on!

Long island ice tea and Paella Valenciana as my dinner that evening.

I tried several different things, including plugging in the charger just in case the battery just died (though I highly doubted it), but none of those worked. I started to get annoyed because surely this problem was annoying to have while travelling, especially abroad!

I started to think about the worst case scenario where I would be phoneless for, at least, 24 hours and how after arriving in Amsterdam the next day I would drop by at an electronic store to, possibly, buy a new phone. Yeah, such a sad situation where I would not be able to update my Instagram while travelling! Madness! ๐Ÿ™ˆย Haha ๐Ÿ˜† . #firstworldproblem

Though, I still had one small hope: my hotel’s public computer from which I could google how to possibly troubleshoot this problem. And, rather unexpectedly, I did find a solution!!

I learned that iPhone had the so-called DFU mode (Device Firmware Upgrade), which allowed it to be restored from any state. I tried the steps provided there and it worked!! So I figured I would share this tips here just in case any of you fellow iPhone users would encounter a similar problem!

1. Press and hold the Power button for about three seconds.
2. Press and hold the Home button for about ten seconds WHILE still holding the Power button.
3. The (magical) Apple logo would start appearing on the screen and it would be like the normal restarting procedure.

When this happened, I immediately remembered a similar situation I encountered almost three years ago with my Samsung Galaxy SIII. At the time, however, none of the tips or tricks I found worked; so I decided to buy a new phone that day and chose an iPhone with the hope of getting a more reliable product. So before finding about this DFU mode, I was a little bit disappointed because I expected my phone to last longer than that. However, then on the DFU mode changed everything!! Hahaha ๐Ÿ˜†

BAHASA INDONESIA

Sebelum memesan makan malamku di Bremen, aku menggunakan iPhone-ku untuk mengecek waktu dan, setelahnya, meletakkannya di meja. Setelah memastikan pesananku, aku ingin mengecek apakah restorannya menyediakan wifi gratis atau tidak, haha. Tetapi aku dikagetkan dengan layar iPhone-ku yang, mendadak, berwarna hitam dan tidak mau bereaksi ketika tombol yang mana pun aku tekan!

Long island ice tea dan Paella Valenciana yang aku pesan malam itu.

Beberapa hal aku coba, termasuk mencolokkan colokan listrik karena siapa tahu baterainya habis (aku yakin bukan ini sih penyebabnya), tetapi tidak ada yang berhasil. Jadilah aku mulai merasa sebal karena tentu masalah seperti ini menyebalkan karena terjadinya ketika sedang jalan-jalan, di luar negeri pula!

Aku mulai memikirkan skenario terburuk dimana aku tidak akan memiliki smartphone selama, setidaknya, 24 jam dan ketika tiba di Amsterdam keesokan harinya mungkin aku akan mampir di toko elektronik untuk, mungkin, membeli smartphone baru. Iya, situasi yang menyedihkan banget karena aku jadi nggak bisa Instagraman ketika lagi jalan-jalan kan! ๐Ÿ™ˆย Haha ๐Ÿ˜† . #firstworldproblem

Walaupun, aku masih memiliki satu harapan kecil sih: komputer umum di hotelku dari mana aku bisa meng-google bagaimana cara untuk, mungkin, memecahkan masalah ini. Dan, tak disangka-sangka, aku menemukannya!!

Aku baru tahu bahwa iPhone memiliki apa yang disebut mode DFUย (Device Firmware Upgrade), yang memungkinkannya untuk dihidupkan kembali dari situasi apa pun. Aku mencoba langkah-langkah yang disebutkan di sana dan ini berhasil loh!! Jadi aku merasa ingin membagikan tips ini di sini karena siapa tahu ada yang menemui masalah yang serupa kan!

1. Tekan dan tahan tombol Power selama sekitar tiga detik.
2. Tekan dan tahan tombol Home selama sekitar sepuluh detik SAMBIL tetap menahan tombol Power.
3. Logo Apple akan mulai muncul di layar dan semuanya akan nampak seperti proses restarting biasa.

Ketika ini terjadi, aku langsung teringat situasi serupa yang kualami hampir tiga tahun yang lalu dengan Samsung Galaxy SIII-ku. Waktu itu, bedanya, tak satu pun tips dan trik yang kutemukan berhasil; jadilah aku memutuskan untuk membeli smartphone baru di hari yang sama dan aku memilih iPhone dengan harapan mendapatkan produk yang lebih awet. Jadilah sebelum mengetahui keberadaan mode DFU ini, aku sedikit kecewa karena aku berekspektasi iPhoneku akan bertahan lebih lama dari itu. Namun, mode DFU ini mengubah semuanya deh!! Hahaha ๐Ÿ˜† .

Advertisements

17 thoughts on “#1945 – iPhone’s DFU Mode

          1. Sama aja sih mestinya, cuma memang HP aku sudah hang banget waktu itu, overload kali isinya.. Makanya sekarang kudu keep berapa GB yang available.. jadi gak ngehang lagi haha.. kudu bertahan sebelum beli HP baru..

            1. Huahahaha, kurang lebih sama nih. Memoriku juga sudah nyaris penuh. Mesti rajin-rajin delete foto/video lama atau hapus app yang jarang dipake supaya masih ada spare memory dikit. Jadi kepikiran, apa ini error-nya karena itu ya? Hmm

            2. Bisa jadi kalau kata temen aku, Ko. jadi sekarang kalau aku foto2, biasanya kupindahin ke usb lewat email.. soalnya kalau hang lagi sih nangis lhooo hahaha..

            3. Iya, dan mesti rajin-rajin transfer buat back-up-nya ya. Sekali males, langsung ada banyak yang mesti di-back-up, jadi tambah males. Lingkaran setan deh, hahaha ๐Ÿ˜† .

  1. Emang ‘nilai jual’ masing2 OS beda ya Zi.. Walopun aku pengguna Android jujur aja aku kagum sama security system-nya Apple, safety banget ๐Ÿ™‚ Dan oh ternyata ini juga berhasil? Lebih salut lagi!

    1. Iya, aku kecewa banget pakai Android sebelumnya makanya sewaktu SIII-ku tiba-tiba rusak aku switch ke iPhone. Dan sejauh ini aku puas!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s